P. 1
Pengertian Hukum

Pengertian Hukum

|Views: 27|Likes:
Published by arizaldhyn
Pengertian Hukum
Pengertian Hukum

More info:

Published by: arizaldhyn on Jul 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/17/2013

pdf

text

original

PENGERTIAN HUKUM

OLEH : ARIZALDHY SATRIA NUGRAHA I – AA / 06

PENGANTAR ILMU HUKUM SEKOLAH TINGGI AKUNTANSI NEGARA 2010

PENDAHULUAN

Di setiap tempat, di setiap waktu pasti ada yang namanya hukum. Kita pasti sudah kenal hukum sejak dulu. Sadar atau tidak, semenjak kita eksis di dunia ini, kita sudah terjerat dengan yang namanya hukum. Tapi apa sebenarnya hukum itu? Mengapa kita semua dapat terjerat dengan yang namanya hukum bahkan sebelum kita tahu apa hukum itu? Dengan mempelajari hukum kita dapat mengetahui apa hukum itu sebenarnya. Kita juga tidak keliru dan juga tidak merasa takut dengan hukum itu. Sebagian orang menganggap hukum adalah sesuatu yang menakutkan dan berhubungan dengan penjara, hukuman, dan penyiksaan. Padahal pandangan kebanyakan orang itu tak sepenuhnya benar, hukum dapat menolong orang yang membutuhkan keadilan, hukum juga dapat menindak mereka yang semena-mena. Hamper semua yang ada di masyarakat menggunakan hukum. Oleh karena itu sangatlah bermanfaat bagi kita untuk mengetahui apa itu hukum.

HUKUM

PENGERTIAN HUKUM MENURUT PAKAR Ada beberapa pendapat para pakar mengenai pengertian hukum : 1. Mayers Hukum itu adalah semua aturan yang menyangkut kesusilaan dan ditujukan terhadap tingkah laku manusia dalam masyarakat serta sebagai pedoman bagi penguasa Negara dalam melaksanakan tugasnya. 2. Utrecht Hukum adalah himpunan perintah dan larangan untuk mencapai ketertiban dalam masyarakat dan oleh karenanya masyarakat harus mematuhinya.

3. Tullius Cicerco
Hukum adalah akal tertinggi yang ditanamkan oleh alam dalam diri manusia untuk menetapkan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan.

4. Hugo Grotius
Hukum adalah aturan tentang tindakan moral yang mewajibkan apa yang benar.

5. Thomas Hobbes
Hukum adalah perintah-perintah dari orang yang memiliki kekuasaan untuk memerintah dan memaksakan perintahnya kepada orang lain.

6. Rudolf von Jhering
Hukum adalah keseluruhan peraturan yang memaksa yang berlaku dalam suatu Negara

7. Mochtar Kusumaatmadja
Pengertian hukum yang memadai harus tidak hanya memandang hukum itu sebagai suatu perangkat kaidah dan asas-asas yang mengatur kehidupan manusia dalam masyarakat, tapi harus pula mencakup lembaga (institusi) dan proses yang diperlukan untuk mewujudkan hukum itu dalam kenyataan. 8. Simorangkir Hukum adalah peraturan yang bersifat memaksa dan sebagai pedoman tingkah laku manusia dalam masyarakat yang dibuat oleh lembaga berwenang serta bagi sapa saja yang melanggarnya akan mendapat hukuman.

9. Sudikno Mertokusuro Hukum adalah sekumpulan peraturan-peraturan atau kaidah-kaidah dalam suatu kehidupan bersama, keseluruhan peraturan tentang tingkah laku yang berlaku dalam kehidupan bersama yang dapat dipaksakan pelaksanaannya dengan suatu sanksi. 10. Achmad Ali Hukum adalah seperangkat norma tentang apa yang benar dan apa yang salah, yang dibuat dan diakui eksistensinya oleh pemerintah yang dituangkan baik dalam aturan tertulis (peraturan) maupun yang tidak tertulis yang mengikat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya secara keseluruhan dan dengan ancaman sanksi bagi pelanggar aturan tersebut.

KESIMPULAN

Menurut saya hukum adalah peraturan-peraturan yang dibuat oleh badan yang berwenang dengan berbagai macam kajian dan pertimbangan sebelumnya yang berisi perintah ataupun larangan yang bersifat mengikat yang harus dipatuhi untuk mengatur tingkah laku masyarakat baik dalam hukum tertulis maupun yang tidak tertulis guna mencapai keadilan, keseimbangan, keselarasan dalam hidup, dan tujuan-tujuan lain. Karena sifatnya mengikat dan wajib, maka bila ada yang melanggar hukum tersebut, akan dikenai sanksi sesuai dengan kebijakan dari hukum yang diterapkan di daerah tersebut.

REFERENSI

http://id.wikipedia.org/wiki/Hukum http://definisi-pengertian.blogspot.com/2010/02/pengertian-dan-definisi-hukum.html http://id.shvoong.com/social-sciences/1997188-pengertian-hukum/ http://putracenter.net/2009/02/16/definisi-hukum-menurut-para-ahli/

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->