P. 1
Kiat-Kiat Sukses Dalam Pekerjaan

Kiat-Kiat Sukses Dalam Pekerjaan

|Views: 21|Likes:
Published by Triana Wijaya

More info:

Published by: Triana Wijaya on Jun 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/22/2013

pdf

text

original

Kiat-kiat Sukses dalam Pekerjaan

( Mengembangkan diri sambil bekerja untuk meraih keberhasilan)

Motto : “ Orang-orang yang berhasil tidak menganggap pekerjaannya sebagai beban, tapi sebagai tantangan untuk mengembangkan dirinya. Semakin berkembang, semakin berkualitas, Maka semakin besar penghasilan, dan semakin sukses”

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. ( al- Qashash : 77 )

Jalinlah hubungan baik dengan sesama rekan kerja, bawahan, atasan maupun relasi. Hubungan yang baik dengan semua orang tidak saja membuat perasaan lebih nyaman, tapi juga sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan prestasi. Menurut para pakar, kemampuan berhubungan dengan orang lain lebih berguna dibandingkan keahlian di bidang tertentu dalam pekerjaan. Kalau tidak bisa berhubungan baik dengan orang lain, kita bisa menghadapi banyak kesulitan di tempat kerja dan dalam kehidupan sosial.

Bekerjalah dengan baik dan penuh tanggung jawab meskipun tanpa pengawasan. Pekerja yang baik bisa bekerja dengan hasil yang sama atau lebih baik ketika tidak ada pengawasan. Tapi pekerja yang tidak baik lebih suka bersantai dan bermalasmalasan ketika tidak diawasi sehingga tidak produktif. Orangorang yang hanya bisa bekerja dengan baik di bawah pengawasan adalah pekerja yang buruk dan sulit berkembang.

“ Maka apabila kamu telah selesai ( dari sesuatu urusan), kerjakan dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain “ ( Qs. Alam Nasyrah : 7 )

Tingkatkan kualitas diri kita supaya orang bisa lebih menghargai kita. Kalau kita punya kecenderungan malas, berusahalah untuk lebih rajin. Kalau suka menunda-nunda, cobalah membiasakan diri segera bertindak. Kalau tidak bisa berbicara dengan baik, belajarlah cara berkomunikasi yang baik. Kalau suka berbohong, sadarilah bahwa itu merusak harga diri kita sendiri.

Tingkatkan kemampuan supaya kita layak mendapatkan tanggung jawab dan penghasilan yang lebih besar. Investasikanlah waktu kita untuk mempelajari hal-hal yang bisa menunjang karir di tempat pekerjaan. Mungkin kita perlu memperlancar percakapan dalam bahasa Arab, Inggris, ikut kursus komputer, atau kursus Accounting tertulis.

Bekerjalah dengan cerdas. Usahakanlah agar kita bisa bekerja dengan hasil yang lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Lakukanlah pekerjaan kita dengan cara yang lebih baik, lebih cepat, lebih rapih. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pergunakanlah pikiran kita, sebab kita bukan robot atau mesin yang bekerja tanpa menggunakan pikiran.

Milikilah konsep yang benar mengenai bekerja. Kalau kita bekerja dengan baik, disiplin dan bertanggung jawab, sebetulnya kita juga sedang mengembangkan diri kita sendiri menjadi seorang pribadi yang berkualitas. Semakin baik kualitas kita, maka semakin tinggi penghargaan yang akan kita terima. Kalau Perusahaan tidak menghargai kualitas kita, maka masih banyak perusahaan yang lain yang memerlukan kita. Tapi kalau kita tidak bekerja dengan baik, apapun alasannya, kita sedang merusak kualitas dan masa depan kita sendiri.

ِ

” Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (surga), dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam). (Qs. Yunus : 25 )

Milikilah cita-cita atau tujuan yang jelas agar kita lebih termotivasi untuk bekerja dengan baik. Tidak berlebihan kalau kita ingin mencapai posisi yang lebih tinggi. Tidak ada salahnya kita punya keinginan mendapatkan gaji sepuluh kali lebih besar dalam waktu beberapa tahun mendatang. Sah-sah saja kalau kita ingin punya kendaraan dan rumah sendiri. Selama kita melakukan semua tugas dan kewajiban kita dengan baik dan terus berusaha meningkatkan kualitas diri kita, maka kita layak mendapatkan yang lebih baik dalam hidup kita. Tapi kalau kita bekerja asal bekerja, dan tanpa usaha-usaha yang nyata untuk meningkatkan kualitas diri kita, semua keinginan kita hanya menjadi mimpi di siang hari.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->