P. 1
edisi16

edisi16

4.75

|Views: 1,468|Likes:
Published by penol

More info:

Published by: penol on Jan 08, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

09/04/2012

Harga Rp.

3500,-

No.16/II/7 - 13 Februari 2001

PCplus
TABLOID KOMPUTER

KONGLOMERASI BARU BISNIS INTERNET

Kabar Gembira: Harga Harddisk Sedang Turun! (20)

Bergaul Lebih Jauh dengan Socket dan Slot Prosesor (13)

Ijinkan Aku “Memvalentinimu” Lewat Internet (06)

Mengenal Hacker & Cracker

Haru Biru Ponselponsel Baru (08)

PCplus

plusMail
INSTAL ANTIVIRUS
Saya adalah pemula atau awam mengenal komputer jadi tolong tunjukkan cara menginstal antivirus yang mulai dari menekan F8 yang sedang booting itu, tolong dijelaskan secara jelas menginstalnya (McAfee VirusScan). Apa nama program yang memberikan nyawa ke browser atau Web itu? Sekian dulu surat saya, terima kasih. Wassalam. Rusyaidi Thaheri MTI Pasir IV Angkat Candung, Bukittinggi Sumatera Barat 26191 Red: Kalau Anda sudah memiliki program, coba jalankan setup dengan mengklik file setup.exe. Program yang baru tidak perlu diinstal dalam keadaan save mode (dengan menekan F8), cukup Anda klik file SETUP.EXE-nya, lalu ikuti wizard di situ. Pada bagian akhir, Anda akan diminta untuk merestart PC Anda.

No.16/II/13 Februari 2001

RUBRIK PEMROGRAMAN
Saya pelanggan tetap PCplus dan saya sangat terbantu sekali dengan informasi yang up to date mengenai IT, tetapi mohon donk kiranya redaksi tambahkan satu rubrik, yaitu tentang bahasa pemograman seperti VB 6.5 dan lain lain, agar kami dapat wawasan lebih dari PCplus. OZI Btw_Fauzi@yahoo.com Red: Permintaan Anda sudah kami kabulkan. Terima kasih atas atensi Anda buat PCplus.

mana caranya meningkatkan kecepatan koneksi Internet, karena pada kotak dialog connected to my connection tertulis connected at 12,000 bps, padahal saya menggunakan modem Motorola 56Kbps? Thanks ya. Bravo untuk PCplus, semoga beritanya lebih maju lagi. Darmansyah unfrel@yahoo.com

yang berisi tipe CPU, dll. Setelah itu, saya tunggu tidak muncul logo Windows 98. Setelah itu saya restart ulang beberapa kali namun hasilnya sama, tidak muncul Windows. Perlu diketahui perangkat komputer saya yaitu: motherboard Asus 5p97-v, PC P-233MMX, fan dan heatsink, vga card onboard, memory EDO RAM 2x16MB, FDD 1,44MB, HDD 2,1GB, Win 98. 2. Bagaimana cara mengganti vga card onboard menjadi VGA card biasa yang dimasukkan ke slot. sodi@ekilat.com Red: Coba masuk ke DOS dan jalankan scanreg/restore. Untuk mengganti VGA onboard, disablekan dulu VGA onboard-nya di BIOS. Tapi tidak semuanya bisa dilakukan di BIOS. Ada yang sudah diset dan tidak bisa diutak-atik lagi.

ingin menanyakan, kira-kira kerusakannya di mana, sebab ada ahli komputer mengatakan bahwa kerusakan ada di harddisk (boot sector), dan di BIOS. Dalam hal ini saya tidak tahu apa sebenarnya yang rusak di komputerku, apakah ada kerusakan antara BIOS dan harddisk. Sekian dulu yang bisa saya utarakan, saya harap PCplus bisa memberikan solusi pada masalah yang saya hadapi. Salam untuk PCplus semoga tetap jaya dan sukses. Thank’s Eliaman zebua talun@xxx.net Red: Kemungkinan rusak di BIOS atau harddisk itu bisa saja. Coba cek dulu harddisk Anda. Kalau nggak ada masalah, berarti hanya sistem filenya saja yang rusak. Coba perbaiki dengan menjalankan DOS, lalu ketikkan scanreg/restore. Kalau tetap tidak mau, instal ulanglah sistem Anda. Kalau ada masalah di BIOS, cobalah update BIOS Anda. Tapi masalah penampilan di monitor kemungkinan juga bisa disebabkan oleh kartu VGA atau monitornya sendiri.

ingin minta tolong sama PCplus, kiranya dapat membantu saya dengan memberikan cara cara mengistal sistem operasi tersebut dengan spesifik. adi chandra adi_chang_id@yahoo.com Red: Permintaan Anda kami kabulkan, hampir semuanya. Informasi tentang hacker, tunggu di edisi depan. Tentang Linux, kami juga menjanjikannya untuk Anda.

Red: Anda bisa menggunakan software InternetSpeed, NetBooster, atau software sejenis. Namun, secara umum koneksi itu dipengaruhi oleh kualitas sambungan telepon di tempat Anda.

DESAIN GRAFIS DAN WEB
Setelah mengikuti PCplus edisi 10, saya mau memberi beberapa saran dan pertanyaan: 1. Gimana jika PCplus juga memberikan kolom belajar desain grafis? 2. Dalam plusInternet, alangkah bagusnya jika PCplus mengulas tentang search engine yang ada secara lengkap satu per satu. Misal membahas tentang Yahoo, mulai dari cara mendaftar hingga fitur-fitur dan kegunaannya serta fasilitas-fasilitas yang diberikan. 3. Kapan PCplus akan membahas cara membuat Web? 4. Bolehkah saya mengirimkan artikel berupa tip/trik yang berhubungan dengan komputer? Rizha Kp.Blang Ds.Ikhlas No.12 Langsa Aceh Timur Red: Usulan Anda kami jadikan masukan. Kirimkan saja trik/tip yang Anda punya.

DRIVER
Hello PCplus. Saya ada masalah komputer tidak bisa menemukan yaitu driver kartu TV TUNNER Philips TR 288. Di mana saya bisa cari? Dan kalau bisa tolong dong kirimkan dan akan saya berikan imbalannya soalnya saya sudah capek mencarinya. Terima kasih. Riduan Manik Riduan_manik@kompascyber.com Red: Anda bisa kunjungi di www.windrivers.com atau www.driverzone.com.

TRUEBASIC
Saya ucapkan terima kasih karena PCplus telah mengulas tentang MP3 pada edisi No. 09/I/ 12 Desember 2000. Melalui kesempatan ini saya hendak minta bantuannya. Saya ingin sekali mendapatkan software TrueBASIC untuk latihan program simulasi. Dapatkah redaksi membantu saya? Pada situs mana saya dapat mendownload-nya dengan gratis? Atau mungkin di mana kira-kira saya dapatkan software tersebut? Demikian e-mail dari saya, atas bantuannya saya ucapkan terima kasih. Wassalam. Syamsuddin Red: Anda bisa mengunjungi www.truebasic.com.

MASALAH DI NOTEBOOK
Sebelumnya saya ucapkan selamat atas terbitnya PCplus, yang sangat cocok dan bermanfaat bagi pemakai komputer, khususnya orang awam yang kurang mengerti komputer. Saya mempunyai masalah sedikit pada komputer. Saya mempunyai notebook Acer model no:350EC, processor cyrix 486DX4/100MHz, harddisk 515MB, BIOS V2.0, Windows 95. Seminggu belakangan ini komputer saya tidak bisa starting Windows, juga tidak ada tampilan di layar, yang bisa memberi petunjuk kira-kira apa yang rusak. Perlu PCplus ketahui, bahwa warm boot bisa dilakukan dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del, tetapi tetap tidak bisa starting Windows, tetapi DOS bisa dijalankan dengan terlebih dulu melakukan boot dengan disket yang berisi command.com saya

KUPAS WEBSITE INFORMASI LENGKAP
Saya adalah salah seorang penggemar PCplus. Saya ingin memberi sedikit komentar pada PCplus. Saya menilai PCplus sudah sangat bagus, terutama berkaitan dengan isi yang selalu memperhatikan pemula dalam komputer, karena saya termasuk salah satu pemula dalam bidang ini. Tapi tolong dibahas donk pemrograman dan juga mengenai sistem operasi, terus tidak lupa juga informasi mengenai dunia hacker. Saya telah membaca artikel mengenai Linux yang ada pada PCplus dan saya tertarik untuk mencobanya. Pada kesempatan ini saya ingin agar PCplus dapat membantu saya dalam hal penginstalan sistem operasi tersebut, yang katanya sangat sulit. Jadi saya Saat ini saya mencoba membuat website baru dan akan selalu diperbaiki. Tolong dikonfirmasikan ke semua pembaca melalui plusMail. Sebelumnya thanks atas perhatiannya. Satu lagi kalau boleh PCplus juga mengupas tuntas tentang cara membangun website yang lengkap dan terperinci. Sekarang kan zamannya ecommerce..Okay? Agustinus Haryanto AgustinusHaryanto@themail.com Red: BTW, website Anda alamatnya di mana?

KIRIM ARTIKEL
Begini. Saya mau tanya, apakah saya bisa kirim artikel, anekdot, atau cerita lucu lewat e-mail, format apa yang harus saya gunakan? Ini dulu pertanyaan saya. Terima kasih banyak sebelumnya. Zunan Arief zunanarief@hotmail.com Red: Anda kirimkan ke redaksi dalam format txt. Sebaiknya lewat e-mail, tetapi juga bisa melalui surat biasa.

TROBEL WINDOWS 98
Saya adalah orang yang masih awam terhadap komputer, saya punya masalah pada komputer saya, semoga PCplus bisa membantunya. Yang saya ingin tanyakan adalah: 1. Waktu saya men-shutdown komputer, lalu saya matikan dengan menekan tombol power, 5 detik kemudian saya hidupkan lagi dengan menekan tombol power. Setelah itu muncul tabel,

KONEKSI INTERNET
Hai, PCPlus, saya penggemar setiamu ingin bertanya bagai-

PCplus
TABLOID KOMPUTER

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi: R. Suhartono Dewan Redaksi: P.M. Winarno, P.C. Wiwiek Juwono, B.M. Adam Redaktur Pelaksana: Julianto Redaksi: Alois Wisnuhardana, Silvester Sila Wedjo, Christianto Sahat Kurniawan, Mersagita Prabudi, Irta Belia, F.X. Bambang Irawan Koresponden: Henry Syarifuddin (Bandung), Tjahjono EP (Yogyakarta), Didik Setyono (Surabaya), Sekretariat Redaksi: Putri, Dian Artistik/ Tata-letak: Domenico W., Sukarja, Robby F. Richard, Produksi: Bambang Trie, Fotografer: Yunizar.

I

N

F

O

G

R

E

S

!

Pemimpin Perusahaan: Teddy Surianto Wakil Pemimpin Perusahaan: Aspianah Hia Iklan: Chrispina E.T., Anneke Dame, Janne Eveline Promosi: Eva Grace S., Jimmy Rambing Sekretariat Sirkulasi: Emy Varlina V., Agung P. Penerbit: PT Prima Infosarana Media Alamat Redaksi & Iklan: Jl. Palmerah Selatan No. 12. Jakarta 10270 Telp. 548-3008, 548-0888, 549-0666. Ext. 3701, 3703, 3713. Fax. 536-0411 E-mail redaksi: redaksi@e-pcplus.com E-mail iklan: iklan@e-pcplus.com Alamat Sirkulasi: Jl. Palmerah Selatan No. 12 A Jakarta 10270. Telp. 548-3008, 548-0888, 549-0666 Ext. 3704, 3706. Fax. 536-0411. E-mail sirkulasi: sirkulasi@e-pcplus.com E-mail milis PCplus: mailplus@yahoogroups.com

1. Telah dibuka milis jual beli komponen PC yang difasilitasi PCplus dengan alamat bursapcplus@yahoogroups.com. Buat yang ingin menawarkan atau mencari barang silakan gabung di bursapcplussubscribe@egroups.com. 2. Telah terbit bundel PCplus tahun 2000. Anda bisa mendapatkannya seharga Rp. 35.000,- (belum termasuk biaya kirim). Informasi lebih lanjut, hubungi bagian sirkulasi PCplus (e-mail, telepon, fax, surat). 3. Redaksi mohon maaf bil a a da e-ma il a ta u sura t y ang bel um ditayangkan di rubrik plusMail mengingat banyaknya surat yang masuk ke mailbox redaksi.

2 PCplus

plusAktual

No.16/II/13 Februari 2001

MILIS EGROUPS BERGANTI WAJAH
Menyusul dicaploknya layanan
mailing list (milis) eGroups oleh Yahoo! (PCplus No. 10/I th 2000), sejak akhir Januari lalu wajah eGroups berubah total. Meski mengalami perubahan, para pengguna tidak perlu kalang kabut kebingungan. Apa saja perubahannya? Apa juga keuntungannya? Lalu, bagaimana cara mengonversi milis kita ke tampilan yang baru? Simak yang berikut ini! Dari segi perwajahan, warna ungu dan kuning serta gambar amplop khas eGroups tidak bakal Anda temukan lagi, berganti menjadi biru muda dengan tulisan merah khas Yahoo!. Sementara, kalau Anda memiliki beberapa milis yang menggunakan alamatalamat e-mail berbeda, Anda bisa mengintegrasikannya dalam satu halaman dengan sekali sign in menggunakan Yahoo! ID. Bila Anda merasa sudah cukup puas dengan layanan mailing list lewat e-mail di mailbox, Anda tidak perlu mengkustomasi atau mengubah sesuatu hal. Dan secara rutin, berita-berita dari milis yang Anda ikuti bisa Anda terima. Bila ingin mengirimkan pesan atau berita, Anda cukup menuliskan alamat milis Anda dan mengganti domain egroups dengan yahoogroups. Dengan langkah itu, urusan tukar menukar informasi lewat milis dijamin tetap lancar. Sebagai contoh, kalau para anggota milis PCplus selama ini mem-posting pesan lewat mailplus@egroups.com, mereka harus mengubah alamat pengeposannya menjadi mailplus@yahoogroups.com. Namun, kalau Anda adalah moderator atau owner milis, perlu kiranya Anda memperhatikan konversikonversi yang lumayan penting supaya komunikasi tetap terjaga dan milis Anda tetap terawat baik. LANGKAH DEMI LANGKAH Bila Anda menuliskan alamat www.egroups.com, secara otomatis URL yang Anda tulis tadi berubah menjadi http://groups.yahoo.com dan Anda akan disuguhi pengumuman spesial dari Yahoo! Groups (Gambar 1). Menyusul akuisisi oleh Yahoo! Agustus tahun lalu, setiap pengelola milis yang submit ke eGroups kini harus memiliki Yahoo! ID atau alamat e-mail di Yahoo!. Strategi ini ditempuh oleh Yahoo! untuk mengukuhkan hegemoninya dalam layanan email gratis, menyaingi Hotmail Anda bisa tahu siapa rekan/ relasi Anda yang lagi online dengan Messenger-nya dan bisa langsung ngobrol dari halaman Web tersebut. Untuk bisa menikmati fasilitas baru dari Yahoo! Groups, berikut ini langkahlangkah untuk mengonversi milis lama Anda ke setting milis yang baru itu. 1. Mulailah dengan menuliskan URL http:// groups.yahoo.com dan kemudian Anda diminta untuk memasukkan alamat e-mail yang terdaftar di eGroups beserta passwordnya (Gambar 2). 2. Bila Anda tidak memiliki atau lupa password, isikan pada kolom yang diminta dan tuliskan alamat e-mail Anda di situ. Secara otomatis, kode otorisasi (authorization code) akan dikirim ke alamat e-mail Anda. Masukkan kode tersebut pada kolom yang diminta (Gambar 3). 3. Pada wizard berikutnya, Anda diminta untuk memasukkan Yahoo! ID atau identitas beserta password-nya (Gambar 4). Bila Anda belum memilikinya, mau tidak mau Anda harus mendaftarkan diri dengan membuat account e-mail di Yahoo!. 4. Pada tahapan ini, milis Anda yang terdaftar dengan menggunakan account email Anda telah terkonversi (Gambar 5). Bila Anda masih memiliki milis yang belum terkonversi dengan tampilan baru, Anda bisa mengulangnya sampai seluruh milis di mana Anda bergabung telah terkonversi semuanya. 5. Untuk mengkustomasi atau menyetel setting-an milis masing-masing, Anda bisa mengklik milis yang dimaksud (misalnya mailplus) dan secara otomatis, Anda akan dibawa pada halaman setting mailplus yang ingin Anda ubah (Gambar 6). Kalau kita lihat, kunci dari seluruh perubahan itu adalah upaya penyatuan. Yahoo! berambisi untuk menjadi pelayan paling depan dalam urusan milis. Namun syaratnya calon pengguna harus lebih dahulu mendaftar e-mail Yahoo! Kalau Anda relatif tidak antiYahoo!, nggak masalah, kan? (snu)

SITUS RESMI VATIKAN TAK LUPUT DARI CRACKER
Sekarang ini agaknya para cracker tidak pandang bulu
dalam memilih siapa korbannya. Para cracker kali ini menjalankan aksinya ke situs radio portal milik Vatikan kamis kemarin (25/1). Seperti yang diberitakan oleh kantor berita Reuters, portal ini di-hack tak lama setelah Paus Yohannes Paulus II memberikan komentar seputar media baru yang diberi nama Internet tersebut. Menurut Reuters, sebuah sindikat yang berasal dari Brazil diduga melakukan semua aksi gila ini. Sementara, menurut berita dari koran Italia yaitu “II Messanggero” kerusakan yang diakibatkan ulah iseng ini tidak terlalu besar. Namun demikian, keterangan resmi tentang besarnya kerusakan belum didapat. Pater Federico Lombardi, penanggung jawab portal resmi Vatikan sendiri mengatakan, situs yang dikelolanya telah berjalan seperti sedia kala tanpa menyinggung sedikitpun tentang besarnya kerusakan atau kerugian yang terjadi. Dalam sebuah wawancara dengan “World Communication Day” Paus menyerukan agar teknologi dan Internet pada khususnya haruslah digunakan secara bertanggung jawab. Ia melihat Internet saat ini memiliki kesempatan yang besar untuk menghilangkan segala hambatan dan batas wilayah yang selama ini menghambat penyebaran informasi maupun agama. (sil)

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 3

TEROBOSAN KONSUMSI DAYA MIKROPROSESOR
Intel Corp. tanggal 31 Januari kemarin memperkenalkan
dua mikroprosesor daya ultra rendah (ultra low power) untuk PC jinjing, termasuk prosesor yang bekerja kurang dari 1 volt dan mengkomsumsi daya kurang dari setengah watt dalam battery optimized mode. Kedua prosesor ini dirancang untuk menciptakan mobile PC terkecil dengan kinerja tinggi, konsumsi daya minimal dan umur baterai yang lebih lama. Prosesor Ultra Low Voltage mobile Pentium III 500MHz dengan fitur Intel SpeedStep technology dapat menciptakan PC yang beratnya kurang dari 3 pon atau 1,36Kg dan tingginya hanya satu inci. Di samping itu, Intel juga memperkenalkan prosesor Ultra Low Voltage mobile Celeron 500MHz untuk pasar value sub-notebook. “Berbagai terobosan teknologi untuk memperbaiki komputasi bergerak terus memacu bisnis kami. Tahun lalu Intel memimpin dengan SpeedStep technology dan prosesor PC pertama yang konsumsi dayanya kurang dri 1 watt,” ujar Thommas Tansil, Marketing Program Manager Intel Indonesia Corporation. Teknologi 0,18 mikron ini memungkinkan dirancangnya prosesor yang bekerja dengan voltase kurang dari 1 volt. Dengan teknologi SpeedStep tersebut, prosesor juga dapat mendeteksi ada tidaknya daya AC dan mengatur tinggi frekuensi dan voltase untuk membantu pengguna mencapai keseimbangan optimal antara kinerja dan penghematan daya baterai. Teknologi QuickStart dari Intel juga dapat menurunkan penggunaan daya oleh prosesor ke tingkat yang paling rendah. Untuk awalnya, prosesor Ultra Low Voltage mobile Pentium III 500MHz dengan kemasan Ball Grid Array dijual dengan harga 208 dolar per buah untuk setiap pembelian 1000 unit. Di lain pihak, prosesor Celeron 500MHz dijual dengan harga 118 dolar per unit untuk tiap pembelian 1000 unit. (sil)

Gambar 4

Gambar 5

Gambar 6

milik Microsoft yang dibundel dalam sistem operasi Windows. Beberapa fitur baru yang ditawarkan antara lain adalah chatting dengan anggota lain di milis lewat Yahoo! Chat, penambahan warna-warni menarik di milis atau penayangan foto, dan chat dengan anggota lain melalui fasilitas Yahoo! Messenger. Dari halaman Chat,

PCplus 3

plusAktual

No.16/II/13 Februari 2001

DISNEY AKAN MELEPAS GO.COM
kelompok Disney itu juga. ABC.com, misalnya, nantinya akan dipasrahi untuk mengelola layanan e-mail mereka. Jika Anda pengguna layanan-layanan Go.com, tak perlu khawatir karena selama periode transisi sampai tanggal efektif penutupannya, portal tersebut masih tetap akan hadir. Demikian pula jika Anda adalah pengguna setia mesin pencarinya, Infoseek, Anda masih tetap bisa menggunakannya sampai nanti saat laku dijual oleh Disney berikut traffic yang sudah direngkuhnya. Infoseek, mungkin Anda masih ingat, dibeli oleh Walt Disney pada bulan November 1999. Latar belakang penutupan ini tak lain adalah soal uang. “Masyarakat periklanan sudah meninggalkan Internet,” jelas Chairman dan CEO-nya, Michael Eisner, seperti dikutip The Financial Times. Dengan penutupan ini setidaknya akan ada 400 orang di-PHK. Walt Disney Internet Group-nya sendiri akan tetap eksis dengan manajemen baru dan berada di bawah kelompok Walt Disney Co., yang akan tetap mengelola situs-situs Disney.com, ESPN.com dan ABC.com. (fbi)

KABELVISION MERAJAI INTERNET LEWAT SERAT OPTIK

Kalau Anda
mengunjungi portal Go.com (www.go.com) saat-saat ini, maka akan Anda dapati portal yang agak lain dari biasanya. Penampilannya makin “ram ping”, ditambah dengan muinculnya banner “Selamat datang ke Go.com versi baru!” tapi “Tunggu tanggal mainnya!” Ada apa? Walt Disney Co. akhirnya memutuskan untuk menghentikan operasi portal Go.com tersebut per 20 Maret 2001. Kalau Anda berminat, alamat URL-nya juga bakal dijual. Portal Go.com selama ini digunakan sebagai gerbang menuju situs-situs Web kelompok Disney sendiri. Oleh karenanya, semua layanan yang sebelumnya disediakan oleh portal tersebut akan dioper pengelolaannya ke situssitus lain yang masih dalam

Saat ini makin banyak
pilihan infrastruktur untuk berinternet yang disediakan oleh para Internet Service Provider (ISP). Dulu orang dipaksa puas hanya dengan layanan dial-up karena layanan lain masih jarang tersedia atau ongkosnya mahal. Keadaan sudah mulai berubah kini. Era infrastruktur Internet sudah memasuki era broadband, baik yang lewat saluran terestrial, lewat kabel, lewat satelit atau lewat gelombang radio yang nirkabel. Popularitas broadband akhir-akhir ini sedang menanjak. Masyarakat memang sudah sesak napas dicekik oleh koneksi Internet lewat saluran telekomunikasi tradisional. Maka kehadiran broadband yang menyediakan koneksi wuss... wuss... wuss... pada satu sisi dan terjangkau harganya pada sisi lain adalah oase di padang gurun. Tantangan ini dijawab oleh berbagai penyedia jasa koneksi Internet dengan caranya masingmasing mereka berlomba menggelar broadband lewat infratruktur darat, laut, udara, yang mereka miliki. Kabar terbaru yang cukup melegakan datang dari sektor serat optik. Kabelvision (PT Broadband Multimedia Tbk) pekan lalu mengumumkan (kembali) layanan broadband-nya kepada masyarakat dengan menggelar “Kabelvision Cyber Entertainment”. Kali ini

YAHOO OPTIMIS IKLAN ONLINE SEMAKIN BESAR
Meskipun para
perusahaan dotcom tahun lalu banyak yang berguguran karena minimnya pemasukan iklan, banyak pula yang masih optimis bisnisnya akan dibanjiri iklan di masa mendatang. Salah satu dotcom yang masih optimis adalah Yahoo.com. Yahoo sebagai salah satu pionir Internet sangat optimis terhadap pertumbuhan iklan online di Internet. “Iklan di Internet akan semakin berkembang,” jelas Tim Koogle, direktur Yahoo.com pada acara pembukaan Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss. Koogle melihat para perusahaan saat ini baru menganggarkan satu sampai tiga persen dari seluruh dana iklannya di dunia maya. Di Amerika misalnya, banyak perusahaan baru membelanjakan dana promosinya sekitar dua sampai tiga persen di Internet. Perusahaan Eropa juga hampir sama yaitu baru sekitar 1,5 persen. Ia melihat adanya kecenderungan para perusahaan akan lebih banyak menganggarkan porsi iklannya di Internet pada tahun-tahun mendatang. Optimisme ini didasarkan atas kenyataan bahwa dunia maya ini adalah media satusatunya yang dapat menyatukan perdagangan sekaligus promosinya. Untuk perusahaan sekelas Yahoo! mendapat roti iklan mungkin tidak terlalu sulit mengingat situs ini memang telah dikenal luas. Ya, optimisme memang harus tetap ada meskipun nyatanya banyak dotcom yang mati karena optimismenya tidak terwujud. (sil)

layanan yang mereka suguhkan ini juga diperkuat oleh enam ISP yang ada di Jakarta antara lain LinkNet, IndosatNet, CBN, Centrin, UniNet dan M-Web. Keenam ISP ini akan memasarkan layanan broadband dengan menggunakan infrastruktur yang disediakan oleh Kabelvision. Bergabungnya keenam ISP ini memang cukup menarik karena pada dasarnya mereka saling bersaing untuk mendapatkan pelanggan yang makin sulit diperoleh seiring dengan makin banyaknya pilihan ISP baru yang bermunculan. M-Web, misalnya, baru saja mengakuisisi PT Warnet Gemilang yang sudah mempunyai infrastruktur satelit yang sudah digunakan oleh jaringan warnet di Jakarta dan Yogyakakarta. Lebih dari pada itu, perusahaan induk mereka masing-masing –M-Web Indonesia dan Lippo—diketahui umum saling bersaing dalam sektor yang hampir mirip, terutama karena mereka berhadapan secara frontal dalam bisnis portal. Namun Stephen S. Gilmour, CEO M-Web Indonesia berkilah, “Perjanjian kerja sama ini akan memperluas keragaman jasa-jasa Internet yang M-Web tawarkan dan kita sekarang dapat menawarkan konektivitas broadband melalui serat optik dan juga jasa wireless delivery kami.” Beberapa ISP yang lain juga menganggap infrastruktur ini strategis dan ekonomis. “Sekarang, broadband yang

paling murah itu yang mana? Serat optik jauh lebih murah dibanding satelit. (Koneksi lewat) satelit untuk saat ini jauh lebih mahal. Sementara coverage Kabelvision juga makin lama makin berkembang,” jelas Dani Sumarsono, CEO Cyberindo Aditama (CBN). Aspek ekonomis di sisi pelanggan, terutama buat heavy user juga ditekankan oleh L.W. Hermawan dari Uninet, meski untuk itu ISP juga harus menambah hardware baru yang berarti cost baru. “Saya yakin, di masa datang, home user larinya juga akan ke layanan serat optik macam ini,” tuturnya. Dengan berlangganan akses broadband Kabelvision ini, maka koneksi Internet yang Anda langgan akan bisa mencapai gigabit per second, 24 jam sehari, dan tanpa biaya pulsa telepon lagi. Selain itu, Anda juga dapat menikmati lebih dari 50 saluran-saluran hiburan yang ada dalam fasilitas televisi kabelnya. Untuk dapat melanggan semua fasilitas tersebut, Anda harus berada dalam jangkauan layanan Kabelvision, yang bisa Anda cek di situs mereka, www.kabelvision.com. Selain itu juga dibutuhkan cable modem yang khusus digunakan untuk mengakses broadband Internet. Saat ini sudah tersedia sekitar 15 merek cable modem macam itu. (fbi)

4 PCplus

plusBelajar
“Seorang hacker asal Indonesia dihukum di Singapura lantaran membobol situs negeri itu.” Sementara, “Seorang hacker didenda puluhan ribu US $ karena membobol sistem komputerisasi Pentagon.” Berita itu pernah kita dengar. Banyak orang salah dengan istilah ini. Lantaran persepsi yang keliru itu, hacker dianggap sebagai sumber ancaman paling serius di dunia Internet. Kalangan jurnalis pun seringkali keliru membedakan istilah hacker “jahat” dan hacker yang “baik.”

Alois Wisnuhardana

No.16/II/13 Februari 2001

Hacker dan Cracker:

SIAPA DIA DAN APA BEDANYA?
dilakukannya. Hacker yang “jahat” -atau disebut crackeradalah orang yang tahu dalam ketidaktahuannya. Ia tahu apa yang dikerjakannya, tetapi seringkali tidak menyadari akibat dari perbuatannya. Dan yang pasti, ia tidak mau bertanggung jawab atas apa yang telah diketahui dan dilakukannya itu. sementara sebagian lagi berusaha mempertahankan. Ini adalah persoalan sudut pandang. Di mana kita berdiri, di situlah kita melihat segala sesuatu dengan cara pandang kita. Dari para filsuf kita belajar, ada empat macam golongan orang dalam memahami pengetahuan. Ada orang yang tidak tahu dalam

Memang, seringkali
masyarakat awam memukul rata istilah hacker, cracker, atau bahkan phreaker. Konotasinya hampir selalu negatif dan jahat. Padahal, tidak semua hacker jahat. Malahan, kalau kita menyebut istilah hacker, sesungguhnya mereka bukanlah penjahat. Ada di antara mereka yang justru berjasa besar karena menyelamatkan atau memperingatkan suatu sistem di Internet lewat kamahirannya, sehingga si pemilik menyadari kelemahannya. Kock Tyuh Whye, mahasiswa sekolah seni berumur 22 tahun dan Pang Soon Cheng, seorang pengangguran berumur 19 tahun dijatuhi hukuman penjara masing-masing delapan dan lima belas belas bulan oleh pengadilan Singapura. Mereka menyusup ke situs milik orang lain, merusak sistemnya dan membuat situs baru. Hal itu mereka lakukan sekadar untuk menunjukkan kepiawaian mereka dalam bidang bobol membobol sistem jaringan komputer. Namun, keduanya juga memiliki ribuan nomor kartu kredit yang digunakan untuk berbelanja di Internet. Mereka ini termasuk kategori cracker. Jahat dan baik, tentu saja adalah soal sudut pandang penilaian. Juga, siapa yang menilai. Bagi sementara orang, Gus Dur harus diganti,

HACKER DAN ETIKANYA
Karena hacker adalah orang yang tahu dalam ketahuannya, di dunia hackers tentu saja ada etika yang mesti dipenuhi dan dipatuhi bersama. Jadi, etika dalam dunia hacker merupakan semacam etika profesi dalam dunia kedokteran atau sumpah prajurit dalam dunia militer. Steven Levy dalam bukunya HACKERS: Heros of the Compu-ter Revolution menulis dengan gamblang dan jelas tentang eti-ka hacker ini. Menurut Levy, salah satu etika hacker adalah bahwa komputer harus membu-at kehidupan manusia menjadi lebih baik. Maka, akses terha-dap komputer seharusnya tidak dibatasi dan semua informasi seharusnya bebas diperoleh siapa saja. Dengan demikian, seorang hacker secara mendasar berbeda dengan cracker. Cracker berusaha membebaskan informasi di Internet untuk kepentingannya sendiri dan justru membuat kehidupan (di dunia cyber) menjadi begitu “menakutkan”. Eric Raymond, pengarang buku The New Hacker’s Dictionary mendefinisikan hacker sebagai programer yang cerdas. “Hacker yang baik memberikan

solusi terhadap masalah pemrograman yang timbul,” tulisnya. Lebih jauh, Raymond memberikan lima kriteria tentang seorang hacker. Pertama, mereka adalah orang yang menyukai pemrograman ketimbang hanya sekadar berteori. Kedua, mereka adalah orang yang jeli mengutak-atik detail pemrograman, dan ketiga, hacker selalu menangkap bahasa pemrograman dengan cepat. Keempat, mereka biasanya adalah orang-orang yang jago dalam bahasa pemrograman atau sistem tertentu seperti UNIX atau Windows. Dan terakhir, hacker adalah seorang yang mampu menginterpretasi dan mengapresiasi tindakan hacking yang dilakukan.

SIAPA ITU CRACKER?
Cracker adalah seseorang yang berusaha untuk menembus sistem komputer orang lain kemudian mencoba menerobos password atau lisensi yang digunakan dalam sistem tersebut. Lho, berarti sama dengan hacker dong? Tunggu dulu! Cracker menerobos sistem keamanan komputer orang lain untuk mengeruk keuntungan atau melakukan tindak kejahatan. Inilah batas yang membedakannya dengan hacker. Prinsip kerja hacker dan cracker sebenarnya sama. Tujuanlah yang membedakan keduanya. Hacker dan cracker dalam melakukan aksinya bisa keroyokan dari berbagai tempat, bisa pula sendirian. Dari segi kemampuan, cracker dan hacker juga tidak jauh berbeda. Bahkan, seringkali cracker memiliki ilmu yang lebih mumpuni dan keberanian serta kenekadan yang lebih besar ketimbang hacker. Namun dari segi mentalitas dan integritas, keduanya bagai bumi dan langit,

ketidaktahuannya (golongan pertama), ada pula orang yang tahu dalam ketidaktahuannya (kedua). Yang lain lagi, ada orang yang tidak tahu dalam ketahuannya (ketiga), dan terakhir, orang yang tahu dalam ketahuannya (keempat). Hacker yang “baik” adalah orang yang masuk dalam golongan keempat ini. Ia adalah orang yang tahu dalam ketahuannya. Artinya, ia mengetahui apa yang dilakukannya, menyadari seluruh akibat dari yang dilakukannya, dan bertanggung jawab atas apa yang

hitam dan putih. Hacker dan cracker dalam bekerjanya membutuhkan fasilitas yang sama dengan orang yang melakukan koneksi ke Internet yakni komputer, saluran telepon, dan modem. Lalu, apa yang mereka kerjakan dan peranti lunak apa yang dibutuhkan? Hacker dan cracker biasanya menggunakan sistem operasi UNIX atau turunannya seperti RedHat, FreeBSD, atau Slackware. Kalau tidak ada, mereka biasanya mencari shell account yang disediakan oleh ISP. Yang dibutuhkan berikutnya adalah program bantu untuk menjejaki sistem shell dalam sistem tersebut. Mereka juga memiliki berbagai pemrograman yang mampu meng-generate suatu output tertentu sehingga sistem jaringan bisa bobol dengan aplikasi tersebut. Pola pemrograman yang rumit inilah yang membuat julukan hacker tidak bisa disandang dalam sehari dua hari belajar. Menarik nggak? Akan lebih menarik bila Anda tahu bahwa tokoh-tokoh besar di dunia persilatan komputer ternyata adalah tokoh-tokoh hacker terkemuka. Siapa yang tidak kenal Linus Torvalds? Steve Wozniak? Tentu Anda juga pernah mendengar nama Kevin Mitnick. Tokoh hacker lainnya adalah Robert Morris, pencipta virus worm, yang menyebar di Internet secara otonom dan mengacak-acak program sendmail. Anak seorang ilmuwan di National Computer Security Center ini dikenal sebagai penulis virus andal dan pernah dikenai denda 10 ribu dolar AS oleh Computer Emergency Respond Team lantaran keusilannya. Yang lain adalah Steve Wozniak, penemu dan perancang serta pendiri perusahaan Apple Computer. Tokoh terkenal lainnya antara lain adalah Dennis M. Ritchie dan mitra kerjanya Ken Thompson. Masih ada pula nama-nama seperti Richard M. Stallman. Kevin Mitnick amat populer di lingkungan hackers dan pengelola jaringan lantaran kemampuannya menembus beberapa jaringan komputer dan lembaga riset. Sekarang, kita mulai mendapati benang merah antara si jahat dan si baik.

PCplus 5

plusInternet
From: kasih@lovemail.com Date: Tuesday, February 6, 2001 To: sayang@lovemail.com Subject: Digital Valentine

F.X. Bambang Irawan

No.16/II/13 Februari 2001

Palmerah, menjelang
Valentine’s Day 2001. Hello Sayang, sepertinya aku sudah menunggu datangnya Hari Kasih Sayang ini terlalu lama. Bukan berarti edisi kasih sayangku hanya terbit setiap 14 Februari saja, namun bersama jutaan orang lainnya aku ingin mengungkapkan letupan rasa (and passion) secara lebih spesial bak martabak. Aku punya rencana besar untuk mengungkapkan cintaku dengan sederhana (ingat Sapardi Djoko Damono?) namun harus agung, istimewa, elegan, bermakna, menyentuh, berkesan, romantis, berkelas, menawan, mempesona, mendebarkan, dan seribu bentuk suasana hati bahagia lainnya. Intinya, aku ingin “memvalentinimu” secara lain dari yang lain. Namun sampai pagi tadi aku masih bingung menemukan cara bagaimana mengusung semua kriteria itu dan meramunya menjadi persembahan rasa kasih sayang yang tepat melukiskan gejolak hatiku terhadapmu. Bingung, aku bingung. Tapi masak nggak mampu? Semua jalan lain ke “Romah” harus aku tempuh demi engkau, my lender of the last resort (?). Kamu tahu bagaimana akhirnya? Internet, honey, Internet saved me in the last minutes. Kebetulan aku baru saja langganan broadband, nih (broadband itu koneksi Internet dengan badwidth besar, bukan merek margarine itu, lho). Komputerku juga baru saja aku overclock, jadi larinya lebih kenceng. Dengan Internet aku bisa memilih-milih segala pernak-pernik yang perlu untuk menghias hatiku yang akan kusembahkan padamu. Semoga nanti kamu puas menerima sepotong hatiku yang seputih kapas penuh hias bak coretan kuas di atas kanvas. Aku harap kamu juga rela sehati sejiwa bersatu dalam lilitan jejaring kabel Internet. Singkatnya, kamu juga ngakses Internet dari warnet pojok kampus langganan kita dulu, deh! Warnet itu aksesnya lumayan cepat, suasananya romantis, santai, dan suka bikin kamu cemburu karena kasirnya semlohei, kan? Apa yang aku peroleh dari Internet? Wuih, segudang pernik, lambang, idiom, gairah, teknologi, filosofi, seni, yang semuanya dibalut warna pink

IJINKAN AKU “MEMVALENTINIMU” LEWAT INTERNET
www.valentine.com www.bluemountain.com

www.holidaychannel.com

www.romancegalore.com

www.holidaychannel.com/ valentine/. Di situ juga terdapat content standar untuk situs Valentine seperti kartu elektronik, resep dan menu khusus. Kalau bosan dengan acara yang itu-itu saja, sambangi www.modernvalentine.com/ agar acaramu lain dari yang lain. Coba juga menghias komputermu dengan screen saver bertema Valentine, yang bisa di-download dari www.123screens.com/ valentine.htm. Aku memang tak pandai bercerita soal cinta, makanya aku suka berdalih dengan menyanyikan lagu “Love Story”nya Andi William pada baris pertama seperti aku kutip di atas. Makanya, sebaiknya kamu baca aja cerita-cerita cinta dan puisi dari www.lovestories.com. Anggap saja kita jadi lakonnya, pasti kamu akan klepek-klepek merindukanku.

KARTU
Masihkah kau ingat, Sayang, dulu ketika aku bikin sendiri kartu Valentine yang amburadul, kamu senengnya bukan main sampai lari-lari keliling kompleks perumahan. Sekarang zaman Internet, kartu macam itu jumlahnya seabrek (tapi memang tak ada yang bisa menandingi kartu konyolku itu dulu!). Coba deh situs-situs ini: www.bluemountain.com, www.webmaniadesigns.com/ cards/valentines/, www.123greetings.com/ valentine/, www.cyber-cards.com/ Special/valentines/index.shtml. Kalau suka yang funky, simak www.marlo.com/holiday/v/ vale.htm. Yang tampil aneh karena tidak tampil ngepink adalah www.clubgreetings.com/ valentinesday/valentinesday.asp. Masih banyak situs-situs yang menyajikan layanan standar seperti www.valentine.com, www.valentines.com, www.lovingyou.com, dan lainlain. Situs ini seperti one stop shop untuk segala urusan cintamencinta. Coba cari-cari di sudutsudutnya, siapa tahu mengukuhkan atau memberi warna baru terhadap interface cinta kita. Yang jelas, yang paling mendesak dilakukan adalah memperlebar bandwidth kasih sayang, agar proses penyatuan hati bisa kita mulai sejak dini dan berjalan dengan smooth. Sudah menjelang pagi lagi, nih. Internet memang suka membuat terlena. Pokoknya, bila nanti tiba saatnya kita online bersama di hari spesial itu, aku ingin mengungkapkan perasaanku dengan: I love you, Je t’aime, Te amo, Ai shite imasu, Wo ai ni, dan Aloha wau ia oi nui loa. Big hug and big kiss!

www.lovestories.com

www.lovingyou.com

www.valentines.com

www.modernvalentine.com

ada di jagad ini. Benar-benar cocok buat membanjirimu dengan kode-kode, aura dan segala semiotika (apa sih semiotika?) kasih sayang. Namun harap dicatat bahwa kesemuanya masih akan kalah dengan potensi eksplosif kasih sayangku yang terpendam rapat di dalam hati, seperti ubi di kebun bibi. Juga tak akan bisa mengalahkan “penggombalanku” yang kali ini memang sengaja aku umbar bebas, sehingga mungkin (agak) keterlaluan dan ora mutu. Maaf, aku tak akan mengulanginya lagi (setidaknya sampai Valentine’s Day tahun depan). Penasaran kan? OK, Baby, let’s surf the ocean pink of Valentine’s Day sites!

MAKNA
Where do I begin to tell the story of how great a love can be? Mengapa kita harus “Valentinan”? Mengasihi orang kan tidak bisa dibatasi oleh momen-momen yang datang setahun sekali saja? Itu pasti pertanyaan yang bakal kamu cerocoskan. Aku mengenalmu, jadi aku tahu kamu akan kritis dan ngeyel untuk hal-hal seperti

ini. Oke, no problem, untuk mengantisipasinya kangmasmu ini sudah menyiapkan sederet situs yang mengupas latar belakang, riwayat atau mitos yang melatarbelakangi perayaan universal ini. Menurut www.theholidayspot.com/ valentine/ history_of_valentine.htm, Valentinan berawal dari sebuah tradisi Roma untuk memperingati martir Santo Valentinus dari tahun 270 M, yang dieksekusi karena berani menentang Kaisar Claudius II. Kaisar ini melarang para lelaki untuk kawin karena dianggap akan melemahkan “kualitas” para prajurit. Nah, cerita selengkapnya bisa disimak di situs tersebut atau juga di di www.me2u.com/LoveLore/ Valentine/. Itu makna dan latar belakang perayaannya. Bagaimana dengan maknamakna cinta sendiri? Kamu kunjungi www.romancegalore.com deh, di situ kita akan dituntun dengan berbagai panduan untuk mengelola romansa cinta kita. Ada tip untuk pria dan wanita, ada advis gratis, ada juga seni (jangan marah ya) untuk kencan

secara murah meriah, ada tip-tip untuk mencari pasangan yang ideal (awas, kamu sudah tak memerlukannya lagi, pasangan idealmu sedang menulis e-mail panjang ini!). Yang sebenarnya harus forbidden juga adalah http://www.women.com/ promotions/valentines/, karena situs ini dikhususkan bagi gadisgadis yang belum punya pacar.

AKTIVITAS
Khusus untuk hari istimewa ini, kamu juga bisa libur sehari untuk pantang coklat (bukan nyindir lho). Malahan kamu bisa belajar membuat coklat yang higienis, siapa tahu anak-anak kita nanti (sic!) doyan makanan ini. Kunjungi http:// techdirect.com/valentine/ vrecipes.html untuk resep-resep coklat yang didesain khusus untuk Valentinan. Tanggal 14 ini jatuh pada hari kerja, jadi aku nggak akan bisa menemanimu melewati saat-saat romantis itu. Namun jangan sedih, tetap rencanakan harimu dengan rapi, termasuk jadwal untuk online. Pada malam tersebut kita akan chatting menggunakan segala channel dan program yang ada, hahaha... Selebihnya, putuskan rencana yang nyaman dengan panduan

6 PCplus

plusDownload
NetAnts:
Poltergeist:

No.16/II/13 Februari 2001

MENGGENJOT PROSES DOWNLOAD ANDA
Pernahkah
Anda memperhatikan kehidupan gerombolan semut di dekat Anda? Bagaimana koloni mereka mengumpulkan makanannya? Biasanya semut akan memecahmecah makanan yang ditemukannya dan membawa makanan tadi dalam potongan kecil-kecil ke sarangnya. Setiap semut dalam kelompok ini memiliki andil yang sama pentingnya. Nah, prinsip inilah yang digunakan pada NetAnts. NetAnts adalah program download manager yang fungsinya mirip seperti Go!Zilla atau GetRight. Dengan menggunakan lima koneksi yang berbeda ke FTP atau HTTP yang dituju dan memecah file yang akan didownload terlebih dahulu, proses download bisa selesai lebih cepat. Bila satu koneksi terputus atau bermasalah, masih ada koneksi lain yang browser otomatis memanggil NetAnts bila akan mendownload suatu file. Tertarik memasang download manager ini? Untuk mendownload, klik saja situsnya di www.netants.com/ en/download.html. Anda bisa langsung mendownload secara gratis program instalasi berformat .ZIP yang berjudul netants.zip. Untuk menginstalnya, mekarkan dulu file ZIP berukuran 990KB ini. Program yang sangat mirip dengan Go!Zilla ini juga menyediakan pilihan dial-up otomatis ke ISP, ping server untuk menjaga hubungan, dan otomatis menutup program koneksinya setelah proses download selesai. Selain itu masih ada lagi fitur lain seperti support untuk proxy FTP dan HTTP, batch downloading, dan job priorities. Mau coba? (ibp)

PROGRAM PENJADWALAN PASTI BUAT ANDA
Banyak sekali
program penjadwalan aktivitas di komputer kita. Tetapi kita mungkin pernah mengalami bahwa program penjadwalan yang kita instal tidak bekerja sebagaimana mestinya. Misalnya kita menjadwalkan ingin memutuskan koneksi Internet pada jam tertentu, tetapi ternyata program penjadwalan kita ngadat. Bila kejadian ini menimpa kita, risikonya saluran telepon yang terkoneksi ke modem akan online terus. Lain halnya bila Anda menggunakan program freeware berbasis Windows yang satu ini. Program yang benar-benar bisa Anda dapatkan secara gratis ini mampu melakukan tugasnya dengan baik. Berdasarkan pengalaman ketika saya cuti selama 2 minggu, saya banyak mengandalkan program yang berukuran 3,5MB ini. Program ini bisa bekerja dengan sendirinya baik untuk dial-up ke ISP dan memutuskan koneksi secara otomatis setiap harinya. Penjadwalan program ini bisa dipilih per jam, harian, ataupun bulanan. Cara menginstalnya juga mudah sekali. Program penjadwalan ini bisa Anda dapatkan di www.spectre.com/ spectretech/poltergeist.html. Dapatkan juga nomor registrasinya secara gratis agar fungsi macro-nya bisa digunakan. Jadi tunggu apa lagi, biarkan aktivitas rutin harian Anda dikerjakan oleh si penjadwal Poltergeist ini!
Chandra Fungmadi IT Manager PT Rifan Financindo Sekuritas chandra@rifanfin.com

bisa menyelesaikan proses download tadi. Untuk mulai mendownload, klik saja file link pada browser Anda. Cara lain, lakukan saja drag and drop atau copy alamat URL-nya ke “drop basket” di desktop Anda. Sama seperti pada Go!Zilla, Anda juga bisa menghentikan proses download ini setiap waktu dan melanjutkannya di lain kesempatan. Selain itu, Anda juga bisa menetapkan beberapa file untuk di-download dan menyimpannya dalam job list NetAnts. Anda bisa mengaktifkan clipboard monitor yang otomatis mengambil file yang akan didownload tadi dan membuat

Fast Formulas:

Ericsson MusicBox 1.0:

KUMPULAN RUMUS UNTUK SPREADSHEET ANDA
Microsoft Excel spreadsheet set up interaktif yang berisi berbagai formula alias rumusrumus yang sering digunakan dalam berbagai bidang akademis termasuk akuntansi, marketing, manajemen operasi, dan engineering. Di sini setiap rumus diatur dalam beberapa spreadsheet MS Excel. Anda bisa langsung memasukkan nilai-nilai variabel ke dalam rumus tadi dan melihat hasil hitungannya. Anda hanya bisa mengisikan nilai variabel pada kotak yang ditandai berwarna biru dan untuk menjaga kesalahan penggunaan rumus, setiap formula di sini diset dengan proteksi. Anda bisa saja mengedit dan mereka-reka formula yang ada sesuai kebutuhan Anda dengan men-disable proteksi formula tersebut terlebih dahulu. Ingin menggunakan rumusrumus ini untuk aplikasi lain? Anda bisa melakukan proses copy dan paste setiap rumus ke berbagai dokumen. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan berbagai fitur yang tersedia dalam program Microsoft Excel Anda seperti biasanya. Bagi pemakai aplikasi spreadsheet selain Excel, misalnya Lotus 123 atau Quattro Pro, Anda pun masih bisa menggunakan kumpulan rumus yang tersedia. Caranya? Impor saja spreadsheet Fast Formulas ke format spreadsheet yang sedang digunakan. (ibp)

MELODI UNTUK PONSEL ANDA
Buat pemilik telepon
genggam alias ponsel, bergonta-ganti dering telepon sudah lazim dilakukan dewasa ini. Untuk merek Ericsson atau Nokia, Anda bisa mencoba men-download dering lagu kesukaan Anda lewat situssitus di bawah ini. Untuk Nokia klik saja di alamat http://homepages.ihug.com.au/~dandk/ NokMelodies.html. Dan untuk ponsel Ericsson, klik di alamat http://homepages.ihug.com.au/~dandk/Melodies.html. Di sini tersedia 200 pilihan melodi untuk ponsel Nokia Anda. Sedangkan bagi pengguna ponsel bermerek Ericsson pilihan melodinya bisa lebih banyak lagi, sekitar 1.000 lagu. Bagi pengguna ponsel Nokia dan Ericsson, Anda dapat memilih dering melodi sesuka Anda lewat pilihan dering dengan judul mulai dari huruf A sampai Z. Atau gunakan saja search engine untuk mencari lagu pilihan Anda. Di sini tersedia pilihan melodi dering berupa lagu kebangsaan berbagai negara, lagu klasik, dan soundtrack acara televisi atau film seperti Baywatch, MacGyver, James Bond, dan sebagainya. Untuk mendengarkan dering melodi yang Anda pilih sebelum dimasukkan ke ponsel, Anda dapat menggunakan Ericsson Musicbox 1.0 yang bisa di-download dari http:// homepages.ihug.com.au/~dandk/Musicbox.html dengan format ZIP sebesar 137KB. Cara mengoperasikan Ericsson Musixbox 1.0 adalah Anda tinggal melakukan copy dan paste dering melodi yang Anda pilih, lalu klik tombol Play. Untuk menghapusnya, tinggal klik saja tombol Clear.

Pernahkah Anda
mengalami kesulitan dengan penulisan rumus-rumus pada aplikasi Microsoft Excel? Atau mungkin Anda sering lupa rumus matematis yang harus Anda masukkan? Nah, Anda bisa mencoba software gratis berjudul Fast Formulas berikut ini. Fast Formulas bisa di-download dari www.fastformulas.com. Software ini merupakan

Asep saifuddin zii@rileks.com

PCplus 7

plusPonsel
Kawah Candradimuka selalu menanti produkproduk baru yang diluncurkan di pasar. Apalagi kalau produk baru tersebut juga sekaligus dipawangi oleh merek yang baru masuk pasar juga. Tahap perploncoan seperti itu tak pelak dialami juga oleh berbagai produk ponsel baru. Bagaimana mereka menyiasatinya?

Mersagita Prabudi

No.16/II/13 Februari 2001

HARU BIRU PONSEL-PONSEL BARU
promosi brand maupun produkproduk baru terlihat lebih gencar. Hal tersebut dibenarkan oleh Yosaphat Kristianto, yang akrab dipanggil Fofo, yang bertindak sebagai Marketing dan Customer Service Manager dari PT. Telpressindo Nusantara yang mengageni produk ponsel Motorola, Audiovox, dan new comer dari Perancis bernama Sagem. “Pelemparan produk baru ke pasaran perlu waktu untuk dapat diterima oleh konsumen,” ungkap Fofo. Alasannya tentu saja sudah jelas bahwa produk-produk yang sudah lama hadir di pasaran tentu saja lebih mengena di hati para konsumen. Terlebih lagi kalau produk tersebut bisanya sudah punya image yang kuat di pasar. Contoh kalau Anda ditanyakan nama mobil mewah, nama yang segera Anda ucapkan tentu saja Mercedes. Demikian pula dengan ponsel, tanyakan saja nama ponsel yang paling user-friendly alias nggak ribet kata orang muda, tentu Anda langsung menyebutkan nama Nokia. Maka tidak heran kalau Fofo mengatakan perlu waktu bagi Sagem untuk mendapat tempat di pasar. menampilkan pilihan, sehingga alunan lagu yang Anda dengar pun seketika akan terputus ketika ada panggilan telepon masuk. Lalu bagaimana dengan model MC 936? Fitur yang ditawarkannya tergolong biasa saja terkecuali bahwa model MC 936 ini sudah memiliki modem built-in sebesar 14,4 kbps. Selain itu, fitur yang ditawarkan oleh MC 936 ini antara lain warna cover yang bisa diganti-ganti dan juga ada 3 buah game yang bisa Anda mainkan (solitaire, mini golf, dan puzzle) dan juga speaker phone. Bentuknya yang lebih ramping dan juga trendi ini cukup menarik perhatian. Namun kalau hanya itu saja yang dijadikan senjata untuk memasuki arena persaingan ponsel, ya nggak cukup lah. Lain lagi dengan Siemens. Produsen yang brand-nya sudah cukup dikenal ini mulai bermain di level segmen baru.Namun dengan adanya brand yang sudah eksis mungkin keadaannya sedikit lebih baik dibandingkan Sagem. Pengeluaran produk baru Siemens SL45 yang masuk kelas high end jelas merupakan hal baru bagi Siemens di Indonesia.

“Hai… anak baruuuu, yah
payah masak dandanannya begitu sih…” Olok-olok seperti itu tentunya ditujukan kepada orang-orang yang baru memasuki lingkungan baru, sekolah, misalnya. Namun hal tersebut ternyata tidak hanya dialami oleh siswa baru saja. Produk-produk baru yang mulai masuk ke suatu segmen pasar juga mengalami hal yang kurang lebih sama. Bagaimana rasanya? Tentu sangat tidak mudah. Perasaan yang bercampur aduk antara sedih, gembira, dan sebagainya itu tumplek ke dalam satu wadah ketika mereka mulai masuk medan tempur sebenarnya, yaitu kompetisi dalam merebut apresiasi pasar. Perjuangan untuk mencapai hal tersebut lebih terasa berat lagi bagi produk-produk yang tergolong new comer. Mengapa? Coba bandingkan saja. Anak-anak yang baru memasuki lingkungan sekolah baru akan lebih kompak dalam menanggapi “serangan” kakak kelasnya. Tapi kalau produk baru, jangan harap. Karena semua pendatang baru harus siap tempur di pasaran.

“Pada ponsel Sagem, fitur Radio tersebut sudah terintegrasi,” ungkap Fofo. Maka tidak juga mengherankan kalau slogan untuk model MC 922 ini pun berbunyi “Your favorite radio broadcast in your GSM.” Model MC 922 ini pun memiliki fitur speaker phone di dalamnya yang masih jarang dimiliki oleh

model M100 dan Sagem juga bakal mengeluarkan produk sejenis. Lalu apa yang menjadi kendala bagi Siemens dalam memasuki level segmen high end ini? Meski tidaklah sebesar yang dihadapi oleh produk baru semacam Sagem, namun nampak bahwa medan perang yang dihadapi SL45 pun tidaklah mudah. Mengapa? Karena segmen high end tidaklah sepi produk. Justru pada level ini banyak juga produk bermunculan. Sebut saja Nokia dengan seri Communicator 9110 dan 9210. Malahan terbatasnya konsumen pada segmen ini bisa menjadi kendala yang cukup serius bagi pihak produsen. Namun hal ini sudah diantisipasi oleh pihak Siemens yang memiliki slogan “Be inspired” ini. Bagaimana bentuk antisipasinya? “Kami mengeluarkan produk yang bisa dikategorikan ke dalam 5 segmen pasar,” ungkap Indra Gunawan, Product Management Mobile Devices dari PT. Dian Graha Elektrika (DGE) yang mengageni produk-produk Siemens di Indonesia. Sehingga bisa jadi trade-off nya terjadi pada level middle end yang menyediakan pangsa pasar terbesar untuk produk ponsel ini. Hal ini juga dibenarkan oleh Fofo bahwa ponsel berharga 1 – 1,5 juta merupakan pangsa terbesar di Indonesia. Pada pangsa pasar ini masih bisa dikatakan seimbang. Produk yang bermunculan banyak namun diimbangi juga oleh konsumen yang banyak pula.

PROMOSI LEBIH INTENSIF
Lalu bagaimana sebetulnya apresiasi masyarakat terhadap produk-produk baru tersebut? Respons masyarakat nampak baik-baik saja terhadap bermunculannya produk anyar di pasaran ponsel ini. Gejala ini terlihat ketika digelar pameran produk telekomunikasi di JHCC yang baru lalu. Fofo, misalnya, mengatakan bahwa produknya laku keras di pameran tersebut. Tercatat sekitar 120 buah produk Sagem (MC 922 dan MC 936) terjual di kesempatan itu. Sementara Indra mengatakan hal yang kurang lebih sama. Malahan Indra mengatakan karena demand terhadap SL 45 yang sangat tinggi, maka pihaknya berani menargetkan sejumlah 90 ribu pada tahun ini. Tercapaikah target mereka? Entahlah, keinginan pasar dan terutama perilaku konsumen memang sulit ditebak. Meski begitu masa depan ponsel-ponsel baru nampaknya tetap cerah. Alasannya? “Tanya saja Galileo.”

PRODUK ANYAR SELALU MENDAPAT RINTANGAN
Dan konsumen pun akan merespons lebih keras lagi terhadap produk-produk baru ini. “Ih apaan tuh, mereknya juga nggak terkenal,” mungkin itu komentar yang pertama kali keluar dari mulut para konsumen. Tentu ini berlaku bagi produk yang bahkan namanya saja baru terdengar. Gawatnya, konsumen biasanya langsung mengasosiasikan brand baru dengan kualitas yang rendah, meski kenyataannya tidak selalu demikian. Sementara bagi produk baru dari vendor yang sudah memiliki brand image yang kuat tentunya sindiran tersebut tidak lagi dialami. Salah satu hambatan yang dialami mungkin ketika vendor tersebut mulai memasuki segmen pasar di mana brand mereka tidak terlalu kuat. Nah itulah masalahnya. Dan masalah ini yang rupanya membuat

FITUR BERAGAM MUNGKIN MEMBANTU APRESIASI PASAR
Lalu apa sih yang ditawarkan oleh Sagem? Di Indonesia, ponsel Sagem hadir dengan dua pilihan model, yaitu MC 936 dan MC 922. Dari dua model ini nampak yang bakal dijadikan primadona adalah model MC 922. Lho koq begitu? Alasannya tiada lain karena model MC 922 memiliki fitur yang unik yang di pasar ponsel di Indonesia belum ada yang menandinginya. Apa fiturnya? Fitur yang dimaksud tiada lain radio FM yang terintegrasi ke dalam ponsel. Memang betul, pihak Ericsson pun dengan model T10 nya bisa memainkan radio FM. Tapi ponsel tersebut tidak bisa dikatakan ponsel berfitur radio FM karena sifatnya yang add on tersebut. Anda perlu merogoh kocek sekitar 250 ribu rupiah untuk mendapatkan perangkat yang bisa menampilkan radio FM pada ponsel Ericsson T10.

“Harus siap tempur”

produk lain. Tercatat baru beberapa saja ponsel yang memiliki fitur speaker phone ini antara lain Alcatel 501 yang berharga di atas 2 juta dan Nokia Communicator yang harganya jauh lebih tinggi lagi. “Pada Sagem MC 922, kesemua fitur tersebut bisa didapat dengan harga hanya sekitar 1,45 juta rupiah saja,” lanjut Fofo setengah berpromosi. Namun ada sayangnya, pada model MC 922 ini tidak

Namun Siemens tidak mau terjebak dalam pembuatan produk yang sekadar mahal saja. Justru mereka melengkapinya dengan beragam fitur yang diperkirakan bakal menarik perhatian. Pemunculan fitur MP3 player jelas menjadikan SL45 sebagai pelopor untuk produk sejenis. Namun hal ini tidak lama lagi akan diramaikan oleh produsen lainnya. Samsung, misalnya, sudah mengeluarkan

8 PCplus

plusVirus
Selain masih gres, virusvirus yang akan dibahas di sini tidak perlu dicari pemunahnya. Bukan karena dahsyatnya tetapi lantaran ia cuma sekadar iseng. Ada beberapa virus yang mampu dilacak asal mulanya, namun ada pula yang menyelinap begitu saja di belantara jagad maya, dan tahu-tahu muncul di sistem komputer. Simak baik-baik dan jangan sampai tergertak oleh ancamannya!

Alois Wisnuhardana

No.16/II/13 Februari 2001

VIRUS HOAX PALING GRES DI JAGAD MAYA
3. WAZUP
HOAX
Virus jenis ini juga bukan berdaya rusak tinggi dan tergolong olok-olok alias hoax. Hoax ini pertama kali beredar di lingkungan pengguna Internet berbahasa Perancis dan dicurigai juga berasal dari negeri anggur tersebut. Berikut ini salinan dalam versi bahasa Inggris dari pesan tersebut. Attention, new virus!!!! We must take in the seriousness of this virus. It is very significant to read what follows especially for those and those which navigate on Internet. You know certainly the advertizing of Budweiser where young men have fun in by shouting through their telephone “ WAZ UP? “ (also known as Waza). Many of you enjoy this advertising which is very funny! Then a group of hackers created a virus hidden in Mp3 that when opening removes system files and all the files in zip, doc and jpg. Microsoft communicated the message to us which follows. PLEASE distribute this message to any person whom you know who has access to the Internet. Perhaps you will receive a file Mp3 (piece of music) of Budweiser which of first appearance will not appear offensive to you. The message is entitled Waza.mp3 with a size of 472 KB. If you receive it, DO NOT OPEN it in any case - delete it immediately. When opening it, you will lose the SYSTEM FILES of your computer and your hard disk will be infected in an irremediable way. Moreover, the hackers will be able to pirate your computer and will have access with your name and your password via the Internet. All that we know it is the virus was launched on January 3 2001. This very new virus is extremely dangerous. Please communicate this information by mail to all the addresses in your address book. Mcaffe affirms that no antivirus can destroy it. Please take all the precautions necessary, and to communicate this message to your

Pada bulan Januari saja,
tercatat 25 jenis virus baru muncul. Meski sebagian besar berkategori low, yang namanya virus tetap saja membikin resah pengguna komputer. Agen antivirus terkemuka McAfee melaporkan, empat dari dua puluh lima jenis itu ternyata sekadar ulah orang iseng dan tidak perlu dicarikan obat pemunahnya. Lalu? Cukup Anda basmi dari e-mail client Anda sendiri!

1. GIRLS OF PLAYBOY HOAX
Virus ini berkategori hoax yang daya rusaknya lebih rendah dibanding worm, trojans, atau virus. Artinya, sebenarnya ini lebih merupakan semacam ledekan atau informasi palsu. Ditemukan pertama kali tanggal 30 Januari lalu, ditengarai bahwa sumber asal mula virus ini adalah negeri Samba, Brasil. Dilaporkan, virus yang menyebar melalui e-mail ini tidak menimbulkan kerusakan sehingga beberapa perusahaan pembuat antivirus tidak menganggapnya sebagai ancaman. Ingin tahu ujud olok-olok itu? Inilah dia. Subject: Important new virus Importance: High A lot of attention!!! b Microsoft has just announced the most fatal of all the viruses!! BANCOC.VBS That virus was discovered in Argentina and is spreading very quickly throughout the whole world. It spreads with the title “Girls of Playboy” and forces the reader (user) to save it in the hard disk. The virus has the attachment BANCOC.VBS. We need everybody to help stop the virus. Up to now, nobody has found a vaccine against it. McAfee and Norton announced the same being of high risk. Be careful, it destroys your hard disk and erases Windows off your hard disk!!! Send this email to all your friends... Thank you for your attention.

When OPENING the FILE, an ANIMATION OF pIKACHU APPEARS(THE PRINCIPAL CHARACTER OF POKEMON SERIES), the ANIMATION IS VERY COMICAL, IT SHOWS PIKACHU DOING FUNNY STUFF, BUT MEANWHILE the VIRUS REPLICATES IN YOUR COMPUTER, IT DIRECTLY ATTACKS the FILE ALLOCATION TABLE. WHENEVER YOU RUN A PROGRAM, the VIRUS EXECUTES AGAIN. BUT THIS IS NOT ALL THAT IT DOES, IT ALSO ELIMINATES ANTIVIRUS SOFTWARE, CREATES AN IP CONFLICT(CONNECTION TO INTERNET) AND WHENEVER IT’S ACCESSED WITH WINDOWS EXPLORER WITH THE INTENTION OF UPDATING YOUR ANTIVIRUS SOFTWARE (THAT WAS ALREADY ERASED) PIKACHU APPEARS AGAIN. WHEN THE ATTEMPT IS MADE TO INSTALL A NEW PROGRAM, THE VIRUS CONNECTS TO THE INTERNET, SENDS ITSELF TO ALL YOUR ADDRESS BOOK ENTRIES, SENDS YOUR USERNAME AND PASSWORD TO THE AUTHOR OF THE VIRUS AND FORWARDS EVERYTHING ON THE HARD DISK TO HIM, LEAVING THE VIRUS AS THE ONLY FILE, AND UPON REBOOT, THE VIRUS IS EXECUTED AND EVERYTHING BEGINS AGAIN, LEAVING THE HARD DISK UNUSABLE, BUT IT ALSO KEEPS A COPY IN THE BIOS, LEAVING IT UNUSABLE. SEND THIS EMAIL TO EVERYONE YOU KNOW, IT IS VERY DANGEROUS AND THERE ARE FEW PEOPLE WITH KNOWLEDGE OF THIS VIRUS.

4. PIKACHUS BALL HOAX
Sama dengan ketiga jenis hoax di atas, pesan e-mail ini juga termasuk kategori virus usil yang tak bertenaga. Tidak diterima laporan bahwa terjadi kerusakan akibat penyebaran virus ini. Ditemukan pertama kali persis seminggu setelah perayaan tahun baru, virus ini tampaknya sekadar mengusili pengguna e-mail dan relatif awam terhadap ancaman virus. Mau tau ancaman atau koar-koarnya yang ditulis dalam huruf kapital semua? WARNING!!!!!! YESTERDAY THE COMPANY SYMANTEC, CREATOR OF NORTON ANTIVIRUS, PUBLISHED IN THE NEW YORK TIMES A NOTE WHICH MENTIONS A NEW VIRUS THAT IS VERY RECENT AND HAS NO CURE. THE VIRUS ARRIVES IN AN E-MAIL. SUBJECT: A GREAT GAME FOR YOUR CHILDREN. ATTACHMENT: PIKACHUS BALL.exe

2. NEPALESE TANTRA TOTEM
File ini juga bukan merupakan virus atau file berbahaya melainkan sebuah file Powerpoint Slideshow (.PPS). Jadi bentuknya jelas file data. Ia pertama kali diidentifikasi 17 Januari lalu. Beberapa administrator jaringan boleh jadi mencurigai file ini, namun tidak ada macro yang terhubung dengan file ini. Bila Anda menemukannya, Anda dapat mengujinya dengan mengompres file ini menggunakan WinZip. Ia akan menjadi berukuran 310.272 byte. Cara menghapusnya gampang: buang saja dari e-mail Anda dan jangan teruskan ke relasi lain!

Kalau kita perhatikan berbagai jenis hoax di atas, sebenarnya virus-virus itu praktis tidak menimbulkan kerusakan apa pun di dalam sistem komputer kita. Namun, seringkali kita juga terjebak dengan ikut-ikutan menyebarkan pesan ancaman itu kepada relasi. Memang, pesan virus-virus baru akan melesat sedemikian pesat di belantara maya. Dan karena ketidaktahuan kita, seringkali kita berpartisipasi dalam penyebaran hoax. PCplus belum menengarai, pesan-pesan tersebut dalam versi bahasa Indonesianya. Bila pernah menerima pesan serupa, nggak usah panik dan tidak perlu disebarkan kepada relasi. Cukup kita tendang saja dia ke “recycle bin”.

PCplus 9

plusTrik

No.16/II/13 Februari 2001

MEMAINKAN GAME TERSEMBUNYI DI MS EXCEL 97
Apakah Anda
membutuhkan sedikit hiburan, game misalnya, setelah lama sibuk mengetik dengan MS Excel 97? Jangan terkejut bila ternyata di dalam MS Excel 97 terdapat sebuah game flight simulator tersembunyi. Berikut ini cara mengaktifkannya: 1. Bukalah sebuah dokumen baru (Ctrl + N). 2. Tekan tombol F5. Sebuah dialogue box Go To akan terbuka. 3. Ketikkan x97:L97 dalam Reference box dan tekan Enter. Apabila Anda mengetikkannya dengan benar maka akan muncul sebuah blok dari sel L97 sampai X97. 4. Tekan tombol Tab. Sel L97 yang aktif akan bergerak ke M97. 5. Tekan dan tahan tombol Ctrl + Shift. 6. Pada saat menahan kedua tombol tersebut, klik tombol Chart Wizard pada deretan icon (tombol tersebut berbentuk seperti grafik batang). 7. Selanjutnya, sebuah jendela flight simulator akan muncul. Untuk menjalankannya, klik kiri untuk maju dan tahan untuk mempercepatnya. Klik kanan untuk mundur dan tahan untuk memperlambatnya. Gerakkan ke kiri dan ke kanan untuk berbelok. Gerakkan maju untuk turun dan mundur untuk naik. Untuk keluar dari game tersebut tekan Esc. Untuk keluar dari game sementara waktu, tekan Alt + Tab. Bila Anda cukup jeli, Anda akan menemukan sebuah bukit dengan layar bergerak yang menampilkan namanama programer MS Excel 97. Sayangnya, untuk mengaktifkan game ini lagi Anda harus keluar dari MS Excel 97, memanggilnya kembali dan mengikuti langkah-langkah 1 s/d 7 di atas. Selamat mencoba.
Arief Hendra Saptadi ariefhs@operamail.com

MEMPERCANTIK WINAMP DENGAN SKIN MAKER
Sungguh asyik mendengarkan musik MP3 dari sekeping
CD yang mampu menampung ratusan judul lagu. Bagi penggemar musik, format MP3 tentu sudah tidak asing lagi. Demikian pula Winamp MP3 player. Dalam keasyikan mendengarkan musik, mungkin kita juga merasa bosan dengan tampilan skin Winamp yang berwarna hitam dengan equalizer dan playlist-nya, atau kita hanya mempunyai sedikit persediaan skin yang kita download dari Internet, sehingga kita perlu menambah koleksi. Bukankah lebih bagus kalau kita membuat Skinner Winamp dengan bantuan software Winamp Skin Maker yang mudah kita temui di persewaan CD-program? Anda dapat menggunakan program tersebut dengan sangat mudah sekali, dengan langkahlangkah sebagai berikut: 1. Buka program Winamp Skin Maker. 2. Klik File, pilih Load Multiple Image 3. Klik Load untuk Main Skin, pilih image atau gambar yang terdapat pada salah satu direktori hardisk Anda dalam format JPEG, BMP, atau yang lain. Kemudian klik Load untuk Equalizer Skin, begitu pula dengan Playlist Skin. Pilih salah satu image yang Anda sukai. Agar skin terasa lebih pas dan enak dilihat, alangkah lebih baik image atau gambar terlebih dahulu kita olah dengan bantuan Adobe Photoshop, dengan ukuran image 275x116 pixels. Anda dapat memodifikasi image tersebut dengan menambah efek-efek dan berbagai macam filter yang disediakan Photoshop. 4. Setelah semua gambar terpilih, klik tombol OK, kemudian klik Make Skin! Anda akan melihat tampilan skin yang telah Anda buat. 5. Sekarang Anda dapat memodifikasi tampilan skin dengan tool yang telah disediakan Winamp Skin Maker. Anda dapat mengubah warna background, mengubah bentuk Font, warna equalizer dan yang lainnya sesuai keinginan Anda. Sekarang Anda dapat mendengarkan lagu sambil memandangi gambar diri Anda atau pacar pada Skin Winamp. Selamat berkarya!

MEMANFAATKAN OPEN WITH...
Anda pasti pernah
menginstal lebih dari satu program pada Windows Anda, yang bisa menangani suatu jenis file yang sama. Sebagai contoh Anda menginstal 2 atau lebih MP3 player, misalnya Winamp dan Sonique. Umumnya setelah Anda menginstal program baru, maka program baru tersebut akan mengambil alih penanganan suatu jenis file, dalam contoh maka jika Anda menginstal Winamp dulu kemudian Anda menginstal Sonique, maka jika Anda mengklik/ dobelklik file LAGU.MP3, maka secara otomatis file tersebut dibuka oleh Sonique. Tapi mungkin ada sebagian yang ingin kalau file MP3 tersebut tetap dibuka dengan Winamp, tetapi tetap ingin mempunyai alternatif player MP3, dalam hal ini Sonique. Ada suatu trik kecil yang dapat digunakan 1. Tekan tombol Shift+klik kanan pada file MP3 yang dipilih. 2. Akan muncul menu popup, pada menu ini pilih “Open With” 3. Akan muncul window Open With, pilih program yang dikehendaki (Winamp), check (centang/ V ) pada bagian “Always use this program to open these files” 4. Klik OK Pada Windows ME, pada sub-menu pop-up “Open With” pilih choose program. Sejak saat ini, jika Anda mengklik/dobelklik file MP3, maka Winamp menjadi pilihan utama Windows untuk memainkannya. Trik ini juga dapat berlaku pada semua jenis file.

Nurhaji Ali Khosim bedjo@byke.com Mahasiswa STIE Widya Wiwaha Yogyakarta Tonanggan 409 Delanggu Klaten Jateng 57471

Giawan Ardhianto<giw@doramail.com> http:\\www.anakaneh.net P.Pamungkas IDI 309 Ngemplak Jl.Kaliurang km.14 Sleman Yogyakarta 55584

MEMBUKA CONTROL PANEL PADA START MENU
Anda yang sering
membuka Control Panel melalui My Computer, Control Panel/Start, Setting, Control Panel pasti akan merasa kerepotan karena langkah yang ditempuh terlalu panjang. Bila Anda mencoba trik ini, Anda dapat membuka Control Panel dengan cepat melalui Start Menu: 1. Click kanan mouse pada 2. 3. 4. bagian Taskbar yang kosong, pilih Properties Pada Dialog Box ‘Taskbar Properties’, click tab ‘Start Menu Programs’ Click tombol Advenced Setelah Windows Explorer terbuka, klick kanan mouse pada jendela sebelah kanan, pilih New, Folder Beri nama folder baru dengan nama Control Panel. {21ec2020-3aea-1069-a2dd08002b30309d} Dengan cara ini Anda tidak perlu lagi repot-repot membuka Control Panel dengan cara lama, cukup mengklik tombol Start dan sorot Control Panel.
Steven Andy Pascal Jl.Imam Bonjol 270 D Denpasar-Bali webmaster@stevencom.com http://www.stevencom.com

MENGEMBALIKAN PASSWORD DIAL-UP
Kadangkala Windows melupakan password yang
kita buat di dial up. Hal itu bisa disebabkan 2 hal. Pertama, client for microsoft network tidak terinstal (lihat gambar). Untuk menginstalnya klik Start|Setting|Control Panel|Network lalu periksa, apakah “Client for Microsoft Networks” ada, kalau tidak ada klik Add|Client|Add|Client for Microsoft Network|ok|ok dan restart komputer Anda. Kalau “Client for Microsoft Network” ada, berarti ada kerusakan berada di file yang menyimpan password, untuk mengatasinya klik Start|Search|For file or folders dan di kolom search ketik *.pwl lalu tekan Enter. Biasanya file tersebut bernama pemilik komputer. Misalnya si pemilik bernama Joko maka kemungkinan besar filenya bernama joko.pwl. Setelah filenya ditemukan buanglah file tersebut dan restart komputer Anda. Komputer Anda tidak akan “pikun” lagi.
Ronny Hartanto aircraft@indo.net.id

5.

10 PCplus

plusProgram
Minggu ini kita akan melanjutkan pelajaran kita dengan istilah statement, ekspresi, operator, increment decrement, postfix, dan prefix. Yang tidak boleh Anda lupakan, segera praktikkan langkah-langkah karena pemrograman itu seperti belajar sepeda. Kalau tidak dicoba terus, tidak bakal cepat bisa dan lancar.

Christianto Sahat Kurniawan

No.16/II/13 Februari 2001

MEMAHAMI STATEMENT, EKSPRESI, DAN OPERATOR DALAM BAHASA C++
lebih dikenal dengan istilah operand. Pada intinya, dalam C++ dikenal dua jenis operator, yaitu assignment operator dan mathematical operator.

ASSIGNMENT OPERATOR
Operator ini akan memberikan nilai pada sisi sebelah kanannya ke variabel yang ada di sebelah kirinya. Assignment operator dilambangkan dengan simbol sama dengan (=). Contohnya, pada ekspresi: hasil=bilangan1+5; Variabel hasil terletak di sebelah kiri operator =, dan bilangan1 + 5 terletak di sebelah kanan operator. Hasil, bilangan1, dan 5 merupakan operand. Maka, harga yang dihasilkan bilangan1 + 5 akan diisikan kepada variabel hasil. Sekali lagi ingat bahwa assignment operator tidak sama dengan sama dengan (=).

STATEMENT
Sebuah program, pada intinya terdiri dari perintahperintah yang akan dieksekusi secara sekuensial alias berurutan. Perintah-perintah dijabarkan dalam bentuk statement. Statement mengendalikan urutan eksekusi, mengevaluasi ekspresi, atau tidak melakukan apa pun. Semua statement pada C++ berakhir dengan tanda titik koma (;). Salah satu contoh statement adalah pada program pertama kita, yaitu : Cout << “hello world “; Contoh yang lain lagi adalah: hasil=bilangan1+5; Statement ini tidak berarti bahwa harga variabel hasil sama dengan jumlah variabel bilangan1 dan 5, tapi berarti masukkan nilai bilangan1 + 5 ke dalam variabel hasil. Sama dengan akan dilambangkan dengan operator = = (lebih lanjut mengenai operator akan kita bahas di bawah). Pada statement, karakter space, tab, ataupun baris baru akan diabaikan. Jadi, Anda dapat saja menuliskan statement dalam dua baris. Contohnya begini: hasil=bilangan1+5; Atau hasil = bilangan1 + 5; Atau hasil = bilangan1 +5 ;

1 //Program 1. Contoh program pembagian 2 #include <iostream.h> 3 typedef unsigned short int PENDEK; 4 main() 5 { 6 PENDEK bil1=10; 7 PENDEK bil2=5; 8 PENDEK bil3=11; 9 PENDEK hasil; 10 11 12 hasil = bil1 / bil2; 13 cout << “Harga hasil adalah : “ << hasil; 14 15 hasil = bil3 / bil2; 16 cout << “\n Harga hasil sekarang adalah: “ << hasil << endl; 17 18 return 0; 19 } Program 1

ini akan sangat berguna.

adalah memberikan nilai x kepada c, yaitu 6, baru setelah itu menambahkan x dengan 1. Jika setelah statement di atas Anda tuliskan lagi: d=x++; maka variabel d sudah terisi dengan nilai 7. Contoh programnya dapat Anda lihat pada Program 2.
1 /* Program 2. Contoh penggunaan increment dan decrement, postfix dan prefix. */ 2 3 #include <iostream.h> 4 5 main () 6 { 7 int bilsatu =5; 8 int bildua; 9 10 11 bilsatu += 1; // bilsatu = bilsatu + 1 12 cout << “Harga bilsatu adalah : “ << bilsatu 13 << endl; //bilsatu=6 14 15 bilsatu = —bilsatu; // bilsatu kembali ke 5 16 cout << ”Harga bilsatu sekarang : “<< bilsatu << endl; 17 18 bildua = bilsatu++; //bildua =5 19 cout << “harga bildua adalah : “<< bildua << endl; 20 cout <<”harga bilsatu adalah : “<< bilsatu << endl; 21 22 return 0; 23 } Program 2

INCREMENT DAN DECREMENT
Pada C++, penambahan dengan 1 disebut dengan increment, sedangkan pengurangan dengan 1 disebut dengan decrement. Pada C++, digunakan operator khusus untuk increment, yaitu ++, dan karakter untuk decrement adalah —. Contohnya, jika Anda ingin menjumlahkan variabel C dengan 1, maka Anda dapat melakukannya sebagai berikut: C = C + 1; Atau dengan cara sebagai berikut: C+ = 1; Atau dengan operator increment: C++; Operator increment ini tidak akan Anda temui pada C, oleh karena itulah bahasa C++ dinamakan, karena kekhasan operator increment-nya. Penempatan operator increment dan decrement dapat dilakukan di depan variabel dan di belakang variabel. Penempatan operator increment atau decrement di depan variabel dinamakan prefix, sedangkan penempatan di belakang variabel disebut postfix. Pada statement yang simpel -hanya satu baris- mungkin hasil yang diberikan akan sama untuk dua macam tipe penempatan operator ini. Tapi, kedua tipe penempatan itu akan memberikan hasil yang berbeda pada statement yang kompleks yang terdiri dari banyak ekspresi. Jadi, Anda harus hati-hati dalam penempatan operator increment dan decrement ini. Misalkan, Anda ingin menambahkan variabel x dengan 1 dan hasilnya dimasukkan pada variabel c: c = x + 1; Anda dapat lakukan juga dengan menuliskan: c = ++x ; Pada contoh di atas, pertama kali nilai x ditambah dulu dengan 1, baru hasilnya diberikan kepada variabel c. Jika nilai x semula adalah 6, maka pertama kali x ditambah satu menjadi 7, dan 7 akan diberikan kepada variabel c. Berbeda halnya jika Anda tuliskan sebagai berikut: c = x++; Pada contoh ini, yang dilakukan kompiler pertama kali

MATHEMATICAL OPERATOR
Operator ini diperlukan dalam perhitungan matematika. Operator matematika ada 5 jenis, yaitu penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), pembagian (/), dan modulus (%). Ingat, saat menggunakan operator matematika ini, Anda harus bisa mengukur nilai hasil yang akan diberikan ada pada jangkauan bilangan mana, agar Anda dapat menentukan tipe data dengan tepat. Misalkan, Anda menggunakan unsigned short int untuk mengurangi suatu bilangan dengan angka yang besar, maka Anda seharusnya akan mendapatkan nilai negatif, padahal nilai negatif tidak didefinisikan pada tipe data unsigned short int.

EKSPRESI (EXPRESSIONS)
Segala sesuatu yang mengevaluasi nilai adalah ekspresi di dalam C++. Sebuah ekspresi akan mengembalikan suatu nilai. Jadi, hasil=bilangan1+5; pada contoh di atas juga merupakan ekspresi. Semua ekspresi merupakan statement.

PEMBAGIAN DAN MODULUS
Sekarang, coba buatlah program seperti Program 1. Program tersebut pada intinya adalah melakukan dua kali operasi pembagian. Hasil yang diberikan kompiler adalah sebagai berikut : Harga hasil adalah : 2 Harga hasil sekarang adalah : 2 Press any key to continue

unsigned short int yang diberi nama alias PENDEK. Pada baris 12 dan 15 adalah operasi pembagian. Sekarang coba perhatikan, bahwa pada baris 13, variabel hasil akan diisikan dengan nilai 2, karena merupakan pembagian bilangan 10 dengan 5. Dan ini dicetak dengan benar. Tapi pada baris 16, di mana variabel hasil harusnya diisikan dengan hasil pembagian bilangan 11 dengan 5, dalam hal ini 2,2, tetap saja yang tercetak adalah bilangan 2. Pada akhir baris 16 ada keyword endl, yang fungsinya sama seperti escape character \n, yaitu memberikan baris baru. Pertanyaannya, mengapa pembagian angka 11 dengan 5 tetap memberikan hasil 2? Operator pembagian akan membagi sebuah bilangan dengan bilangan yang lain. Pada pembagian, tidak selalu hasil yang dikembalikan adalah bilangan bulat, terkadang Anda akan mendapat bilangan desimal. Contohnya, pembagian 10 dengan 5 akan menghasilkan nilai yang bulat, yaitu 2. Tapi jika Anda membagi 11 dengan 5, hasilnya 2,2. Jika Anda salah mendefinisikan tipe data pada variabel, misalkan Anda deklarasi variabel dengan integer, maka hasil pembagian tadi akan dibulatkan ke bawah, dalam hal ini dibulatkan 2,2 menjadi 2.

Hasil yang diberikan kompiler adalah sebagai berikut: Harga bilsatu adalah : 6 Harga bilsatu sekarang : 5 harga bildua adalah : 5 harga bilsatu adalah : 6 Press any key to continue . . .

ANALISIS PROGRAM
Pada baris ke 7, variabel bilsatu diisi dengan nilai 5. Pada baris ke 11, variabel bilsatu ditambah dengan 1, sehingga hasilnya 6. Ingat, harga bilsatu sekarang sudah menjadi 6. Kemudian pada baris ke 15, operator decrement diletakkan sebagai prefix. Perhatikan pada baris ke 15, ada variabel bilsatu yang terletak di sebelah kiri operator = dan ada yang terletak di sebelah kanannya. Pada baris ke 15, yang dilakukan kompiler adalah mengurangi nilai bilsatu yang ada di sebelah kanan operator = dengan nilai 1, sehingga hasilnya adalah 5, dan nilai ini barulah dimasukkan ke dalam variabel bilsatu yang terletak di sebelah kiri operator =. Pada baris ke 18, yang dilakukan kompiler adalah memberikan harga variabel bilsatu, yang dalam hal ini sudah berubah menjadi 5 kepada variabel bildua, kemudian kompiler menambahkan 1 kepada variabel bilsatu sehingga di akhir program variabel bilsatu kembali menjadi 6. Bagaimana? Dapat dimengerti? Minggu depan akan kita lanjutkan dengan loop dan logical operator.

MODULUS
Modulus adalah operator untuk mengambil sisa hasil pembagian integer. Misalnya, pembagian 11 dibagi 5 hasilnya adalah 2 dengan sisa 1. Nah, jika Anda menggunakan operator modulus. 11%5, hasil yang diberikan adalah sisanya, yaitu 1. Operator ini akan sangat berguna dalam hal-hal yang berhubungan dengan kelipatan suatu bilangan. Misalkan, Anda ingin melakukan suatu aksi, misalnya mencetak suatu huruf, setiap kelipatan 10, operator modulus

OPERATOR
Seperti namanya, operator adalah suatu simbol yang akan melakukan operasi. Untuk beroperasi, tentu harus ada objeknya. Misalkan seorang operator telepon, tentu objeknya berupa telepon. Begitu juga operator pada C++. Objek yang digarap oleh operator ini

ANALISIS PROGRAM:
Pada baris ketiga, tipe data unsigned short int diberi nama alias PENDEK. Pada baris 6 sampai 9 adalah deklarasi variabel dengan tipe data

PCplus 11

plusKiat

Alois Wisnuhardana

No.16/II/13 Februari 2001

Seorang kawan pernah mendapatkan kiriman email dengan alamat yang begitu jelas: amal@ugm.ac.id. Itu adalah alamat e-mail rektor UGM. Karena penasaran dan bangga, ia panggil teman ceweknya dan dengan setengah bangga berteriak, “Wah, aku dapet kiriman e-mail dari Pak Amal.” Ia bertanya dalam hati, ada apa Pak Rektor mengirimi e-mail? Kontan ia membukanya. Setelah dibuka lampirannya, ternyata kirimannya adalah gambar-gambar hot, perempuan miskin pakaian. Sampai sekarang, ia tak pernah tahu siapa sesungguhnya si pengirim yang membuat dirinya malu di muka teman ceweknya.

CARA MUDAH MELACAK E-MAIL
Server: localhost Address: 127.0.0.1 Non-authoritative answer: Name: DETIK.COM Address: 202.158.66.10 Dari data itu, kemudian saya melacak IP (Internet Protocol) Address dengan memasukkan angka 202.158.66.10 ke kotak smart whois. Setelah menunggu, saya mendapatkan data yang lumayan lengkap. Lihat Tabel 1. Kalau kita membutuhkan data lebih jauh tentang kawan kita tadi –misalnya ingin tahu nomor telepon atau fax- Kita bisa melacaknya dengan menggunakan informasi yang ada di yellowpages, yang versi Indonesianya bisa Anda longok di www.yellowpages.co.id. Bagaimana jika si pengirim menggunakan e-mail gratisan? Ada juga caranya. Pesan e-mail biasanya dilengkapi dengan properties bermacam-macam. Kita ambil contoh di sini adalah kiriman dari seorang kawan, yang menggunakan domain yahoo. com. Data-data pengirimannya dapat dilihat pada Tabel 2. Coba perhatikan baris yang menunjukkan IP address! Data itu kita masukkan lagi ke www.swhois.net, lalu kita tunggu hasilnya. Nah di situ, terlihat ada dua IP address yakni 202.134.0.195 dan 202.154.13.2. Setelah saya lacak dengan cara

Mungkin saja Anda
pernah mengalaminya juga. Entah berisi hal urgen atau sekadar usil, yang jelas kita dibuat kelabakan, kalang kabut, atau menanggung malu seperti kawan tadi. Dan seringkali kita
inetnum: netname: descr: descr: descr: country: admin-c: tech-c: mnt-by: changed: source: person: address: address: address: address: phone: fax-no: country: e-mail: nic-hdl: mnt-by: changed: source:
Tabel 1

202.158.66.0 - 202.158.66.255 CBN-DETIK-NETBLOCK Wisma Pondok Indah Jl Sultan Iskandar Muda Kav V-TA Pondok Indah, Jakarta Selatan 12310 ID CH57-AP CH57-AP NOC-MAINT-CBN-APNIC sabirin@cbn.net.id 20010123 APNIC CBNnet Hostmaster PT. Cyberindo Aditama Manggala Wanabakti IV, suite 808A, Jl.Gatot Subroto, Senayan Jakarta - Indonesia +62-21-574-2488 +62-21-574-2481 ID hostmaster@cbn.net.id CH57-AP NOC-MAINT-CBN-APNIC sabirin@cbn.net.id 19990108 APNIC

Identitasnya adalah mas-ico, sedangkan domainnya adalah netaxxi.com. Sekarang, mari kita mulai penjelajahannya. Saya memiliki alamat kontak dengan alamat Diana.Sari@Pfizer.com. Kemudian, saya memasukkan domain pfizer.com di situs Web pencarian domain. Saya gunakan www.swhois.net. Di kotak nslookup saya masukkan pfizer.com dan swhois.net memberikan informasi kepada saya sebagai berikut: localhost 127.0.0.1 PFIZER.COM 148.168.116.16

Netname: PFIZER Netblock: 148.168.0.0 148.168.255.255 Coordinator: Elwell, David (DE127-ARIN) [No mailbox] (203)441-4572 Itulah yang bisa saya dapat. Data di atas menunjukkan bahwa domain itu ada di luar negeri.

dibuat penasaran, siapa sesungguhnya si pengirim email itu. Penasaran yang tak tertuntaskan membikin kita cepat tua. Mari kita mencoba menguranginya! Caranya? Ya mari belajar teknik melacak email! Sebelumnya, kita harus paham dulu struktur suatu alamat e-mail. Alamat terdiri dari dua bagian penting, yakni identitas dan domain. Dananglambe@astra.co.id misalnya. Dananglambe menunjukkan identitas sedangkan astra.co.id menunjukkan domain. Alamat yang lain, misalnya masico@netaxxi.com juga demikian.

Server: Address: Name: Address:

Kemudian, nomor pada name address itu saya salin. Saya copy dari teks, kemudian saya kembali ke menu utama pada www.swhois.net. Nomor address itu kemudian saya masukkan ke dalam kotak smart whois. Yang saya dapatkan adalah informasi sebagai berikut: Pfizer Inc. Eastern Point Road Groton, CT 06340

Return-Path: <didik_setyono@telkom.net> Delivered-To: wisnu@e-pcplus.com Received: (qmail 1788 invoked from network); 18 Jan 2001 15:07:20 -0000 Received: from out-mta3.plasa.com (202.134.0.195) by 202.154.13.2 with SMTP; 18 Jan 2001 15:07:20 -0000 Received: out-mta3.plasa.com; Thu, 18 Jan 2001 22:14:41 +0700 Received: out-mta2.plasa.com; Thu, 18 Jan 2001 22:16:11 +0700 Message-ID: <001001c08161$e3b6e940$2c62053d@computer> From: “Didik Setyono” <didik_setyono@telkom.net> To: “wisnuhardana” <wisnu@e-pcplus.com> References: <00f701c080fb$a9eb7160$1901a8c0@25wisnu> Subject: Re: kirimannya bervirus Date: Thu, 18 Jan 2001 22:18:16 +0700 MIME-Version: 1.0 Content-Type: text/plain; charset=”iso-8859-1" Content-Transfer-Encoding: 7bit X-Priority: 3 X-MSMail-Priority: Normal
Tabel 2

Nah, sekarang saya ingin mencoba melacak data lebih jauh tentang alamat seorang kawan yang memiliki alamat email blontank@detik.com. Dengan cara yang sama, saya memasukkan domain detik.com ke w.swhois.net” www.swhois.net, di kotak nslookup. Dari sana, saya mendapatkan data sebagai berikut:

yang sama, saya dapatkan bahwa IP pertama adalah milik PT Telkom, sedangkan yang kedua dimiliki oleh PT RADNET. Dari situ saya bisa menyimpulkan, bahwa kawan saya ini menggunakan alamat email di Telkomnet dan ketika dia mengirim menggunakan ISP dari RADNET. Cukup lengkap dan mudah bukan?

12 PCplus

plusOnline
Bambang S Nugroho*
Netters yang sering memanfaatkan e-mail sebagai sarana komunikasi tentu mengenal beberapa aplikasi e-mail client seperti Eudora, Outlook Express, The Bat!, dan sebagainya.

No.16/II/13 Februari 2001

MENJALANKAN APLIKASI BUKAN D E-MAIL CLIENT DI LAN/WARNET
langsung klik OK. 7. Anda selesai melakukan setting Outlook Express dan siap menjalankan program tersebut. Yahoo, Hotmail, Softhome, Gebyarnet, Bolehmail, dll. Jikalau ingin lebih jauh mengetahui gratisan e-mail ini coba lihat di www.emailaddresses.com yang menyediakan alamat-alamat layanan gratisan. 2. ISP yang terhubung di jaringan komputer/LAN atau warnet tersebut harus merupakan ISP yang punya fasilitas server SMTP yang dibuka secara free bagi pengiriman e-mail dari account lain yang bukan berasal dari ISP yang bersangkutan. Beberapa ISP yang dapat mengirimkan email dari account lain adalah: Indo Net (smtp.indo.net.id), Idola (smtp.idola.net.id), Link Net (mail1.link.net.id), Telkom Net (smtp.telkom.net), dan lain-lain. Jika Anda pengguna warnet, saya sarankan untuk bertanya kepada penjaganya tentang ISP-nya. Jikalau mereka tahu, tanyakan juga setting SMTP-nya di e-mail client. Beberapa ISP mempunyai alamat server tersendiri untuk menjalankan SMTPnya. Seperti misalnya, ISP DNet adalah mail.dnet.net.id sedang ISP LinkNet adalah mail.dnet.net.id 3. Ada juga layanan e-mail gratis yang tidak memerlukan setting SMTP dari ISP, jadi Anda bisa mengirimkan e-mail dari jaringan komputer/LAN yang terhubung Internet atau warnet dengan ISP apa saja. Contohnya, layanan e-mail gratis dari Yahoo!, untuk mengetahui SMTP dan POPnya pemilik account di Yahoo harus mengaktifkan terlebih dahulu melalui website Yahoo dan pengguna tinggal klik Option | POP Access and Forwarding, dan ikuti langkah demi langkah sampai Yahoo menentukan servernya untuk account Anda. Setelah tiga hal di atas beres, langkah selanjutnya adalah melakukan setting di Outlook Express. Langkah demi langkah adalah sebagai berikut: 1. Jalankan program Outlook Express. Anda akan dihadapkan pada menu awal program tersebut kemudian klik Tools|Account|Add|New, Anda menuju Internet Connection Wizard 2. Isi kotak Display Name dengan nama Anda yang akan dimunculkan di kolom from dari account penerima, misalnya Anda isi dengan nama Bambang S Nugroho, kemudian klik Next. 3. Isi kotak E-mail Address dengan account e-mail Anda, misalnya, bamsnug@telkom.net kemudian klik Next. 4. Langkah keempat, ada tiga kotak yang harus diisi yakni: kotak pertama “My incoming mail server is a” diisi dengan POP3, kotak kedua “Incoming mail (POP3, IMAP or HTTP)” diisi dengan setting POP account e-mail Anda, misalnya, POP3 telkom.net, kotak ketiga “Outgoing mail (SMTP) server” Anda isi dengan setting SMTP ISP Anda, misalnya: smtp.idola.net.id untuk ISP Idola, smtp.telkom.net untuk ISP TelkomNet, smtp.indo.net.id untuk ISP IndoNet, mail1.link.net.id untuk ISP LinkNet, mail.dnet.net.id untuk ISP Dnet. Setelah selesai klik Next. 5. Langkah selanjutnya, Anda harus mengisi kotak Account Name dengan username/ID Anda dan kotak Password diisi password Anda. Jika Anda menggunakan komputer terus menerus, maka checkbox Remember Password tidak perlu Anda hilangkan, namun jika komputer digunakan secara bergantian maka jangan lupa menghilangkan tanda cek di kotak tersebut agar orang lain yang menggunakan komputer Anda tidak bisa menjalankan/mengaktifkan account e-mail Anda karena password ada pada Anda sendiri. 6. Setelah langkah kelima, bukan berarti selesai, karena Anda harus mengklik Tools|Accounts|Mail|Properties| Servers beri tanda cek pada kalimat “My serverss requieres authentication” dan tekan Setting kemudian Masuklah di Inbox, jika masih kosong, klik Send/Receive atau Control+M maka Anda akan men-download semua email yang ada di server POP mail Anda. Jika e-mail tersebut jumlahnya ratusan, maka proses download bisa Anda tinggal sejenak dan lakukan surfing ringan seperti baca-baca media online atau baca PCplus sambil ngopi. Keuntungan bagi netters di warnet, dengan cara yang benar seperti ini, Anda akan bisa menghemat biaya online Anda. Saya pernah membandingkan antara membaca e-mail melalui website dengan menggunakan Outlook Express ini, ternyata sangat berbeda. Kocek kita bisa aman dan butuh waktu sedikit dibanding kalau kita membalas e-mail melalui website! Coba buktikan! Kerugiannya, menggunakan Outlook Express di warnet berarti men-download/mengambil e-mail Anda secara keseluruhan kemudian disimpan di komputer warnet. Jika Anda tidak menghapus atau segera membalas e-mail penting, maka e-mail tersebut bisa dibaca orang lain. Gunakan kiat, copy paste e-mail penting ke dalam NotePad dan bisa dibaca di rumah atau lain waktu. Sebagai catatan, biasakan menghapus account Anda di Outlook Express jika selesai online karena account Anda bisa digunakan orang lain. Caranya: klik Tools|Accounts|Remove dan tekan Yes.

KOPITIME.COM

MENGAN

Penulis dalam hal ini akan
membahas satu aplikasi saja yang paling umum digunakan oleh netter yakni program Outlook Express keluaran Microsoft. Saya juga mempunyai asumsi bahwa pengguna warnet sangat banyak dan kebanyakan dari mereka suka sekali membaca e-mail melalui website layanan e-mail dibanding menggunakan program e-mail client semacam ini. Menurut perhitungan saya, dengan cara yang benar maka netter di warnet atau di sebuah jaringan komputer yang terhubung ke Internet, akan dapat menghemat waktu dan uang. Jikalau netter butuh waktu online kira-kira 2 jam untuk membaca e-mail dan mereply e-mail melalui website seperti Yahoo!, Hotmail, dan lain-lain maka dengan menggunakan Outlook Express hanya butuh waktu hanya 0,5 jam saja berikut reply e-mail yang jumlahnya lebih dari 50 buah. Sebelum melangkah lebih jauh tentang bagaimana menjalankan Outlook Express di jaringan komputer/LAN atau warnet maka hal-hal yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah: 1. Pengguna harus mempunyai account e-mail berbasis POP yang bisa berasal dari ISP maupun yang berasal dari layanan gratisan seperti

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Atmajaya Yogyakarta

REGISTRASI PADA WINDOWS 9X
Apakah OS Windows 9x
pada PC Anda diinstalkan oleh orang lain? Misalnya oleh penjual PC ketika Anda membelinya. Biasanya RegisteredOwner dan RegisteredOrganization diisi sembarangan. Untuk melihat RegisteredOwner dan RegisteredOrganization, klik kanan pada icon My Computer kemudian klik Properties (cara lain, buka Control Panel kemudian klik 2x icon System). Pada System Properties (General), Anda melihat susunan pada bagian kedua seperti berikut: Registered to: RegisteredOwner

Gambar1

Gambar 2

RegisteredOrganization ProductId (lihat Gambar1) Walaupun Anda dapat menampilkan kursor pada teksnya (dengan mengklik RegisteredOwner, RegisteredOrganization, atau

ProductId) namun Anda tidak dapat menggantinya secara langsung. Untuk menggantinya Anda dapat menggunakan cara berikut: 1. Klik Start, Run... 2. Ketik regedit

3. Buka key: MyComputer\HKEY_LOCAL_ MACHINE\Software\Microsoft\ Windows\ CurrentVersion 4. Untuk mengganti RegisteredOwner, cari string: RegisteredOwner kemudian klik 2x string tersebut (atau klik kanan pada string tersebut kemudian klik Modify). Anda dapat mengganti RegisteredOwner dengan mengganti value data, kemudian klik OK. 5. Cara mengganti RegisteredOrganization sama dengan RegisteredOwner, cari string: RegisteredOrganization 6. Keluar dari regedit (tekan Alt-F4, atau klik menu Registry, lalu klik Exit, atau

klik X pada kanan atas window). 7. Tidak perlu di-save. Jika System Properties aktif, tutup window ini. Buka kembali window System Properties (dengan cara seperti dijelaskan di atas). Anda lihat pada bagian kedua RegisteredOwner dan RegisteredOrganization sudah berubah. (lihat Gambar2) Selain itu, pada key: My Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\ Software\Microsoft\Windows\ CurrentVersion Anda dapat melihat beberapa informasi penting mengenai Windows 9x yang diinstal pada PC Anda.
Andri Lesmana W. Jl. Sukamulya III/77 Bogor-16142 combination_power@yahoo.com

14 PCplus

plusOpini

No.16/II/13 Februari 2001

OM:

Eko Irwanto*
Security dan privasi adalah faktor yang paling utama bila kita berada di dunia cyber. Keamanan bisa dikaitkan dengan berjalannya semua aktivitas secara normal atau ditemukannya bugbug terbaru serta pencegahannya. Kebanyakan pengguna Internet memakai sistem operasi Win 95 atau 98 karena kemudahan instalasinya. Sayangnya, Windows termasuk rentan terhadap serangan dari luar, khususnya Trojan.

D N

MENGENAL TROJAN HORSE DAN CARA PENCEGAHANNYA
lewat cara lain, maka seorang penyusup bisa menginstal network sniffer dan merekam user names dan password atau informasi penting lainnya yang lewat lalu lintas data jaringan. Definisi yang tertera dalam RFC 1244 menyebutkan, Trojan Horse adalah program yang tampak berguna atau tampak menarik, memancing orang untuk memiliki dan menginstal dalam sistemnya. Yang pasti, program itu juga mengerjakan sesuatu yang lain seperti mencuri password atau mengkopi file tanpa kita ketahui dan sadari. Inilah bahaya dari program Trojan, karena ia akan mempunyai user level yang sama dengan lingkungan mengaktifkannya. Trojan terdiri atas dua bagian, yaitu server dan client. Trojan diciptakan dengan tujuan yang berbedabeda. Namun dalam konteks Internet security dan privasi, Trojan bertujuan untuk melakukan kegiatan matamata, yaitu mencari dan mendapatkan informasi vital tentang sistem operasi tersebut (privileged root ) atau berkompromi dengan sistem, menyembunyikan beberapa fungsi yang salah satu fungsinya membuka rahasia sistem, serta privileged informasi atau berkompromi dengan sistem. Jadi, Trojan bisa melakukan berbagai tugas intelijen (penembusan atau pengumpulan informasi) atau menyabotase. Trojan memerlukan campur tangan manusia untuk menginstalnya. Bisa saja seorang admin yang menginstal tanpa tahu bahayanya, atau penyusup sendiri yang telah memperoleh akses tak sah. tidaklah terlalu sulit. Banyak situs-situs yang menyediakannya. Salah satu contohnya adalah, program FTP Daemon (ftpd) versi 2.2 dan 2.1f yang telah dimodifikasi pada level source code, sehingga memiliki program Trojan. Program Trojan ini mengijinkan semua user -local atau remote- untuk menjadi root pada system UNIX yang terkena. Akibatnya CIAC security advisory merekomendasikan agar semua sites yang memakai versi ini agar memakai versi ftpd sebelumnya atau menginstal versi yang terbaru ( ver 2.3). Karena, mungkin saja versi sebelumnya 2.2 dan 2.1 yang mereka pakai mengandung Trojan. Hal ini disebabkan wftpd adalah salah satu program yang paling banyak dipakai oleh FTP servers di dunia. Pemberitahuan ini telah menyebabkan ratusan sites, publik dan privat, bergegas mengganti dengan program yang terbaru atau yang lebih lama. Pada umumnya Trojan dapat ditemukan dalam bentuk executable files ( *.exe; *.bat ) yang tak di-compiled. Mungkin saja program Trojan ditulis dalam bahasa shell scripts, atau mungkin dalam bahasa pemprograman Perl, JavaScript, VBScript, Tcl (bahasa script), dan juga forth. Trojan digolongkan sebagai bahaya tingkat tingi dikarenakan alasan-alasan tertentu, di antaranya lantaran begitu sulitnya dideteksi. Dalam banyak kasus, Trojan biasa ditemukan dalam bentuk binaries, yang berarti sukar dibaca dan dipahami oleh bahasa manusia. Trojan adalah contoh tipe serangan sempurna dan fatal buat system administrator yang hanya mempunyai sedikit kemampuan security. Dalam suatu suasana, Trojan bisa saja telah berada di dalam sistem selama beberapa minggu bahkan bulan, sebelum keberadaannya diketahui. Selama waktu tersebut seorang cracker dengan root privileges-nya bisa mengubah seluruh sistem untuk memenuhi kebutuhannya. Bahkan, meskipun Trojan itu telah ditemukan, hole atau lubang baru mungkin telah ada yang mengakibatkan seluruh sistem tak terproteksi lagi. Menghilangkan Trojan bisa dilakukan dengan berbagai cara, antara lain: execute servernya, lalu masuk run dalam Start Menu. Ketikkan regedit dan pergi ke bagian HKEY_LOCAL_MACHINE/ Software/microsoft/windows/ current version/RUN Kita akan menemukan line dengan nama Trojan tersebut. Hapuslah! Saat itu server Trojan itu masih berjalan, namun bila kita reboot servernya, ia tidak akan ikut ter-load lagi. Cara yang paling mudah dan efisien adalah dengan memakai program antivirus dengan update data terbaru; dijamin dan kebanyakan Trojan akan langsung tersapu bersih, seperti VirusScan dari McAfee; F-Prot Anti Virus- dari Frisk Software; Thunder Byte Anti Virus fireballTrojan Scanner http:// www.hacuk.net/files/Fireball.exe

DEFINISI TROJAN
Ada beberapa definisi tentang Trojan. Salah satunya mengatakan, Trojan adalah suatu program yang mempunyai fungsi yang sepintas terlihat bagus dan berguna, sehingga seseorang ingin men-download lalu menjalankannya. Padahal program tersebut juga menghasilkan efek lain yang tidak tampak di layar monitor, yang kemungkinan besar tidak diinginkan oleh penggunanya. Bila seorang user yang menjalankan program tersebut mempunyai akses read, akses write dan akses execute (root privileged) maka program yang dijalankannya akan mempunyai kemampuan akses yang sama (root privileged) seperti menghapus file, mengirimkan kepada penyusup tentang semua file yang dibacanya, mengubah file apa saja, menginstal program lain dengan privileges user seperti program yang menyediakan unauthorized network access, menginstal virus, menginstal program Trojan lain. Hal ini berarti user yang menginstal mempunyai administrative access ke operating system, sehingga Trojan Horse bisa berbuat apa saja sebagaimana yang dilakukan oleh administrator system. System Unix dengan ‘root’ account, Microsoft Windows NT dengan ‘administrator’ account, atau pemakai perseorangan yang mempunyai administrative access ke sistem operasi tunggal (Win 95 atau MacOS), harus berhati-hati atas meningkatnya akibat dari Trojan Horse. Kompromi atas sistem dalam network kita oleh Trojan Horse bisa berakibat pada sistem lain yang berada pada netwok kita. Jika sebuah sistem terkompromi oleh Trojan atau

SOLUSI
Ada banyak solusi untuk melindungi sistem kita dari program Trojan, di antaranya: System administrators atau pemakai perseorangan harus berhati-hati dalam menginstal setiap program. Pastikan program tersebut berasal dari sumber yang dapat dipercaya dan belum mengalami perubahan pada tingkat source code. Jangan meng-execute secara langsung hal-hal yang ada di e-mail yang Anda terima, bila berasal dari sumber yang tak dikenal. Berhati-hatilah bila mengeksekusi suatu isi seperti Java applets, JavaScript, atau Active X controls dari halaman Web. Jika ingin, Anda bisa mengonfigurasi browser Anda untuk men-disable automatic execution isi halaman Web. Jangan memakai privilege sebagai “root” atau “administrator” terlalu sering dan langsung. Bila masuk ke sistem jangan langsung dengan privilege root tapi sebagai user biasa dulu,

kemudian root dan jangan memakai privilege tersebut untuk hal-hal yang sifatnya ringan seperti membaca email. Menginstal dan mengonfigurasi program scanning file seperti Tripwire® yang memperbolehkan kita mendeteksi perubahan file sistem. Ingatkan user Anda tentang bahaya Trojan Horses. Gunakan firewall dan antivirus untuk mendeteksi kehadiran Trojan Horse. Meskipun tak semua Trojan Horse dapat terdeteksi menggunakan firewall dan antivirus (karena bisa dalam bentuk arbitrary code), setidaknya mereka bisa menghindarkan sistem kita dari kebanyakan Trojan yang ada. Jangan menyandarkan pada perkiraan seperti waktu, file sizes, atau attribute file yang lain untuk memutuskan apakah suatu file mengandung Trojan atau tidak. Berhati-hati dalam mendownload software dari sumber yang mungkin berbahaya. Jika ingin menginstal software, tunggu beberapa waktu untuk melihat kemungkinan ditemukannya program Trojan dalam software itu. Jika bisa dan ada waktu lihatlah source code dari program (open source) yang ingin Anda instal dan bandingkan dengan source code lain dari program yang sama, yang berasal dari sumber yang bisa Anda percaya, untuk melihat kemungkinan program itu mengandung Trojan. Tapi cara ini adalah sangat tidak praktis dari segi waktu dan tenaga. Jika Anda telah terkena serangan Trojan Horse, maka anda dapat mencoba beberapa antivirus yang mampu mengenali, menghilangkan, dan memperbaiki kerusakan akibat Trojan. Tetapi jika seorang penyusup memasuki sistem Anda lewat Trojan Horse, akan sangat sulit bahkan mustahil untuk mempercayai semua hal yang ada dalam sistem Anda. Bila ini terjadi, dianjurkan disconnect dari network dan membangun sistem Anda kembali dari sumber software yang terpercaya. Berhati-hatilah memasang patches dan updates, gantilah semua password dan ceklah semua hal yang berkaitan dengan sistem Anda secara langsung.
*Penulis adalah pemerhati TI

SUMBER PEMUNCULAN TROJAN
Secara teknis, Trojan dapat ditemukan di mana saja, di setiap sistem operasi atau platform. Software yang didownload dari Internet, aplikasi shareware atau freeware adalah sumber utama. Sama halnya dengan material yang berasal dari situs-situs underground atau usenet newsgroup. Mencari program Trojan

PCplus 15

plusFokus
Kalau pada tahun 80-an ekonomi mengalami boom perbankan dengan munculnya ratusan bankbank baru, maka menjelang akhir milenium tempo hari kita menyimak menjamurnya dotcom dan perusahaan TI lainnya. Kalau dulu perbankan menjadi nyawa dan core business puluhan konglomerasi yang kemudian terbukti bagaikan kerupuk tersiram hujan, maka akhir-akhir ini kita justru melihat tanda-tanda bangkitnya kembali konglomerasi yang menjadikan Internet dan TI menjadi tulang punggung seluruh bisnisnya. Sederet econglomerate telah lahir!

F.X. Bambang Irawan/Silverster Sila Wedjo/Irta Belia

No.16/II/13 Februari 2001

E-CONGLOMERATE:

SINERGI ANTARA “CLICK” DAN “BRICK”
perusahaan-perusahaan high tech. Dotcom benar-benar menjadi fenomena global. Paradigma ekonomi ikut direvisi hingga munculnya New Economy yang mengacu pada ekonomi yang berbasis atau memanfaatkan TI sebagai infrastrukturnya. Namun, pada bulan April 2000, dunia mendapat kabar yang kurang enak. Saham-saham dotcom di Nasdaq berjatuhan. Para investor bursa mulai pelit menghamburkan duitnya bagi mereka. Ditambah dengan gerakan yang sama dari kalangan periklanan, yang mulai melihat bahwa iklan di Internet masih belum banyak memberikan keuntungan, maka berguguranlah jamur-jamur dotcom di musim hujan tersebut secara global. Studi Webmergers.com menyebut bahwa sekitar 210 perusahaan dotcom ditutup tahun lalu. Dapat dibayangkan, berapa jumlah karyawan yang mengalami PHK. Bagaimana di Indonesia? Dengan dotcom populer macam Detik.com dan Kompas Cyber Media sebagai perkecualian, memang tidak mudah untuk mengatakan bahwa mereka bangkrut, namun yang jelas rencana mereka untuk menjual saham (IPO) tidak dapat terlaksana, iklan juga tidak demen (lagi) mampir di situs mereka. Padahal, tentu saja burning rate (banyaknya duit yang harus dikeluarkan untuk biaya operasional) per bulannya sangat tinggi. Maka jadilah skenario kedua selain IPO ditempuh. Para dotcom tersebut kemudian memilih mencari jalan keluar dengan merelakan diri akuisisi oleh pemodal lain yang bersedia untuk meneruskan pengelolaannya atau bahkan melakukan ekspansi lebih lanjut. Tentu saja akuisisi dalam situasi begini bukan merupakan situasi yang happy. Kebanyakan perusahaan tersebut ditawar dengan harga sangat murah oleh para akuisitornya, meski dapat dimaklumi bahwa angka pastinya tidak akan pernah dapat diungkap karena menyangkut citra dotcom tersebut lebih lanjut di tangan pemilik barunya. Jika dicermati, maka gelombang akuisisi ini ternyata

juga membawa warna baru bagi industri dotcom dan Internet secara keseluruhan. Babak baru tersebut adalah munculnya konglomerasi yang memilih TI sebagai tulang punggung keseluruhan bisnisnya. Mereka yang terlibat meliputi pula konglomerat-konglomerat lama yang pernah bercokol di era Old Economy, dan sekarang mengusung paradigma baru dengan berkecimpung di sektor TI sebagai infrastruktur utama New Economy. Mereka ingin menjadi e-conglomerate!

KE HULU “CLICK” KE HILIR “BRICK”
Krisis yang menyapu sebagian pesar perusahaan brick and mortar (sebutan untuk perusahaan “tradisional” yang tidak berbasis Internet) hingga seluruh aset perusahaan yang dimiliki oleh para konglomerat papan atas tersebut harus digotong ke “rumah sakit” Badan Penyehatan Perbankan Nasional, membuat para konglomerat yang masih tegar membidik lahan baru. Industri Internet adalah pilihan mereka. Bahkan usaha mereka di bidang ini bukan lagi sekadar melengkapi usaha-usaha lain yang masih ada, melainkan memang mengandalkannya sebagai tulang punggung seluruh bisnisnya memasuki visi baru ekonomi mereka. Maka, diam-diam dalam lanskap konglomerasi baru tanah air tergambar suatu pola yang menarik: tiap konglomerasi punya bisnis yang berkaitan dengan Internet. Salah satu di antara dotcom atau infrastruktur Internet tentu mereka miliki, kalau bukan malah keduanya sekaligus. Jika sudah ada, mereka juga merevitalisasi unitunit bisnis dalam bidang TI yang selama ini kurang menonjol menjadi salah satu center of excellence kekaisaran bisnis baru mereka. Pendek kata, selain tetap mengelola industri brick and mortar-nya, mereka juga ingin mencicipi manisnya madu click and mortar.

Di tengah makin
parahnya krisis ekonomi awalawal tahun lalu, masyarakat (termasuk yang lapar) dicekoki dari segala arah oleh kampanye pemasaran perusahaanperusahaan dotcom. Karena komunitas Internet di Indonesia hanya satu persen, maka wajar sekali apabila 99 persen lainnya bertanya-tanya tentang makhluk baru ini. Wajar pula kalau ibu-ibu justru lebih tertarik untuk bertanya, siapa tahu bisa memperoleh dot baru dengan mutu baik dan harganya murah untuk bayinya. Di antara kurang dari satu persen komunitas Internet itu pun pada waktu itu dijamin tidak seluruhnya mengerti hakikat dotcom, meski mereka sedang asyik mengakses atau menggunakan layanan perusahaan tersebut. Dotcom adalah julukan yang diberikan untuk semua bisnis yang dijalankan di Internet, dan karenanya biasanya mempunyai alamat Uniform Resource Locator (URL) yang ber-domain .com yang memang dijatah untuk situs-situs yang bersifat commercial. Praktiknya, tidak semua memang bisa menggunakan domain.com tersebut, tapi jika menjalankan bisnisnya di Internet juga, mereka juga pantas mendapat nomenklatura dotcom tersebut. Dotcom generasi pertama yang muncul di tanah air hampir identik dengan portal, yaitu situs yang menyediakan segala macam content yang bisa didapat di Internet, seperti email gratis, breaking news, informasi-informasi penting, chatting, layanan pencarian, dan sebagainya. Bahkan kadang identifikasinya lebih sempit lagi, portal dianggap sebagai situs yang menyediakan layanan berita terbaru (breaking news).

Maklumlah, portal-portal besar dan populer mengunggulkan content tersebut dalam situsnya, seperti misalnya Detik.com, Kompas.com, Astaga.com dan Satunet.com. Dotcom yang bermunculan itu juga sempat membuat orang terperangah karena aksi kampanye pemasarannya yang jor-joran. Mereka bertanya satu

tersebut. Konon, iming-iming gaji yang disediakan untuk semua strata pun “ampunampunan”, bikin ngiler semua karyawan di ibukota lainnya. Dan memang dotcom yang muncul menghiasi langit Internet Indonesia itu pun segera mendapat sambutan yang luar biasa. Menurut klaim dari pihakpihak dotcom, pencapaian page

UNIT-UNIT “CLICK” MILIK PARA E-CONGLOMERAT
Mochtar Riady M-Web Salim Bakrie Edward Eka Tjipta Peter F Gontha Lippostar, Lipposhop, LinkNet, Kabelvision Satunet, Astaga, Cabinet, Warnet Gemilang CBN, Astra Graphia IT Kopitime (bisnis portal) Cybercity (gagasan) Trade Alliance (portal B2B) Jaring Data Interaktif (88direct)

sama lain, jangan-jangan krisis sudah berlalu ketika mereka tidur atau sedang mengunjungi sanak-saudaranya di kota lain. Ada iklan sehalaman penuh di surat kabar terkemuka, demikian juga di televisi dan radio, spanduk berjajar serapat rumpun pisang di kawasan bisnis utama di ibukota, iklan meriah juga terdapat pada poster-poster, stiker dan berbagai merchandiser lainnya. Rekrutmen karyawan bahkan lebih menggambarkan “kegilaan” perusahaanperusahaan baru ini. Orangorang yang ada di jajaran puncak adalah tokoh-tokoh TI dan media senior yang direkrut (atau dibajak) dari tempatnya yang sudah sangat mapan sebelumnya. Harian Kompas, RCTI atau IBM adalah sumbersumber utama rekrutmen

view (banyaknya halaman yang dibuka atau diakses) mereka per harinya bisa mencapai ratusan ribu. Pada akhir Desember tahun lalu saja, Detik.com mengklaim mencapai 735.000 page view per harinya, dengan hit rate 4,3 juta per hari. Astaga, ketika diakuisisi oleh M-Web mengklaim mempunyai page view 700.000 per hari dengan 600.000 pengguna terdaftar. Pada tingkat global, dotcom menjadi kacang goreng yang diperebutkan para pemodal ventura. Nyaris semua business plan yang disusun bahkan oleh para entrepreneur muda disetujui dan segera mendapat kucuran dana dari mereka. Demikian pula pasar modal. Mereka menyambut baik dan melahap habis saham-saham dotcom yang dijual di Nasdaq, pusat bursa saham untuk

LIPPO ONLINE
Dalam kerangka seperti itu, tidak lucu rasanya kalau tidak menyimak sepak terjang Kelompok Lippo dalam perjalanan menuju babak baru ekonomi ini. Merekalah yang secara tegas dan visioner memulainya. Mereka juga menempatkan sopir-sopir baru yang cakap dan kompeten untuk kendaraan baru mereka ini, seperti Mantan Sekjen Deparpostel dan Dirut Indosat, J.L. Parapak, dan Mantan Ketua Bapepam dan Menteri Pariwisata dan Kesenian, Marzuki Usman. Seperti kita ketahui bersama, Kelompok Lippo

16 PCplus

plusFokus
merupakan salah satu yang ngotot untuk memasuki bisnis Internet. Meski Lippo e-Net yang direncanakan memayungi bisnis Internetnya itu gagal listing di Bursa Efek Jakarta, namun berbagai dotcom yang direncanakannya berhasil diwujudkan, antara lain Lippostar dan Lipposhop. Dotcom tersebut berada di bawah payung PT Lippo Online, anak perusahaan Across Asia Multimedia (AAM) Ltd, yang merupakan “versi lain Lippo eNet” yang mengeruk dana dari bursa di Hongkong. Lippostar yang merupakan portal kebanggaan Group Lippo tersebut konon diberi suntikan dana sampai lebih dari 75 milyar pada peluncurannya bulan Agustus 2000, belum termasuk dana promosi yang besarnya lebih dari 5 milyar. Sedang Lipposhop merupakan situs belanja online, yang didirikan setelah mengakuisisi DialMart, layanan shopping lewat telepon. Sementara itu, pada sektor infrastruktur Internet kelompok ini juga memiliki ISP-nya sendiri, LinkNet. Guyuran dana yang besar juga tidak luput membanjiri unit bisnis yang ini, konon 200 milyar disediakan untuk mengembangkannya. Bahkan pada awalnya ISP ini merupakan ISP Gratis pertama yang memberi akses gratis kepada pelanggannya. Selain LinkNet, masih ada Kabelvision yang mulanya merupakan provider televisi kabel melalui jaringan serat optik terutama untuk kawasan Jakarta. Perkembangan terakhir menunjukkan bahwa Kabelvision (yang merupakan nama dagang dari PT Broadband Multimedia Tbk) diarahkan untuk menguasai infrastruktur serat optik dan meng-unbundling-nya sehingga bisa juga digunakan oleh ISP lain. Baru-baru ini, peluncuran sinergi enam ISP dan Kabelvision tersebut diluncurkan (simak plusAktual edisi ini). Di luar itu, unit-unit bisnis milik kelompok ini lainnya juga diarahkan untuk menjadi unit berbasis Internet, seperti misalnya: Bank Lippo, PT Multipolar dan Universitas Pelita Harapan. Konglomerasi Internet kelompok Lippo ini mendapat saingan ketat dari M-Web, sebuah perusahaan yang berpusat di Afrika Selatan yang baru saja masuk ke Indonesia. MWeb banyak disebut-sebut sebagai saingan sejajar karena mempunyai seperangkat unit bisnis yang kurang lebih sama dalam konglomerasinya dibanding Liipo, kalau bukan justru lebih lengkap jika ditilik dari unit-unit Internetnya. Untuk mendapatkan posisi tersebut, MWeb melengkapi diri melalui serangkaian akuisisi atas: Cabinet (ISP), Satunet (portal), Astaga (portal) dan PT Warnet Gemilang. Dengan anak-anak perusahaan baru tersebut, MWeb mempunyai unit-unit Internet mulai dari hulu ke hilir. Bahkan dengan mengakuisisi PT Warnet Gemilang, M-Web memiliki unit yang “sangat hilir” karena mengoperasikan 500 komputer di sejumlah warnet di Indonesia dengan koneksi broadband dan direncanakan menguasai ribuan lagi pada tahun ini. Ironisnya, tempo hari M-Web juga bergabung bersama 5 ISP lain menggunakan infrastruktur Kabelvision, penyedia layanan broadband serat optik dari kelompok Lippo. M-Web merupakan salah satu buah dari pembatalan Keppres No 96/2000 yang melarang investasi asing pada bisnis multimedia di Indonesia. Jika M-Web yang sudah masuk ke tanah air pada bulan Juni 2000 ini dilarang menanamkan modalnya dalam sektor multimedia, maka mungkin sekali dia akan langsung “cabut” dari negeri ini dan tidak menjadi “bintang” bisnis Internet seperti akhir-akhir ini. Pasalnya, di negeri asalnya, M-Web merupakan raksasa media massa dan Internet sehingga “mangsa”-nya di Indonesia pun tak akan jauh-jauh dari sektor itu. Demikianlah, meski dotcom banyak berguguran, namun banyak yang sependapat bahwa itu bukanlah akhir cerita. Para pengusahanya hanya diminta untuk realistis dengan memperjelas model bisnis dan sumber pendapatan mereka. Dan, para taipan kita tampaknya sudah siap untuk bersikap “realistis” dengan memperkuat basis Old Economy mereka. Anda dapat simak pada tabel, beberapa taipan siap atau potensial menjadi e-conglomerate karena sudah mulai atau mempunyai anak perusahaan yang bergerak dalam bidang Internet di kekaisaran bisnis mereka. Di tengah badai krisis ini, tampaknya bisnis Internet — dan TI secara keseluruhan— merupakan biduk baru mereka untuk mengarungi ombak menuju horison baru. Seperti pernah diungkapkan oleh Hermawan Kartajaya, Leading Officer MarkPlus & Co., mungkin justru konglomerasi antara unit-unit click dan brick itulah yang justru merupakan sinergi terbaik bagi kelangsungan dotcom dan industri Internet umumnya di Indonesia. Pengalaman mengelola perusahaan brick and mortar tetap harus menjadi nyawa bagi konglomerasi baru bisnis Internet ini.

No.16/II/13 Februari 2001

M-WEB:

KONGLOMERAT INTERNET DARI SEBERANG
Di tengah maraknya bisnis TI di Indonesia yang sedang mengalami pertumbuhan amat cepat, banyak pihak menilai Indonesia merupakan pangsa pasar yang amat potensial. Bagaimana tidak, dengan jumlah penduduk nomor empat sejagad dan letak geografi yang amat strategis, para pengamat kemudian memperkirakan suatu saat penduduk Nusantara ini akan menjadi salah satu pengguna Internet terbanyak di dunia!

Namun demikian,
semua potensi ini boleh dibilang masih merupakan macan yang sedang tidur. Pengguna Internet di Indonesia —menurut penuturan beberapa pakar— baru berkisar antara 2 sampai 3 juta orang atau masih satu persen dari total penduduk yang ada. Meskipun saat ini dari segi kuantitas masih terbilang sedikit, pertumbuhan pengguna Internet di lain pihak mengalami perkembangan yang cukup menggembirakan. Indikasi ini bisa dilihat dari semakin maraknya bisnis warung Internet atau warnet yang sekarang menjamur mulai dari mal, universitas, bahkan sampai di perumahan. Itu pun belum ditambah bisnis “berbau” Internet lainnya macam ISP (Internet Service Provider) dan hosting yang oleh banyak pihak juga dinilai berprospek amat cerah. Melihat kenyataan ini, tak mengherankan banyak pihak — baik asing maupun lokal— kemudian ingin berbisnis di bidang satu ini. Dan salah satu perusahaan yang membidik bidang ini di Indonesia adalah M-Web. Anak perusahaan di bawah bendera Myriad International Holding (MIH) asal benua hitam Afrika ini pada bulan Juni 2000 akhirnya turut meramaikan gelanggang persaingan bisnis TI di Indonesia. Yang fenomenal adalah proses perkembangannya yang sedemikian cepat. Dengan kucuran dana segar sekitar 10 juta dolar AS dari berbagai divisi

yang dimilikinya dan tersebar di berbagai negara, mereka kemudian bak gurita yang siap mengakuisisi pemain lama yang sedang kolaps atau membutuhkan dana segar untuk pengembangan bisnisnya.

AKUISISI SEBAGAI PILIHAN
Dalam menjalankan bisnisnya di Indonesia, M-Web sengaja mengambil pola pengembangan bisnisnya dengan cara akuisisi. Langkah ini ternyata juga mereka lakukan di negara-negara lain seperti Thailand, Yunani, Tiongkok, dan lain-lain. Alasannya amat sederhana: kecepatan. “Dengan akuisisi, prosesnya lebih cepat. Kami tinggal membeli lalu mengembangkan yang sudah ada,” kata David Burke, Sales & Marketing Director lagi. Ucapannya sampai sekarang boleh dibilang terbukti. Bayangkan, hanya dalam tempo tujuh bulan saja sejak beroperasi di sini, M-Web telah mengakuisisi beberapa portal yang telah punya nama macam Satunet.com, Kafegaul.com, dan terakhir yang paling ditunggutunggu adalah Astaga!.com. Tidak hanya itu. Mereka juga

mengakuisisi CabiNet milik Indonesia Online yang merupakan sebuah Internet Service Provider. Akuisisi terus berlanjut dengan mengakuisisi PT Warnet Gemilang. Yang menarik untuk diperhatikan, M-Web hanya mengakuisisi perusahaan yang sudah punya brand yang cukup dikenal dan memiliki pelanggan yang lumayan besar. Mereka misalnya mengakuisisi Astaga!.com yang sebelumnya sudah memiliki brand lifestyle yang cukup dikenal dengan 600 ribu page view-nya per hari. Dengan mengakuisisi berbagai portal besar tersebut, mereka sudah mengantongi paling sedikit 1.300.000 page view per hari. Bukan main! Dengan akselerasi yang tergolong tinggi dalam melakukan ekspansi bisnisnya ini, tidaklah mengherankan dalam waktu yang relatif singkat M-Web Indonesia berubah menjadi perusahaan bisnis TI yang pantas diperhitungkan. Yang pasti, menurut Stephen Gilmour, (CEO M-Web Indonesia). Dalam tahun ini kami berencana akan jadi perusahaan operator Internet terbesar di Indonesia”. Target ini boleh jadi akan terpenuhi.

PCplus 17

plusFokus
Optimisme ini cukup beralasan. “Dengan melihat pengalaman M-Web Thailand yang hanya dalam tempo 2 tahun menjadi yang terbesar di sana, kami yakin dapat melakukan hal yang sama di Indonesia,” ujar David Burke lagi. Yang menarik, menurut penuturan David Burke, dalam setiap proses akuisisi M-Web sama sekali tidak mengganti personel yang telah ada. “Yang berubah adalah kepemilikannya saja, human resources-nya tetap kami pertahankan,” ungkapnya

F.X. Bambang Irawan/Silverster Sila Wedjo/Irta Belia

No.16/II/13 Februari 2001

INTERNET CAFÉ PUN DIRAMBAHNYA
Selain bisnis portal dan ISP, M-Web pun tidak segan segan mengakuisisi PT. Warnet Gemilang pada akhir Januari kemarin. Perusahaan jasa warnet ini tergolong besar untuk soal kapasitas maupun jumlah pelanggannya. Di seantero Jakarta saja, mereka ada di 9 lokasi yang sebagian berada di dalam kampus. Itu belum ditambah warnet lain di daerah seperti Jogja, dan lainlain. Mereka juga telah memiliki 500 komputer. Dengan masuknya perusahaan ini

potensial untuk portal-portal yang mereka miliki.

TIDAK HARAM BEKERJASAMA
Selain melakukan proses akuisisi, mereka juga mengadakan kerjasama dengan berbagai pihak untuk merealisasikan ambisinya ini. Mereka misalnya menggandeng Kabelvision untuk bisnis broadband-nya di Indonesia. Dalam kerjasama tersebut MWeb menyediakan koneksi broadband Internet dengan memanfaatkan jaringan serat optik yang telah lama dikembangkan oleh Kabelvision. Selain bekerja sama dengan Kabelvison, M-Web juga bererjasama dengan ITouch, sebuah perusahaan Inggris, untuk mengembangkan bisnis wireless di Indonesia. Bisnis wireless ini juga dirambah pihak M-Web karena mereka melihat pengguna ponsel di Indonesia yang amat potensial. Bagaimana tidak, dengan pengguna ponsel yang jumlahnya sekitar 2 juta orang, M-web yakin bisnis ini akan jadi ladang uang di masa depan. Dengan kerjasama ini, mereka misalnya dapat mengembangkan sistem Interaktif Voice Respons (IVR) dan fasilitas SMS yang bukan tidak mungkin dapat diintegrasikan dalam portalportal milik mereka untuk fasilitas interaktif. Pengembangan bisnis MWeb yang demikian cepat ini tidaklah mengherankan. Dengan dukungan dana yang besar dari induknya, mereka bahkan berencana menambah dana investasi sebesar 10 juta dolar lagi untuk pengembangan bisnisnya. “Kami saat ini sedang merancang bisnis ke depan. Untuk tahun ini kami meminta tambahan dana lagi . Jumlahnya hampir sama, yaitu sekitar 10 juta dolar” kata Stephen lagi. Dana ini menurut David Burke masih bisa ditingkatkan lagi sesuai dengan kebutuhan. Ia misalnya mencontohkan M-Web Thailand yang membutuhkan dana sekitar 25 juta dolar agar bisa menjadi seperti sekarang. Lalu untuk apa dana tambahan tersebut? Salah satu rencana terdekatnya adalah melakukan upgrade perangkat keras maupun lunak CabiNet untuk pengembangan bisnis ISP-nya. Meskipun belum menjadi bisnis utama seperti di negara lain, pihak M-Web tetap melihat bisnis ini nantinya akan dapat menambah pundipundi dolarnya di masa depan. Selain untuk upgrade

peralatan, bisa jadi tambahan dana ini dialokasikan untuk merambah di bidang lain yang memiliki aroma bisnis yang menggiurkan. Yang pasti, sepak terjang mereka belum berhenti sampai di situ.

KOPITIME.COM:

BLANTIKA PERSAINGAN
Apakah M-Web bergerak sendirian? Tentu saja tidak. Dengan potensi bisnis yang sedemikian besar, tentu saja banyak pihak kemudian juga ikut bermain di bisnis ini. Inilah yang membuat seru. Pesaingnya ternyata tidak hanya datang dari luar negeri, tetapi juga dari dalam macam Lippo. Menurut Burke, Lippo merupakan pesaingnya yang juga besar meskipun dari segi dasar bisnisnya berbeda. Namun demikian, M-Web melihat, pesaing di tiap bidang bisnisnya berbedabeda. Di bidang ISP misalnya, ada CBN, Linknet, dan lainlain. Belum lagi di bidang portal ada Detik, Lycos, dan berderet-deret portal lainnya. Semua itu menurut M-Web justru membuat iklim usaha menjadi sehat. “Bagus jika ada kompetisi. Kita sendiri tidak ingin ada monopoli atau semacamnya dalam bisnis semacam ini,” tegas David Burke lagi. Mungkin cukup beralasan jika orang kemudian menduga pihak M-web ingin menguasai bisnis TI dari hulu sampai hilir. Dengan kepemilikannya mulai dari ISP, portal hingga bisnis wireless, dugaan ini cukup masuk akal. Budiono dari Detik.com menilai sepak terjang M-Web yang menguasai bisnis TI dari hulu ke hilir tidak perlu dikhawatirkan. Ia menilai hal ini lebih disebabkan karena dana besar yang dimilikinya sehingga mereka mampu merealisasikan semua ini. “Yang lain pun bisa, jika punya dana yang besar,” ungkapnya lagi ketika dimintai pendapatnya per telepon. Bagi Budiono, pada ujung-ujungnya nanti toh mereka yang bergerak dalam bisnis yang arahnya lebih ke content juga turut diuntungkan karena perbaikan infratruktur internet yang mereka sediakan. Lalu bagimana rencana ke depan? Steven Gilmour tidak bersedia mengungkap. Namun yang pasti mereka telah merampungkan sekitar 75 persen rencana bisnisnya. Ia menambahkan, bisnis mereka ini berjangka panjang dan tidak untuk dijual kembali seperti dugaan orang. Dengan tambahan dana segar, bisa jadi akan ada pemain-pemain lain yang akan diakuisisi. Kita tunggu saja!

BUKAN D MENGAN
Ambillah saat kopitime… Bersantai sambil menjelajah di dunia maya melalui www.kopitime.com. Begitulah kira-kira bunyi iklan portal Kopitime.com yang mengklaim layanannya sebagai megaportal dengan slogannya “apa aja ada!”. Sekilas, portal ini tampak tak beda dengan portal lokal lain pada umumnya. Namun bila dilihat lebih jauh, Kopitime ternyata cukup serius menggarap produknya ini. Di sini Anda tak hanya disuguhi dengan portal berita dari beberapa media, tetapi ada juga portal bisnis untuk belanja, berdagang, dan bertransaksi bisnis. Serta ada pula layanan umum seperti fasilitas e-mail gratis dan transliterasi gratis bagi yang kesulitan membaca naskah berbahasa Inggris.

Stephens Gilmour, CEO M-Web Indonesia

Keinginan mewujudkan
kopitime sebagai megaportal, bisa jadi tak lepas dari visi PT Kopitime Dot Com yang bertekad menjadi perusahaan yang mampu berperan dominan di bidang teknologi informasi dan menjadi pintu gerbang informasi dan bisnis di dunia maya untuk content, community, dan commerce. Sebagaimana diungkapkan oleh Preskom Kopitime, Irman Gusman, “Salah satu tujuan utama diluncurkannya Kopitime adalah untuk memacu percepatan pembangunan komunitas Internet di tanah air dengan menyediakan selengkap mungkin layanan bagi masyarakat.” PT Kopitime Dot Com sebenarnya sudah berdiri sejak 1981. Semula perusahaan ini bernama PT Alembana Advertising yang menggarap bisnis iklan konvensional, desain grafis dan penyelenggaraan pameran. Pada tahun 1998, perusahaan ini kemudian melakukan ekspansi bisnis ke website development. Pada tahun berikutnya perusahaan ini mulai serius mengintegrasikan

pada wawancara dengan PCplus saat konferensi pers akuisisi PT. Warnet Gemilang. Menurutnya, tidaklah beralasan untuk menempatkan “orang” M-Web di dalam perusahaan yang diakuisisinya. Alasannya amat sederhana yaitu tidak efektif. Dengan karyawan yang sudah berpegalaman di bidangnya masing-masing, ia melihat tidak perlu lagi memasukkan tenaga baru dari M-Web. Dari pihak yang diakuisisi sendiri, akuisisi ini boleh dibilang menyenangkan. Terlepas dari berbagai alasan tersembunyi di balik akuisisi, Pujianto, mantan pemilik Warnet Gemilang, menilai dengan akuisisi mereka tidak perlu lagi meminjam dana dari bank untuk ekspansi bisnisnya. Selain itu, risiko bisnis akan semakin kecil bila mereka masuk dalam kelompok besar. “Ya, sama-sama senang lah,” ungkapnya diplomatis ketika ditanya berapa besar jumlah yang diperolehnya saat akuisisi tersebut.

menjadi bagian M-Web, rencana meningkatkan daya tampungnya menjadi 2 ribu terminal optimis akan dapat terwujud dalam waktu dekat. Akuisisi yang dilakukan terhadap Warnet Gemilang dengan IDKU-nya ini merupakan bagian dari rencana M-Web untuk pengembangan bisnisnya di bidang Internet Café. Berbeda dengan negara lain, Stephen Gilmour menambahkan, Indonesia memiliki karakteristik pengguna Internet yang unik. “Internet café sangat penting bagi kami karena lebih dari 50 persen pengguna mengakses Internet dari sini,” ungkapnya. Alasan pengguna menggunakan warnet amatlah logis yaitu karena mahalnya harga PC di samping juga koneksi telepon yang masih mahal. Oleh karena itu, mereka melihat konsep Internet café masih akan terus berkembang di Indonesia. Apalagi M-Web melihat IDKU sebagian besar melayani kalangan mahasiswa yang bisa jadi pelanggan

18 PCplus

plusFokus

F.X. Bambang Irawan/Silverster Sila Wedjo/Irta Belia

No.16/II/13 Februari 2001

OM:

DOTCOM YANG NDALKAN IKLAN

bisnisnya dengan bisnis teknologi informasi dan mengubah namanya menjadi PT. Asiaway Dot Com. Akhirnya pada tanggal 15 Maret 2000, namanya diganti menjadi PT Kopitime Dot Com agar tidak terkesan terlalu serius. “Kami yakin sumber pendapatan utama tahun berikutnya berasal dari jasa bisnis e-commerce dan jasa solusi IT lainnya,” tegas Irman Gusman. “Kami tidak seperti dotcom-dotcom lain yang mengandalkan pada iklan. Kami akan memperkuat sektor bisnis dan kami yakin akan meraih banyak investor,” kata Indrajaya

Kopitime ini. Satu lagi situs yang sedang dikembangkan adalah www.kopibiz.com, sebuah portal B2B yang bersifat vertikal. “Portal Kopibiz.com adalah satu fasilitas yang kita berikan kepada perusahaan-perusahaan agar mereka bisa melakukan transaksi secara tertutup. Misalnya antara satu perusahaan dan para vendor dapat melakukan transaksi pada jaringan yang hanya mereka saja yang bisa mengakses. Jadi lebih berupa virtual private network,” jelas Irman. Untuk lebih mengembangkan bisnisnya, perusahaan ini rencananya akan

P Januar, Direktur Utama PT Kopitime. Kopitime kini sudah mengelola tiga portal yakni megaportal umum www.kopitime.com, portal B2C (business to consumer) www.kopimall.com, dan portal B2B (business to business) yang sifatnya horisontal www.bizdunia.com. “Kami memang menyiapkan beragam portal menjadi one stop shop untuk berita, hiburan, dan bisnis,” tambah Preskom

menginvestasikan lagi dananya sebesar Rp 30 miliar. Salah satu sumber pendanaannya adalah lewat IPO (initial public offering) alias penawaran sebagian saham sebesar 19,35% dari total saham perusahaan di Bursa Efek Jakarta (BEJ) tahun 2001 ini. Penawaran 120 juta lembar saham dengan nilai nominal Rp 250,- ini bakal membuat Kopitime sebagai perusahaan berbasis Internet pertama yang akan listing di BEJ. Tampaknya crash yang melanda saham-saham dotcom di Nasdaq

Stock Exchange tak menghalangi niat pengusaha dotcom lokal untuk mencatatkan saham di BEJ. Preskom Kopitime menyatakan alasannya memilih BEJ karena ingin memberikan kesempatan kepada investor domestik untuk memiliki saham perusahaannya. Dana yang diperoleh dari hasil penawaran umum ini, 50,59% akan digunakan untuk membiayai pengembangan infrastruktur B2B dan B2C, termasuk di dalamnya investasi pada pembelian server dan mirror sites. Sebesar 31,91% akan digunakan untuk menjalin aliansi strategis dengan mitra asing, khususnya di kawasan Asia Tenggara. Sisanya sebesar 12,5% digunakan untuk keperluan promosi dan iklan baik di media cetak dan media elektronik. Selebihnya lagi akan digunakan untuk modal kerja perusahaan. Dengan fokus utama ke arah pengembangan B2B e-commerce berorientasi ekspor, pihak Kopitime tampak yakin bisnis ini bakal menjanjikan prospek yang lebih baik ketimbang portal lain pada umumnya. “Pemakai jasa yang kami bidik adalah usaha kecil dan menengah (UKM) yang jumlahnya sekitar 2,5 juta,” kata Irman menegaskan. Lewat fasilitas B2B pada Bizdunia.com, para pembeli dan penjual dipertemukan dan bisa melakukan transaksi secara online. Hal ini juga diharapkan bisa membantu para pengusaha tersebut untuk menggarap pasar global (ekspor). Dalam pengembangan B2B ini, Kopitime juga merangkul Global Trade Point yang bermarkas di Swiss untuk memasarkan sejumlah produk Indonesia ke luar negeri. Selain itu, perusahaan ini juga sudah menjajaki kerjasama dengan perusahaan crude palm oil (CPO) nongroup yang jumlahnya begitu banyak dan juga menggandeng Asosiasi Produsen Peralatan Listrik (APPLI). Selain menggarap bisnis portal, Kopitime juga bergerak di bidang penyediaan solusi IT dan pemasaran peralatan IT. Mengenai target pendapatan setiap bagian untuk tahun 2001 ini, Irman menjelaskan bahwa 40% diproyeksikan dari B2B dan B2C, 28% dari jasa solusi IT, dan 15% dari advertising. Berbicara mengenai pesaing berdasarkan segmentasinya, Irman mengungkapkan, “Kalau kita bicara Kopimall yang menyediakan B2C, pesaingnya adalah LippoShop. Sedangkan untuk berita kita bisa bersaing dengan Astaga dan Detik.com.” “Tapi tak ada yang punya fasilitas selengkap kami,” tambah Preskom Kopitime ini. (ibp)

PLASA.COM:

KETIKA TELKOM TERGIUR BISNIS PORTAL
Bukan hanya puas bermain di sektor infratsrukturnya saja,
PT. Telekomunikasi Indonesia juga merasa terundang untuk terjuan ke bisnis dotcom yang konon menjanjikan aliran rupiah bernilai miliaran ini. Tentunya nama Plasa.com tidaklah asing bagi Anda. Dan itulah nama yang diambil oleh BUMN yang masih menguasai jalur komunikasi domestik untuk bisnis dotcom-nya. Plasa.com sendiri berada di bawah naungan Divisi Multimedia yang saat ini dipimpin oleh Bapak Walden A. Bakara. Sebagai divisi yang memegang peranan penting di era Internet ini, tentunya Divisi Multimedia berusaha untuk memperkuat seraya melebarkan bidang usahanya. Jadi tentu saja Plasa.com bukanlah satusatunya usaha yang digeluti oleh Divisi Multimedia ini. Anda tentu saja sudah bisa menebak kalau layanan Internet Telkomnet Instan dan juga TurboNet adalah beberapa lahan usaha yang sedang dikembangkan oleh BUMN tersebut disamping juga layanan seperti IDC (Internet Data Center), CommerceNet, dan juga ASP (Aplication Service Provider). Berhasilkah usahanya? Meski gebrakannya tidak sedahsyat perusahaan-perusahaan dotcom seperti M-Web maupun Lippostar, tapi tentu Anda akan cukup kaget kalau mengetahui jumlah hit yang masuk ke situs Plasa.com tersebut. Hal itu dibenarkan oleh Komang Budi Aryasa yang bertindak sebagai Online Product Manager EMM Business Unit dari Divisi Multimedia yang membawahi bidang usaha CommerceNet dan juga Plasa.com ini. “Hit Plasa.com mencapai 10 juta per bulan,” ungkap Komang. Hit sebesar itu terutama banyak disumbangkan oleh Komunitas Sekolah Indonesia (KSI) dan juga chatting. Suatu jumlah yang cukup bagus mengingat Plasa.com sendiri sebenarnya belum diluncurkan secara resmi ke masyarakat. Lebih

Komara, Product Manager Divisi Multimedia

Komang, Online Product Manager

lanjut Komang mengatakan meski belum resmi diluncurkan namun Plasa.com sendiri sudah diperkenalkan ke masyarakat sejak tahun 1999 yang lalu lewat iklan-iklan di media cetak juga kepada pengguna TelkomNet Instan di kala itu. Bagaimana dengan sisi bisnis dan target pendapatannya? “Target pendapatan Plasa.com ini mencapai 100 miliar sebulannya. Target kami adalah menjadi tiga besar perusahaan dotcom di regional” ungkap Walden A. Bakara. Suatu jumlah yang terhitung sangat besar. Namun lebih lanjut Komang mengatakan bahwa kontribusi terbesar untuk target pendapatan tersebut diperoleh dari sektor IDC (Internet Data Center), sementara “Etalase” yang menjadi B2C (business to consumer) dari Plasa.com ini sedang dalam proses boosting pendapatan. Mengenai transaksi B2C yang belum heboh, Komang mengatakan bahwa concern utama kita (Divisi Multimedia) saat ini yaitu untuk menumbuhkan minat masyarakat untuk bertransaksi online terlebih dahulu. Pada gilirannya “Etalase” pun akan berkontribusi pendapatan yang besar ungkap Komang. Terlebih lagi akses ke Plasa.com didukung penuh oleh layanan Internet Telkomnet Instan dan juga TurboNet. “Akses menuju Plasa.com akan lebih cepat apabila menggunakan kedua macam akses tersebut,” ungkap Komara, Product Manager Divisi Multimedia yang bertanggung jawab terhadap TelkomNet Instan dan juga TurboNet ini. “Di samping dukungan kedua akses tersebut, Plasa.com pun didukung oleh perangkat baru, Farming Server, yang merupakan server terbesar dan terlengkap di Indonesia, sehingga akses ke Plasa.com menjadi lebih reliable lagi,” ungkap Komang. Bagaimana langkah ke depan Plasa.com ini? Lebih lanjut Komang mengatakan bahwa untuk tahun 2001 ini, kegiatan pengenalan Plasa.com akan lebih disosialisasikan lagi. Caranya? Dengan cara direct marketing ke sekolah-sekolah dan juga ke warnet-warnet yang menjadi target utama mereka. Di samping itu acara-acara seperti gathering alias kopi darat bagi komunitas Plasa.com pun menjadi arena yang cukup efektif untuk mengalirkan rupiah di masa-masa mendatang. (may)

PCplus 19

plusTrend
Benarlah apa kata pepatah, kehidupan itu seperti roda, kadang di atas kadang di bawah. Pepatah ini agaknya juga berlaku pada komponen komputer macam harddisk. Setelah sekian lama harganya terus melambung dan membuat para penjual pusing, akhirnya harga harddisk mengalami penurunan. Kabar gembira ini diperoleh PCplus ketika melakukan liputan langsung ke Mangga Dua Rabu dan Kamis minggu lalu.

Silvester Sila Wedjo

No.16/II/13 Februari 2001

Kabar Gembira:

HARGA HARDDISK SEDANG TURUN!
jual satu unit komputer secara keseluruhan. “Dalam PC rakitan ada 14 item penting. Jika hanya satu item saja yang turun, harga jual PC per unitnya belum tentu turun,” ujarnya menerangkan. Jika harga harddisk turun tapi motherboardnya naik, otomatis harga jual per unit PC tetap sama, bahkan boleh jadi naik. Ini misalnya jika pembeli ingin menggunakan motherboard CUV4X-C yang harganya sedang naik karena pasokan sedang terbatas. Otomatis harga satu unit PC tidak mengalami perubahan yang berarti. Penurunan harga ini ternyata berasal dari importir yang memasukkan barang agak banyak sehingga harga jual di tingkat penjual terkoreksi. Di tingkat distributor sendiri, besarnya penurunan harga juga tidak jauh berbeda yaitu berkisar antara 5 sampai sepuluh dolar. Alasan yang dikemukakan juga sama yaitu banyaknya barang yang tengah beredar di pasaran.

Gonjang ganjing
politik seputar Buloggate dan Bruneigate nampaknya tidak banyak berpengaruh terhadap situasi pasar komputer Jakarta seperti Mangga Dua. Situasi di daerah ini tetap bergairah dan bahkan bisa dibilang ramai dan kembali normal. Para pengunjung tetap ramai. Bahkan di beberapa toko komputer di kawasan Dusit, semakin siang, pengunjung makin ramai saja. Harga dolar yang tetap bertengger di atas kisaran sembilan ribu, agaknya tidak menurunkan minat pembeli. Harga dolar yang boleh dibilang tidak terlalu berubah jauh ini mendorong para pembeli untuk membeli PC baru atau melakukan upgrade. Penyebab lainnya adalah turunnya harga harddisk yang pada tahun kemarin boleh dibilang melambung tinggi karena ketiadaan pasokan. Penurunan harga komponen yang satu ini sendiri cukup disyukuri oleh para pedagang. Mereka berharap penurunan harga harddisk ini terus berlangsung dan diikuti oleh komponen-komponen lainnya.

“Penurunan harganya beragam, berkisar antara 5 sampai 10 dolar”

BANJIR STOK
Seperti laiknya barang dagangan lain, banyaknya stok

di pasaran diduga menjadi penyebab penurunan harga ini. Beberapa pedagang menuturkan, tanda-tanda adanya penurunan harga harddisk ini sudah mulai terasa sejak dua minggu yang lalu. Akan tetapi, baru sekitar akhir Januari kemarin harganya benar-benar turun. Penurunan harga di tingkat penjual sendiri cukup beragam tergantung keuntungan yang ingin mereka dapatkan. Ada yang menurunkan harga cuma lima dolar, tetapi ada pula yang turun sampai 10 dolar. Itu berarti sekitar 90 ribu rupiah! Bukan main! Sebagai contoh, harddisk berkapasitas 10GB dijual dengan harga sekitar 86 dolar yang sebelumnya berkisar antara 96 dolar. Kapasitas di atasnya seperti 15GB dan 30GB juga mengalami penurunan yang kurang lebih sama. Selain harddisk, memori kapasitas tertentu juga ada

yang mengalami penurunan harga. Sebagian pedagang menilai positif turunnya harga ini. “Yang pasti, penurunan ini mempengaruhi omset penjualan kami,” ujar Budi Susanto dari Millenium Computer. Ia mengaku penurunan ini sudah terjadi sejak dua minggu dan kondisi ini membuat gerainya mampu meningkatkan penjualan PC rakitan sebesar 30 persen! Lumayan bukan! Hal senada ternyata juga dialami oleh Vegasuz Computer. Eddy Tandi dari gerai ini juga mengakui mengalami kenaikan jumlah penjualan PC rakitan sebesar 10 persen yang disebabkan perubahan harga harddisk yang cukup signifikan ini. Pendapat agak berbeda disampaikan oleh Wendy Saputra dari WW Computer. Ia menilai penurunan harga harddisk belum bisa dijadikan faktor penentu turunnya harga

KAPASITAS KECIL MUNCUL LAGI
Yang tidak kalah menarik adalah munculnya kembali harddisk berkapasitas kecil di pasaran. Jika harddisk berkapasitas 10GB atau lebih telah memakai teknologi ATA100, maka Seagate berkapasitas 4,3GB masih dengan ATA 66nya. Kemunculan kembali harddisk berkapasitas sebesar ini cukup mengejutkan. Betapa tidak, setelah dinyatakan diskontinu oleh pabrik pembuatnya, ternyata kapasitas 4,3GB hadir lagi membanjiri pasaran.

Mengapa demikian? Kemunculan kembali ini menurut pedagang disinyalir karena sisa stok yang masih ada di negara tetangga dan “dilempar” ke Indonesia. Di samping itu, permintaan kapasitas sebesar ini memang tidak pernah surut. Ada saja yang masih meminta harddisk berkapasitas 4,3GB. Selain murah, penggunanya biasanya juga hanya menggunakan PCnya untuk keperluan standar yang tidak membutuhkan harddisk kapasitas besar seperti kantoran dan warung Internet. “Harddisk Seagate 4,3GB ATA 66 saya pikir merupakan limpahan dari Singapura dan merupakan sisa stok yang belum terjual,” kata Sofyan dari Nicom ketika dihubungi per telepon. Ia sendiri yakin di negara-negara tetangga harddisk kapasitas 4,3GB tidak dipakai lagi. Itulah sebabnya stok barang dihabiskan dengan cara memindahkan ke pasar Indonesia yang kebetulan masih berminat. Yang menarik dari kemunculan harddisk 4,3GB ini adalah garansi yang diberikan. Jika dahulu pedagang memberikan garansi harddisk selama dua tahun, maka sekarang ini beberapa barang ada yang bergaransi hanya satu tahun. “Itu tergantung distributornya,” ujar Sofyan menambahkan. Kapasitas sebesar ini juga mengalami penurunan harga meskipun tidak terlalu besar yaitu sekitar 4 dolar dari 75 dolar ke 71 dolar. Namun demikian, penurunan ini boleh dibilang cukup lumayan. Apalagi biasanya peminat kapasitas ini adalah kalangan pembeli yang sensitif harga. Dengan harga yang turun di samping juga kapasitas yang sesuai kebutuhan, Seagate 4,3GB akan terus mendapat tempat di hati pembeli. Bagaimana trend harddisk selanjutnya? Kita tunggu saja!

ICON ANIMASI DI HALAMAN WEB
Dalam sebuah Web
biasanya terdapat icon-icon atau animasi berupa gambar atau tulisan yang bisa bergerak. Untuk membuat hal itu sebenarnya sangat mudah dengan menggunakan program animasi seperti “Animation Shop” atau program-program lain sejenis. Didalam pemrograman Web secara HTML, dikenal dua image yang dapat ditampilkan oleh Web yaitu dalam format JPG atau GIF. Kedua format tersebut biasa digunakan oleh HTML untuk menambilkan gambar atau icon pada halaman Web-nya. Format JPG mempunyai kualitas yang lebih baik dalam hal resolusi gambarnya sehingga file yang berformat JPG mempunyai gambar yang lebih jernih dan jelas (hampir menyerupai foto/gambar asli) bila dibandingkan dengan format GIF. Tetapi kebanyakan animasi icon menggunakan format GIF. Hal ini karena format GIF labih mudah untuk dibentuk atau dibuat bila dibandingkan dengan format JPG. Bila Anda mempunyai sebuah halaman Web maka akan lebuh mudah bagi Anda untuk dapat menampilkan halaman Web dengan format GIF. Bila Anda kekurangan animasi atau belum bisa membuatnya sendiri Anda bisa mengambil dari milik orang lain yang ada. Tetapi hal ini sebaiknya hanya untuk Web pribadi Anda

karena Anda juga harus menghormati hak cipta. Setiap gambar atau display yang ada di halaman Web internet dapat Anda ambil dengan mudah dan cepat. Caranya adalah : 1. Arahkan kursor pada gambar/animasi yang ada di layar monitor Anda. 2. Klik kanan mouse Anda. 3. Kemudian pilih Save Picture As. 4. Kemudian Anda dapat memilih dimana file tersebut akan Anda simpan. 5. Anda juga dapat memberi

nama baru untuk file tersebut. 6. Kemudian Save. 7. Atau setelah klik kanan Anda memilih Copy. 8. Kemudian Anda masuk pada tempat yang akan Anda gunakan untuk menyimpan file tersebut. Misal C: 9. Setelah itu klik kanan lagi pada mouse 10. Setelah itu Anda pilih Paste.
Heribertus Suprihatin Jl. Kertabumi No. 61 Karawang, herry21_oke@yahoo.com

20 PCplus

plusBelanja
Pada sebuah komputer, casing dapat diibaratkan rumah yang di dalamnya berdiam berbagai komponen. Bagi yang awam, penampakan luar bisa menipu. Banyak pengguna komputer selama ini mungkin mempertimbangkan casing yang mereka beli hanya berdasarkan tampak luarnya saja. “Yang penting harganya cocok, warnanya bagus, dan bentuknya menarik hati,” begitu pikir sebagian besar calon pembeli.

Silvester Sila Wedjo

No.16/II/13 Februari 2001

TIPS MEMBELI CASING KOMPUTER
ukuran motherboard yang dipasang, apakah tipe ATX, AT atau baby AT. Ukuran motherboard ini dapat dilihat pada buku manualnya. Anda tinggal membeli casing dengan ukuran yang sesuai. Lebar casing juga harus diperhatikan. Janganjangan panjangnya sudah sesuai, tetapi lebarnya tidak mencukupi. Kalau terlalu tipis misalnya, otomatis pemasangan card atau perangkat tambahan lainnya akan sulit. Luas casing juga sedikit banyak mempengaruhi sulit atau tidaknya pemasangan komponen-komponen lain. Jika terlalu kecil, pemasangan komponen akan sulit karena ruang yang terbatas.

PILIH CASING YANG MUDAH DIBUKA
Bagi yang senang bongkar pasang, kadang mereka mengalami sedikit kesulitan saat akan membuka casing. Nah, bagi orang yang macam begini, casing yang mudah dibukalah yang jadi pilihan. Untuk memenuhi kebutuhan ini, trend-nya sudah agak berubah. Banyak casing sekarang dapat dibuka hanya dari satu sisi saja. Casing yang model begini pasti jadi incaran tukang otak-atik komputer. Selain mudah, kecepatan dalam membuka juga jadi nilai tambah tersendiri.

7.

Tapi apakah hanya itu
pertimbangannya dalam memutuskan casing mana yang harus dibeli? Tentu tidak. Bagi yang mengerti seluk beluk komputer, tentu saja casing merupakan salah satu bagian integral yang juga amat penting dalam menentukan baik atau tidaknya sebuah komputer. Seperti juga layaknya sebuah rumah, tentu saja tata letak, ukuran ruangan, dan berbagai parameter lainnya akan menentukan perabotan apa yang nantinya harus dibeli. Berikut ini adalah panduan dalam memilih casing komputer:

KETEBALAN CASING HARUS DIPERHATIKAN
Mungkin pada awalnya ketebalan bahan yang dipakai terkesan kurang penting. Apalagi bagi yang awam tentang komputer. Bagi mereka, yang penting terbuat dari besi atau semacamnya. Tapi setelah beberapa saat Anda mendapati casing yang Anda beli “penyokpenyok” karena tertekan atau tak sengaja jatuh, Anda baru sadar, casing haruslah memiliki ketebalan yang memadai. Umumnya ketebalan bahan casing sebesar 0,4 milimeter. Akan tetapi, tak ada salahnya jika Anda pilih casing yang memiliki ketebalan lebih seperti 0,8 milimeter. Dijamin, casing yang Anda beli tahan dari segala tekanan, gesekan atau yang lainnya meskipun dari segi bobotnya agak berat.

8.

PERHATIKAN POWER SUPPLY YANG DIPAKAI
Memang umumnya casing jadi satu paket dengan casing yang ada. Seperti yang telah disebut di atas, salah satu cara para produsen casing dalam menekan harga jual produknya adalah dengan mengurangi lilitan tembaga yang ada pada power supply-nya. Dengan pengurangan seperti itu, otomatis kualitasnya berkurang. Kestabilan sistem pun akhirnya turut terpengaruh. Nah, kalau sudah begini, sebagus apapun motherboard atau secanggih apapun prosesor yang Anda pakai, kalau power supply yang dipakai kualitasnya tidak bagus dan kurang stabil, otomatis sistem komputer yang Anda punyai akan terpengaruh. Apalagi kalau kestabilan tegangan yang amat meragukan, komputer Anda dijamin tidak akan bertahan lama! Ada beberapa produk casing yang memiliki pilihan daya yang dipakai dengan menggunakan switch yaitu 110 Volt dan 220 Volt AC. Memang, untuk Indonesia, tegangan yang dipakai adalah 220 Volt. Pada power supply ini,daya yang dihasilkan juga harus dipertimbangkan agar kestabilan sistem PC Anda tetap terjaga. Jika Anda memasang peripheral tambahan yang cukup banyak, daya sebesar 300 Watt patut dipertimbangkan supaya power supply mampu memberikan “tenaga” yang cukup buat menjalankan semua komponen tersebut.

2.

JANGAN TERKECOH HARGA YANG MURAH
Banyak orang memandang casing adalah satu dari 14 komponen komputer rakitan yang tidak terlalu penting sehingga orang lalu berprinsip “yang penting ada rumahnya” dan sebagainya. Karena alasan seperti itu, justru banyak orang lalu melakukan kesalahan yang boleh dibilang cukup fatal. Sebagian lalu membeli casing yang asal-asalan dan “yang penting ada”. Kalau Anda perhatikan baik-baik, komponen amat strategis. Semua “jeroan” komputer harus masuk dalam komponen yang satu ini. Ada beberapa merek yang menawarkan casing dengan harga yang standar. Akan tetapi, ada pula yang berharga dua kali lipatnya. Mengapa bisa demikian jauh perbedaannya? Hal ini disebabkan karena kualitas casing yang jauh berbeda di samping juga perbedaan pada kualitas power supply. Pada casing yang “asal” tadi, kualitas casing dan power supply ditekan agar harganya juga bisa ditekan. Namun demikian, kalau yang Anda beli adalah casing yang macam begini, siap-siaplah untuk kecewa di kemudian hari.

1.

Rp. $

utama termasuk juga dalam pemilihan casing untuk PC rakitan. Yang dimaksud kebutuhan di sini adalah seberapa banyak komponen yang akan Anda pakai. Jika komponen yang akan ada dalam PC cukup banyak maka ukuran casing harus disesuaikan. Jika Anda merencanakan akan memakai beberapa buah komponen tambahan berupa card, jumlah panel add on card yang disediakan dalam casing juga harus diperhatikan. Ada casing —terutama yang berukuran kecil— hanya memiliki empat buah panel add on card. Tapi ada pula casing yang memasang 6 buah atau lebih panel add on card di bagian belakang casing. Begitu pula jika Anda merencanakan menambah beberapa perangkat tambahan misalnya CD-ROM, DVD, atau CD-RW, maka jumlah bay yang ada pada casing juga patut diperhatikan. Beberapa casing hanya menyediakan satu sampai dua bay saja. Kalau Anda ingin sekaligus memasang CD-ROM, DVD, dan bahkan CD-RW sekaligus, otomatis jumlah ini tidaklah mencukupi. Tetapi jangan khawatir, sekarang ini sejumlah merek casing di pasaran sudah menyediakan jenis casing dengan jumlah bay sampai empat buah.

JUMLAH FAN YANG BISA DIPASANG
Jika Anda seorang overclocker, yang namanya komputer panas pasti jadi musuh utama. Kalau sudah begini, alternatif lain selain memperbesar heatsink adalah menambah jumlah dan besar fan yang ada. Beberapa PC membutuhkan sampai dua buah fan dalam sistem komputernya agar panas dalam casing dapat dikurangi. Perhatikan casing yang Anda beli, apakah dapat dipasang dua buah fan sekaligus atau tidak. Memang ini tergantung kebutuhan. Namun demikian, jika di masa datang Anda merencanakan akan meng-overclock PC Anda, atau memasang lebih banyak komponen, fasilitas dua fan boleh juga dipertimbangkan.

5. PERHATIKAN

JANGAN TERKECOH DENGAN TAMPILAN LUARNYA SAJA
Warna dan bentuk mungkin awalnya menjadi faktor utama Anda tanpa memperhatikan faktor yang lain. Memang, saat ini bentuk bagian depan casing bermacammacam. Ada yang standarstandar saja, tapi ada pula yang misalnya dibentuk menyerupai kucing atau bentuk-bentuk futuristik lainnya. Warnanya pun beraneka ragam, dari yang standar sampai warna-warna ngejreng juga ada. Yang pasti, bentuk dan warna janganlah dijadikan pertimbangan utama jika Anda tidak ingin menyesal. Itulah beberapa tips yang bisa jadi pegangan saat Anda memutuskan untuk membeli casing pada perangkat komputer Anda. Sekali lagi, semua keputusan ada di tangan Anda. Beberapa saran ini mungkin bisa membuat Anda lebih pintar dan selektif dalam membeli. Nah, dengan tips ini, semoga Anda tidak salah beli.

9.

PERHATIKAN SISTEM VENTILASINYA
Seperti juga sebuah rumah, sistem ventilasi haruslah diperhatikan untuk pertukaran udara. Jika ventilasi yang tersedia amat minim dan kurang memenuhi syarat, pastilah ruang di dalamnya akan cepat panas. Prinsip yang sama juga berlaku pada casing. Disarankan pilihlah casing dengan sistem ventilasi yang baik dengan celah yang cukup tetapi tanpa mengurangi kekuatan casing itu sendiri. Semakin banyak celah, semakin baik pertukaran udara dalam casing. Otomatis panas yang ada pada PC dapat ditekan.

6.

SESUAIKAN PANJANG DAN LEBAR CASING
Ini sangat penting untuk diperhatikan agar semua komponen terutama motherboard dapat masuk semua dalam casing. Bila ukuran casing terlalu kecil sedang ukuran motherboardnya lumayan besar, pasti casing yang Anda beli tidak akan terpakai. Untuk itu patut diperhatikan

4.

SESUAIKAN DENGAN KEBUTUHAN
Memang, dalam membeli secara “pintar”, faktor kebutuhan jadi pegangan

3.

PCplus 21

plusKerja
Dalam benak sebagian besar khalayaknya, Internet identik dengan surga gratisan. E-mail, software, harddisk virtual, SMS, kartu ucapan, space untuk server Web, file musik, file gambar, file video, chatting, informasi atau berita, nama domain, telepon interlokal, telekonferensi, kantor virtual, dan sebagainya, semua ada versi gratisannya. Namun surga dunia macam itu masih belum cukup juga. Gratisan masih kurang menggoda, Anda bahkan bisa dibayar untuk melakukan sesuatu yang enteng di Internet seperti klak-klik sana-sini, menerima e-mail, atau sekadar mendaftar ke suatu layanan kiriman iklan. Kampanye mereka umumnya diawali dengan “Get paid” atau “Earn cash” atau “Free bucks” dan sebagainya.

F.X. Bambang Irawan

No.16/II/13 Februari 2001

IMING-IMING DOLAR DARI INTERNET
disurvei pada tahun 1999 menggunakan viral marketing ini sebagai alat untuk merangkul pelanggannya. Strategi ini dianggap merupakan cara yang paling efektif utuk merengkuh pengguna ke situs mereka. Lebih dari 90% pelanggan mengatakan bahwa setidaknya satu orang memberitahu orang lainnya tentang suatu situs kalau rekomendasi awalnya berasal dari teman yang dipercaya. Keberhasilan Hotmail sering dijadikan contoh sukses viral marketing. Waktu itu Hotmail hanya menganggarkan kurang dari 500 ribu dolar untuk kampanye pemasaran selama 18 bulan dengan hasil 12 juta pelanggan. Cara pemasaran mereka sederhana, yaitu dengan membuat tag dan link yang menampilkan alamat layanan e-mail gratis mereka pada setiap e-mail yang terkirim di Internet.

“Dolarpun bisa Anda tuai dari Internet”

DARI E-MAIL SAMPAI SURFING
Seperti disebut atas, untuk mendapat duit Anda bisa memilih salah satu dari layanan tersebut, yang meliputi berbagai metode mulai dari mendaftar dan mengirim e-mail, menyusuri situs-situs Web, mendengarkan musik, main game online, menjadi Webmaster, mereferensi orang, memberikan opini, atau bahkan sekadar online saja. Namun, pada prinsipnya cara semua layanan ini bekerja adalah sama: mereka mendapatkan uang dari para pemasang iklan dan kemudian membagi sebagian dari uang tersebut kepada para pelanggan yang sudah mendaftar. Perbedaannya terletak pada cara Anda mengakses iklan tersebut dan berapa rate duit yang Anda dapat sebagai imbalannya. Selain itu, cakupan wilayah yang dilayaninya juga harus diperhatikan, apakah mereka melayani pelanggan dari Indonesia juga atau tidak. Salah satu contoh, misalnya, jika Anda memilih mendapatkan duit dari surfing di Internet, maka umumnya prosedur yang harus dilalui adalah seperti ini: Mengisi formulir yang disediakan dalam situs mereka. Anda akan mendapatkan user ID dan password. Setelah itu Anda harus mendownload dan menginstal software mereka. Software ini bisa berupa sebuah browser khusus atau hanya sebuah ad bar. Anda perlu log in sebelum kegiatan surfing Anda dihitung oleh mereka.

Pernah suatu kali, di
ruang iklan koran daerah yang besar oplahnya terdapat sebuah iklan display kecil berisi tawaran untuk mengunjungi situs Web mereka dan mulai menggali dolar dari situs tersebut. Situs mereka berisi beberapa pilihan layanan untuk memperoleh dolar dari situs-situs asalnya di luar negeri. Mereka bertindak sebagai pemberi referensi terhadap situs-situs tersebut. Semakin banyak mereka mendapatkan referral (atau orang yang bergabung ke layanan dengan mencantumkan nomor referensi mereka) maka semakin besar kemungkinan dolar yang mereka kumpulkan. Ajakan untuk menjadi referral itu memang harus diakui lemah, karena bisa saja orang mendaftar tanpa mencantumkan nomor referensi dari orang lain. Oleh karenanya, kebanyakan ajakan yang paling efektif adalah yang tertuju kepada teman-teman, kolega atau saudara. Sayangnya ada juga yang nekad menerjang rambu-rambu netiket dengan mengirim informasi berisi ajakan kepada sembarang orang yang diketahui alamat emailnya. Bahkan cara yang paling efektif dan efisien pun ditempuh: mem-posting ke milis atau ke chat room. Dapat ditebak betapa gusarnya para anggota milis yang mendapat posting seperti itu. Namun tentu saja hal itu tidak menjadi masalah bagi milis-milis khusus yang memang memilih atau melegalkan posting dengan topik mendapatkan uang dengan mudah seperti itu.

Jika Anda memilih get paid dengan menerima e-mail, kebanyakan layanan meminta Anda mendaftar dan memilih dari mana saja e-mail yang ingin Anda dapat. Untuk setiap e-mail yang akan Anda terima nantinya, ada rate imbalan berupa uang yang bisa Anda kumpulkan. Ada juga program serupa yang agak lebih sulit namun lebih berkesan profesional dan bonafide, yang disebut affiliate program atau banner exchange. Dengan program ini Anda harus mempunyai situs dan situs tersebut menayangkan banner tantang situs lain. Semakin banyak banner dari situs Anda tersebut diklik, semakin bengkak rekening Anda.

cermat ongkos online dibanding batas maksimal yang bisa Anda peroleh. Sebagian besar situs berasal dari luar negeri. Mungkin akan timbul kesulitan pada saat tranfer uang yang menjadi hak Anda, terutama menyangkut ongkos transfernya. Beberapa layanan juga mensyaratkan jumlah minimal duit yang bisa ditransfer berikut periodisasinya. Umumnya membutuhkan koneksi yang cepat karena sebagian besar bandwidth dibutuhkan untuk streaming iklan yang berotasi setiap kurun waktu tertentu. Jika Anda mengakses melalui warnet atau tempat publik lainnya, beberapa layanan yang membutuhkan client atau program khusus yang harus dikonfigurasi terlebih dahulu sebelum digunakan, akan repot untuk digunakan. Sementara melalui komputer pribadi di rumah, selain lebih mahal ongkosnya, Anda juga harus mempunyai koneksi yang lumayan cepat. Mereka yang (besar

PENYEDIA “GET PAID” e-mail
www.sendmoreinfo.com www.mintmail.com www.totale-mail.com www.inboxcash.com www.inboxdollars.com www.zwallet.com

MITOS ATAU REALITA?
Menjatuhkan palu rekomendasi tentang kebenaran klaim situs-situs tersebut adalah hal yang sulit dilakukan. Namun beberapa catatan berikut mungkin bisa menjadi acuan jika Anda berniat mencoba satu atau beberapa di antaranya. Dalam hal referral, kesulitan yang Anda alami bisa dilukiskan hampir sama tingkatnya dengan memasarkan produk MLM. Masih banyak yang ragu atau curiga tentang kebenaran klaim yang memang menggiurkan seperti itu. Sebagian lagi mungkin kesulitan dengan akses Internetnya. Sebagai catatan, kunci keberhasilan adalah kemampuan menggembung-kan jumlah referral, yang mempunyai efek multiplier pada kegiatan ini. Baca dengan cermat aturan mainnya. Misalnya, ada yang menawarkan untuk membayar Anda 50 sen per jamnya. Namun ternyata waktu yang dihitung adalah hanya pada saat Anda aktif klak-klik sana sini. Duit yang bisa dikeruk bukanlah tanpa batas. Jika Anda serius untuk memburu dolar melalui situs seperti ini, hitunglah dengan

surfing
www.getpaid4.com www.spedia.net www.desktopdollars.com www.cashfiesta.com www.epilot.com www.jackpot.com www.paidforsurf.com www.cashsurfers.com www.bepaid.com

VIRAL MARKETING
Bisnis “get paid” ini pada dasarnya tidak terlalu jauh menyimpang dari bisnis di Internet pada umumnya, yaitu bisnis mengumpulkan khalayak sebanyak-banyaknya. Keunggulan Internet dalam hal kecepatannya mengembangbiakkan informasi membuat media komunikasi ini menjadi habitat yang sangat sesuai untuk memasarkan informasi semacam itu. Cara penyebaran melalui word of mouth, kabar dari mulut ke telinga, gethok tular (bahasa Jawa) dengan cara merangsang berkembangbiaknya referral ini dikenal sebagai cara pemasaran baru yang mengadopsi keunggulan multi level marketing (MLM), yaitu viral marketing atau ada juga yang menyebut interactive marketing. Menurut laporan Jupiter Executive Survey, sekitar 80% dari 35 perusahaan yang

kemungkinan) berhasil adalah yang bisa menggabungkannya dengan situs populer yang dikelolanya, sehingga mampu menarik banyak referral melalui situs tersebut. Mungkin ada yang sudah berpengalaman “patah hati” dan bisa menambah daftar rambu-rambu yang harus diperhatikan? Ini penting agar jangan sampai banyak teman atau saudara kita yang “teracuni”. Memang tak ada salahnya (nothing to loose) jika Anda memutuskan untuk mencoba. Untuk itu dalam boks kami sertakan beberapa alamat yang populer, meski harap dicatat bahwa kami tidak mencobanya satu per satu.

22 PCplus

plusInteraksi
EMOTICON
Apa kabar rekanrekan?Kalau saya sedang chatting biasanya sering melihat banyak emoticon seperti :) dan istilah singkatan seperti brb. Yang saya ingin tanyakan dimana saya bisa mendapatkan penjelasan tentang seluruh emoticon dan istilah-istilah yang ada. Ada yang tahu situsnya atau ada yang punya artikelnya? Mohon di informasikan pada saya. Mohon maaf sebelumnya kalau sudah pernah ada yang menanyakan masalah ini. Salam.
Mr. Greenpeace

No.16/II/13 Februari 2001

KECEPATAN BUS Halo, saya anggota baru di sini. Saya baru membeli komputer empat hari yang lalu dengan motherboard Abit KT7, prosesor AMD Thunderbird 800, SDRAM 128MB, geforce 2 mx powercolor 32 MB. Setelah menjalankan SiSoft Sandra 2000 (shareware), saya menemukan bus-bus di komputer saya berjalan dengan kecepatan yang lebih tinggi yaitu: AGP BUS 100 MHZ PCI BUS 50 MHZ ISA BUS 13 MHZ DMA BUS 7 MHZ USB BUS 48 MHZ Bagaimana cara menurunkankan kecepatannya kerena saya merasa sistem saya tidak stabil. Apakah hal ini berpengaruh ke kartu grafis? Karena setelah menjalankan 3dmark2000 helicopter mode, fps saya anjlok sekitar 50% dari review powercolor yang saya baca di sebuah majalah padahal sistem yang dipakai hanya Duron 700MHz, SDRAM 128MB. Kalau tidak, apanya yang salah? Terima kasih. Damdath@xxxxx

Outlook Express untuk send dan recieve email saya tersebut (agar lebih cepat dan tanpa banner)?
Maulana Hazmi

Coba browse link berikut : http://members.aol.com/ bearpage/smileys.htm http://paul.merton.ox.ac.uk/ascii/ smileys.html dan masih banyak lagi sebenarnya. Coba cari melalui search engine dengan keyword “smileys” pada search engine favorit saya : http:// www.google.com
bamsnug@yahoo.com

berguna.
Abimanyu D. Nusantara

TAMPILAN MONITOR
Rekan-rekan milis, saya punya masalah. Kemarin saya menginstal ulang Windows di komputer saya. Namun dikarenakan kerusakan harddisk, tampilan Windows di monitor saya sangat tidak bagus. Setelah dicoba untuk melakukan setting di Control Panel pada icon “Display”, setting-nya nggak berfungsi, baik warna maupun ketajamannya. Barangkali ada yang rusak, tapi saya tidak tahu apanya. Kepada rekan-rekan yang mengetahui pemecahannya, tolong beritahu saya.
Muh. Rodho Rachman

HARDDISK TIDAK BISA DI-SCAN
Saya pakai harddisk Seagate 8.6GB tipe ST38410A, dipartisi menjadi 2 HD 4GB (C dan D). Akhir-akhir ini ada beberapa program yang keluarnya lama setelah di-klik (terutama Outlook Express). Saya coba untuk men-defrag drive C, ternyata tidak bisa (hang), kemudian saya coba Scandisk, kembali hang setelah muncul proses ‘Searching file allocation tables’. Tapi saya coba Scan untuk drive D normalnormal saja. Ada yang bisa bantu saya? Apakah ada kemungkinan HD saya punya bad sector?
Bayu

Menurut saya persoalan yang Anda hadapi bukan terletak pada HD tapi pada memori. Kasus OE pada HD Anda juga terjadi pada HD saya. Kalau ditanya penyebabnya, saya menduga karena semakin banyak e-mail yang disimpan berarti semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk me-load database ke memori sehingga setelah diklik munculnya lama sekali. Saran saya cuman satu, ubahlah status ON menjadi OFF (dengan menghilangkan check box pada Start/Run/msconfig/ startup) beberapa program yang tidak selalu Anda gunakan setiap hari. ON-kan saja yang benar-benar penting. Hang-nya “kompie” Anda sangat boleh jadi disebabkan adanya software yang masih ON di background. Semoga usul saya

Yth. Rekan Ridho, Coba perhatikan, apakah VGA adapter Anda sudah mendapatkan driver yang tepat? Apabila Anda menggunakan VGA adapter/ VGA card, misalnya S3 Trio atau yang lainnya. Usahakan mendapatkan driver yang tepat. Setelah itu, Anda klik kanan pada desktop Anda Properties, Settings, Advanced, Adapter, Change, Automatic search, Next. Kemudian lanjutkan dengan mengikuti perintah yang terdapat pada wizard. Jangan lupa untuk memasukkan driver tersebut, apakah di drive A atau di CD-ROM. Tolong rekan-rekan mengkoreksi apabila saya melewatkan jawaban yang penting. Semoga sukses.
Boyz Nurhidayat

Plus Fokus PC Plus no. 13/ Januari/2001 tentang Trend Komputer 2001 terdapat istilah “Extended PC Era” yang oleh PC Plus diterjemahkan sebagai “Era PC Luas”. Menurut saya terjemahan tersebut kurang tepat dan kurang sreg untuk digunakan. Lagi pula kata “Extended” dalam bahasa Inggris mempunyai pengertian yg lebih dalam dan lebih banyak daripada kata “luas” dalam bahasa Indonesia. Kata extended selain berarti diperluas, bisa juga diartikan “diperpanjang” atau “dilanjutkan” atau “mengulurkan (tangan). “To extend” bisa juga diartikan menyita. Menurut saya lebih tepat kalau diterjemahkan sebagai “Era PC Plus” selain lebih enak didengar juga bisa sambil mempromosikan tabloid PC Plus. Saya mohon tanggapan dari redaksi dan rekan milis semua. Apakah setuju? Dan kalau saya salah mohon dimaafkan.
Anthony ICQ#102902169

bhinneka.com) atau perusahaan yang menyediakan domain *.com, *.org dan lain-lain (sebagai server bagi yang mendaftar).
Heroes3

Apakah Anda sudah menginstal driver untuk VGA? Saya juga pernah mengalami permasalahan yang serupa. Setelah saya cek ternyata saya lupa menginstal driver VGA card saya.
Eriko Fans

Saya bisa dikatakan setuju kalau Era PC-Plus untuk abad ini. Kenapa? Karena sekarang yang perlu dikembangkan adalah program softwarenya bukan malah komputernya yang dipercepat. Lagi pula memang masyarakat kita mampu membeli tiap ada PC baru dengan kinerja yang yahud. Tapi percuma juga sih kalau software tidak banyak mengimbangi kemampuan PCnya. Bagaimana rekan-rekan? Ada tanggapan?
pointer@xxxx

Ada beberapa jenis dotcom. Namun dotcom itu biasanya perusahaan yang didirikan karena berusaha pada platform Web-nya alias berdiri khusus untuk berusaha segala sesuatu dari Web. Contoh mudah adalah Yahoo.com atau Amazon.Com. Dulu, Amazon ini hanya berusaha seperti calo yang memberikan order ke masing-masing book publisher untuk mengirimkan bukunya ke pihak pembeli. Makanya harganya bisa murah karena sedikit sekali ada biaya untuk stock barang, biaya gudang, dan dikerjakan dengan sedikit SDM. Kalau Bhinneka kebetulan sudah berdiri lama sejak 1986 dan memiliki web selain untuk promosi juga untuk memperluas pasar dan bukan bergantung pada web karena sudah memiliki usaha konvensional sebelumnya. Saat ini arti dotcom menjadi luas sehingga kadang orang awam menganggap segala perusahaan yang memiliki web juga dianggap dotcom. Untuk perusahaan yg menyediakan server namanya Hosting Company karena mereka hanya menyediakan space dan maintenance pada Web si penyewa. Untuk domain di Indonesia diurus oleh IDNIC (www.idnic.or.id) dan memiliki aturan mainnya sendiri jika ingin register suatu domain tertentu.
Leo Antonius www.bhinneka.com www.extronpc.com

Coba langkah ini : 1. Jalankan OE, dan klik Tools|Accounts|Mail|Add|Mail 2. Isikan Internet Connections Wizard, seperti : · Display name dengan nama Anda, klik Next, · Email address dengan email account Anda, klik Next, · My incoming mail server is a diisi dengan POP3 · Incoming mail (POP,IMAP) server Anda isi dengan setting POP email Anda · Outgoing mail (SMTP) server Anda isi dengan setting SMTP ISP Warnet Anda, tanyakan ke penjaga Warnetnya, ISPnya apa. Bebeberapa setting SMTP dari ISP yang mengijinkan pengiriman email dari account lain adalah : smtp.indo.net.id smtp.idola.net.id mail1.link.net.id smtp.telkom.net 3. Setelah selesai mengisi setting di atas, tekan Next, dan Anda isi username dan password. Kemudian masuk ke Properties|Servers, beri tanda cek pada: My server requires authentication, dan tekan Setting tekan OK, dan Close. Coba download dulu e-mail Anda, kemudian Send. CMIIW.
Bambang S Nugroho

MENGAKTIFKAN PROGRAM SECARA OTOMATIS
Halo rekan-rekan milis. Saya mau tanya bagaimanakah caranya kita men-setting/ mengaktifkan program file, sebutlah mirc.exe, agar secara otomatis dijalankan bersamaan dengan di boot-nya komputer kita. OK, terima kasih sebelumnya.
MBC International

OUTLOOK EXPRESS PERUSAHAAN DOTCOM?
Saya mau bertanya. Apa sih yang dimaksudkan dengan dotcom itu? Perusahaan yang menggunakan Internet sebagai media promosinya (misalnya: Salam sejahtera buat rekanrekan milis. Selama ini saya “send & receive” email di hotmail yang dilakukan di warnet. Bagaimana caranya agar bisa memanfaatkan

Otomatis yang Anda maksudkan mungkin agar Windows akan me-load program mirc itu saat masuk ke tampilan Windows? Kalau maksud Anda adalah begitu, sangatlah gampang sekali. Anda tinggal masukkan program mirc.exe kamu di folder startup. Tinggal di drag and klik program yang mau dijalankan dan arahkan ke Start Up.CMIIW.
Chandra Fungmadi

“EXTENDED PC ERA”
Yth. Redaksi PC Plus. Pada

PCplus 23

plusProduk
PCPartner:

No.16/II/13 Februari 2001

MOTHERBOARD ANDAL UNTUK SEGALA TINGKATAN
Perkembangan
komputer yang sedemikian cepatnya, tentunya memaksa pengguna dan pemilik PC untuk sedikit bersabar. Alasannya? Tentu saja karena hal tersebut berdampak pada kebutuhan untuk melakukan upgrade terhadap beberapa komponen yang diperlukan. Kalau upgrade yang diperlukannya sedikit lebih besar lagi, tentu bisa jadi sebagian komponen mesti diganti, terlebih kalau induk dari segala komponen alias motherboard-nya tersebut mesti diganti pula. Walhasil semuanya bisa ikut terupgrade, bukan? Lalu apa sih motherboard yang akan Anda beli? Kalau mengandalkan pencarian di pasaran, wah bisa-bisa seharian berkeliling Anda belum membeli satu pun yang Anda inginkan karena begitu banyak yang tersedia di sana dari beragam merek pula. Namun hal tersebut tentunya jangan diambil pusing dulu. Setidaknya Anda perlu tahu dulu prosesor jenis apa yang akan Anda gunakan baru memilih motherboard yang mendukung prosesor tersebut. Tentunya hingar bingar hadirnya Pentium 4 membuat Anda ingin juga mengunakan prosesor dengan kecepatan di

atas 1GHz, bukan? Tapi kalau melihat harganya, wah repot juga. Namun tidak perlu pusing juga, karena kinerja adik Pentium 4, seperti Pentium III, Pentium II mapun Celeron pun masih bisa diandalkan. Kalau memang salah satu dari ketiga prosesor di atas yang akan Anda pergunakan. Salah satu motherboard yang mendukung kinerja prosesor tersebut antara lain PC Partner.

PC Partner ini memiliki segudang fitur yang ditawarkan kepada penggunanya. Untuk chipset, misalnya, motherboard ini menggunakan tipe Intel 82440ZX/VIA VT82C693 dan juga VIA VT82C693A. Dampak dari penggunaan chipset ini tentunya motherboard ini jadi mendukung penggunaan prosesor Intel Pentium II, Pentium III, dan tidak ketinggalan Intel Celeron. Slot yang digunakan adalah slot 1. Dengannya maka bus speed yang bisa diharapkan dari motherboard ini mencapai 66MHz dan juga 100MHz. Bagaimana dengan sistem memorinya? Tidak mau kalah dengan produk lainnya, PC Partner ini mendukung sampai 256MB untuk chipset seri 440ZX. Sementara untuk chipset seri 440BX, VIA, memori yang dipergunakan bisa mencapai 384MB (SDRAM) atau 768MB (Register SDRAM). Motherboard ini juga mendukung penggunaan PC100 dan juga PC-133 (untuk VT82C693A saja).

Bagaimana dengan fitur pendukung lainnya? Pada motherboard ini sudah tersedia Creative PCI Sound. Apa kehebatannya? Soundcard ini sudah mendukung full DOS game (DDMA, PC/PCI, CLS). Card ini juga kompatibel dengan Sound Blaster. Hal di atas tentunya belumlah cukup, bukan? Makanya produk ini juga dilengkapi dengan power management yang bakal menghemat penggunaan listrik Anda. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan system monitoring yang bersifat optional yang tentunya berguna untuk memonitor tegangan, temperatur, kecepatan fan, dan sebagainya. Bagaimana dengan slot yang tersedia? Motherboard ini menyediakan satu buah slot AGP, 5 PCI master slot (untuk model 440BX) atau 4 PCI (untuk model 440ZX) juga 2 buah ISA slot. Jangan khawatir kalau Anda ingin menggunakan banyak peripheral pada motherboard ini. (may)

KEUNGGULAN 3D KARTU GRAFIS MVGA-NVG256A
Bagi pengguna dan
penikmat aplikasi grafis dan juga bagi para gamer, tentunya komponen komputer yang sering menjadi incaran salah satunya adalah kartu grafis. Alasannya tentu saja agar tampilan game maupun karya grafis yang tampil di layar komputer semakin yahud. Lalu merek kartu grafis apa yang mesti dibeli? Untuk menjawab pertanyaan yang satu ini tentu mesti disesuaikan dengan persyaratan yang diperlukan oleh program yang akan kita pergunakan. Mengenai macamnya, tidak perlu dipertanyakan lagi. Mengapa? Karena di pasaran sana sudah banyak beredar jenis-jenis kartu grafis dengan segala kelebihannya masing-masing. Salah satu jenis kartu grafis yang muncul di pasaran saat ini yaitu MVGA-NVG256A. Apa sih yang ditawarkan oleh MVGA-NVG256A? Produk ini tergolong prosesor grafis tiga dimensi (3D). Jadi inovasi dalam hal arsitektur yang dikombinasikan dengan teknologi transformasi dan juga pencahayaan yang kemudian dijalankan oleh rendering machine dijamin bakal menghasilkan kualitas gambar yang bagus. Produk ini akan mengirimkan sekitar 4 pixel setiap clock. Kartu nVIDIA GeForce256 juga akan mempercepat pemrosesan grafis

sehingga akan memperkaya tampilan grafis 3D di layar komputer Anda. Selain hal di atas, nVIDIA GeForce256 juga akan membebaskan penggunaan bandwidth di CPU Anda. Dampaknya apa? Dengan metoda ini maka komputer Anda akan memiliki lebih banyak bandwidth lagi untuk dipergunakan oleh sistem. Produk ini juga dilengkapi dengan pengendali (controller)

grafis MVGA-NVG256A. Apa kegunaan pengontrol tersebut? Pengontrol dalam kartu grafis ini memiliki fungsi yang tak kalah hebatnya dari komponen lain. Fungsinya tiada lain untuk memberikan kualitas visual dan kinerja yang tinggi. Selain itu dengan dukungan 256 bit true color, juga 32 bit Z/Stencil capability, MVGA-NVG256A juga memberikan akselerasi video dan juga 2D yang sama baiknya. Lalu, apa saja fitur yang diberikan oleh kartu grafis ini? Yang pertama tentunya transform and lighting engine, memori 32MB SDRAM on board., interface 350MHz RAMDAC, 1MB Flash-ROM on board, AGP 4X, 32 bit color ARGB dengan destination Alpha dan banyak lagi. Dengan keunggulan yang seabrek ini, berapa sih resolusi yang ditawarkan oleh MVGA-NVG256A? Resolusi yang ditawarkannya tentu saja cukup baik sekitar 2048 x 1536, masing-masing pada frekuensi 75MHz.

Selain hal di atas, masih ada lagi fitur yang tidak kalah menariknya. Fitur yang dimaksud antara lain DVD dan HDTV-ready motion untuk decoding MPEG-2. Selain itu produk ini juga mendukung beragam sistem operasi seperti OS/2, Linux, BeOS dan tentunya Windows. Untuk Anda yang menggunakan sistem operasi Windows, pada paket produk ini sudah tersedia driver bagi Windows 2000, Windows NT 4.0, Windows NT 3.5, Windows 98, Windows 95, dan juga Windows 3.1. Dengan segudang fitur ini tentunya Anda diharapkan untuk bisa merasakan kehebatan produk ini. Maka tidaklah mengherankan kalau produk ini menampilkan tulisan ini di karton produknya “Experience the realism 3D technology with the world’s first GPU.” Wah, kalau begitu OK dong. (may)

24 PCplus

plusProduk
Jetway 663AS PRO:

No.16/II/13 Februari 2001

MOTHERBOARD PILIHAN BUAT YANG PRO
“Wah, komputer saya
bolot banget nih,” ungkap seseorang yang gemar bermain aplikasi-aplikasi berat ini. Yang ada di pikirannya tentu saja mengupgrade komputernya dengan yang baru. Tentu saja dia membutuhkan motherboard baru untuk itu. Dan tidak tanggungtanggung, motherboard yang ia pilih pun memiliki kriteria yang lumayan bagus punya. “Minimal bisa sampai 1GHz lah,” ungkap orang tersebut. Untuk ukuran sekarang, mencari motherboard semacam itu tentu tidak sulit lagi. Di pasaran saja sudah banyak tersedia motherboard yang mendukung kecepatan prosesor sampai 1GHz bahkan lebih. Namun tentunya Anda mesti menyesuaikan dahulu dengan brand prosesor yang akan Anda gunakan. Masalahnya, motherboard yang muncul di pasaran hadir dengan hanya mendukung satu brand prosesor saja. Bagi yang fanatik ataupun berhasrat menggunakan prosesor dari produsen AMD, baik Duron maupun Athlon, saat ini juga sudah banyak tersedia motherboard yang mendukungnya. Salah satu yang bisa Anda pertimbangkan adalah Jetway 663AS Pro. Memangnya apa sih keunggulannya? Produk yang tergolong anyar ini menggunakan desain ATX. Chipset-nya pun tergolong lumayan dengan digunakannya VIA VT8363?VT 82C686B KT-133 chipset. Meski untuk mengingat model chipset yang dipergunakan di motherboard ini sudah cukup bikin pusing, tapi untuk mengetahui kinerja produk ini Anda tidak perlu pusing-pusing lagi. Lalu apa lagi sih fitur yang ditawarkannya? CPU socket

yang dipergunakan pada motherboard ini mendukung baik untuk prosesor AMD Athlon 700MHz – 1GHz maupun AMD Duron 600MHz – 750MHz. Selain itu motherboard ini juga memiliki FSB (Front Side Bus) sebesar 100MHz dan interface memori 133MHz sehingga produk ini berkemampuan untuk mendukung penggunaan SDRAM PC-133. Selain itu, produk ini juga menawarkan ULTRA ATA 100 yang berguna untuk meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan. Tentu fitur di atas belumlah cukup. Produk Jetway 663AS Pro juga mengintegrasikan

AC’97 2.1 CODEC pada motherboard yang kompatibel dengan Sound Blaster Pro. Hasilnya? Tentu bisa dibayangkan kalau kualitas suara yang dihasilkannya pun yahud punya. Sementara untuk kualitas grafis yang lebih sempurna, motherboard ini juga menyediakan slot AGP 1X dengan kemungkinan untuk ditingkatkan menjadi 2x dan juga 4x.. Selain hal di atas produk ini juga menyediakan dua buah port USB. Sehingga Anda perlu pintar-pintar dalam menggunakan port tersebut alasannya saat ini sudah banyak produk yang menggunakan produk USB. Tapi Anda juga jangan takut kalau memang Anda membutuhkan lebih banyak port USB. Karena produk Jetway 663AS Pro ini juga memungkinkan Anda melakukan ekspansi sampai 4 buah port USB. Untuk mencegah gangguan menuju komputer ini, motherboard ini juga dilengkapi dengan fungsi

built-in hardware monitor. Apa sih kegunaannya? Hardware tersebut tentunya berguna untuk melindungi dan memproteksi komputer Anda. Bagaimana dengan memori? Motherboard ini mendukung penggunaan standar SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) dan juga Virtual Channel SDRAM (VC SDRAM) dalam pengaturan yang sangat fleksibel. Sementara untuk dukungan terhadap komponen lainnya, motherboard ini mendukung penggunaan PS/2 keyboard dan juga PS/2 mouse, port serial, pararel dan banyak lagi. Pendek kata, produsen Jetway mengatakan bahwa produk ini memberikan pengguna komputer kinerja yang tinggi dan juga memungkinkan mereka (pengguna) untuk mengupgrade komponenkomponen mereka tanpa perlu mengganti motherboard ini. Mengapa? Karena motherboard ini sudah dirancang sedemikian rupa sehingga bisa mendukung spesifikasi di masa mendatang. (may)

IKLAN JETWAY

PCplus 25

plusHarga
JAKARTA
HARGA KOMPUTER & PERIFERAL – JAKARTA KURS 1 US$ = RP 9.500,(harga sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan) MOTHERBOARD ASUS CUW-RM Intel 810, Au (Socket 370) CUW-RM Intel 810 (Socket 370) K7V-RM Via KX 133 (Slot A) CUV4X-C Via Apollo Pro (Socket 370) CUSL2 Intel 815 (FCPGA) CUSL2-C Intel 815 (FCPGA) CUSI-FX Sis 630E (Socket 370) P3WE(Slot 1,Intel 810E,VGA) P5AB(Slot 1,Alladin 5) A7V Via KT133 (FCPGA) A7VPro Via KT133 (FCPGA) P3V-133 Via 693 (Slot 1) P4T Pro 4x Intel 850 (Socket 370) JETWAY BX994AN (Slot 1+PPGA) BX994AS (Slot 1+PPGA) 911AF (Slot 1+PPGA) 913AF (Slot 1+PPGA) 920BF (Slot 1+PPGA) VB9 Via 693A J-530BF (Sock. 7 - 100MHz) J-616AF Intel Solano 815 J-630BN SIS 630 J-618AF Intel Solano 815 J-630CN SIS 630 J-693AS Via 693A J-663AS Via KX133 (Slot A) J-771AS MB Athlon ATX INTEL D815 EPEA Intel 815 EP (FCPGA) D815EEA Blk Intel 815E (FCPGA) D815EEA Box Intel 815E (FCPGA) CA810EA Intel 810E (FCPGA) DMO 810EMO Intel 810E (FCPGA) D850GB Intel 850 (FCPGA) PROSESOR INTEL Tray Cel 500 (FCPGA) Box Cel 566 (FCPGA) Box Cel 600 (FCPGA) Box Cel 633 (FCPGA) Box Cel 667 (FCPGA) Box Cel 700 (FCPGA) Box Cel 733 (FCPGA) Box Cel 766 (FCPGA) Box Cel 800 (FCPGA) Tray PII 400 c/ 512 SECC2, Fan Tray PIII 533EB c/ 256 SECC2, Fan Tray PIII 533B c/ 512 SECC2, Fan Tray PIII 550 c/ 512 SECC2, Fan Xeon 933 (256K ATC, 133) Xeon 1000 (256K ATC, 133) Xeon 700 1 MB, 256K ATC, 133 Xeon 700 2 MB, 256K ATC, 133 Box PIII 733 FCPGA 133 Box PIII 750 FCPGA 100 Box PIII 800EB FCPGA 133 Box PIII 850 FCPGA 100 Box PIII 866 FCPGA 133 Box PIII 933 FCPGA 133 684,000 779,000 807,500 817,000 874,000 921,500 978,500 1,235,000 1,510,500 807,500 1,149,500 1,130,500 1,206,500 4,911,500 4,911,500 13,167,000 21,945,000 1,776,500 1,776,500 1,985,500 2,090,000 2,118,500 2,612,500 Box PIII 1 Giga FCPGA 133 Box PIV 1.3 + RDRAM 128 PC 800 Box PIV 1.4 + RDRAM 128 PC 800 Box PIV 1.5 + RDRAM 128 PC 800 AMD K6-2 3D 500 MHz+Fan Duron 650 MHz+Fan HARDDISk QUANTUM Fireball 10 GB Fireball 20 GB 1,016,500 969,000 1,311,000 1,045,000 1,463,000 1,358,500 997,500 1,254,000 864,500 1,567,500 1,415,500 874,000 3,401,000 712,500 741,000 684,000 826,500 598,500 608,000 674,500 883,500 712,500 912,000 722,000 608,000 874,000 950,000 ORB EIDE 2,2 GB Internal Drive SCSI 2,2 GB Internal Drive SCSI 2,2 GB External Drive USB 2,2 GB External Drive MEMORI SPECTEK SDRAM 64 MB PC 100 SDRAM 64 MB PC 133 SDRAM 128 MB PC 100 SDRAM 128 MB PC 133 SDRAM 256 MB PC 133 VGA CARD ASUS V7700 Ultra 64MB (GeForce2 Utra) V7700 Deluxe 64MB (GeForce2 GTS) V7700 Deluxe 32MB (GeForce2 GTS) V7700/T 64MB (GeForce2 GTS) V7700/T 32MB (GeForce2 GTS) V7700 Pro 64MB (GeForce2 pro) V7700 64MB (GeForce2 GTS) V7700 32MB (GeForce2 GTS) V7100 Deluxe Combo (GeForce2 MX) V7100/T 32MB (GeForce2 MX) V7100 32MB (GeForce2 MX) V3800 Pro Deluxe 32MB (Riva TNT2 ) V3800 Magic/T 16MB (Riva TNT2 M64) V3800 Magic 32MB (Riva TNT2 M64) V 3 3000 16MB (Vodoo 3 3000) V300C 16MB Sis 305 V2000 8MB PIXELVIEW Riva TNTM64 16MB AGP Riva TNTM64 32MB AGP Riva GeForce256 32MB AGP CD-ROM/CD WRITER/ DVD-ROM ASUS CD-S400 40x Speed CD-S500 50x Speed DVD-E608 8x DVD-ROM, 40x CD-ROM DVD-E612 12x DVD-ROM, 40x CD-ROM CRW-0804F CD-RW 8x/4x/32x BTC BTC CDROM 56x BTC CD-RW 8x/4x/32x IDE Retail Pack 427,500 475,000 997,500 1,206,500 1,776,500 342,000 1,197,000 285,000 275,500 532,000 503,500 997,500 1,710,000 1,805,000 2,090,000 2,232,500 PORTABLE DRIVE 874,000 969,000 2,926,000 4,550,500 5,595,500 7,790,000 541,500 589,000 COMFORT Comfort Fast (Ser or PS/2) Color Comfort Fast (Ser or PS/2) Comfort Candy (IMAC- Color) Comfort Ice (Ser or PS/2) Comfort Wheel (Ser or PS/2) LOGITECH Dexxa Optical Mouse OEM M-34 (Serial)/S34 (PS2) FM Super FM 3B (PS/2 /Serial) Mini Wheel Mouse (USB+PS/2) FM+Loose S48 (PS/2) FM+Full Pack (PS/2 & Serial) Wheel Mouse (Opt) USB+PS/2 USB Wheel Mouse (USB+PS/2) USB MouseMan Wheel Mouse Man Wheel-Optical Cordless MouseMan Wheel iFeel Mouse Cordless Trackman Wheel (Optical) TrackMan Marble+ (Optical) TrackMan Marble FX (Optical) Marble Mouse (Serial & PS/2 / USB & PS/2) TrackMan Live KEYBOARD COMFORT Small Keyboard (IMAC-Colour) 66,500 Keyboard (IMAC-Colour) 85,500 Keyboard Comfort USB 85,500 Keyboard Comfort 2 in 1 (USB+PS/2) 104,500 Keyboard 8000 (PS/2) 47,500 Palm Rest for Keyboard Comfort 14,300 LOGITECH Paket 10 Deluxe 104 Paket 10 New Touch Cordless Desktop iTouch Cordless iTouch Internet Keyboard SPEAKER ALTEC LANSING ACS 33X ACS 45.2X ACS 54X ARTIS MOZART 2 in 1 (Speaker + SubW) BEETHOVEN 4 in 1 (Speaker + SubW) LOGITECH SoundMan S4 (w/o SubW) 4W rms SoundMan X1 25W rms (SubW) SoundMan X2 40W rms (SubW) COMEP SP 158 150W PMPO SP 601 180W PMPO SP 6018 180W PMPO SP 6018 180W PMPO Imac PHILIPS A,23/00 Hi-End Multi 400W Subw A,25/00 Hi-End Multi 550W Subw MMS-140S Hi-End Multi 120W MMS-320 Hi-End Multi 600W Subw DDS-330 Hi-End Multi. 360W Subw DDS-370 Hi-End Multi 360W, USB UPS & STABILIZER ICA UPS 301B Pioneer 400VA UPS 601B Line Int 750VA 937,500 1,162,500 370,500 541,500 627,000 150,000 135,000 829,000 510,000 255,000 38,000 26,600 38,000 35,200 57,000 216,000 55,000 95,000 130,000 264,000 114,000 190,000 290,000 235,000 355,000 420,000 540,000 450,000 765,000 554,000 554,000 315,000 880,000 MOUSE MITSUMI Mouse Mitsumi (Serial or PS/2) 28,500

No.16/II/13 Februari 2001

DEALER & RESELLER

WELCOME

5,386,500 4,180,000 2,612,500 3,971,000 2,460,500 3,923,500 3,819,000 2,356,000 2,147,000 1,254,000 1,102,000 1,624,500 836,000 674,500 893,000 522,500 408,500

1,178,000 1,273,000 1,311,000 1,235,000 1,463,000 2,185,000

294,500 389,500

IKLAN BARIS
KOMPUTER
JUAL MURAH Dapatkan dengan harga bagus, komputer 2 nd + Monitor 14” s/d 21” (Garansi!!). Informasi lanjut, hub.: Elextor (021) 6288311 atau Fax. (021) 6121512, E-mail: sales@elextor.co.id Untuk Dealer berlaku harga khusus.

LAIN-LAIN
HEBOH!!! VCD SULAP!!! PASTI BISA!!! Kini tersedia VCD MAX MAVEN (USA), belajar sulap mental seperti yg Anda saksikan di televisi, VCD Expert Coin Magic David Roth yg akan membuat Anda menjadi “Coinman” alias Master Koin yg dpt mengubah coin/uang logam, menghilangkan coin, transfer coin, dsb. Juga aneka sulap kelas dunia utk hobby & pro seperti Metal Bending membengkokkan sendok ke samping & terpelintir, dgn teknik psychokinetic. Kunjungi www.Davidsmagic. com situs sulap pertama & #1 di Indonesia! Email: my@davidsmagic.com! Davidsmagic.com Millenium melayani seluruh Indonesia dgn harga kompetitif & terpercaya! Pembayaran mudah melalui ATM/Bank/Internet Banking BCA! Ink Refill import USA (HP, Epson, Lexmark, Canon, dll). Kualitas jaminan uang kembali. Koleksi lengkap CD MP-3, CD File Grafis JPG/ GIF (kumpulan foto model/swimsuit). Harga termurah dan gratis ongkos kirim. Hub.: Nevi, Jl. Lengkong Blk. 95/35, Tasikmalaya (0265) 321774

190,000 522,500 779,000 57,000 66,500 66,500 66,500

KURSUS
Pertama di Indonesia Pusat Training pembuatan program komputer utk Windows langsung ke aplikasi database utk segala jenis usaha, multi user, dlm wkt skt, case study, Vip Class! 4203853, 42879033. Email: milenium@link.net.id

560,500 693,500 1,567,500

SERVICE
855,000 1,282,500 332,500 1,225,500 1,415,500 1,710,000 UPS 102B Line Int 1250VA 3,000,000 UPS 202B Line Int 2500VA 5,400,000 UPS CT 382B Compact 500VA 900,000 UPS CT 682B Line Int 1000VA 1,087,500 UPS CT 1082B Line Int 1600VA 1,687,500 UPS CT 1382B Line Int 2100VA 2,550,000 UPS CT 1682B Line Int 2600VA 3,150,000
Surya Lestari Computer menerima service komputer. Bisa dtg ke tempat, ongkos dijamin murah & bergaransi. Terima install, upgrade, jual/ beli komputer. Bagi yg berminat dapat menghub.: Ayong Service (021) 6199417 atau 08129266961

UPS ST 531C Stream Line 600VA UPS ST 831C On Line Sine 1000VA UPS ST 1231C On Line Sine 1500VA UPS ST 1631C On Line Sine 2000VA Stabilizer FR 350 VA

2,925,000 4,125,000 6,075,000 7,575,000 637,500

26 PCplus

plusHarga
JAKARTA
Stabilizer FR 650 VA Stabilizer FR 1000 VA MINAMOTO Stabilizer Servomotor SM500 Stabilizer Servomotor SM1000 CASING TASK Task 2004 Series ATX GEMINI Task 2008 Series ATX DOLPHINE Task 970 Series ATX WHALE Task 980 Series ATX DOLPHINE ELAN VITAL T5AB + PS 235W (Mid ATX) T10AB + PS 300W (Big ATX) MF-1 + PS 121W (Flex ATX) MONITOR PHILIPS Standard 104BM 14" Standard 104S 14" Standard 105S 15" Standard 107S 17" Standard 109S 19" Business 105MB 15" Business 105B 15" Business 107MB 17" Business 107B 17" Business 201B 21" Profess. 107P 17" Real Flat Profess. 109P 19" Real Flat Profess. 201P 21" Real Flat LCD 150B 15" LCD 150P 15.1" LCD 181AS 18.1" SCANNER MUSTEK 1200CU - 600x1200 CIS 1200ED - 600x1200 CCD PARAGON 1200FS 600x1200 CCD/SCSI 1200UB - 600x1200 MUSTEK BearPaw-1200 NOTEBOOK ASUS L7200E PIII 600 SVGA TFT 12.1" L7200E PIII 650 SVGA TFT 12.1" L7300E PIII 600 XGA TFT 13.3" L7300E PIII 650 XGA TFT 13.3" L8400B-DVD PIII 600 XGA TFT 14.1" L8400B-DVD PIII 650 XGA TFT 14.1" L8400B-DVD PIII 700 XGA TFT 14.1" 665,000 617,500 1,852,500 665,000 836,000 475,000 1,254,000 1,567,500 2,565,000 5,462,500 1,947,500 1,995,000 3,705,000 3,610,000 10,687,500 4,750,000 7,125,000 12,587,500 11,637,500 12,350,000 34,200,000 218,500 218,500 323,000 323,000 731,500 1,130,500 788,500 937,500 1,500,000 225,000 375,000 L8400B-DVD PIII 750 XGA TFT 14.1" L8400B-DVD PIII 800 XGA TFT 14.1" L8400B-DVD PIII 850 XGA TFT 14.1" L8400C-DVD PIII 600 XGA TFT 14.1" L8400C-DVD PIII 650 XGA TFT 14.1" L8400C-DVD PIII 700 XGA TFT 14.1" L8400C-DVD PIII 750 XGA TFT 14.1" L8400C-DVD PIII 800 XGA TFT 14.1" L8400C-DVD PIII 850 XGA T FT 14.1" A1200B PIII 500 XGA TFT 12.1" A1300B PIII 500 XGA TFT 13.3" S8200A-CD PIII 600 SVGA TFT 12.1" S8200A-CD PIII 650 SVGA TFT 12.1" S8200A-CD PIII 700 SVGA TFT 12.1" S8200A-CD PIII 750 SVGA TFT 12.1" S8200A-CD PIII 800 SVGA TFT 12.1" S8200A-CD PIII 850 SVGA TFT 12.1" S8200A-DVD PIII 600 SVGA TFT 12.1" S8200A-DVD PIII 650 SVGA TFT 12.1" S8200A-DVD PIII 700 SVGA TFT 12.1" S8200A-DVD PIII 750 SVGA TFT 12.1" S8200A-DVD PIII 800 SVGA TFT 12.1" S8200A-DVD PIII 850 SVGA TFT 12.1" ACER TRAVELMATE 201T Cel 600 + 12,1" TFT TRAVELMATE 345T PIII/600 (CD) + 12,1" TFT COLOR TRAVELMATE 347T PIII/650 (CD) + 12,1" TFT TRAVELMATE 340T PIII/450 + DVD TRAVELMATE 351TE PIII/700 (SpeedStep) + BJC-80 TRAVELMATE 525TE PIII/700 + 13.3" TFT TRAVELMATE 525TXV PIII/700 + 14,1" TFT TRAVELMATE 734 TLV PIII/600 TRAVELMATE 737 TLV PIII/700 + 15" TFT TRAVELMATE 603TER PIII/700 +13,3" TFT + CDRW COMPAQ PRESARIO 1200 XL-305 Cel 600/TFT 12.1” 23,814,000 25,302,400 28,279,200 21,730,300 22,226,400 22,970,600 24,210,900 25,699,300 28,676,100 12,651,200 13,643,500 17,364,400 17,860,500 18,604,700 19,845,000 21,333,400 24,310,200 18,604,700 19,100,900 19,845,000 21,085,400 22,573,700 25,550,500 ACER ACER POWER 8400 (Mini Tower + Acerview 1455 (14") ACER POWER SE PIII/650E + 14" Acer View ACER POWER SE PIII/700 + 14" Acer View VERITON FP PIII/550 + 15" LCD TFT + Canon Laser Print. VERITON 5100 Cel 600 + 15" VERITON 5100 PIII/733 PC 133 + 15" VERITON 7100 Cel 600 + 15" VERITON 7100 PIII/800 PC 133 + 15" VERITON 7100 PIII/1GHz PC 133 + 15" VERITON 9100 PIV/ 1,4 GHz+ 17" VERITON FP2 PIII/800 + 15" TFT (LCD) ASPIRE 6378P PIII/700 + 15" + Epson 480 ASPIRE 6380 PIII/800 + 15" + Epson 480 ASPIRE 6496 PIII/733 + 6x4x32 CDRW + 17" ASPIRE A6605 PIII/866 + 15" + Logitech Quick Cam COMPAQ PRESARIO 3596 PIII/650 + 15" PRESARIO 5000 (5BW140) PIII/650 + 15" PRESARIO 5000 (5BW190) PIII/800 + CDRW PRESARIO 5000 (5BW284) PIII/800 + 15" PRESARIO 5000 (5BW260) PIII/733 + 15" + BJC-1000SP PRESARIO 5000 (5BW270) PIII/750 + 15” MV540 PRESARIO 5000 (5BW292) PIII/933 + 15” MV540 PRESARIO 7000 (7EL180) PIII/933+CDRW+DVD+ QuickCam 7,600,000 7,125,000 7,362,500 19,950,000 7,837,500 8,930,000 7,837,500 8,930,000 9,490,500 24,700,000 21,840,500 9,490,500 9,737,500 14,725,000 13,775,000 PRESARIO 1200 XL-312 PIII/700 PRESARIO 1400 XL-342 (Color) PRESARIO 1931/4x DVD/ 13.3" XGA PRESARIO 800/80XL200 PRESARIO 1700 (17XL361) PRESARIO 1700 (17XL476) 14.1” TFT ARMADA 100S ARMADA E500 PIII-650 14.1"TFT ARMADA E500 PIII-700 15.1"TFT ARMADA E500 PIII-800 14.1”TFT ARMADA E500 PIII-850 15.1”TFT PC BUILT UP 17,090,500 20,900,000 16,000,000 20,425,000 22,790,500 27,075,000 10,925,000 20,425,000 23,275,000 27,550,000 33,250,000

No.16/II/13 Februari 2001

Majalah InfoKomputer, Fotomedia & Tabloid PCplus
membutuhkan:
1. Account Executive (AE-IK) Pria/Wanita Usia maks 26 th D3/S1 semua jurusan Mempunyai SIM A Memiliki keterampilan interpersonal dan komunikasi yang baik - Berpenampilan menarik - Mampu berbahasa Inggris dengan baik (aktif & pasif) 2. Staf Redaksi (RED-FM) Pria/Wanita S1 semua jurusan Usia maks 27 th Menguasai bidang fotografis Mampu menulis artikel dengan 6. bahasa Indonesia yang baik dan benar (lampirkan artikel yang pernah dibuat) - Mampu berbahasa Inggris dengan baik (aktif & pasif) 3. Staf Redaksi (RED-IK) - Pria/Wanita 7. - S1 semua jurusan (diutamakan Teknik/MIPA) - Usia maks 27 th - Mampu menulis artikel dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar (lampirkan artikel yang pernah dibuat) 8. - Mampu berbahasa Inggris dengan baik (aktif & pasif) 4. Staf Penguji Lab (LAB-IK) - Pria - S1 Jurusan Teknik - Usia maks 27 th - Menguasai dasar perakitan Staf Sirkulasi (SIR-IK) - Pria - D III/S1 semua jurusan (diutamakan Manajemen) - Usia maks 26 th - Mempunyai SIM A Staf Artistik (AR-IK) Pria D III Desain Grafis Usia maks 25 th Menguasai program Desktop Publishing (CorrelDraw, FreeHand, PageMaker, dan Photoshop) komputer - Mampu menulis artikel dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar - Mampu berbahasa Inggris dengan baik (aktif & pasif) 5. Staf Promosi (PROMO-IK) Pria S1 Jurusan Komunikasi Usia maks 27 th Mempunyai SIM A Mampu berbahasa Inggris dengan baik (aktif & pasif)

Staf Keuangan (KEU-IK) Pria S1 Jurusan Akuntansi Usia maks 27 th Mampu berbahasa Inggris dengan baik (aktif & pasif)

11,390,500 17,575,000 20,757,500 19,475,000 24,700,000 16,482,500 21,375,000 30,400,000 31,825,000 25,650,000

12,340,500 9,490,500 14,012,500 11,400,000 11,390,500 12,825,000 13,775,000 21,840,500

16,372,200 17,116,400 17,364,400 18,108,600 21,333,400 21,829,500 22,573,700

13,290,500

Kirimkan lamaran lengkap paling lambat tanggal 28 Februari 2001 ke: Manajer PSDM Penerbit Multimedia dan Sarana Pendidikan PO BOX 1295 JKB 11012 Hanya pelamar yang memenuhi kualifikasi yang akan dipanggil untuk seleksi

DAFTAR AGEN PCplus DI LUAR JAKARTA
1 2 3 4 5 6 HUDIONO BANDUNG JL . SURAPATI, DEPAN KANTOR IMIGRASI KOKESMA ITB BANDUNG JL. GANESHA NO. 10 KATON LESTARI BANDUNG JL. BOJONG WETAN NO. 7 TB. GRAMEDIA PETA BANDUNG JL. PETA NO. 77 TB. GRAMEDIA MERDEKA BANDUNG JL. MERDEKA NO. 43 YUDA AGENCY/BP. DADANG KUSTIA BANDUNG JL. CIBANGKONG 286/120 MADUK DARI GATOT SUBROTO DIDIN AGENCY BANDUNG JL. DALEM KAUM NO. 130 Aa Telp. (022) 434501 RAKA AGENCY BANDUNG JL. TONGKENG NO. 3 ALPHABETH AGENCY BANDUNG KOMPLEX PERMATA INDAH JL. CONBLOK 18, HOLIS SABANDA/H. IHIN JL. WR. SUPRATMAN NO. 16 CIAMIS ENCENG AGENCYSUMEDANG JL. TALUN NO. 66 MONITA AGENCY/ H. ASEP DAHYAN GARUT JL. BANK NO. 30 B SARIKSA/ AHMAD NASUHA TASIKMALAYA JL. PASEH 13 CIREBON AGENCY CIREBON JL. LEMAH WUNGKUK 108 (0231) 203376 SUMBER INFORMASI CIREBON JL. KATIYASA NO. 34 TB. GRAMEDIA CIREBON GRACE MALL KEJAKSAN JL. TENTARA PELAJAR NO. 1 FAJAR AGENCY PEKALONGAN JL. NUSANTARA NO. 4 ERLANGGA AGENCY SEMARANG JL. ERLANGGA RAYA 24 PRASOJO AGENCY SEMARANG JL. DRUPADI 2B - 6 KOMP. PERUMAHAN INDRAPRASTA HARIANI AGENCY SEMARANG JL. PLAMPITAN 20 DUTA AGENCY SEMARANG JL. KAKAP I NO. 01 RUKO SEBANTENGAN BARU, UNGARAN Telp. (024) 443947 ADILA AGENCY SEMARANG JL. IMAM BONJOL 65 HARTONO AGENCY SEMARANG JL. DORANG 122 A TB. GRAMEDIA SEMARANG JL. PANDANARAN 116 MAHKOTA SEMARANG JL. AIRLANGGA RAYA NO. 31 Telp. (024) 3515360 CAKRAWALA AGENCY JL. NAMBURAN KIDUL 10 27 HETTY AGENCY JL. GODO INTEN UH VI / 53 E SOROSUTAN 28 HIDUP AGENCY JL. DAGEN 70 A, Telp. (0274) 587921 29 ALFA AGENCY JL. SEKIP KIOS NO. 8 Telp. (0274) 581882 30 TB. SARI ILMU 2 JL. MALIOBORO 117 31 LAMHABA AGENCY JL. LAKSDA ADISUCIPTO 151 32 OESEP KURNIADI JL. IROMEJAN GK. III / 733 Telp. (0274) 511338 33 ROSID / JOKO RAHARJO JL. IROMEJAN NO. 29 34 TOGAMAS JL. GEJAYAN NO. 1 PEREMPETAN CONDONG CATUR Telp. (0274) 542468 35 TB. GRAMEDIA JL. MALIOBORO 52-57 36 TB. GRAMEDIA JL. JEND SUDIRMAN 56 37 TELEMEDIA (WARTEL) JL. SUDIRMAN NO. 54- 56 38* EMILIA TITIS JL. JATI MULYA TR I NO. 569 Telp. (0274) 548434 39 TB. ABC JL. SLAMET RIYADI 30 A Telp. (0271) 47832/44345 40 SENDANG MULIA AGENCY PASAR BESAR WETAN NO. 8 41 TB. MATAHARI JL. KH. A. DAHLAN 35 Telp. (0271) 45161 42 SURYA AGENCY JL. KH. A. DAHLAN 58 Telp. (0271) 52375 43 MOEDIONO JL. BANYU URIP WETAN IV/ 32 A Telp. (031) 5661383 44 TERBIT AGENCY JL. PANDEGILING V / 42 A Telp. (031) 5630787 45 TB. GRAMEDIA JL. BASUKI RAHMAT 95 46 TB. GRAMEDIA JL. MANYAR KERTOARJO 16 47 TB. GRAMEDIA TUJUNGAN PLAZA I JL. BASUKI RAHMAT 8-12 48 TB. URANUS JL. NGAGEL JAYA 91 26 49 YOGYAKARTA YOGYAKARTA 50 YOGYAKARTA YOGYAKARTA 51 CV. USAHA BERSAMA SURABAYA JEMBATAN MERAH PLAZA LT. DASAR NO. 40 UP. IWAN/RUDI Telp. (031) 3556256 IRWAN AGENCY MALANG JL. S PARMAN KEDAUNG POJOK - GG SANTREAN I/1 Telp. (0341) 493110 TOGAMAS MALANG JL. GALUNGGUNG NO. 58 I-J PERTOKOAN GALUNGGUNG RAYA Telp. (0341) 565672/565673 LUCKY AGENCY MALANG JL. H. ASHARI NO. 40 Telp. (0341) 354967 TB. GRAMEDIA MALANG JL. BASUKI RAHMAT NO. 3 SENYUM MEDIA JEMBER JL. KALIMANTAN 21 TB. GRAMEDIA JEMBER JL. IMAM SYAFE’I 101 TB. AMANAH JEMBER JL. TRUNOJOYO 116 Telp. (0331) 426676 RUDI AGENCY MADIUN JL. SIDOMURNI NO. 6 Telp. (0331) 453891 TB. KENARI/SLAMET SANTOSO PURWOKERTO JL. BRIGJEN SLAMET RYADI 64 Telp. (0281) 31307 TB. GANESHA/ BP. BUDDY WAURAN JL. OVERSTE ISDIMAN 1 A PURWOKERTO Telp. (0281) 36404 PRIMA AGENCY DENPASAR JL. GATOT SUBROTO 100 X KAV 9 Telp. (0361) 241433 SM. GEDE SUKARATA DENPASAR KIOS BUDI JAYA AGENCY JL. HAYAM WURUK 58 KIOS ASTHA DENPASAR JL. BELITON 13 A Telp. (0361) 262251 TB. GRAMEDIA DENPASAR MALL BALI GALERIA JL. BY PAS I GUSTI NGURAH RAI Telp. (0361) 758702 CORSICA AGENCY DENPASAR JL. SUMATERA 46 TB. GRAMEDIA DENPASAR DUTA PLAZA LT. DASAR JL. DEWI SARTIKA PENAWAR DUKA MEDAN JL. BRIGJEN KATAMSO 60 A Telp. (061) 554704 TB. GRAMEDIA MEDAN JL. GAJAH MADA 23 TB. GRAMEDIA MEDAN MEDAN MALL LT. 4 JL. MT. HARYONO 69 70 MUNIR A JL. PANDU NO. 14 A PUSTAKA OBOR JL. SURABAYA 82 Telp. (061) 545622 EFFENDI BOOK STORE JL. MUHD. JAM NO. 76 TB. ABC JL. DIPONEGORO 38 SAMPING BDN TB. GRAMEDIA JL. DAMAR 63 PALAPA AGENCY JL. H. ASHARI 14 TB. MEI SHE SHA KOMP. SAKURA ANPAN E / 11 PALAPA AGENCY KOMP. PENVIL CENTRE NO. 3 TB. GLORIA JL. R. MATTAHER 43-44 Telp. (0741) 23360/34415 TB. GRAMEDIA JL. KOL. ATMO 45 SRIWIJAYA JL. KAPTEN CEK SYECH NO. 250 Telp. (0711) 351145 TB. GRAMEDIA JL. RADEN INTAN 63 TB. GRAMEDIA BALIKPAPAN CENTER JL. JEND. SUDIRMAN TB. GRAMEDIA JL. VETERAN 55-61 TB. A. TERANG JL. P. SAMOSIR NO. 3 TB. AZIZ JL. GAJAH MADA PASAR PAGI 123-124 ANGKASA JAYA JL. TANJUNG PURA 36 ANANG SUKRI AGENCY JL. HALMAHERA NO. 8 Telp. (0536) 24379 FATHIR AGENCY JL. KALIMANTAN NO. 28 RT. 02 PO. BOX 68 BERLIN DOLOKSARIBU JL. HASSANUDIN NO. 40 Telp. (0451) 21218 TELLY AGENCY JL. GUNUNG LATIMOJONG 249 Telp. (0411) 321795 PT. JASATAMA JL. PENGAYOMAN KOMP. EDELWIS BLOK V / 8 Telp. (0411) 321907 TB. GRAMEDIA MALL RATU INDAH LT. 2 JL. SAM RATULANGI 35 TB. GRAMEDIA MEDAN 93 MEDAN 94 BANDA ACEH BANDA ACEH 95 96 PADANG PEKANBARU BATAM BATAM JAMBI JL. SAM RATULANGI 40 ORLANE JL. SAM RATULANGI NO. 96-98 Telp. (0431) 863890 TOKO RAJA LAUT JL. MT. HARYONO PO. BOX 22 YANTHI AGENCY JL. HALMAHERA NO. 2 MAHABA COMPUTER JL. KRISTINA MARTHA TIAHAHU NO. 192, TERNATE Telp. (0921) 327716 MANADO

MANADO

71 72

JAYAPURA MALUKU UTARA

73 74 75 76 77

YOGYAKARTA 52 YOGYAKARTA YOGYAKARTA 53 54 YOGYAKARTA 55 YOGYAKARTA 56

7

8 9

DI MANA ANDA BISA BERLANGGANAN?
• Jasatama Hayam Wuruk • Anagho (Wilayah Sudirman & Thamrin) 3151854, 3103512 6267863, 6261524

78 79

PALEMBANG PALEMBANG

10 11 12

YOGYAKARTA YOGYAKARTA

57

80 81

LAMPUNG BALIKPAPAN

• Cahaya Gemilang (Condet, Cililtan Kecil) • Dwi Wati Agency (Wil. Salemba) 8001849 3151036 4611656 5406127 739553,7221929 7971127 8853817 5372754 5382572

58 YOGYAKARTA YOGYAKARTA 59

13

82 83 84

BANJARMASIN SAMARINDA SAMARINDA

14

• Aridar Agency(Klender) • Arfan (Daan Mogot) • Yensos/Esi (Wil. Kebayoran) • Purba Agency (Wil Pasar Minggu)

SOLO

60

15 16

SOLO SOLO

61

85 86

PONTIANAK PALANGKARAYA

• Jasatama Bekasi • Jasatama BSD • Budiharjo (BSD)

17 18 19

62 SOLO 63 SURABAYA 64 SURABAYA 65 SURABAYA 66 SURABAYA SURABAYA 67 68 SURABAYA

87

PALANGKARAYA

•* Lab Komp. TI/SI, STIMIK Budi Luhur (Cileduk) 5853753 (0251)663302

88

PALU

20 21

• Garsegor (Bogor) • Alphabet (Wil. Bandung)

89

MAKASSAR

(022) 6075675, 6073673 (022)2512896 (0361)241433

90

MAKASSAR

• Asep • Prima Agency (Wil Bali)

22 23 24 25

91

MAKASAR

92

MANADO

PCplus kini tersedia di Outlet Indomaret Jabotabek

PCplus 27

plusHarga
JAKARTA
PRESARIO 7000 (7EL270)+ CDRW+DVD+ Quick Cam PRESARIO 7000 (7RC298) P4 + 17" DESKPRO SB/Mini PIII/800 + CDROM DESKPRO EXD PIII/800 + S510 DESKPRO ENC PIII/733 + 15 PROLIANT 1850R PIII/550 PROLIANT ML 350 PIII/733 PROLIANT ML 350 PIII/866 PROLIANT ML 370T PIII/866 + HD 9,1GB PROLIANT ML 530 Xeon 933 25,640,500 36,090,500 8,787,500 36,100,000 23,750,000 30,875,000 45,125,000
CPU Computer Center Ruko Glodok Jaya No. 3 Jl. Hayam Wuruk Jakarta 11180 Telp. : 6243166 Fax. : 6255538 Email : sales@cpucom.com CPUCOM Tel: 7207524-25-26 Fax: 7207514 MAKRO IT Mart PT. NUSANTARA ERADATA P. Jayakarta 117 Blok C No. 28 Jakarta 10730 Telp: 6018218 PT. ASTRINDO SENAYASA Ruko Mangga Dua Mall No. 27, Jakarta Telp: 6121330-31 (hunting) Fax: 6121329 Email: astrindo@rad.net.id COMPUTER EXPRESS Pusat Komputer Orion Mangga Dua Lt. Dasar No. 28 Jl. Arteri Mangga Dua Raya Tel: (021) 6127628-6127629 Fax: (021) 6127629 Jakarta Pusat-Indonesia Tel: 6121956, 6127032 Fax: 6121964 ICA UPS & Stabilizer PT INTI CAKRA ANUGRAH ORION Plaza Lt.3 Blok S-14 Telp: 6269828 / 29 / 30 Fax: 6269830 Website: www.ica.co.id Email: sales@ica.co.id PT. UIS (ORB Distributor) Gajah Mada Plaza, Semi Ground Fl. No.26 Jl. Gajah Mada No. 19-26, JKT 10130 Tel: (62 21) 6385 0669 Fax: (62 21) 6387 2143 PolyCom - POLYDAYA Computer Jl. Zainal Arifin B3/10 (Gajah Mada) Jakarta Tel.: 630 1918, 630 1920, 633 6610, 634 0377 Fax.: 633 6610 Email: goscarvb@centrin.net.id polycom@link.net.id info@e-polycom.com Web: www.philips.com Surya Candra Komp. Ruko Marinatama

No.16/II/13 Februari 2001

Mangga Dua Blok G-3 Jl. Gunung Sahari Raya No. 2, Jakarta-14420 Telp: (021) 6413639 (Hunting), 6456617 (Hunting) Fax: (021) 6413639

Mau Pasang Iklan Mini?
Tarif Iklan Mini Warna B/W : 6500/mmk : 4000/mmk

JOGJAKARTA
HARGA KOMPUTER & PERIFERAL – YOGYAKARTA KURS US$ 1 = RP 9.500,HARGA DALAM RUPIAH MOTHERBOARD ASUS CUR-DLS Intel 82559 (FCPGA) P4T Intel 850 (FCPGA) CUSL2 Intel 815 (FCPGA) CUSL2-C Intel 815 (FCPGA) CUV4x-C Via 694 (FCPGA) P3V-4x Via 694 (Slot 1) P3V-133 Via 693 (Slot 1) A7V Via KT133 (FCPGA) A7 Pro Via KT133 (FCPGA) K7V Via KX 133 (Slot A) K7V-RM Via KX133 (Slot A) P3WE Intel 810E (Slot 1) CUW-RM Intel 810, Au (FCPGA) CUW-RM Intel 810 (FCPGA) CUSI-FX Sis 630, Au (FCPGA) P5AB Alladin 5 (Slot 1) 7,315,000 3,396,250 1,463,000 1,358,500 1,054,500 1,121,000 869,250 1,567,500 1,410,750 1,358,500 1,306,250 1,254,000 1,011,750 964,250 997,500 864,500

DMO 810EMO Intel 810E (FCPGA) D850GB Intel 850 (FCPGA) PROSESOR INTEL Intel Tray Cel 500 FCPGA Box Cel 566 FCPGA Box Cel 600 FCPGA Box Cel 633 FCPGA Box Cel 667 FCPGA Box Cel 700 FCPGA Box Cel 733 FCPGA Box Cel 766 FCPGA Tray PII 400 c/ 512 SECC2 + Fan Tray PIII 533EB c/ 256 SECC2 + Fan Tray PIII 533B c/ 512 SECC2 + Fan Tray PIII 550 c/ 512 SECC2 + Fan Box PIII 600EB FCPGA 133 Box PIII 733 FCPGA 133 Box PIII 750 FCPGA 100 Box PIII 800EB FCPGA 133 Box PIII 850 FCPGA 100 Box PIII 866 FCPGA 133 Box PIII 933 FCPGA 133 Box PIII 1G FCPGA 133 Box PIV 1.3 + RDRAM 128 PC 800 Box PIV 1.4 + RDRAM 128 PC 800 Box PIV 1.5 + RDRAM 128 PC 800

1,463,000 2,185,000

Xeon 1000 (256K ATC, 133 MHz) Xeon 700 1 MB, 256K ATC, 133 MHz Xeon 700 2 MB, 256K ATC, 133 MHz MEMORI SPECTEK SDRAM 64 MB PC100 SDRAM 64 MB PC133 SDRAM 128 MB PC100 SDRAM 128 MB PC133 SDRAM 256 MB PC133 MULTIMEDIA ASUS CRW-0804F 8x4x32 DVD-E608 8xDVD, 40xCD DVD-E612 12xDVD, 40xCD CD-S400 CD-S500 VGA CARD ASUS V7700 Ultra 64MB (GeForce2 Ult) V7700 Deluxe 64MB (GeForce2 GTS) V7700 Deluxe 32MB (GeForce2 GTS) V7700/T 64MB (GeForce2 GTS) V7700/T 32MB

4,911,500 13,167,000 21,945,000

684,000 779,000 807,500 817,000 864,500 921,500 973,750 1,235,000 807,500 1,149,500 1,125,750 1,201,750 1,311,000 1,776,500 1,776,500 1,985,500 2,090,000 2,109,000 2,612,500 2,926,000 5,282,000 5,310,500 7,785,250

266,000 275,500 541,500 503,500 1,054,500

1,776,500 997,500 1,206,500 437,000 484,500

(GeForce2 GTS) V7700 Pro 64MB (GeForce2 Pro) V7700 64MB (GeForce2 GTS) V7700 32MB (GeForce2 GTS) V7100/T 32MB (GeForce2 MX) V7100 32MB (GeForce2 MX) V3800 Pro Deluxe 32MB (Riva TNT2 ) V3800 Magic/T 16MB (Riva TNT2 M64) V3800 Magic 32MB (Riva TNT2 M64) V 3 3000 16MB (Vodoo 3 3000) V300C 16MB Sis 305 V2000 8MB CASING ELAN VITAL T5AB + PS 235W (Mid ATX) T10AB + PS 300W (Big ATX) T15 + PS 300W (Big ATX) MF-1 + PS 121W (Flex ATX)

2,455,750 3,918,750 3,819,000 2,346,500 1,254,000 1,102,000 1,615,000 836,000 674,500 893,000 532,000 399,000

Minimal 1 kol x 50 mm 1 kol x 100mm, B/W : Rp.400.000,1 kol x 100mm, Warna : Rp.650.000,2 kol x 100m, B/W : Rp.800.000,2 kol x 100mm, Warna : Rp.1.300.000,1 kol x 50mm, B/W : Rp.200.000,1 kol x 50mm, Warna : Rp.325.000,2 kol x 50mm, B/W : Rp.400.000,2 kol x 50mm, Warna : Rp.650.000,-

Hubungi

Janne/Ike
E-mail Telp. Ext. Fax. : iklan@e-pcplus.com : 548 3008, 548 0888 : 3701, 3711, 3703 : 5360411

731,500 1,130,500 1,263,500 788,500

5,386,500 4,180,000 2,612,500 3,971,000

AKSESORIS ASUS PCI-1394 PCI ATA 66 Card S370DL Converter P2 Thermal Cable 693,500 294,500 128,250 57,000 USB MIR IR 100, Infra Red ELAN VITAL WHISPER 76,000 161,500 161,500

INTEL D815EPEA Intel 815 EP (FCPGA) 1,173,250 D815EEA Blk Intel 815E (FCPGA) 1,263,500 D815EEA Box Intel 815E (FCPGA)1,306,250 CA810EA Intel 810E (FCPGA) 1,235,000

Astrindo Sentana assentana@yogya.wasantara.net.id

SURABAYA
HARGA KOMPUTER & PERIFERAL – SURABAYA HARGA DALAM RUPIAH MOTHERBOARD TX PRO 512 TX PRO+VGA +Sound IWILL VD 133 Slot 1 VA 133 Socket 370 ASUS CUV4X-C VIA CUSL2-C VIA 694 CUSL2- SOLANO Intel 815 E K7V AMD Athlon A7V K7 Duron/Thunderbird ABIT VA6 VIA (Slot 1) VT6X4 VIA (Slot 1) VH6 VIA (Socket 370) BE6-II Intel BX440 (Slot 1) SE6 Intel i815E (Socket 370) KT7 VIA KT133 Athlon REDFOX 6XV94A VIA 694X (Slot 1, Soc 370) BX-6AV2 VIA (Slot 1) 6XV93B VIA 693 (Slot 1) BX-6XP2 Intel BX440 PROSESOR INTEL 233 MMX ORG Tray Cel 566 (PPGA) Cel 600 (PPGA) Box Cel 633 (PPGA) Box P III 450 MHz Slot 1, 133 P III 533B MHz Slot 1, 133 P III 600 MHz Slot 133 P III 733 MHz Socket 370 (Box) P III 800 E MHz Socket 370 (Box) P III 866 EB MHz Socket 370 (Box) AMD AMD K6-2 500 + Fan AMD K7 650 Athlon AMD K7 700 Athlon AMD K7 800 Athlon AMD K7 650 Duron 64KB AMD K7 700 Duron 64KB AMD K7 800 Duron 64 KB AMD K7 700 Thunderbird 375,000 725,000 760,000 760,000 921,500 1,026,000 1,155,000 1,691,000 1,830,000 1,910,000 470,000 900,000 1,100,000 1,445,000 545,000 570,000 920,000 405,000 725,000 1,095,000 1,050,000 1,350,000 1,473,000 1,255,000 1,445,000 730,000 856,000 905,000 1,300,000 1,265,000 1,275,000

256 KB AMD K7 800 Thunderbird 256 KB AMD K7 900Thunderbird 256 KB MEMORI VISIPRO SDRAM 32 MB PC 100 SDRAM 64 MB PC 100 SDRAM 128 MB PC 100 SDRAM 256 MB PC 100 SPECTEK SDRAM 64 MB PC 100 SDRAM 128 MB PC 133 HARDDISK SEAGATE 8.4 GB Seagate 10.2 GB Seagate QUANTUM 7,5 GB Quantum 10 GB Quantum 15 GB Quantum LC MAXTOR 15,3 GB 5400 Rpm -100 20,4 GB 5400 Rpm 30,7 GB 5400 Rpm-100 61,2 GB 5400 Rpm -100 15,3 GB 7200 Rpm -100 DISK DRIVE PANASONIC 1,44 PANASONIC ZIP DRIVE IOMEGA ZIP DRIVE 100 MB ZIP DRIVE 250 MB VGA CARD DAYTONA DAYTONA SIS PCI 4MB DAYTONA SIS AGP 4MB TV DAYTONA S3 SavageIV Pro 8MB AGP 4X S3 TRIO S3 TRIO 4MB AGP S3 TRIO 8MB AGP INNOVISION 4 MB S3 TRIO 8 MB S3 TRIO 16 MB SAVAGE 4 32 MB SAVAGE 4 32 MB SAVAGE 2000 16 MB TNT2 M64 VANTA 16 MB TNT2 M64 16 MB TNT2 M64 TV

1,075,000 1,160,000 1,522,000

32 MB TNT2 M64 32 MB TNT2 M64 TV 32 MB TNT2 PRO 32 MB GeFORCE 256 32 MB GeFORCE 256 DDR 32 MB GeFORCE 2 MX 32 MB GeFORCE 2 GTS MULTIMEDIA

605,000 695,000 720,000 1,060,000 1,725,000 1,190,000 2,475,000

NEXT 15" type 511 NEXT 15" type 521 NEXT 17" GTC GTC 6525 15" Digital AOC AOC 14" 4VN Digital AOC 15" 5En Digital

1,187,500 1,282,500 1,786,000 1,250,000 1,050,000 1,315,000 975,000 1,055,000 2,175,000

Canoscan N650 P Canoscan N656 P Canoscan D660 U Canoscan N1220 U Canoscan N1210 FAX MODEM US ROBOTICS US ROBOTICS 56K EXT VOICE ROCKWELL ROCKWELL 56 K INT SW ROCKWELL 56 K INT HW ROCKWELL 56 K EXT V.90 MOTOROLA MOTOROLA 56 K INT

1,056,000 1,188,000 1,056,000 1,628,000 2,217,600

180,000 280,000 490,000 1,065,000 262,000 532,000

ACTIMA CD ROM 52X CREATIVE CD ROM 52X Remote SC CREATIVE AWE 128 PCI VIBRA SB LIVE VALUE CREATIVE ASUS CD ROM 40x CD ROM 50x CD ROM 48X YAMAHA SC PCI 740 SC 16 Bit ISA Spider SPEAKER GENIUS Genius 120W SPG 06 KENIKA Kenika 180W TYPHON PRESTIGE Typhoon 120W

810,000 145,000 190,000 367,500 140,000 410,000

330,000 400,000 180,000 420,000 386,000 445,000 360,000 110,000 82,500

CASPER Casper 14" Digital 4V7 Casper 15" Digital SONY SONY 15" Digital Flat PHILIPS PHILIPS 104 S 14" PHILIPS 105 B 15" PHILIPS 107 S 17" PHILIPS 107 B 17" PHILIPS 107 P 17" PHILIPS 109 S 19" PHILIPS 109 P 19" SPC SPC 14" Digital 1400 PRINTER

745,000 945,000 735,000 835,000 970,000 871,000 968,000 1,276,000 2,684,000 1,276,000

1,150,000 1,765,000 2,475,000 3,475,000 4,560,000 4,825,000 6,385,000 975,000

D-LINK Dlink 56 Kbps Ext V.90 NETWORK CARD X-NET E-NET 2000 BNC+UTP ISA/PCI E-NET 3000 UTP PCI 10/100 Realtek SURECOM E-NET ISA / PCI Combo E-NET PCI TX 10/100

110,000 150,000 80,000 92,500 265,000 420,000 460,000

65,000 85,000 70,000 695,000 1,140,000 2,425,000 640,000 860,000 1,775,000 2,680,000 CANON CANON 1000 SP CANON 2100 SP EPSON STYLUS 460 LX 300 Metrodata LQ 2180 Metrodata HEWLETT-PACKARD HP LASERJET 6L GOLD SCANNER MICROTEK Slimscan C3-U Scanmaker 3600-U Scanmaker V6-UPL Scanmaker V6-USL Scanmaker 4700-U Scanmaker X12-USL UMAX UMAX 3400 UMAX 3450 UMAX 2200 USB/SCSI PROLINK WinScan Pro-2000U USB WinScan Pro-6000U USB CANON Canoscan N340 P Canoscan N640 P 615,000 830,000 1,320,000 1,650,000 1,840,000 2,175,000 775,000 1,140,000 1,275,000 795,000 970,000 616,000 925,000 835,000 900,000 715,000 1,380,000 5,115,000 2,655,000

765,000 555,000 620,000 630,000

SUPERLAN HUB/ Concentrator 9 Port HUB/ Concentrator 16 Port D-LINK HUB D-LINK 8 port 809TC/E NOTEBOOK COMPAQ Presario 1400 PIII/700 Presario 1700 XL364 Presario 1200 XL212 Presario 1600XL140 Presario 1692 AMD K6-2 450 Presario 1900 XL 160 Cel 450 CASING ATX ATX 711 Gretac ATX 8811-1 Gretac MINI TOWER SMILE Series MIDDLE TOWER ATX colour MIDDLE ATX CASETECH TV TUNER WINTV WinTV GO WinTV USB EXT WinTV USB Plus Radio

95,000 1,210,000 1,445,000

ALTEC LANSING ACS 54 ACS56 ADA880 Dolby Digital Subw BOSTON ACCOUSTIC BA 635 Micromedia BA 4800 Digital BA 7500 STAVOLT + UPS KASUGAWA KASUGAWA 500W

190,000 210,000 300,000

21,010,000 21,010,000 18,145,000 15,500,000 14,750,000 15,500,000

60,000 167,500 600,000 1,130,000

179,000 230,000 180,000 230,000 385,000 556,000 1,195,000 420,000 510,000 595,000

KENIKA STAVOLT 500VA Servo MOTOR UPS Kenika UPC 625 650VA ICA UPS ICA 601B 750W MONITOR NEXT NEXT 14 “

190,000 190,000 125,000 195,000 215,000

1,064,000

630,000 755,000 910,000

28 PCplus

plusGame
“Long ago, people believed the Earth was at the center of the solar system. Today, we know that our system is made up of the Sun and all the objects that travel around it.” Wah, perdebatan mengenai asal mula sistem tata surya kita memang tak ada habisnya. Bahkan sejak ribuan tahun yang lalu pun para ahli sudah banyak yang mengeluarkan aneka teori seputar bumi dan konco-konconya ini. Tampaknya banyak misteri yang menarik untuk dipecahkan di sini.

Irta Belia

No.16/II/13 Februari 2001

ASTRO-MANIA:

PETUALANGAN MEMBEDAH TATA SURYA
menjelaskan bahwa pembentukan solar nebula terjadi dari segumpal awan yang berisi bahan pembentuk planet saling berdekatan. Solar nebula ini berikutnya akan membentuk satu inti padat yang disebut dengan protosun. Adanya gaya gravitasi mengakibatkan bahan dari bagian terluar awan tadi membentuk gugus tersendiri. Gugus-gugus inilah yang kemudian membentuk protoplanet. Protoplanet pun kemudian berubah menjadi planet-planet. Lalu apa bedanya dengan teori dualistic? Ya jelas beda. Teori dualistic menyebutkan bahwa sistem tata surya kita dibentuk tatkala objek yang begitu besar bergerak melintasi matahari. Daya gravitasi objek ini menarik sebagian gas dari matahari. Berikutnya, planet dan objek ruang angkasa lainnya terbentuk dari gas ini. Nah, setelah menyimak kedua teori di atas, tentunya Anda bertanya-tanya teori manakah yang benar? Simak saja jawabannya di game ruang angkasa berjudul Astro-Mania berikut ini.

Kini informasi yang
dianggap paling akurat dan bisa dipercaya sumbernya, diambil dari berbagai usaha penjelajahan antariksa. Berbagai penelitian tentang kehidupan di luar bumi memang selalu menarik untuk disimak. Badan penelitian antariksa seperti NASA pun tak pernah berhenti melakukan penelitian untuk membedah misteri seputar kehidupan di alam semesta ini. Nah, dalam permainan kali ini, Anda bakal disuguhi dengan berbagai fakta menarik tentang 38 objek ruang angkasa, seperti planet dan bintang-bintang. Ya, game interaktif berjudul AstroMania kali ini memang bertujuan untuk memberikan informasi sebanyak-banyaknya tentang sistem tata surya kita. Ingin mencoba? Buka saja situsnya di www.sheppardsoftware.com/ astromania.htm.

“Selamat datang di Astro-Mania!”

“Silakan bandingkan ketiga planet ini”

APA SAJA YANG ANDA PELAJARI?
Astro-Mania terdiri dari tujuh level permainan dan satu level penjelasan tentang berbagai fakta dan teori tentang antariksa. Selain itu ada lagi semacam tes yang terdiri dari 20 soal pilihan berganda untuk menguji ilmu astronomi Anda. Ayo, sejauh mana pengetahuan Anda tentang sistem tata surya kita? Anda bisa mulai bermain dari Level S-Study Clues and Essay. Nah, petunjuk yang bakal berguna untuk memainkan game di level-level berikutnya bisa Anda temukan di level S ini. Jadi, baca saja penjelasan di sini baik-baik. Lagi pula banyak kok informasi yang bisa menambah pengetahuan Anda. Anda juga bisa memilih topik yang ingin ditampilkan semau Anda. Misalnya ada topik berjudul “The Nine Planets”, “Space Objects Smaller Than A Star”, “Stellar Objects”, atau “Other” yang membahas tentang atmosfer bumi, gravitasi, dan fenomena gerhana. Menarik bukan? Sekarang bagaimana memainkan game ini? Anda bisa saja diberi berbagai pertanyaan

BAGAIMANA TERCIPTANYA SISTEM TATA SURYA KITA?
Pada dasarnya, berbagai teori yang telah dikeluarkan para ahli astronomi mengenai asal mula sistem tata surya kita bisa dibagi menjadi dua kategori. Monistic dan dualistic. Teori monistic menyatakan bahwa setiap objek dalam sistem tata surya kita terbentuk dari solar nebula alias gumpalan gas. Ada yang beranggapan bahwa matahari tercipta pertama kali dan berikutnya sistem tata surya yang lain ikut terbentuk dari gasgas yang tersisa. Sedangkan beberapa lagi menyatakan bahwa objek-objek ini terbentuk sekaligus bersamaan. Nah, kebanyakan ahli astronomi lebih mendukung teori monistic ketimbang teori dualistic. Contohnya adalah teori Protoplanet yang diformulasikan oleh Gerard P. Kuiper dan Thomas Chrowder Chamberlain. Ingin tahu isi teorinya? Teori Protoplanet

“Manakah keterangan yang paling sesuai?”

“Nebula, rasi bintang, dan banyak lagi lainnya!”

“Kotak manakah yang cocok?”

seputar antariksa. Bisa saja Anda disuruh mencocokkan suatu nama dengan gambar yang ditampilkan, nama dengan sebait penjelasan, beberapa penjelasan dengan beberapa gambar, atau bisa juga mencocokkan beberapa penjelasan dengan penjelasan lain yang berkaitan. Susah? Tidak juga. Toh, bila ragu dengan jawaban Anda, Anda masih diperbolehkan membaca petunjuk di level S. Tinggal klik saja pada menu Level, lalu pilih Level S. Di sini, kalimat yang berhubungan dengan soal-soal yang ada sudah ditandai dengan cetakan berhuruf tebal. Jadi Anda tak perlu pusing-pusing lagi mencari jawabannya. Oke, mari kita coba game antariksa ini. Coba klik di Level 3, mencocokkan tiga gambar yang ada dengan tiga petunjuk yang disediakan. “This planet was named after the Roman god of the dead,” begitu bunyi salah satu kotak teks di soal ini. Nah, Anda harus memilih salah satu dari ketiga kotak gambar planet yang ada. Planet apakah yang cocok dengan soal ini? Ada tiga pilihan planet yaitu Neptunus, Uranus, dan Pluto. Planet manakah yang harus Anda klik? Mau tahu jawabannya? Mari lihat kuncinya di level SStudy Clues and Essay satu per satu. Kita mulai dari Neptunus. Planet ini terlihat berwarna biru karena lapisan atmosfernya yang tebal dan terdiri dari campuran hidrogen, helium, dan metan. In fact, the planet was named after the Roman god of water and sea. Hmm, pasti bukan ini jawabannya! Bagaimana dengan Uranus? The third largest planet, Uranus is one of the “gas giant” planets. Planet yang dianggap “gas giants” lainnya adalah Saturnus, Jupiter, dan Neptunus. Kabarnya, dahulu planet ini dinamai dengan “Star of George” sebagai penghormatan kepada King George III dari Great Britain. Dan the modern name of the planet comes from the Greek god who was the first god of the sky. Jelas bukan planet ini juga jawabannya. Nah, sekarang tentunya Anda sudah bisa menebak jawabannya bukan? Ya, Pluto. Planet ini memiliki ukuran terkecil di antara planet lainnya dalam sistem galaksi kita ini. Konon beberapa ahli memperkirakan bahwa Pluto dulunya adalah bulan dari planet Neptunus yang terlepas dari orbitnya. Ahli lainnya malah menganggap Pluto sebagai asteroid. Para ahli ini memperkirakan planet ini memiliki temperatur yang begitu dingin, kira-kira –387 derajat Fahrenheit (-233 oC). Brrr, bayangkan betapa bekunya!

PCplus 29

plusBintang
Keyakinannya akan prospek Teknologi Informasi dan penggunaan Internet di masa yang akan datang, mendorongnya terus mengembangkan bisnis TI yang dikelolanya. Tapi dibesarkan di keluarga yang concern dengan dunia pendidikan juga membuatnya terobsesi untuk mengembangkan dunia pendidikan dan sistem pengajaran lewat Internet.

Irta Belia

No.16/II/13 Februari 2001

Irman Gusman, SE MBA:

MEMBERI OPTIMISME BARU BUAT ANAK MUDA
mereka sudah lebih maju. Kesadaran orang terhadap TI sudah ada. Jumlah pengguna komputer juga sudah jauh lebih banyak. Sedangkan masyarakat kita yang sudah sadar dengan TI ini berapa? Tapi kita yakin ini akan berkembang cepat.” Pengusaha yang juga Pemimpin Umum Harian “Mimbar Minang” ini kemudian menambahkan, “Mungkin tahun ini atau tak lama lagi Internet sudah merupakan kebutuhan. Karena orang bisa mengakses Internet bukan hanya dari komputer tapi juga bisa melalui TV atau melalui mobile phone.” “Kalau jangka panjangnya lagi, ya mau tidak mau kita tak mungkin terlepas. Jadi bisa dibilang Kopitime ini on the right track. Dalam arti pas, tidak terlambat dan tidak juga terlalu cepat. Yang penting kita hati-hati membawa ini ke depan, jangan sampai tercebur. Hati-hati berinvestasi dan hati-hati beriklan supaya selamat,” jelasnya seraya mengomentari rencana Kopitime yang sedang bersiap-siap masuk Bursa Efek Jakarta (BEJ) bulan Maret mendatang. Selain bersemangat mengembangkan bisnisnya, Irman Gusman yang dibesarkan di keluarga yang banyak berkecimpung di dunia pendidikan ini ternyata juga

“Teknologi Internet telah melahirkan
suatu landscape baru dalam persaingan bisnis global. Sang pemenang tidak lagi ditentukan oleh besar kecilnya skala usaha, tetapi oleh cepat lambatnya mereka dalam mengakses dan mengolah informasi bisnis menjadi keunggulan bersaing perusahaan,” ungkap Irman Gusman, Presiden Komisaris Kopitime Dot Com dalam acara public expose Kopitime beberapa waktu lalu di Jakarta. Pengusaha muda kelahiran Padang Panjang, 11 Februari 1962 ini memang terbilang sangat optimis ingin mengembangkan TI di Indonesia. Salah satu usahanya adalah lewat PT Kopitime Dot Com yang didirikan bersama kedua rekannya, Dr. Indrajaya Putra Januar dan C.S. Seshadri. Keduanya kini menjabat sebagai Presdir dan Direktur Kopitime. Kopitime adalah sebuah perusahaan TI terpadu yang berusaha mengembangkan mega portal yang menyediakan selengkap mungkin layanan bagi masyarakat. Salah satu tujuan utamanya adalah ingin memacu percepatan pembangunan komunitas Internet di tanah air. “Berbekal pengalaman yang saya miliki, saya bersemangat mengembangkan Kopitime karena saya yakin Teknologi Informasi ini akan bisa lebih mempercepat kemajuan bangsa Indonesia,” ungkap lulusan MBA dari University of Bridgeport, Connecticut, AS ini. “Bangsa kita masih banyak ketinggalan dibanding negara lain. Tapi bukan berarti kita tidak memiliki kemampuan. Saya yakin, generasi muda kita bisa melampaui orang asing di bidang TI. Jadi itulah obsesi saya, memberikan optimisme baru kepada generasi muda,” tambahnya. “Saya tertarik dengan salah satu komentar Bill Gates tentang adanya gap kemajuan TI di negara maju dan negara berkembang. Menurutnya, kalau kita bisa mengembangkan TI dengan baik, gap itu pasti berkurang. Karena dalam masyarakat yang sadar TI,

“Obsesinya ingin mengembangkan training TI”

persaingan itu bukan antara yang besar dan yang kecil. Tapi yang cepat dan yang lambat. Kemudian dengan kemajuan TI itu, semua yang tadinya sangat mahal bisa menjadi lebih murah,” jelasnya. Irman menambahkan, “Jadi menurut saya, kita usahakan bagaimana dengan platform TI kita bisa bersaing dengan negara lain. Misalkan dengan Internet sebagai bidang usaha yang mampu memberikan kontribusi langsung dengan produknya B2B dan B2C, kita berusaha membantu para pengusaha kecil dan menengah untuk menggarap pasar global (ekspor).” Layanan megaportal yang ditawarkan Kopitime memang juga menggarap fasilitas B2B (business to business) dan B2C (business to consumer) lewat bizdunia.com dan kopimall.com. Misi Kopitime untuk menjadi fasilitator dalam transisi dari sistem informasi dan bisnis tradisional ke sistem informasi dan bisnis berbasis Internet salah satunya diwujudkan lewat fasilitas ini. “Sebagaimana kita tahu, sebagian besar industri di Indonesia masih banyak bersifat skala kecil dan menengah. Tentu

mereka kurang modal dan kurang teknologi. Dengan B2B Bizdunia.com, mereka bisa menjadi member. Jadi yang tadinya market-nya cuma terbatas di Bukittinggi misalnya, mereka bisa memasarkan produknya ke seluruh Indonesia, Asia, atau bahkan seluruh dunia,” ungkap Irman. “Dengan dasar misi dan visi itulah, menurut saya perusahaan ini memiliki prospek yang cerah,” tambah Irman yang kini juga menjadi anggota Fraksi Utusan Daerah, MPR RI itu yakin. Disinggung mengenai prospek perkembangan dunia komputer khususnya Internet di Indonesia, Irman dengan hati-hati menjawab, “Ya, kita harus kerja keras untuk meyakinkan masyarakat kita. Karena masyarakat Indonesia ini masih berupa masyarakat pertanian dan industri yang baru muncul. Tahutahu kita meloncat menjadi masyarakat teknologi informasi. Jadi kita harus pandai-pandai mencari market segmented-nya. Segmentasi masyarakat mana yang telah sadar teknologi. Ini memang belum banyak.” Langkah yang kedua, menurut Irman, “Kita harus mendevelop market itu. Lain dengan masyarakat Amerika, market

dikelolanya, Akademi Manajemen Ilmu Komputer (AMIK) di Sumatera Barat, kini memiliki mahasiswa lebih kurang 1.500 orang. Tahun ini sekolah ini rencananya akan menjadi sekolah tinggi yang bisa menampung mahasiswa lebih banyak lagi, sekitar 2.500 orang. Putra mantan rektor Universitas Muhammadiyah di Sumatera Barat ini sempat mengungkapkan beberapa keinginannya. “Untuk ke depan saya berharap Kopitime bisa membuat suatu program semacam training center. Kita nantinya akan bekerja sama dengan perusahaan dari Bangalore, India untuk mengembangkan training ini dengan mata pelajaran yang khusus di bidang IT,” kata Irman. Perusahaan yang dimaksud oleh Preskom Kopitime ini tak lain adalah Microcon International Ltd, salah satu perusahaan konsultan IT dan juga pusat pelatihan IT terbesar di India. Dana yang dibutuhkan untuk merealisasikan proyek ini diperkirakan sebesar US$ 1 juta. Untuk obsesi berikutnya, Irman mengungkapkan, “Saya juga memiliki obsesi untuk melakukan e-education. Eeducation itu nanti tentunya lebih ke arah online education. Dengan menggunakan teknologi Internet, kita bisa mengajar misalnya melalui tutorial-tutorial di dalamnya. Tapi ini juga tergantung dari reformasi sistem pendidikan, kalau memberikan porsi yang besar kepada swasta tentunya jalur seperti ini akan lebih banyak dikembangkan.” Untuk rencananya yang satu ini, Irman juga mengungkapkan niatnya bekerja sama dengan partner dari luar negeri untuk

Nama: Irman Gusman SE, MBA Tempat & Tanggal Lahir: Padang Panjang, 11 Februari 1962 E-mail: irgusman@kopitime.com Kegiatan di Dunia Usaha: • Direktur Utama PT. Prinavin Prakarsa (bidang usaha perdagangan dan investasi) • Komisaris Utama PT. Khage Lestari Timber (bidang pabrik pengolahan kayu dan ekspor kayu olahan) • Komisaris Utama PT. Padang Industrial Park • Pemimpin Umum Harian “Mimbar Minang” (surat kabar pertama yang sahamnya 100% dimiliki oleh koperasi) • Komisaris PT. Guthrie Pasaman Nusantara (bidang pabrik pengolahan kelapa sawit) • Komisaris Utama PT. Kopitime Dot Com • Ketua Yayasan Albani, pemilik dan pengelola Akademi Manajemen dan Ilmu Komputer (AMIK), Padang. • Komisaris PT. Abdi Bangsa, pemilik harian umum “Republika” Kegiatan Organisasi: • Wakil Ketua Fraksi Utusan Daerah (Persiapan) MPR-RI • Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi (LP2E) BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) • Ketua Kompartemen Penelitian/Pengembangan dan Pembinaan Usaha Kecil/ Menengah Badan Pengurus Pusat HIPMI, 1998-2001 • Ketua Dept. Sektor Koperasi, Sumber Daya Manusia KADIN Indonesia • Wakil Ketua Forum Komunikasi Usahawan Serantau (FOKUS) • Wakil Ketua Forum Ekonomi Rakyat (FER)

memiliki obsesi tersendiri untuk memajukan pendidikan di tanah air. Di antara kesibukannya sebagai pengusaha dan aktif di berbagai organisasi, ia masih menyempatkan diri menjadi dosen tamu di beberapa perguruan tinggi. Sekolah yang

mengembangkan sistem pengajaran ini. Niatnya untuk memberikan pelatihan TI yang berkualitas dan setara dengan pelatihan profesional di luar negeri bisa jadi akan makin menyemarakkan dunia TI di negeri sendiri.

30 PCplus

plusNetiket
Sebagian besar netters pada umumnya belum atau tidak saling kenal secara langsung. Sama dengan pergaulan di dunia nyata, kesan pertama biasanya menentukan gambaran tentang diri Anda di benak mereka. Netters tidak pernah bisa tahu dari mana Anda berasal, bagaimana warna suara Anda, apa warna kulit Anda, berapa tebal dompet Anda, atau berapa tinggi badan Anda. Pengenalan orang lain atas diri Anda hanya ditentukan oleh satu hal: kata-kata yang Anda tulis atau pesan yang dikirim. Makanya, teruskan menyimak icon netiket berikut ini.

Alois Wisnuhardana

No.16/II/13 Februari 2001

ICON NETIKET: DARI CITRA DIRI SAMPAI TOLERANSI (2)
yang diungkapkan secara berlebihan senantiasa menimbulkan pertanyaan dan kecurigaan. Kekayaan yang berlebihan -seperti yang dilakukan kerabat dan kroni Soeharto- pasti menimbulkan gunjingan. Demikian juga ungkapan berlebihan. Oleh karenanya, sebelum berhubungan dengan orang lain di Internet, perlu Anda periksa apa yang telah Anda tuliskan. Kalau Anda yang menulis pesan pun bahkan tidak paham, bagaimana orang lain akan paham apa yang Anda maksud? Pesan yang baik adalah pesan yang sederhana dan mudah dimengerti oleh orang paling bodoh sekalipun. Kata-kata yang sok intelek justru sering membuat orang lain gagal memahami pikiran Anda. Bisa jadi mereka lantas punya dugaan, “Orang ini memang pintar menggunakan istilah, tetapi ia terlalu tolol untuk mengerti maksudnya.” Semakin rumit Anda merumuskan pikiran dalam kata-kata, semakin rumit pula logika dan pikiran Anda. Pikiran orang rumit tidak selalu positif di mata orang lain. Di Internet, orang ingin mencari kemudahan. Kemudahan dalam mencari informasi, kemudahan dalam mendapatkan teman, kemudahan meraih keuntungan, dan kemudahan dalam hal apa pun. Mereka menggunakan Internet bukan untuk mencari masalah. Oleh karenanya, gunakan cara berpikir praktis dan sederhana. Kalau Anda ingin merancang Website untuk keperluan pribadi, organisasi, atau untuk berjualan, rancanglah Website yang ringkas, sederhana, dan informatif. Jangan sekali-kali membuat prosedur-prosedur yang tidak perlu, hanya sekadar untuk menunjukkan kehebatan Anda. Sampaikan apa yang ingin Anda sampaikan dan informasikan sebagaimana fakta berbicara. Ingatlah, di atas langit masih ada langit! Citra positif diri penting di dunia cyber. Citra diri yang positif tidak hanya membantu Anda tetapi juga membuat Anda tidak merasa memakai topeng palsu atau selubung semu. Topeng palsu hanya akan membuat Anda lelah, lantaran Anda harus senantiasa hidup dengan topeng itu, hanya supaya cacat Anda tidak tampak di hadapan orang lain. Menyadari kelemahan adalah cermin kearifan. Bertanya adalah jalan terbaik mencari pengetahuan. Dengan citra diri yang positif, Anda boleh berharap bahwa orang lain akan menerima Anda sebagaimana Anda telah bersikap positif kepada mereka. Sekali lagi Anda harus menyadari bahwa pada dasarnya setiap orang atau subjek di Internet adalah anonim. Yang bisa diketahui adalah kata yang Anda tuliskan dan pesan yang Anda kirimkan. Orang mengenal diri Anda dari huruf demi huruf yang Anda rangkai. Menghubungkan kata demi kata dari tumpukan huruf ibarat membangun sebuah kepribadian. Dari sanalah orang lain membuat penilaian atas Anda. kemampuan mereka melakukan akses ke Internet. Ada sementara anggapan, dunia Internet adalah dunia yang bebas untuk menunjukkan eksistensi dan kelebihan diri. Para cracker seringkali berlomba-lomba untuk mempertontonkan kehebatan mereka. Mereka masuk di ruang pribadi orang, mengacak-acaknya, lalu pergi tanpa jejak. Beberapa situs dirancang dengan desain-desain atau ilustrasi yang menarik dan canggih tapi sekaligus “berat”. Hal itu tidak salah. Yang keliru adalah kalau semuanya itu dimaksudkan untuk merugikan orang lain dan membuat orang lain menjadi minder. Lantaran prinsip Internet itu demokratis, setiap orang sesungguhnya memiliki hak untuk menampilkan apa yang mereka punyai. Icon netiket ini sesungguhnya sama persis dengan etiket. Setiap manusia memiliki hak untuk mengekspresikan diri. Yang lain lagi, kita harus menghargai kemampuan dan kapasitas orang untuk melakukan akses ke Internet. Yang satu ini berkaitan dengan bandwidth. Terdapat keterbatasan-keterbatasan dalam hal jumlah data yang bisa dibawa melalui suatu saluran. Bandwidth juga dihubungkan dengan kapasitas/kemampuan yang digunakan dalam host system. Semakin kecil bandwidth yang tersedia, semakin kecil pula saluran untuk mengirim atau menerima data. Oleh karenanya, kalau Anda mengirimkan informasi dalam kapasitas yang besar, Anda rugi dan merugikan orang lain. Mengapa? Ketika Anda mengirimkan informasi itu, Anda memerlukan waktu

5. TAMPILKAN CITRA DIRI POSITIF
Setiap orang ingin menjadi orang baik. Orang suci mungkin tinggal dongeng di buku suci. Namun, orang baik tetap bisa dicari. Mereka adalah orangorang yang unggul dalam perbuatan dan positif dalam sikap. Dan yang jelas, orang baik dibutuhkan di mana-mana. Juga di Internet. Di Internet, orang baik salah satunya dinilai dari tingkah laku dan kata yang mereka tulis untuk orang lain serta dari tanggapan mereka terhadap suatu masalah yang dihadapi orang lain. Seringkali —terutama di discussion group— pesan yang dikirimkan oleh seseorang menjadi kriteria dari orang lain untuk berkomunikasi lebih jauh. Kalau citra diri Anda ditentukan oleh kata-kata yang Anda tulis, katakata macam apa yang layak atau tidak layak untuk ditulis tentu bisa Anda pertimbangan berdasarkan pada seberapa besar Anda menghargai diri sendiri? Lantaran kata-kata menjadi tolok ukur, tulislah kata sesuai dengan yang Anda maksudkan dalam pikiran Anda. Susunlah kata itu dalam ejaan dan tatabahasa yang menjadi patokan umum. Kalau Anda ingin mengungkapkan emosi Anda, ungkapkan secara wajar, sopan, dan pantas. Sesuatu

6. HARGAI KEMAMPUAN DAN WAKTU ORANG LAIN
Kemampuan di dunia cyber menyangkut kemampuan atau penguasaan mereka terhadap seluk beluk komputer dan Internet serta

bermenit-menit untuk sampai pada alamat yang Anda tuju. Ketika informasi itu sudah ada di sana, manakala orang lain membutuhkannya, mereka juga membutuhkan waktu untuk mengambilnya. Rezim waktu dan kecepatan adalah hal yang penting di Internet. Perilaku netter di dunia cyber tidak bisa disamakan dengan orang yang berkomunikasi atau ngobrol di dunia nyata. Wedangan di warung angkringan sambil berbicara ngalor ngidul memang terasa nikmat. Ngobrol di kafe tentu juga mengasyikkan. Tetapi, para netter pada umumnya adalah orang yang tidak mau berlama-lama membuang waktu di satu tempat. Mereka selalu ingin menjelajah, surfing dari satu tempat ke tempat yang lain. Sekali mereka mendapati situs yang lambat dan tidak memberi informasi apa-apa, mereka akan berpindah haluan. Kalau kebetulan situs itu milik Anda, mereka pasti malas untuk mengintip kembali informasi yang Anda sajikan. Kalau Anda berjualan, Anda rugi tiga kali. Pertama Anda tidak mendapat pengunjung. Kedua, orang lainlah -kemungkinan besar pesaing Anda- yang mendapatkan keuntungan. Ketiga, Anda telah menghabiskan waktu dan biaya Anda dan orang lain untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dan bisa dihindari. Berkaitan dengan kecepatan, setiap netters merindukan kecepatan akses yang besar, sama seperti para sopir menginginkan melewati jalan tol ketimbang jalan pasar yang sempit dan kotor. Semakin cepat jalur yang bisa digunakan, semakin mereka bersemangat dan kerasan tinggal di dunia cyber. Dalam urusan seperti ini, prinsip paling penting yang bisa dijadikan pegangan adalah menghargai waktu dan kemampuan orang lain serta toleran terhadap dua hal tersebut. Jangan pernah ingin membuat jalanan di mana lalu lintas informasi yang berlangsung menjadi macet lantaran Anda menghadirkan data yang berkapasitas besar.

KUIS

Valentine Day menjelang. Mimpi-mimpi bertemu sahabat atau kekasih
Pemenang Kuis Edisi 10/I/2000: Veronica Suharti Jl. Rinjani Barat VI/No 2. RT 03/ XIX Mojosongo Solo 57127

telah merasuki relung-relung batin. Sobat PCplus, menunggu Valentine tiba memang mengasyikkan. Di rubrik Internet, sebuah surat buat kekasih perlu Anda simak. Tapi, kalau sang kekasih membukanya di warnet, bisa jadi ia bakal tekor lantaran harus membuka halaman Web satu persatu. Nah, untuk itu disarankan untuk membuka e-mail yang berbasis POP3. Nah, untuk melengkapi Valentine Anda, tebak dulu pertanyaan ini. Apa sih singkatan dari POP dan SMTP? Jelaskan kegunaannya dalam dua sampai tiga kalimat! Jangan lupa, tulis dan kirim jawabannya ke redaksi di sehelai kartupos dengan disertai kupon KUIS tabloid kita ini. Buat kalian yang beruntung, tiga orang masing-masing akan mendapat kado Valentine berupa satu buah mouse cantik LOGITECH. Jawaban ditunggu paling lambat 29 Februari.

KUPON KUIS 16/II/2001
PCplus 31

32 PCplus

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->