P. 1
Amida

Amida

|Views: 107|Likes:
Published by Muhammad Reza

More info:

Published by: Muhammad Reza on Jul 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/05/2013

pdf

text

original

Amida adalah senyawa dengan kelompok RnE fungsional (O) xNR'2 (R dan R 'mengacu pada H atau kelompok organik).

Paling umum adalah "amida organik" (n = 1, E = C, x = 1), tetapi banyak jenis penting lainnya dari amida dikenal termasuk fosfor amida (n = 2, E = P, x = 1 dan formula terkait banyak) dan sulfonamida (E = S, x = 2). [1] amida merujuk baik ke kelas senyawa dan dengan kelompok fungsional (RnE (O) xNR'2) dalam senyawa. Amida juga dapat merujuk ke basa konjugasi dari amonia dan amina organik, direpresentasikan sebagai anion-R2N. Struktur dan ikatan

Yang paling sederhana adalah turunan amida amonia dimana satu atom hidrogen telah digantikan oleh sebuah gugus asil. Ansambel ini umumnya direpresentasikan sebagai RC (O) NH2. Terkait erat dan bahkan lebih banyak adalah amida yang berasal dari amina primer (R'NH2) dengan rumus RC (O) NHR '. Amida juga sering berasal dari amina sekunder (R'RNH) dengan NR'R RC rumus (O). Amida biasanya dianggap sebagai turunan dari asam karboksilat di mana kelompok hidroksil telah digantikan oleh amina atau amonia.

Pasangan elektron mandiri pada nitrogen terdelokalisasi ke karbonil, sehingga membentuk ikatan ganda parsial antara N dan karbon karbonil. Akibatnya nitrogen dalam amida tidak piramidal. Diperkirakan asetamida digambarkan oleh struktur resonansi A untuk 62% dan oleh B untuk 28%.

Dalam nomenklatur biasa, ditambahkan "amida" untuk nama asam gugusnya. Misalnya, amida yang berasal dari asam asetat bernama asetamida (CH3CONH2). IUPAC merekomendasikan ethanamide, namun nama-nama resmi ini dan terkait jarang ditemui. Ketika amida ini berasal dari amina primer atau sekunder, substitutents pada nitrogen ditunjukkan pertama dalam nama. Dengan demikian, amida yang terbentuk dari asam asetat dan dimetilamin adalah N, N-dimetilasetamida (CH3CONMe2, dimana Me = CH3). Biasanya bahkan nama ini disederhanakan untuk dimetilasetamida. Amida siklik disebut laktam, mereka tentu amida sekunder atau tersier. Fungsional yang terdiri dari kelompok-P (O) dan NR2-SO2NR2 adalah phosphonamides dan sulfonamid, masing-masing.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->