P. 1
Kb Merek Dagang

Kb Merek Dagang

|Views: 1,505|Likes:
Published by Tutwuri Sunrise

More info:

Published by: Tutwuri Sunrise on Jul 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/04/2013

pdf

text

original

1.

PIL KB ANDALAN
KOMPOSISI : Kemasan 28 hari (kemasan "Every-day" = "Tiap Hari") berisi 21 tablet salut gula yang mengandung hormon masing-masing 0,15mg Levonorgestrel dan 0,03 mg (30 mikrogram) Ethinylestradiol ditambah dengan 7 tablet salut gula yang tidak mengandung hormon.

KHASIAT DAN INDIKASI : Biasanya, bila rflndalan diminum sesuai petunjuk, sel-sel telur dicegah pematangannya sehingga tidak sampai pada keadaan di mana mereka dapat dibuahi. Tambahan lagi, lendir leher rahim tetap kental sehingga sperma pria sukar untuk naik. Lebih dari itu, lapisan endometrium tidak dipersiapkan untuk nidasi dari sel telur yang sudah dibuahi. Karena memberikan perlindungan berganda terhadap kemungkinan terjadinya kehamilan.

PEMBUNGKUSAN : Kemasan 21 tablet salut gula berisi hormon dan 7 tablet salut gula yang tidak mengandung hormon di dalam kemasan 28 hari dirancang khusus sedemikian rupa sehingga memungkinkan Anda minum satu tablet salut gula tiap hari tanpa istirahat. Biasanya, perdarahan akan terjadi kira-kira setiap 4 minggu selagi Anda minum tablet salut gula -tablet salut guladari-bagian kemasan yang berwarna biu..Kemasan . menunjukkan hari-hari apa tablet seharusnya diminum.

DOSIS DAN CARA PEMAKAIAN : Sebelum Anda minum Jlndalan harus dilakukan pemeriksaan kesehatan dan ginekologi menyeluruh (termasuk pemeriksaan payudara) dan adanya riwayat kasus keluarga perlu dicatat dengan teliti. Tambahan lagi gangguan sistem pembekuan harus disingkirkan apabila ada salah satu keluarga dekat pernah menderita penyakit-penyakit tromboembolik (misalnya deep vein thrombosis, stroke, infark miokard) di kala usia muda.Sebagai tindakan pencegahan, harus dilakukan pemeriksaan kontrol setiap 6 bulan bila tablet salut gula-tablet salut gula ini digunakan jangka panjang. Hanya pada pemakaian awal, Anda harus memakai tambahan cara pencegahan kehamilan tanpa hormon (kecuali pantang berkala dan

pengukuran suhu badan) selama 14 hari pertama untuk menjamin bahwa Anda benar-benar terlindung dari kehamilan sejak hari pertama tablet salut gula diminum.

EFEK SAMPING : Kadang-kadang terjadi sakit kepala, gangguan lambung, rasa mual, rasa kencang pada payudara, perubahan berat badan dan libido, atau adanya rasa tertekan.Pada wanita-wanita tertentu, penggunaan jangka panjang tablet salut gula ini, kadang-kadang dapat menyebabkan terjadinya bercak-bercak kecoklatan pada muka yang bertambah parah bila terkena sinar matahari yang terlalu lama. Wanita-wanita yang mempunyai kecenderungan ini sebaiknya menghindari terkena sinar matahari yang terlampau lama. Kasus-kasus individual mengenai toleransi yang buruk terhadap lensa kontak pernah dilaporkan. Hubungilah dokter Anda sekiranya Anda sedang menderita suatu keluhan yang berkepanjangan.

KONTRA INDIKASI : Kehamilan, gangguan fungsi hati yang hebat, penyakit kuning atau rasa gatal-gatal yang terus menerus selama kehamilan sebelumnya, sindroma Dubin-Johnson, sindroma Rotor, pernah atau sedang mengalami proses tromboembolik di arteri-arteri atau vena-vena dan keadaan di mana ada kecenderungan ke arah penyakit-penyakit tersebut (misalnya gangguan sistem pembekuan dengan kecenderungan menuju trombosis penyakit-penyakit jantung tertentu), anemia sickle cell, adanya kanker payudara atau endometrium yang masih diderita atau sedang diobati, diabetes berat disertai perubahan vaskular, gangguan metaboiisme lemak, riwayat adanya herpes pada waktu hamil, otosklerosis yang memburuk selama kehamilan.

CATATAN KHUSUS : Menurut yang diketahui sampai saat ini, hubungan antara penggunaan kontrasepsi hormonal dan peningkatan resiko terjadinya tromboemboli vena maupun arteri tidak dapat disingkirkan. Resiko relatif trombosis arteri (misalnya stroke, infark miokard) kelihatannya cenderung meningkat bila kebiasaan merokok berat, umuryang meningkat dan penggunaan kontrasepsi oral kombinasi terjadi secara bersamaan.Walaupun jarang, tumor hati yang jinak dan walaupun jarang sekali tumor hati yang ganas yang dalam kasus-kasus tertentu dapat menimbulkan terjadinya perdarahan intraabdominal yang membahayakan jiwa telah dijumpai setelah pemakaian bahan hormon seperti yang terdapat dalam andalan Dokter

harus diberitahu bila terjadi keluhan yang tidak biasa pada perut bagian atas yang tidak menghilang sendiri dalam waktu yang singkat, apabila perlu pengobatan dihentikan. Keterangan Iebih lanjut terdapat dalam brosur ilmiah untuk dokter

2. PIL KB TRINORDIOL*-28
INDIKASI : Trinordiol*-28 diindikasikan untuk pencegahan kehamilan.

KONTRA INDIKASI : Kontraseptiva oral tak boleh digunakan untuk wanita dengan keluhan-keluhan di bawah ini:

1. Thrombophlebitis atau kelainan thromboembolik. 2. Penyakit pembuluh darah ceberal atau pembuluh darah koroner. 3. Kelainan fungsi hati yang nyata. 4. Diketahui atau diduga adanya kanker buah dada atau alat-alat genital. 5. Diketahui atau diduga adanya neoplasia yang tergantung pada estrogen. 6. Perdarahan genital abnormal yang tak terdiagnosa. 7. Diketahui atau diduga adanya kehamilan. 8. Riwayat masa lalu dari kelainan pembuluh darah dalam thrombophlebitis atau kelainan thromboembolik.

CARA KERJA : Kombinasi kontraseptiva oral terutama bekerja melalui mekanisme penekanan gonadotropin disebabkan karena aktivitas estrogenik dan progestasional dari komponen yang dikandungnya. Cara kerja yang utama ialah menghambat ovulasi, tetapi perubahan dari saluran genital, termasuk dalam perubahan mukosa serviks (yang lebih mempersulit penetrasi sperma), dapat turut ambil bagian dalam aktivitas kontraseptik.

DOSIS DAN CARA PEMAKAIAN : Satu tablet sehari untuk 28 hari berturut-turut dalam urutan yang tepat seperti diuraikan di atas. Tablet-tablet diminum terus menerus tanpa dihentikan. Segera setelah satu kemasan habis, mulailah dengan kemasan yang baru dan diminum

seperti diuraikan di atas. Dianjurkan tablet Trinordiol*-28 diminum setiap hari pada waktu yang sama, sebaiknya setelah makan atau pada waktu mau tidur. Bila pemakai merasa mual, sebaiknya tablet diminum dengan susu.

EFEK SAMPING : Efek samaping yang ringan termasuk khloasma, sakit kepala, mual, perubahan berat badan ringan, melunaknya buah dada, perubahan aliran haid, perubahan libido, sedikit perdarahan intermenstruasi yang sementara dan jiwa tertekan. Dalam semua kasus ini pemakai harus melanjutkan penggunaan Trinordiol*-28 dan ada kemungkinan efek samping akan hilang. Bila efek samping berlanjut atau sangat mengganggu, pasien harus menghubungi dokter atau petugas kesehatan yang ditunjuk.

INTERAKSI OBAT : Penurunan khasiat dan meningkatnya kejadian perdarahan telah dihubungkan dengan penggunaan serentak dengan rifampisin. Hubungan serupa telah dianjurkan dengan barbiturat, fenilbutazon, fenitoin natrium dan ampisilin. Interaksi antara estrogen dan antidepresan trisiklik menghasilkan tanda-tanda keracunan pada wanita.

3. PIL KB Microgynon
Indikasi : Kontrasepsi oral

Kontra Indikasi: Kontrasepsi Oral Kombinasi (KOK) tidak boleh digunakan jika terdapat salah satu dari keadaan yang tercantum di bawah ini. Jika salah satu dari keadaan tersebut terjadi untuk pertama kali sewaktu pemakaian KOK, pemakaiannya harus segera dihentikan. ^ Adanya atau riwayat trombotik/tromboembolik vena atau arteri yang pernah terjadi (misatnya trombosis vena dalam, embotisme paru-paru, infark miokardial) atau serangan pada pembuluh darah otak. ^ Adanya atau riwayat prodomi trombosis (misalnya serangan iskemik sementara, angina pectoris).

^ Riwayat migren dengan gejala-gejala neurologi fokal. ^ Diabetes meillitus yang berkaitan dengan pembuluh darah. ^ Adanya faktor risiko yang hebat atau berganda pada trombosis vena atau arteri mungkin pula merupakan suatu kontra indikasi (lihat pada "Peringatan dan perhatian”). ^ Pankreatitis atau riwayatnya yang diasosiasikan dengan hipertrigliseridemia yang parah. ^ Adanya atau riwayat penyakit hati yang parah selama fungsi hati belum kembali normal. ^ Adanya atau riwayat adanya tumor hati (jinak atau ganas). ^ Diketahui atau dicurigai adanya keganasan yang di¬pengaruhi oleh hormon seks (contohnya dari organ kelamin atau payudara). ^ Perdarahan vagina yang tidak bisa terdiagnosa. ^ Adanya atau diperkirakan adanya kehamilan. ^ Hipersensitivitas terhadap zat aktif atau zat-zat tambahan. ^ Riwayat herpes gestationis. ^ Sickle-cell anaemia

Cara kerja obat : Efek kontrasepsi KOK (Kontrasepsi Oral Kombinasi) didasar¬kan atas interaksi beberapa faktor, yang terpenting di antaranya terlihat sebagai inhibisi ovulasi dan perubahan¬perubahan sekresi leher rahim. Di samping sebagai perlindung¬an terhadap kehamilan, KOK mempunyai beberapa sifat positif, di samping efek-efek negatif (lihat Peringatan, Efek samping), yang berguna dalam menentukan metoda kontrol kelahiran. Siklus menjadi lebih teratur dan menstruasi tidak terlalu nyeri dan perdarahan menjadi sedikit. Hal terakhir ini menyebabkan penurunan terjadinya kekurangan zat besi. Di samping itu, terdapat bukti penurunan risiko kanker rahim dan kanker indung telur. Terlebih lagi, KOK dengan dosis yang lebih tinggi (0.05 mg Etinilestradiol), menunjukkan penurunan terjadinya kista ovarium, penyakit radang panggul, tumor jinak pada payudara, dan kehamilan ektopik. Apakah hal ini juga berlaku pada KOK dosis-rendah masih perlu dibuktikan.

Dosis dan Cara Pemakaian : Bagaimana cara minum Microgynon Tablet diminum sesuai dengan petunjuk yang terdapat pada kemasan setiap hari pada waktu yang sama dengan air secukupnya. Tablet diminum secara terus-menerus. Satu tablet diminum tiap hari selama 28 hari berturut-turut. Kemasan berikutnya dimulai setelah tablet pada kemasan sebelumnya habis. Perdarahan lucut biasanya terjadi pada hari

ke 2-3 setelah mulai minum tablet plasebo dan belum tentu berhenti sebelum kemasan berikutnya dimulai.

Efek Sampling : Efek samping yang sangat serius berkaitan dengan pemakaian KOK tertera pada bagian "Peringatan". Efek samping lain telah dilaporkan pada pemakai KOK tetapi yang kaitannya belum dibenarkan dan juga belum dibantah adalah: Payudara : sensitivitas, nyeri, pembesaran dan sekresi. Sistem saraf pusat : sakit kepala, migren, perubahan libido, depresi/perubahan suasana hati. Saluran pencernaan : mual, muntah dan keluhan lambung lainnya. Kulit : berbagai gangguan kulit (contohnya: ruam, erythema nodosum, erythema multiforme). Urogenital : perubahan sekresi vagina, perubahan menstruasi, perdarahan antar menstruasi. Mata : intoleransi terhadap lensa kontak. Lain-lain : retensi air, perubahan berat badan, reaksi hipersensitivitas. Pada wanita yang sensitif, penggunaan Microgynon kadang-kadang dapat menimbulkan kloasma yang semakin parah apabila terkena sinar matahari. Wanita ini harus menghindari paparan sinar matahari yang terlalu lama.

Penurunan khasiat : Khasiat KOK mungkin berkurang dalam hal misalnya tablet yang terlupa (bagian Penatalaksanaan tablet yang terlupa), gangguan lambung (bagian Gangguan lambung) selama minum tablet aktif atau pengobatan secara bersamaan (bagian Interaksi dengan obat lain dan bentuk interaksi lain).

Kemasan : Box, 25 catch cover @ 1 blister @ 28 tablet No.Pend. DKL7422801916A1 Box, 10 catch cover @ 1 blister @ 28 tablet No.Pend. DKL7422801916AI Simpanlah semua obat dengan baik dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Simpanlah di bawah 30°C

4. PIL KB MERCILON 28

INDIKASI Kontrasepsi oral. KONTRA INDIKASI Tromboflebitis, tromboembolik, penyakit jantung dan pembuluh darah atau riwayat kondisi tersebut di masa lalu, hipertensi berat, kelainan hati berat, Sindroma rotor, sakit kuning kolestatik, sindroma Rotor, sindroma Dubin-Johnson, diketahui atau diduga adanya tumor yang pertumbuhannya tergantung pada estrogen, hiperplasia endometrium, perdarahan vagina yang tidak terdiagnosa, porfiria, hiperlipoproteinemia, riwayat gatal-gatal berat selama hamil atau herpes gestasionis. Wanita hamil.

PERHATIAN : Vena varikose berat, adenoma sel hati, gagal jantung nyata atau tersembunyi, gagal fungsi ginjal, epilepsi, migren, hipertensi, hemoglobinopati sel sabit, diabetes. Interaksi obat : terjadi perdarahan yang tidak teratur dan penurunan keampuhan jika digunakan dengan antikejang, Barbiturat, Tetrasiklin, Rifampisin, Karkoal teraktifasi, laksatif tertentu, obat-obat antidiabetik.

EFEK SAMPING : Gangguan saluran pencernaan, sakit kuning kolestatik, trombosis, peningkatan tekanan darah, kloasma, eritema, nodusum, ruam kulit, sakit kepala, migren, perubahan suasana hati; nyeri, pembesaran, sekresi, kelembutan/kelembekan payudara; retensi cairan, penurunan toleransi glukosa, perubahan berat badan, perdarahan di antara waktu haid, amenore (tidak haid) setelah pengobatan, perubahan pada sekresi mulut rahim, peningkatan ukuran fibromiomata rahim, memperparah endometriosis, infeksi vagina.

5. PIL KB POSTINOR
GOLONGAN GENERIK Levonorgestrel. INDIKASI Kontrasepsi pasca koitus. KONTRA INDIKASI Adanya kehamilan.

PERHATIAN # Asma, gagal jantung, hipertensi, migren, epilepsi, gangguan hati atau ginjal. # Diabetes Mellitus, hiperlipidemia, depresi, riwayat atau adanya tromboflebitis. # Penyakit tromboembolik atau stroke, perokok..

Interaksi Obat: # Penggunaan ampisilin, rifampisin, khloramfenikol, neomisin, sulfonamida, tetrasiklin. # Barbarbiturat fenibutazon, fenitoin, griseofulvin. # Karbamazepin, primidon secara bersamaan dapat mengurangi efek kontrasepsi.

EFEK SAMPING Mual, muntah, perdarahan uterus yang tidak teratur, nyeri payudara, sakit kepala, pusing, rasa lelah.

KEMASAN Tablet 0,75 mg x 2's.

DOSIS 1 tablet harus diminum secepatnya tetapi tidak lebih dari 72 jam setelah hubungan seksual tanpa perlindungan. Tablet kedua harus diminum 12 jam setelah tablet yang pertama di minum. Dapat diminum kapan saja selama siklus haid.Jika terjadi muntah dalam 2 jam, tablet harus diminum kembali.

6. PIL KB DANOCRINE
Kandungan Danazole. Kontra Indikasi Persarahan genital abnormal yang tidak terdiagnosis. Hamil, laktasi, ggn fungsi hati, ginjal, jantung, porfiria, tumor dependent androgen, trombosis aktif atau tromboemboli. Efek Samping Akne, edema, hirsutisme ringan, pengecilan ukuran payudara, pertambahan BB, perubahan suara, kulit dan rambut kering, ggn siklus menstruasi. Ggn muskuloskeletal, labil, ansietas, mood depresi, sakit kepala. Jarang: hipertrofi klitoris, retensi cairan, ggn KV. Perhatian Peny ginjal dan hati, hipertensi&peny KV lain, DM, polisitemia, epilepsi, ggn lipoprotein, reaksi androgenik yang nyata atau persisten krna penggunaan steroid gonad sebelumnya. Migren, diketahui atau diduga ada keganasan. Epilepsi. Lanjut usia, anak. Dosis Dewasa 200-800 mg/hr terbagi dalam 4 dosis. Endometrosis 400 mg/hr selam 6-9 bulan. Jika perdarahan normal masih terjadi setelah 2 bulan terapi atau pada kasus berat, dosis dapat dinaikkan. Mastalgia siklikal berat 200-300 mg/hr selam 3-6 bulan. Kista payudara jinak 300 mg/hr selam 3-6 bulan. Perdarahan uterin disfungsi seperti menoragia 200 mg/hr selama 3 bulan. Ginekomasita Dewasa 400 mg/hr. Remaja 200 mg/hr dapat ditingkatkan s/d 400 mg/hr jika tidak terdapat respon sesudah 2 bulan. Lama terapi 6 bulan. Berikan secara konsisten, selalu ersama makanan atau selalu tanpa makanan. Interaksi Dgn warfarin: memperpanjang waktu protrombin. Peningkatan kadar karbamazepin, fenitoin dan fenobarbital. Obat antidiabetik, antihipertensi, siklosporin, takrolimus, steroid gonad, alpha kalsidol. Kemasan Kapsul 200 mg x 1

7. PIL KB DIANE
Diminumnya setiap hari pada jam yang sama. Untuk penggunaan pertama, setelah selesai haid/ haid hari terakhir. Setelah 21 hari, obatnya habis, jadi ikut libur selama 1 minggu. Saat libur itu, biasanya akan datang bulan. Setelah 7 hari, langsung minum pil lagi. Kalau lupa, langsung secepatnya diminum agar perkembangan sel telur tidak terjadi. Pil bertugas menjaga agar sel telur tidak berkembang sehingga inilah yang mencegah kita dari kehamilan. DIANE 35, Obat Jerawat Batu sekaligus KB - Harga Rp. 90.000,- Ampuh menangani kasus jerawat akibat hormonal dalam 4-6 bulan.

DIANE 35 adalah obat jerawat hormonal. Khusu hanya digunakan wanita untuk mengatasi jerawat akibat hiperaktifitas hormon androgen yang mengakibatkan kerja kelenjar lemak menjadi hiperaktif dan memproduksi lemak wajah lebih banyak sehingga tumbuh jerawat yang sambung menyambung dengan pola besar dan banyak. Awam menyebut jenis jerawat ini sebagai jerawat batu. Jerawat hormonaln jenis ini sulit diatasi dengan pengobatan antibiotik oral maupun topikal Obat jerawat DIANE 35 berfungsi pula sebagai obat KB atau mencegah terjadinya kehamilan. Oleh sebab itu banyak dokter kandungan memberikan obat KB Diane 35 ini untuk pasiennya yang mengidap jerawat hormonal.

CARA MINUM DIANE 35 : Obat Diane 35 dikemas dalam blister. Berisi 21 tablet. Tiap butir tablet ditandai dengan nama hari untuk memastikan agar tidak lupa/sudah/belum minum. 1. Diminum saat awal haid hari pertama dimulai dengan petunjuk tablet hari saat minum yang tertera di kemasan blister. 2. 1 tablet tiap malam pada jam sama.

3.

Jika lupa minum, obat (yang terlupa minum) masih dapat diminum sebelum lewat 12 jam. Bila lewat, obat jangan diminum. Namun malam harinya tetap minum butir obat yang wajib harus diminum malam itu.

4. Setelah habis 21 hari tablet, Anda harus istirahat tidak minum selama 7 hari. Biasanya dalam tenggang waktu istirahat akan muncul haid. 5. Minum kembali dengan blister baru pada hari ke 8 setelah istirahat, tidak perlu menunggu haidnya sudah berhenti atau belum. Efek pengobatan ini baru nampak hasilnya 4 bulan ditandai dengan berkurangnya aktivitas lemak wajah dan rambut lebih cemerlang karena minyak pada rambut jauh berkurang.

EFEK SAMPING :     Pening/ Pusing Mual Muncul haid palsu sebelum tanggal perolehan haid yang sebenarnya. Hal ini dapat berlangsung 2 atau 4 bulan Bercak2 biru pada kulit (Hentikan obat bila muncul demikian)

ANDA DILARANG MENGKONSUMSI OBAT INI BILA : 1. Memiliki kelainan struktur darah dan pengentalan darah. 2. Penyakit autoimune body 3. Riwayat sakit stroke, jantung dan Diabetes Melitus, pembuluh darah, darah tinggi, merokok 4. Terdeteksi penyakit tumor/ kanker . 5. Kelainan kelenjar thyroid. 6. Migrain, radang pankreas, hiperkolesterol 7. Sedang hamil/ menyusui dan flek pada wajah. 8. Pendarahan pada vagina, epilepsi 9. Alergi obat. 10. Usia di bawah 18 tahun atau diatas 50 tahun. 11. Pernah didiagnosa Kista Payudara atau Kandungan

Konsultasi ke dokter kandungan terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.

8. PIL KB EXLUTON
INDIKASI : Kontrasepsi oral. KONTRA INDIKASI :   Kehamilan Penyakit hati berat atau riwayat

keadaan inijika hasil tes fungsi hati gagal untuk kembali normal, ikterus kolestatik, riwayat ikterus kehamilan atau ikterus karena penggunaan steroid, sindroma rotor dan sindroma Dubin-Johnson.  Perdarahan vagina yang tidak terdiagnosa.  Riwayat dari kehamilan tuba atau salpingitis.  Riwayat selama kehamilan atau sebelum menggunakan steroid dari pruritus berat atau herpes gestation.

KOMPOSISI : Tiap kemasan EXLUTON 28 terdiri dari 28 tablet. Tiap tablet mengandung: Linestrenol (suatu progestogen) 0.5 mg.

INTERAKSI : Dapat terjadi perdarahan yang tidak teratur dan berkurangnya reliabilitas bila kontrasepsi oral digunakan bersama-sama dengan obat-obat seperti misalnya anti-epileptik, barbiturat, rifampisin, karbon aktif dan laxatif tertentu. Kontrasepsi oral dapat mengurangi toleransi glukosa dan meningkatkan kebutuhan akan insulin atau obat-obatan antidiabetika lainnya.

EFEK SAMPING : Efek-efek samping berikutnya dikaitkan dengan terapi progestogen:   Saluran kemih kelamin: perdarahan antar haid, amenoria paska-medikasi, perubahan sekresi serviks, infeksi vagina tertentu misalnya kandidiasis. Payudara: rasa nyeri.

   

Saluran percernaan: mual, muntah-muntah, kolelitiasis, ikterus kolestatik. Kulit: kloasma, rash. S S P: sakit kepala, migren, perubahan suasana hati. Lain-lain: retensi cairan, berkurangnya toleransi glukosa, perubahan berat badan.

9. PIL KB YAZ atau YASMIN
KOMPOSISI Setiap tablet mengandung Drospirenone 3.000 mg ,Ethinylestradiol 0,020 mg. INDIKASI Kontrasepsi Oral KONTRA INDIKASI Migren ,Trombo emboli pada pembuluh vena atau arteri,Diabetes mellitus dengan sindrom pembuluh,hipertrigliseridemia ringan,pankreatitis,penyakit hati ringan,insufisiensi ginjal,gagal ginjal akut,tumor usus,perdarahan vagina yang tidak terdiagnosis,kanker payudara,kanker endometrium,Perokok berat usia diatas 35 tahun,kehamilan. EFEK SAMPING Sakit kepala,nausea,nyeri payudara, emosi labil,amenorea.metoragia. INDEKS KEAMANAN PADA WANITA HAMIL X: Penelitian pada manusia dan hewan telah menunjukkan janin yang abnormal atau ada kejadian berbahaya pada janin berdasarkan pengalaman manusia atau keduanya, dan risiko penggunaan obat pada wanita hamil jelas melampaui keuntungannya. Obat dikontraindikasikan pada wanita yang sedang atau akan hamil. KEMASAN Box 1 blister @ 28 tablet DOSIS 1 tablet sehari pada saat yang sama mulai hari pertama silkus haid,terus tanpa terputus selama 28 hari.

10.

PIL KB GANDARUSA (PIL KB PRIA)

Memang alat kontrasepsi yang diperuntukkan untuk pria sangat sedikit jumlahnya, hanya kondom dan vasektomi. Alternatif pilihan yang terbatas ini yang mungkin menyebabkan kaum pria rendah keikutsertaannya dalam program KB. Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai Badan yang mengurusi Keluarga Berencana di Indonesia melakukan segala upaya untuk mensukseskan program KB di Indonesia. Salah satu upaya adalah pengembangan pil KB untuk pria. “Tahun ini akan kita luncurkan. Pil tersebut sudah melalui uji coba selama 10 tahun. Dan saat ini sudah tersedia dalam fitofarmaka dan sedang diuji klinis,” tutur Kepala BKKBN, Sugiri Syarief dalam pemaparan program prioritas tahun 2011 di Jakarta, Selasa (4/1/2011). Ide dari alat kontrasepsi ini adalah menciptakan pil yang dapat menonaktifkan sperma atau mencegah sperma mengalami pematangan sebelum mencapai rahim sehingga tidak efektif membuahi sel telur. Versi yang dikembangkan ini mengharuskan seorang pria untuk mengonsumsinya tiap 3 bulan atau sebulan sekali.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->