P. 1
Materi Anemia

Materi Anemia

|Views: 253|Likes:
Published by Reny Sisca

More info:

Published by: Reny Sisca on Jun 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/23/2015

pdf

text

original

Oleh: Reny Siskha Wiedowati Amd

PENGERTIAN ANEMIA  Anemia Gizi adalah suatu keadaan dimana kadar Hemoglobin (Hb) dalam darah kurang dari normal.  Anemia dimasyarakat juga dikenal sebagai Kurang Darah.

BATASAN ANEMIA  Batasan ANEMIA Menurut WHO dan SE Menkes Nomor :736 a/Menkes/ XI/1989, Apabila kadar Hb:  Anak Usia Sekolah < 12 gram %  Wanita Dewasa  Ibu Hamil  Ibu Menyusui < 12 gram % < 11 gram % < 12 gram %

TANDA- TANDA ANEMIA  Saat Terkena Anemia kta akan merasakan: Letih, lesu, Lemah,, lelah dan mudah lupa, Kita juga sering merasa pusing dan mata berkunang-kunag, selain itu kelopak mata bibir, lidah, kulit dan telapak tangan menjadi pucat.

PENYEBAB ANEMIA Penyebab Anemia gizi adalah ketidakseimbangan antara konsumsi bahan makanan, sumber zat besi yang masuk kedalam tubuh dengan meningkatkanya kebutuhan tubuh akan zat besi terutama pada ibu hamil. Penyebabnya bisa salah satu atau lebih dari keadaan berikut ini :  Zat besi yang masuk melalui makanan tidak mencukupi kebutuhan. Makanan yang kaya kandungan zat besi adalah makanan sumber hewani dengan penyerapan zat besi kedalam tubuh > 15 %, sedangkan sumber nabati walaupun kaya akan zat besi tetapi tidak dapat diserap dengan baik dalam tubuh, dengan penyerapan zat besi kedalam tubuh hanaya < 3 %  Meningkatnya kebutuhan tubuh akan zat besi terutama pada ibu hamil, masa tumbuh kembang pada remaja, akibat penyakit kronis  Perdarahan yang diisebabkan oleh cacing tambang, malaria,haid yang berlebihan, melahirkan dll

AKIBAT ANEMIA PADA SIKLUS KEHIDUPAN  ANAK  REMAJA : Menghambat Tumbuh Kembang Anak : Menurunnya kemampuan dan konsentrasi belajar / daya tangkap. : Menurunnya kebugaran tubuh yang berpengaruh pada

 DEWASA PEREMPUAN aktivitas sehari- hari

 DEWASA LAKI- LAKI produktivitasnya rendah.

: Menurunnya daya tahan tubuh, sehingga mudah sakit dan : dapat membahayakan kehamilannya saat

 SEBAGAI CALON IBU Setelah Menikah hamil  HAMIL

: Pendarahan sebelum persalinan atau saat persalinan.Resiko Melahirkan

Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR). Meningkatnya resiko kematian ibu dan bayi, Cadangan besi bayi Rendah. • CARA MENGATASI ANEMIA Untuk mengatasi anemia dapat ditangani dengan cara:  Banyak makan – makanan yang mengandung zat besi seperti hati, telur, daging, ikan dan telur.  Sembuhkan penyakit yang menyertai anemia seperti TB, malaria, dan Cacingan.  Minum Tablet tambah Darah  Makan sayuran dan buah yang bermanfaat menyerap zat besi. • TABLET TAMBAH DARAH  Apa kandungan TTD? Setiap tablet tambah darah mengandung 200 mg Sulfas Tablet tambah darah memasok tambahan nutrisi yang dibutuhkan untuk membuat Tablet tambah darah dibutuhkan apabila kebutuhan zat besi kita bertambah Ferous (yang setra dengan besi 60 mg besi elemental) dan 0,25 mg asam folat.  haemoglobin dan sel darah merah yang baru.  tetapi asupan kita kurang, tubuh kita tidak mampu menyerap zat besi secara optimal, atau pada saat kita kekurangan zat besi  Siapa sajakah yang membutuhkan Tablet tambah darah untuk mengatasi anemia. 1.anak usia sekolah perlu minum tablet tambah darah sebanyak 1 x 1 tablet per hari selama 1 bulan bila kadar Hb dibawah 12 gr %. Bila belum mencapai > 12 gram %, dirujuk untuk pemeriksaan lebih lanjut. 2.Remaja Perempuan atau WUS perlu minum 1x 1 tablet perhari, apabila kadar Hb dibawah 12 gr %.tablet tambah darah diminum sampai kadar Hb lebih dari 12 %. 3.Ibu hamil dan menyusui apabila kadar Hb dibawah 11 gr % , pemberian TTD adalah 3 x sehari selama 90 hari masa kehamilan hingga 42 hari setelah melahirkan.  Hal yang perlu diperhatikan: 1. TIDAK DIANJURKAN minum tablet tambah darah bersama- sama dengan susu, teh, kopi, tablet kalk atau obat sakit maag. 2. DIANJURKAN MINUM tablet tambah darah setelah makan malam untuk menghindari mual,muntah,diare, sulit buang air besar atau nyeri lambung 3. Setelah minum tablet tambah darah, tinja akan berwarna hitam. Hal ini sama sekali tidak berbahaya.

MENGAPA REMAJA PEREMPUAN MEMBUTUHKAN TABLET TAMBAH DARAH ?  Selama masa menstruasi remaja perempuan membuuhkan zat besi dalam jumlah banyak. Demikian, remaja perempuan rentan terkena anemia apabila dia tidak dapat mencukupi kebutuhan zat besi dalam tubuhnya.  Remaja perempuan nantinya akan menjadi ibu bila telah menikah.tentu tidak ingin mengalami anemia pada saat kehamilan.

ANEMIA DAN PRESTASI BELAJAR  Anemia dapat menyebabkan konsentrasi berkurang dan kemampuan berpikir menurun karena terganggunya suplai oksigen ke otak. Inilah mengapa remaja yang terkena anemia akan kesulitan mencapai prestasi belajar yang baik.kegiatan sekolah akan terganggu akibat anemia.

INGAT SEBELUM TERLAMBAT UBAH POLA MAKAN KAMU MENJADI LEBIH SEHAT DAN MAKAN MAKANAN DENGAN GIZI SEIMBANG UNTUK MENCEGAH ANEMIA OKE….??????!!!!!!!!

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->