P. 1
edisi14

edisi14

4.69

|Views: 2,246|Likes:
Published by penol

More info:

Published by: penol on Jan 08, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

10/26/2010

Harga Rp.

3500,-

No.14/II/24 - 30 Januari 2001

PCplus
TABLOID KOMPUTER

Merayakan Imlek di Situs Web (06)

Kiat Mengoverclock Prosesor DURON (12)

DURON VS CELERON

HP-Superdome: Server di Era Renaissance Digital (24)

LOY Nadal: “Speednet Sediakan Akses Broadband” (30)

PCplus

plusMail
DICOBA DULU
Saya ingin memberitahukan bahwa pada edisi PCplus No. 6 yang lalu, terdapat artikel “Browsing Secepat Kilat dengan Web Accelerator”, saya sudah mencoba men-download program tersebut dan saya coba memakainya. Spek komputer saya Pentium III 600 Mhz, RAM 128, Modem Motorola 56Kbps. Setelah saya memakai program tersebut, ternyata enggak secepat kilat browsing Internet saya, malah menambah lama karena program tersebut menggunakan HTTP proxy server yang membuat koneksi share dengan HTTP proxy server tsb. Dan saya bedakan sebelum saya memakai program tersebut kecepatannya jauh lebih oke dari program Web Accelerator. Bagaimana PCplus? Saya mohon sebelum artikel software freeware dimasukkan ke Tabloid PCplus, dilakukan uji coba lebih dahulu dan hasil pengamatan survei pemakai software tersebut apakah baik, sedang, atau buruk. Kan sayang kalau headline di artikel tidak sesuai dengan kenyataannya sehingga membuat pembaca merasa dibohongi dan membuat isi PCplus dianggap tidak qualified dan penuh dengan artikel-artikel yang sekadar menuh - menuhin isi saja. Itu saja. Terima kasih atas perhatian redaksi. Salam, Herry Yanto Red: Terima kasih atas masukan dan kritik membangun dari Anda.

No.14/II/30 Januari 2001

USUL DAN TANYA Viva PCplus, Saya adalah pembaca setia PCplus yang selalu mengikuti informasi PCplus dari edisi pertama sampai sekarang. Untuk itu saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan dan usul: 1. Apakah yang dimaksud dengan : spam, fasilitas POP3, batch file 2. Pada merek harddrive, saya sering melihat tulisan EIDE dan UATA, apakah maksudnya/ perbedaannya? 3. Saya ingin mengusulkan agar PCplus menyediakan rubrik untuk memberikan kesempatan kepada pembaca yang ingin mempromosikan homepage buatannya secara gratis, atau membayar dengan syarat yang ringan (cukup 1 halaman saja). Dengan demikian kedua pihak pun cukup mendapat untung dari rubrik itu. bonny yul bonnyyul@usa.net Red: Spam artinya membanjiri alamat e-mail tertentu dengan e-mail-e-mail yang tidak diinginkan oleh pemilik alamat e-mail tersebut. POP3 sudah kami bahas di edisi ini. Batch file adalah sekumpulan file yang berisi script (perintah) yang untuk menjalankan suatu program tertentu. EIDE singkatan dari Enhanced Integrated Drive Electronics . Maksudnya adalah tipe sambungan yang digunakan dalam suatu harddisk/periferal. Dalam harddisk, selain tipe EIDE ada lagi tipe sambungan yang disebut SCSI. UATA adalah singkatan dari ultra advanced technology attachement. Keduanya biasanya diasosiasikan dalam komponen media simpan seperti harddisk atau CD-ROM. Usulan promosi Anda menarik. Cuma, kami harus memperhitungkan konsistensi rubrik tersebut.
menerbitkan kembali rubrik tersebut. Viva PCplus...!!! wisnu hidayanto wishnew_0i@hotmail.com Red: Usulan Anda kami perhatikan. Saat ini kami masih kesulitan mencari solusi terbaik untuk menempatkan usulan Anda. terputus. Kemungkinan kedua, saluran telepon di tempat Anda buruk sehingga koneksi ke Internet sering putus. rekan-rekan dapat memberikan tips dan saran-sarannya. Dapatkah pada waktu kita online di Internet ataupun email jika ada telepon yang masuk dapat kita terima atau kita ketahui (mengingat saya hanya memiliki satu line telepon). Terima kasih sebelumnya. Aris Wardoyo dinakara@jkt.bozz.com Red: Anda bisa menggunakan berbagai software untuk mengontrol keperluan tersebut. Beberapa di antaranya adalah StayOnPro, PhoneDialer, atau MaxxinfoCaller.

mengirim tulisannya (melalui surat, e-mail, fax, atau yang lainnya)? Dimohon mengirim jawabannya ke e-mail saya, di bawah. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. handyyanto@eudoramail.com Red: Kami jawab di sini sekalian sebagai pemberitahuan untuk pembaca lainnya. 1. Silakan Anda buat tulisan bahasa pemrograman. 2. Syaratnya, mudah dimengerti dan diaplikasikan oleh awam sekalipun. Kirimkan ke alamat email redaksi dalam format txt. Bila ada gambar kirimkan dalam format JPEG. Rangkaian bahasa pemrograman sebaiknya dalam format yang terpisah, dikirim dalam format txt atau RTF. 3. Sebaiknya dikirim lewat e-mail.

KIRIMAN PCplus
Salam kenal, Terima kasih banyak, atas dibacanya surat saya. Maaf sekali, pada surat yang lalu tidak mencantumkan alamat saya, saking ingin mendapatkan PCplus edisi tersebut. Ceritanya begini. Sebenarnya, sebelum edisi yang ke-09 muncul, saya masih bisa mendapatkan edisi ke-08 di tempat biasa saya membeli PCplus, tapi ketika itu saya lihat kondisinya sudah tidak layak untuk dijual, padahal di PCplus itu dicantumkan tanggal penerbitan adalah tepat tanggal seharusnya PCplus beredar. Berarti, kan, setidaknya masih baru. Pikir punya pikir, siapa tahu bisa dapat kalo pesan lewat e-mail ini. Ini alamat saya: Jl. Mangle no.95 Komplek Galih Pawarti, Baleendah, Bandung, 40258, atas nama Mimi. Tolong sekali, saya benar-benar membutuhkan PCplus tersebut. Terima Kasih. Mimi, Bandung 40258 Red: Silakan mengirimkan uang Rp.10.000 (untuk pengganti cetak dan ongkos kirim) ke rekening kami. Kami akan mengirimkan permintaan Anda setelah kami menerima konfirmasi bukti transfer dari Anda. Tanggal terbit sudah kami ubah sejak tahun 2001 ini, dengan menuliskan masa edar PCplus.

UNZIP
Sebelumnya terima kasih pada redaksi yang mau menjawab e-mail saya. Saya ingin bertanya, apa yang dimaksud dengan meng”unzip” dan jika saya ingin membuka file berekstensi .zip apakah saya bisa menjalankan program lain semisal MS-Word karena saya telah men-download dari Internet yaitu fontemporium.com mengenai berbagai macam jenis font seperti yang terdapat di PCplus dan saya ingin memasukannya ke dalam MS-Word saya. Sekian terima kasih. dicka yudistira dicktira@yahoo.com Red: UNZIP artinya membuka program atau data yang telah dimampatkan ukurannya (Zipped). Untuk membukanya, Anda harus menginstal programnya terlebih dahulu, misalnya WinZip atau ZipZilla atau PKzip. Dengan menunzip data tersebut, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan, termasuk menggunakan font-font pilihan yang Anda inginkan itu.

KONEKSI TERPUTUS
Saya baru dua kali membeli tabloid PCplus dan saya sangat tertarik karena tentunya akan menambah pengetahuan saya lebih jauh tentang komputer dan permasalahannya. Saya sangat berharap PCplus akan selalu setia menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan penggemar dan pengguna komputer. Dalam kesempatan ini saya ingin mengajukan pertanyaan yang sering saya hadapi. Pada komputer saya yang terhubung dengan Internet -ketika indikator modem nyala dan sedang asyik berinternet tibatiba hubungan ke Internet terputus. Apa penyebabnya? Lampu indikator tetap nyala seperti keadaan normal. Terima kasih sebelumnya atas jawaban PCplus Adjie: Aji Zainuddin adjie_zain@yahoo.com Red: Terima kasih masukan Anda. Masalah koneksi ke Internet Anda, kemungkinan ketika Anda lagi tersambung, ada telepon yang masuk dan membuat koneksi

PEMROGRAMAN
Dengan Hormat, Setelah saya membaca majalah PCplus, ternyata banyak pembaca yang menginginkan PCplus menampilkan halaman khusus tentang cara mempelajari bahasa pemrograman komputer. Untuk itu saya sebagai mahasiswa dari UKDW (Universitas Kristen Duta Wacana) Fakultas Teknik jurusan Teknik Informatika mau mengajukan pertanyaan sebagai berikut ini: 1. Apakah saya bisa membuat tulisan untuk membahas tentang salah satu bahasa pemrograman komputer, yaitu Turbo C/C++? 2. Syarat apa saja yang harus saya penuhi? 3. Bagaimana saya harus

KAMUS/ISTILAH
Pertama, saya ucapkan selamat atas terbitnya Tabloid PCplus (meskipun sudah basi). Dengan terbitnya tabloid ini saya berharap dapat menambah pengetahuan saya tentang teknologi informasi. Menurut saya tabloid ini sudah sangat bagus baik dari segi harga maupun isi. Tapi saya perhatikan (kalau tidak salah) sejak edisi ke empat, rubrik istilah/kamus sudah tidak dicantumkan lagi. Bagi saya dan mungkin rekan-rekan lain, rubrik tersebut sangat berguna, mengingat tidak semua pembaca PCplus mempunyai background ilmu IT. Dan tidak ada ruginya kan kalau PCplus

ONLINE LEWAT SATU LINE
Saya adalah pemula dan awam di bidang Internet. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan, kiranya redaksi atau

PCplus
TABLOID KOMPUTER

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi: R. Suhartono Dewan Redaksi: P.M. Winarno, P.C. Wiwiek Juwono, B.M. Adam Redaktur Pelaksana: Julianto Redaksi: Alois Wisnuhardana, Silvester Sila Wedjo, Christianto Sahat Kurniawan, Mersagita Prabudi, Irta Belia, F.X. Bambang Irawan Koresponden: Henry Syarifuddin (Bandung), Tjahjono EP (Yogyakarta), Didik Setyono (Surabaya), Sekretariat Redaksi: Putri, Dian Artistik/ Tata-letak: Domenico W., Sukarja, Robby F. Richard, Produksi: Bambang Trie.

PCplus menerima kiriman naskah berupa opini, pengalaman, panduan, dan trik seputar dunia perkomputeran. Kiriman naskah harus orisinal, belum pernah dimuat di media yang lain, dan memberikan tambahan pengetahuan/informasi buat pembaca. Naskah bisa dikirim lewat e-mail (lebih baik) atau surat biasa. Format naskah dalam bentuk TXT. Bila ada gambar, format dalam bentuk JPG/JPEG. Redaksi berhak menyunting naskah tanpa mengubah isinya. Naskah yang dimuat akan mendapatkan imbalan/honor dari PCplus. Naskah yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan.

Pemimpin Perusahaan: Teddy Surianto Wakil Pemimpin Perusahaan: Aspianah Hia Iklan: Chrispina E.T., Anneke Dame, Janne Eveline Promosi: Eva Grace S., Jimmy Rambing Sekretariat Sirkulasi: Emy Varlina V., Agung P. Penerbit: PT Prima Infosarana Media Alamat Redaksi & Iklan: Jl. Palmerah Selatan No. 12. Jakarta 10270 Telp. 548-3008, 548-0888, 549-0666. Ext. 3701, 3703, 3713. Fax. 536-0411 E-mail redaksi: redaksi@e-pcplus.com E-mail iklan: iklan@e-pcplus.com Alamat Sirkulasi: Jl. Palmerah Selatan No. 12 A Jakarta 10270. Telp. 548-3008, 548-0888, 549-0666 Ext. 3704, 3706. Fax. 546-0411. E-mail sirkulasi: sirkulasi@e-pcplus.com E-mail milis PCplus: mailplus@egroups.com

2 PCplus

plusAktual

No.14/II/30 Januari 2001

CRACKER MAFIABOY DITUDUH BERSALAH
Si Mafiaboy, cracker remaja dari Montreal, Canada, yang berhasil membobol situs-situs top seperti CNN.com, Yahoo, Amazon.com, EBay, dan Dell, didakwa bersalah atas 56 dari 66 tuduhan yang dialamatkan kepadanya oleh pengadilan Canada. Remaja berusia enam belas tahun ini dibebaskan dengan jaminan dan harus menghadapi hukuman di penjara maksimal dua tahun. Hakim akan memutuskan vonis pendahuluan pada tanggal 17 dan 18 April mendatang. Setelah mengikuti sidang pengadilan, ayahnya menurut Canadian Press - menuturkan bahwa ia berharap anaknya telah memetik pelajaran berharga dari kejadian itu. Ia juga bercerita bahwa anaknya yang sekarang ini sudah mempunyai pekerjaan tetap itu sebenarnya hanya berminat pada komputer dan tidak ingin menjadi cracker seperti yang dituduhkan kepadanya. Mafiaboy juga suka berolah raga dan menekuni hobi-hobi lain. Di rumah keluarga ini terdapat lima unit komputer, tiga di antaranya berada di kamar Mafiaboy. “Tetapi masing-masing tidak utuh. Dia suka memreteli dan menukar-nukarkan komponen satu dengan yang lain.” (fbi)

PEMBATASAN NAMA DOMAIN DIGUGAT
Pembuatan nama domain baru oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) yang dimaksudkan untuk meretas kesumpekan nama domain yang berlaku sekarang justru digugat oleh para aktivis American Civil Liberties Union. Menurut mereka, penambahan nama domain tersebut tidak demokratis karena usulan mereka untuk nama domain .union tidak dikabulkan. Nama-nama domain baru yang lolos seleksi November tahun lalu tersebut adalah .biz, .info, .name, .pro, .museum, .coop, .aero. Nama-nama usulan lain seperti .kids, .xxx, .web, .union, dan .tel ditolak. Dengan membatasi nama domain ACLU melihat bahwa ICANN dan Departemen Perdagangan AS membatasi hak-hak berbicara dan mengungkapkan pendapat. (fbi)

Akhirnya

LAUNCHING LINK-NET DI YOGYAKARTA
Setelah sukses
menarik 200.000 pelanggan di Jakarta, kini LinkNet-LippoStar.com mulai melebarkan sayap bisnisnya di Yogyakarta. LinkNet dan LippoStar.com anak perusahaan AcrrossAsia Multimedia Group, yang sebagian sahamnya dipegang oleh Hutchison Whampoa Ltd, Sofbak Corp, China.Com Corp, dan beberapa pemegang saham individu. Didik Sunardi, Managing Director Internet Marketing LinkNet-LippoStar.com, dalam acara launching di Yogyakarta, Rabu kemarin (17/01/01) mengatakan bahwa LinkNet ingin memberikan total internet solution bagi masyarakat Indonesia. Fokus utamanya pada pengembangan infrastruktur, teknologi dan jasa yang lain seperti messaging, wireless application, dan Internet Data Centre. Untuk mendukung pelayanan kepada pelanggan LinkNet menyediakan teknologi Internet yang didukung prasarana software dari Cisco, Sun, Lucent, IPM SP2, Portal Microsoft, UNIX, Netfinity, RISC S/6000, dilengkapi perlindungan keamanan pengaksesan data. Menggunakan backbone Internet terbesar bekerjasama dengan beberapa international bandwidth provider dan Indonesia Internet Exchange (IIX), LinkNet menjanjikan total bandwidth sebesar 24 dan 100Mbps. Di Yogyakarta LinkNet menjalin kerjasama dengan Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada untuk pengembangan pendidikan dan aplikasi Internet bagi pelaku bisnis dan usaha di Yogyakarta, dengan harapan dapat mendorong pemanfaatan teknologi Internet secara optimal oleh masyarakat. (jon)

SAMSUNG BUAT RDRAM MURAH
Ini adalah
kabar gembira bagi mereka yang ingin merasakan kecepatan memori jenis Rambus. Samsung Electronics Co. membuat gebrakan dengan mengembangkan Rambus yang 20 persen lebih murah ketimbang memori Rambus lain yang ada. Memori Rambus keluaran perusahaan Korea ini hanya memiliki konfigurasi 4 bank (blok sel yang dibangun di dalam chip untuk menyimpan data, red), jauh lebih sedikit dibanding RDRAM yang ada sekarang yang berjumlah 32 bank. Konfigurasi ini sama dengan konfigurasi yang ada pada memori jenis SDRAM. Pada produk ini, lay out sirkuit dioptimalkan sehingga ukuran chip pun dapat diperkecil hingga 5 persen dari Rambus konvensional. Pemangkasan ini dimungkinkan dengan dipakainya teknologi 0,17 mikron oleh produsen. Dengan adanya pemangkasan ini, dikabarkan ongkos produksi juga dapat ditekan hingga 20 persen. Rencananya, RDRAM Samsung ini akan mulai diproduksi secara masal pada awal paruh kedua tahun ini dengan target pasarnya adalah PC mid-priced dan low-end. Hal ini sesuai dengan perkiraan para ahli bahwa RDRAM berharga murah akan mulai membanjiri pasaran komputer pada paruh kedua tahun ini. (sil)

PROSTITUSI LEWAT WEB MAKIN MARAK
Mungkin ini
membuktikan bahwa Internet adalah dunia tanpa batas. Semua ada dan semua bisa dilakukan cukup dengan masuk ke dunia maya ini. Bayangkan, prostitusi yang diyakini sebagai profesi tertua di dunia pun akhirnya ikut menyemarakkan ramainya Internet. Peminat untuk urusan satu ini pun makin hari makin banyak saja. Ini terbukti dari penuturan Agenica Roberta, sebuah usaha pelayanan wanita panggilan Brazil. Setelah masuk di jaringan Internet, mereka malah kewalahan melayani pelanggan. Hal ini terjadi karena para peminat cukup ”memesan” lewat Web, memilih, dan semuanya disediakan. “Globalisasi perdagangan” begitu para pengusaha biasa menyebut usaha mereka untuk memperhalus prostitusi lewat Web. Fenomena prostitusi lewat Internet ini cukup menarik. “Internet memungkinkan banyak orang menyeleksi siapa yang mereka mau, terserah siapa dan di mana. Internet memungkinkan semuanya itu,” tegas Robert Flores dari National Law Center for Children and Families. “Memang, cukup dengan memainkan mouse komputer, seseorang misalnya dapat memilih dan memesan sebuah kamar tidur di Thailand atau Ukraina, meskipun ia di Stockholm,” sambungnya lagi. Ia sendiri menemukan setidaknya ada lebih dari 75 ribu wanita Brazil “dipesan” ke negara lain lewat e-mail maupun iklan. Amerika Serikat juga mengalami hal yang sama di mana sekitar 50 ribu sampai 100 ribu wanita dan anak-anak dipekerjakan di lembah hitam ini lewat Internet. Gerakan perlawanan terhadap prostitusi via Internet sendiri sudah dilakukan. Akan tetapi, sepak terjangnya masih terlalu kecil dan baru bersifat lokal. Wah, ngeri!! (sil )

ONLINE UNTUK ANAK BERTAMBAH
Berita ini
merupakan kabar baik bagi para orangtua yang takut anaknya “tercemar” bila mengakses Internet. Ketakutan ini adalah wajar mengingat dunia maya merupakan daerah bebas merdeka, termasuk dalam urusan seks, kekerasan, dan lain-lain. Tetapi ada kecenderungan baru di mana para orang tua tidak takut lagi membiarkan anaknya surfing di Internet. Malah menurut penelitian dari lembaga riset pemasaran Iconkids & Youth atas pesanan perusahaan bernama Super RTL. Dari hasil penelitian ditemukan adanya peningkatan yang cukup berarti di mana “bocah-online” pada bulan Desember saja telah mencapai sekitar 2,1 juta dengan kelompok umur 8 sampai 12 tahun. Sebagai perbandingan, tahun sebelumnya “bocah-online” hanya sekitar 585 ribu saja, tegas juru bicara dari Super RTL di Köln. Penelitian tersebut juga menemukan adanya peningkatan frekuensi pemakaian maupun lama akses sejalan dengan bertambahnya usia. Hal ini mengindikasikan bahwa komputer makin lama menjadi sebuah media yang biasa dalam kehidupan anak di samping TV, komik, dan lain-lain. Seperti yang diberitakan oleh stern.de, bocah-bocah online pada usia tersebut senang terhadap tampilan yang disuguhkan sementara usia selebihnya menyukai Internet lebih pada informasi yang ditawarkan. (sil)

PCplus 3

plusAktual

No.14/II/30 Januari 2001

INTEL BELI XIRCOM UNTUK PERALATAN BERGERAKNYA
Intel Corp.
dan Xircom Inc. tanggal 16 Januari kemarin telah mencapai kesepakatan definitif untuk proses akuisisi. Intel sepakat untuk membeli perusahaan pemasok PC card dan produk lainnya itu dengan cara membeli saham yang per unitnya senilai 25 dolar dalam suatu penawaran tender tunai penuh yang nilai totalnya mencapai 748 juta dolarAS. Akuisisi ini melengkapi bisnis Intel dalam akses jaringan berbasis server dan desktop PC saat ini. Akuisisi ini juga memungkinkan Intel untuk menyediakan produk baru yang digunakan dalam notebook dan komputasi bergeraknya. Hal ini tidak lain karena Xircom yang berbasis di Thousand Oaks, California merupakan perusahaan terkemuka dalam produk jaringan berukuran kecil dan telah memiliki relasi jalur penjualan yang kuat dan mapan. “Perpaduan antara kekuatan Intel dan Xircom akan menciptakan manfaat yang sangat besar bagi para pelanggan,” kata Dirk Gates, CEO Xircom. Kesepakatan ini akan mengatur pengajuan tender cash untuk mengakuisisi seluruh sahan biasa (common stock) yang dimiliki Xircom dan berlaku dalam 10 hari setelah kesepakatan. Proses akuisisi ini diharapkan telah rampung pada kuartal pertama tahun 2001 dan Xircom akan menjadi anak perusahaan Intel sepenuhnya dan akan menjadi bagian dari Intel Network Communication Group. (sil)

PROVIDER DI-HACK, SATU JUTA MARK MELAYANG
Itulah ongkos
mahal yang harus dikeluarkan jika tangan jahil bisa mengakses data-data penting dalam Internet. Akibat perbuatan cracker nakal tersebut, sekitar 1500 pelanggan mengalami lonjakan tagihan telepon . Menurut polisi, beberapa cracker jahil masuk ke dalam sebuah provider dengan petunjuk “bisa surfing gratis”. Dengan petunjuk tersebut, keenam cracker tersebut membuat ribuan pengunjung bisa memanfaatkan provider secara ilegal. Akibatnya, sekitar 1500 pelanggan provider tersebut complain terhadap tagihan telepon yang membengkak tajam. Karena banyaknya pengaduan, polisi akhirnya turun tangan juga menyelidiki penyebab melonjaknya tagihan para pelanggan tersebut. Pihak yang berwajib sendiri menolak untuk memberitahukan nama provider yang terkena serangan tersebut dengan alasan penyelidikan masih berlangsung. Selain itu, nama baik provider tersebut juga akan rusak dan mengurangi kepercayaan para pelanggannya jika nama si provider diungkap. Setelah diselidiki, ternyata ditemukan sekitar 2500 pemakai ilegal yang memakai provider tersebut tanpa ijin untuk mengakses Internet dengan menggunakan rekening telepon para anggota yang terdaftar tersebut. Pemakai ilegal tersebut diantaranya adalah sang cracker yang ternyata adalah enam anak muda yang berusia antara 17 sampai 22 tahun. Seperti yang diberitakan internetworld, total kerugian menurut polisi diperkirakan mencapai satu juta Deutsche Mark. Aksi ini sendiri kabarnya telah dilakukan sejak Juli 1999 terhadap beberapa rekening. Pelaku utamanya yang baru berusia 20 tahun telah menyebabkan kerugian sekitar 4.200 DM. Ketika rumahnya digeledah, ditemukan pula sekitar 300 CD bajakan yang digandakannya sendiri senilai lebih dari 10 ribu DM. Di depan polisi ia mengaku, komputer yang dimilikinya telah digunakan untuk mendownload sejumlah data lewat Internet tanpa henti. Keenam remaja ini diancam dengan hukuman penjara maksimal 5 tahun atau diharuskan membayar sejumlah denda. Ternyata kejadian semacam ini tidak saja terjadi di Schweinfurt. Badan kriminal negara (Bundeskriminalamt) di Wesbaden ternyata juga memberitakan kejadian serupa yang menimpa sebuah provider di Münster. Ada-ada saja! (sil)

M-WEB AKUISISI ASTAGA.COM

PEMBUAT CHIP JEPANG BERALIH
Sedikitnya
tiga perusahaan terkemuka pembuat semikonduktor di Jepang berencana akan mengubah bisnisnya tidak lagi memproduksi memori secara masal. Mereka berencana mengarahkan industrinya ke industri telepon. Seperti yang diberitakan oleh techweb.com, mereka melihat industri pembuatan chip untuk komputer sedang mengalami sedikit kemunduran. Ini amat bertolak belakang dengan berkembangnya industri chip untuk telekomunikasi dan produk digital lainnya. Rencana ini akan dilakukan oleh Mitsubishi Electric Corp. yang termasuk dalam lima besar produsen chip di Jepang. Mereka mengumumkan akan membangun pabrik di sebelah barat Jepang dengan dana sekitar 1,7 miliar dolar AS pada tahun 2003 untuk pembuatan chip khusus telepon. Hal serupa dilakukan pula oleh NEC yang tahun depan akan membelanjakan sekitar 300 juta dolar untuk membangun industri chip di Cina. Langkah ini diikuti pula oleh Sharp Corp. Arah investasi para perusahaan terkemuka ini berubah karena mereka melihat pertumbuhan yang amat pesat pada bidang telekomunikasi. Ini bisa dilihat pada pendapatan keseluruhan tahun lalu untuk bidang telepon bergerak yang mencapai sekitar 14 miliar dolar atau meningkat sekitar 14,7 persen. Langkah ketiga perusahaan terkemuka Jepang ini agaknya akan segera diikuti pula oleh yang lain seperti Sony dan Matsushita. (sil)

Inilah berita

IT paling heboh di Jakarta minggu ini. Setelah namanya sempat melambung tinggi dan mengaku sebagai portal Indonesia pertama dengan 1 juta pengakses pada september lalu, akhirnya Astaga.com harus merelakan usahanya ini diakuisisi. Adalah M-Web yang bermarkas di Afrika Selatan yang berani mengambil alih dotcom yang satu ini. Dalam konferensi pers yang diadakan Selasa (16/1), Stephen Gilmor, CEO M-Web Indonesia menegaskan, akuisisi Astaga.com ini akan memperkuat posisi M-Web sebagai penyedia jasa Internet terkemuka di Indonesia. M-Web sendiri menurut pengakuannya akan menjadikan Astaga.com sebagai one stop shop bagi pengguna Internet di sini. Apakah akuisisi ini akan mengubah content Astaga.com? Secara diplomatis Gilmor menjawab, “Kami akan menyesuaikannya dengan portal lain yang telah kami miliki”, Memang seperti yang diketahui, M-Web telah mengadakan ekspansi bisnis ke Indonesia dengan mengambil alih dua perusahaan dotcom lainnya yaitu Satunet.com dan Kafegaul.com. Gilmor menambahkan, ketiga portal yang dimiliki M-Web masing-masing memiliki ciri dan kelompok pengguna yang berbeda. Dengan demikian ia yakin ketiga dotcom ini tidak akan tumpang tindih dan berebut pengakses. (sil)

INDUSTRI TI BERSATU MELAWAN CRACKER
Karena ulah
para cracker yang terkadang amat menjengkelkan, beberapa perusahaan industri TI akhirnya sepakat untuk mengadakan kerjasama. Kurang lebih 19 perusahaan terkemuka di bidang TI sepakat untuk saling bertukar informasi tentang serangan cracker dan kelemahankelemahan dari perangkat keras dan lunak mereka. Perusahaan-perusahaan yang sepakat mengadakan kerjasama tersebut antara lain Microsoft, Cisco, IBM, dan Hewlett-Packard. Seperti yang dikutip dari Wall Sreet Journal Online, perusahaanperusahaan tersebut secara bersama-sama menginvestasikan sekitar 750 ribu dolar untuk mendirikan pusat analisa dan informasi. Bagi perusahaan yang bergabung dalam aliansi yang diberi nama “Internet Security Center” ini diharuskan membayar iuran sebesar 5 ribu dolar per tahunnya. Sebagai kompensasinya, badan ini akan memberikan perlindungan bagi anggotanya dari serangan cracker baik yang disengaja maupun yang tidak. (sil)

4 PCplus

plusBelajar
Pada prinsipnya, setiap domain Internet biasanya memiliki hubungan dengan server e-mail. Ketika Anda mengirim sebuah pesan e-mail, pertama kali Anda mengirimkannya ke server e-mail, yang kemudian akan diteruskan ke alamat yang sesuai di server email itu. Minggu lalu kita sudah belajar, bagaimana e-mail bekerja. Sekarang kita akan mempelajari apa itu SMTP dan POP3.

Alois Wisnuhardana

No.14/II/30 Januari 2001

MENGENAL SMTP DAN POP3 DALAM PROGRAM E-MAIL
kali didistribusikan secara gratis dalam sistem operasi UNIX. Tabel 1 menunjukkan daftar perintah yang dapat dipertukarkan dalam protokol SMTP antara dua server e-mail. Perintah pertama dalam percakapan SMTP antardua server adalah perintah HELO. Transaksi e-mail dimulai dengan perintah MAIL, SEND, SOML atau SAML, dan perintah Command
DATA EXPN HELO HELP MAIL NOOP QUIT RCPT RSET SEND SAML SOML TURN VRFY
Tabel 1

Ketika Si Metta, misalnya,
mengirimkan pesan e-mail ke Internet, pesan tersebut akan dikirim ke server e-mail Metta. Lalu, server e-mail dia akan mencari alamat yang dituju oleh Metta. Alamat yang dituju adalah Wawan misalnya. Mulamula, server e-mail Metta tidak hanya mencari server e-mail si Wawan, tapi juga server lain sampai ketemu alamat Wawan yang dimaksudkan Metta dan bukan “Iwan” atau “Wawan” yang lain . Nah setelah server e-mail Metta menemukan, dua server e-mail yang melayani e-mail Wawan dan Metta akan saling berkomunikasi. Server e-mail Si Metta kemudian akan meminta server Wawan bila user name yang dimaksudkan Si Metta benar ada di server e-mail tersebut. Setelah itu, e-mail akan ditransfer ke server yang dimaksud dan disimpan di situ. Ketika Wawan masuk ke server tersebut melalui e-mail client yang dimilikinya dan mendownloadnya, barulah e-mail dari Metta itu dikirimkan ke Wawan. Maka, pesan, “Hallo Sayang, kesehatan gigimu sudah membaikkah?” misalnya, akan diterima oleh Wawan.

Expanded Command
DATA EXPAND HELLO HELP MAIL NOOP QUIT RECIPIENT RESET SEND SEND AND MAIL SEND OR MAIL TURN VERIFY

dilakukan. Secara ringkas, desain SMTP dapat dilihat dalam Gambar 1. Ketika SMTP client memiliki pesan yang mesti dikirimkan, akan terbangun dua saluran transmisi ke server SMTP. Kewajiban client SMTP adalah mentransfer pesan e-mail itu ke satu atau lebih SMTP server. Seandainya client SMTP tadi gagal mengirimkannya ke server, ia akan membuat laporannya dan memberitahukan ke client SMTP. Oleh karena itulah seringkali kita mendapatkan pesan dari “seseorang” bernama MAILER-DAEMON. Itulah pesan untuk Anda, mengabarkan bahwa pengiriman atau transfer ke server gagal dilakukan. Kegagalan bisa disebabkan oleh bermacam-macam hal, bisa karena alamat yang dituju salah atau alamat tidak ditemukan.

adalah standar Internet yang terbuka. Perintah-perintah pada POP3 biasanya mengandung perintah sebagaimana disajikan dalam Tabel 2. Dilihat dari perintah program yang ada dalam protokol tersebut, fungsi utama protokol POP3 di suatu program e-mail dengan membaca dan

tambahan seperti kemampuan untuk menjaga e-mail Anda tetap berada di server setelah Anda men-download-nya ke dalam suatu program e-mail. Dengan fungsi tersebut, IMAP bisa berguna dalam beberapa situasi, misalnya ketika Anda tengah berada di luar kantor dan mengambil pesan yang masuk ke mailbox Anda, tetapi ingin membuat pesan tersebut di-download dari tempat lain. Bisa jadi juga, suatu account bisa diakses oleh beberapa orang, sehingga pesan yang sudah selesai didownload oleh seseorang tetap bisa diambil dan dibaca oleh orang lain. Dalam beberapa hal, peranti PDA juga terbantu oleh fasilitas IMAP ini, lantaran Anda bisa menyeleksi sejumlah pesan

terakhirnya adalah QUIT. Inti dari SMTP adalah perpindahan mail antarserver yang efisien dan ringkas. SMTP merupakan transmisi independen di dalam subsistem Internet. Salah satu fitur terpenting dalam SMTP adalah kemampuannya untuk mengangkut mail melewati jaringan. Perlu kita ketahui, sebuah jaringan terdiri dari host-host TCP/IP yang berbeda-

POP3: MENERIMA PESAN
Biasanya, client SMTP diasosiasikan atau dipasangkan dengan penggunaan protokol POP3 atau IMAP. Apa itu protokol POP3? Apa pula IMAP itu? POP adalah singkatan dari post office protocol. Angka tiga menunjukkan versinya. Protokol ini memungkinkan berbagai program e-mail di Internet berhubungan dengan server email untuk memfungsikan

Responses Ucapan selamat datang dari server Login dengan user name. Bila nama benar, ia akan meminta password pass_ (password) Mengirim password. Bila valid, server akan merespon dengan mengitung jumlah pesan dan ukuran mailbox Stat () Mendapatkan info ttg status mailbox List ([message]) Mendapatkan dan menyusun pesan yang ada di dalam “pesan”. Retr (message) Mendapatkan pesan ttg jumlah “pesan” Dele (message) Menghapus pesan ttg jumlah “pesan” Rset () Menghapus pesan yang sudah ditandai dengan “pesan dihapus” noop () Tanpa operasi. Tidak mengerjakan sesuatu. Biasanya dibutuhkan dalam situasi tidak normal Quit () Keluar. Melakukan semua perubahan, membuka mailbox, dan menghentikan koneksi ke server top (message, lines) Mengumpulkan sederetan jumlah baris dalam “pesan” Uidl ([message]) Mendapatkan daftar ID unik/khas. Biasanya ditujukan untuk “pesan” khusus
Tabel 2

Command getwelcome () User (username)

User

SMTP: MENGIRIM PESAN
Gambaran diatas itulah yang disebut simple mail transfer protocol alias SMTP. Jadi, pada dasarnya protokol SMTP berfungsi untuk mengirim suatu pesan program e-mail milik client (pengguna komputer) ke dalam server email dan meneruskannya ke alamat yang dituju oleh pesan e-mail tersebut. SMTP pertama File System

ClientSMTP

SMTP Commands/ Replies and Mail

ServerSMTP

File System

SMTP client
Gambar 1

SMTP server berbagai pekerjaan seperti membaca dan mengirimkan email, sejauh mereka memasukkan account dan password yang benar. POP3

beda tetapi bisa saling bekerja sama. Dengan menggunakan SMTP, proses pemindahan mail dalam satu jaringan yang sama atau jaringan lainnya bisa

men-download pesan-pesan email yang ada di suatu server email. Jadi, protokol POP3 merupakan pasangan dari protokol SMTP, di mana SMTP berfungsi untuk mengirimkan pesan ke server dan berhubungan antarserver e-mail. Lalu, apa fungsi IMAP? IMAP lebih dari sekadar protokol POP3. Kepanjangan IMAP adalah Internet Message Access Protocol. Pertama kali protokol itu dibangun di Stanford University pada tahun 1986. Protokol ini memberikan layanan seperti halnya protokol POP3, tetapi memiliki fitur

e-mail di account Anda, sehingga bandwidth atau resources pada peranti PDA yang biasanya relatif kecil tidak terbuang percuma. Dengan kedua layanan protokol tersebut, suatu server Web e-mail yang menyediakan fasilitas pop3 dan smtp bisa didownload oleh program e-mail, tanpa Anda harus masuk ke Webnya dengan menggunakan browser. Dari segi koneksi, Anda bisa berhemat karena setelah Anda men-download pesan, Anda bisa mematikan koneksi ke Internet dan membacanya secara offline.

PCplus 5

plusInternet
Kebahagiaan, kemakmuran, kekayaan, kesehatan, adalah harapan-harapan yang umumnya terlontar tepat pada saat peralihan tahun baru Cina, Imlek, bersamaan dengan ucapan Gong Xi Fa Cai pada tanggal 24 Januari ini. Ang Pau-nya? Ada, sabar ya...

F.X. Bambang Irawan

No.14/II/30 Januari 2001

SITUS-SITUS BERNUANSA IMLEK
manyajikan pilihan e-card untuk merayakan datangnya Tahun Ular ini. Gratis. Cara memilih dan mengirimkannya cukup mudah. Silakan masuk ke situs yang alamatnya tertera di atas. Anda akan disuguhi tiga pilihan kartu. Pilih dengan mengklik bulatan kosong di tiap kartu, bulatan yang terpilih akan terisi dengan titik. Masukkan nama dan alamat e-mail Anda dan teman yang Anda kirimi pada kolomnya masing-masing. Anda juga diminta mengisi jenis huruf dan warna latar belakang kartu tersebut. Sebelum benar-benar mengirim. Masih ada kesempatan untuk melihat bentuk kartu yang akan kita kirim dengan mengklik Lihat Kartu. Jika sudah cocok dengan harapan, klik SendGreetingCard.

“mencabut” (dengan mengklik) link tersebut. Ramalan tentang nasib Anda sepanjang tahun ini akan muncul. Siapkan mental!

CARDMASTER (www.cardmaster.com/ ChineseNewYear/)
Masih tentang kartu ucapan online. Desain kartu Imlek yang khas Cina bisa Anda dapat dari situs ini. Anda bisa mengiringi saat pembukaan kartunya dengan lagu-lagu yang bisa dipilih. Selain itu, kartu lain untuk beragam event juga tersedia, dan tak kalah bagusnya.

Atmosfer Imlek
sebenarnya sudah terasa jauhjauh hari. Toko-toko, terutama di daerah konsentrasi etnis Tionghoa, sudah mulai bernuansa merah. Mereka menjual hiasan-hiasan yang khusus dibuat untuk dekorasi rumah di tahun baru yang didominasi warna merah. Beberapa keluarga bahkan juga punya tradisi mudik ke kampung halaman, berkumpul dengan keluarga. Indahnya! Selain dihias, beberapa hari sebelum saatnya tiba, rumah juga dibersihkan. Menurut www.handoyo.org, ritual ini dilakukan bukan agar sekadar bersih saja, namun juga mengandung makna agar semua kesialan serta hawa kurang baik yang ada dalam rumah dan memberikan kesegaran dan jalan bagi hawa baik serta rejeki untuk masuk. Ang Pau? Bersihin rumah dulu dong! Nah, pada malam tahun barunya, seluruh keluarga berkumpul bersama untuk mengadakan andrawina santap bareng dengan Jiao Zi (semacam wedang ronde) sebagai menu khusus yang tak boleh terlewatkan, sama seperti ketupat di hari lebaran. Lampulampu akan dibiarkan menyala sepanjang malam. Tepat pada detik pergantian tahun, bumi akan “gonjang-ganjing” dan hiruk pikuk oleh suara ledakan petasan dan percik kembang api. Persis seperti hari lebaran. Semua hanya bisa bergembira di tengah malam itu, lain tidak. Ang Pau? Sabar. Sama halnya dengan lebaran, paginya dilanjutkan dengan silaturahmi kepada yang lebih tua, sanak keluarga, dan tetangga. Nah, ini dia... Ang Pau-nya mana? Yah, betul, juga sama dengan hari lebaran, ada acara berbagi-bagi Ang Pau (bingkisan berupa duit). Kesemarakan akan berlanjut sampai lima belas hari kemudian, saat ada perayaan baru lagi, Festival Lentera. Ada Ang Pau lagi? Sayangnya, tidak! Secuil cerita tersebut mungkin belum dapat melukiskan dengan rinci suasana dan roh yang meliputi perayaan tersebut. Untuk ini

www.handoyo.org

www.kompas.co.id/cards/imlek.htm

CHINA.COM (english.china.com)
Situs ini merupakan salah satu portal besar di Cina. Selain berita-berita terhangat dan segala aspek epolesosbudhankamling yang disajikan, saat ini China.com juga mengetengahkan feature budaya yang lengkap tentang seluk beluk Tahun Baru. Simak dalam tab Culture pada homepage situs tersebut. Apakah Anda tahu bahwa Cina mempunyai jumlah kuda terbesar di dunia dengan 10.000.000 ekor dan jumlah populasi ayamnya sebesar 3 miliar. Trivia macam ini bisa disimak di situs ini.

www.123greetings.com/events/ chinese_new_year

www.chinatown-online.co.uk/pages/ new_year/index.html

123GREETINGS (www.123greetings.com/ events/ chinese_new_year)
Situs 123Greetings sudah kondang dengan kartu elektroniknya. Menyongsong Imlek tahun ini mereka juga menyiapkan kapling khusus untuk melayani kartu jenis ini. Ada beragam kelompok kartu yang ditawarkan, mulai dari yang lucu-lucu sampai yang formal. Maksudnya tentu untuk memilah rekan yang Anda kirimi berdasarkan karakter hubungan Anda. Semua kartu dihias dengan animasi, baik yang minim dan berkesan tempelan saja seperti kerlip kembang api sampai yang full animasi. Harap berhati-hati dengan yang terakhir ini karena tentu juga mengusung file yang besar ukurannya.

www.cardmaster.com/ChineseNewYear/

english.china.com

CHCP (www.chcp.org/ Vnewyear.html)
Di situs ini kita bisa membedakan cara mengucapkan selamat. Gong Xi Fa Cai merupakan bahasa Mandarin. Sedang bahasa Kanton melafalkannya dengan Gung Hay Fat Choy. Keduanya sama artinya, yaitu “Semoga Anda Sejahtera”. Sedang ucapan tahun barunya sendiri sebenarnya adalah Xin Nien Kuai Le (bahasa Mandarin) dan Sun Nin Fy Lok (bahasa Kanton). Situs yang bernuansa ilmiah ini merupakan Website dari Chinese Historical and Cultural Project, sehingga tak heran jika informasi yang disediakannya akurat dan sistematis. Kunjungi situs ini jika Anda membutuhkan data-data tentang budaya dan sejarah Cina.

www.chcp.org/Vnewyear.html

www.chinesefortunecalendar.com/2001.htm

kami sajikan beberapa situs di Internet yang menyuguhkan segala pernak-pernik Imlek dan budaya Tionghoa agar suasana yang lebih sempurna bisa hadir di depan Anda. Selamat Tahun Baru, Gong Xi Fa Cai, Gung Hay Fat Choy, Xin Nien Kuai Le, Sun Nin Fy Lok.

HANDOYO.ORG (www.handoyo.org)
Situs ini memang bukan dikhususkan untuk menyambut tahun baru Imlek tahun ini. Pengelolanya mempunyai tujuan yang lebih luas, yaitu memperkenalkan serba-serbi budaya dan masyarakat Tionghoa secara lengkap dalam bahasa Indonesia. Jika dikaitkan dengan kondisi mutakhir hubungan antaretnis di tanah air, maka situs nirlaba ini hadir tepat waktu dan bermanfaat. Jika Anda sering dibombardir dengan ceritacerita legenda, babad, atau silat

berbahasa Mandarin di televisi maupun di media cetak tanpa pernah tahu broadview dari sajian yang sedang Anda nikmati tersebut, inilah tempat yang cocok bagi Anda. Meski bisa jadi merupakan tujuan yang agak muluk, semoga saja kita semua dibuat paham dan tercerahkan dari segala social prejudice yang mungkin nyangkut di masyarakat kita selama ini.

CHINATOWN ONLINE (www.chinatownonline.co.uk/pages/ new_year/index.html)
Situs ini dikelola oleh Tionghoa perantau yang berada di Inggris (Rindu kampung halaman nih yeee...). Oleh karenanya wajar jika ada liputan dan jadwal perayaan Imlek di kawasan Chinatown Inggris seperti Birmingham, Liverpool, London, Newcastle, dan Manchester. Salah satu hal yang menarik adalah Virtual Fortune Stick, dimaksudkan sebagai lidi keberuntungan yang dicabut di depan altar sembahyang. Pada bagian ini Anda bisa

KOMPAS (www.kompas.co.id/ cards/imlek.htm)
Memeriahkan Imlek juga bisa dilakukan dengan saling berkirim kartu ucapan. Selain beragam kartu Imlek yang dijual di toko, Internet juga menyediakan kartu-kartu elektronik (electronic card) yang akan dikirim via e-mail. Sebagai satu rangkaian tiga hari raya besar beberapa waktu ini, Kompas Cyber Media juga

CHINESEFORTUNE (www.chinesefortune calendar.com/2001.htm)
Pada situs yang kelihatannya awut-awutan ini, Anda bisa mendapatkan serba-serbi tentang Tahun Ular. Ular yang menjadi pelindung tahun ini adalah giliran ular emas atau logam. Karena komponen logam tersebut juga identik dengan warna putih, maka tahun ini juga merupakan Tahun Ular Putih. Dan kita tahu ada legendanya sendiri. Simak legendanya dalam situs ini.

6 PCplus

plusDownload
Coco Calculator:

No.14/II/30 Januari 2001

KALKULATOR ILMIAH SERBAGUNA
Anda mencari
kalkulator ilmiah lengkap untuk komputer Anda? Silakan coba Coco Calculator ini. Kalkulator gratis bikinan Richard Miranda ini bisa digunakan untuk hitungan trigonometri, logaritma, radikal atau akar, eksponensial, keuangan, dan hitungan statistik. Hitungan statistik misalnya perhitungan ratarata, jumlah, dan standar deviasi. Kalkulator ilmiah ini bisa melakukan komputasi yang mengandung desimal, konversi sudut, koordinat polar, hitungan waktu, temperatur, dan persentase. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kalkulator ini untuk konversi ukuran (unit converter). Misalnya untuk mengukur panjang, volume, dan berat dalam berbagai unit ukuran. Coco Calculator tampil mirip seperti kalkulator biasa. Penggunaannya juga tidak cococalculator/coco.htm. Tapi untuk menjalankan program Coco Calculator ini, komputer Anda harus dilengkapi dengan VB runtime file yang mengandung file-file DLL atau file pendukung untuk menjalankan programprogram yang dibuat dalam Microsoft Visual Basic. Di situs Coco Calculator ini disediakan tiga jenis file ZIP yang bisa Anda download. Ada file Coco Calculator 2.2 yang berukuran 2,078MB yang juga dilengkapi dengan VB runtime file (Coco22VB.zip) dan file Coco berukuran 802 KB (Coco22.zip) bagi yang sudah memiliki VB runtime file. Lalu tersedia pula file Coco Upgrade 198 KB (Coco22UP.zip) bagi yang sudah pernah memasang Coco Calculator versi lama. File-file ini bisa langsung Anda download secara gratis. Untuk menginstalnya, mekarkan (unzip) terlebih dahulu file ZIP tadi dan ikuti petunjuk instalasinya.
(ibp)

GuruNet:

ENSIKLOPEDIA ONLINE
Apa yang terjadi seandainya Anda sedang berselancar di
Internet, kemudian menemukan sebuah istilah dalam dunia maya yang tidak Anda ketahui? Misalnya gnu atau gnupyright? Senewen? Wah, jangan deh! Cukup jalankan saja program GuruNet. Silahkan tekan tombol ALT dan kliklah kata tersebut. Tunggu sebentar maka Anda akan mendapatkan definisi dari kata tadi dalam layar GuruNet. Itu saja? Tentu saja tidak. Selain Anda diberitahu definisi kata tersebut maka Anda juga diberi beberapa hyperlink ke situs-situs yang memuat artikel atau bahan-bahan yang relevan dengan kata atau frase yang Anda cari. Bukan itu saja. Anda juga bisa memanfaatkan software ini sebagai “search engine yang spesifik”. Apa itu? Artinya program ini hanya akan mencari definisi dan artikel yang terkait dengan masalah yang Anda cari saja. Caranya? Ketikkan saja kata atau frase yang Anda inginkan pada kolom Alternative, kemudian tekan tombol Go. Tunggu sejenak, maka Anda akan mendapatkan jawabannya. Program ini cukup praktis bagi yang ingin berselancar sembari minum air... eh sambil nambah ilmu. Mau coba? Download saja di www.gurunet.com.

terlalu repot. Cukup klik tombol-tombol angka dan fungsi yang tersedia di sini. Fitur lain yang bisa ditampilkan adalah perhitungan angka dari basis yang berbeda. Seperti dari bilangan desimal, heksadesimal, oktal, dan bilangan biner. Termasuk fitur perhitungan logika dan bisa menampilkan hasil dalam notasi standar, desimal, dan notasi ilmiah. Coco Calculator bahkan juga dilengkapi dengan tabel periodik unsurunsur yang interaktif. Untuk men-download kalkulator serbaguna ini, klik saja situs produk ini di http:// sites.netscape.net/

Komaria Apriana Indah Jl. Tawangsari 127 (14A) Lawang, JATIM 65213

Theme Freak:

KREATIF DENGAN DESKTOP THEME SENDIRI
Program yang satu ini
bisa dimanfaatkan untuk membuat desktop theme buat tampilan Windows Anda. Anda bakal bisa memajang desktop theme buatan sendiri di komputer dan menyebarkan kreasi Anda ini lewat Internet. Caranya? Pertama-tama, masukkan informasi tentang theme yang akan dibuat, termasuk judul theme tersebut dan informasi yang akan ditampilkan dalam file theme tadi. Misalnya nama Anda atau alamat e-mail Anda. Lalu pilihlah aneka gambar icon yang bakal menggantikan icon-icon standar di Windows Anda. Seperti icon untuk My Computer, Recycle Bin Empty, Recycle Bin Full, Network Neighborhood, dan My Documents. Kemudian Anda tinggal memilih gambar wallpaper yang akan dipajang, tambahkan screen saver, bunyibunyian, dan warna-warna ada di Windows. Begitu selesai, pilih saja di mana Anda ingin menyimpan file theme bikinan Anda ini. Lewat program Theme Freak ini, Anda juga bisa memilih warna-warna langsung dari berbagai gambar wallpaper. Ingin buru-buru membuat desktop theme sendiri? Program ini bisa Anda download lewat situs pembuatnya di www.come2mum.com/ ~cwhere/thfreak.html. Dari situs ini, Anda bisa mendownload file instalasi ThemeFreakEvaluation.exe yang berukuran 1,60MB. Sayangnya, program shareware ini resminya hanya bisa digunakan maksimal sepuluh kali. Lewat dari itu, Anda harus melakukan registrasi dan membayar US$ 20 untuk terus menggunakannya. Tertarik? Coba saja! (ibp)

BERNOSTALGIA DENGAN WIZARD OF OZ
Masih ingat film
klasik berjudul Wizard of Oz? Atau Anda tak pernah menonton film produksi tahun 1939 ini sebelumnya? Film ini sudah lama sekali memang, tapi toh masih tetap beken. Nah, di sini bukan berarti Anda bakal disuguhi dengan tontonan film musikal klasik tentang perjalanan Dorothy dan anjing kesayangannya, Toto, ke negeri ajaib. Tapi setidaknya Anda bisa menikmati cuplikan gambar film ini di layar monitor. Wizard of Oz mengisahkan tentang Dorothy (dibintangi oleh Judy Garland) yang terbang terbawa badai ke negeri bernama Oz. Bersama teman-teman barunya di negeri ini Scarecrow, Tin Man, dan Cowardly Lion- Dorothy berkelana mencari penguasa Oz yang ditakuti. Dari desktop themes Wizard of Oz ini, Anda bisa ikut menikmati tiga tampilan wallpaper, aneka icon, kursor, dan bunyi-bunyian WAV berupa suara dan musik dari film aslinya. Ingin menampilkan film klasik ini di komputer Anda? Ketikkan saja alamat www.fortunecity.com/marina/christian/1084/ id41.htm dan download file desktop theme berukuran 1,81MB bikinan J. Gregory ini langsung ke komputer Anda. Lewat situs ini, Anda juga bakal menemukan koleksi theme lain yang tak kalah menarik. (ibp)

untuk title bar, scroll bar, atau teks menu. Mudah? Yang jelas, program bikinan Cwhere Software ini memang muncul dalam tampilan tab per tab untuk membantu setiap langkah pembuatan theme. Anda bakal melihat theme kreasi Anda ini selayaknya desktop theme lain yang sudah

PCplus 7

plusPonsel
“Anie: Hi, nanti malam jangan lupa ya! Kita jadi belanja-belanji di ….(nama sebuah situs) kannn…?,” begitu pesan yang ditulis oleh seseorang bernama Anie kepada rekannya, Dina. Namun sayang sekali, Anie mengirimnya melalui sebuah situs Internet yang tentu saja Dina tidak bisa membalasnya dengan cepat. “Aaaahhh, gimana cara saya membalasnya, gue kan lagi di jalanan. Mana macet, lagi,” ujar Dina sambil menggerutu. “Bukannya ganti operator sekalian, biar saya nggak perlu cari-cari warnet lagi nih,” lanjut Dina. Sementara si pengirim pesan, Anie, tidak kalah kesalnya menunggu jawaban. “Wah kalau begini terus kalian berdua bisa-bisa berlumut,” canda rekan Dina bernama Lola.

Mersagita Prabudi

No.14/II/30 Januari 2001

SMS Plus:

HEMAT PULSA, BOROS TOKEN
memperbesar kans mereka untuk meraih pangsa pasar yang lebih besar pula. Alasannya? Pengguna ponsel semakin hari akan merasakan manfaatnya dari sekadar mengirim SMS lintas operator. Bagi maniak film-film yang ditayangkan di bioskop, tentunya informasi mengenai film terbaru sangat berguna bukan? Kalau begitu, sama dong dengan WAP? Begitulah kirakira. Namun tentunya ada perbedaan dalam cara pengaksesan. Terutama dari segi biaya juga. Kok bisa? Ya, karena dengan menggunakan jalur SMS, Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar pengiriman SMS seperti biasanya. Mungkin bisa lebih besar untuk beberapa layanan seperti men-download nada dering (ring tones) atau logo operator. Namun tetap saja lebih murah dibandingkan mengaksesnya dengan WAP di mana pulsa Anda terus berjalan ketika proses pertukaran informasi berlangsung. Bedanya dengan pengiriman SMS yang konvensional, biaya pengiriman SMS plus ini tidak dihitung berdasarkan nilai rupiah, tapi dihitung menurut token, istilah yang mungkin baru Anda dengar yang dipergunakan oleh para operator tersebut. ment Manager dari Oke SMS, menambahkan bahwa sejak perkenalan produknya sampai saat ini tercatat kurang lebih 140.000 pelanggan dengan tingkat penetrasi pasar yang cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dari penambahan jumlah pelanggan yang begitu cepat bahkan melampaui target yang semula hanya 60.000 pelanggan saja dalam 3 bulan sejak peluncurannya. Dari angka tersebut tercatat 75-80 persennya termasuk pelanggan yang aktif. Aktif? Pelanggan yang aktif di sini maksudnya mereka yang terus membeli voucher Oke SMS ketika free token yang diberikan sudah habis. SMS lintas operator yang saat ini menjadi aplikasi primadona di Oke SMS, cara bekerjanya masih bergantung pada tiga operator ponsel GSM yang ada sekarang ini, Telkomsel, Satelindo, Excelcomindo. Di mana seorang pengguna Oke SMS untuk dapat mengirimkan SMS lintas operator akan melalui gateway dengan nomor tertentu yang dipergunakan operator tersebut. Jadi kemungkinan hal menyedihkan seperti pada tiga hari besar tahun lalu (Natal, Idul Fitri, dan Tahun baru) di mana Anda berjam-jam mendapat kesulitan untuk mengirim SMS masih bisa terjadi meski Anda menggunakan layanan dari operator VAS ini. Sementara target utama pemasaran Oke SMS ini, menurut Rara Wilis, tetap golongan remaja yang saat ini gemar bermain dengan SMS baik untuk sekadar mengirim berita ataupun jadi ajang chatting yang lebih seru. Saat ini pihak Oke SMS menyediakan tiga macam voucher isi ulang (lihat tabel) dengan masingmasing layanan memiliki “harga” token yang berbedabeda. Wah, mau hemat pulsa malah berat di token dong?

Hal seperti di atas tentunya
sudah sering Anda temui di kehidupan sehari-hari. Namun kejadian itu tentu tidak perlu terulang lagi saat ini. Karena sejak beberapa bulan yang lalu sudah hadir beberapa penyedia layanan nilai tambah atau Value Added Service (VAS). Bukan hanya satu dua operator saja yang menyediakan layanan semacam ini sampai beberapa waktu lalu. Sudah banyak operator yang menawarkan jasa ini dengan kapasitas yang besar sampai yang ala kadarnya. Ada yang bertarung di beberapa kota saja. Namun ada pemain besar yang berencana menjangkau sejauh mungkin selama jaringan operator selulernya menjangkau daerah itu pula.

“Fasilitas SMS yang semakin hari semakin beragam kegunaannya”

SMS PLUS BERSAING DENGAN WAP
Lebih lanjut mereka pun tidak hanya menjual produk SMS (Short Message Service) lintas operator yang merupakan aplikasi yang familiar dikalangan pemilik ponsel. Mereka malah menggabungkannya dengan fitur unggulan lain seperti informasi mengenai film-film yang diputar di bioskop dan TV, lagu-lagu Barat atau Indonesia, info café, ramalan bintang, sampai harga saham suatu perusahaan. Tentu saja beragam jenis layanan yang ditawarkan ini yang menjadi produk unggulan mereka. Semakin banyak jenis layanan yang diberikan operator tersebut ditambah dengan jangkauan wilayah yang luas akan

September tahun lalu. Pada awal peluncurannya, brand yang digunakan adalah SMS Oke. Namun saat ini digunakan nama Oke SMS, sebagai bagian dari brand Oke secara keseluruhan yang sedang dikembangkan oleh salah satu anak perusahaan dalam group Trikomsel ini. Metode promosinya pun tergolong atraktif, di mana pihak Oke SMS sejak awal peluncuran sampai bulan Januari ini akan memberikan free token sebanyak 20 buah OKE SMS: OKE DONG kepada setiap orang yang Salah satu pemain besar mendaftar lewat situs mereka. dalam hal ini, yaitu Oke SMS Dua puluh token, cukup buat (www.smsoke.com). Pada awalapa aja ya? awal peluncurannya pihak Oke Apabila Anda masih terkungkung di seputaran aplikasi SMS, maka dengan 20 MACAM VOUCHER HARGA token setidaknya Anda bisa Voucher 50 token Rp. 15.000,mengirim SMS ke ponsel Voucher 125 token Rp. 25.000,teman Anda yang berlainan Voucher 200 token Rp. 35.000,operator sebanyak 10 kali. LAYANAN YANG DIPERGUNAKAN Layanan Berita, Info, Kirim e-mail, atau Lintas Operator Download Logo/Ringer Pengiriman kartu atau funny SMS BANYAKNYA TOKEN

2 unit 20 unit 5 unit

MONICATM: LEBIH MUDAH TAPI KURANG MERIAH
Sementara PT Celicom Indonesia (www.celicom.com) yang merupakan penyedia jasa komunikasi informasi yang berbasis pada penggunaan SMS, ikut ambil bagian dalam lahan yang tergolong baru di Indonesia ini.

SMS giat sekali melakukan promosi di berbagai media, meski sempat di sebuah pusat perbelanjaan pada saat itu counter Oke SMS ini belum ditemukan. Pelucuran produk Oke SMS ini diluncurkan ke pasaran pada tanggal 25

Artinya untuk sekali pengiriman Anda dikenakan 2 token. \Tapi dengan token sebanyak itu Anda hanya mendapat sekali kesempatan untuk mendownload ring tones kesukaan Anda. Lebih jauh, Rara Wilis, Corporate Develop-

Sama dengan yang dilakukan oleh pihak Oke SMS, PT Celicom yang beberapa saat lalu pernah menandatangani nota kesepahaman dengan pihak Myohdotcom dalam penyediaan online/mobile trading, juga menawarkan informasi terkini, transaksi komersial dengan biaya yang realistis pada pengguna. Realistis? Menurut pihak PT Celicom disebut realistis karena pengguna tidak perlu lagi membayar pulsa airtime. Berbeda dengan WAP yang menguras pulsa Anda ketika ponsel Anda terhubung dengan server penyedia jasa WAP tersebut. MONICA TM yang merupakan kependekan dari Messaging Information Interactive Commerce Access merupakan layanan dari pihak PT Celicom Indonesia berupa pembelian kartu isi ulang GSM (Simpati, Mentari, dan Pro XL) secara online dan mobile, pengiriman SMS antar operator, penyajian informasi terpilih, serta perubahan ring tones dan logo operator yang tampak di layar ponsel Anda. Sementara pemain lainnya seperti SMS-INDEX yang berkantor pusat di kota Bandung juga menawarkan fitur pengiriman SMS lintas operator. Belum jelas memang, apakah mereka juga menyediakan fitur lain seperti yang diberikan kedua operator di atas. Namun yang jelas masih banyak lagi operator ”SMS Plus menyaingi yang berSMS lewat Internet” tarung di lahan ini. Kalau sudah begini, tentunya pelanggan memiliki keuntungan dengan banyaknya pilihan. Namun sayang, karena sistem pengirimannya yang melalui gateway, maka penerima hanya akan melihat nomor gateway di layar ponsel mereka, bukannya nomor si pengirim. Maka tidaklah mengerankan kalau banyak pengguna SMS Plus yang menggunakan layanan ini sebagai lelucon. “Wah kalo begini baru asyik,” ujar Anie yang baru membeli voucher untuk SMS lintas operator. Dengan segera Anie ini mengirim SMS ke Dina. Namun Dina, yang tidak melihat nomor Anie yang muncul, kemudian membalasnya sambil bercanda, “Hi, saya Dina, kamu siapa?”

8 PCplus

plusVirus
Lain perusahaan, lain pula cara untuk membasmi virus-virus yang berkeliaran untuk peranti mobil. Symantec memperkenalkan teknologi micro engine, sementara pihak McAfee berencana meluncurkan produk antivirus untuk perangkat handheld-nya dalam waktu dekat. Belum jelas bagaimana teknis pembasmian virus yang beredar di kalangan perangkat handheld versi mereka. Yang sudah jelas, bukan hanya McAfee dan Symantec saja yang berjuang membuat penangkal virus untuk perangkat handheld ini. Ada beberapa perusahaan lagi yang siap bersaing dengan mereka. Mungkin ini bisa jadi David vs Goliath berikutnya.

Mersagita Prabudi

No.14/II/30 Januari 2001

Produsen Antivirus:

MENANTI SERANGAN MALCODE KE PERANGKAT MOBILE
perangkat Palm dengan lebih baik. Semua file aplikasi dihimpun di dalam satu penginstal tunggal. Pada saat dilakukan instalasi, LiveUpdate akan meregistrasikan “Symantec Antivirus for Palm” sebagai LiveUpdate client, kemudian menginstal teknologi Palm scanner dan data-data virus sehingga kesemuanya itu akan tertransfer selama HotSync berikutnya. Teknologi dan fiturfitur terkait menjadikan produk antivirus ini dapat berjalan dengan efisien. Satu keunggulan yang coba ditawarkan oleh Symantec adalah proteksi otomatis di seluruh titik yang dipandang sebagai jalan masuk suatu virus. Fitur ini tentunya mempermudah para pengguna dalam mengamankan perangkat mobile miliknya. Hal ini juga dimaksudkan untuk memastikan bahwa data-data dilindungi selama proses OS, Microsoft’s Pocket PC dan Windows CE, dan Symbian’s EPOC.

Mobile Scanner Technology, diluncurkan awal bulan Agustus lalu, prinsip kerjanya berdasarkan platform EPOC.

LAHAN BARU BERNILAI MILIARAN DOLAR
Pendek kata, perusahaan Symantec dan para pesaing berusaha keras untuk membuat suatu sistem proteksi yang tidak meninggalkan celah sedikit pun bagi virus untuk menjalankan aksinya. Sistem pengamanan untuk perangkat Palm OS ini dapat di-download melalui situs http://www.symantec.com/ avcenter/palmscanner.htm. Antivirus tersebut didesain sebagai penjaga data-data kritis pada Palm OS terhadap serangan virus komputer, worm, maupun Trojan Horse. Namun apakah perlombaan yang dilakukan sejumlah produsen antivirus ini memperjelas ketakutan mereka akan kejayaan produk-produk mereka, seperti ditanyakan oleh sebuah majalah bisnis terkemuka di Amerika Serikat sana? Tidaklah begitu tepat persepsi seperti itu. Memang saat ini baru sekitar 5-10 % saja dari pengguna perangkat handheld yang memiliki akses wireless di seluruh dunia. Namun para analis tetap bersikeras bahwa hal semacam itu akan meramaikan berita penyebaran virus di masa-masa mendatang. Maka tak heran para analis juga mengatakan bahwa apa yang dilakukan industri software antivirus seperti McAfee, Symantec, dan juga F-Secure dalam mempersiapkan dan memperbaiki cara penangkalan virus terhadap perangkat handheld ini dikatakan sudah berada pada jalur yang tepat. Sebagaimana dikatakan oleh seorang analis dari Morgan Stanley Dean Writer, Charles Philips, di masa-masa mendatang kita akan mendapati lebih banyak perangkat handheld dibandingkan PC. Dan trend komunikasi saat ini memang mengarah ke komunikasi nirkabel. Jadi cocoklah kalau para produsen antivirus berlomba untuk hal yang satu ini. Karena semakin hebat antivirus yang mereka ciptakan tentunya dolar akan meluncur mulus ke kantong mereka, bukan? Maka tidak heran pula kalau program antivirus untuk perangkat mobile ini juga akan diramaikan oleh perusahaan-perusahaan start-up yang mencoba merambah lahan baru bernilai miliaran dolar AS ini. Dan sebagai pengguna tentunya kita hanya bisa menunggu sambil berharap perangkat yang kita miliki tidak terinfeksi sebelum antivirusnya tiba. Mudah-mudahan.

KELEMAHAN SISTEM WIRELESS
Sementara software McAfee mungkin akan mencegah virus lalu-lalang di antara perangkat handheld dan jaringan sebuah perusahaan. Namun tetap saja penggunaan software tersebut tidak akan mencegah virus dari keterkiriman secara wireless menuju PDA. Meski belakangan ini baru sedikit saja virus yang menyerang perangkat ponsel dan PDA, namun para pengamat melihat bahwa kedua perangkat tersebut bakal menjadi incaran utama virus dan cracker. McGee juga menambahkan tantangan terbesar yang dihadapi oleh perusahaannya bahwa para penulis virus saat ini semakin pintar untuk menulis virus untuk format perangkat mobile. Oleh karenanya McGee beserta timnya bekerja dengan tantangan semacam itu dan berupaya selangkah lebih maju dari mereka (pembuat virus). Boleh saja McGee berkata

Model preview dari produk
antivirus yang dikeluarkan pihak Symantec untuk Palm OS ini bertindak sebagai palang pintu terhadap segala serangan virus dan konco-konco alias malcode lainnya. Scanning engine dari model ini akan melakukan pengujian pada keseluruh aplikasi yang terdapat di dalam perangkat Palm. Pada saat yang bersamaan ia juga akan mengecek ada tidaknya virus di dalam perangkat tersebut. Ketika suatu virus ditemukan, maka program tersebut akan menunjukkan suatu dialog box perlu tidaknya virus tersebut dibasmi. Untuk menjaga agar data virusnya up to date, maka program tersebut dilengkapi fitur untuk secara otomatis melakukan update data-data virus terbaru beserta kode pembasmiannya melalui LiveUpdate setiap kali pengguna melakukan HotSync atas Palmnya. Dengan cara ini para pemilik Palm dapat dengan mudah melakukan scan, download, dan meng-install data-data virus terbaru selama proses sinkronisasi.

“Bakal menjadi incaran virus”

“Sama bahayanya dengan floppy disk”

sinkronisasi, baik ketika para pengguna melakukan pentransferan melalui infrared port atau men-download file melalui koneksi wireless Internet.

MCAFEE: MULAI MENGINTIP
Sementara produsen antivirus yang tergolong raksasa lainnya, McAfee, mulai melihat peluang dari software antivirus untuk perangkat handheld ini. CEO McAfee.com, Srivats Sampath, pernah mengungkapkan hal ini pada suatu kesempatan. “Right now, the major way this virus protection will work is stopping viruses on the PC, coming from wireless PDA, and cleaning out the PDA of any viruses that are on it,” ungkapnya. Produknya yang dinamakan McAfeeVirusScan Handheld ini merupakan software yang ditujukan untuk membantu

TEKNOLOGI MICRO ENGINE
Lain ladang lain pula belalangnya, begitu juga yang dilakukan oleh pihak Symantec yang menggunakan teknologi micro engine yang dioptimalisasi pada program antivirus Palm ini. Penggunaan teknologi semacam ini memungkinkan para peneliti di Symantec AntiVirus Research Center (SARC) untuk dapat mendeteksi kehadiran suatu virus yang menyerang

perusahaan yang memiliki banyak pegawai yang bekerja mobile dari serangan virus. Apa alasannya? Ryan McGee, product marketing manager VirusScan, mengatakan bahwa seseorang dapat dengan mudahnya mendapat virus ketika mentransfer file Microsoft Word atau Excel ke produk handheld-nya. Hal ini bisa lebih berbahaya lagi ketika virus-virus ini menyebar menuju jaringan yang dimiliki perusahaan ketika mereka mensinkronkan perangkat handheld mereka dengan PC yang berada di tempat kerja. “Perangkat handheld atau mobile sama bahayanya dengan penggunaan floppy disk di tempat kerja,” ungkapnya. Bagaimana cara kerja produk McAfee ini? McGee mengatakan bahwa secara garis besar produk ini akan diinstal baik di sisi PC di tempat kerja maupun di “Bernilai miliaran dolar” perangkat PDA. Kemudian software ini akan men-scan begitu. Namun kenyataannya semua file dari segala para pembuat virus membuat kemungkinan hadirnya virus virus baru bekerja setelah ada ketika terjadi transfer file ke virus yang muncul bukan? Lebih dan dari PC. Software tersebut jauh McGee menambahkan akan mencek semua jenis virus bahwa tantangan dalam yang biasanya ditemui oleh lingkungan wireless terdapat versi antivirus PC juga. pada daya prosesor dan Produk VirusScan Handheld memori. Untung-nya kerja para dapat di-download ke PC dari pembuat virus pun dibatasi oleh Web dan secara otomatis akan hal itu pula. menginstal dirinya ketika PC Sementara pemain dalam dan PDA tersebut melakukan pembuatan software antivirus sinkronisasi. Aplikasi itu juga lainnya, F-Secure, termasuk akan meng-update dirinya salah satu vendor yang secara otomatis melalui Internet mengeluarkan software antidan tersedia untuk empat virus untuk perangkat wireless. macam platform: Palm’ Palm Produknya yang dinamakan

PCplus 9

plusTrik
Berikut ini adalah
beragam saran dan anjuran agar kita dapat menggunakan Windows 98 secara nyaman dan cepat, sehingga dapat mendukung kinerja kita sehari–hari.

No.14/II/30 Januari 2001

TIP DAN TRIK SEPUTAR WINDOWS 98
START MENU
Dengan Windows 98, kita dapat men-drag item langsung ke Start Menu. Kita juga dapat mengklik kanan dan melihat properties shortcut pada Start Menu tersebut. Akhirnya kita dapat melihat isi dari file MsDos.sys.

desktop, Screen Saver, Appearance, atau setting video.

QUICK VIEW
Bila Quick View diinstal, dan apabila Quick mendukung format filenya, kita dapat melihat isi dokumen tersebut tanpa perlu membuka dokumen dengan program aplikasinya.

MENJALANKAN APLIKASI LEBIH CEPAT
Dengan Windows 98 kita dapat mengatur sistem agar dapat menjalankan aplikasi– aplikasi kita dengan lebih cepat. Caranya dengan mengkonversi harddisk menjadi FAT32, dan kemudian jalankan Maintenance Wizard dari menu System Tools. Dengan menggunakan wizard ini kita dapat membuat jadwal yang teratur untuk mendefragmentasi disk secara otomatis sesuai dengan jadwalnya.

ABC (nama file yang panjang) o 12345678901234567890 12345678901234567890. ABCDEF (nama file dan ekstensi yang panjang) Untuk melihat nama MSDOS suatu file, klik kanan file tersebut dan kemudian klik Properties.

JAM PADA TASKBAR
Arahkan mouse pada taskbar clock untuk melihat tanggal. Klik ganda taskbar clock untuk mengubah setting waktu, tanggal sistem, dan daerah waktunya. Untuk menghilangkan jam pada taskbar, klik kanan pada taskbar dan pilih Properties. Klik tab Taskbar Options, dan uncheck bagian Show Clock. Klik tombol Apply.

MENGGUNAKAN SYSTEM MONITOR
System Monitor mempunyai parameter-parameter untuk koneksi dial-up networking mencakup juga download dan upload dalam bytes per second. Dengan demikian kita dapat memonitor kecepatan aliran data.

OPEN WITH
Untuk membuka suatu file tertentu dengan program yang berbeda, tekan tombol SHIFT dan klik kanan pada file tersebut. Klik Open With. Kemudian akan tampil kotak dialog dan pilih program yang kita ingin untuk digunakan, lalu klik OK.

RESTART PC
Ada dua cara untuk merestart komputer kita : o Klik tombol Start >> Shut Down. Pada kotak dialog Shut Down Windows, pilih Restart. Tekan tombol Shift (jangan dilepas) + klik tombol OK. PC akan merestart tanpa perlu ke BIOS. o Tekan CTRL+ALT+DEL, kemudian pilih Explorer dan tekan End Task. Pada kotak dialog Shut Down Windows, klik Cancel. Setelah beberapa detik akan ada kotak konfirmasi bahwa Explorer is not responding. Klik tombol End Task dan komputer akan restart tanpa keluar dari Windows.

MENGGUNAKAN KEYBOARD MENGGANTIKAN MOUSE
Kita dapat memindahkan kursor tanpa menggunakan mouse dengan cara sebagai berikut: masuk Control Panel, pilih Accessibility Options, pilih tab Mouse, check bagian MouseKeys, klik Apply. Gunakan tombol panah pada keyboard dan sesuaikan dengan NumLock-nya.

IKHTISAR KONFIGURASI
Untuk mencetak ikhtisar konfigurasi sistem kita, jalankan utility Sistem Information dari Menu System Tools, kemudian pilih Print dari menu Edit.

PERAWATAN SISTEM YANG AGRESIF
Untuk perawatan sistem yang lebih agresif, dianjurkan juga setelah menjalankan Maintenance Wizard, buka Task Scheduler dan atur setting penugasan untuk dijalankan setiap malam, dengan interval 1,5 jam untuk setiap penugasan (CleanUp, ScanDisk, kemudian Disk Defragmenter). Kita dapat pula membuat setting untuk ScanDisk agar memperbaiki error secara otomatis. Dengan cara ini sistem kita akan tampil lebih ‘segar’ keesokan paginya.

HOTKEYS
Di Windows 98, hotkeys yang dibuat pada shortcut di Start Menu atau subfolder dapat digunakan untuk menjalankan program dengan lebih cepat. Contohnya, kita akan membuat hotkeys untuk Windows Explorer. Klik Start menu, kemudian klik kanan pada Windows Explorer, lalu klik Properties. Pilih tab Shortcut. Pada bagian Shortcut key, tekan tombol keyboard CTRL + ALT + salah satu huruf (misal X) secara bersamaan. Klik tombol Apply. Dengan demikian kita dapat memanggil Windows Exporer dengan menekan tombol CTRL+ALT+X secara bersamaan.

MENGIRIM OBJEK MENGGUNAKAN SEND TO
Kita dapat men-drag sembarang shortcut ke folder Send To. Shortcut- shortcut tersebut dapat diarahkan ke printer, fax, network drive, atau program-program Windows. Untuk membuka folder Send To, klik Start di ujung kiri bawah, kemudian klik Run. Pada kotak dialog Open, ketik Send To dan tekan ENTER. Gunakan tombol kanan mouse untuk men-drag icon ke dalam jendela Send To. Shortcut akan tampak pada menu Send To. Dengan demikian kita dapat mengklik kanan sebuah dokumen atau folder icon, pilih menu Send To, kemudian pilih program berdasarkan shortcut yang telah kita buat. Sebagai contoh, kita dapat membuat link ke Notepad.exe di dalam folder Send To. Kemudian klik kanan dokumen MsDos.Sys di direktori C:\ , klik Send To, dan klik Notepad.

MEMBUAT STARTUP DISK
Untuk membuat startup disk, klik tombol Start kemudian Settings, klik Control Panel. Klik ganda Add/Remove Programs. Click Startup Disk dan kemudian klik Create Disk.

KONEKSI KE ISP LEBIH CEPAT
Kita dapat mereduksi waktu yang dibutuhkan untuk berkoneksi ke Internet Service Provider kita dengan menggunakan koneksi Dial-Up Networking, klik kanan dan pilih Properties, kemudian pada tab Server Types, uncheck Log On to Network. Kebanyakan ISP tidak menggunakan cara setting seperti ini.

MEMBATALKAN PERINTAH MOVE ATAU RENAME
Jika kita tanpa sengaja memindahkan suatu file atau mengganti namanya pada Windows Explorer, maka kita dapat membatalkannya dengan mengklik Undo atau tekan tombol CTRL+Z.

ME-MINIMIZE SELURUH JENDELA
Pada Windows 98 kita dapat me-minimize seluruh jendela dengan mengklik tombol Show Desktop pada bagian Quick Launch. Dengan cara lain, kita dapat menekan tombol Windows (pada Microsoft Natural Keyboard) + m.
Happy Chandraleka chandrk@hotmail.com

NAMA FILE DAN EKSTENSINYA
Berikut ini adalah file name yang diperbolehkan untuk Windows 98: o 12345678.ABC (MS-DOS name) o 12345678.ABCDEF (tanpa batasan ekstensi) o 12345678901234567890 1234567890123456789.

DISPLAY PROPERTIES
Klik kanan di sembarang desktop, dan klik Properties untuk mengubah latar belakang

MEMBUAT DEFAULT HOMEPAGE DENGAN CEPAT
Biasanya jika ingin
menjadikan halaman suatu situs menjadi homepage yang default di browser Internet Explorer Anda, artinya merupakan homepage yang membuka saat browser pertama kali dibuka, Anda harus mengubahnya melalui Internet Options. Namun sebetulnya ada cara mudah, cukup dengan beberapa kali klik saja, halaman yang Anda maksud akan dijadikan homepage. Caranya, buka halaman dari situs yang ingin Anda jadikan default homepage tersebut. Lalu. Klik dan seret icon Internet Explorer yang ada di sebelah kiri alamat halaman tersebut menuju tombol Home (bergambar rumah) pada toolbar IE. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti pada gambar yang menanyakan apakah Anda akan menjadikan halaman tersebut sebagai homepage baru. Klik Yes dan selesai. (fbi)

BACK-UP ADDRESS BOOK
Jangan sampai lupa
mem-backup Address Book dalam Outlook Express. Di mana tempatnya? Letaknya ada di C:\Windows\Application Data\Microsoft\Address Book. Atau bisa Anda cari dengan fasilitas Find atau Search. Address Book mempunyai nama file yang terdiri atas user name dengan ekstensi .WAB . File ini sebaiknya Anda backup dengan teratur, dengan cara menyalinnya ke direktori lain atau menyalinnya dengan mengubah namanya. Baru nanti jika diperlukan, misalnya karena file Address Book aslinya mengalami masalah, gunakan backup Anda ini. (fbi)

10 PCplus

plusProgram
Minggu lalu, kita telah belajar tentang standar output, preprosesor, kompiler, error, dan library. Minggu ini kita akan berkenalan dengan konsep variabel, deklarasi variabel, identifier, tipe data, dan keyword.

Christianto Sahat Kurniawan

No.14/II/30 Januari 2001

Pemrograman C++:

VARIABEL
Anda mungkin pernah mengenal konsep variabel saat belajar matematika di sekolah dasar atau menengah. Variabel adalah suatu besaran yang nilainya bisa berubah-ubah, bervariasi. Makanya disebut variabel. Dalam C++, variabel digunakan untuk memasukkan suatu data. Misalkan, Anda ingin melakukan penghitungan pada C++, yaitu bilangan dua dan tiga. Untuk melakukan ini, kompiler perlu mengetahui, tipe data bagaimana yang akan Anda jumlahkan dan berapa tempat yang diperlukan pada memori. Untuk lebih jelasnya, marilah kita langsung masuk ke contoh programnya yang bisa Anda simak pada Program 1. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 /* Program 1. Program penjumlahan dua bilangan. Untuk memperkenalkan konsep variabel */ #include <iostream.h> main ( ) {

BERBAGAI TIPE DATA DAN VARIABEL DALAM C++
keenam adalah deklarasi fungsi. Baris 8 adalah tanda { sebagai pembuka fungsi. Sementara baris 10, 11, dan 12 adalah deklarasi variabel. Di sini, ada 3 buah variabel yang hendak dideklarasikan, yaitu variabel a, b, dan c. Ketiga variabel yang dideklarasikan di sini kebetulan adalah integer. Deklarasi variabel dengan tipe integer didahului dengan keyword int . Selain integer, masih ada beberapa tipe data pada C++ yang akan ditunjukkan kemudian. Pada saat Anda mendeklarasikan suatu variabel, sebenarnya Anda sedang memesan tempat di memori untuk data yang akan Anda masukkan. Enaknya, pada bahasa tingkat tinggi seperti C++, Anda tidak perlu menyebutkan lokasi memori tempat Anda menyimpan variabel tersebut. Berbeda halnya jika Anda gunakan bahasa tingkat rendah seperti bahasa assembly. Besarnya memori yang dialokasikan untuk variabel Anda tergantung dari tipe data yang digunakan. cout << “ ukuran integer mesin saya adalah “ << sizeof(a); Lalu, Anda tinggal cocokkan dengan tabel di atas. Sekarang, Anda lihat pada berbagai tipe data di atas. Pada dasarnya, ada tiga tipe data, yaitu int, char, dan float. Tipe data yang lain adalah perluasan dari ketiga tipe dasar ini. Contohnya, short int adalah tipe data integer yang telah diperpendek. Atau, unsigned int yang membuat jangkauan lebih besar, tapi hanya terbatas pada nilai positif. Tipe data char digunakan untuk menspesifikasikan data yang bukan angka, seperti huruf dan tanda baca. Untuk tipe data char ini, kompiler akan mengonversi karakter tersebut ke dalam angka-angka. Oleh karena itulah, pada tabel di atas jangkauan untuk tipe data char adalah berupa bilangan. Contohnya, tanda seru (!) akan dikonversi menjadi angka 32. Untuk tipe data float, tipe data ini digunakan untuk non bilangan bulat, seperti pecahan dan pangkat. Tipe data double punya jangkauan yang sangat JANGKAUAN 0 to 65,535 -32,768 to 32,767 0 to 4,294,967,295 -2,147,483,648 to 2,147,483,647 -32,768 to 32,767 -2,147,483,648 to 2,147,483,647 0 to 65,535 0 to 4,294,967,295 256 character values 1.2e-38 to 3.4e38 2.2e-308 to 1.8e308 Cobalah jalankan. Apa hasilnya? Error kan. Nah, kesalahan itu begini masalahnya. Nama-nama yang Anda ciptakan sendiri dalam program Anda adalah identifier . Contohnya, nama variabel seperti a di atas adalah identifier. Untuk menamakan suatu identifier , Anda tidak bisa sembarangan. Ada aturanaturan yang harus diikuti, dan ada aturan tidak tertulis yang tidak harus diikuti, tapi akan memudahkan Anda dalam membuat program jika Anda mengikuti hal ini. Aturan yang harus diikuti adalah nama variabel tidak boleh sama dengan keyword. Seperti Anda ketahui, keyword adalah kata-kata yang dipakai oleh C++ untuk perintah ataupun kode. Contoh keyword adalah cout, main. Beberapa keyword lain yang tidak boleh dipakai adalah: asm, car, bool, break, marry, catch, to char, class, const, const_cast, continue, default, delete, do, double, dynamic_cast, else, enum, explicit, extern, false, float, for, friend, goto, if, inline, int, long, mutable, namespace, new, operator, private, protected, public, to register, reinterpret_cast, return, short, signed, sizeof, static, static_cast, struct, switch, template, this, throw, true, try, typedef, typeid, typename, union, unsigned, using, virtual, void, volatile, wchar_t . Panjang identifier tidaklah terbatas, namun beberapa kompiler hanya menganggap 32 karakter pertama, dan sisanya tidak dihiraukan. Selain itu, identifier tidak boleh memuat spasi atau tanda baca. Hanya huruf, angka, dan garis bawah ( _ ). Dan untuk variabel, identifier hanya boleh diawali dengan huruf atau garis bawah. Angka tidak diperkenankan. Jadi, pastikan variabel Anda tidak melanggar salah satu dari aturan di atas. Selain itu, biasakanlah menggunakan nama variabel yang berarti, agar mudah dimengerti. Misalkan, Anda ingin membuat program untuk menghitung luas persegi panjang. Definisikanlah variabelnya dengan nama panjang, lebar, luas. Ini akan lebih baik daripada Anda menggunakan nama a, b, c seperti contoh di atas. Contoh dalam Program 2 di atas bukanlah contoh penamaan variabel yang baik

karena hanya mengandung satu huruf. Saat program membesar, penamaan seperti ini akan sulit dimengerti.

PENGGUNAAN TIPE DATA
Lalu, begitu banyak tipe data yang disediakan, mana yang Anda gunakan? Ada yang berpendapat, gunakan saja yang jangkauannya paling besar, yaitu double. Bisa saja memang, tapi konsekuensinya Anda harus mempunyai RAM yang sangat besar, karena untuk deklarasi 3 buah variabel saja Anda harus memberikan 3x 8 byte = 24 byte memori Anda. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan. Misalkan, Anda hanya akan membuat program penjumlahan atau perkalian bilangan bulat, gunakan saja tipe data integer, yang hanya makan 4 byte. Atau, kalau memang hasilnya bukan bilangan yang besar, gunakan saja short int yang hanya makan 2 byte. Anda mungkin berpikir, “Kalau begitu, gunakan saja tipe data integer agar byte yg digunakan sedikit .” Oke. Marilah kita coba bereksperiman. Buatlah program seperti pada Program 3: // Program 3. Eksperimen dengan tipe data #include <iostream.h> main ( ) { int bil1 = 14.9; int bil2=10; int bil3; bil3 = bil1 + bil2 ; cout << “bilangan pertama adalah ” << bil1 ; cout << “\n bilangan 1 ditambah bilangan 2 adalah << bil3; return 0; }

TIPE DATA
TIPE unsigned short int short int unsigned long int long int int (16 bit) int (32 bit) unsigned int (16 bit) unsigned int (32 bit) Char Float Double
Tabel 1. Tipe-tipe variabel

int a = 5; // deklarasi variabel a dengan tipe 10 integer 11 int b=3; // deklarasi variable b dengan tipe 12 integer 12 int c; // deklarasi variabel c dengan tipe integer 13 14 c = a + b; // operasi penjumlahan 15 16 cout << “ a ditambah b adalah “ << c ; 17 return 0; 18 19 }

UKURAN 2 bytes 2 bytes 4 bytes 4 bytes 2 bytes 4 bytes 2 bytes 2 bytes 1 byte 4 bytes 8 bytes

Program 3
Oke, sekarang coba jalankan program di atas. Penjumlahan yang seharusnya menghasilkan bilangan 24.9, akan menghasilkan bilangan 24. Hasilnya nggak benar, kan? Ya. Bilangan pecahan yang didefinisikan menggunakan tipe data integer akan dibulatkan secara otomatis. Jadi, jika Anda menggunakan tipe data yang salah, otomatis hasil program Anda akan salah, dan biasanya kesalahan seperti ini banyak dilakukan oleh programer pemula. Kesalahan seperti ini tidak dianggap salah oleh kompiler, namun kompiler akan memberikan warning kepada Anda bahwa Anda telah salah memberikan tipe data. Warning ini dapat Anda lihat pada pesan kompiler lengkap dengan nomor baris di mana terjadi kesalahan.

Program 1.
Mari kita analisis satu per satu program ini. Angka-angka yang terletak pada baris paling kiri hanyalah nomor baris. Jadi Anda tidak perlu mengetikkannya. Ini untuk mempermudah menjelaskan kepada pembaca saja. Pada baris pertama dan kedua adalah komentar yang lebih dari satu baris. Ingat, komentar yang lebih dari satu baris diapit dengan /* dan */. Baris keempat adalah preprosesor directive. Pada baris

Selain itu, tiap tipe data punya jangkauan tersendiri. Misalnya, tipe data integer untuk sistem 32 bit punya jangkauan dari -2147483648 sampai 2147483647 dan memakan tempat di memori sebesar 4 byte. Tipe data yang lain punya jangkauan yang berbeda dan ukuran memori yang berbeda. Tabel 1 menggambarkan tipetipe data pada C++, jangkauannya, dan besarnya. Bagaimana menentukan sistem Anda 32 bit atau 16 bit? Pada source code Anda di Program 1, coba sisipkan satu baris statement di baris 17 sebelum statement return :

luas, bahkan paling luas di antara semua tipe data, dan jelas akan membutuhkan ruang yang banyak di memori.

PENAMAAN VARIABEL
Sekarang, cobalah buat program kecil seperti dalam Program 2. #include <iostream.h> main( ) { int main = 5; cout << “harga main adalah “ << main; return 0; }

Program 2.

PCplus 11

plusKiat

Christianto Sahat Kurniawan

No.14/II/30 Januari 2001

Perubahan kecepatan prosesor yang cepat membuat begitu banyak jenis prosesor beredar di pasaran. Untuk mempermudah, para produsen atau distributor lalu membuat segmentasi. Untuk pengguna rumahan yang menggunakan aplikasi sederhana dengan dana terbatas, AMD sudah menyiapkan prosesor Duron. Memang, Duron lebih terbatas kemampuannya dibandingkan saudara tuanya, Athlon. Tapi bukan berarti, tak ada jalan lain untuk meningkatkan kinerjanya. Yang paling masuk akal adalah overclock!

MENG-OVERCLOCK PROSESOR AMD DURON
agar prosesor tidak bisa di-overclock, kecuali dengan menaikkan FSB. AMD sengaja melakukan ini untuk beberapa alasan. Yang utama adalah untuk mengurangi penjualan prosesor Gambar 1 yang di-overclock. Misalnya, Duron 600 dijual sebagai Duron 700. Alasan lain adalah untuk melindungi prosesor yang clock speed-nya lebih tinggi. Jika prosesor yang lebih rendah mampu dikilik-kilik agar bekerja Gambar 2 seperti prosesor yang clock speed-nya tinggi, tentu konsumen akan lebih memilih membeli prosesor yang pertama. Untungnya, para overclocker cukup kreatif. Mereka menemukan bahwa L1 bridge dapat dihubungkan dengan menggunakan karbon/ grafit yang terdapat pada mata pensil. Sesederhana itukah? Ya. Lalu, kenapa tidak menggunakan timah solder untuk menyambungkannya? Alasannya, panas yang diproduksi prosesor akan sangat tinggi pada clock yang tinggi dan dapat menyebabkan timah solder meleleh. Kalau lelehannya menyambungkan dengan koneksi lain, bisa-bisa prosesor Anda terbakar. dari kecepatan putarnya dan lebar sayap pengipasnya. Beberapa toko komputer bahkan juga menjual cairan pendingin, seperti thermal grease, untuk membantu mengurangi panas prosesor. Tapi beberapa pakar overclock tidak menyarankan Anda melakukan hal ini, karena grease semacam itu membuat heatsink lengket dengan prosesor dan terkadang sampai tidak dapat dilepaskan dari badan prosesor. Jika komputer Anda hang setelah beberapa lama, artinya komputer tidak stabil. Untuk menstabilkan sistem, Anda dapat menaikkan tegangan kerja prosesor. Awas! Ini adalah langkah yang berbahaya. Naikkan tegangan prosesor Anda perlahan-lahan. Motherboard yang baik dapat melakukan hal ini dari setting BIOS, seperti ABIT salah satunya, dengan teknologi SoftMenu. Naikkan tegangan dengan step 0.05 volt.

I K L A N I N T E R A K S I

Seperti pernah kita bahas
di PCplus, overclock dapat dilakukan dengan menaikkan Front Side Bus (FSB), atau dengan cara meningkatkan multiplier. Jika periferal lain mampu menopang, overclock yang terbaik adalah dengan menaikkan Front Side Bus, karena hal ini juga akan menggeber kinerja periferal lainnya seperti memori, PCI, AGP, dan lain-lain. Hanya saja, cara overclock seperti ini membuat sistem PC rentan terhadap crash. Yang lebih aman adalah dengan menaikkan multiplier agar frekuensi kerja prosesor menjadi berlipat. Cara overclock seperti ini akan menaikkan panas pada prosesor. Untuk mengatasinya, dipasanglah heatsink ataupun fan yang tangguh. Prosesor AMD Duron merupakan salah satu prosesor yang menjadi favorit para tukang oprek alias overclocker. Sayangnya, AMD menutup kesempatan para overclocker dengan mengunci multipliernya, sehingga overclock hanya bisa dilakukan dengan menaikkan FSB. Lalu, kenapa tidak langsung saja dengan menaikkan frekuensi FSB? Masalahnya terletak pada kestabilan sistem. Duron dan Athlon tidak dirancang untuk di-overclock dengan menaikkan FSB. Jadi, akan lebih aman jika overclock dilakukan dengan menaikkan multiplier. Lalu, bukankah multipliernya sudah dikunci? Memang. Pada prosesor Duron dan Athlon, ada bagian pada prosesor yang disebut L1 bridge. Bridge ini memegang peran penting dalam setting parameter CPU, seperti tegangan kerja dan multiplier. Saat pembuatannya, bridge L1 ini dipotong dengan sinar laser

dapat lakukan dengan menempatkan pembatas berupa kartu di sekitar L1. Lihatlah bridge L1. Ada 4 buah garis kecil berwarna kuning, kan? Lalu, bikinlah sambungan dengan pensil yang menghubungkan keempat garis tersebut. Tariklah dari kiri ke kanan, dan tebalkan sampai kira-kira 20 kali (Gambar2). Kalau sudah, kembalikan lagi prosesor ke tempatnya, dan coba jalankan.

BENCHMARKING
Jika sudah stabil, cobalah uji lagi dengan menjalankan aplikasi-aplikasi berat seperti Photoshop atau game-game grafis tiga dimensi seperti Quake III Arena. Jika sukses, Anda dapat melakukan benchmarking untuk menguji kenaikan kinerja prosesor Anda. Beberapa software benchmarking yang cukup terkenal adalah WinTune, Sisoft Sandra, dan Quake III Arena game sekaligus utiliti untuk benchmarking. Kalau semuanya lancar, berarti Anda memang tangguh dan berani berkorban untuk mencoba menggeber unjuk kerja PC Anda. Pengorbanan Anda tidak sia-sia karena Anda mendapatkan performa lebih besar daripada uang yang harus Anda keluarkan. Namun, tidak ada masalah juga buat yang gagal atau belum berani mencoba. Sebagai catatan akhir, dalam setiap kiat mengoverclock, risiko tetap saja menjadi tanggungan Anda. Dan sebagaimana komentar overclocker pada umumnya, semua hasil yang diberikan dalam overclocking sangat tergantung dari bahan-bahan yang Anda miliki.

KESTABILAN
Setelah Anda pasang prosesor, coba jalankan komputer Anda. Kalau komputer Anda bisa jalan, Anda sudah berada pada jalan yang benar menuju keberhasilan. Tapi jangan senang dulu! Coba jalankan komputer Anda tanpa henti sampai beberapa jam. Hal ini untuk menguji ketahanan prosesor terhadap panas yang dihasilkan, karena semakin lama prosesor dijalankan, tentu panasnya akan semakin meningkat. Untuk mengatasi hal ini, gunakan heatsink alias logam pembuang panas. Heatsink yang berbentuk sirip berperisai logam berguna untuk membebaskan panas dari prosesor ke udara bebas. Semakin luas permukaan heatsink, panas yang dapat dibebaskan akan lebih besar. Selain itu, gunakan juga kipas penyedot panas yang kuat. Kekuatan kipas dapat dilihat

STEP BY STEP
Oke. Langsung saja kita mulai. Pertama, siapkan pensil. Akan lebih baik jika pensil yang Anda gunakan adalah isi pensil mekanik 0.5 mm. Lalu, bukalah prosesor Anda. Ingat, rusaknya segel akibat melepas prosesor akan membuat Anda kehilangan garansi dan Anda harus siap dengan risiko ini. Setelah itu, tempatkan prosesor pada tempat yang datar dan tidak akan merusak pin, misalnya dengan memberi alas gabus. Kemudian, carilah L1 bridge pada punggung prosesor AMD Anda. (Gambar1). Hati-hati, jangan sampai pensil Anda bergeser dan membuat L1 ke bridge terhubung dengan bridge yang lain seperti L2 atau L3. Anda

12 PCplus

plusUpgrade
Minggu lalu kita telah mempelajari sedikit fitur dari berbagai prosesor yang ada. Minggu ini kita akan lanjutkan penjelasan tentang fiturfitur yang ada pada “jeroan” alias bagian dalam prosesor. Selain clock speed, fitur yang perlu mendapat perhatian penting adalah bus. Tentu saja bukan bus kota, apalagi bus tingkat.

Chirstianto Sahat Kurniawan

No.14/II/30 Januari 2001

MEMAHAMI “JEROAN” PROSESOR DAN KEGUNAANNYA
INTEL PROCESSOR SPECIFICATIONS
CPU Clock 1x 1x 1x 1x 1x 1x 1x 2x 1x 1x 1x 2x 2-3x 2.5x 1x 1.5-3x 1.5-4.5x 2-3x Internal Data Register Bus Max. Voltage Size Width Memory 5v 5v 5v 5v 3.3v 5v 5v 5v 5v 5v 3.3v 5v 3.3v 5v 5v 3.3-3.5v 1.8-2.8v 3.3v 16-bit 16-bit 16-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 8-bit 16-bit 16-bit 16-bit 16-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 64-bit 64-bit 64-bit 64-bit 1MB 1MB 16MB 16MB 16MB 4GB 4GB 4GB 4GB 4GB 4GB 4GB 4GB 4GB 4GB 4GB 4GB 64GB Processor 8088 8086 286 386SX 386SL 386DX 486SX 486SX2 487SX 486DX 486SL+ 486DX2 486DX4 486Pentium OD Pentium 60/66 Pentium 75-200 Pentium MMX Pentium Pro 512KB 1MB Pentium II MMX Pentium II Celeron Pentium II Celeron Pentium II PE+ Pentium II Xeon 1MB 2MB Pentium III Pentium III Xeon 1MB 2MB
Tabel 1

Bus di sini artinya adalah beberapa jalur elektronika, seperti jalur pada papan rangkaian elektronika. Gunanya adalah untuk mentransfer data digital pada komputer. Semakin lebar bus, semakin banyak jalur untuk transfer data, dan tentunya data yang dilewatkan akan lebih cepat. Pada prosesor, yang perlu dicermati adalah data bus dan address bus. Data bus adalah jalur untuk melintas data dan instruksi. Seperti sudah dikatakan di atas, semakin lebar bus, akan semakin cepat data yang bisa ditransfer atau dilewatkan di situ. Prosesor juga mengalami evolusi lebar data bus. Untuk prosesor Pentium, evolusinya seperti dapat Anda amati pada Tabel 1. Dari tabel tersebut, dapat Anda simak bahwa lebar data bus untuk prosesor kelas P5 ke atas sudah 2 kali lipat dari kelas 486. Jelas, ini akan sangat berpengaruh kepada kecepatan pemrosesan untuk prosesor. Untuk prosesor AMD dan Cyrix, sebagian datanya dapat Anda lihat pada Tabel 2. Dapatlah Anda lihat bahwa prosesor zaman sekarang sudah memiliki data bus yang sama, yaitu 64 bit. Sedangkan, address bus adalah bus yang digunakan untuk keperluan pengalamatan. Pengalamatan dapat dianalogikan dengan alamat rumah. Jika penomoran menggunakan satu digit, maka nomor rumah maksimal adalah 9 nomor, yaitu 1 sampai 9. Sedangkan jika untuk penomoran rumah digunakan dua digit, Anda dapat memiliki sampai 99 nomor, 1 sampai 99. Sekarang, andaikan address bus yang ada hanya 2 bit, berarti alamat yang dapat dibuat adalah : 00, 01, 10, dan 11, yaitu 2 pangkat 2 = 4 lokasi. Bagaimana jika lebar address bus itu 3 bit? Maka lokasi yang dapat diakses adalah 2 pangkat 3 alias delapan lokasi. Maka, semakin lebar address bus, akan semakin banyak juga lokasi yang dapat dialamati, dan otomatis ukuran memori akan semakin besar.

3.5-4.5x 3.5-4.5x 3.5-7x 3.5-6x 4-4.5x

1.8-2.8v 1.8-2.8v 1.8-2v 1.6v 1.8-2.8v

32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit

64-bit 64-bit 64-bit 64-bit 64-bit

64GB 64GB 64GB 64GB 64GB

4.5-6x 5-6x

1.8-2v 1.8-2v

32-bit 32-bit

64-bit 64-bit

64GB 64GB

INTEL COMPATIBLE PROCESSORS
Processor AMD-K5 AMD-K6 AMD-K6-2 AMD-K6-3 Cyrix 6x86 Cyrix 6x86MX/MII Nexgen Nx586 IDT Winchip IDT Winchip2/2A Rise mP6
Tabel 2

CPU Clock 1.5 - 1.75x 2.5 - 4.5x 3.5 - 5x 4 - 5x 2x 2 - 3.5x 2x 3 - 4x 2.33 - 4x 2 - 3.5x

Voltage 3.5v 2.2 - 3.2v 2.2 - 2.4v 2.2 - 2.4v 2.5 - 3.5v 2.9v 4v 3.3 - 3.5v 3.3 - 3.5v 2.8v

Internal Register Size 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit 32-bit

Dari tabel di atas, Anda dapat bandingkan jumlah maksimal memori. Untuk kelas Pentium 6, lebar address bus adalah 32-bit sehingga akan ada 64GB alamat yang berbeda atau 2 pangkat 32. Bayangkan! Saat sebuah spesifikasi bus prosesor disebutkan, biasanya itu adalah spesifikasi data bus. Jadi, kalau Anda mendengar Intel 32-bit, artinya prosesor tersebut memiliki data bus 32

bit. Pada tabel tersebut, Anda melihat istilah L1 cache. Memang, untuk mempercepat transfer data dari memori ke prosesor, biasanya digunakan memori sementara disebut cache memory. Cache memory adalah memori bertipe static RAM alias SRAM, berbeda dengan memori yang ada sekarang, yaitu SDRAM alias Synchronous Dynamic RAM. SDRAM merupakan tipe memori

yang harus terus di-refresh agar isinya tidak hilang. Kalau dianalogikan, SDRAM adalah orang yang cepat lupa, jadi tiap selang waktu tertentu harus terus diingatkan. Hal inilah yang menyebabkan SDRAM mempunyai kinerja yang lambat. Sedangkan cache memory menggunakan SRAM yang punya “daya ingat” yang kuat, sehingga tidak perlu disegarkan secara berkala. Untuk lebih mengerti kegunaan cache memory, marilah kita coba menghitung. Memori SDRAM yang ada sekarang punya kecepatan 40, 50, dan 60 nano second (ns). Satu nano second atau nano sekon adalah satu per semiliar detik (Bayangkan cepatnya! Gile, nggak?) Artinya, memori memerlukan waktu 60 nano sekon untuk membaca ataupun menuliskan data ke data bus. Sedangkan prosesor berlari dengan frekuensi, misalnya 800 MHz, alias 800 juta siklus per detik. Andaikan pembacaan data dari data bus dapat dilakukan dalam satu siklus, berarti pembacaan tiap transfer data hanya memerlukan 1/ 800.000.000 detik alias 1,25 nano sekon. Artinya apa? Tiap transfer data dari memori, prosesor harus menunggu 60 – 1,25 nano sekon = 58,75 nano sekon. Sebuah penantian yang panjang, begitu kira-kira kata penyanyi lagu cinta. Akhirnya, kinerja sistem akan menjadi lambat, hanya disebabkan waktu yang ada habis untuk menunggu RAM membaca atau menuliskan data. Oleh karena itu, dibuatlah cache memory yang berfungsi untuk mempercepat data dari prosesor ke memori. Cache memory punya kecepatan sekitar 15 ns, bahkan ada yang lebih cepat lagi. Secara singkat, prosesor tidak perlu lagi mengambil data yang pernah diambilnya dari memori, karena data tersebut sudah ditampung sementara pada cache memory. Jadi, prosesor tinggal mengambilnya dari cache memory yang punya kecepatan baca dan tulis data yang jauh lebih cepat dari RAM. Prosesor yang ada sekarang biasanya menggunakan dua

tingkat cache memory, yaitu cache level satu alias L1 dan cache level 2 alias L2. Cache memory level 1 biasanya sudah terintegrasi pada chip prosesor, sedangkan L2 terletak pada motherboard. Apa bedanya sih? Yah, jelas beda… tempatnya saja sudah beda…he..he..he. Tapi bukan hanya itu. Seperti Anda tahu, kecepatan bus pada prosesor adalah kecepatan bus motherboard dikalikan dengan pengalinya alias multiplier, Rangkaian multiplier terletak di dalam prosesor. Misalkan, kecepatan bus motherboard adalah 100 MHz, dan multiplier diset pada angka 4.5, maka prosesor akan berlari pada frekuensi 450 MHz. Nah, di sinilah perbedaannya. Karena L1 terintegrasi dengan prosesor, L1 juga akan mengalami frekuensi kerja yang sama dengan prosesor, yaitu frekuensi kerja tertinggi dalam sistem. Sedangkan L2 hanya kebagian frekuensi bus motherboard yang kecil. Otomatis, L1 harus lebih cepat dari L2. Jadi, yang paling penting dari cache adalah kecepatannya. Baru faktor kedua yang berpengaruh adalah besar ukurannya. Semakin besar ukuran cache semakin baik, apalagi kalau kecepatan chip cache lebih cepat. Kenapa cache tidak dibuat besar? Alasan utamanya adalah harga. Semakin cepat suatu chip, teknologi yang digunakan akan semakin kompleks dan harganya semakin mahal. Bagusnya, beberapa prosesor yang ada sekarang memiliki cache L2 yang juga terintegrasi di dalam prosesor sehingga memiliki frekuensi kerja yang tinggi. Lalu, apakah cache yang di motherboard hilang? Tidak. Tetap ada, dan terkadang jadi dijuluki cache L3. Nah, jadi kalau Anda beli prosesor, jangan lupa amati juga spesifikasi cache memory yang digunakan, letaknya, dan kecepatan chip-nya. Ini akan berpengaruh besar pada kecepatan prosesor Anda. Kalau tidak percaya, cobalah pada setting BIOS komputer Anda, Anda disable cache memory Anda. Anda akan rasakan penurunan kinerja yang drastis pada komputer Anda. Lalu, apalagi yang harus dicermati dalam membeli prosesor? Simak saja kelanjutan artikel ini minggu depan. Kami akan berikan penjelasan mengenai teknologi proses, seperti yang Anda sering dengar kata-kata 0,25 mikron, 0.18 mikron, atau 0,13 mikron, dan istilah-istilah lain yang dapat Anda membantu memilih prosesor yang baik.

PCplus 13

plusOnline
Kartu grafis (VGA Card) merupakan komponen dari sistem dalam PC biasanya berupa kartu ekspansi- yang menghasilkan citra 2 dimensi atau 3 dimensi pada layar monitor.

No.14/II/30 Januari 2001

Sebagai komponen
penting di PC Anda, kartu grafis mengubah bilangan biner (binary) satu dan nol menjadi sebuah citra, di mana kita dapat berinteraksi dengannya melalui layar monitor. Dengan kata lain, kita tidak dapat menggunakan komputer tanpa bantuan dari teknologi dalam kartu grafis. Hal-hal penting yang perlu diperhatikan antara lain: • Kartu grafis dapat menangani seluruh kalkulasi citra 2D dan 3D dan melakukan rendering, dan mengambil alih tugas berat tersebut dari CPU. • Kartu grafis kelas atas harganya sekitar US$ 300, walau dengan harga setengahnya Anda juga dapat memperoleh kartu grafis 3D lain yang cepat. • Chipset grafis terbaru meningkatkan kinerja kartu grafis. Para vendor biasanya merilis chipset baru antara 6 sampai 12 bulan sekali. • Hampir semua kartu grafis modern menggunakan slot AGP (accelerated graphics port) pada PC dan memiliki memori sekurang-kurangnya 16MB. • Hanya game 3D terbaru dan CAD (computer-aided design) kelas high-end yang benar-benar memanfaatkan sepenuhnya kemampuan kartu grafis terbaru tersebut. Gambar atau citra yang Anda lihat di layar monitor mengambil rute yang kompleks di dalam PC. Saat aplikasi yang Anda jalankan ingin menciptakan sebuah citra, ia akan meminta pertolongan pada bagian sistem operasi yang terhubungkan dengan kartu grafis (yang disebut interface driver graphics). Sebagai jawabannya, driver grafis software yang berfungsi sebagai perantara OS (operating system) dan kartu grafis- mendengarkan instruksi yang diberikan baik dari OS atau dari aplikasi, kemudian mengambil data digital yang diperlukan dan mengkonversikannya menjadi sebuah format yang dimengerti oleh kartu grafis tersebut. Kemudian, driver menyalurkan data digital yang baru diformat tersebut kepada kartu grafis untuk melakukan rendering. Bila Anda memiliki PC berumur paling tua tiga tahun, data berjalan ke kartu

CARA KARTU GRAFIS BEKERJA
yang besar membutuhkan lebih banyak pixel untuk mengisinya, frame rate dapat mengalami penurunan bila beban kerja telah mencapai kapasitas maksimum untuk menghasilkan data pixel oleh GPU dan RAMDAC.

mereka untuk me-render perspektif 3D ke dalam tampilan 2D, menipu mata dan membuat percaya bahwa poligon yang ditampilkan pada tabung layar monitor datar memiliki kedalaman. Tergantung dari kartu Anda, beberapa tugas seperti ditangani oleh GPU, sementara tugas lainnya ditangani oleh CPU melalui driver kartu grafis. Trik-trik untuk membentuk citra 3D tersebut antara lain: • Hardware transform dan lightening menangani penempatan poligon dan efek pencahayaan • Bump mapping menerapkan tampilan halus atau kasar pada tekstur poligon, yang menambah ilusi adanya kedalaman • Anti-aliasing menghilangkan gerigi pada garis diagonal pada citra yang tergambar. • MIP mapping mencegah kartu untuk menggambar objek yang “jauh” secara detail (contohnya penggambaran permukaan daratan pada game simulasi pesawat, saat Anda tengah melayang pada ketinggian tinggi) sampai saat Anda “mendekat”, yang akan menghemat tenaga pemrosesan. Sebagai tambahan, pada driver grafis, software yang bernama API (application programming interface) akan mengontrol semua aspek dari proses perender-an 3D dalam suatu bahasa yang umum yang dapat

MENGHADAPI TANTANGAN CITRA 3D
Seperti layaknya kemampuan Superman membengkokkan baja, kartu grafis terbaru dapat memroses citra 2D (contohnya adalah pekerjaan saat Anda tengah menjelajah Web atau bekerja dengan aplikasi kantor). Citra 2D seperti itu hanya me-render secara vertikal dan horisontal, seperti layaknya melukis pada kertas gambar. Membuat citra 3D yang realistis ke dalam permukaan dua dimensi seperti pada layar monitor membutuhkan hal yang lebih dari kartu grafis: kedalaman. Bila pixel berwarna atau titik yang membangun blok grafis 2D, poligon- dengan dibayangi tekstur di sisinya akan menambah ilusi adanya

melalui sebuah slot pada motherboard yang dinamakan AGP (port grafis yang dipercepat). PC yang tidak memiliki slot AGP biasanya menggunakan slot PCI standar sebagai port kartu grafis mereka. Setelah disalurkan ke kartu, perhentian data pertama adalah ruang penyimpanan sementara di memori, baik pada memori di kartu itu sendiri atau pada memori utama PC. Kemudian prosesor kartu grafis, yang dinamakan GPU (graphics processing unit), mengubah data digital tersebut menjadi pixel (picture element), sebuah set dari titik berwarna yang membentuk citra yang Anda lihat di layar monitor. Volume dari pixel yang diproduksi oleh kartu tersebut sangat banyak. Saat resolusi monitor Anda diset pada 1024x768, kartu grafis akan mengalkulasi jumlah warna yang tepat untuknya, dan menghasilkan data untuk agar sebanyak 786.432 pixel dimunculkan di layar -dan mengulangi proses ini sebanyak 30 hingga 90 kali per detik.

MEMPERCEPAT DATA KE LAYAR MONITOR
Pada titik ini, pixel belum siap untuk digambarkan di layar. Setelah setiap potongan dari data citra diubah menjadi data pixel, ia dikirim kembali ke memori untuk disimpan. Kebanyakan monitor CRT (cathode ray tube) hanya memahami sinyal analog. Saat itulah RAMDAC (random access memory digital-to-analog converter) dalam kartu grafis bekerja. Seperti namanya, RAMDAC mengubah data digital setiap pixel menjadi sinyal analog

untuk warna merah, hijau, dan biru (RGB, red-green-blue) yang akan diubah monitor untuk menampilkan gambar. Semakin cepat RAMDAC mengubah data (diukur dalam satuan megahertz), semakin tinggi resolusi yang dapat dihasilkan oleh kartu grafis, dan semakin cepat ia melakukan refresh. Beberapa monitor CRT dan sebagian besar monitor LCD (liquid crystal display) dapat menerima sinyal digital; sehingga monitor jenis ini memerlukan kartu grafis khusus tanpa RAMDAC. Monitor akan menampilkan pixel analog sebaris per satuan waktu. Untuk menghasilkan ilusi adanya pergerakan, kartu grafis harus menghasilkan pixel satu layar penuh setiap detiknya. Para vendor kartu grafis menentukan kecepatan di mana kartu grafis melukiskan pixel pada berdasarkan fill ratenya. Board masa kini memiliki fill rate dengan rentang bergigapixel (sekitar 1 juta pixel) per detik. Semakin cepat fill rate- akan semakin cepat pula frame atau refresh rate. Rate dengan kecepatan minimal 30 frame per detik (frame rate untuk televisi dan video) akan menipu mata dengan melihatnya sebagai gerakan mulus. Saat Anda meningkatkan resolusi layar (banyak kartu yang mendukung resolusi hingga 2048 kali 1536 pixel), Anda menambah beban kerja pada kartu grafis dengan memaksanya menghasilkan lebih banyak pixel. Hal yang sama berlaku juga saat Anda meningkatkan kedalaman warna dari “high color” 16-bit menjadi “true color” 32-bit, akan menambah kompleksitas kerja yang harus dikerjakan kartu tersebut. Karena frame

infokomputer.com
I I I TIP HARI INI (tip harian program aplikasi Office – Word, Excel, PowerPoint) AKTUAL (informasi harian seputar teknologi informasi) Forum: h Antar Kita (forum tanya-jawab seputar PC) h Klinik Virus (forum tanya-jawab seputar virus) h Klinik Windows (forum tanya-jawab seputar Windows) h Klinik Linux (forum tanya-jawab seputar Linux) INFO HARGA (informasi harga PC dan periferal) DIREKTORI (daftar alamat perusahaan komputer) BURSA KERJA (iklan lowongan pekerjaan bidang teknologi informasi) dimengerti oleh semua kartu grafis (atau driver-nya). Saat ini ada beberapa API yang saling bersaing, termasuk Microsoft Direct3D (bagian dari DirectX), OpenGL, dan API Glide, yang merupakan proprietary dari 3dfx khusus untuk kartu grafis buatannya. Kebanyakan kartu grafis dirancang untuk dapat bekerja dengan API lebih dari satu untuk pe-render-an citra 3D-nya.
(Artikel ini diambil dari InfoKomputer.com. Karena keterbatasan tempat, dua subtopik dihilangkan tanpa tidak mengurangi topik bahasan. Bila Anda berminat untuk membaca lengkap, silakan klik “INILAH CARANYA!” di InfoKomputer.com atau www.infokomputer.com/inilah.)

I I I

kedalaman- akan membuat sebuah citra 3D. Kebanyakan orang melihat citra 3D saat mereka bermain game pada PCnya, tetapi untuk aplikasi lainnya, seperti CAD dan program modelling 3D, juga menggunakan kekuatan pemrosesan 3D dari kartu tersebut. Menangani poligon seperti itu membutuhkan tenaga pemrosesan lebih tinggi daripada sekadar memberi warna pada pixel. Tapi, GPU saat ini dapat mengambil alih tugas tersebut.

TRIK MEMBENTUK CITRA 3D
Kartu grafis menggunakan banyak trik yang disertakan pada firmware dan driver

14 PCplus

plusOpini
I Made Sathyabudi*
Saya adalah salah satu pelanggan dari sekian ribu pelanggan tabloid PCplus. Dengan cetakan dan isi yang berkualitas dan mudah dipahami oleh awam, saya yakin PCplus bakalan makin banyak penggemar dan pelanggannya :).

No.14/II/30 Januari 2001

MEMBUAT UTILITY CACHE CONFIGURATOR DENGAN VISUAL BASIC
keterangan: MinFileCache = ukuran Virtual/Disk Cache Memory minimal MaxFileCache = ukuran Virtual/Disk Cache Memory maksimal Angka - angka yang ditampilkan dalam satuan KiloByte (KB) ( 1MB = 1024KB ) Tuning pada bagian ini tidak sama pada semua sistem komputer. Tapi biasanya ukuran Minimal dan Maksimal diset sama dengan 1/4 kali dari Total Memory Komputer Anda. Contoh: Komputer saya memiliki memory 64MB, 1/4 x 64MB = 16MB = 16 x 1024 = 16384KB Jadi sering-sering saja cobacoba untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jangan lupa restart komputer Anda setiap menggantinya, agar perubahan dijalankan. Perubahan yang terjadi bisa Anda lihat dengan program System Monitor bawaan dari Windows9x. Namun tentunya mengubah-ubah secara manual merepotkan dan tidak efisien dan dapat menimbulkan kesalahan yang diakibatkan oleh human error (misal, salah memasukkan angka, tanda, dsb). Untuk itulah saya buat program ini untuk Anda. Bukankan ini sesuai dengan tujuan dari sebuah program? Membantu pekerjaan manusia. Tampilan program yang sudah jadi bisa Anda lihat pada Gambar 1. Langkah - langkah: 1. Jalankan program Visual Basic 2. Pada New Project, pilih “Standard EXE” (VB5/6) 3. Klik pada menu Project Components.., beri tanda pada Microsoft Windows Common Controls 5.0 (SP2) pada VB5 atau Microsoft Windows Common Controls 6.0 (SP3) pada VB6, atau klik Browse, pilih file “Comctl32.ocx”(VB5) atau “Mscomctl.ocx” (VB6) pada directory C:/Windows/ System Anda 4. Susun dan masukkan objekobjek seperti pada Gambar2. Untuk sementara Anda tidak perlu mengubah properti masing-masing objek, cukup gunakan mouse Anda untuk mengatur lebar tinggi dari

objek bersangkutan. 5. Masukkan Source Code Berikut (Tanda ‘ menunjukkan bahwa baris itu adalah komentar, Anda boleh menulisnya, tidak juga tidak apa-apa.) 6. Penjelasan lengkap program bisa Anda baca pada komentar yang diberikan.. Jika Anda tidak ingin repotrepot mengetik source code di bawah ini, Anda bisa mendownload-nya di: http:// www.geocities.com/ pioneersoftsite/project.htm Jangan lupa ke situs utamanya di http:// www.geocities.com/ pioneersoftsite untuk mendapatkan info dan program-program/source code gratis lainnya.

Lebih dari satu kali saya
baca pada halaman antarpembaca (plusMail), permintaan dari pembaca agar PCplus memuat artikel tentang pemrograman. Memang sejak saya berlangganan belum pernah sama sekali PCplus memuat artikel yang satu ini. Didorong oleh semangat untuk menyebarkan ilmu bagi temanteman sebangsa dan setanah air yang masih awam dengan pemrograman dan tawaran dari PCplus, saya mencoba untuk membuat artikel pemrograman, yang tentunya dengan harapan dimuat di tabloid populer ini.. Adapun artikel pemrograman ini saya buat dengan menggunakan Visual Basic (VB) 5. Program development populer ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Artikel ini bisa Anda terapkan juga pada versi VB4 dan VB6. Artikel ini saya susun semudah dan selugas mungkin, agar mudah dipahami oleh pemula. Sebagai pemula saya anggap Anda telah mengerti bagaimana cara membuat/memasukkan objek (misalnya command button, slider, label), mengubah properti objek (lebar - tinggi), membuat control array (misalnya slider1(0), slider1(1), dst..), menulis pada code editor. Ini semata-mata karena keterbatasan tempat. Jika Anda masih bingung Anda bisa baca ulang lagi, dan coba lagi, atau tanyakan pada teman Anda yang lebih mengerti. Jika masih bingung juga, just free ask to me, mailto:msapwt@telkom.net Program yang akan kita buat kali ini adalah utility kecil yang saya beri nama “Cache Configurator”, sebuah program tuning untuk meningkatkan performa dari sistem komputer Windows Anda. Adapun yang dituning adalah Virtual Cache Memory Windows. Anda bisa mengubah Virtual Cache Memory ini secara manual dengan mengubah value dari tiap-tiap cache yang terdapat pada file system.ini (pada direktory /Windows Anda) Berikut adalah petikan dari file system.ini yang ada pada komputer saya: [vcache] MinFileCache=16384 MaxFileCache=16384

*Penulis adalah pemerhati komputer

SOURCE CODE ‘Mengakhiri aplikasi Cache Configurator End Oleh E-mail WebSite MirrorSite Periode Kategori : I Made Sathyabudi Adnyana : msapwt@telkom.net : http://pioneersoft.org : http://www.geocities.com/pioneersoftsite : Desember 2000 : Pemula End Sub ‘Rutin ini adalah rutin yang dijalankan pertama kali ketika ‘aplikasi dijalankan ... Private Sub Form_Load() ‘Hak Penerbitan pada Tabloid PCplus ‘CODE: ‘Deklarasi fungsi API untuk mengakses value pada file .INI Private Declare Function GetPrivateProfileString Lib “kernel32” _ Alias “GetPrivateProfileStringA” (ByVal lpApplicationName As String, _ ByVal lpKeyName As Any, ByVal lpDefault As String, ByVal _ lpReturnedString As String, ByVal nSize As Long, ByVal lpFileName _ As String) As Long ‘Deklarasi fungsi API untuk menulis value pada file .INI Private Declare Function WritePrivateProfileString Lib “kernel32” _ Alias “WritePrivateProfileStringA” (ByVal lpApplicationName As String, _ ByVal lpKeyName As Any, ByVal lpString As Any, ByVal lpFileName As _ String) As Long ‘Fungsi untuk memanfaatkan fungsi API untuk mengambil ‘value dari file .INI Private Function GetINI(ByVal strSection$, ByVal strKey$, ByVal strDefault$, ByVal strFileName$) As String Dim res As Long, RetVal As String RetVal = Space$(32400) res = GetPrivateProfileString(strSection, strKey, strDefault, RetVal, Len(RetVal), strFileName) GetINI = Left$(RetVal, res) End Function ‘Fungsi untuk memanfaatkan fungsi API untuk menulis ‘value pada file .INI Private Sub WriteINI(ByVal strSection$, ByVal strKey$, ByVal strSetting As Variant, ByVal strFileName$) WritePrivateProfileString strSection, strKey, CStr(strSetting), strFileName End Sub ‘Sub menulis/menyimpan value pada file SYSTEM.INI Private Sub Command1_Click() ‘Jika terjadi kesalahan membatalkan baris perintah selanjutnya, ‘untuk kemudian lompat ke bagian errorhandler On Error GoTo errorhandler ‘Menulis value pada file SYSTEM.INI WriteINI “vcache”, “MaxFileCache”, Slider1(0).Value, “SYSTEM.INI” WriteINI “vcache”, “MinFileCache”, Slider1(1).Value, “SYSTEM.INI” ‘Menampilkan kotak pesan, jika perubahan berhasil dilakukan MsgBox “Perubahan pada setting VCache berhasil dilakukan..”, vbInformation, “Cache Configurator” ‘Keluar dari rutin Sub, mencegah program menjalankan baris perintah di ‘bawahnya Exit Sub ‘Kalau terjadi error, loncat ke bagian rutin ini.. errorhandler: ‘Menampilkan kotak pesan kesalahan, jika perubahan tidak berhasil ‘dilakukan.. MsgBox “Perubahan pada setting VCache gagal dilakukan..”, vbCritical, “Cache Configurator” End Sub Private Sub Command2_Click() Command1.Caption = “&Simpan” Command2.Caption = “&Keluar” ‘Mengambil value dari file SYSTEM.INI Slider1(0).Value = GetINI(“vcache”, “MaxFileCache”, 0, “SYSTEM.INI”) Slider1(1).Value = GetINI(“vcache”, “MinFileCache”, 0, “SYSTEM.INI”) ‘Mengubah properti Caption Label1 dengan jalan memanggil sub Slider1_Change For m% = 0 To 1 Call Slider1_Change(m%) Next m% End Sub Private Sub Slider1_Change(Index As Integer) ‘Agar ketika slider digeser valuenya ‘tetap merupakan kelipatan 1024 digunakan rutin ini: ‘Mula-mula ketika Slider1 selesai digeser, rutin membagi value dari Slider1 ‘dengan 1024. Hasil yang diperoleh dari pembagian ini adalah bilangan bulat, ‘tanpa desimal, karena variabel yang dipakai untuk menyimpan bertipe long ‘(lihat tanda ampersand “&” dibelakang variabel “nilai”...) nilai& = Slider1(Index).Value / 1024 ‘Selanjutnya rutin memeriksa apakah value dari Slider1 habis dibagi dengan ‘1024 atau tidak (lihat sintak Mod = Modulus = sisa bagi), jika habis (=0) maka ‘rutin tidak akan melaksanakan perintah di dalam if-end if, jika tidak habis ‘(<> 0)(berarti value dari Slider1 bukan kelipatan 1024) maka rutin akan mengubah ‘value menjadi sama dengan hasil kali dari variabel nilai (bilangan bulat) dengan ‘1024, sehingga value dari Slider1 selalu adalah bilangan yang habis dibagi ‘dengan 1024 .... If Slider1(Index).Value Mod 1024 <> 0 Then Slider1(Index).Value = nilai& * 1024 End If ‘Menampilkan ukuran value dari masing-masing Slider1 pada label1.. If Index = 0 Then Label1(0).Caption = “Maximum cache size : “ & Slider1(0).Value & “ KB” ElseIf Index = 1 Then Label1(1).Caption = “Minimum cache size : “ & Slider1(1).Value & “ KB” End If End Sub ‘END OF CODE SOURCE CODE For n% = 0 To 1 Slider1(n%).Max = 32768 Slider1(n%).LargeChange = 1024 Slider1(n%).TickFrequency = 1024 Next n% ‘Mengubah properti Caption Command1 dan 2 ‘Mengubah properti Slider1 ‘Fungsi loop disini digunakan agar lebih efisien dalam menuliskan kode ‘daripada harus menuliskannya satu-satu

PCplus 15

plusFokus
Diluncurkan dalam waktu hanya berselisih dua minggu, prosesor-prosesor terbaru dari dua perusahaan yang terus bersaing ini sangat pantas untuk dibandingkan. AMD Duron 850MHz dan Pentium Celeron 800MHz sendiri boleh dikatakan tetap merupakan prosesor lawasan dengan beberapa fitur tambahan. Selain dari segi kecepatannya, apa saja fitur-fitur yang ditambahkan di dalamnya? Bagaimana pula kesiapannya di pasaran? PCplus mencoba membuat perbandingannya buat memandu Anda membedakan keduanya. Disajikan khusus buat pembaca yang mulia, simak laporan berikut ini.

Alois Wisnuhardana

No.14/II/30 Januari 2001

DURON 850MHz VS Celeron 800MHz:

MENGADU DUA PROSESOR LOW-END

“Duron lebih unggul, Celeron lebih dingin”

Yang terutama
membedakan kedua prosesor adalah sistem bus yang digunakan. Celeron 800MHz masih menggunakan pendekatan lama dengan 100MHz, sementara Duron 850MHz sudah dibundel dengan bus 200MHz. Sebenarnya, pada prosesornya sendiri sistem bus yang digunakan oleh Duron adalah DDR 100MHz. Namun, dengan penggunaan dua jalur pipeline yang ada dalam prosesor, kecepatan bus-nya bisa digeber ke 200MHz. Untuk keperluan overclocking, busnya sendiri sebenarnya masih bisa didongkrak sampai 133MHz. Mengapa Intel masih tetap ngotot untuk menggunakan bus 100/133MHz dan tidak beralih ke 400MHz misalnya, sebagaimana yang mereka paketkan untuk Pentium 4? Ini tak lain adalah bagian dari strategi Intel yang tetap memisahkan dua macam produk PC, yakni performance PC dan value PC. Performance PC dijalankan dengan prosesor Pentium III dan Pentium 4 yang cache memory-nya lebih besar, sedangkan value PC disetel dengan Celeron. Dalam urusan ini, tampaknya Intel tetap mau mengukuhi pasar yang dipegangnya di kelas low-end, yang terang-terangan memang mulai “dimakan” AMD. Analis komputer independen Anandtech bahkan terang-terangan menyebut bahwa Celeron ini adalah produk-produk yang gagal dalam proses produksi Pentium III. “Itulah mengapa cache memory di dalam Celeron lebih kecil dibanding Pentium III,” sebut Anandtech. Tapi menurut Country Manager Intel Indonesia Corporation Budi Wahyu Jati, pendapat tersebut tidak benar. “Bagaimana mungkin itu dilakukan oleh Intel? Lha wong ketika Celeron pertama kali dikemas saja sudah berbeda dengan Pentium II maupun III. Yang satu menggunakan slot dan yang satunya lagi menggunakan sistem socket.” Yang pasti, menurut Budi produk tersebut memang sengaja dikeluarkan oleh Intel supaya harga prosesor lebih terjangkau masyarakat luas. “Ada performance PC, yakni PC dengan prosesor Pentium III dan 4, ada value PC dengan prosesor Celeron.” Menurutnya, tidak ada kebijakan untuk mendaur ulang prosesor yang gagal dalam proses produksi. “Duaduanya didesain dengan proses yang berbeda dan ditujukan untuk kalangan yang berbeda,” imbuh Budi Wahyu. AMD Duron sendiri dirancang buat menandingi Celeron. Apalagi dari segi harga mereka “menang jauh” dibanding Intel Celeron. Sayangnya, dibandingkan dengan prosesor-prosesor AMD Athlon Thunderbird alias T-bird dengan frekuensi yang Pengguna yang tahu tentu saja lebih memilih T-bird yang cache memory-nya lebih besar. Namun, menurut Erwan E, direktur PT Data Benua yang menjadi salah satu distributor prosesor AMD di Indonesia, lambat laun harga ini akan menyesuaikan dengan posisi AMD Duron sendiri. “Biasanya, ketika produk diluncurkan saat ini belum ada permintaan terhadap prosesor Duron dengan kecepatan 850MHz. Meski diklaim sebagai produk baru, kedua prosesor ini relatif hanya meningkatkan produk lama. Oleh karenanya, Intel juga tidak menyebut prosesor ini sebagai sebuah revolusi dan pendekatan baru dalam arsitektur prosesor seperti halnya Pentium 4 yang diluncurkan tahun lalu. Mereka mengatakan, prosesor Celeron ini adalah bagian dari upaya Intel dalam melakukan peningkatan kemampuan kandungan di dalam value PC yang menggunakan prosesor Intel. “Peluncuran Celeron ini adalah bagian dari pemberian kinerja dan kemampuan yang lebih baik kepada konsumen pada tahun 2001,” kata Thommas Tansil, Marketing Manager Intel Indonesia Corporation dalam siaran pers yang diterima PCplus. Sementara, AMD DURON 850MHz yang diluncurkan belakangan

“Contoh Chipset untuk Duron dan Celeron”

tangguh. Namun, lagi-lagi kita harus berhati-hati dengan fitur baru yang disajikan oleh para produsen. Dari sisi kemampuan teknis, tidak ada yang benarbenar baru dalam rancang bangun atau arsitektur pada kedua prosesor ini. Bagaimana dengan dukungan chipset-nya? Dari sisi chipset, Celeron bisa digerakkan dengan menggunakan chipset inovasi dari chip terdahulu, yakni Intel i810E2 dan i815EP. Selain itu, dua pabrik chip motherboard terkemuka yang lain yakni Silicon Integrated System (SiS) dan VIA Technology juga menyediakan chip untuk mendukung prosesor Celeron ini. Jadi, dari segi chipset pendukung dan motherboardnya, Celeron relatif tidak ada masalah (ulasan lengkapnya bisa Anda simak pada motherboard pendukung kedua prosesor di halaman 18 dan 19). Sementara AMD Duron pun demikian juga. Selain menyediakan chipset bikinannya sendiri untuk prosesor DURON dengan seri 760 dan 761nya, AMD menggalang kerja sama dengan dua pabrik chip motherboard yang menyuplai Celeron, SiS dan VIA. Anda bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing chipset yang digunakan untuk menjalankan prosesor ini (daftar chipset-nya bisa dilihat pada Tabel 1). Dari sana, Anda akan mendapatkan fasilitas apa yang bakal Anda peroleh dengan menggunakan prosesor tersebut. Sekarang, mari kita tinjau lebih jauh detail masing-masing prosesor. Die size alias ukuran satu keping prosesor masing masing adalah 106 mm persegi untuk Celeron, sedangkan AMD berukuran 100 mm persegi. Dari sisi ini, seharusnya panas yang dihasilkan oleh Duron lebih rendah dibanding yang dikeluarkan oleh Celeron. Itu dari sisi panas. Dari segi jumlah transistor, Celeron lebih unggul lantaran ia

NAMA CHIPSET PABRIK
VIA ApolloKT 133A SiS 730S SiS635 SiS735 VIA ProSAVAGE KM133 VIA KT133 VIA Apollo Pro 133A Intel i815EP VIA Apollo Pro 133 VIA Technology Silicon Integrated Systems SiS SiS VIA Technology VIA Technology VIA Technology Intel Corporation VIA Technology

PROSESOR
AMD DURON dan ATHLON AMD DURON dan ATHLON Intel (Celeron, III, dan Tualatin) AMD DURON dan ATHLON AMD DURON dan ATHLON AMD DURON dan ATHLON Intel Pentium Celeron, III, dan Cyrix Intel Pentium III, Celeron Intel Pentium Celeron, III, dan Cyrix

FITUR/FASILITAS
FSB 266MHz, AGP 4x, Bus Memori PC133, ATA 100, 4USB port, AC 97 (audio-modem) AGP 4x, PCI, IDE ATA100/66/33, 6 USB port, AC 97 audio-modem, CNR, LAN 10/100 AGP 4x, 6 PCI, IDE ATA100/66/33, 6 USB port, AC 97 audio-modem, CNR, LAN 10/100 AGP 4x, 6 PCI, IDE ATA100/66/33, 6 USB port, AC 97 audio-modem, CNR, LAN 10/100, Bus Memori PC133, DDR 266 AGP 4x, FSB 66/100/133MHz, Bus Memori PC133, ATA 66, 4USBB port, LAN 10/100, audio-modem controller AGP 4x, Bus Memori PC133, FSB 133MHz, ATA-66 AGP 4x, FSB 133MHz, Bus Memori PC133, ATA-66, 4 USB port, AC-97 audio-modem FSB 133MHz, Bus Memori PC133, ATA-66/100, 4 USB FSB 133MHz, Bus Memori PC133, AGP2x, ATA 66, 4 USB port, AC-97 audio-modem Tabel 1: Beberapa Chipset untuk Celeron dan Duron

mendekati Duron 850MHz, saat ini harganya justru hanya terpaut tipis, tidak sampai 20 dolar AS. Ini artinya, dari segi pemasaran AMD belum mampu membuat positioning yang relatif jelas dengan produkproduk mereka yang lain.

harganya belum bisa dijadikan pegangan, Pak,” ujarnya ketika dihubungi PCplus. “Tentu saja, nantinya harga Duron 850MHz pasti akan dikelompokkan di kelas yang lebih rendah dibanding Thunderbird,” tambah Erwan. Apalagi, sampai

diklaim memiliki fitur baru yang disebut unified memory architecture (UMA). Fitur ini menggunakan pendekatan chipset terintegrasi yang berfungsi menekan biaya yang harus dikeluarkan dalam membangun sistem PC yang

memiliki 28 juta sementara Duron tiga juta lebih rendah. Dari segi itu, instruksi yang bisa dikerjakan oleh Celeron, bila diukur pada frekuensi yang sama dengan Duron bakal lebih cepat. Tentu saja, selisih jumlah transistor ini dipengaruhi oleh

16 PCplus

plusFokus
luas ukuran prosesor, di mana Celeron 6 mm persegi lebih besar dibanding Duron. Bagaimana dengan cache memory di L1, L2, dan L3nya? Di atas sudah disinggung bahwa untuk L1 yang dipasang di prosesor, DURON yang disetel sebesar 128Kb jelas lebih unggul dibanding Intel Celeron yang diset dengan 32Kb. Namun, untuk L2-nya, Celeron menang dibanding Duron, yakni sebesar 128Kb, sementara Duron hanya separuhnya. Apa pengaruhnya pada kinerja prosesor? Semakin besar cache memory dalam prosesor, semakin tinggi pula kinerja yang bisa dihasilkan, karena transfer instruksi dan data dari memori utama ke dalam prosesor menjadi lebih cepat. Pertanyaan kita kemudian, apa pengaruh L1 dan L2 di dalam prosesor? Karena L1 dibenamkan di dalam prosesor, jauh lebih menguntungkan L1 yang besar dibanding L2 yang berukuran besar, karena L2 sendiri diset di dalam motherboard, bukan di dalam prosesor. Namun, bus cache L2 di dalam Celeron lebih besar ketimbang Duron punya. Celeron memiliki dua macam bus cache, di mana yang satunya berjalan pada 256-bit, sedangkan yang satunya adalah 64-bit. Celeron 800MHz sendiri termasuk yang berkategori 256-bit. Kita sudah membandingkan beberapa perbedaan penting dalam Duron dan Celeron. Sekarang, kita akan melihat teknologi proses yang digunakan. Sebagaimana teknologi yang dikenal saat ini, kedua prosesor masih diproduksi dengan menggunakan teknologi proses 0,18 mikron. Inilah yang PCplus sebut tidak ada perubahan yang signifikan dalam rancang bangun kedua prosesor ini. Sementara, jenis socket yang digunakan oleh kedua prosesor jelas berbeda. AMD Duron dibuat dengan desain socket, yang populer dengan nama Socket A. Socket ini memiliki jumlah pin sebanyak 462 buah. Celeron didesain dengan model socket pula, namun berbeda dalam jumlah pin yang digunakan. Ia menggunakan pin sebanyak 370 buah, dan oleh karenanya itu disebut dengan Socket 370. Dari sisi socket yang digunakan dan jumlah pin yang tersedia di situ, Intel Celeron masih kalah banyak dengan AMD. Secara teoretis, semakin banyak pin yang digunakan panas yang dihasilkan akan semakin kecil, karena panas disebar pada titik yang lebih banyak. Namun, kedua prosesor ini relatif tidak memiliki perbedaan panas yang signifikan dilihat dari sisi pin atau socket yang digunakan. Malahan, sudah dikenal cukup luas bahwa prosesorprosesor keluaran AMD relatif lebih panas dibandingkan dengan prosesor keluaran Intel. Beberapa analis bahkan menyebut bahwa kelemahan utama AMD adalah panas yang dihasilkan terlalu tinggi. Perlu Anda ketahui, panas sangat berpengaruh pada ketahanan prosesor. Semakin baik panas yang dihasilkan (artinya semakin rendah suhu prosesor), semakin awet prosesor tersebut bisa digunakan. Oleh karenanya, prosesorprosesor AMD seringkali memerlukan bantuan fan atau kipas yang bekerja pada kecepatan putar yang tinggi dan daya hisap yang besar. Tentu saja putaran kipas dalam prosesor ini berpengaruh pada bunyi yang dihasilkan. Bila sudah dijalankan, kipas yang tenaganya lebih besar tentu akan menghasilkan suara yang lebih berisik dibandingkan dengan kipas pada umumnya. Apalagi yang kurang dibandingkan? Harga? OK. Secara umum, harga prosesor AMD sudah dikenal lebih murah dibandingkan dengan Intel punya. Nah yang untuk saat ini (tidak untuk dua tiga bulan mendatang), harga prosesor dari masing-masing pabrik justru terancam oleh jenis prosesor lain yang dibuat oleh pabrik yang sama. Misalnya, AMD Duron 850MHz harganya justru hanya berbeda tipis dengan AMD Athlon Thunderbird. Sementara, Intel Celeron 800MHz juga hanya berselisih tipis dengan Prosesor Pentium III berkecepatan 550 atau 600MHz. Dari sisi ini, tentu saja orang justru memilih kedua prosesor yang ditujukan buat dipasang pada performance PC. Nah dari sisi penjualan, tentu saja ini tidak menguntungkan

No.14/II/30 Januari 2001

buat masing-masing, karena produk mereka justru disaingi oleh keluaran mereka sendiri. Begitulah kira-kira perbandingan yang bisa diukur secara teoretis. Sayangnya, ketika PCplus mencoba menghubungi beberapa vendor untuk menguji ketangguhan kedua prosesor tersebut, bahkan ternyata mereka pun belum memiliki stok untuk kedua prosesor ini. Sesungguhnya, kita ingin memberikan gambaran kepada pembaca lewat benchmarking yang terukur secara mendetail. Tunggu saja kalau kesempatan itu ada!

PCplus 17

plusFokus
Siapakah yang ikut terseret dalam persaingan dua merek prosesor tersebut? Mungkin jawaban yang paling logis adalah para produsen pembuat motherboard. Seperti layaknya perang, para produsen prosesor berusaha menarik sebanyak mungkin sekutu untuk memenangkan pertempuran.

Silvester Sila Wedjo/Mersagita Prabudi/Christianto Sahat

No.14/II/30 Januari 2001

MOTHERBOARD PENDUKUNG CELERON DAN DURON
maka ada satu model motherboard yang paling sering ditawarkan. Apa tuh? Model yang dimaksud tiada lain adalah Intel D815EEA. Motherboard jenis di atas sebetulnya tidak hanya mendukung penggunaan prosesor jenis Celeron saja, tapi juga mendukung Pentium III dalam Flip Chip Pin Grid Array (FC-PGA) pada sistem bus 66MHz. Sebagai tambahan untuk tipe prosesor Celeron, selain FC-PGA, motherboard itu juga mendukung tipe jenis PPGA. Memori SDRAM yang dapat dipasang di sini pun cukup besar, mencapai 512MB. Lalu apa sih yang menyebabkan motherboard ini menjadi primadona di kelasnya. Fitur apa lagi yang menjadikan motherboard ini tangguh? Tidak berlebihan kalau dikatakan penggunaan Chipset Intel® 815E memperkuat kinerja motherboard ini. Kemampuan apa saja yang ditawarkan Chipset 815E? Chipset ini memungkinkan Anda menampilkan grafis Intel® 3D yang sudah terpasang onboard, kartu Graphics Performance Accelerator (GPA) dengan kinerja yang disempurnakan, atau kalau mau mungkin bisa menggunakan kartu grafis AGP yang kinerjanya sudah barang tentu bagus. Secara garis besar, penggunaan chipset ini akan memberikan fleksibilitas untuk mendukung semua desain system bus dengan fitur baru yang akan meningkatkan kinerjanya. Selain ketangguhan dari chipset 815E tersebut, motherboard ini juga dilengkapi dengan Intel® Rapid BIOS Boot yang berguna untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk proses booting, empat buah konektor USB, teknologi Communication and Networking Riser dan sebagainya.

Dengan adanya
perang prosesor ini, pembuat motherboard pun ikut bersaing merebut pasar untuk masingmasing prosesor. Berbagai jurus maupun senjata pamungkas habis-habisan mereka keluarkan. Tujuannya hanya satu, agar semua lawan takluk dan mengakui keunggulan. Mungkin kalau mau jujur, prosesor yang paling banyak sekutunya masih dipegang Intel dengan Celeronnya. Semua merek dengan serinya masingmasing menyediakan motherboard pendukung keping pintar ini. Alasannya amat logis dan mudah diterima. Prosesor Intel masih merajai pasar. Dengan situasi pasar macam begini, adalah wajar jika pembuat motherboard lebih banyak mengeluarkan produknya untuk men-support Celeron. Apa sih sebenarnya perbedaan motherboard untuk kedua prosesor ini? Ibarat dalam perang sesungguhnya, masing-masing memiliki “bendera” sendiri untuk membedakan mana teman dan mana yang bukan. Pada persaingan ini “bendera” yang paling jelas terletak pada socket yang digunakan. Untuk Celeron jelas memakai socket 370 sedang pada produk AMD termasuk Duron menggunakan socket A. Lalu perbedaan lainnya? Tidak banyak yang berbeda selain chipset yang digunakan. Yang pasti untuk Celeron, motherboard sekutunya banyak yang memakai chipset i815E, selain juga chipset lain macam VIA serta SiS. Pilihan chipset yang dipakai untuk mendukung Duron dan produk AMD lainnya lebih terbatas. Hanya sedikit chipset yang bisa men-support prosesor ini. VIA KM133 dan Apollo KT133 adalah chipset yang paling banyak dipakai untuk Duron. Pilihan chipset untuk mendukung prosesor ini mungkin akan lebih banyak seiring dengan meningkatnya peminat Duron, Athlon atau Thunderbird. Yang pasti, para produsen motherboard akan terus memantau situasi

system bus 133/100/66MHz. Selain itu, CA810E menawarkan grafis 3D yang baru dan tentunya lebih baik. Pada situs resminya dikatakan bahwa motherboard ini menawarkan “one size fits all”. Maksudnya apa? Maksudnya CA810E ini memberikan solusi bagi integrator karena produk tersebut memberikan fleksibilitas dalam pemilihan system bus, juga mendukung penggunaan jenis prosesor Pentium III dan Celeron yang ada sekarang maupun yang mungkin muncul di masa mendatang. Malahan, mereka juga menggabungkan produk ini dengan audio keluaran Creative Labs yang terpasang secara onboard.

GIGABYTE
Sementara, produsen Gigabyte Technology (www.giga-byte.com) yang mengeluarkan produk motherboard dengan brand Gigabyte memiliki beragam jenis produk yang ditujukan baik bagi prosesor Intel kelas Pentium, Celeron, juga bagi prosesor AMD. Mereka juga memiliki jago untuk prosesor Celeron yaitu GA-60XM7. Sama dengan kebanyakan produk yang ditujukan untuk komputer dengan kinerja tinggi, produk ini juga dilengkapi dengan chipset seri 815 AGPset. Jenis memori yang digunakan di sini berupa memori SDRAM dengan kapasitas mulai dari 32MB sampai 512MB yang tersedia dalam 3 DIMM. Sementara fitur lainnya tidak banyak berbeda dengan motherboard pada umumnya. Produk ini menawarkan fitur berupa Wake-On-LAN header (WOL), Waker-On-Ring (WOR) dan juga tersedia beragam sekering untuk proteksi kelebihan arus pada keyboard, USB, dan Game. Selain itu, GA-60XM7 juga menyediakan slot AGP untuk kebutuhan upgrade grafis di masa-masa mendatang. Sementara itu, produk Gigabyte yang ditujukan bagi PC kelas menengah bisa diwakili oleh motherboard GA6WMMC7-1. Chipset yang dipergunakan pada produk ini adalah 810 AGPset yang di dalamnya sudah meliputi engine untuk meningkatkan kualitas keluaran grafis. System bus yang didukung oleh produk ini adalah 66/100MHz ditambah dengan fitur auto detect tegangan CPU. Jenis memori yang dapat dipergunakan di sini berupa SDRAM mulai 32MB sampai 512MB. Socket yang tersedia untuk memori ini ada 2 buah. Sementara, fitur yang tersedia pada motherboard ini meliputi Suspend-to-RAM (STR), dan fitur lainnya seperti WOL, WOR, dan juga tersedia

“Berbagai tawaran fitur menarik”

“perang” antar kedua prosesor tersebut dan bergerak “sesuai arah angin”.

FITUR-FITUR YANG DITAWARKAN
Kalau melihat fitur-fitur yang ditawarkan masing-masing motherboard, bedanya hanya setipis benang. Perbedaan ini lebih dikarenakan pilihan para produsen masing-masing merek motherboard dan pilihan konsumen mana yang ingin diraih, apakah kelas high end, middle end, atau low end. Untuk kecepatan FSB yang dipakai misalnya, pada motherboard pendukung Celeron masing berkutat pada frekuensi 100MHz dan 133Mhz meskipun sudah ada yang sampai 166MHz. Frekuensi FSB sedikit lebih besar pada motherboard untuk Duron. Motherboard pendukungnya sudah memakai FSB sebesar 200Mhz. Untuk urusan memori

pendukung. Hampir semua motherboard masih memakai memori jenis SDRAM meskipun pada satu atau dua motherboard sudah ada yang support untuk DDR maupun RDRAM. Perbedaan mungkin lebih banyak pada kapasitas memori yang bisa ditampung. Bagaimana fitur-fitur pendukung lainnya? Semua itu bisa Anda simak satu-persatu pada motherboard pilihan kami.

INTEL
Pada setiap kategori tentu ada yang menjadi primadonanya, bukan? Kalau tayangan olah raga sepak bola, primadonanya tentu saja Liga Italia. Kalau prosesor, saat ini masih dipegang oleh Intel dengan brand Pentium-nya. Lain lagi dengan primadona untuk motherboard yang menggunakan prosesor Celeron. Kalau Anda rajin-rajin melihat spesifikasi brosur-brosur komputer yang ditawarkan,

CA810E
Sementara, pilihan lain untuk PC kelas mainstream dan PC hemat, adalah Intel CA810E yang menggunakan chipset 810E. Sama dengan D815EE, produk ini juga bisa digunakan baik untuk prosesor Pentium III maupun Celeron. Produk ini mendukung penggunaan

18 PCplus

plusFokus
beragam sekering untuk proteksi kelebihan arus untuk keyboard, USB, dan Game seperti model GA-60XM7. Gigabyte Technology juga mengeluarkan GA-7ZX ATX form factor yang menggunakan socket A untuk Athlon dan Duron. Motherboard ini menjagokan VIA KT133 untuk chipset-nya. Dengan kemampuannya mendukung 133MHz SDRAM, motherboard ini men-support bus kecepatan tinggi sampai 200MHz. Keunggulannya adalah kecepatan memori pada motherboard ini dapat dideteksi secara otomatis ataupun di-set secara manual. Motherboard ini juga dilengkapi dengan PCI Bus Master IDE controller dengan dua konektor yang mendukung empat buah device ATA 33/66 dan dua buah konektor yang dapat mendukung sampai empat buah device ATA 100. Kemampuan dukungan terhadap ATA 100 dikarenakan ATA 100 yang diperkirakan bakalan menjadi pemimpin untuk kelas IDE interface. Untuk grafisnya, motherboard ini telah mempersiapkan graphic port (AGP) yang dapat di-upgrade sampai level 4X. Fasilitas lain yang disediakan adalah 4 buah port USB, 5 slot PCI, 1 slot AMR, dan 3 buah socket DIMM. Lain padang lain belalang, lain merek lain pula fiturnya. Meskipun melayani prosesor yang sama, baik itu Intel Celeron atau Duron dari AMD, fitur yang ditawarkan masingmasing merek sedikit berbeda. Perbedaan itu semua dari sisi konsumen bisa dilihat sebagai alternatif pilihan. Semuanya tergantung kebutuhan dan selera. Kalau selera yang ditonjolkan, agak sukar untuk mengubahnya meskipun ada produk lain yang lebih bagus. Fanatik, kalau orang bilang! Tapi kalau pertimbangannya adalah kebutuhan, akal sehatlah yang lebih banyak bermain. Jika prosesor yang Anda pilih adalah tipe Celeron, merek Asus menyediakan berbagai tipe dan model yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Anda tinggal pilih mau yang mana. Sebagai contoh adalah motherboard yang laris manis di pasaran yaitu CUV4X maupun tipe terbarunya CUV4X-V yang menggunakan chipset VIA ProSavage PM133. Motherbord ini sudah memiliki FSB sebesar 133MHz yang sudah mensupport SDRAM PC100 maupun PC133. Masih banyak tipe lain yang menyediakan fitur-fitur andalannya. Itu baru satu jenis motherboard saja. Belum lagi pilihan menarik lain yang ditawarkan Asus untuk Celeron. Motherboard macam CUSI-FX yang menawarkan berbagai fasilitas onboard menantang juga bisa jadi salah satu pilihan yang bagus. Mungkin Anda tidak akan terlalu pusing tujuh keliling jika ingin memakai prosesor Celeron. Hal ini tidak lain karena socket 370 yang dipakai banyak dipilih oleh berbagai pembuat motherboard. Yang agak sulit dan butuh kecermatan adalah apabila Anda ingin membeli prosesor Duron dari AMD. Memang sudah ada, tapi tipe motherboard yang menyediakan support untuk prosesor ini masih tergolong sedikit. Hal ini tidak lain karena socket yang dipakai berbeda dengan socket untuk prosesor Intel. masih memakai ultra DMA sebesar 66MB IDE. Untuk prosesor jenis Celeron, produsen motherboard asal Taiwan ini tidak kalah bersaing dengan merek lainnya. Berbagai seri bisa Anda peroleh dengan mudah. Fitur yang ditawarkannya pun bisa dibilang beda tipis dengan merek lain. Anda tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan. Begitu pula dengan motherboard merek Abit. Abit KT7 merupakan motherboard socket A yg cocok untuk Duron dan Thnderbird. Di sini Audio dan video tidak lagi onboard. Apalagi yang sudah memakai SoftMenu BIOS dapat mensetting clock dan tegangan hanya melalui BIOS. Pada motherboard ini ada satu slot ISA yg lebih berguna daripada AMR. Harga di pasaran untuk seri ini sekitar 132 dolar. Ada pula motherboard lain yang merupakan saudaranya yaitu Abit KT7 RAID. Di Pasaran, harga motherboard ini Motherboard ini juga masih menggunakan keistimewaan saudara kembarnya, yaitu SoftMenu BIOS yang menggantikan setting jumper atau DIP switch menggunakan BIOS. Setting multiplier-nya juga mempunyai jangkauan yang cukup besar, dari 5X sampai 12.5X. Jelas, motherboard ini memang memberikan fasilitas yang amat beragam untuk overclocking. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa macam setting tegangan Vcore dan Vio yang dimilikinya. Belum lagi ditambah ruangan yang terkesan disediakan untuk heatsink besar di sekitar socket CPU.

No.14/II/30 Januari 2001

jadi memang cocok bersanding dengan Celeron 800 yang jalan pada FSB 100MHz. Fasilitas lain yang disediakan adalah adanya 5 buah slot PCI, sebuah port AGP, dan satu slot CNR. Untuk memori, Aopen menyediakan 3 slot DIMM, yang mendukung memori PC100 ataupun PC133 dengan kapasitas maksimum sampai 512MB. Uniknya, konfigurasi jumper / DIP switch pada AX3SPro i815e dapat dilakukan melalui BIOS. Sayangnya, motherboard ini ruang di sekitar socket CPU terasa kurang lebar sehingga tidak dapat menggunakan heatsink yang besar.

AOPEN AK73-1394
Motherboard ini mengandalkan chipset VIA Apollo KT133. Motherboard ini dirancang untuk mendukung 200 MHz system bus untuk AMD Athlon dan Duron. Memori yang didukung adalah SDRAM PC133 DIMM. Istimewanya, motherboard ini dilengkapi dengan IEEE 1394 (Firewire) bus yang kecepatannya jauh lebih tinggi dari USB, apalagi serial. Ditambah lagi dukungan terhadap Ultra DMA/100 harddisk drive. Untuk urusan overclocking, motherboard ini punya clock multiplier yang bervariasi, antara 5.5 sampai 12.5. Tegangan kerja prosesor juga bisa diubah antara 1.1 sampai 1.85 volt. Seperti pada motherboard jumper free lainnya, motherboard ini sudah tidak menggunakan jumper lagi untuk setting overclocking, tapi sudah melalui BIOS. Fasilitas lainnya adalah 5 slot PCI, 1 AGP 1X/2X/4X, dan 1 AMR.

ABIT ZM6
Seperti keluarga Abit lainnya, motherboard seri ini memberikan banyak fasilitas untuk overclocking. Uniknya Front Side Bus pada ZM6 ini punya bermacam-macam variasi mulai dari 66Mhz sampai 153MHz. Varian-varian yang disediakan antara lain 75, 83, 100, 105, 110, 112, 115, 120, 124, 133, 138, 143, dan 148 MHz. Multiplier yang disediakan juga ada beberapa, dari 2X sampai 8X dengan kenaikan setiap 0,5. Tidak lupa juga, fitur SoftMenu 2 yang dipakai Abit ZM6 dapat mengatur multiplier, FSB, tegangan kerja prosesor tanpa menggunakan jumper, tetapi cukup lewat setting BIOS. Uniknya lagi, fasilitas SoftMenu ini dapat membagi frekuensi bus yang digunakan PCI dan AGP. Hal ini dikarenakan perbedaan frekuensi yang digunakan kedua fitur tersebut di mana bus PCI yang hanya mampu bekerja sampai 33MHz sedangkan AGP bekerja pada frekuensi maksimal 66MHz. Pada motherboard ini, tegangan prosesor dapat diubah-ubah mulai dari 1,3 sampai 2,3 volt dengan selang kenaikan setiap 0,05 volt. Fasilitas lain yang disediakan adalah 5 slot PCI, satu slot AGP, dua slot ISA. Untuk memori, disediakan 3 buah socket DIMM 168-pin untuk mendukung memori SDRAM. Intel 440ZX (66/ 100MHz) AGPset adalah chipset yang digunakan pada motherboard ini. Untuk BIOS, digunakan Award BIOS dengan fasilitas Write-Protect untuk menghalangi virus yang dapat menulisi program pada BIOS. Sebenarnya ada lagi berpuluh-puluh motherboard yang berjejer menawarkan berbagai fasilitas yang tidak kalah OK. Namun semua itu tergantung pilihan dan kebutuhan Anda sendiri. Nggak usah bingung!

ASUS A7V
Untuk motherboard merek Asus, misalnya, pilihan yang disediakan pabrik asal Taiwan ini boleh dibilang amat terbatas. Itu pun kalau dilihat secara umum hanya dua seri yaitu seri A7V dan pengembangannya serta K7V dan seri pengembangannya. Jenis A7V, A7V-M dan A7Pro sama-sama menggunakan chipset KT133 dan mampu men-support Thunderbird maupun Duron dengan kecepatan 500Mhz sampai 1Ghz. Ketiga motherboard ini memiliki kecepatan FSB yang sama yaitu 200MHz. Besar bukan! Yang jelas berbeda secara fisik dari ketiganya hanyalah jumlah PCI, di mana versi A7V-M hanya memiliki 3 buah PCI sedang yang lain memiliki 5 PCI Slot. Dari segi interface ke perangkat seperti harddisk dan CD-ROM, ada sedikit perbedaan di mana A7V telah memakai ultra DMA/ 100 sedang dua saudaranya masih memakai Ultra DMA/66. Fitur yang hampir serupa juga terdapat pada motherboard Asus seri K7V dan K7V-RM. Pada K7V-RM bahkan prosesor yang bisa disupport bisa sampai kapasitas 1 GHz. Kedua motherboard ini memakai chipset KX133.

“Masing-masing memiliki keunggulan”

ACORP
Lain lagi pada merek ACorp. Untuk Prosesor AMD Duron maupun Athlon, mereka hanya memiliki satu jenis saja yaitu K7MA. Pada seri ini Acorp memakai chipset KM133 bikinan VIA dengan kemampuan support prosesor dari 500MHz sampai 1GHz. Seri ini memiliki 5 PCI, 3 slot DIMM dengan kapasitas maksimum memori yang ditampung sampai 765MHz, sebuah ISA slot, dan sebuah AMR. Namun sayangnya, motherboard ini

berkisar 151 dolar. Abit KT7 Raid ini dilengkapi juga dengan RAID controller, sama seperti Gigabyte GA-7ZXR. Dengan socket A tertancap pada tubuhnya, motherboard ini kompatibel dengan AMD Athlon, Duron maupun Thunderbird. Seri ini juga menggunakan chipset VIA KT133. Yang terasa istimewa, motherboard ini mendukung banyak sekali tipe Front Side Bus (FSB), yaitu 20 kecepatan FSB, dari 100 Mhz sampai 155 Mhz. Uniknya, FSB ini bisa dinaikkan dengan skala 1 sampai 28 MHz. Fasilitas yang diberikan adalah adanya 6 buah slot PCI, 1 slot ISA, dan 1 port AGP, tanpa slot AMR.

AOPEN AX3S-PRO I815E
Aopen juga menyediakan beragam motherboard untuk Celeron. Salah satunya adalah AX3S-Pro i815e. Dari namanya saja bisa diketahui motherboard dengan form factor ATX ini mengandalkan chipset Intel 815E, lengkap dengan ICH2 Southbridge yang dapat mendukung ATA100. Motherboard ini mendukung FSB 66MHz sampai 166MHz,

PCplus 19

plusTrend
Persaingan adalah kata abstrak yang tidak pernah hilang dari kehidupan manusia sejak dulu dan sampai kapan pun. Siapa pun ingin menjadi yang terbaik, terdepan, terhebat, dan kata-kata lainnya yang menggambarkan keunggulan kita terhadap yang lain. Filosofi ini pun berlaku untuk urusan prosesor.

Silvester Sila Wedjo

No.14/II/30 Januari 2001

GELIAT PASAR MENYAMBUT PROSESOR CELERON DAN DURON TERBARU
memperebutkan pasar prosesor telah berlangsung lama. Dan makin lama, persaingan antar keduanya makin sengit saja. Persaingan antar kedua pabrik pembuat prosesor tersebut amatlah wajar mengingat mereka menjual barang yang sejenis. Ibarat orang, mereka memperebutkan roti yang sama. Persaingan bisa dilihat nyata ketika salah satu mengeluarkan produk baru, segera saja pesaingnya tak mau kalah. Hanya dalam hitungan minggu, bahkan kadang hitungan hari, produk rival segera muncul. Kenyataan ini pun bisa Anda lihat ketika Intel mengeluarkan prosesor kelas Celeron terbarunya yaitu Celeron 800MHz. AMD seperti kebakaran jenggot dan tidak ingin dikalahkan. Tak lama berselang tanpa menunggu waktu lagi, mereka segera mengeluarkan Duron 850MHz yang diklaim sebagai saingan Celeron 800MHz.

Kalau Anda simak,
persaingan Intel dan AMD

www.asus.com.tw

NEW PRODUCT :

CUBX-E, CUV4X, CUSL-2

5 5 5

Paling banyak disebut, diminta dan dibeli.

Kehandalan yang tetap menjadi pegangan kuat para pengguna.

Di manapun di dunia, termasuk di Indonesia, ASUS motherboard tetap menjadi pilihan utama.
AWARD INTERNATIONAL SEBAGAI JAMINAN KUALITAS

q ASUSTek was awarded for “Annual q ASUSTek was awarded q

Reseller’s Choice Award 2000 No. 1” by CDN magazine, Canada. 06/2000 “No.1 Market Preferred Brand” by Popular Computer Weeks, China. 08/1999 ASUSTek was awarded “I.T. Readers’ No. 1 Choice” by Popular Computer Weeks, China. 08/1999

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : astrindo@rad.net.id Fax. (021) 6121329 Bandung : (022) 7237023, Jogja: (0274) 515852, Surabaya: (031) 5016480

Lalu, bagaimana respon pasar menyambut dua pendatang baru tersebut? Dari pengamatan PCplus di kawasan e-Mall Ratu Plaza, kedua produk tersebut untuk kawasan ini kurang memperoleh respons yang bagus. Celeron maupun Duron sendiri secara umum dikenal konsumen sebagai prosesor kelas low end yang sensitif harga. Dengan demikian, otomatis kedua jenis prosesor ini kurang laku di kawasan yang memang lebih condong berkutat di kelas high end maupun middle end. “Konsumen di sini banyak yang lebih memilih membeli Pentium!!! atau Thunderbird ketimbang memilih Celeron atau Duron,” tegas Haryadi dari GM Com. Lain lagi dengan Lukman dari Solution Computer. Ia melihat konsumen sudah kadung menganggap Intel Celeron maupun Duron merupakan prosesor “kelas dua” sehingga mereka akhirnya lebih memilih Pentium!!! atau Athlon. Namun demikian, demand untuk Celeron masih tetap ada meskipun jumlahnya amat terbatas. “Kalau di sini Celeron 600Mhz yang paling diminati untuk kelas Celeron,” tegasnya lagi. Akan tetapi, situasi ini berbeda dengan kawasan Mangga Dua Mall dan kawasan Dusit. Pangsa pasar untuk Celeron maupun Duron tetap meramaikan pasar meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak. Senada dengan pedagang di Ratu Plaza, mereka yang memilih Celeron atau Duron merupakan konsumen yang sensitif harga. Selain itu, ada fenomena menarik untuk urusan Intel Celeron. Banyak konsumen yang tidak ingin memakai keping pintar ini dengan alasan barang ini “kelas dua” dibanding dengan Pentium!!!. “Saya bahkan berani menyarankan untuk lebih memilih Pentium 2 ketimbang memilih Celeron,” ujar Rudi dari Uni Computer di kawasan Dusit. Lain lagi menurut Johannes dari Witacom. “Image orang tentang Celeron tidak terlalu bagus. Orang sudah menilai Celeron adalah produk dengan spesifikasi kurang bagus,” tambahnya lagi. Itulah sebabnya mengapa Celeron kurang diminati. Nasib Duron dari AMD sedikit berbeda. Pedagang melihat konsumen sudah banyak yang memilih prosesor ini karena harganya bersaing selain juga mudah di-overclock. “Kinerjanya pun lumayan bagus di samping juga mudah untuk melakukan overclock,” jelas Ferry Setiawan dari Equator Computer. Bagaimana persaingan selanjutnya, simak Trend PCplus minggu depan!

20 PCplus

plusBelanja
Judul di atas bukanlah ajakan untuk membakar rumah atau seseorang yang sekarang banyak terjadi ketika massa menangkap pencopet, penjambret, atau tersangka dukun santet. Judul ini sengaja dipilih untuk menggambarkan asyiknya memiliki CDRW Drive sendiri untuk menggandakan, atau istilah halusnya mengkopi file.

Silvester Sila Wedjo

No.14/II/30 Januari 2001

CD-RW Drive:

AYO BAKAR... BAKAR... BAKAR...!!!
profesional atau kecewa kalau perangkat mahal rumahan yang itu tidak bisa dipakai, kecuali berkantong tebal. Anda membeli converter. Ini Maklum, dibanding berarti tambahan dana lagi CD-ROM biasa, harga bukan? sebuah CD-RW amat Lalu bagaimana dengan jauh berbeda. interface yang lain? Untuk Bayangkan, CD-ROM kedua interface yang terakhir, standar bermerek mereka lebih unggul dari segi harganya cuma kecepatan pembacaan maupun “Interface paralel” sekitar 300 ribu pembakaran CD ketimbang sedangkan CD-RW bisa dipakai pada PC Anda. Dari drive yang menggunakan mencapai satu juta delapan sudut hardware terutama interface paralel. Seperti yang ratus ribu! Sangat jauh bukan! sambungan atau interface-nya telah diketahui, interface Itu pun menurut beberapa juga tidak kalah penting. Kalau paralel hanya mampu pedagang harganya sudah kita ingin tipe yang standar mentransfer data sebesar 2 turun. “Dahulu, mana ada CDatau drive internal, Anda tidak Megabyte per second (Mbps). RW yang harganya di bawah 2 perlu khawatir lagi karena Kapasitasnya jauh di bawah juta,” ujar seorang pedagang pemasangannya sama seperti kemampuan USB dalam yang tak ingin disebut jika menginstal CD-ROM biasa. mentransfer data yang besarnya namanya. Anda tinggal bongkar casing, 12Mbps. Lebih jauh lagi jika kita menyambungnya pada IDE port, bandingkan dengan interface YANG HARUS menempatkan pada tempat IEEE 1394 firewire yang mampu DIPERHATIKAN yang tersedia dan terakhir mentransfer sampai 1.5Gbps. Apa yang harus menginstal driver diperhatikan ketika kita akan yang disediakan. membeli CD-RW Drive? Pertama Semua itu amat yang harus diperhatikan adalah mudah dilakukan bila kebutuhan. Di sini kita harus Anda sudah pernah bertanya pada diri sendiri, menginstal CD-ROM apakah kita amat atau harddisk karena membutuhkannya? Jika ya, seluruh prosesnya spesifikasi yang bagaimana amat mirip. Ada pula yang kita butuhkan! Apakah tipe drive Internal yang terbaru dan tercanggih namun dengan “Interface firewire, super cepat” dengan harga yang mahal atau interface SCSI. cukup membeli yang standar. Kecepatan transfer jenis Apa pengaruhnya? Jelas. Kedua, yang juga tidak interface ini sudah lumayan Saat Anda mulai membakar CD kalah penting adalah besar dan jauh mengungguli kosong, kecepatan pembakaran kompatibilitas dengan interface IDE. akan sangat berbeda. Yang Akan tetapi, kita harus pasti dengan firewire, Anda bisa sedikit berhati-hati jika CD-RW membakar CD amat cepat yaitu Drive yang ingin kita beli sekitar 7 menit untuk file diposisikan sebagai external sebesar 500MB. Bandingkan device. Untuk model eksternal dengan drive ber-interface macam ini, yang harus paralel yaitu sekitar satu diperhatikan adalah interfacesetengah jam, 45 menit untuk nya. Mengapa demikian? pembacaan dan 45 menit lagi Apakah ada bedanya? Hal ini untuk proses pembakarannya! tidak lain karena tersedianya Jauh sekali bukan? berbagai tipe interface untuk Ketiga adalah kecepatan CD-RW Drive eksternal. Secara dari CD-RW Drive itu sendiri. umum ada tiga macam interface Anda mungkin bingung ketika yang dipakai antara lain tipe akan membeli diberi interface paralel, USB, dan keterangan 4X//4X/32. Tidak firewire. Saat memutuskan usah bingung. Keterangan ini “CD-RW drive internal” untuk membeli, kita harus mengacu pada kecepatan perangkat PC yang kita punyai. mengetahui dahulu interface record/write, kecepatan rewrite Ini penting mengingat saat ini yang bisa dipasang secara dan kecepatan write atau baca. telah tersedia berbagai macam eksternal pada perangkat PC Pada kasus ini berarti drive merek dan tipe CD-RW Drive. yang kita miliki. Kalau kita memiliki kemampuan untuk Dari segi sistem operasi Anda hanya punya interface yang merekam dengan kecepatan 4X musti perhatikan, apakah drive paralel, belilah CD-RW Drive (untuk CD-R), proses penulisan yang Anda beli kompatibel yang memiliki interface paralel. ulang dengan kecepatan 4X dengan sistem operasi yang Jika tidak, siap-siaplah untuk (untuk CD-RW) dan pembacaan

Ya, CD-RW Drive yang
merupakan kepanjangan dari Compact Disk Recordable Rewriteable Drive. Merupakan sebuah perangkat keras pada sebuah komputer yang dapat mengkopi file, program, atau yang lainnya ke dalam sebuah CD, baik itu CD-R ataupun CDRW. Perangkat ini bisa dibilang merupakan perkembangan dari CD ROM biasa yang hanya dapat membaca file dari sebuah disk tanpa bisa “menulis”. Di Indonesia sendiri, menurut salah seorang pedagang di Mangga Dua Mall, CD-RW Drive baru mengalami perkembangan yang amat pesat pada tahun 2000 kemarin. Menurutnya, CD-RW Drive pada tahun-tahun sebelumnya agak sukar berkembang karena masalah hak cipta. “Yang saya tahu, jika ingin punya CD-RW Drive harus lapor ke polisi dulu,” ujar Surana dari Longmen di M2M. Namun sekarang, CD-RW Drive sudah bukan barang yang sulit didapat meskipun membuat para pembuat software gigit jari karena software bikinan mereka digandakan secara ilegal.

BUAT APA CD-RW DRIVE?
Terlepas dari masalah hak cipta, para pengguna komputer yang pasti amat bersyukur dengan adanya perangkat semacam ini. Bagi mereka yang ingin mem-back up file-file penting atau menyimpan file yang membutuhkan kapasitas memori yang besar, disket tidaklah mencukupi. Salah satu alternatifnya adalah menyimpan di dalam sebuah CD. Kemampuan CD yang dapat menyimpan data sampai 650MB --bahkan ada yang mencapai 700MB— jadi alasan mengapa menyimpan data di dalam CD jadi pilihan. Apalagi jika Anda mania terhadap musik MP3! Perpuluh-puluh bahkan ratusan lagu favorit Anda bisa Anda simpan hanya dalam sebuah CD. Nah, untuk menyimpan data ke dalam CD inilah Anda membutuhkan CD-RW Drive ini. Saat ini, memang penggunaan CD-RW baru terbatas pada kalangan

data dengan kecepatan 32X. Biasanya Anda akan disuguhi beberapa pilihan kecepatan dari berbagai macam merek. Anda tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan. Kalau dilihat sepintas, akan tergambar jelas bahwa kecepatan pembacaan data pada CD-RW Drive tergolong kecil. Benar, di pasaran kecepatan pembacaan dari drive ini paling tinggi baru 40X. Padahal CDROM sudah sampai 50X, bahkan ada yang lebih dari itu. Jadi disarankan, jika drive yang Anda rencanakan lebih banyak dipakai hanya untuk mendengarkan CD, menonton film, atau bermain game, disarankan cukup membeli CD-ROM biasa karena harga yang timpang. Dahulu, kecepatan write CD-RW Drive sangat lambat, hanya sekitar 2X atau 300Mbps. Namun sekarang, di pasaran sudah tersedia drive yang mampu membaca sebesar 10X, Bahkan pada merek tertentu ada yang mampu merekam (write) sampai 12X. Perkembangan yang lambat justru terjadi pada kecepatan penulisan ulang untuk CD-RW. Di pasaran, kecepatan yang tertinggi yang sudah bisa diperoleh baru 10X. Semua tanda tersebut yang pasti mengacu pada kecepatan transfer data yang bisa dilakukan di samping juga pengaruh interface yang dipakai. Pertimbangan yang juga tidak kalah penting saat pemilihan CD-RW Drive adalah kemudahan instalasinya. Banyak produk semacam ini yang amat merepotkan serta membingungkan saat akan diinstal pada PC. Selain drive-nya yang sulit, buku manualnya pun kurang tuntas menjelaskan proses instalasi ke PC. Nah, perlu juga Anda tanyakan pada pedagang, produk mana yang paling mudah proses menginstalnya dan paling jelas buku manualnya. Tapi akan lebih bagus lagi jika sebelum bertanya pada pedagang, Anda bekali diri sendiri dengan berbagai informasi seputar CD-RW Drive. Anda tinggal baca dari tabloid, majalah atau bahkan Internet untuk memperoleh beragam informasi seputar perangkat satu ini. Kiat terakhir sebelum memutuskan untuk membeli, pastikanlah membandingkan harga. Cocokkan dengan ukuran kantong Anda. Di pasaran, PCplus mendapati harga CD-RW Drive yang tersedia berkisar mulai dari yang termurah, yaitu sekitar 1.9 juta, hingga yang termahal, yaitu sekitar 3,6 juta rupiah. Itu pun masih drive internal. Yang eksternal pasti lebih mahal lagi. Berminat? Silakan coba bagaimana rasanya membakar CD!

PCplus 21

plusKerja
Tidak inginkah Anda memasarkan tenaga Anda ke suatu perusahaan secara lebih atraktif atau persuasif, atau malah agresif, sesuai perkembangan zaman? Kalau ya, berarti Anda harus memperhatikan berkas lamaran yang Anda kirim. Maaf kalau salah, tetapi berkas yang Anda kirim itu adalah duta Anda yang paling utama dan perdana dan menunjukkan keseriusan Anda.

F.X. Bambang Irawan

No.14/II/30 Januari 2001

MEMOLES LAMARAN KERJA LEWAT INTERNET
Padahal, kreativitas Anda dalam menyusun lamaran bisa jadi merupakan poin pertama yang menentukan ketika berada di depan “sensor” manajer recruitment. Mari kita menghalalkan poles-memoles lamaran kerja. Jika Anda belum mengetahui, kiatkiat untuk memoles lamaran kerja agar eye catching banyak terdapat di Internet. Bahkan yang dimaksud dengan memoles dalam hal ini juga mencakup kiat untuk menyusunnya bukan hanya dari sisi tampilan, lay out, tipografi, format, jumlah halaman, dan sebagainya. Melainkan juga mencakup strategi khusus untuk membuat lamaran seperti mempunyai kekuatan yang menarik hati pihak perekrut.

RAGAM LAYANAN
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memermak lamaran dengan bantuan Internet. Satu, situs sekadar menyuguhkan contoh, lalu kita salin mentah-mentah dalam bentuk cetak atau online atau sedikit disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Dua, situs melayani penyusunan lamaran, Resume, atau CV setelah Anda memasukkan item yang diperlukan. Tiga, situs menampung CV dan Resume mereka dalam bank data mereka agar sewaktu-waktu bisa ditelusuri oleh perusahaan pencari tenaga kerja. Empat, situs juga ikut aktif “memasarkan” profil Anda kepada para klien mereka, setelah memoles berkas lamaran Anda tersebut. Untuk jenis satu sampai tiga di atas, umumnya mereka menyediakan layanannya dengan gratis. Namun untuk yang terakhir, yang ke empat, biasanya mereka menarik bayaran atas jasanya. Belum lagi, perusahaan yang jadi klien mereka mestinya berasal dari sono, alias manca negara. Oleh karenanya, rasanya buat kita jenis-jenis layanan yang gratisan itu lebih menarik hati. Apalagi jika niatan Anda memang hanya ingin membandingkan atau mencari acuan lain saja.

Jika Anda adalah seorang
manajer perekrutan sumber daya manusia di suatu perusahaan, ada pertanyaan buat Anda: Apakah tidak jenuh melihat tumpukan lamaran pekerjaan berikut segala lampirannya di depan meja Anda? Apakah Anda sempat menelitinya satu per satu dan bukannya mengutamakan tampilan lamaran yang eye catching dan kelihatan bonafide dan profesional? Apakah betul bahwa penampilan luar lamaran yang menarik juga mempunyai poin yang menentukan? Isi memang (lebih) penting, namun tampilan juga harus diperhatikan. Begitu kira-kira saran yang paling konservatif bagi mereka yang sedang menyusun lamaran pekerjaan. Siapa yang bakal tahu kalau seorang perekrut tenaga kerja di perusahaan menyisihkan file lamaran seseorang hanya garagara berkasnya kucel, lusuh, robek, basah, berbercak, terlipat-lipat, atau bahkan hanya sekadar “buruk rupa” atau bikin mata capek? Kemungkinan ini sebaiknya dihindari.

Dari situs CVTips (www.cvtips.com), kita memperoleh penjelasan tentang apa beda CV dan Resume. Menurut mereka, CV berbentuk lebih formal dibanding Resume. CV umumnya juga digunakan di negara-negara Eropa, sementara Resume lebih diakrabi di Amerika Serikat. Kita sendiri masih lebih sering mengikuti tradisi CV “Eropa” dalam praktik pelamaran kerja. Namun mulai banyak juga iklan yang meminta berkas yang berbentuk Resume yang “Amerika”. Bagaimana menulis surat lamaran? Menurut CVTips, buat tiga paragraf saja. Paragraf pertama berisi pengenalan diri dan deskripsi karier yang Anda dambakan. Paragraf kedua berisi

www.eresumewriting.com

SITUS-SITUS TERKAIT LAMARAN KERJA
www.10minuteresume.com www.1daysresumes.com www.7step-resumesampler.com www.aaaresume.com www.aandaresume.com www.agreatresume.com www.aresume4success.com www.authenticresumes.com www.broadcastaresume.com www.careercity.com/content/cvlttr/ index.cfm www.c-vitae.com www.cvservice.co.uk www.cvtips.com www.e-cv.com www.eresumes.com www.eresumewriting.com www.executiveresume.com www.fast-trackresume.com www.free-resume-tips.com www.garywill.com/worksearch www.hightechresume.com www.how-do-i-write-a-resume.com www.leadingedgeresume.com www.mailmyresume.com www.powewrfulresume.com www.pro-cv.co.uk www.provenresumes.com www.prowebres.com www.resumania.com www.resume.com www.resumebooster.com www.resumecopy.com www.resumedesign.com www.resumedispatcher.com www.resume-innovations.com www.resume-network.com www.resumepath.com www.resumeplus.com www.resumepro.com www.resumestore.com www.resumesystem.com www.reswriter.com www.succesfulresume.com www.writingresumes.com

www.7step-resumesampler.com

www.10minuteresume.com

SEPULUH LANGKAH DALAM MENYUSUN RESUME
Berikut ini cara-cara menyusun Resume, terutama jika Anda maksudkan untuk didistribusikan secara online, yang disarikan dari buku “Getting Ahead in Your Career” oleh Sandra B Sandu, dan diterjemahkan dari www.jobsdb.com/ID/EN/HTML/Article/1.htm. 1. Resume adalah alat pemasaran utama Anda. Jika lowongan yang ada sangat berharga, Anda juga harus membuat Resume yang sepadan. Resume yang baik sebaiknya memusatkan perhatian pada citacita dan aspirasi masa depan Anda setimpal dengan riwayat pekerjaan Anda. Baca profil lowongan kerja dalam iklan dengan seksama dan kemudian tonjolkan bahwa Anda adalah orang yang paling cocok untuk pekerjaan tersebut. Jangan semata menggunakan Resume “bekas” yang sudah ada. Gunakan tanda-tanda untuk merinci dan huruf-huruf tebal untuk penekanan agar lebih cepat dibaca. Jika emang belum memenuhi persyaratan, tunggulah kesempatan berikutnya. Lamaran yang tidak sesuai atau jauh dari persyaratan hanya akan membuat pelamar sendiri dan perekrut putus asa dibuatnya. Masukkan bagian-bagian kunci Resume dalam format tabel, misalnya riwayat pekerjaan, kualifikasi dan kursus yang pernah diikuti. Susunlah surat lamaran yang khusus untuk setiap lamaran, jangan sampai satu surat lamaran digunakan untuk rame-rame. Perbarui Resume Anda dua kali setahun dan teliti kembali apakah tak ada kesalahan. Resume sebaiknya menonjolkan kekuatan, prestasi, dan kompetensi Anda. Ungkapkan motivasi dan hal-hal yang ingin Anda capai dalam karir di bagian atas Resume.

SEGUDANG TIPS
Salah satu poin yang paling berharga dari pengembaraan ke situs-situs seperti itu adalah bahwa kita akan mendapat segudang tips yang sangat berguna untuk memoles surat lamaran, CV atau resume kita. Misalnya, kita bisa mendapatkan tips untuk memilih warna kertas yang sebaiknya kita gunakan untuk mencetaknya. Siapa sangka kalau warna-warna selain putih yang konvensional itu bisa kita gunakan, asal saja bukan warna yang terlalu ngejreng atau mencolok mata. Gunakan warna lembut dan terang dengan kertas yang berkualitas. Untuk menyita perhatian perusahaan pembuka lowongan, Collegegrad.com (www.collegegrad.com) menyarankan warna-warna seperti salmon, biru terang, dan hijau terang, misalnya, bisa digunakan. Cukup inspiratif bukan?

KREATIVITAS
Sebagian besar dari jutaan lamaran kerja yang dibuat dan dikirim oleh para pencari kerja umumnya –entah sadar atau tidak— terpaku pada format baku, mulai dari surat lamaran sampai Curriculum Vitae (CV). Banyak yang sekadar mencontoh bulat-bulat lamaran milik temannya dalam soal format sampai kata-kata berikut titik komanya. Ada juga yang tidak mau repot dengan menggunakan template CV baku yang dijual di toko-toko buku atau kios kelontong. Celakanya, format yang “beredar” –bahkan dalam bentuk buku— dan saling disalin mentah-mentah itu kebanyakan terlalu kaku, ketinggalan zaman, atau malah dibuat oleh penyu-sun yang kurang kompeten. Namun, apa daya, sudah terlanjur beredar, sih.

2.

3.

4. 5.

6.

7. 8. 9. 10.

jabaran singkat tentang pendidikan, keterampilan, dan informasi yang relevan. Paragraf ketiga, atau penutup, adalah tempat untuk mencantumkan gaji yang Anda minta dan alamat yang bisa dihubungi. Contoh-contoh tersebut hanya sebagian kecil saja dari segudang kemungkinan yang bisa kita dapatkan. Memang kadang-kadang saran mereka bisa juga tidak applicable akibat latar belakang budaya yang berbeda. Namun ditanggung kita tetap mendapatkan perspektif, inspirasi, pencerahan, dan keberanian untuk memasarkan diri secara lebih, yah katakanlah, persuasif.

22 PCplus

plusInteraksi
SOFTWARE STUDIO REKAMAN
Buat semua anggota milis, saya mau tanya apakah rekanrekan ada yang mengetahui software yang bisa berfungsi seperti perangkat mixer di studio rekaman, di mana kita bisa menyimpan suara gitar di track 1, vokal di track 2 dan seterusnya (seperti di film “Coyote Ugly”). Dan di software tersebut sudah ada jenisjenis musik seperti pop, metal, dan sebagainya, plus suara alatalat musik, sehingga hasilnya bisa direkam ke dalam CD. Tolong banget ya, kalau ada yang tahu apa nama softwarenya dan di mana downloadnya? Terima kasih.
norman@xxx

No.14/II/30 Januari 2001

AKSES INTERNET LEWAT SATELIT
Saya mau tanya. Apa ada ISP yang akses Internet-nya, baik downlink dan uplink-nya, lewat satelit? Apabila ada, cocok tidak buat bikin warnet dengan 10 buah komputer dengan 1 buah server. Bagaimana dengan penggunaan leased line? Besar mana bandwith satelit dengan leased line? Saya juga mau tanya, apakah konfigurasi client di bawah ini baik untuk warnet: Motherboard Asus CUSL2, prosesor Celeron 566MHz, RAM 64MB PC-133, Video card Eagle nVidia Riva TNT 16MB, sound card Yamaha, Monitor GTC15", headphone, CD ROM 32x Creative, FDD 1.4MB, mouse + keyboard PS/2 dan HD 4.3GB. Sedangkan spesifikasi servernya: Motherboard Asus CUSL2, Pentium III 800MHz, RAM 512MB PC-133, Video card Eagle nVidia Riva TNT 16MB, sound card Yamaha, monitor GTC 15", speaker, CD ROM 32x creative, FDD 1.44MB, mouse + keyboard, HDD Quantum 20GB.
Ronny Hartanto

Tetapi di sana tertulis bahwa connection-nya pada 31.200 bps. Saat itu langsung saya disconnect. Pertanyaan saya: 1. Apa hal semacam ini normalnormal aja? Mengingat turunnya sangat drastis. Biasanya s/w itu tidak pernah di bawah 40Kbps. 2. Mengapa seringkali connection speed di icon 2 komputer dengan di s/w modem-ku tidak sama? Padahal aku lihat di s/w modemku langsung saat connected pertama kali. 3. Mengapa transfer rate saat download di PC-ku maksimum hanya 1Kbps?
Andrew

Acrobat Reader) yang di situ ada program dengan nama Distiller. Software ini dapat Anda download atau beli dalam bentuk CD installer yang ada di pasaran.
Reza Gamal

bah sebuah harddisk lagi pada komputer. Tetapi saya kurang paham bagaimana caranya. Apakah rekan-rekan dapat membantu memberi saran buat saya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
MS. Hary Poernomo

Hello rekan milis semuanya! Untuk membuat file PDF, coba Anda cari di: http:// www.geocities.com/ SiliconValley/Peaks/6789/ pdfindex.html atau http://members.xoom.com/ tkcham/pdfindex.html. Nama programnya vPdfCreator ukuran filenya 770Kb setelah di-zip menjadi 304Kb, program tersebut merupakan freeware.
Sorcerer1

Ada, coba Anda cari di http://cnet.download.com. Saya sendiri belum pernah menggunakannya. Tapi situs tersebut bisa dijadikan reference buat Anda.
Michael Lawrence

START UP WINDOWS 2000 KOK LAMA?
Saya mau tanya untuk rekan-rekan yang lebih berpengalaman, kenapa saat start up pake Win2K kok lama banget. Padahal saya sudah update ke Internet (win up date). Terus saya juga pakai voice modem Motorola SM56 PCI Modem, kenapa waktu di Windows98 fasilitas voice modem-nya bisa dipakai dan pas di Win2K (padahal udah update) eh...malahan jadi fax modem (di dialing phone juga kaga’ bisa). Oh ya, mesin saya: Pentium!!! 500, RAM 64MB, Mobo Iwill 133MHz, VGA Card 3D 8MB, Sound Card Yamaha.
Arief Subarjo

Memori Anda masih kurang tuh. Agar W2K Anda dapat berjalan normal, minimal memori Anda 128MB.
Sorcerer83

Untuk menggunakan sistem operasi Windows 2000 seharusnya dengan memori 64MB sudah cukup. Dengan catatan jangan menginstal aplikasiaplikasi berat yang nggak perlu. Lambatnya proses start up bisa disebabkan banyaknya aplikasiaplikasi yang diinstal tersebut. Sepengetahuan saya, Windows 2000 itu justru lebih cepat start up-nya dibandingkan dengan Windows 9.x. Tapi saya pernah coba kalau kita menggunakan aplikasi Norton Antivirus 2001 di Windows 2000, waktu start upnya memang lebih lama, bahkan lebih lama dari Windows 9.x (autoload on). Salam.
Chandra.R

Terus terus terang spesifikasi komputer Anda untuk warnet bagus sekali. Warnet saya saja hanya menggunakan Pentium 233 MMX, RAM 64MB, dan server PIII 650MHz, RAM 128MB. Dengan spesifikasi tersebut, aksesnya lancar-lancar saja. Berdasarkan pengalaman saya dalam mengelola warnet, spesifikasi komputer tidak berpengaruh besar untuk kecepatan browsing. Yang berpengaruh terhadap kecepatan akses, ya, line telepon and ISP yang Anda gunakan. Coba pikir-pikir lagi daripada buang uang untuk spesifikasi yang berlebihan, mendingan uangnya dipergunakan untuk menambah jumlah PC. Kecuali kalau warnet Anda ditujukan untuk multiplayer game. Kalau itu, sih, mungkin cocok dengan spesifikasi yang Anda berikan. Tapi kalo sekadar warnet yang ditujukan untuk browsing, spesifikasi komputer Anda terlalu berlebihan. Salam.
Ariz

KONEKSI INTERNET TURUN DRASTIS
Halo rekan-rekan milis semuanya. Kemaren saya dialup ke Telkomnet Instan pada jam 4:00 sore. Setelah tersambung aku lihat di icon 2 komputer (kiri bawah layar) tertulis “ Connected at 46.666 bps.” Kemudian saya cek di s/w modem-ku (Motorola SM56 PCI). Di sana juga tertulis begitu. Beberapa saat kemudian saya lagi cek di s/w tersebut.

1. Menurutku turun naiknya koneksi Internet seperti yang Anda alami normalnormal saja karena kecepatan koneksi selalu berubah-ubah. Saya saja sering disconnected dari Telkomnet. Bukan disconnected terus tidak connect sama sekali, tetapi Windows masih menunjukkan terkoneksi dengan ISP tapi software Motorola 56SM PCI menunjukkan disconnected kemudian secara otomatis modem connect ke Telkomnet. 2. Seperti yang udah diungkap di atas, dua icon komputer di pojok kiri itu menunjukkan kecepatan pertama kali connect ke Internet. sedangkan s/w Motorola menunjukkan koneksi dan kegiatan modem apakah terkoneksi, DC (disconnect) atau negotiating transfer. 3. Download tidak hanya tergantung pada kecepatan modem saja, tetapi tergantung juga kecepatan ISP, kualitas saluran telepon, kecepatan server tempat kita men-download program tersebut. Bisa juga disebabkan oleh jam sibuk. Coba pakai program download manager semacam program Go!Zilla 3.9. Menurutku program tersebut cukup bagus. Program tersebut juga memberikan fungsi download resume, mencari server tercepat, dan yang paling asyik: Go!Zilla 3.9 GRATIS! Dan bisa di download di www.gozilla.com.
Sorcerer1

LAMPU FDD TERUS MENYALA
Saya punya masalah. Lampu FDD saya tetap menyala walaupun sedang tidak digunakan. Dan bila dimasukkan disket, disketnya tidak bisa diakses. Saya sudah cek dengan NU, tapi tidak ditemukan ada masalah. Tolong dong, apabila rekanrekan ada yang bisa membantu? Terima kasih.
Jogi

Hi! Sebelum menambah satu harddisk, Anda harus mengetahui tipe harddisk yang ada di komputer Anda (IDE atau SCSI). Setelah itu baru tambah harddisk dengan tipe yg sama. Pada harddisk biasanya terdapat jumper. Maka untuk harddisk ke-2, ubah posisi jumper-nya ke posisi Slave. Pada setting BIOS ubahlah secondary master menjadi AUTO (untuk mempermudah pendeteksian harddisk yang baru). CMIIW.
Asep Suryaman

Bila Anda baru saja melepas FDD, coba cek pada kabel peripheral. Warna merah harus menempel pada No 1 pada PCB FDD. Atau coba putar kabel data pada FDD Anda kemudian restart komputer. Salam.
Panoto Herybertus

CD-RW
Hello rekan milis semuanya. Saya baru bergabung di milis ini. Saya punya pertanyaan mengenai CD-RW. Apa rekanrekan ada yang mengetahui agar CD-RW yang sudah di-copy, file-nya agar bisa dibaca di CD ROM biasa? Saya memakai CDRW merek HP, requirement-nya Windows 98, jadi bila memakai sistem operasi Windows 98 baru bisa membaca CD hasil copy-an tersebut. Bila tidak, maka CD tersebut tidak bisa dibaca. Terus, apakah CD-R biasa bisa digunakan untuk meng-copy di drive CD-RW tersebut?
l1nda@themail.com

Ikuti langkah-langkah berikut ini: 1. Buka casing CPU Anda 2. Lihat apakah masih ada tempat di diskdrive bay untuk harddisk baru. Jika tidak ada dan masih ada bay 5 1/4", maka Anda mesti punya drawal atau beli aja harddisk removable rack. 3. Jika Anda menggunakan CD ROM, maka sebaiknya harddisk baru ikut primary IDE sedang CD ROM di secondary IDE. 4. Set jumper di harddisk baru menjadi slave dan pastikan HDD lama Anda di-set jadi master. 5. Setelah semua kabel data dan power dipasang dengan benar maka nyalakan komputer Anda dan masuk ke setting BIOS. 6. Gunakan auto detect harddisk untuk setting HDD yang baru.
Yudhi Sutjahjo

MEMASANG HARDDISK 10GB
Saya baru beli HD Seagate dengan kapasitas 10GB, ternyata setelah diinstal, kapasitasnya hanya kurang lebih 8,4GB. Setelah saya periksa, BIOS hanya mampu mendeteksi sampai HD sampai 8,4GB. Bagaimana caranya agar kapasitas 10GB dapat saya pakai dengan maksimal? Sebagai informasi, HD tersebut saya partisi menjadi dua, dengan kapasitas sama besar (50% 50%).
Achmad Tarunadjaja

SOFTWARE PEMBUAT PDF
Halo rekan-rekan. Saya mau tanya. Di mana saya bisa mendapatkan software untuk buat file PDF. Terima kasih.
Dien

Hai! Untuk masalah pertama, terkadang ada beberapa CD-RW yang tidak compatible. Untuk pertanyaan kedua, CD-RW Drive (Compact Disc Recordable-Rewriteable Drive) bisa rewrite berarti juga bisa recordable.
Nelvin

MENAMBAH HARDDISK
Untuk membuat file PDF, Anda bisa menggunakan program Adobe Acrobat (bukan Hi rekan-rekan milis semuanya. Saya ingin menam-

Bila harddisk Anda mereknya Seagate dan jika tidak bisa/mau upgrade BIOS, Anda bisa men-download software Seagate dari situs: http://www.seagate.com/cgi-bin/ discwiz.cgi
Ir. Irsan

PCplus 23

plusProduk
HP Superdome Server:

No.14/II/30 Januari 2001

UJUNG TOMBAK E-SERVICE DI ERA ONLINE
Menindaklanjuti
visi Hewlett-Packard tentang invention, perusahaan ini merumuskan strategi baru yang menggabungkan tiga layanan penting di era digital: e-service, appliance and mobile computing, dan always on i-infrastructure. Apa maksud dari ketiganya dan bagaimana HP melakukannya? Andreas Diantoro, Country Manager HP Indonesia menyebutkan, kebutuhan bisnis di masa mendatang tidak hanya bertumpu pada keandalan layanan e-business atau kecanggihan teknologi komputer semata. Bisnis modern memerlukan penggabungan antara layanan elektronik berupa eservice, kemampuan infrastruktur untuk tetap hidup/ON dalam jaringan, dan aplikasi komputer yang semakin mobile. Secara serius, HP mencoba mencari titik temu di tiga jalan ini. Salah satu caranya adalah menggabungkan ketiga kebutuhan ini dalam satu produk, yang dinamai Superdome. HP mengklaim, Superdome merupakan kelanjutan dari invention yang berkembang pada masa Renaissance dan mencapai puncaknya pada Revolusi Industri di Inggris pada abad ke18. “Kalau dahulu Leonardo da Vinci melukis Monalisa dengan kanvas dan kuas, sekarang ini pelukis menggunakan digital brush untuk menghasilkan produk yang sama. Kalau Michelangelo membuat ornamen gereja dengan imajinasinya, sekarang ini pekerja seni melakukannya dengan bantuan computer aided design (CAD),” lanjut Andreas. Dengan adanya komputer, boleh dikatakan masa sekarang ini disebut digital renaissance. Nah, server Superdome rancangan HP ini dianggap merupakan invention tahap kedua dalam revolusi digital itu. Apa saja kelebihan yang dimiliki oleh server ini? Ditujukan untuk siapa produk server modern ini? Robert Suryakusuma, Architect Solution HP Singapura, dalam keterangannya kepada pers Kamis (18/01) lalu di kantornya menjelaskan, server Superdome dirancang untuk menjadi tulang punggung sistem infrastruktur yang always-on. Maksudnya alwayson? Maksudnya, transaksi bisnis dalam dunia digital tidak perlu berhenti sedetik pun, manakala server ini memerlukan upgrade atau peningkatan performa. “Ini karena rancang bangun Superdome dibuat dengan sistem back-up untuk seluruh komponen di dalamnya,” kata Robert. Berarti biaya atau ongkosnya jadi mahal, dong? Tunggu dulu. HP menyediakan solusi pintar dengan mengepak layanan yang disebut iCOD alias instant Capacity on Demand. Apa maksudnya? Mari kita coba ilustrasikan dengan cara seperti ini. Perusahaan Anda sedang merencanakan memasang satu server untuk menjalankan bisnis. Dari perhitungan yang dilakukan, diperlukan server dengan empat prosesor untuk menangani kebutuhan perusahaan. Nah kemudian Anda memutuskan untuk menggunakan Superdome dengan empat prosesor. Tapi dalam perjalanannya, perusahaan itu tumbuh lebih cepat dan dibutuhkan “tenaga” baru, yakni penambahan prosesor. Perusahaan memutuskan untuk menambah empat lagi, sehingga pekerjaan komputasi dilakukan oleh server dengan delapan prosesor. Superdome sendiri dirancang sebagai server yang mampu bekerja dengan 64 prosesor sekaligus. Nah, yang dimaksud dengan iCOD adalah, Anda hanya akan mengeluarkan biaya server sebesar kapasitas yang Anda gunakan. Kapasitas “cadangan”nya sendiri sudah ada di dalamnya, sehingga sewaktuwaktu Anda ingin mendongkrak kinerja, server tersebut tidak perlu dimatikan. Bahkan mati untuk waktu satu detik pun tidak. Inilah yang disebut HP sebagai always-on infrastructure. Tinggal tancap dan aktifkan

Speaker FPS1800:

LEBIH MENGGELEGAR BAGI PENGGEMAR GAME
Apa benar speaker
tersebut ditujukan bagi para gamer? Wah asyik dong? Memang kelebihannya apa sehingga khusus ditujukan bagi para maniak game? Saat ini memang jamannya para pelaku bisnis membuat suatu produk dengan target pasar tertentu pula. Alasannya, tidak ada satu jenis produk yang bisa memenuhi kualifikasi yang diminta oleh orang banyak. Orang banyak? Ya, karena setiap individu memilki minat dan cita rasa tersendiri, bukan? Maka tak heran kalau banyak produk memiliki slogan dengan target pembeli yang spesifik. Begitu pula dengan produk FPS 1800 yang merupakan singkatan dari FourPointSorround 1800. Kalau mendengar nama vendor-nya, tentu Anda sudah tidak asing lagi. Siapa sih yang tidak kenal dengan nama Creative yang menjadi perancang produk ini. Tentu Anda sudah mengenal nama menikmati permainan yang sedang dihadapinya. Keunggulan dari produk ini antara lain hadirnya empat buah speaker pendamping dan juga subwoofer yang akan mengirimkan Anda suara tiga dimensi (3D) yang lebih “wah” dengan penempatan speaker yang tepat tentunya. Mau lebih garang lagi? Anda mesti merogoh kantong lebih dalam lagi unutk membeli sound card Sound Blaster® Live!. Dengannya Anda akan mendengar suara pesawat tempur yang sedang memecah langit atau suara ban mobil yang bergesekan ketika memainkan Formula 1. Wah seru dong.… Berapa sih harganya? Anda bisa dapatkan ini di toko-toko kepercayaan Anda. Harganya sekitar 1,2 juta rupiah. Mahal? Mungkin mahal, tapi bagi seorang maniak, apa pun akan dikerjanya, bukan?….Brrrmmmmm. (may)

vendor yang produknya beragam mulai dari CD ROM drive, sound card dan lain-lain.. Tapi kenapa hanya sebagai perancang saja? Lalu siapa dong yang menjadi produsen utamanya. Yang menjadi pembangun utamanya tiada lain Cambridge SoundWorks yanng dikenal telah mendapat penghargaan dalam hal produk speaker. Lalu apa fitur yang ditawarkan oleh produk gadogado ini? Fitur utamanya berupa empat kanal sistem speaker surround yang dirancang oleh pihak Creative yang dikenal dengan produk Sound Blaster dan oleh ahli akustik Cambridge SoundWorks. Wah perpaduan yang hebat dong? Yah, itulah yang dikatakan oleh mereka di mana perpaduan ini diharapkan akan membuat para gamer lebih

prosesor tambahan. Nah karena pada mulanya Anda hanya menggunakan empat prosesor, hanya empat itulah yang perlu Anda bayar. Begitu Anda menambahkan prosesor baru, hanya yang Anda pakailah yang perlu Anda bayar. Itulah yang disebut iCOD. Analoginya seperti Anda masuk ke rumah makan Padang. Anda hanya membayar makanan yang Anda makan, sekalipun semua menu di restoran tersebut ada di depan Anda. Yang tak kalah penting dari sebuah server adalah kemampuannya menyesuaikan dengan berbagai platform sistem operasi. Biasanya, fleksibilitas server sangat terbatas, mengingat beberapa sistem operasi yang digunakan untuk kepentingan server seperti UNIX, NT, atau Linux memerlukan penanganan tersendiri. Superdome sendiri dirancang dengan pendekatan open architecture, di mana berbagai platform sistem operasi Unix, NT, maupun Linux bisa bekerja di dalam server ini. Untuk mengantisipasi perkembangan teknologi, server ini juga tetap kompatibel dengan arsitektur baru 64-bit yang akan mewarnai dunia mikroprosesor di masa mendatang. Perlu Anda tahu, saat ini Intel bersama HP tengah mengembangkan arsitektur komputasi berbasis 64-bit yang menghasilkan chip Itanium. Sebagai tambahan informasi buat Anda, sekarang ini arsitektur komputer di seluruh dunia sebagian besar masih menggunakan model 32-bit. Melihat kemampuan yang dimiliki, server ini memang hanya cocok untuk kalangan enterprise besar dan perusahaan yang menjalankan bisnisnya dalam skala luas. Maklum saja, harga satu unit server ini mencapai US$ 1 juta, separuh yang diterima Gus Dur dari Sultan Brunei yang menimbulkan geger itu. (snu)

24 PCplus

plusProduk
ORB 22GB Drive:

No.14/II/30 Januari 2001

MEDIA PENYIMPANAN REMOVABLE DENGAN BANYAK FITUR
Perusahaan
Castlewood Systems yang dikenal dengan produk media penyimpanan removable-nya mengumumkan ketersediaan produknya, ORB 2,2GB drive, di pasar Indonesia. Produk ini resminya diperkenalkan pada saat diadakannya Comdex Fall ’99. Tepatnya pada tanggal 15 November dua tahun lalu. Pada saat itu, perusahaan yang berkantor pusat di daerah California, Amerika Serikat ini, mengumumkan juga aliansi dengan beberapa perusahaan terkait seperti CNF Mobile Solutions dan Rantic Labs Inc. Lalu apa sih yang menjadi keunggulan produk ini? Menurut pihak ORB, kebutuhan para pengguna PC dan Mac akan media penyimpanan removable yang semakin meningkat terjawab dengan hadirnya produk ini. Syed Iftikar, pendiri sekaligus CEO Castlewood System, menuturkan bahwa misi perusahaannya tiada lain adalah menciptakan revolusi terhadap pasar media penyimpanan yang removable. Revolusi apa? Syed menambahkan bahwa revolusi yang dimaksudnya berupa solusi pembuatan media penyimpanan digital dengan kapasitas besar dan dapat dijangkau oleh segala lapisan pengguna. Apa lagi kelebihannya? Antarmuka (interface) ORB 2,2GB dan juga perbaikan terhadap jalur distribusi dan juga proses produksi produk tersebut menjadi keunggulan produk anyar ini. Mengapa mesti ORB? Sedikitnya ada empat alasan mengapa pengguna mesti mempertimbangkan ORB sebagai media penyimpanan removable-nya. Hal pertama

adalah kapasitasnya yang besar, mencapai 2,2GB, kecepatannya yang mencapai 12,2Mbps, ukurannya yang kecil dengan panjang hanya 6,5 inch, dan yang penting harganya pun murah dibandingkan model lain di kelasnya. Media penyimpanan tersebut, sebagaimana disebutkan di atas, memiliki kecepatan pentransferan data sebesar 12,2Mbps yang dinyatakan sebagai laju transfer data tercepat yang saat ini ditawarkan oleh media penyimpanan yang removable.

Dengan kecepatan tersebut, bisa dikatakan kalau ORB ini video ready. Perusahaan ini juga menegaskan bahwa mereka telah memperbaiki ketangguhan produk ini di mana tingkat kegagalannya lebih baik 50% dibandingkan produk kompetitor. Terlebih lagi mereka menegaskan bahwa ORB ini berupa true hard drive, sehingga dari segi kinerjanya jauh mengungguli jenis media penyimpanan lainnya, seperti magneto optical, high density floppies, optical DVD dan tape. Lalu buat apa media dengan kapasitas sebesar itu? Memang dilema kalau punya media yang besar kita kebingungan diisi apa. Sebaliknya kalau hanya punya media yang kecil kapasitasnya, kita akan kebingungan juga apa yang bisa diisi ke perangkat tersebut karena kecil kapasitasnya. Lalu, buat apa dong? Dengan kapasitas sebesar itu, Anda bisa menggunakannya untuk beragam aplikasi yang membutuhkan penyimpanan yang besar, seperti musik, video, desain grafis, presentasi multimedia, dan publishing. Dengan kemampuan tersebut pula pihak Castlewood System

meyakinkan dirinya bahwa pasar teknologi informasi diharapkan akan membutuhkan media ini karena para pelaku TI saat ini sedang mencari cara untuk mem-back-up data dengan lebih mudah dan cepat dan juga meningkatkan kapasitas penyimpanan di PC. Lalu apa lagi fitur yang ditawarkan? Fitur yang menarik mungkin berupa ORB Tools yang berfungsi membantu pengguna baik yang profesional maupun pengguna pemula agar bisa menggunakan perangkat ini dengan mudah. Fitur yang terdapat pada ORB Tools meliputi: Write Protect, Disk Partitioning and Formatting, set ORB sebagai fixed atau removable media dan banyak fungsi lain yang pastinya berguna bagi Anda semua. Ya, tentu saja hal menarik karena buat apa punya barang yang “wah” dan hebat kalau menggunakannya saja sulit. Tertarik? Ingin mengetahui keunggulan barang ini lebih lanjut? Anda bisa hubungi Jackson Ong di no telepon 0816-803498. (may)

MUGEN SALES & SERVICE
•JAKARTA: (021) 720 4243,726 1913, 725 2602/03, 6385 8923, 314 0468 •BANDUNG: (022) 250 0560, 731 2800, 203 8777, 710 7030 •SEMARANG: (024) 762 2272/73, 448 681/82, 553 888 •YOGYAKARTA: (0274) 510755/ 56 •SURABAYA: (031) 5340149, 531 3973, 547 8673, 547 8674 •MALANG: (0341) 580 520, 570 385 •DENPASAR: (0361) 239 724, 423 037 •MEDAN: (061) 567 845, 569 809 •PADANG: (0751) 32 526, 32 527 •PALEMBANG: (0711) 360 239 •JAMBI: (0741) 63 661 •BANDAR LAMPUNG: (0721)251843, 251009, •BON—
7200 menggunakan Intel® Pentium® III Processor memang dirancang dengan teknologi mutakhir sehingga memenuhi standar ISO 9002. Dengan dukungan layanan dan jaminan kualitas, Anda tak akan kecewa memlikinya. Untuk kebutuhan dunia usaha, sebagai fasilitas komunikasi modern, sarana hiburan maupun pendidikan memang pilihan terbaik.

TANG:(0548)21825 •MAKASSAR: (0411) 327 331, 318 813, 441 001 •PALU: (0461) 428 992, 428 994 •MANADO: (0431) 862 313, 855 439 •JAYAPURA: (0967) 582 904

Hotline Message : (021) 523-1470

PCplus 25

plusHarga
JAKARTA
HARGA KOMPUTER & PERIFERAL – JAKARTA KURS 1 US$ = RP 9.500,(Harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan) MOTHERBOARD ASUS P2BVM Intel 440BX, Au (Slot 1) CUW-RM Intel 810 (Socket 370) MEW-B Intel 810 (Socket 370) CUV4X Via Apollo Pro (Socket 370) CUV4X-C Via Apollo Pro (Socket 370) CUBX-E Intel 440BX (Socket 370) CUBX Intel 440BX (Socket 370) CUSL2-C Intel 815E (Socket 370) CUSL2 SOLANO Intel 815 (Socket 370) CUSI-FX Sis 630E (Socket 370) P3C-E Intel 820E (Slot 1) P2BD-S Intel 440BX (Slot 1) P2B-D Intel 440BX (Slot 1) XGD-LS Intel 440GX (Slot 1) CUR-DLS (Socket 370) P4T Pro 4x Intel 850 (Socket 370) JETWAY BX993AN (Slot 1+PPGA) BX994AN (Slot 1+PPGA) BX994AS (Slot 1+PPGA) 911AF (Slot 1+PPGA) 913AF (Slot 1+PPGA) 920BF (Slot 1+PPGA) J-530BF (Sock. 7 - 100MHz) J-616AF Intel Solano 815 J-630CF SIS 930, Mic. ATX (PPGA) J-663AS MB Duron Via KX133 J-771AS MB Athlon ATX PROSESOR INTEL Tray Cel 500 c/ 128 735,400 Box Cel 566 c/ 128 766,900 Box Cel 600 c/ 128 798,400 Box Cel 633 c/ 128 861,500 Box Cel 667 c/ 128 914,000 Box Cel 700 c/ 128 977,000 Box Cel 733 c/ 128 1,239,600 Box Cel 766 c/ 128 1,659,800 Tray PII 400 c/ 512 861,500 Tray PIII 450 c/ 512 1,092,600 Tray PIII 533EB c/ 265 1,176,600 PIII 600 SECC c/ 512 1,607,300 PIII 600EB c/ 265 (Box) 1,250,100 PIII 650 FCPGA c/ 256 1,344,700 PIII 667 FCPGA c/ 256 1,649,300 PIII 733EB FCPGA c/ 256 (Box) 1,859,400 PIII 750E SECC c/ 256 (Box) 1,859,400 PIII 800EB c/ 256 (Box) 2,048,500 PIII 850 c/ 256 FCPGA (Box) 2,521,200 PIII 866EB c/ 256 (Box) 2,542,300 PIII 933 c/ 256 FCPGA (Box) 3,634,800 PIII 1 GB 4,989,900 P4 1,4 GB HZ ATC 256K FSB 400 7,353,500 P4 1,5 GB HZ ATC 256K FSB 400 9,979,800 Xeon PIII 700 Tray 13,131,300 AMD K6-2 3D 500 MHz+Fan Duron 650 MHz+Fan Thunderbird 800 + Fan Thunderbird 900 + Fan Thunderbird 1G + Fan Thunderbird 1.1G + Fan HARDDISK SEAGATE Medalist 4,3 GB UATA/66 811,000 541,500 589,000 1,140,000 1,472,500 1,947,500 2,327,500 1,335,000 966,500 998,000 1,208,100 1,155,600 1,250,100 1,281,700 1,470,700 1,607,300 1,050,500 1,838,400 4,832,300 2,926,000 8,036,400 8,621,300 3,396,300 589,000 712,500 741,000 731,500 826,500 598,500 674,500 883,500 741,000 921,500 950,000 Medalist 10 GB UATA/66 Medalist 20 GB UATA/66 QUANTUM Fireball 10 GB UATA/66 Fireball 20 GB UATA/66 Fireball 20 GB UATA/66 7200rpm PORTABLE DRIVE ORB EIDE 2,2 GB Internal Drive SCSI 2,2 GB Internal Drive SCSI 2,2 GB External Drive USB 2,2 GB External Drive MEMORI SPECTEK SDRAM 32 MB PC 100 SDRAM 64 MB PC 100 SDRAM 64 MB PC 133 SDRAM 128 MB PC 100 SDRAM 128 MB PC 133 VGA CARD ASUS V300C 16MB Sis 305 Voodoo3 3300 V3800 Magic 16 MB (Riva TNT2 M64) V3800 Magic 16 MB TV (Riva TNT2 M64) V3800 Magic 32 MB (Riva TNT2 M64) V3800 Magic 32MB TV (Riva TNT2 M64) V3800 Pro TV 32MB (Riva TNT2 Pro) V3800 Pro Deluxe 32MB (Riva TNT2 Pro) V7100 32MB (Geforce2 MX) V7100 TV 32MB (Geforce2 MX) V7700 DDR TV 32MB (Geforce2-256 GPU, wo TV) V7700 DDR 32MB Deluxe (Geforce2-256 GPU) V7700 DDR TV 64MB (Geforce2-256 GPU, wo TV) V7700 DDR 64MB Deluxe (Geforce2-256 GPU) PIXELVIEW Riva TNTM64 16MB AGP Riva TNTM64 32MB AGP Riva GeForce256 32MB AGP 577,800 1,103,100 819,400 882,500 987,500 1,092,600 1,554,800 1,628,300 1,575,800 1,733,400 2,836,400 3,256,600 3,939,400 4,202,000 560,500 693,500 1,567,500 252,200 336,200 304,700 651,400 593,600 1,710,000 1,805,000 2,090,000 2,232,500 917,000 1,023,000 917,000 1,013,000 1,158,000 USB Wheel Mouse (USB+PS/2) USB MouseMan Wheel Mouse Man Wheel-Optical Cordless MouseMan Wheel iFeel Mouse Cordless Trackman Wheel (Optical) TrackMan Marble+ (Optical) TrackMan Marble FX (Optical) Marble Mouse (Serial & PS/2 / USB & PS/2) TrackMan Live KEYBOARD COMFORT Small Keyboard (IMAC-Colour) Keyboard (IMAC-Colour) Keyboard Comfort USB Keyboard Comfort 2 in 1 (USB+PS/2) Keyboard 8000 (PS/2) Palm Rest for Keyboard Comfort LOGITECH Paket 10 Deluxe 104 Paket 10 New Touch Cordless Desktop iTouch Cordless iTouch Internet Keyboard SPEAKER ARTIS MOZART 2 in 1 (Speaker + Sub-woofer) BEETHOVEN 4 in 1 (Speaker + Sub-woofer) LOGITECH SoundMan S4 (w/o SubW) 4W rms SoundMan X1 25W rms (SubW) SoundMan X2 40W rms (SubW) COMEP SP 158 150W PMPO SP 601 180W PMPO SP 6018 180W PMPO SP 6018 180W PMPO Imac PHILIPS A,23/00 Hi-End Multi 400W Subw A,25/00 Hi-End Multi 550W Subw MMS-140S Hi-End Multi 120W MMS-320 Hi-End Multi 600W Subw DDS-330 Hi-End Multi. 360W Subw DDS-370 Hi-End Multi 360W, USB UPS & STABILIZER ICA UPS 301B Pioneer 400VA UPS 601B Line Int 750VA UPS 102B Line Int 1250VA UPS 202B Line Int 2500VA UPS CT 382B Compact 500VA UPS CT 682B Line Int 1000VA UPS CT 1082B Line Int 1600VA UPS CT 1382B Line Int 2100VA UPS CT 1682B Line Int 2600VA UPS ST 531C Stream Line 600VA UPS ST 831C On Line Sine 1000VA UPS ST 1231C On Line Sine 1500VA UPS ST 1631C On Line Sine 2000VA Stabilizer FR 350 VA Stabilizer FR 650 VA Stabilizer FR 1000 VA MINAMOTO Stabilizer Servomotor SM500 Stabilizer Servomotor SM1000 CASING TASK Task 2004 Series ATX GEMINI 218,500 937,500 1,162,500 3,000,000 5,400,000 900,000 1,087,500 1,687,500 2,550,000 3,150,000 2,925,000 4,125,000 6,075,000 7,575,000 637,500 937,500 1,500,000 225,000 375,000 66,500 85,500 85,500 104,500 47,500 14,300 150,000 135,000 829,000 510,000 255,000 235,000 355,000 420,000 540,000 450,000 765,000 554,000 554,000 315,000 880,000

No.14/II/30 Januari 2001

313,500 437,000 Task 2008 Series ATX DOLPHINE 218,500 Task 970 Series ATX WHALE 323,000 Task 980 Series ATX DOLPHINE 323,000 MONITOR PHILIPS Standard 104BM 14" Standard 104S 14" Standard 105S 15" Standard 107S 17" Standard 109S 19" Business 105MB 15" Business 105B 15" Business 107MB 17" Business 107B 17" Business 201B 21" Profess. 107P 17" Real Flat Profess. 109P 19" Real Flat Profess. 201P 21" Real Flat LCD 150B 15" LCD 150P 15.1" LCD 181AS 18.1" SONY Sony 15", 1280x1024 Sony 17", 1600x1280 Sony 19", 1600x1280 Sony 21", 1600x1280 PRINTER HEWLETT PACKARD Laserjet 6L Pro Deskjet 840C Deskjet 640C Deskjet 930C Deskjet 950C Deskjet 970CXI Deskjet 1220C (A3) Deskjet 1125C (A3) Deskjet 350C Portable SCANNER MUSTEK 1200CU - 600x1200 CIS 1200ED - 600x1200 CCD PARAGON 1200FS 600x1200 CCD/SCSI 1200UB - 600x1200 MUSTEK BearPaw-1200 UMAX Astra 2000P Para 1200x600 Astra 3400 USB 1200x600 Astra 2200 USB 1200x600 Astra 3450 USB 1200x600 712,500 1,852,500 712,500 2,934,000 1,303,000 878,000 1,737,000 2,557,000 2,943,000 4,294,000 2,885,000 2,606,000 475,000 1,254,000 1,567,500 2,565,000 5,462,500 1,947,500 1,995,000 3,705,000 3,610,000 10,687,500 4,750,000 7,125,000 12,587,500 11,637,500 12,350,000 34,200,000 2,280,000 3,629,000 7,172,500 12,454,500

IKLAN BARIS
KOMPUTER
JUAL MURAH Dapatkan dengan harga bagus, komputer 2 nd + Monitor 14” s/d 21” (Garansi!!). Informasi lanjut, hub.: Elextor (021) 6288311 atau Fax. (021) 6121512, E-mail: sales@elextor.co.id Untuk Dealer berlaku harga khusus.

190,000 522,500 779,000 57,000 66,500 66,500 66,500

Astra 4000U USB 2400x1200 Astra 6400 + UTC AstraNet iA101 NOTEBOOK PC

3,390,000 2,320,000 1,025,000

855,000 1,282,500 332,500 1,225,500 1,415,500 1,710,000

CD-ROM/CD WRITER/DVDROM ASUS CD-S400 40x Speed CD-S500 50x Speed DVD-E608 8x DVD-ROM, 40x CD-ROM DVD-E612 12x DVD-ROM, 40x CD-ROM CRW-0804F CD-RW 8x/4x/32x BTC BTC CDROM 56x BTC CD-RW 8x/4x/32x IDE Retail Pack MOUSE MITSUMI Mouse Mitsumi (Serial or PS/2) COMFORT Comfort Fast (Ser or PS/2) Color Comfort Fast (Ser or PS/2) Comfort Candy (IMAC- Color) Comfort Ice (Ser or PS/2) Comfort Wheel (Ser or PS/2) LOGITECH Dexxa Optical Mouse OEM M-34 (Serial)/S34 (PS2) FM Super FM 3B (PS/2 /Serial) Mini Wheel Mouse (USB+PS/2) FM+Loose S48 (PS/2) FM+Full Pack (PS/2 & Serial) Wheel Mouse (Opt) USB+PS/2 28,500 38,000 26,600 38,000 35,200 57,000 216,000 55,000 95,000 130,000 264,000 114,000 190,000 290,000 420,200 472,800 998,000 1,208,100 1,785,900 342,000 1,197,000

ACER TRAVELMATE 201T Cel 600 + 12,1" TFT 11,390,500 TRAVELMATE 345T PIII/600 (CD) + 12,1" TFT COLOR 17,575,000 TRAVELMATE 347T PIII/650 (CD) + 12,1" TFT 20,757,500 TRAVELMATE 340T PIII/450 + DVD 19,475,000 TRAVELMATE 351TE PIII/700 (SpeedStep) + BJC-80 24,700,000 TRAVELMATE 525TE PIII/700 + 13.3" TFT 16,482,500 TRAVELMATE 525TXV PIII/700 + 14,1" TFT 21,375,000 TRAVELMATE 734 TLV PIII/600 30,400,000 TRAVELMATE 737 TLV PIII/700 + 15" TFT 31,825,000 TRAVELMATE 603TER PIII/700 +13,3" TFT + CDRW 25,650,000 ASUS L7200E PIII 600 SVGA TFT 12.1" L7200E PIII 650 SVGA TFT 12.1" L7300E PIII 600 XGA TFT 13.3" L7300E PIII 650 XGA TFT 13.3" L8400B-DVD PIII 600 XGA TFT 14.1" L8400B-DVD PIII 650 XGA TFT 14.1" L8400B-DVD PIII 700 XGA TFT 14.1" L8400B-DVD PIII 750 XGA TFT 14.1" L8400B-DVD PIII 800 XGA TFT 14.1"

16,458,800 17,206,900 17,456,300 18,204,400 21,446,300 21,945,000 22,693,200 23,940,000 25,436,300

760,000 912,500 1,652,500 1,255,000

26 PCplus

plusHarga
JAKARTA
L8400B-DVD PIII 850 XGA TFT 14.1" L8400C-DVD PIII 600 XGA TFT 14.1" L8400C-DVD PIII 650 XGA TFT 14.1" L8400C-DVD PIII 700 XGA TFT 14.1" L8400C-DVD PIII 750 XGA TFT 14.1" L8400C-DVD PIII 800 XGA TFT 14.1" L8400C-DVD PIII 850 XGA TFT 14.1" A1200B PIII 500 XGA TFT 12.1" A1300B PIII 500 XGA TFT 13.3" S8200A-CD PIII 600 SVGA TFT 12.1" S8200A-CD PIII 650 SVGA TFT 12.1" S8200A-CD PIII 700 SVGA TFT 12.1" S8200A-CD PIII 750 SVGA TFT 12.1" S8200A-CD PIII 800 SVGA TFT 12.1" S8200A-CD PIII 850 SVGA TFT 12.1" 28,428,800 21,845,300 22,344,000 23,092,200 24,339,000 25,835,300 28,827,800 12,718,200 13,715,700 17,456,300 17,955,000 18,703,200 19,950,000 21,446,300 24,438,800 COMPAQ PRESARIO 1200 XL-305 Cel 600/TFT 12.1” PRESARIO 1200 XL-312 PIII/700 PRESARIO 1400 XL-342 (Color) PRESARIO 1931/4x DVD/ 13.3" XGA PRESARIO 800/80XL200 PRESARIO 800/80XL201+ CDRW PRESARIO 1700 (17XL361) PRESARIO 1700 (17XL376) PIII/750/14.1" TFT ARMADA 100S ARMADA E500 PIII-650 ARMADA E500 PIII-700 PC BUILT UP ACER K6BV3+ (Socket 7) K6BV3+ (Socket 7) FREETECH P5F93 c/ 1MB P5F110 ATX P5F111 AT P5f91i GIGABYTE GA-5AA (Socket 7) GA-6WXM GA-6WXM-e GA-BX2000 GA-6VXE GA-6VXE+ I WILL W 100 VD133 (Slot 10 VD133 Pro WS133 (Slot 1) XA1100+ (Socket 7) SOYO SY-7VCA (Socket 370) SY-6VCA (Slot 1) SY- 6BA +III (Slot 1) SY-6BA+100 (Slot 1) SY-6VBA133 (Slot 1) SY-7VBA133 (Slot 1) SY-7IWM/L (Socket 370) ELITE P6BAT AT, FSB 100 P6BAT ME ATX, FSB 100 PROSESOR INTEL 233 MMX Tray, Fan 413,100 720,400 854,900 653,200 816,500 864,500 806,900 480,300 730,000 768,400 883,700 643,600 682,000 1,037,400 797,300 1,364,000 1,210,300 701,200 893,300 1,027,800 854,900 1,248,700 1,152,600 1,200,700 1,152,600 499,500 509,100 13,290,500 17,090,500 20,900,000 16,000,000 19,999,000 23,900,000 22,790,500 25,175,000 10,925,000 22,325,000 24,700,000 S8200A-DVD PIII 600 SVGA TFT 12.1" S8200A-DVD PIII 650 SVGA TFT 12.1" S8200A-DVD PIII 700 SVGA TFT 12.1" S8200A-DVD PIII 750 SVGA TFT 12.1" S8200A-DVD PIII 800 SVGA TFT 12.1" S8200A-DVD PIII 850 SVGA TFT 12.1" 18,703,200 19,201,900 19,950,000 21,196,900 22,693,200 25,685,700 ACER POWER 8400 (Mini Tower+ Acerview 1455 (14") ACER POWER SE PIII/650+ 14" Acer View ACER POWER SE PIII/700 + 14" Acer View VERITON FP + 15" LCD TFT + Canon Laser Printer VERITON 7100 Cel 566 + 15" VERITON 7100 PIII/733 + 15" (Mini Tower) VERITON 9100 PIV/1,4 GHz+ 17"/8X DVD ASPIRE 6378P PIII/700 + 15" + Epson 480 ASPIRE 6380 PIII/800 + 15" + Epson 480 ASPIRE 6496 PIII/733 + 6x4x32 CDRW + 17" ACER ASPIRE A6605 PIII/866 + 15" + Logitech Quick Cam COMPAQ PRESARIO 7800 PIII/600 + Epson 460C PRESARIO 3596 PIII/650 + LCD TFT 15" PRESARIO 3596 PIII/650 + MV520 PRESARIO 5000 (5BW140) PIII/650 PRESARIO 5000 (5BW190) PIII/800 + CDRW PRESARIO 5000 (5BW284) PRESARIO 5000 (5BW260) Cel 266 Fan PPGA Cel 300A Fan PPGA Cel 400 Fan PPGA Cel 566A BOX PPGA Cel 633 FCPGA PII 300 Fan (Slot 1) P II 350 c/ 512 (Slot 1) P II 450 c/ 512 (Slot 1) P III 533EB c/ 256 Box P III 600 c/ 512 (Slot 1) P III 600E c/ 256 FCPGA AMD K6-2 K6-2 500 Mhz Fan K7 Duron 600 Mhz Socket A+Fan MEMORI AM1 32 MB PC 100 64 MB PC 100 HYUNDAI 32 MB PC 100 64 MB PC 100 64 MB PC 133 SIEMENS/INFINEON 64 MB PC 100 128 MB PC 100 SPECTEK 32 MB PC 100 64 MB PC 100 128 MB PC 100 64 MB PC 133 128 MB PC 133 VISIPRO SDRAM 32 MB PC 100 192,100 374,600 192,100 355,400 374,600 365,000 605,200 192,100 269,000 634,000 297,800 595,600 211,400 7,600,000 7,125,000 7,362,500 19,950,000 7,600,000 8,787,500 24,700,000 9,490,500 9,737,500 14,725,000 13,775,000
PT. NUSANTARA ERADATA P. Jayakarta 117 Blok C No. 28 Jakarta 10730 Telp: 6018218 PT. ASTRINDO SENAYASA Ruko Mangga Dua Mall No. 27, Jakarta Telp: 6121330-31 (hunting) Fax: 6121329 Email: astrindo@rad.net.id PT. VisuaLand Infotelindo Mediatama Telp: 62 21 5320382 Fax: 62 21 53674436 COMPUTER EXPRESS Pusat Komputer Orion Mangga Dua Lt. Dasar No. 28 Jl. Arteri Mangga Dua Raya Tel: (021) 6127628-6127629

No.14/II/30 Januari 2001

PIII/733 + BJC-1000SP PRESARIO 7000 (7EL180) PIII/ 933+CDRW+DVD+QuickCam PRESARIO 7000 (7EL270)+ CDRW+DVD+ Quick Cam PRESARIO 7000 (7RC298) P4 + 17" DESKPRO SB/Mini PIII/800 + CDROM PROLIANT 1850R PIII/550 PROLIANT ML 350 PIII/733 PROLIANT ML 350 PIII/866 PROLIANT ML 370T PIII/800 PROLIANT ML 530 Xeon 933

11,390,500 21,840,500 25,640,500 36,090,500 8,787,500 36,100,000 21,850,000 23,750,000 30,400,000 45,125,000

Fax: (021) 6127629 Jakarta Pusat-Indonesia CPU Computer Center Ruko Glodok Jaya No. 3 Jl. Hayam Wuruk Jakarta 11180 Telp. : 6243166 Fax. : 6255538 Email : sales@cpucom.com ICA UPS & Stabilizer PT INTI CAKRA ANUGRAH ORION Plaza Lt.3 Blok S-14 Telp: 6269828 / 29 / 30 Fax: 6269830 Website: www.ica.co.id Email: sales@ica.co.id PT. Unibonindo Indah Sentosa (ORB Distributor) Gajah Mada Plaza, Semi Ground Fl. No.26 Jl. Gajah Mada No. 19-26, JKT 10130 Tel: (62 21) 6385 0669 Fax: (62 21) 6387 2143 PolyCom - POLYDAYA Computer Jl. Zainal Arifin B3/10 (Gajah Mada) Jakarta Tel.: 630 1918, 630 1920, 633 6610, 634 0377 Fax.: 633 6610 Email: goscarvb@centrin.net.id polycom@link.net.id info@e-polycom.com Web: www.philips.com Surya Candra Komp. Ruko Marinatama Mangga Dua Blok G-3 Jl. Gunung Sahari Raya No. 2, Jakarta-14420 Telp: (021) 6413639 (Hunting), 6456617 (Hunting) Fax: (021) 6413639

10,990,000 18,999,000 12,999,000 9,490,500 14,012,500 11,400,000

BANDUNG
HARGA KOMPUTER & PERIFERAL – BANDUNG KURS (12/01/01) 1 US$ = RP 9.605,HARGA DALAM RUPIAH MOTHERBOARD ABIT VA-6 VT6XA BE6-II VH6 BE6 II 100 BE6 II RAID BP6 KA7 KT7 KT7 RAID BX133-100 RAID SE6 ASUS P5AB (Slot 1) P3V-4x (Slot 1) P3V-133 (Slot 1) A7V (FCPGA) A7VPro (FCPGA) K7V-RM (Slot A) CUW-RM Au (FCPGA) CUW-RM (FCPGA) CUSI-FX (FCPGA) P4T For Pent 4 (FCPGA) DFI 816,500 950,900 1,133,400 960,500 1,152,600 1,200,700 1,248,700 1,248,700 1,306,300 1,536,800 1,152,600 1,306,300 864,500 1,133,400 883,700 1,584,900 1,431,200 1,373,600 1,027,800 979,800 1,037,400 3,438,600

518,700 672,400 730,000 864,500 979,800 845,300 922,100 1,104,600 1,162,300 1,325,500 1,344,700 557,100 643,600

SDRAM 64 MB PC 100 SDRAM 128 MB PC 100 SDRAM 256 MB PC 100 SDRAM 64 MB PC 133 SDRAM 128 MB PC 133 SDRAM 256 MB PC 133 ECC SDRAM 64 MB PC 100 ECC SDRAM 128 MB PC 100 ECC SDRAM 256 MB PC 100 ECC SDRAM 64 MB PC 133 ECC SDRAM 128 MB PC 133 MICRON 64 MB PC 100 128 MB PC 100 64 MB PC 133 IBM 32 MB PC 100 64 MB PC 100 HARDDISK QUANTUM Fireball LCT 7,5 GB Fireball LCT 15 GB Fireball LM 20 GB VGA CARD ABIT Siluro GeForce2 MX 32 MB ASUS V7700 Deluxe 32 MB V7700 Deluxe 64 MB V7700 Pure 32 MB V7700 /T 32 MB V7100 Pure 32 MB V7100 /T 32 MB V3800 Pro Deluxe 32 MB

345,800 624,400 1,536,800 355,400 634,000 1,556,100 489,900 941,300 2,209,200 720,400 1,431,200 365,000 614,800 374,600 182,500 365,000

V3800 Pro TV 32 MB V3800 Magic 16 MB V3800 Magic 32 MB V3800 Magic/T 16 MB V3800 Magic/T 32 MB V3 3000 16 MB V3800 Magic 32 MB EAGLE Eagle nVidia RivaTNT Vanta 8 MB Eagle S3 Savage4 Pro 16 MB Eagle nVidia RivaTNT 16 MB Eagle nVidia RivaTNT2 M64 16 MB Eagle nVidia RivaTNT2 M64 32 MB

1,584,900 806,900 893,300 845,300 1,056,600 902,900 902,900

326,600 422,700 470,700 499,500 643,600

922,100 1,104,600 1,248,700

1,325,500 2,641,400 4,226,200 2,372,500 2,478,100 1,421,600 1,527,200 1,632,900

ELSA GRAPHICS Winner III Trident Blade 3D,8 MB 355,400 ERAZOR III LT TNT2 M64 32 MB 816,500 ERAZOR III PRO TNT2 Pro M64 32 MB 1,210,300 ERAZOR III PRO VIVO TNT2 Pro M64 32 MB 1,335,100 Gladiac MX GeForce II MX 32MB 1,584,900 REVELATOR For Real 3D 422,700 SYNERGY II 16MB TNT2 OpenGL 1,200,700 SYNERGY II 32MB TNT2 OpenGL 1,853,800 POWER COLOR Vodoo 2 12MB PCI Sniper2 nVidia Riva TNT2 32MB Sniper2 nVidia Riva TNT2 32MB M64 Sniper2 nVidia Riva TNT2 32MB 128 768,400 595,600 653,200 710,800

DAFTAR AGEN PCplus DI LUAR JAKARTA
1 2 3 4 5 6 HUDIONO BANDUNG JL . SURAPATI, DEPAN KANTOR IMIGRASI KOKESMA ITB BANDUNG JL. GANESHA NO. 10 KATON LESTARI BANDUNG JL. BOJONG WETAN NO. 7 TB. GRAMEDIA PETA BANDUNG JL. PETA NO. 77 TB. GRAMEDIA MERDEKA BANDUNG JL. MERDEKA NO. 43 YUDA AGENCY/BP. DADANG KUSTIA BANDUNG JL. CIBANGKONG 286/120 MADUK DARI GATOT SUBROTO DIDIN AGENCY BANDUNG JL. DALEM KAUM NO. 130 A Telp. (022) 434501 RAKA AGENCY BANDUNG JL. TONGKENG NO. 3 ALPHABETH AGENCY BANDUNG KOMPLEX PERMATA INDAH JL. CONBLOK 18, HOLIS SABANDA/H. IHIN JL. WR. SUPRATMAN NO. 16 CIAMIS ENCENG AGENCYSUMEDANG JL. TALUN NO. 66 MONITA AGENCY/ H. ASEP DAHYAN GARUT JL. BANK NO. 30 B SARIKSA/ AHMAD NASUHA TASIKMALAYA JL. PASEH 13 CIREBON AGENCY CIREBON JL. LEMAH WUNGKUK 108 (0231) 203376 SUMBER INFORMASI CIREBON JL. KATIYASA NO. 34 TB. GRAMEDIA CIREBON GRACE MALL KEJAKSAN JL. TENTARA PELAJAR NO. 1 FAJAR AGENCY PEKALONGAN JL. NUSANTARA NO. 4 ERLANGGA AGENCY SEMARANG JL. ERLANGGA RAYA 24 PRASOJO AGENCY SEMARANG JL. DRUPADI 2B - 6 KOMP. PERUMAHAN INDRAPRASTA HARIANI AGENCY SEMARANG JL. PLAMPITAN 20 DUTA AGENCY SEMARANG JL. KAKAP I NO. 01 RUKO SEBANTENGAN BARU, UNGARAN Telp. (024) 443947 ADILA AGENCY SEMARANG JL. IMAM BONJOL 65 HARTONO AGENCY SEMARANG JL. DORANG 122 A TB. GRAMEDIA SEMARANG JL. PANDANARAN 116 MAHKOTA SEMARANG JL. AIRLANGGA RAYA NO. 31 Telp. (024) 3515360 CAKRAWALA AGENCY YOGYAKARTA JL. NAMBURAN KIDUL 10 27 HETTY AGENCY JL. GODO INTEN UH VI / 53 E SOROSUTAN 28 HIDUP AGENCY JL. DAGEN 70 A, Telp. (0274) 587921 29 ALFA AGENCY JL. SEKIP KIOS NO. 8 Telp. (0274) 581882 30 TB. SARI ILMU 2 JL. MALIOBORO 117 31 LAMHABA AGENCY JL. LAKSDA ADISUCIPTO 151 32 OESEP KURNIADI JL. IROMEJAN GK. III / 733 Telp. (0274) 511338 33 ROSID / JOKO RAHARJO JL. IROMEJAN NO. 29 34 TOGAMAS JL. GEJAYAN NO. 1 PEREMPETAN CONDONG CATUR Telp. (0274) 542468 35 TB. GRAMEDIA JL. MALIOBORO 52-57 36 TB. GRAMEDIA JL. JEND SUDIRMAN 56 37 TELEMEDIA (WARTEL) JL. SUDIRMAN NO. 54- 56 38* EMILIA TITIS JL. JATI MULYA TR I NO. 569 Telp. (0274) 548434 39 TB. ABC JL. SLAMET RIYADI 30 A Telp. (0271) 47832/44345 40 SENDANG MULIA AGENCY PASAR BESAR WETAN NO. 8 41 TB. MATAHARI JL. KH. A. DAHLAN 35 Telp. (0271) 45161 42 SURYA AGENCY JL. KH. A. DAHLAN 58 Telp. (0271) 52375 43 MOEDIONO JL. BANYU URIP WETAN IV/ 32 A Telp. (031) 5661383 44 TERBIT AGENCY JL. PANDEGILING V / 42 A Telp. (031) 5630787 45 TB. GRAMEDIA JL. BASUKI RAHMAT 95 46 TB. GRAMEDIA JL. MANYAR KERTOARJO 16 47 TB. GRAMEDIA TUJUNGAN PLAZA I JL. BASUKI RAHMAT 8-12 48 TB. URANUS JL. NGAGEL JAYA 91 49 CV. USAHA BERSAMA JEMBATAN MERAH PLAZA LT. DASAR NO. 40 UP. IWAN/RUDI Telp. (031) 3556256 50 IRWAN AGENCY JL. S PARMAN KEDAUNG POJOK - GG SANTREAN I/1 YOGYAKARTA 51 YOGYAKARTA YOGYAKARTA YOGYAKARTA YOGYAKARTA YOGYAKARTA YOGYAKARTA YOGYAKARTA 57 58 YOGYAKARTA YOGYAKARTA YOGYAKARTA 60 YOGYAKARTA 61 SOLO 62 SOLO SOLO SOLO 64 SURABAYA SURABAYA SURABAYA SURABAYA SURABAYA 69 SURABAYA SURABAYA 71 72 MALANG 73 70 65 66 67 68 63 59 52 53 54 55 56 Telp. (0341) 493110 TOGAMAS JL. GALUNGGUNG NO. 58 I-J PERTOKOAN GALUNGGUNG RAYA Telp. (0341) 565672/565673 LUCKY AGENCY JL. H. ASHARI NO. 40 Telp. (0341) 354967 TB. GRAMEDIA JL. BASUKI RAHMAT NO. 3 SENYUM MEDIA JL. KALIMANTAN 21 TB. GRAMEDIA JL. IMAM SYAFE’I 101 TB. AMANAH JL. TRUNOJOYO 116 Telp. (0331) 426676 RUDI AGENCY JL. SIDOMURNI NO. 6 Telp. (0331) 453891 TB. KENARI/SLAMET SANTOSO JL. BRIGJEN SLAMET RYADI 64 Telp. (0281) 31307 TB. GANESHA/ BP. BUDDY WAURAN JL. OVERSTE ISDIMAN 1 A Telp. (0281) 36404 PRIMA AGENCY JL. GATOT SUBROTO 100 X KAV 9 Telp. (0361) 241433 SM. GEDE SUKARATA KIOS BUDI JAYA AGENCY JL. HAYAM WURUK 58 KIOS ASTHA JL. BELITON 13 A Telp. (0361) 262251 TB. GRAMEDIA MALL BALI GALERIA JL. BY PAS I GUSTI NGURAH RAI Telp. (0361) 758702 CORSICA AGENCY JL. SUMATERA 46 TB. GRAMEDIA DUTA PLAZA LT. DASAR JL. DEWI SARTIKA PENAWAR DUKA JL. BRIGJEN KATAMSO 60 A Telp. (061) 554704 TB. GRAMEDIA JL. GAJAH MADA 23 TB. GRAMEDIA MEDAN MALL LT. 4 JL. MT. HARYONO MUNIR A JL. PANDU NO. 14 A PUSTAKA OBOR JL. SURABAYA 82 Telp. (061) 545622 EFFENDI BOOK STORE JL. MUHD. JAM NO. 76 TB. ABC JL. DIPONEGORO 38 SAMPING BDN TB. GRAMEDIA JL. DAMAR 63 74 MALANG 75 76 MALANG 77 MALANG 78 JEMBER 79 JEMBER JEMBER MADIUN 82 PURWOKERTO 83 84 PURWOKERTO DENPASAR DENPASAR 87 DENPASAR 88 DENPASAR 89 DENPASAR 90 DENPASAR MEDAN MEDAN MEDAN MEDAN MEDAN 95 BANDA ACEH BANDA ACEH PADANG 96 91 92 93 94 85 86 80 81 PALAPA AGENCY JL. H. ASHARI 14 TB. MEI SHE SHA KOMP. SAKURA ANPAN E / 11 PALAPA AGENCY KOMP. PENVIL CENTRE NO. 3 TB. GLORIA JL. R. MATTAHER 43-44 Telp. (0741) 23360/34415 TB. GRAMEDIA JL. KOL. ATMO 45 SRIWIJAYA JL. KAPTEN CEK SYECH NO. 250 Telp. (0711) 351145 TB. GRAMEDIA JL. RADEN INTAN 63 TB. GRAMEDIA BALIKPAPAN CENTER JL. JEND. SUDIRMAN TB. GRAMEDIA JL. VETERAN 55-61 TB. A. TERANG JL. P. SAMOSIR NO. 3 TB. AZIZ JL. GAJAH MADA PASAR PAGI 123-124 ANGKASA JAYA JL. TANJUNG PURA 36 ANANG SUKRI AGENCY JL. HALMAHERA NO. 8 Telp. (0536) 24379 FATHIR AGENCY JL. KALIMANTAN NO. 28 RT. 02 PO. BOX 68 BERLIN DOLOKSARIBU JL. HASSANUDIN NO. 40 Telp. (0451) 21218 TELLY AGENCY JL. GUNUNG LATIMOJONG 249 Telp. (0411) 321795 PT. JASATAMA JL. PENGAYOMAN KOMP. EDELWIS BLOK V / 8 Telp. (0411) 321907 TB. GRAMEDIA MALL RATU INDAH LT. 2 JL. SAM RATULANGI 35 TB. GRAMEDIA JL. SAM RATULANGI 40 ORLANE JL. SAM RATULANGI NO. 96-98 Telp. (0431) 863890 TOKO RAJA LAUT JL. MT. HARYONO PO. BOX 22 YANTHI AGENCY JL. HALMAHERA NO. 2 MAHABA COMPUTER JL. KRISTINA MARTHA TIAHAHU NO. 192, TERNATE Telp. (0921) 327716 PEKANBARU BATAM BATAM JAMBI PALEMBANG PALEMBANG LAMPUNG BALIKPAPAN

DI MANA ANDA BISA BERLANGGANAN?
• Jasatama Hayam Wuruk • Anagho (Wilayah Sudirman & Thamrin) • Cahaya Gemilang (Condet, Cililtan Kecil) 8001849 3151036 4611656 5406127 739553,7221929 7971127 8853817 5372754 5382572 3151854, 3103512 6267863, 6261524

7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21

BANJARMASIN SAMARINDA SAMARINDA PONTIANAK PALANGKARAYA PALANGKARAYA PALU MAKASSAR MAKASSAR

• Dwi Wati Agency (Wil. Salemba) • Aridar Agency(Klender) • Arfan (Daan Mogot) • Yensos/Esi (Wil. Kebayoran) • Purba Agency (Wil Pasar Minggu) • Jasatama Bekasi • Jasatama BSD • Budiharjo (BSD) •* Lab Komp. TI/SI, STIMIK Budi Luhur

MAKASAR

(Cileduk)
MANADO MANADO MANADO

5853753 (0251)663302

• Garsegor (Bogor) • Alphabet (Wil. Bandung)

22 23 24 25 26

(022) 6075675, 6073673 (022)2512896 (0361)241433

JAYAPURA MALUKU UTARA

• Asep • Prima Agency (Wil Bali)

PCplus kini tersedia di Outlet Indomart Jabotabek

PCplus 27

plusHarga
BANDUNG
MONITOR NEXT NX-411 14" NX-511 15" NX-521 15" OSD NX-712 17" OSD GTC 14" Futura Digital 14" CA 6425 Digital 15" CA6525 Flat Digital 17" CM6746 Flat Digital VIEWSONIC 15" E-653 17" E-70 SAMSUNG 14" Digital 15" 17" F 17" P 1,085,400 1,248,700 1,325,500 1,969,100 1,143,000 1,191,100 1,315,900 2,017,100 1,584,900 2,593,400 1,152,600 1,344,700 2,209,200 3,409,800 MULTIMEDIA ACER CDROM Drive 40x ASUS CDROM Drive 40x CDROM Drive 50x AOPEN CDROM Drive 40x ACTIMA CDROM Drive 52x TEAC CDROM Drive 40x IDE PRINTER CANON BJ 2100 SP BJ 1000 SP HEWLETT PACKARD DeskJet 350 Cbi Portable DeskJet 640C Box Cel 733 FCPGA Box Cel 766 FCPGA Tray PII 400 c/ 512 SECC2 Fan Tray PIII 450 c/ 512 SECC2 Fan Tray PIII 533EB c/ 256 SECC2 Fan Tray PIII 533B c/ 512 SECC2 Fan Tray PIII 550 c/ 512 SECC2 Fan Box PIII 600EB FCPGA 133 Box PIII 650E FCPGA 100 Box PIII 667EB FCPGA 133 Box PIII 733EB FCPGA 133 Box PIII 750E FCPGA 100 Box PIII 800EB FCPGA 133 Box PIII 800E SECC2 100 Box PIII 850E FCPGA 100 Box PIII 850E SECC2 100 Box PIII 866EB FCPGA 133 Box PIII 933EB FCPGA 133 Box PIV 1.4 + RDRAM 128 PC 800 Box PIV 1.5 + RDRAM 128 PC 800 MEMORI SPECTEK SDRAM 32 MB PC 100 SDRAM 64 MB PC 100 SDRAM 64 MB PC 133 SDRAM 128 MB PC 100 SDRAM 128 MB PC 133 VGA CARD 783,800 793,300 855,000 902,500 959,500 ASUS V7100 32MB (GeForce2 MX) V3800 Pure 32MB (Riva TNT2) Voodoo 3 3000 16MB AMD K6 166 + Fan K6-2 500 + Fan MEMORI VISIPRO SDRAM 32 MB PC 100 SDRAM 64 MB PC 100 SDRAM 128 MB PC 100 SDRAM 256 MB PC 100 385,000 731,500 788,500 807,500 1,010,000 770,000 720,000 845,000 895,000 1,055,000 855,000 1,310,000 1,275,000 815,000 600,000 890,000 SPECTEK SDRAM 32 MB PC 100 SDRAM 64 MB PC 100 HARDDISK SEAGATE Seagate 8.4 GB Seagate 10.2 GB QUANTUM Quantum 7,5 GB Quantum 10 GB Quantum LC 15 GB MAXTOR 15,3 GB 5400 Rpm 20,4 GB 5400 Rpm 30,7 GB 5400 Rpm 61,2 GB 5400 Rpm 15,3 GB 7200 Rpm DISK DRIVE PANASONIC 1,44 PANASONIC 765,000 555,000 620,000 630,000 ZIP DRIVE IOMEGA ZIP IOMEGA 100 MB ZIP IOMEGA 250 MB MULTIMEDIA 365,000 725,000 760,000 900,000 921,500 1,026,000 1,130,500 1,691,000 1,843,000 3,200,000 6,935,000 9,120,000 ASUS CD ROM 40x CD ROM 50x CREATIVE CD ROM 52X + Remote SC Creative AWE 128 PCI Vibra SB Live Value Creative YAMAHA SC Yamaha PCI 740 SC Yamaha 16 Bit ISA Spider 386,000 445,000 400,000 180,000 420,000 110,000 82,500 1,150,000 1,380,000 95,000 745,000 945,000 735,000 835,000 970,000 871,000 968,000 1,276,000 2,684,000 1,276,000 161,500 266,000 522,500 1,206,500 315,000 555,000 1,097,300 1,619,800 888,300 190,000 292,600 303,100 585,200 595,700 941,300 845,300 2,641,400 950,900 1,225,500 1,828,800 807,500 1,045,000 1,130,500 1,130,500 1,325,300 1,233,100 1,515,300 1,651,100 1,870,600 1,870,600 2,058,700 2,090,000 2,536,500 2,558,400 2,560,300 3,657,500 7,315,000 9,927,500 326,600 432,300 480,300 355,400 374,600 432,300 DeskJet 840C Photo RET II DeskJet 930C Photo RET III DeskJet 950C Photo RET III DeskJet 970C Photo RET III (Duplex) DeskJet 1120C, A3 SIZE DeskJet 1125C, A3 SIZE(NEW) DeskJet 1220C, A3 SIZE (NEW) (Photo RET III) InkJet 2200 LaserJet 1100 LaserJet 1100A (Printer, Copier, Scanner) LaserJet 6L Pro SCANNER UMAX Astra 2000 P Astra 2200 U w/ UTA SCSI Astra 3450 U w/ UTA Astra CAM 1000 HEWLETT PACKARD ScanJet 3400C ScanJet 5370C ScanJet 6300C Color MULTIMEDIA ASUS CRW-0804F 8x4x32 DVD-E608, 8x DVD Rom, 40x CD-ROM DVD-E612, 12x DVD Rom, 40x CD-ROM CD-S400 CD-S500 UPS & STABILIZER ICA UPS 301B Pioneer 400VA 937,500 UPS 601B Line Int 750VA 1,162,500 UPS 102B Line Int 1250VA 3,000,000 UPS 202B Line Int 2500VA 5,400,000 UPS CT 382B Compact 500VA 900,000 UPS CT 682B Line Int 1000VA 1,087,500 UPS CT 1082B Line Int 1600VA 1,687,500 UPS CT 1382B Line Int 2100VA 2,550,000 UPS CT 1682B Line Int 2600VA 3,150,000 UPS ST 531C Stream Line 600VA 2,925,000 UPS ST 831C On Line Sine 1000VA 4,125,000 UPS ST 1231C On Line Sine 1500VA 6,075,000 UPS ST 1631C On Line Sine 2000VA 7,575,000 Stabilizer FR 350 VA 637,500 Stabilizer FR 650 VA 937,500 Stabilizer FR 1000 VA 1,500,000 MINAMOTO Stabilizer Servomotor SM500 Stabilizer Servomotor SM1000 CASSING ELAN VITAL T5AB + PS 235W (Mid ATX) T10AB + PS 300W (Big ATX) MF-1 + PS 121W (Flex ATX) VGA CARD INNOVISION VGA 4 MB S3 Trio AGP VGA 8 MB S3 Trio AGP VGA 16 MB Savage 4 AGP VGA 32 MB Savage 4 AGP VGA 32 MB Savage 2000 4X AGP VGA 16 MB TNT2 M64 Vanta AGP VGA 16 MB TNT2 M64 AGP VGA 16 MB TNT2 M64 AGP TV VGA 32 MB TNT2 M64 AGP VGA 32 MB TNT2 M64 AGP TV 695,000 VGA 32 MB TNT2 PRO AGP VGA 32 MB GeFORCE 256 AGP VGA 32 MB GeFORCE 256 DDR AGP VGA 32 MB GeFORCE 2 MX AGP VGA 32 MB GeFORCE 2 GTS AGP MONITOR NEXT NEXT 14 “ NEXT 511 15" NEXT 521 15" NEXT 17" AOC AOC 14" 4VN Digital AOC 15" 5En Digital CASPER 14" Digital 4V7 15" Digital PHILIPS Philips 104S 14" Philips 105B 15" Philips 107S 17" Philips 107B 17" Philips 107P 17" Philips 109S 19" Philips 109P 19" PRINTER CANON Canon 1000 SP Canon 2100 SP EPSON STYLUS 460 LX 300 Metrodata LQ 2180 Metrodata LaserJet 6L GOLD 835,000 900,000 715,000 1,380,000 5,115,000 2,655,000 1,064,000 1,187,500 1,282,500 1,786,000 1,050,000 1,315,000 975,000 1,055,000 1,150,000 1,765,000 2,475,000 3,475,000 4,560,000 4,825,000 6,385,000 180,000 230,000 385,000 556,000 1,195,000 420,000 510,000 595,000 605,000 720,000 1,060,000 1,725,000 1,190,000 2,475,000 PROLINK WinScan Pro-2000U USB WinScan Pro-6000U USB FAX MODEM ROCKWELL 56 K INT Software 56 K INT Hardware 56 K EXT V.90 voice SPEAKER ALTEC LANSING ACS 54 ACS56 ADA880 Dolby Digital Subw. BOSTON ACCOUSTIC BA 635 Micromedia BA 4800 Digital BA 7500 STAVOLT & UPS KASUGAWA Kasugawa 500W KENIKA STAVOLT 500 VA Servo Motor UPS UPC 625 650 VA TV TUNER WINTV WinTV GO, TV Tuner 630,000 60,000 167,500 600,000 695,000 1,140,000 2,425,000 640,000 860,000 1,775,000 2,680,000 145,000 190,000 367,500 795,000 970,000 731,500 1,128,600 783,800 SCANNER MICROTEK Slimscan C3-U Scanmaker 3600-U Scanmaker V6-UPL Scanmaker V6-USL Scanmaker 4700-U Scanmaker X12-USL UMAX UMAX 3400 UMAX 3450 UMAX 2200 USB/Option SCSI CANON CanoScan N340 P CanoScan N640P CanoScan N 650 P CanoScan N 656 P CanoScan D 660 U CanoScan N 1220 U CanoScan N 1210 615,000 830,000 1,320,000 1,650,000 1,840,000 2,175,000 775,000 1,140,000 1,275,000 616,000 925,000 1,056,000 1,188,000 1,056,000 1,628,000 2,217,600 225,000 375,000 1,776,500 992,800 1,201,800 427,500 479,800 725,000 1,600,000 1,100,000 1,225,000 1,296,700 2,737,500 3,457,800 1,421,600 1,825,000 2,497,300 2,977,600 4,082,200 3,025,600 4,389,500 5,042,700 3,649,900 4,658,500 3,073,600

No.14/II/30 Januari 2001

Majalah InfoKomputer, Fotomedia & Tabloid PCplus
membutuhkan:
1. Account Executive (AE-IK) Pria/Wanita Usia maks 26 th D3/S1 semua jurusan Mempunyai SIM A Memiliki keterampilan interpersonal dan komunikasi yang baik - Berpenampilan menarik - Mampu berbahasa Inggris dengan baik (aktif & pasif) 2. Staf Redaksi (RED-FM) Pria/Wanita S1 semua jurusan Usia maks 27 th 6. Menguasai bidang fotografis Mampu menulis artikel dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar (lampirkan artikel yang pernah dibuat) - Mampu berbahasa Inggris dengan baik (aktif & pasif) 7. 3. Staf Redaksi (RED-IK) - Pria/Wanita - S1 semua jurusan (diutamakan Teknik) - Usia maks 27 th - Mampu menulis artikel dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar (lampirkan artikel yang pernah dibuat) - Mampu berbahasa Inggris dengan baik (aktif & pasif) 4. Staf Promosi (PROMO-IK) Pria S1 Jurusan Komunikasi Usia maks 27 th Mempunyai SIM A Mampu berbahasa Inggris dengan baik (aktif & pasif)

5. Staf Keuangan (KEU-IK) Pria S1 Jurusan Akuntansi Usia maks 27 th Mampu berbahasa Inggris dengan baik (aktif & pasif)

JOGJAKARTA
HARGA KOMPUTER & PERIFERAL – YOGYAKARTA KURS 1 US$ = RP 9.500,HARGA DALAM RUPIAH MOTHERBOARD ASUS P4T Intel 850 (FCPGA) CUSL2 Intel 815 (FCPGA) CUSL2-C Intel 815 (FCPGA) CUV4X-C Via 694 (FCPGA) A7V Via KT 133 (FCPGA) K7V Via KX 133 (Slot A) K7V-RM Via KX 133 (Slot A) CUW-RM Intel 810 (FCPGA) CUSI-FX Sis 630, Au (FCPGA) P5AB Alladin 5 (Slot 1) INTEL D815EEA Intel 815E, Au (FCPGA) CA810EA Intel 810E, Au (FCPGA) VC820 Intel 820, Au (FCPGA) DMO 810EMO Intel 810E, Au (FCPGA) D850GB Intel 850 (FCPGA) PROSESOR INTEL Box Cel 566 FCPGA Box Cel 600 FCPGA Box Cel 633 FCPGA Box Cel 667 FCPGA Box Cel 700 FCPGA 3,372,500 1,472,500 1,377,500 1,045,000 1,567,500 1,358,500 1,358,500 964,300 1,026,000 864,500

Staf Sirkulasi (SIR-IK) - Pria - D III/S1 semua jurusan (diutamakan Manajemen) - Usia maks 26 th - Mempunyai SIM A Staf Artistik (AR-IK) Pria D III Desain Grafis Usia maks 25 th Menguasai program Desktop Publishing (CorrelDraw, FreeHand, PageMaker, dan Photoshop)

1,306,300 1,254,000 1,463,000 1,472,500 2,403,500

Segera!

Kirimkan lamaran lengkap paling lambat tanggal 4 Februari 2001 ke:

Manajer PSDM Penerbit Multimedia dan Sarana Pendidikan

PO BOX 1295 JKB 11012
Hanya pelamar yang memenuhi kualifikasi yang akan dipanggil untuk seleksi

SURABAYA
HARGA KOMPUTER & PERIFERAL – SURABAYA HARGA DALAM RUPIAH MOTHERBOARD TX PRO 512 TX PRO VGA+Sound IWILL VD133 Gold (Sound +SCSI) VA 133 (Socket 370) VDA (+Sound) ASUS P3V133 VIA Bus 133 P5AB 512 (Socket 7) ABIT VA6 VIA (Slot 1) VT6X4 VIA (Slot 1) VH6 VIA (Socket 370) BE6-II Intel BX440 (Slot 1) BF6 Intel BX440 (Slot 1) SE6 Intel i815E (Socket 370) KT7 VIA KT 133 (Athlon) SOLTEK SL-67EB Intel 82440BX SL-67EV1 VIA SL-67KV VIA REDFOX 6XV94A VIA 694X (Slot 1+ Sock. 370) BX-6AV2 VIA (Slot 1) 6XV93B-VIA 693 (Slot 1) BX-6XP2 Intel BX440 PROSESOR INTEL 233 MMX Org Tray Cel 566 (PPGA) Cel 600 (PPGA) Box Cel 633 (PPGA) Box PIII 450 Slot 1 PIII 533B Slot 1 PIII 600 PIII 733 + Socket 370 (Box) PIII 800 E + Socket 370 (Box) PIII 850 E Slot 1 (Tray) P4 1,4 GB P4 1,5 GB

325,000 535,000

Mau Pasang Iklan Mini?
Tarif Iklan Mini Warna B/W Minimal 1 kol x 50 mm 1 kol x 100mm, B/W : Rp.400.000,1 kol x 100mm, Warna : Rp.650.000,2 kol x 100m, B/W : Rp.800.000,2 kol x 100mm, Warna : Rp.1.300.000,1 kol x 50mm, B/W : Rp.200.000,1 kol x 50mm, Warna : Rp.325.000,2 kol x 50mm, B/W : Rp.400.000,2 kol x 50mm, Warna : Rp.650.000,: 6500/mmk : 4000/mmk

Hubungi

Janne/Ike
E-mail Telp. Ext. Fax. : iklan@e-pcplus.com : 548 3008, 548 0888 : 3701, 3711, 3703 : 5360411

WinTV USB, TV Tuner USB EXT WinTV USB, TV Tuner USB + Radio Win TV Theater CASING ATX ATX 711 Gretac Mini Tower SMILE Middle Tower ATX colour NOTEBOOK COMPAQ Presario 1400 PIII 700 Presario 1700 XL364 Presario 1200 XL212 Presario 1600XL 140 Presario 1692 AMD K6-2 450 Presario 1900 XL 160 Cel 450

755,000 910,000 1,510,000

190,000 125,000 195,000

21,010,000 21,010,000 18,145,000 15,500,000 14,750,000 15,500,000

28 PCplus

plusGame
Seberapa mahir Anda bermain catur? Atau ingin menyaingi Visuanathan Anand atau Utut Adianto? Nah, pada game kali ini Anda bisa belajar bermain catur dengan baik dan benar. Bedanya di sini, buahbuah caturnya ditampilkan dalam bentuk karakter kartun yang lucu dan interaktif. Tidak kaku dan membosankan seperti di papan catur tradisional pada umumnya. Sudah siap bermain catur? Okay, Welcome to ChessKids!

Irta Belia

No.14/II/30 Januari 2001

BELAJAR CATUR DENGAN CHESSKIDS
SELAMAT DATANG DI CHESSKIDS!
“Hello, I’m the white rook,” sapa pria negro berkaus putih yang berdiri di atas papan catur animasi Anda. “Hey, I’m the black rook,” sahut lawannya, seorang pria bertato jangkar di lengannya. “Saya adalah orang nomor dua terkuat di papan ini,” ujar pria negro tadi. “Saya bisa bergerak ke depan dan ke belakang, dari samping ke samping ke setiap kotak,” sahut lawannya. “Saya memang kuat, tapi saya tetap tidak bisa bergerak secara diagonal atau loncat melewati buah catur

Catur? Ya, bermain catur
ternyata tidak selalu membosankan. Cobalah game catur berjudul ChessKids berikut ini. Walaupun permainan ini tetaplah memeras otak Anda, tapi dengan tampilan animasinya yang apik dan interaktif, dijamin Anda bakal betah berlama-lama main catur di depan komputer. Sesuai dengan namanya, ChessKids sebenarnya ditujukan untuk anak-anak atau orang dewasa yang masih ingin belajar banyak tentang permainan catur yang sarat dengan berbagai aturan dan trik ini. Dalam game shareware yang bisa di-download dari www.jsventures.com/ SoftwareProj.htm ini, pilihan permainan bisa dikontrol lewat icon-icon yang ditampilkan. Untuk tingkat kesulitannya, pilih saja easy, medium, atau hard. Lalu Anda bisa mengubah latar belakang papan catur dengan empat nuansa latar warna-warni yang disediakan yakni candy, jungle, space, dan winter. Semuanya tetap saja menarik. Anda ingin bermain melawan teman Anda? Atau hanya ingin bermain sendirian melawan komputer? Anda bisa memilih mode manusia vs manusia atau komputer vs manusia. Tinggal pilih saja apakah ingin memainkan buah-buah catur berwarna putih atau hitam. Di sini, lawan Anda bisa saja digambarkan sebagai sekumpulan berandal dengan badan kekar bertato dan gaya rambut a la punk. Yah, syukurlah cuma kartun! Serangkaian animasi singkat akan membantu Anda menentukan setiap langkah yang harus diambil. Atau gunakan saja icon hint yang akan mengajarkan Anda strategi dan trik permainannya.

“Selamat datang di di ChessKids”

“Pilih tingkat kesulitannya” “Hi, I’m the white queen..”

“Siapakah lawan saya?”

“Main catur di tengah hutan”

“Main catur di musim dingin..brrr!”

lainnya,” sahut pria negro tadi seraya menjelaskan kelemahannya. Ya, itulah sekilas penjelasan yang bakal Anda temukan dari karakter kartun yang bertugas sebagai benteng. Pada game ini, setiap karakter bisa menjelaskan perannya masing-masing dan ke arah mana Anda bisa menggerakkan mereka. Cukup klik pada icon help script dan pilih karakter apa yang ingin Anda ketahui. Ingin tahu tentang peran raja alias king? Inilah penjelasan yang bakal Anda peroleh. “Hi, I’m the white king,” sapa sang raja dari grup putih. “Hey man, I’m the black king,” balas lawannya yang berambut hijau a la punk. “Meskipun

tidak terlalu kuat, sayalah bagian yang paling penting di atas papan ini,” kata raja putih. “Kalian harus menjaga saya dengan segala cara atau kalian akan kalah dalam permainan ini,” sambung raja punk. “Saya hanya bisa bergerak dan menangkap satu kotak ke segala arah,” jelas sang raja putih sambil pindah ke kotak di belakangnya. Fasilitas help script tidak hanya menjelaskan peranan setiap karakter. Mau tahu apa itu en passant? Atau apa yang dimaksud dengan fork? Cari tahu saja istilah-istilah ini lewat fasilitas help script tadi. Bagusnya lagi, setiap penjelasan di sini dilengkapi animasi gerakan setiap karakter. Jadi lebih mudah dimengerti bukan? Masih penasaran dengan istilahistilah tadi? En passant adalah gerakan khusus yang dilakukan oleh pion untuk menangkap lawannya. “Jika pada gerakan pertama saya bergerak ke dua kotak di depan saya,” jelas pion dari grup hitam seraya pindah ke kotak lain. “Saya bisa menangkap lawan dengan cara pindah ke satu kotak di belakang lawan,” sambung pion dari grup putih. “Gerakan ini harus dilakukan dengan cepat atau kesempatan ini akan hilang begitu saja,” tambah pion lawannya. “Inilah yang dimaksud dengan en passant,” sahut pion putih. Wah, tampaknya Anda harus mencoba sendiri fasilitas ini agar lebih mengerti. Selama permainan pun, Anda bisa ditemani oleh ingame tutor yang sesekali berjalan melintas papan catur dan memperingatkan status gerakan Anda. Bila langkah yang Anda ambil cukup mengandung risiko, bisa jadi Anda bakal mendengar peringatan “that move might cost you later”. Untuk memindahkan setiap karakter, klik saja kotak-kotak yang dituju. ChessKids akan menunjukkan kotakkotak yang bisa Anda duduki. Yang jelas, sama seperti permainan catur biasa, Anda pasti sudah tahu misi yang harus Anda selesaikan dalam game ini. Selain belajar tentang segala macam taktik dan strategi, Anda bisa sekaligus belajar membuat keputusan di saat sulit dan terjepit. Belajar dululah bermain catur dengan ChessKids!

PCplus 29

plusBintang
“It’s fast, it’s convenient, it’s content-rich…it’s SpeedNet!” Begitulah bunyi slogan dari PT Speed Internet Digital alias SpeedNet. SpeedNet tak lain adalah salah satu ISP yang menyediakan layanan broadband. Walaupun masih dalam tahap mengembangkan layanannya, tak ada salahnya bila kita melirik persiapan yang dilakukan ISP ini dalam implementasi broadband di negeri ini.

Irta Belia/Mersagita Prabudi

No.14/II/30 Januari 2001

Loy Nadal, CEO Speednet:

MENGAKSES INTERNET CEPAT DENGAN BROADBAND

Istilah broadband
bisa jadi berarti, kita tak lagi perlu bersesak-sesak di jalur akses Internet. Apalagi dengan hadirnya beragam aplikasi seperti video conference yang membutuhkan bandwidth yang relatif tidak terjangkau oleh sistem dial-up biasa. Sebenarnya sudah sejauh mana kesiapan kita menghadirkan layanan broadband di negeri sendiri? SpeedNet, salah satu ISP yang menjanjikan layanan broadband-nya di Indonesia mengungkapkan bahwa meski launching-nya sendiri baru akan diresmikan bulan Februari nanti, pihaknya telah melakukan trial di beberapa tempat di Jakarta. Tempat-tempat yang dianggap strategis misalnya di gedunggedung perkantoran sekitar Thamrin dan Sudirman, juga di beberapa hotel berbintang. Dalam perbincangan dengan SpeedNet, Loy Nadal sebagai CEO ISP ini menjelaskan, “Kita ingin menjadi the fastest and cheapest broadband ISP. Broadband artinya Anda bisa lebih lega melakukan chatting, cari informasi, menonton broadcast, dan sebagainya. Tapi biasanya karena mahal, Anda tidak bisa menambah more bandwidth dengan dial-up. Bila Anda membutuhkan Internet hanya untuk mengirim e-mail atau chatting, mungkin dial-up saja sudah cukup. Tapi dengan broadband, Anda juga bisa menonton video, melakukan video conference kapan saja. Dan yang kita usahakan saat ini adalah menyediakan layanan fast and cheap bagi pengguna broadband, juga untuk korporat, hotel guests, small business, dan individual. Bagaimana caranya? Untuk pengguna korporat misalnya di gedung ini, kita tinggal pasang antena beserta peralatannya, dan user pun bisa terhubung secara broadband selama 24 jam ke Internet. Dengan dial-up, mungkin kita hanya bisa memperoleh maksimal 64 kbps. Tapi dengan broadband, kita bisa menikmati hingga 10 Mbps

“Targetnya menyebar di 50 kota, konsepnya franchise”

dengan antenna connection.” SpeedNet menggunakan sistem wireless Internet dengan antena wireless yang dipasangkan di sisi pelanggan dengan nama Subscriber Units (SU). Dalam hal instalasi peralatannya sendiri, ISP ini bekerja sama dengan PT StarCom Solusindo. “Starcom sudah memiliki frequency license, fiberoptic license, dan mereka juga punya TV license. Untuk instalasi, kita serahkan pada mereka,” jelas CEO asal Filipina ini. Loy Nadal juga mengungkapkan bahwa pada kuartal kedua atau ketiga, pihaknya berencana memasang jaringan serat optik di beberapa gedung perkantoran di Jakarta untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan sambungan Internet di masa yang akan datang. “Kita berencana menginstal di seluruh Jakarta. Sebagai permulaan, kita akan menginstal free of charge di beberapa gedung perkantoran, hotel, dan apartemen. Termasuk penarikan kabel dari antena ke dalam gedungnya. So, kini biasanya begitu sampai pagi-pagi di kantor, saya hubungkan kabel dari komputer ke line Internet, dan otomatis saya bisa tersambung ke Internet selama 24 jam. No need to dial-up.” Sebenarnya layanan broadband yang bagaimana yang ditawarkan oleh ISP ini? Besarnya akses yang diterima

oleh pelanggan SpeedNet disebutkan bersifat dedicated bandwidth. Artinya? Pihak ISP ini menjanjikan bahwa pelanggan akan benar-benar mendapatkan akses sebesar yang dia minta. “Actually, 64Kbps is okay already. Dengan 64Kbps, Anda sudah mendapatkan sambungan yang sifatnya dedicated. Cukup baik karena sudah lumayan cepat. Anda sudah bisa menonton video. Tapi bila Anda ingin memasang Internet TV, it has to be 30 frames/sec. Bagaimana Anda bisa mendapatkan 30 frames/sec? Idealnya Anda membutuhkan koneksi setidaknya 512Kbps. Mungkin 256Kbps juga sudah OK, walaupun kadang terhenti atau putus-putus. Tapi dengan dialup, Anda bahkan seringkali tidak bisa mendapatkan benarbenar 64Kbps. Kadang-kadang hanya 28 atau 40Kbps. Dan hubungan kabelnya bisa digambarkan seperti keran air. Di pagi hari atau pas jam kantor, ketika semua orang pakai, Anda tidak bisa mendapatkan 64Kbps karena harus share dengan yang lain,” jelas Loy Nadal. CEO SpeedNet ini menjelaskan, “Dari antena microwave ke hub, kita menggunakan sistem line of sight, point-to-multi point. Bagi pengguna rumahan diberikan dedicated sebesar 64Kbps minimum. In a big station, yang kira-kira bisa 500 pengguna

yang pakai, bila setiap orang terhubung ke Internet berarti dibutuhkan akses sebesar 3Mbps. Berarti bila semua orang mengakses Internet, mereka bisa terima 64Kbps. Tapi bila tak ada yang menggunakan, kita bisa terima hingga 3Mbps.” Selain beroperasi di Jakarta, SpeedNet juga berencana untuk melebarkan operasinya ke beberapa kota besar di Indonesia. Sehingga dengan demikian fasilitas broadband bisa ikut dinikmati di mana saja. “The nice thing about Speednet adalah kita akan memasang pop site di 50 kota. Konsepnya lebih mengarah seperti sistem franchise. Mengenai instalasi peralatannya, ground station, antenanya, semua dilakukan oleh PT StarCom. Tapi for instant ISP seperti SpeedNet, kitalah yang melakukan network design, marketing plan, dan men-support the initial operation,” ungkap CEO SpeedNet ini. “Jadi ke-50 kota ini nantinya menggunakan nama Speednet dan dengan lisensi dari Speednet, tetapi pemiliknya bisa saja local businessman. Tidak masalah, karena orangorang yang memasangnya sudah berpengalaman. Frekuensinya juga sudah ditentukan. We have a license,” tambahnya. Di samping rencananya membuka operasi di 50 kota dengan konsep franchise,

SpeedNet juga akan mengoperasikan sendiri layanannya di sepuluh kota besar di Indonesia. Disinggung mengenai target pelanggannya di tahun 2001 ini, Loy Nadal mengungkapkan, “Untuk tahun 2001 ini, target kami untuk corporate user sekitar 100 gedung perkantoran dan kirakira 25 hotel. Untuk home user atau residensial sekitar 2000-an di Jakarta saja. Bulan Februari nanti kita akan launching khusus untuk wilayah Jakarta dulu. Berikutnya, pertengahan tahun ini kita akan beroperasi di sepuluh kota termasuk Jakarta dan 50 kota franchise. Jadi dari 60 kota ini, 10 kota yang masuk PT Speed Internet Digital sendiri dan sisanya 50 kota franchise.” Mengenai besar biaya investasi yang dibutuhkan untuk memasang layanan broadband, CEO SpeedNet ini menjelaskan, “Per gedung ada seratusan ribu dolar AS. Totally, bila investment-nya tergantung pada seratus gedung perkantoran misalnya, maka dibutuhkan kira-kira US$ 10 juta. Tapi di rumah karena mereka harus beli peralatannya berupa antena, antena ini sebenarnya sedikit mahal tetapi kita dan StarCom bersedia membantu mereka yang ingin menikmati fasilitas broadband. Kita akan memberikan kemudahan. Kita akan mengusahakan tarif sewanya antara 700-800-an ribu rupiah. Kalau mau beli bisa juga. Ya, mungkin antara 700 sampai 1000 dolar AS per antena.” Mengenai tarif penggunaannya? ISP ini menerapkan sistem charge yang berbeda untuk setiap pengguna. Pengguna rumahan, misalnya akan dikenakan tarif flat sebesar Rp 500.000,- per bulannya dengan akses tanpa batas tanpa perlu pusing-pusing memikirkan biaya telepon lagi. “Saya kira harga untuk antena ini bisa turun dengan semakin meningkatnya jumlah pelanggan. Mungkin bisa turun 200-an dolar kalau mau beli. Dan tarif koneksi broadband pun bisa lebih ditekan lagi tetapi content-nya juga lebih banyak,” jelas Loy. “Hopefully, we can make it really fast and cheap. Bagaimana membuatnya fast and cheap? Kalau murah tetapi pemakainya tidak senang, buat apa? Harus cepat, murah, dengan kualitas yang juga bagus dan menyenangkan. Seperti menonton televisi, Anda hanya duduk dan tidak perlu berpikir bagaimana membayar untuk reklame atau iklan. Hanya listrik dan koneksi ke stasiun TV misalnya. We want to make like that too. Membuat Internet lebih menyenangkan,” tambahnya.

30 PCplus

plusNetiket
Dalam dunia cyber, sekali pun yang Anda hadapi secara fisik adalah seperangkat barang mati berupa komputer, modem, dan saluran telepon, ketika Anda melakukan aktivitas sekecil apa pun dengan peranti tersebut, Anda berhubungan dengan manusia lain. Mengirim e-mail, Anda berinteraksi dengan orang. Memesan barang demikian juga. Siapapun mereka, bersama merekalah kita samasama menjadi netizen alias warga Internet.

Alois Wisnuhardana

No.14/II/30 Januari 2001

INGAT, ADA ORANG LAIN DI SEBERANG SANA!
menuliskannya ketika komputer Anda berada pada posisi offline. Kecuali kalau Anda mengirimnya dari kantor yang 24 jam online. Bila Anda tetap nekad menulis pesan dalam kondisi komputer sedang online, Anda pasti akan merasa tergesa-gesa, lantaran ada perasaan dikejar-kejar oleh waktu sewa ISP atau pulsa telepon semakin bertambah. Kalau Anda harus ke warnet, siapkan dulu surat-surat confidential dan penting yang harus dibalas. Ketakutan dan kecemasan pasti akan menimbulkan dampak kecemasan atau ketakutan balik. Satu contoh, ketika Anda menuliskan e-mail dalam posisi online, Anda yang merasa buru-buru pasti akan segera mengetikkan pesan dan gagasan Anda dengan kata-kata yang ditemukan waktu itu. Seringkali terjadi, begitu kata terakhir ditulis, pengguna komputer tidak membacanya ulang dan langsung mengklik tombol SEND. Ketika komputer sudah offline dan Anda membacanya ulang, ternyata ada pesan yang luput, gagasan yang tidak disampaikan, atau bahkan salah ketik. Anda menjadi cemas bahkan takut. Lalu, Anda harus mengirim ulang pesan tersebut untuk mengoreksi pesan terdahulu yang telah terkirim. Karena kecerobohan kecil seperti itu, biaya yang Anda keluarkan makin besar dan waktu Anda terbuang percuma. abunawas@hotmail.com, bejo@cbn.net.id Subject: Mari berdosa!!!! Kawn-kawam sekalia, marilah kita berdosa untuk mereks yang hidUp di Aceh, Timtin, Ambon, Papua. Jauhkan mereka dari para pendoa yang semena-mena. bila nda ingin menjadi relawam, kirimka segera datadiri Andake alamat ini. Wassalam Wisnuhardsna
Gambar 1

kalau Anda masih harus mereka-reka jawaban.

5. HINDARI PESAN BERANTAI
Hal lain yang perlu Anda ingat adalah bahwa pesan yang Anda kirimkan bisa disimpan oleh si penerima pesan di kotak surat (mailbox) mereka. Begitu pesan terkirim, Anda tidak lagi memiliki kuasa atas pesan yang Anda kirimkan. Orang lain yang menerima pesan bisa memforwardnya ke mana pun mereka suka. Kalau ia melakukannya, pesan Anda sudah pasti bakal merayap ke ruang-ruang maya yang tidak Anda ketahui lagi jejaknya. Anda harus bersyukur apabila pesan itu tetap tersimpan rapih di komputer relasi Anda atau bahkan sudah dilempar ke recycle bin komputer mereka. Tapi siapa tahu isi surat yang tertulis secara salah itu justru dikirim ke mana-mana untuk merusak nama baik Anda. Sebuah pesan juga bisa menjadi surat berantai, persis kalau kita suatu kali menerima pesan berantai yang dikirimkan melalui surat biasa. Biasanya disertai sedikit ancaman, “Kalau Anda tidak mengirimkannya kepada sepuluh kenalan Anda, Anda akan menderita kutukan seperti kisah ini.” Atau, “Si Ridwan yang mengirimkan surat ini kepada sepuluh orang rekannya, seminggu kemudian memenangkan undian jutaan rupiah. Sementara Si Zaki yang mengabaikan pesan ini sampai sekarang kesulitan mencari pendamping alias pacar.” Sekarang ini, surat berantai semacam itu pun banyak diterima oleh pengguna Internet. Secara tidak sadar, mereka mengirimnya ke setiap relasi yang mereka maui. Dengan demikian, kita harus menyadari bahwa kita berkomunikasi dengan orang lain —mungkin Anda kenal mungkin pula tidak. Pesan yang Anda kirim harus Anda pastikan sudah sesuai dengan maksud di pikiran Anda. Internet membuat kita belajar, bahwa ada orang lain di seberang sana yang harus kita dengar dan perhatikan. Tanpa menyadari atau mengabaikannya, Anda justru bakal terasing dalam kegaduhan dan hiruk pikuk dunia cyber.

1. MEREKA MENCATAT YANG ANDA KERJAKAN
Ketika Anda membuka salah satu situs, apabila di situs tersebut terdapat hit counter, aktivitas Anda berpengaruh pada orang lain yang mungkin tidak Anda ketahui sosoknya. Mereka mencatat. Boleh jadi juga orang lain itu memanfaatkan jumlah hit yang bertambah ketika Anda mengkliknya buat mencari iklan. Manakala Anda bergabung dengan salah satu discussion group atau mailing list, Anda berkerumun dengan banyak orang. Mereka menunggu informasi dan reaksi dari Anda. Kata-kata bijak mengajarkan, “Kalau kamu ingin diperlakukan dengan cara tertentu, lakukanlah pada orang lain sebagaimana kamu menginginkan mereka memperlakukan pada dirimu.” Demikian pula, kalau Anda tidak ingin disakiti, jangan menyakiti orang lain. Seorang ibu akan menasehati anaknya, “Jangan mencubit kawan mainmu kalau kamu tidak ingin dicubit.” Interaksi di Internet adalah interaksi antar orang atau subjek. Menyakiti perasaan atau menyinggung harga diri mereka bisa membuat Anda dibalas secara lebih menyakitkan. Sekali Anda gegabah memperlakukan orang, perlakuan Anda itu bisa jadi akan diingat selamanya oleh orang lain.

Kalu dalam mengirimkan pesan Anda mengetk atau menulis pesam secara ceroboj sepert idiatas atau sepreti kslimat ini, mungkin saja si penerima pesan tersebut tetap mengerti maksud pesan Anda. Tapi kalau kemudian Anda menulis pesan di mana kata doa ditulis menjadi dosa, atau babi menjadi nabi (lihat tuts di keyboard komputer Anda; huruf A dan S, B dan N letaknya bersebelahan) atau sebaliknya, bisa-bisa Anda menghadapi ancaman dari orang lain yang merasa terlecehkan, tersinggung, atau terhina dengan pesan Anda. Ingatlah bahwa ketika Anda berkomunikasi di Internet pada umumnya, Anda belum bisa melihat ekspresi, gerakgerik tubuh, atau raut muka orang yang kita ajak berkomunikasi. Dalam komunikasi langsung, sinyal komunikasi yang kita berikan akan langsung ditanggapi oleh komunikan.

3. SALAH KETIK ITU MENJENGKELKAN
Kesalahan mengetik pesan, untuk takaran tertentu mungkin masih bisa diterima. Tetapi, apabila dalam satu pesan terdapat banyak kata yang salah ketik, siapa pun yang membacanya akan jadi jengkel. Contoh pesan di dalam Gambar 1 mungkin perlu Anda simak. To: 1230346@compuserve.com CC: BCC: keledai@yahoo.com,

4. BACA DAN BACA ULANG!
Di Internet, terdapat jeda waktu antara pesan yang dikirim dengan respon orang menanggapi pesan tersebut. Di situlah orang memiliki cukup kesempatan untuk bersikap tidak sesuai dengan keinginan dan dorongan emosinya yang muncul sesaat setelah membaca pesan itu. Kalau ia marah, ia bisa menumpahkan kemarahan melebihi marah

2.HINDARI KECEROBOHAN KECIL
Kalau Anda mengirim email, usahakan untuk

yang muncul secara spontan ketika Anda berkomunikasi secara langsung. Marah yang dipikirkan jauh lebih kejam daripada marah yang spontan. Marah yang direncanakan bisa berakibat lebih mengerikan dibanding yang langsung dan spontan. Bisa saja ia berpura-pura tidak marah dan seolah-olah tidak terjadi apa-apa dengan dirinya, padahal sesungguhnya ia sedang menyiapkan strategi untuk membalas pesan-pesan ceroboh Anda itu secara lebih menohok. Belum lagi manakala kita mengirimkan secara teledor pesan dalam bentuk angkaangka, entah itu nomor telepon, rekening bank, nomor kartu kredit, atau nomor rumah Anda sendiri. Bayangkan saja akibat yang harus kita tanggung? Oleh karenanya, kita hendaknya membiasakan terusmenerus dan memaksa diri untuk membaca ulang sebelum mengklik perintah SEND. Kalau Anda merasa pesan itu tidak sesuai dengan maksud pikiran Anda, bacalah kembali dan kalau perlu, tulislah ulang pesan itu. Periksa lagi kata demi kata dan pastikan bahwa apa yang Anda maksud di benak Anda sudah tertulis dengan baik dalam e-mail yang akan Anda kirimkan. Tentu saja pedoman netiket yang satu ini tidak perlu Anda terapkan kalau Anda hanya menulis pesan tidak lebih dari tiga empat kalimat pendek. Respon balik atas kiriman e-mail orang lain seperti Terima kasih; Thanks; Yang bener aje; Hi, pesanmu sudah kuterima dengan baik; Kapan? tentu tidak perlu membuat Anda memutuskan koneksi dan menyambungnya lagi. Sebaik-nya, Anda perlu mengoffline-kan komputer Anda kalau Anda perlu membalas pesan e-mail yang membutuhkan jawaban panjang atau kalau Anda harus menuliskan pesan lebih dari satu paragraf. Apalagi

KUIS

Kalau sobat PCplus rajin menyimak tabloid kita ini, tentu dengan mudah kalian bakal bisa menjawab pertanyaan ini. Pernahkah sobat PCplus mengirimkan e-mail kepada rekan lain? Tentu saja! Nah, pertanyaannya gampang. Siapa sih yang pertama kali menemukan aplikasi e-mail? Tulislah jawabannya di sehelai kartu pos, dan kirimkan ke alamat Redaksi PCplus. Jangan lupa, kartu pos itu harus ditempeli dengan kupon PCplus.

Jawaban ditunggu paling lambat 15 Februari 2001. Hadiahnya? Ada TIGA sobat PCplus yang kalau beruntung bakal mendapat mouse cantik merek LOGITECH.

Pemenang kuis Edisi 8/I/2000 adalah: Ign. Benny Putranto SMU Seminari Mertoyudan PO BOX 103, Magelang

KUPON KUIS 14/II/2001
PCplus 31

32 PCplus

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->