P. 1
edisi17

edisi17

4.88

|Views: 1,674|Likes:
Published by penol

More info:

Published by: penol on Jan 08, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2013

Harga Rp.

3500,-

No.16/II/14 - 20 Februari 2001

PCplus
TABLOID KOMPUTER

Mengenal & Menginstal LINUX
D IA H ERH A ECH B T K U IS LO G I U SE MO

Awas Virus Valentine “Cartolina” Menyerang PC Anda! (09)

Kiat Mempartisi Harddisk Untuk Linux (12)

Tips Memilih Web Camera PC Anda (21)

ILUSTRASI BAMBANG W

Mengintip Kerja USB port (05)

PCplus

plusMail
MOTHERBOARD KOMPATIBEL
Dalam merakit komputer terutama pemilihan hardware kan banyak macamnya. Bagaimana kita tahu hardware yang kompatibel dengan motherboardnya? Feri S grant_mc_donal@astaga.com Red: Kompatibilitas motherboard biasanya terutama menyangkut jenis prosesor, tipe harddisk, memori, dan jenis VGA card. Yang lainnya pada umumnya kompatibel. Caranya melihat adalah dengan membaca kelengkapan atau fitur motherboard tersebut.

No.17/II/20 Februari 2001

PCPLUS MENYENANGKAN
Pertama-tama, perkenalkan diri saya Airlangga B. Amitaba, saat ini bekerja sebagai supervisor divisi TI pada KAP Drs. Ventje Jansen selain sebagai webmaster lepas. Saya membaca untuk pertama kalinya PCplus No. 13/II/23 Januari 2001 dan saya rasa dalam beberapa hal, terutama penulisan artikel yang menjelaskan hal-hal teknis semisal cara sebuah mail server bekerja, penjelasan mengenai prosesor, dsb, sangat menyenangkan dan mudah dimengerti bahkan oleh “awam” sekalipun. Hal yang sama sekali berbeda dibandingkan dengan beberapa tabloid (teknologi dan komputer) lain yang hanya mengatakan “A” tanpa bisa menjelaskan dengan “menyenangkan” apa di balik “A” tersebut. “Keep that good work guys” saya suka gaya penulisan kalian. BTW saya sendiri juga sebenarnya dari dulu ingin menulis sebuah artikel (bahkan sudah siap beberapa) mungkin kalau redaksi PCplus berkenan, bisakah saya kirimkan dan ke alamat mana? redaksi@e-pcplus.com? Atau mungkin ada alamat lain? Selain dalam bentuk text (.txt) apakah format Word (.doc) diterima? Airlangga B. Amitaba elang@sby.centrin.net.id www.stiesia.ac.id Red: Terima kasih atas apresiasi Anda. Benar, kirimkan ke alamat tersebut. Format doc juga kami terima, tetapi hati-hati dengan virus. Terima kasih. membayarnya. Atas perhatian redaksi PCplus saya ucapkan terima kasih. Yos Arfiyanto d/a BUSCOMP RENTAL Jl. Jamin Ginting No. 277 Medan Sumatera Utara 20155 yos_buscomp@hotmail.com Red: Simak jawabannya di surat dari Sdr. Roni Surahman. proses belajar. Terima kasih PCplus, Semoga sukses ! Idrus.A ziaxxxxx@yahoo.com Red: Terima kasih atas usulan Anda. Tunggu tanggal mainnya, pasti kami akan membahasnya. diberikan informasi list address lembaga-lembaga pendidikan komputer di Indonesia, karena saya yakin PCplus punya informasi yang plus tentang info-info itu. Terima kasih sebelumnya atas bantuannya. Thanks Eko Red: Kami akan menerbitkan direktori komputer Indonesia, di mana dalam direktori tersebut ada alamat yang Anda inginkan. Maret nanti insya Allah direktori tersebut sudah jadi.

teknologi dan komputer khususnya. Roni Surahman roni_188@yahoo.com Red: Anda bisa mendapatkannya di bagian sirkulasi PCplus (sirkulasi@epcplus.com). Kami sudah menerbitkan bundel PCplus edisi tahun 2000 (No 01 s/d 11) seharga Rp. 35.000 (belum termasuk ongkos kirim).

TULISAN DOBEL
Assalamu’alaikum. Hai .... apa kabar nih? Salam kenal untuk rekan-rekan PCplusMania. Untuk redaksi, makasih ya, atas dimuatnya surat ini. Saya mendapatkan PCplus mulai dari No. 11/II periode 9 Januari 2001, dan langsung kesengsem setelah membaca isinya. Maklum saya memang penggemar berat komputer dan segala hal yang berkaitan dengannya. Pada kesempatan ini ada sedikit koreksi yang hendak saya sampaikan. Pada PCplus No. 12/II/16 Januari 2001, halaman 21, Rubrik PlusBelanja, PCplus memuat sebuah artikel kiriman Shanty Rosita berjudul Membuat Latar pada Windows Explorer. Artikel yang sama juga terdapat pada PCplus No. 13/II/ 17-23 Januari 2001, halaman 25, Rubrik PlusProduk, dengan judul Menghias Background Folder pada Windows Explorer, kiriman Herman Sudrajat. Setelah saya baca dengan teliti ternyata isi kedua artikel itu sama walaupun dengan sedikit perbedaan redaksi. Saya harap untuk terbitan-terbitan yang akan datang, PCplus bisa lebih teliti dan selektif dalam memuat artikel-artikel agar hal yang sama tidak terjadi lagi. Udah ya segitu aja, makasih. Semoga PCplus tetap jaya, semakin berbobot dan terus berkibar sehingga kita-kita tidak ketinggalan informasi lagi. Wassalam. Hasan Ali multijkt@indosat.net.id Red: Terima kasih atas masukan dan kritikan Anda. Mudahmudahan kami tidak teledor lagi dengan memuat artikel yang isinya sama sehingga merugikan Anda sekalian. Maaf atas keteledoran kami.

WEB PCPLUS
Kenapa PCplus nggak bikin Web www.e-pcplus.com? Saya punya usul untuk Tabloid PCplus nih... Bagaimana kalau Tabloid PCplus membuat artikel tentang bahasa pemrograman (Delphi, C++, Visual Basic, dll) seperti majalah PCplus terbitan UK. BTW, PCplus Indonesia ada hubungannya nggak dengan PCplus UK - www.pcplus.co.uk? (Seperti CHIP Indonesia dengan CHIP Jerman). Terima kasih. Steven Andy webmaster@stevencom.com Red: Kami terus melakukan penjajakan dan pengembangan. Pembikinan Web menjadi salah satu target. Tentang pemrograman, kami sudah memulainya dan menunggu tulisan menarik dari Anda. PCplus tidak ada hubungannya dengan media manapun dan merupakan tabloid yang mandiri dan dikelola oleh anak-anak kampung asli bernama Indonesia.

MENGHAPUS E-MAIL INSTAL WINDOWS
PCplus yang saya cintai, Bagaimana kalau PCplus mendatang memuat panduan langkah demi langkah cara men-setup/menginstal program Windows 9x dari proses awal yaitu dari harddisk masih kosong (baru diformat) sampai program Windows siap digunakan. Dan juga mengenai file apa saja yang harus di-copy ke harddisk seperti Config.sys, Autoexec.bat, dll sebelum proses penginstalan program Windows dimulai dan apa apa saja yang dibutuhkan supaya kualitas Windows yang kita instal tidak mengalami banyak masalah. Hal itu saya usulkan mengingat masih banyak teman teman kita yang masih awam mengenai cara menginstal program Windows secara benar, dan biasanya mereka cenderung untuk mengorbankan uangnya hanya untuk menginstal ulang Windowsnya. Dan mudahmudahan PCplus dapat diharapkan oleh semua kalangan baik yang sudah mengerti komputer ataupun yang masih buta atau dalam Assalamualaikum, Saya mau bertanya nich. Saya kan sering dikirimi e-mail oleh orang yang tidak dikenal tiap hari. Gimana caranya biar saya bisa menghapus dan sekaligus meng-ignore e-mail tersebut, karena tiap hari e-mail itu selalu datang, dan saya harus tiap hari men-delete-nya. Jadi kalau saya selama seminggu nggak buka email, berarti ada tujuh e-mail yg masuk. Itu aja. Ajarin caranya dong. Terima kasih sebelumnya. Wass, Nining Ratna Red: Anda bisa menggunakan spam blocker. Fitur tersebut ada dalam beberapa layanan e-mail maupun e-mail client seperti Outlook Express atau Eudora. Caranya, cari menu spam blocking dan ikuti wizard atau panduan yang disediakan di situ.

EDISI KOMPLIT
Halo Tabloid PCplus, saya adalah penggemar baru Anda. Baru dua minggu yang lalu saya menemukan tabloid yang saya tunggu-tunggu, yakni tabloid yang memuat tentang perkembangan dunia komputer yang setiap saat sifatnya terus berkembang. Oke, to the point saja, saya mendapatkan Tabloid PCplus pada edisi 13 dan setelah saya membaca per halamannya, rasanya tidak nyaman kalau informasi yang ditampilkan tidak dari awal. Untuk itu saya menginginkan tabloid ini mulai dari edisi pertama. Namun bagaimana cara mendapatkannya dan cara pembayarannya jika saya minta pada redaksi PCplus? Demikian yang dapat saya sampaikan dan saya mohon informasi lebih lanjut dari redaksi. Sebelumnya saya ucapkan trima kasih semoga tabloid ini dapat diterima di masyarakat yang sangat memerlukan informasi

EDISI SEBELUMNYA
Saya adalah pelanggan Tabloid PCplus yang boleh dibilang sangat baru sekali, dan saya sudah mempunyai tabloid edisi No. 11. Untuk itu saya ingin sekali memiliki edisi PCplus yang sebelumsebelumnya yaitu edisi 1 sampai dengan edisi 10. Bagaimana caranya saya mendapatkan edisi-edisi tersebut? Dan apa bila sekiranya dikenakan biaya pengiriman, saya bersedia untuk

ALAMAT LEMBAGA PENDIDIKAN
Sebelumnya saya mohon maaf atas notes ini, yang mungkin mengganggu aktivitas Anda. Mudah-mudahan saja lewat notes ini saya bisa minta tolong kepada PCplus untuk

PCplus
TABLOID KOMPUTER

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi: R. Suhartono Dewan Redaksi: P.M. Winarno, P.C. Wiwiek Juwono, B.M. Adam Redaktur Pelaksana: Julianto Redaksi: Alois Wisnuhardana, Silvester Sila Wedjo, Christianto Sahat Kurniawan, Mersagita Prabudi, Irta Belia, F.X. Bambang Irawan Koresponden: Henry Syarifuddin (Bandung), Tjahjono EP (Yogyakarta), Didik Setyono (Surabaya), Sekretariat Redaksi: Putri, Dian Artistik/ Tata-letak: Domenico W., Sukarja, Robby F. Richard, Produksi: Bambang Trie, Fotografer: Yunizar.

I

N

F

O

G

R

E

S

!

Pemimpin Perusahaan: Teddy Surianto Wakil Pemimpin Perusahaan: Aspianah Hia Iklan: Chrispina E.T., Anneke Dame, Janne Eveline Promosi: Eva Grace S., Jimmy Rambing Sekretariat Sirkulasi: Emy Varlina V., Agung P. Penerbit: PT Prima Infosarana Media Rekening: BCA Cab Gajah Mada No Rek. 012.300551.9 atau Bank BNI Cab Utama Jakarta Kota No Rek. 008.24400 a.n PT Prima Infosarana Media Alamat Redaksi & Iklan: Jl. Palmerah Selatan No. 12. Jakarta 10270 Telp. 548-3008, 548-0888, 549-0666. Ext. 3701, 3703, 3713. Fax. 536-0411 E-mail redaksi: redaksi@e-pcplus.com E-mail iklan: iklan@e-pcplus.com Alamat Sirkulasi: Jl. Palmerah Selatan No. 12 A Jakarta 10270. Telp. 548-3008, 548-0888, 549-0666 Ext. 3704, 3706. Fax. 536-0411. E-mail sirkulasi: sirkulasi@e-pcplus.com E-mail milis PCplus: mailplus@yahoogroups.com

1. Telah dibuka milis jual beli komponen PC yang difasilitasi PCplus dengan alamat bursapcplus@yahoogroups.com. Buat yang ingin menawarkan atau mencari barang silakan gabung di bursapcplussubscribe@egroups.com. 2. Telah terbit bundel PCplus tahun 2000. Anda bisa mendapatkannya seharga Rp. 35.000,- (belum termasuk biaya kirim). Hubungi bagian Sirkulasi PCplus untuk mendapatkan tarif ongkos kirim ke kota Anda. Bila sudah, transfer uang sebesar 35.000 + ongkos kirim ke Rek. BCA Cabang Gajah Mada No Rek. 012.300551.9 atau Bank BNI Cab Utama Jakarta Kota No Rek. 008.244001 a.n PT Prima Infosarana Media dan fax-kan bukti transfer ke 5494111 atau 5483008 ext 3340 (attn: RUDY)

2 PCplus

plusAktual

No.17/II/20 Februari 2001

VIRUS TROJAN MENYERANG PEMIMPIN DUNIA TAK LUPUT DARI SERANGAN AMERICA ON LINE (AOL)
Jumlah virus yang
menyerang komputer makin banyak saja. Kualitasnya pun makin menggila. McAfee yang tersohor sebagai perusahaan software pembasmi virus sendiri Kamis kemarin (1/2) bahkan menyebutkan peningkatan jumlah virus yang meningkat dua kali lipat dalam tiga bulan terakhir. Sebuah perusahaan software yang memperingatkan adanya virus baru yang datang dengan nama “Hey you” pada America Online (AOL). Program kejam ini antara lain dapat membongkar password yang ada. Virus dengan nama asli “APStrojan.qa” ini sendiri ditemukan McAfee berasal dari sebuah kiriman e-mail yang berisi attachment data virus tersebut. Data virus ini sendiri bernama “mine.zip”. Virus ini tidak akan menyerang sampai file attachment tersebut dibuka. Yang menarik, virus ini hanya menyerang versi 4.0 dan 5.0 dari software AOL untuk kemudian membobol nama pengguna lengkap dengan password-nya. Setelah dibobol, virus ini kemudian akan mengirimkan berbagai informasi yang telah dibobol tersebut kepada pencipta virus tersebut. AOL sendiri secara jujur mengakui adanya serangan

Meskipun punya segudang pengawal pribadi khusus
yang berbadan tegap dan siap siaga 24 jam, tampaknya keamanan para pemimpin dunia belum seratus persen aman. Tidak percaya? Banyak buktinya. Yang paling baru adalah serangan cracker terhadap para pemimpin dunia yang bersidang di Davos pada Forum Ekonomi Dunia beberapa waktu lalu. Para pengawal yang bersenjata lengkap pun dibuat tidak berkutik karena ulah para cracker ini. Para cracker telah masuk secara ilegal untuk melihat data-data penting dari peserta forum tersebut. Tokoh-tokoh dunia yang terkena serangan ini bukan main-main. Yasser Arafat, Bill Clinton, dan bahkan Bill Gates tak luput dari serangan. Seperti yang diberitakan oleh Sonntagszeitung yang dikirimi sebuah CD yang berisi data-data tersebut oleh orang tak dikenal, cracker ini telah berhasil menemukan nomor kartu kredit, password, telepon pribadi, dan nomor handphone dari beberapa tokoh macam presiden Afrika Selatan, Thabo Mbeki, Yasser Arafat, dan mantan menlu AS Madeleine Albright. Para cracker tersebut juga berhasil membongkar data-data pribadi mantan presiden AS, Bill Clinton, dan Bill Gates dari Microsoft. “Ini adalah sebuah kasus siber kriminal,” kata Charles McLean, kepala komunikasi Forum Ekonomi Dunia tersebut kepada Sonntagszeitung. Cracker ini sendiri berhasil meng-hack server milik forum tersebut yang didalamnya berisi data-data amat penting dan rahasia dari ribuan peserta. Koran Swiss itu menulis, sedikitnya ada 80 ribu data dari DIN-A-4 dan 1400 nomor kartu kredit yang telah dibobol dan dapat dilihat dalam CD yang dikirimkan tersebut. Yang paling heboh adalah bocornya kumpulan data dan laporan rinci tentang jalur dan jam keberangkatan para tokoh penting dalam forum tersebut lengkap dengan tempat persinggahannya! Namun demikian, sampai saat ini diakui data-data penting tersebut belum digunakan oleh para cracker untuk membahayakan para tokoh dunia tersebut. Meski demikian, kartu kredit yang bobol dilaporkan telah digunakan via Internet untuk memesan tiket pesawat kelas satu, kamar hotel mewah, langganan situs porno, serta percakapan telepon. Wah, heboh deh! (sil)

virus yang lumayan ganas ini. Seperti yang diberitakan oleh Computer-wocheonline, spiegel.de, dan McAfee.com, virus ini menyerang anggota “Buddylist” ketika mereka sedang online. Meskipun virus ini sendiri telah ada sejak setahun lalu, pihak AOL sendiri tidak menyadari adanya serangan ini sampai kamis kemarin ketika diberitahukan oleh pihak McAfee. “Pengguna harus hatihati ketika membuka sebuah email, bahkan dari orang yang mereka kenali sekalipun,” kata Andrew Weinstein, juru bicara McAfee. APStrojan.qa sendiri adalah virus dengan kadar risiko medium. Seperti yang dilaporkan oleh navalweather.org, virus ini

terutama menyerang sistem Windows 98 meskipun efeknya juga bisa mengenai Windows 95 jika pada e-mail terdapat file MSVBVM50.DLL. Bagaimana jika kita sendiri terkena virus ini? Jika sistem Anda terinfeksi, buanglah virus Trojan ini dari komputer Anda dan kemudian pastikan Anda memiliki password baru dari account AOL Anda. Para ahli dari AOL sendiri menyarankan agar pengguna software mereka menggunakan semacam scanner virus yang dapat diinstal pada situs AOL. Dengan de-mikian, para pengguna dapat membuktikan apakah mereka sudah dijangkiti virus Trojan tersebut. Berhati-hatilah! (sil)

SEKS DI INTERNET: JERMAN JAGONYA
Memang seks tidak
akan pernah jauh dari kehidupan manusia. Internet pun kemudian berkembang sedemikian jauh menjadi wadah yang amat bebas untuk urusan yang satu ini. Para pengelola situs pun agaknya tahu benar akan kebutuhan dasar manusia ini. Ya, situs berbau seks semakin banyak muncul. Tak perlu repot atau sembunyi-sembunyi lagi untuk mendapatkan gambar atau video lewat internet! Tapi sudah adakah penelitian untuk mengungkap, seberapa besar para surfer memanfaatkan situs yang demikian? Sebuah penelitian termutakhir menunjukkan sepertiga dari pengguna Internet di Jerman ternyata memanfaatkan situs-situs syahwat yang membanjir di Internet. Studi ini sendiri dilakukan oleh institut riset pasar NetValue. Mereka menemukan bahwa 33,4 persen orang Jerman yang menggunakan Internet memanfaatkan benar kemampuan mereka mengakses Internet untuk mengakses situssitus erotis tersebut. Persentase ini ternyata merupakan salah satu yang terbanyak di seluruh Eropa disamping Spanyol dengan 39 persen yang menduduki tempat pertama. Namun demikian dari segi lamanya mengakses situs berbau

seks, rakyat Jermanlah yang jadi jawaranya. Mereka menghabiskan sekitar 70 menit per bulan untuk melihat situssitus seks disusul oleh Spanyol dengan 66 menit. Sedang negara Ratu Elizabeth menduduki tempat ketiga dengan lama akses 36 menit. Dari penelitian ini juga terungkap, kelompok usia 15 sampai 34 tahun merupakan kelompok umur yang paling banyak mengakses situs semacam ini. Pada kelompok umur tersebut, 25 persennya memanfaatkan situs seks dan hanya seperlima dari jumlah tersebut dilakukan oleh perempuan. NetValue sendiri untuk penelitian ini telah menginstall sebuah software program pada sekitar 16.564 PC pengguna Internet di Jerman, Denmark, Inggris, Perancis dan Spanyol. Wah, ternyata banyak juga! Gimana nih Indonesia. Sudah ada penelitiannya belum? (sil)

AMAZON.COM KURANGI KARYAWAN
Badai krisis ternyata bukan hanya dominasi perusahaan
dotcom yang belum punya nama. Perusahaan macam Amazon.com pun yang sudah tersohor berkat jualan online-nya itu juga terkena hal yang sama. Ya, sebagai akibat dari meningkatnya kerugian yang diderita oleh situs ini, mereka terpaksa memberhentikan sekitar 1300 karyawan pada situs mereka. Angka ini berarti 15 persen dari total seluruh karyawan yang ada. Seperti keterangan yang diberikan oleh juru bicara perusahaan tersebut, pusat distribusi mereka di negara bagian Georgia, Amerika Serikat terpaksa ditutup. Selanjutnya mereka juga akan mempekerjakan secara musiman saja pusat distribusi mereka di Seattle. Penutupan tersebut tidak terjadi di Seattle menurut para analis lebih disebabkan karena pada kuartal keempat tahun lalu pusat distribusi ini berhasil menekan angka kerugian. Di tempat ini, Amazon berhasil meningkatkan penjualan sampai 44 persen dari tahun sebelumnya yang berjumlah sekitar 972 juta dolar AS. Meskipun ada sedikit kenaikan, jumlah kerugian yang diderita perusahaan online ini tetap meningkat sebesar 69 persen atau mencapai 545 juta dolar. Untuk keseluruhan tahun 2000 kemarin, Amazon.com memberikan laporan bahwa mereka mengalami kerugian netto sebesar 1,41 miliar dolar atau sekitar 4,02 dolar untuk setiap lembar saham. Angka ini meningkat drastis di mana pada tahun sebelumnya total kerugian hanya sebesar 720 juta dolar “saja” atau sekitar 2,20 dolar per lembar saham. Yang terkenal saja sudah rugi sedemikian gede, apalagi yang kecil ya? (sil)

PCplus 3

plusAktual

No.17/II/20 Februari 2001

PT GLOBAL HOSTNET MULAI BEROPERASI
Setelah diakuisisi oleh M-web Indonesia pada
bulan November 2000 lalu, Global Hostnet akhirnya resmi beroperasi. Acara peresmiannya sendiri dilakukan di Jakarta, Kamis kemarin (8/2) di Hotel Grand Melia dalam suatu jamuan makan malam. PT Global Hostnet merupakan perusahaan penyedia jasa outsourcing pusat data yang menawarkan jasa menyeluruh yang mencakup pengelolaan fasilitas akses, sistem, jaringan, dan operasional komputer perusahaan. Untuk melayani pelanggan multinasional yang membutuhkan back up di negara lain, Global Hosnet juga bekerjasama dengan iAsiaworks yang juga bergerak di bidang yang sama. “Dengan memakai jasa pelayanan kami, para perusahan tidak perlu lagi khawatir dengan sistem TI di kantornya. Kami menjaminnya 99,5 persen uptime,” ungkap Megawaty Khie, Director of Sales & Marketing PT. Global Hostnet. Mereka juga menjamin, apabila layanan tidak memenuhi syarat maka Global Hostnet akan memberikan kompensasi yang sesuai. Untuk melaksanakan semua bisnisnya tersebut, mereka membangun fasilitas pusat data Global Hostnet yang pertama seluas 2.000 meter persegi di Gedung Elektrindo. Semua fasilitas ini sendiri, menurut Megawaty lagi, telah menghabiskan dana sekitar 1,2 juta dolar AS. Global Hostnet sendiri menargetkan jumlah pelanggan sebanyak mungkin. “Untuk saat ini telah ada 5 perusahaan yang kami tangani antara lain perusahaan asuransi, portal dan perbankan,” tambah Megawaty lagi. Sasaran yang dituju sendiri adalah perusahaan besar dan medium yang membutuhkan jasa TI untuk menjalankan bisnisnya. Mereka optimis dapat meraih paling tidak 50 persen dari pangsa pasar yang ada. (sil)

VASINDO MENGAGENIJASA VOIP DARI TELKOM
PT Vasindo TeleInternet
mendapat suntikan dana sebesar 20 juta dolar AS dari Quantum Capital Partners Ltd dari Australia. Dana itu akan digunakan untuk membiayai bisnis IP Telephony yang diselenggarakannya bersama PT Telkom lewat pola bagi hasil dalam bentuk Telkom Domestic Clearinghouse (TDC). Chief Operating Officer (CEO) Quantum, John D Hopkins, yang menandatangani persetujuan investasi tersebut kelihatan sangat optimis bahwa modal yang ditanamnya di Indonesia tersebut akan berkembang dengan baik. Baginya, lepas dari segala kemelut ekonomi dan politik yang sedang mendera Indonesia saat ini, sektor telekomunikasi, apalagi jasa berbasis IP merupakan bisnis yang tergolong baru dan menarik. Bahkan Hopkins mengungkapkan data yang diperolehnya dari IDC yang memproyeksikan bahwa pasar IP Telephony di Asia Pasifik di luar Jepang akan meningkat pesat dari 213 juta dolar menjadi 6,9 miliar dolar

SEIKO GROUP RESMI BUKA PT EPSON INDONESIA
Untuk mendukung kegiatan penjualan dan
pemasaran produk-produk Epson di tanah air, Seiko Epson Corporation resmi mendirikan PT. Epson Indonesia sebagai perwakilan Epson Singapore Pte. Ltd (ESP). Meski sudah berdiri sejak 1 Oktober 2000 lalu, PT. Epson Indonesia sendiri baru resmi dibuka lewat Opening Ceremony yang diadakan di Hotel Hilton, Jakarta, Rabu (7/2) kemarin. Pembukaan kantor perwakilan baru ini dengan demikian semakin memperkuat posisi Epson di Indonesia, yang sudah lebih dulu dikenal dengan produk printer dan serangkaian produk digital imaging. Apalagi sebelumnya perusahaan ini juga sudah beberapa lama mengoperasikan pabrik afiliasinya di Batam dan Cikarang yang telah memberikan kontribusi sebesar 30% dari produk Epson dunia. Mengenai hubungannya dengan Metrodata yang selama ini dikenal sebagai distributor produk Epson di Indonesia, General Manager PT. Epson Indonesia, Mr. Yamamoto Kazuyoshi menjelaskan bahwa pihaknya tidak mengkhususkan kerjasama ekslusif dengan pihak Metrodata. Meski demikian pihak Epson menambahkan bahwa kerjasama yang telah terjalin selama ini masih bisa dilanjutkan lagi. Selain mengoperasikan kantor barunya di Jakarta, perusahaan ini rencananya juga akan membuka gerai bernama Epson Square. Gerai baru yang berlokasi di pusat penjualan komputer Mangga Dua Mal ini baru akan dioperasikan bulan April mendatang. Dan selain berfungsi sebagai pusat informasi bagi para pelanggan, gerai ini juga ditujukan untuk menampung berbagai layanan purnajual dan kegiatan promosi. Di antaranya seminar, pelatihan, atau kegiatan Epson Photo Contest. Terakhir, pada acara Opening Ceremony tersebut, pihak Epson juga sekaligus memperkenalkan model Epson Ambassador alias duta produknya di Indonesia. Mau tahu siapa? Tak lain adalah kelompok penyanyi ABG, AB Three yang hari itu juga tampil warnawarni memperkenalkan jingle Epson. Kehadiran kelompok ini sebagai model Epson diharapkan bakal lebih mendongkrak promosi Epson, terutama bagi kalangan anak muda yang gaul. (ibp)

pada tahun 2004. Menurut Danny Hutapea, Direktur Vasindo, Quantum tertarik untuk mendanai Vasindo karena perusahaan ini sudah terlebih dahulu bermitra dengan PT Telkom. Dalam kerja sama ini Vasindo menangani marketing, riset, dan pendanaan. Kerja sama ini sudah lama dirintis. Menurut Komarudin SK, Direktur Utama Telkom, dengan dana ini kerja sama yang sudah lama dirintis tersebut akan segera memasuki tahap implementasi. TDC nantinya akan menjadi semacam wholesaler yang menjual jasa IP Telephony

untuk para penyelenggara akses Internet (ISP), calling card, premium call, dan VSAT (Very Small Aperture Terminal) secara legal. “Pada tahap awal, akan dibangun fasilitas di delapan kota besar berupa point of presence (POP) dengan jumlah investasi sebesar 10 juta dolar,” tutur Eri K. Widjaya, CEO Vasindo. Delapan kota tersebut adalah Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan dan Batam. TDC akan diluncurkan pada bulan April bersamaan dengan peluncuran jasa VoIP dari Telkom. (fbi)

“CLICK TO PAY” UNTUK TRANSAKSI M-COMMERCE
Untuk mengantisipasi
perdagangan bergerak (mcommerce) di wilayah Asia Pasifik, Nokia dan Visa International bekerjasama untuk menyediakan layanan pembayaran bermerek Visa. Layanan ini memungkinkan konsumen untuk melakukan pembelian dengan hanya menekan tombol pada ponsel yang berkemampuan Internet. Dari siaran pers yang diperoleh dari Nokia, layanan ini akan menggunakan jaringan dan solusi platform Nokia dan akan tersedia untuk semua pemegang kartu kredit Visa di seluruh dunia. Selain kerjasama dalam aktivitas bersama pemasaran dan pengembangan usaha di Asia Pasifik, mereka juga akan menawarkan solusi pembayaran yang telah disederhanakan yang memungkinkan konsumen melakukan pembelian dan transaksi lainnya melalui Internet hanya dengan menekan tombol. Nokia dan Visa akan menyediakan server based application menggunakan teknologi WAP dan akan mentransfer data pembayaran secara aman melalui jaringan tanpa kabel menuju institusi keuangan yang dituju. Konsumen kedua perusahaan tersebut yang ingin mendaftar untuk pelayanan ini dapat mendaftar ke situs www.shopwithvisa.com. Dengan layanan ini, kebutuhan akan keamanan, keaslian, kenyamanan dan kepercayaan akan transaksi online dapat terpenuhi. Mark Burbridge, Senior Vice President dan General Manager e-Visa Asia Pasific menambahkan, “Kemitraan Visa dengan Nokia dalam memberikan solusi pembayaran yang mutakhir kepada para pemegang kartu kredit memperlihatkan contoh baru dari kepemimpinan dan kekuatan brand kami.” Kerjasama ini boleh dibilang amat strategis mengingat penggunaan ponsel berbasis Internet meningkat drastis. Nokia sendiri memperkirakan akan ada lebih dari satu miliar pelanggan ponsel pada paruh pertama 2002. (sil)

4 PCplus

plusBelajar
Meski sudah sering mendengar dan bahkan setiap hari memakai, Si Dono tak pernah tahu bagaimana kabel USB di scannernya bekerja. “Pokoknya jalan aja,” begitu pikirnya. Ia juga kurang begitu paham, apa beda sambungan ini deangan sambungan lain seperti port paralel. Untungnya, ia cukup tahu singkatannya. “Universal Serial Bus, kan?” Jawabnya pasti. Mau tahu lebih jauh? Mari!

Alois Wisnuhardana

No.17/II/20 Februari 2001

MENGINTIP CARA KERJA USB
atau media simpan portabel kebanyakan memerlukan tambahan listrik sendiri untuk mendapatkan kinerja yang meyakinkan.

SEBERAPA LUAS?

Yang jelas membedakan
USB (Universal Serial Bus) dengan port paralel adalah tipenya. Port paralel, sesuai namanya adalah port, sedang USB berjenis bus. Universal berarti seluruh periferal alat elektronik bisa bekerja pada konektor yang sama. Komponen teknologi apa saja yang ada di dalam USB? Secara mendasar, ada tiga teknologi yang digunakan yakni yang disebut host, hub, dan function. Host merupakan titik sentral dari seluruh sambungan dalam USB. Fungsinya untuk melayani pertukaran data masing-masing komponen USB. Pengendali yang menjalankan host disebut USB host controller, dan biasanya terintegrasi dalam chipset southbridge pada motherboard. Kalau Anda ingat, southbridge pada motherboard ini memang mengendalikan berbagai peralatan seperti PCI bus, port serial dan paralel, dan tentu saja USB ini. Sementara, hub memungkinkan berbagai perkakas USB yang bermacammacam bekerja dalam satu output tunggal ke USB host controller. Maksudnya, tidak diperlukan pengendali atau kontroler lain meski perkakas yang dipakai berbeda fungsi. Hub yang terletak di bagian belakang komputer kita sering disebut sebagai root hub. Hub USB eksternal kini sudah

“Perhatikan simbol USB di samping colokannya!”

macam fungsi, sesuai dengan tujuan perancangannya.

SEBERAPA CEPAT?
Teknologi USB ini sungguhsungguh menjawab kebutuhan

“Colokan di USB HUB”

“Contoh converter USB”

tersedia untuk menghubungkan berbagai peralatan USB ke komputer. Sedangkan yang dimaksud function dalam teknologi USB sesungguhnya adalah peralatan USB itu sendiri. Masing-masing perkakas USB menyediakan berbagai

pertukaran atau transfer data yang cepat. Sebagian besar komputer sekarang ini masih menggunakan sambungan port paralel ke printer. Bahkan ada beberapa scanner yang masih ISTIMEWA bekerja dengan port lawasan ini. Nah, ketika kecepatan transfer antara suatu perkakas ke komputer menjadi syarat penting –misalnya dalam kamera digital, video digital, dan semacamnya- port paralel sudah tak mampu menjawab kebutuhan itu. Kalau mau tahu,

port paralel hanya mampu mentransfer data pada kecepatan kurang lebih 200Kbps. Sementara USB berkecepatan rendah (USB 1.1) mampu bekerja pada 1,5Mbps dan yang paling anyar bahkan mampu beroperasi pada kecepatan 12Mbps. Selain cepat, peranti yang menggunakan USB sangat praktis. Berbeda dengan tipe sambungan yang lainnya, USB mengombinasikan kabel data dan daya dalam satu jalur atau satu bundel. Maksudnya? Begini. Bila Anda menggunakan joystick atau keyboard USB, perkakas tersebut akan langsung bekerja begitu Anda tancapkan. Misalnya komputer dalam keadaan menyala dan Anda ingin mengganti joystick atau keyboard, Anda tidak perlu mematikan komputer. Pokoknya, “Begitu tancap langsung berfungsi!”, begitulah kira-kira kalau diiklankan. Dengan demikian, perkakas USB tidak memerlukan adaptor listrik dari luar untuk memberi “nyawa” agar bisa bekerja. Dua kabel di dalam USB menyalurkan daya ke peranti USB dan dua kabel yang lain bertanggung jawab untuk membawa data antara host dan peranti. Beberapa peranti elektronik kadangkala memerlukan daya lebih dari yang bisa disediakan oleh USB, sehingga mereka harus memiliki “tenaga tambahan”. Speaker

Dilihat dari kepraktisannya, bisa dipastikan bahwa koneksi USB ini bakal menggantikan sambungan port serial ataupun paralel dalam beberapa tahun mendatang. Apa saja peralatan komputer yang sudah bekerja dengan menggunakan sambungan USB? Printer, scanner, mouse, joystick, kamera digital, modem, speaker, telepon, video, dan media simpan portabel sudah mulai menggunakan sambungan ini. Bahkan peralatan jaringan pun sudah banyak yang menggunakan perkakas ini untuk menopang kerja. Kasihan dong port paralel atau serial? Habis gimana? Kalau ada yang lebih cepat, mengapa harus memilih yang lebih lambat? Kalau ada yang lebih praktis, kenapa tetap ISTIMEWA “Kabel USB bisa bekerja sampai jarak 30 m” “keukeuh” pada yang serba merepotkan? Sampai saat ini, sudah lebih dari mendeteksi peralatan yang 100 peranti yang menggunakan tersambung ke bus dan menemsambungan USB dan jumlah ini patkannya ke masing-masing dipastikan bakal terus alamat. Proses ini dinamakan enumerasi. Sementara, peranti juga dienumerasi ketika ia tersambung ke bus. Nah, host akan menemukan masingmasing tipe data yang “Isi kabel USB. Perhatikan warnanya!” diharapkan akan ditransfer. Keempat tipe data itu adalah bertambah setiap tahunnya. interrupt, bulk, isochronous, dan Untuk menghindari control data. kesalahan tancap sebagaimana Interrupt adalah tipe data yang sering terjadi di kalangan yang banyak digunakan untuk pengguna awam, sekarang ini perkakas seperti mouse atau keyboard. Sementara tipe data bulk adalah tipe data yang biasanya digunakan dalam peralatan seperti printer, di mana data dikirim per paket dalam ukuran besar (per halaman, misalnya). Lalu kalau speaker dan semacamnya termasuk tipe data yang mana? Ia termasuk dalam golongan “USB tipe B” isochronous. Pendek kata, dikembangkan dua macam tipe peralatan yang menggunakan USB, yakni tipe yang disebut USB fungsi streaming menggunakan A dan USB tipe B. USB tipe A mode isochronous ini. Data berbentuk lebih pipih dan lebar mengalir antar peranti ke host ketimbang yang B, yang terus-menerus. USB membagi mendekati bujur sangkar. bandwidth yang tersedia ke Koneksi tipe A adalah dalam frame-frame dan host sambungan yang ditancapkan mengontrol frame-frame ini.

pada komputer, sedangkan USB tipe B adalah sambungan yang menancap pada peranti elektronik Anda. Dengan bentuk yang berbeda ini, sudah barang tentu Anda tidak bakal salah tancap atau keliru dalam memasang sambungan. Kabel USB mampu bekerja melewati kabel sampai sepanjang 5 meter, dan dengan peralatan hub, ia masih bisa ditarik lagi untuk bekerja pada jarak kurang lebih 30 meter. Pertanyaan kita, kabel macam apa yang sesungguhnya ada di dalam kabel USB itu? Mari kita kupas pelan-pelan! Ada empat jenis kabel di dalam kabel USB. Dua kabel berfungsi sebagai penyalur daya listrik. Warnanya merah dan coklat. Yang merah berfungsi mengalirkan tegangan sebesar +5 volt, sedangkan yang coklat berfungsi sebagai ground. Dua kabel lagi berwarna kuning dan biru, masing masing berfungsi untuk mentransmisikan data. Lalu bagaimana ia bekerja? Ketika host dinyalakan, ia akan menyelidiki dan

PCplus 5

plusInternet
Pada suatu sore di tahun 1997, beberapa wartawan berkumpul di sebuah ruang yang dipenuhi oleh belasan perangkat multimedia. Mereka mendapat kesempatan untuk mencoba berkomunikasi sebagaimana layaknya bertelepon, hanya saja peranti yang digunakan adalah komputer yang dilengkapi mike di depan mereka masingmasing. Pihak Intel dan CBN, tuan rumah acara tersebut, menjelaskan bahwa itulah yang disebut dengan teknologi Internet Telephony.

F.X. Bambang Irawan

No.17/II/20 Februari 2001

VoIP:

MEMANGKAS ONGKOS TELEPON JARAK JAUH
• menunggu pesan tiba setelah suku kata terakhir selesai kita ucapkan. Jaringan berbasis IP memang masih lemah dalam hal priorisasi dan kendali atas kongesti. Masih adanya packet loss. Paket data bisa hilang di perjalanan akibat kongesti jaringan. Maka kadang terjadi ada suku kata atau kata yang hilang seperti ditelan angin. Kebutuhan bandwidth juga masih tinggi. Masih terus dilakukan perbaikan agar VoIP bisa jalan pada pita yang relatif lebih sempit. Pilihan sementara adalah broadband. Interopabilitas antar-peranti juga masih ditunggu perwujudannya.

kannya secara pribadi dengan koneksi PC multimedia ke Internet maka kita bebas dari ijin. Penyedia jasa VoIP swasta yang legal saat ini adalah ISP, meskipun banyak yang masih belum siap untuk menyediakan hardware-nya. Sementara operator lain yang berminat bisa mendapatkan ijin ke Ditjen Postel dan mendapat nomor telepon baru dengan call area 01xx. Mereka ini bisa menjual langsung secara eceran jasa mereka, termasuk menyediakan layanan calling card. Dalam rubrik plusAktual edisi ini juga bisa kita baca adanya kerja sama antara Telkom dengan PT Vasindo yang akan menjadi agen untuk jasa-jasa VoIP yang disediakan Telkom.

BANYAK PILIHAN
Jasa VoIP yang legal akan bisa menyediakan VoIP dengan kualitas terbaik karena mereka akan mengaryakan VoIP gateway, perangkat yang khusus digunakan untuk mentransfer data suara ke jaringan telepon ke jaringan berbasis IP. Sementara dari rumah kita bisa menggunakan PC yang terhubung ke Internet untuk menghubungi PC lain, bahkan panggilan langsung dari telepon ke PC pun sudah dimungkinkan (Firetalk). Caranya adalah dengan menggunakan software, yang umumnya tersedia secara gratis. Software-software tersebut bisa Anda download dari situs masing-masing (PhoneFree, MediaRing Talk, dan Deltathree) atau ada juga yang terintegrasi ke situsnya dan siap digunakan langsung dari sana (www.accesspower.com, www.comeease.com, www.deltathree.com, www.dialpad.com, www.phonefree.com, www.visitalk.com, www.vocaltec.com ). Selain itu, kita juga menggunakan berbagai hardware yang tersedia di pasaran untuk kepentingan tersebut, misalnya InfoTalk dan Vocaltec. Namun, sayangnya, kedua pengguna harus mempunyai perangkat yang sama untuk bisa saling berbincang di Internet. Kualitas jaringan Internet juga membuat alat macam ini terlalu mahal untuk dibeli. Jadi ada banyak pilihan sebenarnya jika kita ingin main VoIP. Ada yang lewat “WarVoIP” (maksudnya warung-warung VoIP yang kelak akan segera bermunculan), lewat calling card, lewat peranti khusus VoIP yang dijual di pasaran seperti InfoTalk, lewat PC di rumah yang dilengkapi dengan mike dan speaker dengan banyak pilihan software juga. Atau boleh juga kalau Anda ingin tetap stick to 001 or 008.

Para wartawan yang hadir
tersebut memang takjub mengalami sendiri teknologi paling anyar yang ditawarkan oleh Internet. Namun, betatapun juga rasa takjub itu segera pupus menakala berbenturan dengan kenyataan bahwa kualitas suara dan kepraktisan yang ditawarkan belum cukup layak untuk menarik lebih banyak khalayak –untuk membandingkannya dengan telepon lewat saluran biasa, PSTN (Public Switched Telephone Network). Mungkin karena itulah teknologi Internet Telephony ini seperti “tenggelam” untuk sementara waktu, setidaknya untuk masyarakat komputer di tanah air. Namun, bukan berarti para penganjur dan pengembangnya tertidur atau beralih ke “mainan” lain. Terbukti, dua tahun kemudian teknologi ini muncul menjadi salah satu isu terpanas di Internet dengan julukan baru yang lebih merdu: VoIP (Voice over Internet Protocol). VoIP menjadi buah bibir banyak orang antara lain karena Internet sudah menjadi jaringan yang mencakup lebih banyak titik di dunia, nyaris seluas jangkauan jaringan telekomunikasi yang pernah ada. Orang kemudian membandingkan bahwa telepon lewat Internet biaya bisa dihemat. VoIP menjanjikan pemangkasan biaya telekomunikasi suara karena bisa mem-bypass biaya yang harus dibayarkan kepada operator SLJJ atau SLI. Biaya yang dibebankan, pada dasarnya adalah biaya berinternet biasa, jika kita lakukan sendiri lewat terminal PC multimedia di rumah. Pada praktiknya, nanti akan ada juga penyedia jasa yang khusus menyediakan komunikasi VoIP, dengan tarif dan kualitas yang berbeda.


“Masih menunggu peningkatan kualitas”

TEKNOLOGI
Dalam hal teknologi, VoIP juga menjanjikan penghematan bandwidth, akibat tingkat kompresi yang tinggi. Teknologi telepon tradisional PSTN menggunakan teknologi berbasis circuit-switched, berbeda dengan VoIP yang menggunakan packet-switched.

jalur rel kereta api yang hanya akan mengijinkan satu rangkaian kereta api saja yang berjalan di atas sepenggal jalur rel antara stasiun satu dengan stasiun lain. Itu pun hanya dikhususkan untuk kereta api saja. Sedangkan pada packetswitched, jaringannya serupa dengan jalan raya yang

REGULASI
Selain teknologi, kita juga akan masih dibelit oleh regulasi pemerintah dan negara-negara yang belum sepenuhnya melakukan swastanisasi, khususnya untuk perusahaan telekomunikasinya. Indonesia juga sedang berada dalam bibir liberalisasi telekomunikasi dengan UU No. 36 tahun 1999, yang berlaku sejak 8 September 2000. pada prinsipnya UU tersebut mengatur liberalisasi usaha telekomunikasi. Namun, di sisi lain, masih ada regulasi lain dari pemerintah yang mengatur hak eksklusif PT Telkom untuk menyelenggarakan percakapan lokal sampai tahun 2006, sementara PT Indosat dan Satelindo diberi hak untuk menyelenggarakan jasa percakapan internasional sampai tahun 2010. Oleh karena itu, tak heran jika beberapa waktu lalu kita mendengar bahwa adanya penggerebakan terhadap para penyelenggara bisnis jasa VoIP di Bandung dan Surabaya. Hal ini kemudian menjadi kontroversi karena masing-masing punya argumen hukum yang kukuh, yakni kedua regulasi di atas. Lalu, bagaimana kita harus menggunakan VoIP? Ada beberapa alternatif. Menurut pemerintah, jika penggunaannya bersifat komersial, maka diperlukan ijin. Sedang jika kita mengguna-

www.net2phone.com

Teknologi packet-switched memecah data menjadi paket kecil-kecil, baru mengirimnya melalui kanal-kanal yang berbeda-beda antara pengirim dan penerima akhir. Paket-paket tersebut diberi header guna kepentingan identifikasi dan pengurutan data saat sampai di tujuannya nanti. Dalam jaringan PSTN, selama hubungan berlangsung, jaringan antara pemanggil dengan tujuan tersebut diduduki sepenuhnya sehingga pengguna lain tak dapat menggunakannya. Kita bisa menganalogikan jaringan circuit-switched dengan

mengijinkan berbagai jenis kendaraan lalu lalang saling selip menyusup ke ruang-ruang kosong di ruas jalan tersebut. Beragam kendaraan itulah yang dapat diibaratkan dengan paketpaket yang dikirimkan melalui jaringan berbasis IP. Hanya saja, VoIP masih belum sematang Internetnya sendiri untuk dapat dikaryakan secara massal. Beberapa kelemahan masih membayang padanya, seperti: • Masih ada delay atau latency, yaitu waktu sampai ke tujuan yang masih tertunda, sehingga kadang kita masih harus

6 PCplus

plusDownload
RamBooster:
RamBooster adalah
sebuah program untuk membebaskan data yang sudah tidak diperlukan lagi dalam RAM (Random Access Memory). Intinya, ia menuliskan data yang ada di dalam memori ke dalam swap disk. Beberapa kelebihan yang ditawarkan antara lain bisa meminimalkan kemungkinan crash, mempercepat upload aplikasi ke memori 40% lebih cepat, mengurangi kemungkinan blue screen pada sistem Windows, dan membuat kegiatan selancar Anda lebih cepat, terutama jika mengunjungi situs yang banyak tampilan grafisnya. Karena program ini memanfaatkan file swap, tentu saja ukurannya menjadi semakin besar. File swap ini disimpan pada drive C Anda. RamBooster merekomendasikan ukuran file swap pada setting minimum nol dan maksimum pada sisa ruang harddisk yang tersedia. Program ini menyediakan berbagai pilihan untuk mengoptimalkan operasinya. Pilihan yang tersedia lewat menu Edit > Preferences

No.17/II/20 Februari 2001

MENGGENJOT RAM ANDA
e. Alarm level (MB) untuk setting besar RAM yang perlu mendapatkan perhatian. f. Amount of RAM to free at alarm-level (MB) untuk pengaturan jumlah RAM (MB) yang mesti dibebaskan pada alarm level g. Interval to refresh screen (sec) untuk memeriksa apakah alarm level sudah tercapai h. Times to retry optimization agar RamBooster bisa mencoba refresh beberapa kali i. Run only if CPU usage is below this – RamBooster akan bekerja jika pemakaian Processor dibawah yang sudah di set sebelumnya. j. Show pop-up when optimizing untuk menampilkan jendela pop-up saat RamBooster bekerja. Ingin mendapatkan versi terbaru dari RamBooster? Lihat saja di situs http://sci.fi/ ~borg/rambooster/index.htm.
Dwinanto Agung N. Praktisi dan Pemerhati Dunia Komputer

Treesize: DETEKTIF UNTUK UKURAN FOLDER ANDA
Apakah Anda pernah
mencoba mencari tahu berapa sebenarnya ukuran (space) dari sebuah folder beserta masingmasing dari anak folder-nya secara detail dan cepat? Nah, dengan program Treesize Anda dapat melakukannya. Program instalasinya pun mudah. Pertama, unzip terlebih dahulu program ini. Setelah dimekarkan, Anda bisa menemukan empat buah file di dalamnya. Klik kanan mouse pada file reesize.inf, lalu pilih install. Sekarang setiap Anda mengklik kanan mouse, pada setiap drive atau folder -misalnya klik kanan mouse pada drive C: atau folder Program Files- akan tampak menu Treesize. Yang paling menarik pada program Treesize ini adalah pada menu View. Di sini tersedia pilihan seperti berikut ini: 1. Bytes menunjukkan jumlah byte sebenarnya pada suatu drive atau folder) 2. Bytes Allocated menunjukkan jumlah byte yang terpakai pada volume harddisk (tergantung dari ukuran cluster harddisknya) 3. Percent menunjukkan jumlah persentase masing-masing anak folder 4. Wasted Space menunjukkan kapasitas dari volume sebagian harddisk yang terbuang percuma pada folder/drive yang ada pada Treesize 5. Use CD-ROM Cluster Size (memakai ukuran cluster yang biasa digunakan pada CD-ROM) Program ini tersedia dalam dua versi. Treesize yang bersifat freeware dan Treesize Profesional yang bersifat shareware. Yang terakhir menawarkan bentuk grafik dan mendukung volume harddisk berukuran besar. Programnya dapat diambil di website http://www.jam-software.com/.
Dwinanto Agung N. Praktisi dan Pemerhati Dunia Komputer

misalnya sebagai berikut. Pilihan run automatically at alarm level dan launch automatically at start-up bila ingin otomatis diaktifkan setiap menjalankan Windows. Ada juga pengaturan jumlah RAM (MB) yang mesti dibebaskan pada alarm level lewat pilihan amount of RAM to free at alarm-level. Lalu ada lagi pilihan interval to refresh screen (sec) untuk mengecek apakah alarm level sudah tercapai. a. Sound On/Off saat memori di-refresh b. Run automatically at alarm level c. Launch automatically at start-up bila ingin otomatis diaktifkan setiap memulai Windows d. Start Minimized, RamBooster akan ditampilkan pada sistem tray Anda

All Thumbs:

Black & White Piano Stylings:

CIPTAKAN THUMBNAIL DAN ICON DENGAN MUDAH
Ingin menciptakan
thumbnail untuk koleksi gambar Anda? Program berjudul All Thumbs berikut ini bisa mengubah ukuran thumbnail-nya? BMP, ICO, JPG, PCX, PNG, TGA, dan TIF semuanya bisa digarap oleh All Thumbs ini. Anda tinggal memilih file mana saja yang ingin dikerjakan. Filefile ini nantinya akan diubah sesuai dengan beberapa menu yang Anda pilih. Misalnya output filename prefix, output filename case conversion, output format, ukuran thumbnail, watermarks, image sharpening, dan berbagai fasilitas pengeditan gambar lainnya. Nah, setiap langkah konversi atau perubahan ini nantinya bisa disimpan dan siap untuk ditampilkan kembali. Anda juga bisa menggunakan thumbnail ini untuk halaman Web yang ingin Anda publikasikan. All Thumbs dari Simflex Software ini tampil dalam bentuk jendela tab yang bertumpuk-tumpuk. Ada tab Files, Options, Log, dan Watermark. Program yang satu ini memang cukup menarik bagi yang ingin coba-coba membuat icon sendiri. Berminat? Klik saja di http://www88.pair.com/sflex/ allthumbs.html untuk keterangan lebih lanjut. Untuk download, klik saja hyperlink bertuliskan Download di situs ini. Anda bisa langsung mendownload file thumbs.zip secara gratis untuk instalasi All Thumbs di komputer Anda. Untuk menginstalnya, mekarkan dulu file ZIP berukuran 2,62 MB ini dan cari file setup-nya. Nah, sekarang Anda bisa mencoba membuat aneka thumbnail dan icon semau Anda. (ibp)

THEMES BUAT PECINTA MUSIK

Anda senang musik? Atau ingin menampilkan nuansa seni
yang satu ini di layar komputer Anda? Silakan lihat desktop themes bergambarkan piano klasik berikut ini. Black & White & Piano Stylings All Over Theme yang bisa Anda peroleh dari www.juliasweb.com ini juga memasukkan wallpaper, icons, cursor, animated cursor, tampilan layar untuk startup dan shutdown, screen saver, dan aneka bunyi-bunyian piano untuk komputer Anda. Theme yang didominasi oleh warna hitamputih ini memang terlihat unik. Icon-icon yang ditampilkan seperti untuk My Computer, Network Neighborhood, Full Recycle Bin, dan Empty Recycle Bin semuanya penuh dengan nuansa musikal. Ada yang bergambarkan piano, aneka not balok, kunci nada, dan icon unik lainnya. Oke, tambahkan keceriaan suasana musikal di komputer Anda! (ibp)

koleksi gambar di komputer Anda menjadi aneka gambar berukuran thumbnail dan icon. Thumbnail adalah gambar atau slide berukuran kecil yang bila diklik akan terlihat tampilan yang lebih besar. Nah, fomat apa saja yang bisa dibuatkan

PCplus 7

plusPonsel
Selain bergengsi, punya nada dering ponsel yang khas, beda dengan yang lain, akan sedikit mengurangi kejutan kecil pada saat ada dering yang sama dari ponsel orang lain. Bagaimana mendapatkannya? Bagaimana mengisikannya?

Mersagita Prabudi

No.17/II/20 Februari 2001

Ringer Tones:

TIDAK LAGI SEKADAR BERDERING “KRING-KRING”
bisnis baru. Coba lihat saja pada awal-awal pemunculan ponsel dengan fitur pengisian ringer tones yang diikuti dengan bermunculannya para penyedia jasa yang menawarkan pengisian lagu dengan sejumlah biaya tentunya. Ya, terang saja di kala itu memang tergolong sulit mencari sendiri sumber gratis untuk mengisikan ringer tones ke dalam ponsel Anda. Namun kalau sekarang Anda masih mengatakan sulit untuk mencari sumber-sumber yang memberikan tones yang terbilang gratis, wah itu namanya keterlaluan. Karena media Internet sebagai penyedia informasi terlengkap dapat memberikan semua itu, banyak yang gratis pula. Terkecuali biaya akses Internet yang mesti Anda bayar tentunya. Memang tidak semua situs di Internet yang memberikan fasilitas download ataupun sekadar menampilkan serangkaian kode-kode melody composer menyediakannya untuk semua tipe ponsel. Tiga merek ponsel yang paling banyak memiliki resource untuk itu antara lain Nokia, Ericsson, dan Siemens. Bahkan beberapa situs di antaranya hanya mengkhususkan untuk satu jenis ponsel saja. Sementara bagi pemilik ponsel di luar merek tersebut mungkin agak sulit untuk menemukan sumber demikian. Namun seperti yang dilakukan produsen Sagem, misalnya, untuk men-download ringer tones dapat dilakukan melalui situs resmi mereka www.sagem.com.

Ada banyak istilah
untuk nada dering ponsel. Ada yang menyebut ringer tone, ring tone, melody atau tune. Mana yang benar? Semua benar saja, deh. Generalisasi istilah sepertinya sulit untuk dilakukan. Alasannya semua itu tergantung pada vendor ponsel masing-masing. Sebagai contoh, beberapa vendor ponsel menggunakan istilah ringer tones atau ringtones untuk menjelaskan tones alias nada yang dikeluarkan oleh ponsel Anda ketika ada panggilan telepon masuk. Sementara istilah melodies atau mobile melodies ditujukan bagi nada-nada musikal yang dikomposisikan dengan menggunakan melody composer yang merupakan salah satu fitur pada suatu ponsel. Pada intinya keempat istilah di atas masih merujuk kepada hal yang sama, yaitu nada-nada yang dikeluarkan ketika ponsel tersebut berdering. Jadi permasalahan istilah tidak perlu diributkan mana yang lebih tepat. Yang penting, bisa tidak ya ponsel yang Anda miliki mendukung pengisian ringer tones?

“Tidak perlu lagi menyendiri karena dering ponsel Anda enak didengar orang lain”

dari ponsel rekan Anda. Begitu pula dengan Siemens yang nampak baru memasukkan fitur

saja. Tidak mau kalah, produsen ponsel lainnya seperti Audiovox, Samsung, dan juga Sagem dan

LANGKAH PENGISIAN RINGER TONES UNTUK PONSEL ERICSSON Tombol 1..9 Fungsi Memasukkan nada. Angka 1 memberi nada C sedangkan 9 memberikan nada D tinggi. (Bila tombol ditekan cukup lama, maka nada tersebut akan panjang) Menaikkan atau menurunkan pitch pada half tone steps. 1x tekan untuk sharp (#), 2x untuk flat (b) dan 3x untuk normal Memasukkan short pause (1/8) Menaikkan atau menurunkan oktaf nada yang dimasukkan. (nada dengan oktaf tinggi ditunjukkan dengan tanda “+” Menghapus nada di sebelah kiri cursor. (apabila ditekan lebih lama, semua nada akan terhapus)

#

TIDAK DIMILIKI SEMUA PONSEL
Bisa enggak semua ponsel diisi dengan ringer tones yang khas? Tentu tidak semua ponsel dilengkapi dengan kemampuan demikian. Ponsel-ponsel generasi awal dari semua vendor ponsel terkemuka, seperti Nokia, Siemens, dan Ericsson hanya dilengkapi dengan sejumlah tones yang sudah di-set dari pabrikan. Jadi sayang sekali bagi Anda yang punya ponsel yang tergolong lawas biasanya belum dilengkapi dengan fitur cantik nan menarik semacam ini. Ketiga vendor di atas pun baru mulai meluncurkan ponsel dengan fitur pengisian ringer tones untuk model yang dikeluarkan pada akhir tahun 90-an. Nokia, misalnya, baru memasukkan fitur ini untuk model 3210. Itu pun terbatas sebanyak dua buah. Satu buah dialokasikan untuk pemasukan dengan meng-compose sendiri. Dan kedua dengan cara received tones baik dikirimkan melalui Internet atau berasal

* 0

CLR

“Pengisian nada dering Ericsson”

demikian sejak model C25-nya. Bagaimana pula dengan vendor ponsel lainnya?

lain lain juga sudah mulai menambahkan fitur melody composer pada ponsel mereka.

PENGIRIMAN RINGER TONES LEWAT INTERNET
Tidak semua situs demikian meminta bayaran untuk layanan semacam itu. Hal itu bergantung pada tipe bisnis dari situs tersebut. Beberapa situs memang mengomersialkan pengiriman ringer tones, di mana pemilik ponsel mesti membayar sejumlah uang untuk mendapatkan melodi yang dimaksud. Mengapa mesti bayar? Karena pengelola situs demikian memang bertujuan profit dan juga diperlukan biaya untuk menutupi biaya yang dibutuhkan untuk mengirimkan “Smart Message” ini sampai ke ponsel Anda. Bisa juga biaya tersebut diminta untuk membayar biaya hak cipta

LANGKAH PENGISIAN RINGER TONES UNTUK PONSEL NOKIA Tombol 1…7 Fungsi Memasukkan nada (c-b). Misal, tombol 4 untuk nada “f”. Apabila tombol ditekan lebih lama, maka akan memperpanjang nada + ketukan (ditandai dengan “titik”) Memperpendek durasi nada (tombol 8) dan memperpanjang durasi nada (tombol 9). Default nadanya +. Misal, 16d berarti nada “d” dengan durasi 1/16. Memasukkan pause dengan durasi sama dengan nada sebelumnya dan ditandai dengan karakterr “-“ Menset oktaf suatu nada yang ditunjukkan oleh angka 13 dibelakang nada. Misal 16e1 Membuat nada menjadi sharp (ditandai dengan “#” didepan nada). Contoh, 8#g2

8 dan 9

0 * #

“Pengisian nada dering Nokia”

Motorola, yang merupakan salah satu produsen ponsel terkemuka, baru menampilkan fitur semacam itu baru-baru ini

Maraknya ponsel yang menyediakan fitur melody composer tentunya disambut beberapa orang sebagai lahan

terhadap pencipta ringer tones tersebut. Memangnya ada hak cipta untuk ringer tones? Matthew Courtney dari Nokia mengatakan bahwa setiap reproduksi nada-nada dari sebuah alunan musik akan melibatkan pembayaran hak cipta bagi pemegang hak cipta musik tersebut. Terkecuali ringer tones tersebut merupakan excerpts dari karya musik klasik lawas atau karya musik publik lainnya. Tapi tidak berarti semua situs yang meminta bayaran untuk mendownload ringer tones atau bahkan hanya untuk melihat kode-kode melodi sebuah lagu biayanya ditujukan untuk pembayaran hak cipta. Salah satu situs populer untuk penyediaan berbagai jenis ringer tones yang mengklaim pembayaran hak cipta antara lain www.yourmobile.com. Kalau bercerita mengenai hak cipta dalam industri musik tentu Anda teringat oleh kasus Napster pada industri MP3. Pada industri ringer tones juga terjadi hal yang kurang lebih sama. Pada tahun 2000 lalu untuk pertama kalinya terjadi lawsuit (tuntutan hukum) yang dilakukan oleh pihak EMI Music Group terhadap Yourmobile.com. Hal ini tentunya dapat dimaklumi mengingat dengan semakin populernya ringer tones yang menampilkan potongan karya musik terkenal akan meningkatkan jumlah lawsuit untuk hal yang satu ini. Lalu bagaimana dengan situs yang menawarkan jasa pen-download-an ringer tones atau sekedar menampilkan kode-kode melodi secara gratis? Situs-situs semacam itu mendapatkan dananya hanya dari penjualan advertising banner maupun penyediaan link terkait menuju toko di mana Anda bisa mendapatkan musik orisinil dari ringer tones yang Anda minati tersebut. Jadi untuk model kedua ini pengiriman tones semacam itu tentunya gratis dong. Jadi situs mana saja yang menawarkan pengiriman ringer tones maupun sekedar menampilkan kode-kode untuk jenis melody composer ponsel saya? Ringer tones apa saja sih yang sedang populer di kalangan pengguna ponsel di tanah air? Lalu ringer tones apa yang dipergunakan Sarah Sechan, presenter terkemuka MTV Asia, pada ponsel Nokia 8210 kesayangannya? Semuanya dapat disimak di edisi mendatang beserta kode-kode melodi dari ringer tones yang sedang populer di kalangan pemilik ponsel di tanah air.

8 PCplus

plusVirus
Valentine Day adalah saat berkasih-kasih. Pacar, teman, sahabat, kerabat, adik, adalah orang-orang yang bisa dijadikan teman berbagi kasih. Kasih itu memang murah hati. Dan ketika momen Valentine tiba, kasih bisa dimaknai dengan begitu gegap gempita oleh siapa saja. Juga Anda. Kita pun pasti berharap menerima berkah di momen spesial ini. Namun, Anda tetap perlu waspada, virusvirus komputer pun banyak bertebaran di saat istimewa seperti ini.

Alois Wisnuhardana

No.17/II/20 Februari 2001

HATI-HATI DENGAN VIRUS BERKEDOK VALENTINE DAY!

“Wah kok nggak ada
yang mengirim kartu Valentine ke aku ya?” keluh Si Jambul yang lagi asyik membuka salah satu mailbox e-mailnya di warnet dekat kosnya. “Eh, tunggu dulu, siapa tahu alamat yang di jammiedinandan@lovemail.com ada kartu Valentinenya,” gumamnya. Setelah membuka kotak e-mail tersebut, Jambul tidak menjumpai kiriman kartu dari yang dinantinantikannya. “Nggak apaapalah Ingrid nggak mengirimiku. Mungkin ia lupa. Toh ternyata ada juga yang mengirimiku kartu Valentine,” cerocos Jambul sendirian di warnet tanpa peduli tetangga di sebelahnya yang menggerutu lantaran berisik. Di kotak suratnya, Jambul memang mendapatkan kiriman e-mail dengan judul Valentine Greetings. Jambul, dan juga pembaca sekalian, hati-hatilah dengan pesan e-mail seperti ini! Kini ada e-mail bernada olok-olok (hoax) yang bertajuk Valentine Greetings macam ini, memanfaatkan harapan Anda untuk berkasih-kasihan. Selain olok-olok seperti itu, berikut olok-olok lain yang juga menyebar lewat e-mail: AOL4Free, Bud Frogs Screen Saver, BUDDYLST.ZIP, Deeyenda, Ghost.exe, Good Times, Irina, Join The Crew, A Moment Of Silence, Penpal, dan Returned or Unable to Deliver. Salah satu olok-olok yang mungkin Anda temukan dengan menunggangi momen Valentine yang indah adalah pesan seperti ini. Warning on February 14, 2000 you may receive an email called, “Be My Valentine”...do not open it, it contains a deadly virus...it will erase your windows along with many other program files. According to Symantec, this virus is very dangerous. Pass this on as soon as you can

to get the WORD out!!!!.... Olok-olok e-mail seperti di atas ingin memberi kesan kepada penerimanya, bahwa pesan-pesan berbau Valentine bisa jadi mengandung virus mengerikan. Pengirimnya menggunakan bahasa teknis yang menyatakan bahwa virus tersebut sudah dianalisis oleh pelbagai perusahaan antivirus seperti McAfee, Symantec, PCCillin, AVP, atau F-Secure. Dua nama terdepan itu seringkali dicatut untuk meyakinkan si penerima e-mail, bahwa pembuat antivirus terkenal pun kalang kabut dibuatnya. Menghadapi pesan seperti ini, Anda tak perlu panik. Cukup Anda sepak dia ke tempat sampah dan jangan mengirimkan atau meneruskannya kepada relasi. Para pengguna e-mail memang tidak bakal mudah melewati hari kasih sayang nanti dengan nyaman di depan komputer. Selain pesanpesan bernada mengecoh seperti di atas, ada pula beberapa pesan e-mail yang sudah mulai dideteksi mengandung worm atau trojan yang memang bisa mengacaukan sistem komputer yang dikenainya. Salah satu yang sudah dilaporkan adalah virus e-mail yang bernama Cartolina alias LoveLetter.CD alias I-Worm.Jer. Dari namanya saja, virus ini jelas berasal dari Italia, mirip

namanya dengan wasit sepakbola berkepala botak dari negeri itu, Collina. Sebagaimana virus worm atau trojan yang lain, pesan yang masuk ke mailbox disertai dengan attachment berjudul Cartolina.vbs. Bila diinggriskan, pesan tersebut kurang lebih akan berbunyi seperti ini:
To: sampeyan@anjeun.com Subject: There’s a postcard for you! Attachment: Cartolina.vbs Hi, a friend of yours has sent you a... veeeery peculiar virtual postcard!

Worm ini, sebagaimana dilaporkan oleh F-Secure akan mengubah halaman di Internet Explorer menjadi sebuah situs musik Italia. Setelah worm itu menggandakan diri, ia akan menambahkan registry key pada sistem komputer. Situs antivirus terkemuka www.antivirus.com bahkan mengategorikan jenis ini sebagai virus dengan risiko menengah (medium risk), mengalahkan berbagai virus trojan yang lain. Virus-virus memang tak gampang diberangus. Ia licin bagai belut dan rayuannya pun maut. Namun, mari kita coba membuat peta kasar dari model penyebaran virus-virus dalam sistem komputer tadi. Pembuat virus model

begini biasanya memanfaatkan momenmomen spesial seperti Natal, Valentine Day, Thanksgiving, peristiwa bersejarah dunia, atau perayaan tertentu lainnya. Pendek kata, mereka ini sangat rajin angon mangsa (memanfaatkan atau memilih waktu yang tepat) untuk mengganggu orang lain. Berkaitan dengan virus-virus Valentine Day ini, kita bisa memulainya dari kata Valentine itu sendiri. Berbahagialah bila pesan e-mail yang bertajuk Valentine itu berasal dari alamat e-mail yang sudah Anda kenal. Alamat sahabat dekat atau pacar yang biasanya Anda kirimi e-mail seperti minum obat tiga kali sehari tentu tak bakal Anda lupakan, bukan? Bila pesan e-mail berasal dari sumber yang tak jelas, tingkatkan kewaspadaan Anda! Pelajari isinya baikbaik. Bila berasal dari bahasa yang aneh (bukan Indonesia atau Inggris atau bahasa yang Anda kuasai), tingkatkan satu level lagi kadar kewaspadaan Anda. Buanglah sesegera mungkin di kotak sampah mailbox Anda dan hapuslah secara permanen dari sana. Bila Anda cukup memahami pesannya, kini gunakan ketelitian dan pengetahuan yang Anda miliki guna membedakan apakah ini

sekadar olok-olok alias hoax atau benar-benar virus yang berpotensi melumpuhkan sistem komputer Anda. Bila masih juga diliputi keraguan, mintalah jawaban atau konfirmasi dari pihak yang Anda anggap tahu masalah ini. Mengikuti tanda dalam peta kasar ini akan membuat Anda tidur nyenyak dan semoga bermimpi menebar kasih pada sesama. Tanda kedua dalam peta kasar kita adalah simbol dari Valentine itu sendiri, yakni kartu dan warna merah jambu atau pink. Kartu-kartu Valentine digital biasanya dikemas dalam format HTML. Kemungkinan lain adalah dalam format .jpg atau .gif. Di luar format itu, Anda mesti meningkatkan satu tingkat lagi kadar kewaspadaan Anda. Yang jelas perlu Anda ingat adalah bila lampiran e-mail mengandung file dengan format .vbs atau .pif. Format dengan ekstensi yang terakhir itu adalah varian virus yang oleh Symantec pun diakui, tidak mudah dibasmi oleh pengguna komputer awam. Perhatian dan kewaspadaan lebih terhadap pesan-pesan yang berasosiasi pada kartu atau warna merah jambu membuat jalan menuju hari kasih sayang Anda akan terasa nyaman. Pencegahan dini semacam itu paling tidak akan mengurangi risiko kerusakan dan kerugian yang diakibatkan oleh serangan virus yang merebak menjelang dan sesudah 14 Februari ini. Satu survai yang dilakukan MessageLabs, sebuah vendor antivirus dari Inggris, mengindikasikan, lebih dari sepertiga penggunaan e-mail untuk kepentingan bisnis di negeri itu akan mendapatkan pesan e-mail yang dilampiri dengan virus worm bertajuk Valentine Day ini. Diperkirakan, kerugian di seluruh dunia yang harus ditanggung lantaran problem itu bakal mencapai kurang lebih 7 juta dolar AS. Sebagai pemanasan dari suasana ini, minggu lalu saja perusahaan Internet terkemuka America On Line (AOL) sudah menderita kerusakan akibat serangan virus. Makanya, daripada kita menderita kerugian sebanyak itu, perhatikanlah setiap email yang masuk pada minggu-minggu ini. Siapa tahu lantaran licinnya ia tetap saja mengalahkan kewaspadaan kita. Pesan terakhir dari PCplus, updatelah antivirus yang sudah terpasang dengan patch dan pembasmi virus terbaru.

PCplus 9

plusTrik

No.17/II/20 Februari 2001

SURFING SECEPAT KILAT DAN E-MAIL TAK TERBATAS
Apakah Anda
merasakan koneksi Anda lambat dengan modem 56K? Maukah Anda memiliki koneksi secepat kilat? Walaupun tidak menjanjikan koneksi secepat jalur DSL, tapi mungkin beberapa tips ini bisa membantu Anda keluar dari jalur lambat. Anda, sehingga jika Anda kembali ke halaman yang sama pada satu session yang sama, browser akan mengupload halaman yang sudah ada di harddisk Anda dan tidak mengambil lagi dari Internet. Jika Anda memperbesar ukuran cache memory dan hardisk, Anda akan menikmati browsing lebih cepat. browser. Ctrl-R: Reload Alt-Panah kanan: Forward (->) Alt-Panah kiri: Kembali (<-)

CEGAH DAN TUMPAS KELOR VIRUS CARTOLINA!
Minggu-minggu ini, kosakata tumpas kelor lagi
beken di dalam gonjang-ganjing dunia politik kita. PCplus dan Anda pun terkena imbasnya. Minggu-minggu ini, Valentine Day juga lagi hangat-hangatnya. PCplus dan Anda pun tentu merasakannya. Minggu-minggu ini pula, demam virus seputar kartu-kartu Valentine lagi mewabah dan banyak komputer menjadi korban. PCplus pun memberi panduannya buat menumpas kelor virus yang satu ini, khusus buat Anda. Dalam bahasa Italia, Cartolina berarti kartu pos. Cartolina (Cartolina.vbs) merupakan varian terbaru dari virus worm ILOVEYOU yang menggegerkan jagad perkomputeran Mei tahun lalu. Berbeda dengan virus ILOVEYOU yang asli, Cartolina tidak menghapus file, dan seharusnya dapat diidentifikasi dengan antivirus terbaru.

MENDAPATKAN “UNLIMITED” E-MAIL ADDRESS GRATIS?
Inginkah Anda mempunyai alamat e-mail secara gratis dengan besar tidak terbatas? Untuk apa? Mungkin ada yang bertanya demikian. Lagi pula, bukankah banyak e-mail gratisan? Well, mungkin tidak terlalu berguna untuk orang kebanyakan, tapi untuk para pencari uang di Internet, yang ingin terus mendaftar berulang-ulang untuk mendapatkan refferer bonus, tips ini mungkin berguna. • Mendaftarlah di www.virtualavenue.net untuk mendapatkan website gratis. (Atau carilah menggunakan search engine dengan kata kunci: free + unlimited + email + forwarding) • Setelah proses pendaftaran selesai, secara otomatis semua e-mail kepada domain Anda akan di-forward ke alamat email Anda. • Finish! Dengan begini, semua email dengan alamat: apa_saja@alamat_website_anda akan di-forward ke e-mail yang Anda gunakan pada saat pendaftaran. Misalnya Anda mendaftar dengan e-mail aku@ganteng.com dan alamat website yang Anda daftarkan adalah: www.dia_cantik.8m.com. Maka, e-mail dengan alamat xxxxxx@dia_cantik.8m.com akan di-forward ke alamat aku@ganteng.com. Di mana xxxxxx bisa apa saja. Contoh: bambang@dia_cantik.8m.com; tuti@dia_cantik.8m.com; syahrul@dia_cantik.8m.com Semua akan tiba di e-mail aku@ganteng.com. Jadi sekarang Anda bisa mendaftar di programprogram yang menghasilkan uang di Internet sesering yang Anda inginkan dan mendapatkan penghasilan tambahan sebesar-besarnya!

TUKAR GAMBAR DENGAN KECEPATAN
Cara paling mudah untuk mempercepat browser Anda adalah menghindari download gambar setiap kali kita browsing, karena fungsi ini memakan sebagian besar kecepatan koneksi jika dibandingkan dengan teks biasa. Memang halaman Web tidak akan terlihat indah jika dibandingkan halaman dengan segala gambar tersebut, tapi “penerbangan” kita ke Internet akan sangat jauh lebih cepat. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk “membunuh” gambargambar tersebut.

Untuk Netscape Communicator:
1. Pilih Edit/Preferences/ Advanced/Cache. Pastikanlah cache untuk memori komputer Anda diset antara 1,024-2,000K dan untuk disk diset sekitar 7,680K. 2. Pada “Document in cache is compared to document on network”, pilih Once Per Session (Ingatlah bahwa Anda akan melihat halaman yang di-cache, sehingga surfing akan jauh lebih cepat. Tapi jika Anda melihat situs yang berubah secara terus menerus, belum tentu yang Anda lihat adalah yang terbaru).

BAGAIMANA CARTOLINA BEKERJA DAN CARA PENCEGAHANNYA?
Dalam bentuk aslinya (berbahasa Italia), Cartolina muncul di mailbox Anda dengan subject: “una cartolina per te!” sedangkan di batang tubuh e-mail tertulis, “ Ciao, un tuo amico ti ha spedito una cartolina virtuale… mooolto particolare!”. Apa artinya? Simak di rubrik virus edisi ini! Attachment e-mail tersebut berisi Cartolina.vbs. Untuk dapat bekerja di dalam sistem komputer seseorang, file lampiran ini harus diklik. Makanya, untuk menghindarkan diri dari serangan ini, Anda sudah bisa mengendusnya sejak semula. Dan bila sudah tahu gejalanya, jangan sekali-sekali mengklik atau mengeksekusi lampiran bertajuk demikian. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda tempuh untuk menghindari ancaman Cartolina. 1. Download-lah Microsoft Outlook Security Patch bila Anda menggunakan e-mail client Outlook Express atau Microsoft Outlook. 2. Matikan Windows Scripting Host. Virus Cartolina dan juga virus lain yang berkembang belakangan ini mengeksploitasi sistem melalui Visual Basic Scripting yang bekerja di bawah Windows Anda. 3. Cari perlindungan yang paling aman. Jangan sesekali membiarkan sistem Anda telanjang bulat tidak terlindungi dengan antivirus, apapun jenis dan aplikasinya! Membiarkan sistem bekerja tanpa antivirus sekarang ini praktis sama dengan bunuh diri. 4. Tetaplah mencari informasi terbaru. PCplus memang memberikan informasi-informasi terbaru seputar virus. Namun, ada baiknya Anda tetap menjaga diri dengan stay tune di jalur informasi virus ini. Bisa lewat milis atau juga bisa lewat situs Web yang menyediakan! 5. Scan-lah sistem Anda secara rutin dan jangan lupa mendownload patch dan informasi antivirus terbarunya dari situs Web. Virus worm yang menyerang e-mail sekarang ini bisa menyebabkan berbagai kerusakan pada sistem yang bekerja menggunakan sistem operasi Microsoft Windows dan softwaresoftware yang terpasang di dalamnya. Varian dari ILOVEYOU (termasuk Cartolina) seperti diketahui menyerang VBScript, mIRC, dan file-file data dalam harddisk Anda. Dengan cepat, virus worm tersebut mengubah registri Windows Anda dan menyalinnya dalam daftar alamat di Outlook dan kemudian virus tersebut menyebar melalui e-mail yang Anda kirimkan kepada relasi. (snu)

Untuk Internet Explorer:
1. Pilih Tools/Internet Options dan klik tab Advanced. 2. Scroll ke bawah ke bagian Multimedia dan hilangkan tanda cek di kotak Show Picture. 3. Jika Anda menginginkan untuk melihat gambargambar lagi, kembalikan tanda cek tadi.

Untuk Internet Explorer:
1. Pilih Tools/Internet Options dan klik tab General. 2. Pilih; pada bagian Temporary Internet Files, kliklah tombol Settings Automatically. 3. Pada . “Amount of disk space to use” geserlah sehingga mencapai nilai 32MB lalu klik OK. Catatan: Kemungkinan Anda tidak akan melihat isi yang paling baru jika browser mengambil halaman Web dari cache. Jika ada kemungkinan bahwa halaman Web tesebut telah di-update sejak terakhir kali kita mengunjunginya, kliklah tombol Reload untuk memperbaharui isi.

Untuk Netscape Navigator (sekarang dinamakan Navigator saja):
1. Pilih Edit/Preferences dari menu utama. 2. Pilih kategori Advanced, dan hilangkan tanda cek pada pilihan Automatically Load Images. 3. Jika Anda menginginkan untuk melihat gambar, klik kanan di kotak gambar pada halaman Web dan pilih Show Picture (atau Show Image) dari Pop up Menu.

BEBERAPA SHORTCUT UNTUK BROWSING
Cobalah beberapa shortcut berikut ini untuk sedikit membebaskan diri dari “tikus” itu. (Berlaku untuk Internet Explorer dan Netscape Navigator) Ctrl-H: Membuka daftar History Ctrl-B: Mengedit Bookmarks Ctrl-D: Menambahkan halaman yang sedang dilihat ke Bookmark Ctrl-N: Membuka jendela baru

SESUAIKAN CACHE HALAMAN ANDA
Pada saat browsing, browser kita akan men-cache atau menyimpan data sementara dari isi halaman yang Anda kunjungi di dalam memori dan harddisk

Oleh: Y.J. Thurana

10 PCplus

plusProgram
Minggu lalu kita telah mengenal operator, statement, konstanta, dan beberapa konsep lain dalam C++. Minggu ini akan dibahas mengenai urutan operator, dan percabangan dalam C++.

Christianto Sahat Kurniawan

No.17/II/20 Februari 2001

URUTAN OPERATOR
Andaikan, suatu saat Anda ingin membuat pemrograman dengan algoritma matematika yang kompleks. Dalam algoritma matematika yang kompleks, kemungkinan besar akan digunakan lebih dari satu operator pada satu statement. Contohnya, Anda mungkin akan melakukan suatu perhitungan sebagai berikut : A = 5 + 7 * 10. Lalu, bagaimana urutan perhitungan ini akan dikerjakan? Apakah 5 akan ditambahkan kepada 7, kemudian dikalikan dengan 10? Ataukah 7 dikalikan dengan 10, kemudian ditambahkan 5? Keduanya tentu akan menghasilkan jawaban yang berbeda. Pada kasus yang pertama, hasil perhitungan adalah 120, sedangkan pada kasus yang kedua hasilnya adalah 75. Pertanyaannya, bagaimana C++ menginterpretasikan urutan operator matematika ini? Jawabannya, C++ mengelompokkan operator dengan level yang berbeda. Urutan level operator akan tampak seperti pada tabel 1. Anda lihat pada tabel satu di atas, bahwa perkalian terletak pada urutan ke 5 dan lebih tinggi levelnya daripada penjumlahan dan pengurangan yang berada pada urutan ke 6. Jadi, pada contoh di atas tadi, angka 10 akan dikalikan dengan angka 7, baru kemudian ditambahkan dengan angka 5. Bagaimana jika algoritmanya seperti berikut: A = 10 / 5 * 2 . Anda akan bingung pertama kalinya, karena pembagian mempunyai level yang sama dengan perkalian. Jadi, apakah A akan menghasilkan 1 atau 4? Aturannya, jika operator-operator mempunyai level yang sama, maka operasi akan dievalusi dari kiri ke kanan. Jadi, jika algoritma A = 10 / 5 * 2 dikerjakan, pertama kali 10 akan dibagi dengan 5, menghasilkan 2, kemudian baru dikalikan dengan 2. Untuk mengatasi hal ini Anda juga dapat menggunakan tanda kurung.

PERCABANGAN DALAM C++
Jadi, jika pada perhitungan a = 5 + 7 * 10, yang Anda maksudkan adalah menambahkan angka 5 dengan 7, kemudian mengalikannya dengan 10, maka statement tersebut dapat Anda tulis sebagai berikut : a = ( 5 + 7) * 10.

if (x == 100) cout << “x = 100 “ << endl; else cout << “x = 50 “ << endl; return 0; } Seperti Anda lihat, program tidak akan mengembalikan nilai apapun. Lalu, bagaimana jika kita ingin melakukan aksi yang lain saat kondisi tidak terpenuhi? Misalnya, jika syarat x = 100 tidak terpenuhi, kita ingin mencetak tulisan “Syarat tidak terpenuhi” ke layar? Anda dapat menggunakan statement else. Sintaks untuk else adalah seperti berikut : if (expression) statement; else statement; Contoh potongan programnya adalah sebagai berikut: if (x == 100) { y = x + 5; cout << “harga x adalah : “ << x << endl; cout << ‘harga y adalah : “ << y << endl; } else cout << “Syarat tidak terpenuhi !” << endl; Penggunaan percabangan pada contoh di atas masih sederhana. Percabangan merupakan salah satu bagian yang ampuh dalam pemrograman. Percabangan merupakan bagian yang baik untuk mengambil keputusan dalam badan program. Selain itu, percabangan juga berfungsi sebagai kontrol dalam program. Selain if dan else, masih ada beberapa kegunaan yang dapat digunakan sebagai kontrol dan percabangan dalam pengambilan keputusan.Beberapa percabangan punya kegunaan yang berbedabeda, dan hal ini dapat dimanfaatkan untuk efisiensi program. Contohnya, penggunaan switch untuk pemilihan satu keputusan dari banyak pilihan. Hal ini akan lebih jelas jika telah kita bahas dalam contoh program. Oleh karena itu, simak lanjutannya minggu depan.

OPERATOR RELASI (RELATIONAL OPERATOR)
Operator relasi digunakan untuk membandingkan dua buah variabel atau bilangan, apakah sama dengan, lebih besar, atau lebih kecil. Tiap statement relasi ini akan memberi nilai 1 (TRUE) atau 0 (FALSE). Contohnya, jika variabel bilsatu nilainya adalah 3, dan variabel bildua nilainya adalah 5, Anda dapat menentukan apakah keduanya sama dengan menggunakan statement berikut :

bildua akan menghasilkan nilai 1 atau TRUE. Ada enam buah operator relasi, yaitu sama dengan (= =), tidak sama dengan ( !=), lebih besar ( > ), lebih kecil ( < ), lebih besar atau sama dengan (>=), lebih kecil atau sama dengan (<=). Perlu Anda ingat, bahwa operator sama dengan ( = = ) tidak sama dengan operator assignment ( = ). Operator assignment akan memberikan nilai yang terletak di sebelah kanan operator kepada variabel yang terletak di sebelah kiri operator.

Sintaks percabangan if adalah: if (expression) statement; expression merupakan syarat untuk dilakukannya aksi yang didefinisikan dalam statement. Agar lebih jelas, contoh sederhananya sebagai berikut : if (x = = 100) cout << “harga x adalah 100”; Pada contoh di atas, jika harga x adalah 100, maka pada layar akan dicetak tulisan “harga x adalah 100”. Jika aksi yang akan dieksekusi lebih dari satu statement, maka Anda dapat gunakan tanda kurung kurawal ( { }). Sintaksnya sebagai berikut: if (expression) { statement1; statement2; statement3; } Contohnya, sebagai berikut : if (x == 100) { y = x + 5; cout << “harga x adalah : “ << x << endl; cout << ‘harga y adalah : “ << y << endl; } potongan program di atas akan melakukan aksi menambahkan harga x dengan 5, dan hasilnya dimasukkan ke variabel y, kemudian mencetak harga x dan harga y, saat syarat untuk aksi tersebut terpenuhi, yaitu x = 100. Bagaimana jika syarat tidak terpenuhi, yaitu x tidak sama dengan 100? Cobalah contoh program 1 seperti berikut ini :

PERCABANGAN
Percabangan merupakan konsep yang penting dalam pemrograman. Percabangan digunakan agar program dapat membuat keputusan dari kondisi yang ada.

Rank Name
1 2 scope resolution member selection, subscripting, function calls, postfix increment and decrement 3 sizeof, prefix increment and decrement, complement, and, not, unary minus and plus, address of and dereference, new, new[], delete, delete[], casting, sizeof(), 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18
tabel 1.

Operator
:: . -> () ++ — ++ — ^! -+ & * () .* ->* */% +<< >> < <= > >= == != & ^ | && || ?: = *= /= %= += -= <<= >>= &= |= ^= throw ,

member selection for pointer multiply, divide, modulo add, subtract shift inequality relational equality, inequality bitwise AND bitwise exclusive OR bitwise OR logical AND logical OR conditional assignment operators throw operator comma

//Program 1. Percobaan dengan if
#include <iostream.h> main ( ) { int x, y; x = 50;

bilsatu = = bildua . Statement ini akan menghasilkan nilai 0, karena kedua variabel tersebut memang tidak sama. Sedangkan statement bilsatu <

Percabangan if
Secara sederhana, percabangan if akan melakukan aksi tertentu, jika suatu kondisi yang merupakan syaratnya dapat terpenuhi.

PCplus 11

plusKiat

Christianto Sahat Kurniawan

No.17/II/20 Februari 2001

Malam-malam dingin yang dialami Linus Torvalds, sang pembuat Linux, tentu tak sebanding dengan derita pembantaian yang dialami rakyat Indonesia pada masa Soeharto. Saat Torvalds berkutat dengan C programming, massa rakyat di Aceh, Irian, Timtim, dan tempat lain yang mungkin sampai sekarang masih tak terdeteksi sedang mengalami penyiksaan dan pembunuhan melalui tangan berdarah tentara. Di bawah pemerintahannya, jumlah rakyat yang terbantai sampai jutaan. Kejam? Memang. Lalu, apa hubungannya Soeharto dengan Linux?

MEMPERSIAPKAN PARTISI HARDDISK UNTUK LINUX
15GB misalnya, dan terbagi atas 2 partisi, misalnya, maka sebaiknya yang Anda geser adalah partisi yang pertama. Hal ini untuk mencegah LILO (boot manager bawaan Linux) yang tidak dapat diinstal di atas silinder 1023. Lalu, sorotlah partisi yang akan Anda geser, drive C, misalnya. (Gambar 1). Kemudian, dari menu Operations, pilihlah bagian Resize/Move. Lalu, akan muncul window seperti pada Gambar 2. Di sini, Anda harus menentukan jumlah partisi yang akan Anda buat. Untuk Linux, Anda harus partisi minimal 2 buah, satu partisi untuk partisi Swap dan satu lagi untuk partisi / . Lalu, spesifikasikan pada window tadi. Misalnya, pertama kali Anda ingin membuat partisi / yang besarnya 850MB, maka pada kolom Free Space After, Anda isikan 850. Kemudian, partisi yang setengah matang ini akan muncul di layar sebagai Unallocated. Sorotlah partisi ini, kemudian dari menu Operations Anda pilih Create. Akan muncul window seperti Gambar 3. Di sini, Anda harus tentukan tipe partisi yang Anda buat. Untuk Windows, tipe partisinya biasanya FAT32. Sedangkan untuk Linux, tipe partisi adalah swap untuk partisi swap, dan Linux Ext2 untuk partisi / dan partisi lain. Setelah itu, Anda buat partisi lainnya, yaitu partisi untuk swap dengan tipe partisi Linux swap. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara yang sama seperti di atas. Setelah selesai, Anda pindahkan pointer mouse ke pojok kanan bawah layar, Anda Anda klik bagian Apply changes. Penggeseran partisi akan dimulai, dan partisi hasil penggeseran tersebut akan diformat sesuai dengan tipe file system yang telah dispesifikasikan sebelumnya. Biarkan Partition Magic selesai melakukan format, dan jangan sampai komputer mati/restart. Setelah selesai melakukan format, komputer akan otomatis direstart oleh Partition Magic, dan drive Anda telah siap untuk diinstal Linux. Maka, perjalanan Anda untuk menjadi hacker dapat segera dimulai.

Linux membawakan konsep
baru dalam demokrasi, berlawanan dengan hegemoni negara terhadap rakyat pada zaman Soeharto, melalui akses tak terbatas terhadap source code sistem operasi tersebut. Konsep ini kini banyak dikenal dengan istilah open source, yang pernah disebut oleh salah seorang tokoh intelektual, Iskandar Alisjahbana, sebagai konsep komunis, di mana kepemilikan pribadi terhadap alat produksi adalah sesuatu yang tabu. Dengan konsep open tersebut, tiap orang dapat membuka program sumber sistem operasi Linux, dan berhak untuk mengubah, menambah, dan mengurangi source code tersebut. Singkatnya, banyak sekali kelebihan sistem operasi Linux dibandingkan sistem operasi yang biasa dipakai kalangan awam sekarang. Yang jelas, dengan Linux, orang akan terdorong untuk ikut mengembangkan suatu perangkat lunak, tidak hanya sekadar menjadi pengguna yang tergantung kepada satu produk tertentu seperti sekarang yang cenderung membodohi. Untuk memulai Linux, memang ada kalanya kita masih memerlukan sistem operasi Windows untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang belum kita ketahui cara mengerjakannya dengan Linux. Oleh karena itu, Ada baiknya sistem operasi tersebut disandingkan dalam satu komputer dengan cara membagi partisi harddisk. Hal ini dilakukan dengan menggeser partisi yang sudah ada. Pada tulisan ini akan diterangkan detail pembagian
Gambar 1

Gambar 3 Gambar 2

partisi pada komputer yang telah terinstal sistem operasi Windows.

RUANG YANG CUKUP
Sebelum memulai, Anda harus membuat perencanaan berapa ukuran partisi yang akan Anda buat sesuai dengan jenis instalasi Linux yang akan Anda lakukan dan besar ruang dalam harddisk Anda. Jumlah ruangan harddisk yang dibutuhkan untuk instalasi Linux bergantung pada tipe instalasi yang Anda inginkan, apakah Custom, Server, atau yang lain.

masuklah ke pilihan Safe Mode. Lalu Anda jalankan Disk Defragmenter dari sini. Defragmentasi diperlukan agar ruangan harddisk yang ada tidak bolong-bolong, dan terisi secara berurutan.

SOFTWARE PARTISI
Untuk menggeser partisi lama, Anda memerlukan software-software partisi. Salah satu yang cukup ampuh dan mudah digunakan adalah Partition Magic yang dapat Anda cari di www.powerquest.com. Produk ini merupakan produk komersial dan Anda harus bayar lisensi untuk menggunakan produknya. Kalau mau yang gratisan, Anda dapat gunakan aplikasi fips yang merupakan bawaan Linux. Biasanya software ini akan Anda dapatkan pada CD paket instalasi Linux. Software ini jalan di bawah sistem operasi DOS.

PERSIAPAN
Setelah Anda tentukan ruang harddisk, Anda harus jalankan software yang dapat mendefragmentasi harddisk Anda. Salah satu yang pasti ada dalam sistem operasi Windows adalah Disk Defragmenter, yang dapat Anda jalankan dari Start|Programs|Accessories|System Tools. Untuk memulai Disk Defragmenter ini, Anda harus menutup semua program yang ada, termasuk programprogram yang jalan di latar belakang seperti antivirus. Kalau mau lebih aman, restart komputer Anda, dan sesaat sebelum tulisan Starting Windows…. Anda tekan F8, lalu

STEP BY STEP
Dari Windows, jalankan Partition Magic. Sebelumnya, tutup dulu semua aplikasi lain. Akan keluar tampilan seperti Gambar 1. Di situ diperlihatkan tipe partisi yang ada, dan ruangan yang tersisa. Jika harddisk Anda sangat besar,

12 PCplus

plusUpgrade
Selain jenis soket atau slot yang sudah dibahas minggu lalu, kita perlu mengenal chipset dan tipe-tipe chipset untuk mendukung upgrade terhadap prosesor. Seperti Anda sudah ketahui, komponen dalam komputer tidak berdiri sendiri tapi sudah terintegrasi dalam suatu chip, yang sering disebut integrated circuit. Contohnya adalah prosesor.

Chirstianto Sahat Kurniawan

No.17/II/20 Februari 2001

MARI MENGENAL CHIPSET!

Chipset? Apaan tuh?
Bridge Intel tersebut, yaitu 82443BX. Pada PCplus terdahulu pembaca mungkin sudah pernah membaca mengenai North Bridge dan South Bridge ini. North Bridge adalah chipset yang mengatur koneksi antara bus prosesor yang berkecepatan tinggi (66 MHz atau 100 MHz) dengan slot AGP (66 MHz) dan PCI (33 MHz) yang rendah. North Bridge ini berisi cache dan memory controller. North Bridge inilah yang merupakan komponen utama motherboard dan merupakan salah satu chip setelah prosesor yang bekerja pada kecepatan bus tertinggi. Sedangkan South Bridge merupakan penghubung antara PCI bus dengan bus-bus yang lebih lambat seperti ISA (8 MHz).

Pada komputer, prosesor
dan komponen yang lain memerlukan komponen terintegrasi alias chip lain untuk bekerja. Contohnya clock generator, bus controller, DMA controller, keyboard controller, dan lain-lain. Pada masa-masa awal PC, chip-chip ini masih berdiri terpisah. Jadi, kalau Anda masih sempat melihat motherboard zaman dulu, Anda akan melihat banyak sekali chip di dalamnya. Untuk membuat sistem PC seperti sekarang ini, kira-kira akan ada sekitar 100 chip tambahan pada motherboard, yang membuat harga motherboard menjadi mahal dan semakin sedikit tersisa ruang pada motherboard. Pada tahun 1986, terjadi suatu lompatan revolusioner dengan diintegrasikannya chipchip ini menjadi satu kumpulan chip, yang sekarang kita kenal dengan chipset. Chipset yang pertama ini mampu mengintegrasikan clock generator, bus controller, system timer, interrupt controller, DMA controller, dan chip CMOS/clock. Sejak saat itu, semua chip individu kecuali prosesor dapat diintegrasikan menjadi satu ke dalam chipset ini. Dengan konsep chipset ini, banyak biaya dapat dihemat dalam pembuatan motherboard dan memungkinkan untuk menambahkan slot-slot ekspansi. Saat sekarang, manufaktur chipset yang ada adalah Intel, Ali (Acer Laboratories, Inc), VIA Technologies, dan SiS (Silicon Integrated Systems), dan AMD. Chipset-chipset yang ada sekarang biasanya terbagi atas dua chip, yaitu North Bridge dan South Bridge, walau tidak semua perusahaan menggunakan pendekatan istilah ini.

sebagai chipset-nya. Yang perlu diingat dalam pemilihan chipset, chipset tidak dapat digunakan untuk prosesor yang kelasnya berbeda. Contohnya, chipset untuk P5 tidak dapat digunakan untuk prosesor P6. Sedangkan untuk yang sekelas masih mungkin walaupun tidak optimal. Contohnya, chipset 440FX yang optimal untuk Pentium II masih mungkin digunakan untuk Pentium sekelas, contohnya Pentium III, walaupun tidak akan optimal. Salah satu bentuk ketidakoptimalannya adalah bus speed. Chipset 440FX mendukung bus sampai 66 MHz, padahal Pentium III bekerja pada 100 MHz. Akhirnya, sistem hanya bekerja pada speed 66 MHz.

Chipset VIA: Mendukung Intel dan AMD

CHIPSET NON INTEL
Di luar Intel, produsen chip lain bersaing ketat untuk memberikan solusi bagi prosesor Intel dan kompatibelnya, yaitu AMD dan Cyrix. Selain chipset untuk generasi P6, mereka juga memproduksi chipset untuk generasi P4 ,P5 , dan prosesor kompatibel Intel seperti AMD dan Cyrix. Kita akan bahas beberapa produknya.

Lihat keluarga prosesor P6! Di situ tertulis, bahwa nomor chipset untuk keluarga ini adalah 440xx. Kode xx di belakang angka 440 artinya jenis 440 ini ada beberapa jenis. Contohnya, 440BX, 440LX, dan lainnya. Angka 440, dan angka-

angka lain yang terdapat pada tabel di atas biasanya bagian dari kode chip pada badan chipset tersebut. Contohnya, pada nama chipset 440BX sebenarnya adalah kode nama yang tertulis pada badan chipset North

INTEL GENERASI 4
Mulai kelas 486, chipset produksi Intel adalah seperti pada Tabel 2.

NOMOR CHIPSET KELUARGA PROSESOR 420xx P4 (486) 430xx P5 (Pentium) 440xx P6 (Pentium Pro/ Pentium II/III) 450xx P6 Server (Pentium Pro/ II/III Xeon)
Tabel 1: Chipset dan Keluarga Prosesor Intel

INTEL GENERASI 5
Nah, seperti Anda lihat pada tabel tersebut, chipset yang berbeda akan memberikan dukungan kepada prosesor yang berbeda. Hal ini akan lebih pada chipset untuk Intel generasi 5 seperti pada Tabel 3. Seperti Anda lihat, North Bridge akan menentukan prosesor apa yang cocok, tipe memori , dan frekuensi bus yang didukung. Contohnya, jika Anda gunakan chipset 430HX, Anda tidak dapat menggunakan memori dengan tipe SDRAM. Anda harus menggunakan jenis memori yang lebih lambat, yaitu EDO (Extended Data Out), atau yang lebih lambat lagi, FPM (Fast Page Mode). Beberapa fitur telah dihilangkan untuk tabel di atas. Pada tabel yang lengkap, Anda bahkan dapat melihat apakah chipset tersebut mendukung AGP atau PCI bus.

ACER LABORATORIES, INC (ALi)
Yang paling populer dari pabrik ini adalah chipset dengan nama Aladdin Pro 5. Chipset ini ditujukan untuk mendukung generasi P6 dengan bus 100 dan 133 MHz. Mendukung memori 200/266 MHz DDR dan 100/133 MHz SDRAM. Selain itu ia juga memberi dukungan terhadap AGP 4X dan PCI.

Chipset Prosesor Bus speed Tipe memori Maks. Memori

420TX 420EX 5v 486 5v /3.3v 486 maks 33 MHz maks 50 MHz FPM FPM 128 MB 128 MB

420ZX 5v/3.3v 486 maks 333 MHz FPM 160 MB

Tabel 2 : North Bridge Intel generasi 4

Chipset Kode Bus speed (MHz) Dukungan terhadap CPU Tipe memori Maks memori (MB) Maks cacheable (MB) South bridge

430LX

430NX 430FX 430MX 430HX Mobile Triton 66 P75+ FPM/ EDO 128 64 MPIIX Triton II

430VX Triton III

430TX -

Mercury Neptune Triton

66 P60/66 FPM

66 P75+ FPM

66 P75+ FMP/ EDO 128 64 PIIX

66 P75+ FPM/ EDO 512 512 PIIX3

66 P75+

66 P75+

VIA TECHNOLOGIES
Produk-produk chipset VIA yang menunjang Socket A antara lain VIA Apollo KT 266, VIA Apollo KT133, dan VIA ProSavage KM133. Sedangkan chipset untuk Slot1/ Socket 370 antara lain VIA Apollo Pro266, VIA ProSavage PM133, VIA Apollo Pro133A, VIA Apollo Pro133, dan VIA Apollo PLE133. Ada lagi yang menopang Super Socket 7 yakni VIA Apollo MVP3, VIA Apollo MVP4. Contohnya, VIA Apollo KT 133 punya fitur dukungan terhadap AGP 4X, SDRAM 133 MHz, Ultra-Fast 200 MHz Front Side Bus untuk mendukung prosesor bus 100 – 200 MHz, dan dukungan terhadap ATA66. Chipset ini memang dirancang khusus untuk produk AMD Athlon dan Duron yang dapat mendukung transfer data dari memori sampai 200 MHz.

FPM/EDO/ FPM/EDO/ SDRAM SDRAM 128 64 PIIX3 256 64 PIIX4

192 192 SIO

512 512 SIO

Tabel 3 : Chipset Intel (North Bridge)

Chipset Bus speed (MHz)

440FX 66

440LX 66 Pentium II FPM/EDO/ SDRAM 1 GB EDO/ 512 MB SDRAM 2.1 AGP 2x PIIX4

440BX 66

440ZX 66/100 (dua versi)

810 66/100

Optimal untuk Pentium II prosesor Tipe memori Memori maksimum PCI support AGP support South Bridge FPM/EDO/ BEDO 1 GB 2.1 Tidak PIIX3

Pentium II/III, Pentium II/III, Pentium II/III, Celeron Celeron Celeron SDRAM 1 GB 2.1 AGP 2x PIIX4E SDRAM 256 MB 2.1 AGP 2x PIIX4E SDRAM 256 MB 2.1 Direct AGP ICH/ICHO

INTEL GENERASI 6
Untuk Intel generasi 6, ada beberapa chipset keluaran Intel. Karena banyaknya, kita tidak akan membahas semua chipset. Beberapa jenis chipset untuk Intel generasi 6 tampak pada Tabel 4 (North Bridge) dan Tabel 5 (South Bridge). Selain chipset tersebut, Intel juga telah mengeluarkan chipset 815 dan 820. Sedangkan untuk Pentium IV-nya yang terbaru, Intel mengeluarkan 850

INTEL
Intel mulai memberikan pola nama yang berbeda untuk keluarga prosesornya yang berbeda. Nama-nama untuk chipset Intel adalah seperti tercantum pada Tabel 1.

Tabel 4: North Bridge Intel P6

CHIP IDE support USB support

PIIX4E UDMA-33 Ya

ICHO UDMA-33 Ya

ICH UDMA-66 Ya

Tabel 5: North Bridge Intel P6

PCplus 13

plusOpini
Firrar Utdirartatmo*
Saya pernah merasakan susahnya menginstall LINUX -waktu itu menggunakan distribusi Slackware versi 1.0yang bahkan untuk instalasi terpaksa di-copy dulu ke harddisk, karena tidak bisa mengenali CD drive. Setelah ‘perjuangan’ berat, yang ditemui adalah prompt berkedip-kedip menunggu Anda mengetikkan perintah. Setelah mencoba-coba sekian perintah Anda mulai bosan, dan akhirnya Anda berpikir , “Siapa gerangan yang mau maunya menggunakan sistem operasi seperti ini?”, sambil menyesali telah mempartisi harddisk dan terpaksa menghapus game-game kesayangan Anda.

No.17/II/20 Februari 2001

LINUX BUKAN (LAGI) MONOPOLI PECINTA COMMAND LINE
mengatakan bahwa dia menemukan ternyata RedHat melakukan kesalahan serupa ketika mengonfigurasikan Xserver, atau peringatan bahwa salah mengonfigurasi X-server membahayakan keselamatan monitor Anda. Mungkin Anda akan merasa jengkel bila seseorang berkomentar dengan nada arogan, “Oh, saya tidak mengetahui mengenai hal itu. Saya adalah lelaki pecinta command line.” Sekarang, ini bukanlah saat untuk bersombong diri. Linux itu powerful lebih dari yang sekadar terlihat. Tetapi, apakah kehebatan itu tersedia melalui sistem X Window atau command line, atau keduanya? Ada yang mendeskripsikan bagaimana anaknya yang tertarik dengan Linux telah menginstal sistem operasi tersebut. Setelah anaknya selesai melakukan instalasi, ia bertanya, “Sekarang apa yang mesti dilakukan setelah berhadapan dengan prompt semacam “darkstar~#” (catatan: prompt tersebut adalah default dari Linux Slackware). Ini adalah pertanyaan yang patut. Apa yang akan Anda lakukan sekarang? Beberapa dari kita akan teringat pada perasaan yang sama ketika kita pertama kali menginstal, katakanlah, DOS 2.2 dan berhadapan dengan C:> prompt. Masuklah ke XWindows. Sistem XWindows yang menyerupai Windows tetapi jauh lebih fleksibel -dapat dikonfigurasi sesuai keinginan pemakai, 98% dari kita tidak akan mempelajari command line. Kita tidak menggunakannya di DOS di mana Windows berasal, dan “kita” tidak akan melakukannya di Linux. Pada saat ini, X Windows (selanjutnya akan disebut X saja) cukup bagus. Salah satu aspek dari revolusi Linux mungkin dapat dipandang seperti kita membandingkan X pada Linux dengan Microsoft Windows, bahwa pada Microsoft Windows tidak ada command line. Di Windows, Anda benar-benar tidak memiliki banyak pilihan. Kekuatan dan keanekaragaman Linux datang dari command line. Pipe ke filter, filter ke pipe, option dan scripting. Dan kelebihan utama Linux: Anda hanya perlu mempelajarinya sekali saja. Upgrade akan menyediakan

Seseorang
mendeskripsikan bagaimana SuSE salah melakukan penyimpanan perubahan dan mengakibatkan kebingungan sistem operasi. Yang lain

opsi tambahan, perintahperintah yang diperluas, dan mungkin, utiliti-utiliti baru dengan nama yang berbeda untuk Anda pilih. Tetapi tidak ada interface “user friendly” baru yang mungkin perlu Anda pelajari lagi. Banyak distribusi baru yang makin mempermudah instalasi, tinggal jalankan ‘setup’ dan banyak jawaban ‘yes’, selesailah sudah. Pokoknya serasa di Windows, atau mungkin lebih mudah, karena sudah ada yang men-support dukungan untuk instalasi dengan bahasa Indonesia. Saya akan menggunakan X karena saya menyukai pengolah kata dan spreadsheet WYSIWYG. Tetapi untuk jaringan, ISP, SysAdmin dan custom task, Linux bersifat command line. Jadi, gunakanlah sesuai keperluan Anda, jangan menyulitkan diri sendiri, karena LINUX bukan (hanya) milik para pecinta command line. Tentu saja Anda masih bisa menggunakan joe, pico atau bahkan vi.

*Penulis adalah alumnus Teknik Informatika ITB dan kini mahasiswa S-2 Teknik Elektro ITB. (firrar@lycos.com)

Penggolongan
komputer sebagai barang mewah dapat berdampak pada kemunduran TI di Indonesia. Harganya makin tidak terjangkau oleh sebagian besar rakyat yang sudah mulai ingn menggunakannya, sementara daya beli makin susut. Di satu sisi kita komunitas dan sebagian institusi pemerintah sedang menggalakkan TI, eh bagian lain dari pemerintah, tanpa konsultansi, mengeluarkan kebijakan pengenaan pajak barang mewah untuk komputer. Bagaimana ini? Saya menyerukan untuk melakukan negosiasi, diskusi, dan kalau perlu pressure kepada DEPKEU c.q. Ditjen Pajak untuk meninjau kebijakan ini. Saya tidak antipajak, tetapi kebijakan fiskal yang mengakibatkan kemunduran ekonomi seperti pajak barang mewah kepada komputer ini perlu DILAWAN agar DIUBAH. Menurut salah satu sumber, bea masuk komputer sudah nol dan tidak ada perubahan. Nyatanya komputer yang masuk diproses sebagai general cargo, yang bea masuknya dihitung berdasarkan volume, bukan quantity item. Jadi bisa saja total nilai barang yang diimpor satu miliar, tetapi bea

KOMPUTER=BARANG MEWAH:

PEMERINTAH MATIKAN POTENSI RAKYATNYA SENDIRI!
disebabkan karena usaha Ditjen Pajak untuk “Memewahkan Komputer”, saya kurang tahu. Yang pasti nampaknya Depperindag ada dimintai pendapat, tapi sebelum sempat memberikan pendapat, sudah diumumkan bahwa KOMPUTER=BARANG MEWAH. Sepengetahuan saya, pajak bisa sebagai alat untuk cari dana bagi kesejahteraan rakyatnya, atau sebagai alat untuk mengatur, dalam hal barang mewah, (you can live wihout it) dikenakan agar masyarakat yang mau mengonsumsi atau membelinya harus bayar pajak. Dan yang merasa tidak perlu dapat diatur agar tidak usah membeli. Kalau TI dianggap barang mewah berarti rakyat disuruh membeli hardware TI yang “kurang baik kualitasnya”. Kita perlu menyampaikan sikap ke

Ditjen Pajak. Tak ada indikasi bahwa kita sebagai rakyat berusaha menghindar pajak, tapi ingin menghimbau bahwa komputer bukan barang mewah. Kami yakin cara berpikir para ahli di semua badan pemerintahan yang “Memewahkan Komputer” perlu ditinjau kembali dan diberikan pengaturan yang lebih baik. Kita harus menjaga Nusa dan Bangsa ini dari “kebodohan”, sehingga di masa yang akan datang kita bisa dianggap oleh negara lain, bukan hanya sekadar sebagai supplier, TKI & TKW yang notabene masih sangat rendah lapangan kerjanya.
Ir. G. Hidayat Tjokrodjojo Ketua Apkomindo

masuknya hanya bayar 10 juta. Soalnya volumenya kecil, dan ringan bobotnya. Nah, PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) baru dikenakan ketika ketika barang dijual (pada kenyataannya dibayar oleh importir pada saat barang keluar dari daerah pabean). Argumennya, PPnBM dikenakan pada pembeli sedangkan bea masuk pada importir. Sebetulnya yang akan menikmati kebijakan pengenaan PPnBM kepada komputer ini hanya pengusaha

komputer nakal dan oknum pajak/bea cukai yang korup.
Wigrantoro Roes Setiyadi Praktisi dan Pengamat TI

Jajaran Deperindag yang semula merencanakan mengadakan kunjungan kerja dalam rangka investasi TI di Indonesia ke USA, Tokyo dan Taipei serta menjadi sponsor dalam pengembangan software TI Tech Park dengan India, nampaknya membatalkan kunjungan tersebut. Apakah ini

Insting saya sih mengatakan kita perlu demo dan gerak lagi. Cuma saya butuh amunisi yang agak lengkap nih supaya argumentasinya enak buat orang pajak, soalnya bukan medan perang saya di daerah pajak. Ada yang bisa ngumpulin berita, naskahnaskah WTO, KEPDIRJEN, dan lain-lain yang berkaitan dengan hal ini? Biar enak “perangnya”!
Onno W. Purbo Pengamat dan Praktisi TI

14 PCplus

plusFokus
Keputusan Menteri Keuangan No. 570/ KMK.04/2000 makin mencekik rakyat. Pajak penjualan barang mewah (PPnBM) itu dibagi ke dalam enam golongan. Golongan pertama dikenakan pajak 10% (barang-barang konsumsi seperti susu dan sabun) sedangkan golongan VI kena pajak sampai 75%. Lalu, kenapa PCplus ikut meributkannya?

Alois Wisnuhardana

No.17/II/20 Februari 2001

KOMPUTER KOK DIBILANG BARANG MEWAH!

negara lain seperti India, Korea, atau Malaysia,” timpal Dr. Ir Budi Raharjo ketika berdiskusi dengan kalangan jurnalis di sebuah kafe kawasan Blok M minggu lalu. Masalahnya memang benar yang disinyalir Budi, pemerintah tidak punya strategi yang jelas dan program yang terencana dalam kebijakan di sektor TI.

MAKIN MENCEKIK
Kalau peraturan ini direalisasi, calon pembeli akan makin terjerat dengan berbagai pungutan. Bila barang-barang komputer tersebut merupakan produk impor, ia masih harus dikenai dengan bea masuk sebesar 10 persen dari harga barang. Setelah itu, ketika sampai di tingkat distributor, barang tersebut masih dibebani pula dengan pajak. Ujung-ujungnya, ketika sampai di tingkat konsumen barang tersebut paling tidak sudah dikenai pajak paling tidak sampai 30 persen. Tumpuk-menumpuknya pungutan ini pun tampaknya tidak banyak disosialisasikan ke masyarakat luas. Seakan-akan, pemerintah, dalam hal ini Ditjen Pajak mau main hantam kromo dan menganggap masyarakat mau tunduk begitu saja terhadap peraturan konyol ini. Pungutan pajak barang mewah pun juga bisa dimaklumi dan diterima mengingat pemerintah memang lagi butuh sumber dana untuk membiayai anggaran. Namun, lagi-lagi kriteria penentuan pajak itu diputuskan secara sepihak dan tidak memiliki visi jangka pendek dan panjang. Dari sisi manapun, keputusan ini membuat negeri ini makin tidak kompetitif dan menarik di mata dunia. Saat ini, kalangan pelaku usaha dan bisnis komputer masih menunggu-nunggu petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pungutan tersebut. Lho, kok menunggu? Jangan menunggu dong! Mari kita gugat dan persoalkan ramai-ramai kebijakan yang menyamakan komputer dengan barang mewah seperti mobil Mercy atau Jaguar. Mari kita pertanyakan alasan dan kriteria yang digunakan Departemen Keuangan menyusun keputusan konyol ini. Bukankah pintu dialog masih dibuka? Bukankah pintu negosiasi masih ada? Dan bukankah pintu revisi tetap dimungkinkan? Kalau tetap nekad dan tak mau berdialog, di sebuah milis sudah muncul ancaman untuk menghack situs kantor pajak. Entah sekadar gertakan atau ancaman sungguh-sungguh, mari kita bicara dan diskusi memecahkan soal “KEMEWAHAN” yang satu ini. Bukankah diskusi yang bebas tidak lagi menjadi barang mewah di negeri ini?

Ya karena barang-barang
komputer juga ikut-ikutan dicap sebagai barang mewah dan tak tanggung-tanggung, “dipalak” sampai 20%. Ini artinya, masyarakat luas makin sulit membeli produk-produk komputer. Kalaupun masih bisa memiliki, mereka cuma beroleh barang “kelas kambing”. Menurut informasi yang diperoleh PCplus, semua produk monitor komputer akan dikategorikan sebagai barang mewah, dan komputer seharga 15 juta ke atas juga dianggap sebagai barang mewah. Padahal, dengan kondisi rupiah yang terus limbung ini, uang 15 juta rupiah sekadar cukup untuk membeli seperangkat PC yang tangguh plus beberapa aksesoris tambahan. Karenanya, jangan dulu bicara tentang “masyarakat melek informasi”. Tingkat kepemilikan PC di Indonesia kini baru mencapai angka 7-8 juta, dan untuk tahun 2000 kemarin cuma terjual sekitar 300 ribu unit. Ini artinya, jumlah komputer sekarang ini kurang lebih hanya 3 persen dari total penduduk. Dihantam dengan aturan seperti ini, entah apa yang terjadi dengan proyek “mencerdaskan kehidupan bangsa” yang jelas-jelas diamanatkan dalam pembukaan konstitusi kita.

“Awas, Anda memasuki kawasan “mewah””

KEBUTUHAN PRIMER SEHARI-HARI
Penggolongan ini menimbulkan kecaman dan kritik dari berbagai pihak yang merasa komputer sudah menjadi bagian dari kebutuhan seharihari. Pemerintah rupanya memang salah sasaran. Tengoklah di kota-kota kecil, Jawa maupun luar Jawa, komputer menjadi nadi utama aktivitas masyarakat. Kalau masih belum yakin, carilah informasi, berapa banyak sumber daya manusia yang berkembang dengan kian memasyarakatnya “kotak ajaib” ini! Saat ini, komputer sudah menjadi alat kerja. “Sama seperti tukang kayu memiliki perkakas seperti gergaji atau petani memiliki cangkul, atau tukang

jahit punya mesin jahit. Apanya yang mewah?” komentar Chuang, pembaca PCplus yang mengirimkan uneg-unegnya ke meja redaksi. Oleh karenanya, pemberlakuan tersebut memicu “perang” dan membangkitkan kegusaran para praktisi dan pengguna TI (baca plusOpini, hlm 14). Ketika PCplus menginformasikan kabar ini ke berbagai milis, komentar “sengak” pun tertuju ke Ditjen Pajak. Sebagai pelaksana lapangan, lembaga pengumpul uang rakyat ini tak pelak menjadi sasaran caci maki. Dari sisi kebijakan, pemberlakuan ini jelas menjadi pilihan pemerintah ketika pajak dijadikan senjata utama dalam pembiayaan pembangunan, mengalahkan pendapatan dari sisi manapun. Memang, dalam situasi politik seperti ini, “memeras” rakyat jauh lebih gampang dan praktis ketimbang menarik dan membujuk investor asing datang ke sini. YLKI atau Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia juga bersuara keras terhadap pemberlakuan pajak ini, sekalipun mereka lebih mempersoalkan pajak atas barang-barang konsumsi yang memang dibutuhkan rakyat banyak. Dengan memberlakukan aturan pajak barang mewah ini, pemerintah sebenarnya telah menyalahi kesepakatan Information Technology Agreement (ITA) yang ditandatangani oleh pemerintah Desember 1996 lalu di Singapura. Menurut Rusdi Rusdiah, Sekjen Apkomindo, perjanjian tersebut juga

ditandatangani oleh 29 anggota WTO termasuk Indonesia. “Dengan pemberlakuan pajak barang mewah ini, pemerintah menyalahi kesepakatan ITA,” ujar Rusdi sebagaimana di-posting di milis Telematika (telematika@yahoogroups.com) dan dikutip Detik.com. Dalam aturan tersebut, bahkan barangbarang yang komputer yang masuk dalam kategori ITA harus dibebaskan dari tarif bea masuk dan pungutan apapun. Dalam perjanjian itu, ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh suatu negara yang telah meratifikasi perjanjian tersebut. Paling lambat, tahun 2005 setiap negara yang menandatangani perjanjian tersebut harus menghapuskan pajak dan pungutan terhadap beberapa produk TI. Alih-alih merencanakan penghapusan, kini pemerintah justru menorpedo kesepakatan yang dibuatnya sendiri lewat pengenaan pajak penjualan barang mewah ini. Yang menjadi pertanyaan banyak kalangan adalah kriteria pemerintah menentukan mewah tidaknya suatu barang. Kalau YLKI memrotes susu yang dikategorikan sebagai barang mewah, beberapa organisasi seperti Apkomindo, MASTEL, AWARI kini tengah mempersiapkan bahan untuk mempersoalkan aturan tersebut. Saat ini beberapa tokoh dan praktisi tengah menggodok konsepnya dan sebagai “pemanasan” mereka akan melayangkan surat protes kepada pihak yang berwenang. “Barang mewah memang layak dikenai pajak. Masalahnya, standar apa yang digunakan

pemerintah untuk mengkategorikan suatu barang sebagai mewah,” protes Burhanudin Gala yang diposting ke milis PCplus. Sementara, Ir. Sutiono Gunadi, General Manager Mugen Computer menyatakan, kalau pemerintah nekad menjalankan PPnBM untuk barang-barang komputer ini, jelas perkembangan TI di Indonesia akan makin menurun. “Sekarang saja (sebelum ada PPnBM), tingkat kepemilikan PC Desktop/Notebook masih sangat kecil, meski dengung Internet sudah meluas. Kebanyakan masih diakses melalui kantor atau warung Internet,” kata Sutiono. Dengan kata lain, sesung-guhnya tingkat kepemilikan di rumah masih sangat kurang. Bila masalah ini masih ditambah lagi dengan kenaikan harga yang disebabkan oleh adanya PPnBM, maka bisa dibayangkan kepemilikan akan makin menurun lagi. “Kita akan fight mengenai masalah pajak terhadap komputer ini,” tambah Richard Kartawijaya, Direktur Microsoft Indonesia tak kalah kerasnya. Pemberlakuan pajak ini jelas merugikan Indonesia sendiri karena memupus potensi masyarakatnya yang lagi tumbuh ini. Situasi ini akan makin memburuk bila pemerintah tidak segera mencabut kebijakan ini, mengingat di beberapa negara seperti Malaysia, Taiwan, atau Thailand, pemerintah justru memberlakukan subsidi bagi warganya yang ingin memiliki komputer. “Di sektor sumber daya manusia, kita sesungguhnya tidak kalah dengan negara-

PCplus 15

plusFokus
Dibandingkan Windows, Linux jelas menyandang berbagai keunggulan. Linux sangat murah dan bahkan bisa gratis. Selain itu, perawatannya mudah, lebih tahan terhadap crash, dan dapat beroperasi di berbagai jenis komputer seperti PC berprosesor Intel, Apple Macintosh, sampai server-server Sun Microsystem.

Julianto

No.17/II/20 Februari 2001

MENIMBANGNIMBANG LINUX DAN WINDOWS

Dengan begitu, apakah
perlu beralih ke Linux? Nanti dulu. Coba kita lihat Linux lebih dalam dari “kacamata” Windows. Dari sifatnya yang open source, Linux memiliki banyak keunggulan dibandingkan Windows. Komunitas open source begitu “murah hati” kepada anggotanya sesama pemakai Linux. Bila Anda menemui kesulitan, lontarkan saja masalah Anda, segera Anda akan mendapatkan solusinya! Atau ketika Anda menemukan sebuah kelemahan pada Linux, dalam waktu kurang dari 48 jam Anda akan mendapatkan versi yang lebih baru yang sudah tidak mengandung kelemahan tadi. Itulah suasana open source. Fenomena ini membuat Linux menjadi sistem operasi yang andal. Ini pulalah yang membedakannya dengan Windows. Seperti Anda tahu, Windows hanya dikembangkan oleh para programer Microsoft dan mereka menjaga rapat-rapat kode-kode sistem operasinya. Memang pada saat pengembangan software, Microsoft dan pembuat software closed-source (sebagai kebalikan dari open-source) merilis versi beta yang tujuannya supaya penguji beta menemukan kelemahan dan bug yang masih ada. Tapi para penguji beta hanya sebatas memberikan masukan pada bug yang ditemukan. Keputusan akhir tetap ada di tangan programerprogramer Microsoft.

Illustrasi: ROBBY

MURAH, BAHKAN BISA GRATIS
Dari segi harga, keduanya seharusnya memang tidak perlu dibandingkan. Sebab, Linux memang gratis. Anda bebas memodifikasi sistem operasi ini atau meningkatkan kemampuannya untuk Anda pakai sendiri atau dibagi-pakai dengan komunitas pengembang dan pemakai Linux lainnya. Kalaupun sekarang banyak perusahaan yang mendistribusikan dan menjual Linux, itu karena mereka telah menambahi kemampuan Linux, misalnya dengan program instalasi, interface, dan tambahan sejumlah program aplikasi.

Anda juga akan mendapatkan buku manual dan dukungan teknis dari perusahaan distribusi Linux seperti RedHat, Corel Linux, Mandrake, dan SuSE. Selain Anda bebas mendownload kernel (inti sistem operasi) Linux dari situs Web tertentu, Anda juga bisa download gratis versi Linux dari situs Web perusahaan distribusi. Kalau tak mau download, Anda bisa beli CD-ROM yang harganya kurang dari US$ 20 atau beli paket lengkap seharga US$ 40 sampai US$ 150. Bandingkan dengan harga Windows Millennium yang harganya US$ 170 atau versi upgrade yang seharga US$ 90. Linux tidak hanya digunakan di lingkungan desktop, tetapi juga bisa sebagai server. Dalam hal ini, Linux bisa diperbandingkan dengan Windows 2000. Harga Windows 2000 mulai dari US$ 300 sampai ribuan dolar, belum lagi biaya lisensi per user-nya. Semakin banyak user atau klien, makin mahal biaya total Windows 2000. Sementara Linux tidak mengenal lisensi komersial semacam ini.

Linux datang dengan KDE. Red Hat Linux dan Linux-Mandrake datang dengan kedua lingkungan desktop tersebut. Tetapi Red Hat memasang GNOME sebagai default-nya, sementara Mandrake memasang KDE. Walaupun kedua lingkungan desktop ini memiliki perbedaan arsitektur, keduanya menyediakan taskbar, pemanggil aplikasi yang menyerupai menu Start pada Windows, dan berbagai applet (notepad, calculator, CD player, dan sebagainya). Sepintas, kedua lingkungan desktop ini sangat mirip tampilan Windows. KDE tidak lebih baik dari GNOME dan demikian juga sebaliknya. Keduanya menyajikan tampilan yang bersih di atas Linux. Sehingga pemakai Windows yang belum melihat Linux dapat langsung mengoperasikannya setelah proses instalasi. Baik KDE maupun GNOME sama-sama merupakan opensource. Pengembangan keduanya diarahkan agar nantinya kedua lingkungan ini disertai pula dengan program aplikasi yang terintegrasi dan gratis pula.

lebih mudah. Setelah Anda melalui proses instalasi dan berhasil, Anda akan mendapatkan sistem operasi yang sangat stabil, andal, dan juga siap berinternet. Jika Anda menggunakan Linux untuk menjalankan program pengolah kata, e-mail, dan menjelajah Web, Anda akan mendapati PC Anda begitu gegas. Tampilan KDE dan GNOME yang begitu cantik, bisa membuat rekan Anda pemakai Windows cemburu. Akan tetapi Anda akan dibuat sakit kepala bila mencoba mengotak-atik Linux agar kinerjanya lebih bagus, atau tampilan dan perilakunya sesuai dengan selera Anda. Anda masih harus belajar lebih banyak lagi. Jangan berharap pengetahuan Anda mengenai Windows dapat Anda jadikan bekal.

Tapi perlu diingat bahwa ini bisa terjadi bila Anda memakai Linux tanpa interface atau lingkungan grafis. Hanya pengguna yang sudah tahu banyak mengenai Linux yang dapat mengoperasikannya. Bila Anda sudah menggunakan lingkungan desktop grafis seperti KDE dan GNOME, PC setingkat Pentium 75 bahkan akan terasa lambat. Kinerja baru memuaskan bila Anda menggunakan Pentium II atau III. Jadi lupakan untuk berpindah ke Linux bila pertimbangan utamanya adalah karena Anda memiliki PC yang sangat kuno. Selain kecepatan prosesor, Anda juga perlu juga memeriksa hardware lainnya yang terpasang di PC jika ingin menggunakan Linux. Tidak semua jenis hardware seperti kartu grafis, kartu suara, printer, scanner, modem, dan lain-lain didukung oleh Linux. Untungnya memang makin banyak vendor hardware yang menyediakan driver untuk Linux. Untuk memeriksa apakah hardware Anda didukung oleh Linux atau tidak, periksa daftar kompatibilitas hardware yang dimuat di situs Web perusahaan distribusi Linux yang akan Anda gunakan.

PROGRAM APLIKASI MULAI BANYAK
Dukungan program aplikasi pada Linux memang tidak sebanyak di Windows. Anda tidak akan mendapati Microsoft Office 2000 untuk Linux, dan Microsoft belum ada rencana membuat Office versi Linux. Namun Anda bisa memperoleh gantinya yang gratis, yaitu StarOffice (www.sun.com/ staroffice/). Tampilan StarOffice mirip dengan Microsoft Office, sehingga pengguna Microsoft Office tidak akan menjumpai kesulitan mengoperasikannya. Aplikasi populer di Windows memang kebanyakan tidak tersedia di Linux, tetapi tersedia aplikasi alternatif open-source yang cukup banyak. Misalnya alternatif aplikasi grafis sekelas Adobe PhotoShop tersedia Gimp (www.gimp.org) yang gratis. Paket aplikasi ini mempunyai banyak feature yang dimiliki PhotoShop. Bahkan untuk software kamera digital yang tidak disertakan oleh vendornya dalam versi Linux, Anda bisa mendapatkan alternatifnya untuk Linux, yaitu GPhoto, yang bisa di-download secara gratis dari www.gphoto.org. Banyak aplikasi lainnya seperti MP3 player (www.xmms.org) atau video player sampai ke software pengelolaan uang GNUCash (www.gnucash.org). Kebanyakan aplikasi Linux bersifat khusus, seperti pembuat model 3D dan

SPESIFIKASI HARDWARE RENDAH?
Banyak keluhan tentang persyaratan hardware yang diperlukan oleh Windows. Windows sangat haus akan ruang harddisk, memori, dan daya prosesor. Sebaliknya, banyak yang mengabarkan bahwa Linux tidak “sehaus” Windows dalam hal pemakaian hardware dan driver. Banyak yang percaya bahwa Linux masih bisa beroperasi pada PC 386 dengan RAM 8MB. Ini tentu seperti tiupan angin segar di tengah terik matahari bagi pemilik PC model lama dan berspesifikasi rendah. Memang benar Linux dapat berjalan pada PC 386 sekalipun.

TAMPILAN MIRIP WINDOWS
Linux tidak memiliki user interface standar seperti Windows. Setiap perusahaan distribusi Linux menyajikan user interface berbeda. Ada dua interface populer, atau lebih dikenal sebagai lingkungan desktop, yang banyak digunakan oleh perusahaan distribusi, yaitu KDE (K Desktop Environment) dan GNOME. Distribusi Corel

INSTALASI BELUM STANDAR
Proses instalasi masingmasing distribusi Linux berbeda. Begitu pula tingkat kesulitannya. Hal inilah yang juga menghambat meluasnya pemakaian Linux. Instalasi merupakan proses paling berat. Ini jelas berbeda dengan instalasi Windows yang sudah dibuat sedemikian mudah. Untungnya, Corel telah membuat instalasi Linux menjadi

16 PCplus

plusFokus
software-software untuk server. Tetapi Anda akan menemukan banyak aplikasi yang berkaitan dengan Internet seperti browser, e-mail, chatting, dan lain-lain. Banyak aplikasi ini yang berjalan lebih baik ketimbang yang versi Windows.

No.17/II/20 Februari 2001

Yahya kurniawan*
Akhir-akhir ini, bahkan mungkin sudah beberapa waktu berselang, kita sering mendengar istilah Linux. Banyak orang bertanyatanya, apakah sebenarnya Linux itu? Apakah Linux merupakan program under Windows seperti halnya Corel, MS Office, Photoshop, dan lainlain?

ALASAN BERALIH KE LINUX
Bila Anda ingin beralih ke Linux, tetapi tidak mau kehilangan aplikasi Windows, Anda bisa menginstal Linux berdampingan dengan Windows. Hal ini bisa Anda lakukan terutama bila Anda hanya ingin mencobai Linux. Dan bila PC Anda sudah bisa mengerjakan segala sesuatu yang Anda inginkan, Anda tidak mempunyai alasan kuat untuk beralih ke Linux. Tetapi misalnya Anda ingin menjalankan server Internet sederhana atau karena Anda sudah jemu dengan berbagai permasalahan Windows, mungkin Linux bisa jadi alternatif pilihan. Keunggulan-keunggulan Linux di atas tersebut juga memicu tumbuhnya perusahaan-perusahaan solusi untuk Linux, yang menyediakan konsultasi, servis, dan dukungan untuk perusahaan yang ingin bermain di era cyber. Perusahaan besar, tentu saja, tidak akan mau bertaruh menggunakan Linux jika dukungan untuk jangka panjang tidak dapat terpenuhi. Beberapa perusahaan itu di antaranya adalah Linuxindo, Indolinux, Trabas, e-Linux, dan banyak lagi. Effendi Kho, presiden direktur Linuxindo menegaskan fenomena tersebut mengingat keunggulan Linux dalam harga dan keamanannya. Sebagai sebuah sketsa, informasi di atas mudahmudahan membantu Anda dalam menentukan sendiri pilihan-pilihan sistem operasi yang ingin Anda gunakan. Tentu saja semuanya berpulang kepada Anda sendiri sebagai calon pengguna. Namun, Memilih Linux bisa jadi memerlukan waktu lebih lama dibanding Windows untuk sampai pada taraf penguasaan yang sama. Petualang digital pasti akan menyukai environment yang disediakan di lingkungan Linux. Dalam konteks pengembangan dan lingkungannya, para pengguna Linux seringkali juga sangat antiMicrosoft. Dr. Ir. Budi Raharjo, dosen ITB yang juga menjadi juragan Bandung High Tech Valley (BHTV) mengakuinya. Entah ini gejala sehat atau tidak, menurutnya iklim seperti ini seharusnya tidak harus ditonjol-tonjolkan.

AYO BELAJAR LINUX!

prosesor, maka Linux mendukung lebih banyak prosesor dibandingkan dengan Windows. Prosesor seperti Digital Alpha dan StrongARM, Intel 386/486/Pentium/ PentiumPro/Pentium II/Pentium III/Celeron, AMD, Cyrix/IBM, Motorola 68x000, PowerPC (termasuk Power Mac) dan Sun SPARC semuanya didukung oleh Linux. Windows NT hanya mendukung Intel atau sejenis dan Digital Alpha. Sedangkan

Linux sebenarnya
adalah sebuah sistem operasi, sama halnya dengan Windows. Linux mula-mula dirancang oleh Linus Torvalds di Universitas Helsinki, Finlandia. Kemudian Linux dikembangkan dengan bantuan banyak pakar dan programer hingga menjadi seperti sekarang ini. Linux merupakan “keturunan” sistem operasi UNIX. Semua fitur yang dimiliki oleh UNIX dimiliki pula oleh Linux, di antaranya adalah truemultitasking, multi user, manajemen memori yang baik, dukungan terhadap TCP/IP, dan masih banyak lagi. Dengan segala kelebihan tersebut tidak menjadikan Linux mahal harganya, tetapi justru gratis. Betul, Anda tidak salah baca dan saya tidak salah menulis: GRATIS. Dengan demikian, masalah-masalah yang berhubungan dengan pembajakan hak cipta tidak ada dalam kosakata dunia Linux. Karena Linux merupakan sebuah sistem operasi, pada dasarnya Linux tidak dapat berjalan under Windows. Kalaupun ada Linux yang berjalan pada Windows atau sebaliknya, hal tersebut hanya merupakan emulasi saja.

MENGAPA LINUX?
Ya, kenapa harus Linux? Saya sudah memakai Windows dan itu sudah cukup bagi saya. Kenapa saya harus bersusahsusah belajar Linux? Pertanyaan tersebut mungkin akan terlontar oleh beberapa orang. Ada beberapa alasan yang dapat dikemukakan untuk menjawab pertanyaanpertanyaan tersebut. Yang pertama, seperti telah dikemukakan di atas, adalah karena Linux dapat dipergunakan secara gratis berdasarkan lisensi GNU General Public License. Karena gratis itu jugalah yang membuat Linux dengan cepat menggoyang popularitas Windows. Suka atau tidak suka, harus diakui bahwa sebagian besar pengguna Windows beserta softwaresoftware yang berjalan di

bawah Windows di Indonesia mendapatkannya dengan membajak (pirate). Ketika Anda membeli seperangkat komputer, umumnya Anda langsung mendapatkan Windows, namun Anda tidak membayar untuk Windows tersebut. Apakah ini bukan pembajakan? Inilah yang membuat Window nampaknya juga gratis. Yang kedua, Linux mampu berinteraksi dengan banyak sistem operasi lain. Contoh yang mudah adalah Linux mampu membaca dan menulis pada harddisk/disket dengan format DOS, Windows, OS/2, MacIntosh, dan beberapa sistem lain. Bayangkan jika Anda adalah seorang mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas kelompok, dan Anda harus tukar-menukar data dengan teman Anda yang menggunakan Linux dan Anda sendiri menggunakan Windows. Teman Anda dapat membaca disket Anda, sedangkan Anda akan gigit jari karena Windows akan mengeluarkan peringatan bahwa disket teman Anda tersebut belum diformat. Yang ketiga adalah stabilitas sistem. Tanyakan kepada ribuan pengguna Linux, berapa kali komputer mereka hang dalam waktu satu bulan misalnya. Hasil yang didapat pastilah mendekati nol. Sebaliknya tanyakan kepada ribuan pengguna Windows pertanyaan yang sama, jawabannya pastilah jauh lebih besar dari nol. Stabilitas Linux tercipta antara lain karena Linux memiliki manajemen memori yang baik, adanya ijin penggunaan file, shared libraries (file yang

digunakan bersama-sama oleh beberapa software) yang mencantumkan nomor versi pada nama file-nya. Masalah shared libraries ini dapat diberikan contoh sebagai berikut. Misalnya sebuah software (A) pada Windows menggunakan shared libraries bernama abc.dll versi 1.0. Suatu ketika diinstal software lain (B) yang menggunakan shared libraries yang mempunyai nama sama, namun versinya adalah 2.0. Biasanya pada saat instalasi, file yang versinya lebih lama akan langsung diganti dengan versi terbaru. Nah, belum tentu software A akan berjalan baik dengan menggunakan file abc.dll versi 2.0, dan dapat mengakibatkan hang atau sistem menjadi kacau. Pada Linux, nama sebuah file shared libraries selalu menggunakan nomor versinya. Misalnya untuk kasus yang sama dengan diatas, software A menggunakan file abc.so.1.0, sedangkan software B menggunakan file abc.so.2.0, sehingga setiap software tetap menggunakan shared librariesnya sendiri-sendiri. Yang keempat, banyak perangkat keras yang didukung oleh Linux, mulai dari harddisk, CD-ROM (baik SCSI maupun IDE/ EIDE), sound card, VGA, mouse, dan lain-lain. Jadi jangan khawatir Linux tidak dapat berjalan pada komputer Anda karena tidak mengenal perangkat keras yang Anda gunakan, walaupun mungkin jumlah perangkat keras yang didukung tidak sebanyak Windows. Tapi jika perangkat keras yang dimaksud adalah

Windows 95/98 hanya mendukung Intel, AMD, Cyrix, atau yang sejenis. Yang kelima, Linux memiliki banyak distro (distribusi paket program) yang dikeluarkan oleh organisasi-organisasi yang berbeda. Distro tersebut antara lain RedHat, SuSE, Corel Linux, TurboLinux, Mandrake, Slackware, Debian, dan Caldera. Semua distro tersebut menggunakan kernel Linux, terdapat perbedaan pada paket aplikasi yang disertakan, sistem penyusunan direktori, dan beberapa hal lainnya. Dengan banyaknya variasi tersebut, maka Anda tinggal memilih distro mana yang paling Anda sukai. Berbeda dengan Windows yang mulai dari kernel sampai dengan paket aplikasi semuanya digabung dalam satu distribusi dan hanya dikeluarkan oleh Microsoft. Masih banyak lagi yang dapat dijabarkan mengenai kelebihan Linux. Tapi mungkin contoh-contoh di atas sudah dapat menjawab mengapa Linux layak untuk digunakan. Saya tidak bermaksud mengajak Anda meninggalkan Windows secara total dan beralih ke Linux, karena bagaimanapun Windows juga memiliki keunggulan tersendiri dan sudah terlanjur sangat populer. Saya pun juga masih menggunakan Windows selain menggunakan Linux. Komputer saya menggunakan dual boot Windows 98 dan Linux RedHat 7.0.

PCplus 17

plusFokus
BELAJAR LINUX
Untuk mempelajari Linux, yang paling mudah adalah dengan membandingkan dengan sistem operasi yang sudah ada dan umum digunakan, dalam hal ini akan digunakan DOS/Windows sebagai pembanding. Yang pertama kali akan
Windows
C:\ C:\data C:\data\saya C:\data\saya\skripsi.doc

Julianto

No.17/II/20 Februari 2001

Linux
/ /data /data/saya /data/saya/skripsi.doc

Tabel 1

dibahas adalah apa yang terjadi setelah komputer dihidupkan. Pada Windows, komputer akan langsung booting ke sistem operasi Windows, sedangkan pada Linux, mulamula akan ditampilkan prompt LILO boot. LILO merupakan singkatan dari Linux Loader. LILO berguna sebagai boot manager, terutama jika terdapat lebih dari sistem operasi pada sebuah komputer. Kemudian, karena Linux bersifat multi-user, maka Linux akan menampilkan prompt untuk login dan password. Setelah berhasil boot, hal berikutnya adalah masalah tampilan (interface). Seperti halnya Windows, Linux juga memiliki mode teks dan mode grafis pada interface-nya. Namun sedikit berbeda dengan Windows 9x/NT/2000, mode grafis

pada Linux dapat diinstal terpisah. Mungkin sebagai perbandingan adalah Windows 3.1 dengan DOS yang masing-masing diinstal tersendiri. Mode grafis pada Linux disebut dengan X Window. X Window sendiri memiliki beberapa variasi desktop manager, di antaranya adalah GNOME dan KDE. Tergantung dari konfigurasinya, mode grafis dapat langsung dijalankan setelah booting atau tidak. Jika mode grafis tidak langsung dijalankan, maka untuk menjalankannya digunakan perintah startx atau runx. Mode teks pada Linux disebut dengan shell (pada Windows disebut DOS prompt atau command prompt). Shell sendiri mempunyai beberapa jenis, diantaranya bash, tcsh, csh, dan lain-lain. Prompt shell untuk root adalah # dan untuk user yang lain adalah $. Pada artikel ini pembahasan akan lebih ditekankan pada penggunaan mode teks, sebab penggunaan mode grafis (XWindow) dalam banyak hal mirip dengan penggunaan Windows. Pembahasan berikutnya adalah masalah sistem file dan direktori pada Linux. Susunan file dan direktori pada Linux sebenarnya mirip dengan Windows. Perbedaannya adalah pada Linux tidak dikenal adanya drive, misalnya drive C: yang mewakili harddisk,

ataupun drive A: yang mewakili floppy. Semuanya diwakili oleh file dan direktori. Penamaan file dan direktori pada Linux selalu diawali dengan tanda slash “/”. Tanda slash ini juga digunakan sebagai pemisah direktori (bandingkan dengan Windows yang menggunakan tanda backslash “\”). Tanda slash “/” sendiri mewakili directory root. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut. Pada Windows, root direktori akan tertulis C:\, sedangkan pada Linux tertulis /. Pada Windows, directory data akan tertulis C:\data, sedangkan pada Linux tertulis /data. Contohnya lihat Tabel 1. Penting juga untuk diperhatikan bahwa penamaan file pada Linux bersifat case sensitive, artinya membedakan antara huruf besar dan huruf kecil, jadi /usr/PHP akan berbeda dengan /usr/php. Lalu bagaimana jika hendak mengakses floppy drive, CD-ROM drive, atau partisi lain dari harddisk? Pada Linux, setiap partisi atau drive diwakili oleh nama file, dan disimpan dalam direktori /dev (dev merupakan singkatan dari device). Partisi pertama harddisk pertama akan diwakili oleh file /dev/hda1, partisi kedua harddisk pertama akan diwakili oleh file /dev/ hda2, floppy drive pertama akan diwakili oleh /dev/fd0, floppy drive kedua akan diwakili oleh /dev/fd1,

demikian seterusnya. Agar dapat diakses, device tersebut harus dimount (dikaitkan) terlebih dahulu. Misalnya kita ingin membaca sebuah disket pada floppy drive pertama, maka yang harus dilakukan adalah me-mount device /dev/fd0 ke sebuah direktori, misalnya /mnt/floppy, sehingga isi disket tersebut akan dapat dibaca pada /mnt/floppy.

2. cp, digunakan untuk mengkopi file, sebanding dengan copy pada DOS. 3. mv, digunakan untuk memindahkan file, sebanding dengan move pada DOS. 4. mkdir, digunakan untuk membuat direktori, sebanding dengan md pada DOS. 5. cat, digunakan untuk melihat isi suatu file teks, sebanding PERINTAH-PERINTAH DASAR dengan type pada DOS. Secara umum sintaks dari 6. rm, digunakan untuk menghaperintah-perintah dasar pada Linux pus suatu file, sebanding dengan adalah sebagai berikut. del pada DOS. 7. cd, digunakan untuk berpindah PERINTAH [option] [argumen] direktori, sebanding dengan cd Option merupakan pilihan pada DOS. untuk memberikan hasil tertentu 8. pwd, digunakan untuk melihat dari suatu perintah, dan argumen direktori aktif, pada DOS tidak merupakan sesuatu yang akan ada perintah yang sebanding. diproses oleh perintah. Sintaks ini Pada DOS direktori aktif telah sebenarnya juga mirip dengan tertulis pada prompt. (bisa juga sintaks pada DOS. Bedanya ialah menggunakan perintah dir). pada penggunaan Option, jika pada DOS penulisan Options digunakan X WINDOW tanda slash “/”, sedangkan pada Penggunaan X Window secara Linux digunakan tanda minus “-“. umum hampir sama dengan Contoh: menggunakan Windows. Pada X • DOS : dir/w *.doc Window juga terdapat semacam • Linux : ls -l *.doc taskbar, startmenu, window yang Perintah-perintah yang paling dapat di-minimize dan maximize, mendasar dari Linux adalah sebagai dan seterusnya. Pengoperasian berikut: mousenyapun hampir sama, 1. ls, digunakan untuk melihat isi misalnya mengenal klik, klik ganda, sebuah direktori, sebanding klik kanan, drag and drop, dan dengan dir pada DOS. seterusnya.

ISTIMEWA

18 PCplus

plusFokus
Ada cukup banyak tahapan dalam memulai instalasi Linux. Oleh karena itu, di sini tidak akan dibahas sampai sangat detail karena akan terlalu panjang dan membosankan. Di sini akan kami berikan halhal yang penting saja. Dan untuk mudahnya, yang akan kita contohkan di sini adalah instalasi Red Hat Linux mengingat distribusi ini banyak digunakan.

Christianto Sahat Kurniawan

No.17/II/20 Februari 2001

Untuk memulai instalasi
Linux, Anda harus menyiapkan minimal dua buah partisi, yaitu partisi swap dan partisi /. Partisi swap digunakan Linux sebagai virtual memory, jaga-jaga kalau ukuran RAM yang diperlukan tidak mencukupi. Ukuran partisi swap biasanya 2x ukuran RAM. Jika RAM Anda berukuran 32MB, maka alokasikan 64MB untuk partisi swap ini. Untuk melakukan hal tersebut, Anda harus partisi harddisk Anda menggunakan utiliti untuk partisi, seperti Partition Magic ataupun fips. Lebih detail tentang cara partisi dapat Anda lihat pada plusKiat edisi ini. Untuk partisi swap, Anda buat tipe file system-nya adalah Linux swap. Sedangkan untuk partisi lainnya, dapat Anda gunakan tipe partisi Linux ext2. Pemberian tipe partisi ini dapat Anda lakukan melalui software partisi tersebut. Kemudian, Anda harus tentukan berapa besar ukuran partisi yang akan diberikan. Untuk pemula yang baru mencoba menginstal, sebaiknya saat menginstal pilihlah Workstation class installation. Kelas instalasi ini membutuhkan setidaknya 850MB space harddisk untuk menginstal Linux berikut Xwindows, tampilan grafis sejenis Windows bawaan Linux. Setelah itu, catatlah konfigurasi hardware Anda, seperti keyboard, mouse, dan terutama monitor dan VGA card. Informasi ini nantinya akan diperlukan Linux pada saat instalasi. Anda dapat menginstal Linux dari CD-ROM, harddisk, ataupun lewat jaringan dengan FTP. Instalasi lewat CD-ROM adalah yang paling mudah jika Anda memiliki CD-ROM drive. Jika tidak, salin dulu file-file pada CD-ROM Linux ke komputer Anda, dan Anda harus meletakkan directory RedHat pada CD-ROM ke partisi utama, misalnya C:\RedHat. Hanya saja, untuk instalasi lewat harddisk tersebut Anda juga harus membuat disket instalasi. Andaikan saja Anda menggunakan metode instalasi

PANDUAN MENGINSTAL LINUX REDHAT

lewat CD-ROM. Ubahlah setting BIOS agar booting melalui CDROM. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menekan tombol DEL pada saat komputer melakukan POST. Saat sudah boot ke instalasi Linux, Anda dapat pilih metode instalasi, apakah grafik, teks, atau expert. Pilih metode grafik agar memudahkan. Anda akan ditanya dari metode instalasi, apakah CD-ROM atau harddisk. Pilihlah CD-ROM. Kemudian, akan ditanyakan pada partisi mana Linux akan diinstal dan mount point-nya. Pada Linux, harddisk tidak dilabeli dengan, C misalnya, seperti pada Windows. Tapi sesuai dengan jenis harddisknya. Misalkan, harddisk Anda bertipe IDE, maka Linux akan mengenalinya sebagai hda, atau hdb, tergantung letaknya. Jika sebagai primary master, akan disebut hda, selanjutnya hdb, dan seterusnya. Lalu, partisi pertama pada harddisk pertama akan menjadi hda1, yang kedua disebut hda2, dan seterusnya. Saat instalasi Linux menanyakan lokasi Linux akan diinstal, sorotlah bagian harddisk yang sudah bertipe file system Linux Ext2 dan Linux swap. Untuk yang bertipe Linux Ext2, Anda berikan mount pointnya /, dan untuk yang bertipe swap, Anda biarkan saja Linux mendeteksinya sebagai swap. Setelah itu, instalasi Linux akan menawarkan Anda untuk menginstal LILO. LILO adalah Linux Loader, yang biasanya digunakan jika Anda menginstal lebih dari satu sistem operasi di

komputer Anda. LILO inilah yang memberikan pilihan pada saat start up sistem operasi mana yang akan digunakan. Pilihlah lokasi penginstalan LILO pada Master Boot Record agar Anda dapat langsung memilih sistem operasi pada saat komputer start. Kemudian LILO akan bertanya, sistem operasi apa yang menjadi default saat komputer dihidupkan. Pilih saja Windows. Jika pada saat start up Anda ingin menggunakan Linux, pada prompt bertuliskan LILO, Anda tinggal ketikkan saja: linux. Setelah itu, saatnya Anda memasukkan harga konfigurasi perangkat keras Anda. Pada bagian mouse, masukkan tipe mouse Anda, apakah itu serial atau PS/2. Jika Anda tahu merek mouse tersebut, masukkan saja sesuai merek dan tipenya. Pilihan Emulate three button mouse dapat digunakan jika mouse Anda hanya dua tombol dan ingin menggunakan 3 tombol. Selanjutnya, pilihlah waktu sesuai lokasi Anda berada. Jika ada di Jakarta, pilihlah Asia/ Jakarta. Saat ada pertanyaan untuk memasukkan password, masukanlah password yang ingin Anda gunakan. Jika Anda menginstal Linux pada komputer Anda, maka otomatis Anda menjadi pemegang kekuasaan paling tinggi dari sistem Anda. Istilahnya, Anda menjadi administrator sistem, dan secara

otomatis Anda akan mendapatkan login dengan nama root. Nah, password yang Anda masukkan pertama kali ini adalah password root. Dengan autentikasi root, Anda dapat melakukan apa saja pada sistem.

ISTIMEWA

Jika bukan untuk keperluan administrasi sistem, ada baiknya Anda tidak membiasakan untuk login dengan nama root, karena akan berbahaya jika komputer Anda terhubung ke jaringan. Lebih baik Anda tambahkan user dengan nama Anda dengan password tersendiri. Kemudian, ada pertanyaan Authentication Configuration, pilih saja bagian Use Shadow Password dan enable MD5 password. Pilihan ini sangat berguna untuk pengamanan sistem. Sedangkan pilihan enable NIS tidak diperlukan jika komputer Anda tidak terhubung ke jaringan. Kemudian, akan ditanyakan pilihan kelas instalasi yang Anda inginkan. Kalau Anda memilih Custom, Anda dapat tentukan apa saja yang ingin Anda instal.

Jika Anda tidak terhubung ke jaringan, tidak usah menginstal ftp-server dan mail-server. Cukup KDE workstation atau Gnome dan beberapa aplikasi lain saja. Kemudian ada lagi pilihan untuk select individual package, biarkan saja pilihan tersebut, tidak usah dipilih. Setelah itu, paket instalasi akan dimuatkan ke dalam harddisk Anda. Silakan Anda menunggu sambil menikmati cemilan, karena proses ini akan memakan waktu cukup lama, tergantung kecepatan komputer Anda. Sudah selesai? Belum. Anda harus memasukkan konfigurasi monitor dan VGA card Anda. Masukkan informasi mengenai monitor dan VGA card Anda, seperti refresh rate, merek monitor, jumlah memori vga card. Hati-hatilah dalam memasukkan nilai konfigurasi ini, karena setting yang berlebihan akan merusak monitor jika monitor tidak sanggup. Kemudian, Anda harus menentukan resolusi monitor dan kedalaman warna yang akan digunakan. Jika Anda tidak tahu, Linux akan menawarkan Anda untuk melakukan probe terhadap monitor Anda, sehingga Anda tidak perlu memasukkan resolusi dan kedalaman warna. Anda tinggal menerima nilai yang disodorkan oleh program instalasi kepada Anda. Kemudian, monitor Anda akan dicoba oleh Xwindows. Jika Anda dapat melihat tulisan yang bertanya pada Anda, apakah Anda dapat membaca tulisan tersebut, klik saja Yes. Jika sudah, maka instalasi selesai. Lalu bagaimana? Sistem akan merestart komputer Anda. Jika Anda menginstal LILO pada Master Boot Record, maka tak lama setelah restart, akan muncul prompt LILO. Tekanlah tombol Tab untuk melihat pilihan yang ada. Untuk masuk sistem operasi Windows, biasanya tinggal ketikkan DOS atau Windows, sedangkan untuk masuk ke Linux, Anda tinggal ketikkan Linux (huruf kecil). Lalu, login-lah dengan nama yang sudah Anda buat, atau menggunakan login sebagai root. Setelah Anda masuk ke sistem, Anda dapat memperbaiki konfigurasi yang telah Anda buat. Misalkan, Anda ingin mengonfigurasi jaringan, Anda tinggal ketikkan net-config setelah Anda login sebagai root. Pada sistem juga ada fasilitasfasilitas dokumentasi howto yang dapat membantu Anda mendalami Linux. Biasanya dokumentasi ini ditemukan pada direktori /usr/doc. Untuk memulai Xwindows, Anda tinggal ketikkan: startx.

PCplus 19

plusTrend
Di tengah melangitnya harga komputer beserta komponen-komponennya, tentu para pembeli PC harus memutar otak, bagaimana caranya agar bisa mendapatkan seperangkat PC yang cepat, berkualitas, namun terjangkau!

Silvester Sila Wedjo

No.17/II/20 Februari 2001

OVERCLOCK KIAN DIGEMARI
macam begini, ada saja beberapa hal yang dirasa masih belum mencukupi seperti kecepatan prosesor, kapasitas memori, kapasitas harddisk, dan lain-lain.

PLUS MINUS

Berbagai cara kemudian
dilakukan, mulai dari pemangkasan pembelian komponen yang kurang perlu, membeli komputer dan perangkatnya dari kelas low end, hingga membeli yang bekas. Namun, kalau membeli yang

Nah, salah satu kiat yang kemudian jadi pilihan menarik adalah dengan melakukan overclock agar kecepatan komputer yang dimiliki dapat “digeber” sampai maksimal. Memang ada nilai plus maupun minus apabila kita

“Perhatikan jumper!”

melakukan overclock. Keuntungannya jelas, si pemilik dapat sedikit meningkatkan kecepatan komputernya tanpa harus membeli prosesor dengan kecepatan yang diinginkan.

Dengan membeli prosesor berkecepatan 700MHz misalnya, kita bisa “menggenjotnya” untuk bekerja dengan kecepatan 800MHz atau 850MHz. Namun, melakukan overclock ini, tentu ada konsekuensinya. Yang paling umum diketahui adalah panas prosesor yang di atas rata-rata sekaligus berkurangnya umur komputer.

FASILITAS MOTHERBOARD
Metode overclock ini makin lama makin banyak dilakukan

orang. Memang tidak mudah, tapi kalau yang paham tentang komputer, caranya amatlah mudah. Apalagi berbagai motherboard memberikan fasilitas untuk melakukan hal demikian dengan jumper atau melalui BIOS-nya. Mereka sepertinya mengetahui banyak pemilik komputer melakukan kiat semacam ini. Begitu pula dengan prosesor. Prosesor merek AMD kelas Thunderbird, Athlon, dan Duron terkenal jadi jagonya prosesor yang gampang di-overclock! Ya, cukup dengan menggoreskan pinsil 2B di L1 bridge, Anda sudah bisa membuka “kunci” multipliernya untuk kemudian di-overclock. Mudah bukan! Indikasi makin banyaknya pengguna yang melakukan overclock pada PC-nya dapat juga dilihat dari makin meningkatnya pembelian fan yang berukuran besar untuk mengganti fan asli. Menurut pedagang, biasanya yang membeli fan terpisah ini adalah mereka yang meng-overclock PC mereka karena takut panas berlebih yang akan ditimbulkan.

SIKAP TOKO
Tapi tahukah Anda garansi yang komputer Anda miliki dapat saja batal hanya karena Anda melakukan overclock? Mungkin banyak yang belum tahu. Inilah salah satu bahayanya jika Anda “bermain-main” dengan prosesor. Menurut Johan Kadarisman dari NZ Komputama, gerainya sendiri akan membatalkan garansi prosesor yang mereka berikan apabila kerusakan prosesor yang dialami ternyata disebabkan akibat overclock. Lain lagi menurut Sylvia dari e-Media Device, salah satu Authorized Distributor AMD. Pihaknya tetap menerima prosesor yang berasal dari mereka yang mengalami masalah ataupun kerusakan dengan syarat antara lain tidak adanya kerusakan fisik dari prosesor dan IC-nya yang tidak terbakar akibat panas yang berlebih saat dilakukan overclock. Selama syarat ini tidak dilanggar, pihaknya masih mau menerima prosesor yang rusak. Meskipun akan sering mengalami masalah seperti sering hang dan panas yang berlebih, tetap saja masih banyak yang tidak “jera”. “Uji kemampuan” adalah kalimat yang sering terlontar. Beberapa pedagang yang dihubungi sendiri mengaku tidak menyarankan dilakukannya overclock, apalagi buat para pemula! Dengan tetap tingginya harga prosesor ditambah dengan fasilitas dari produsen motherboard maupun prosesornya sendiri, otomatis kiat ini akan makin banyak dilakukan orang! Anda juga bisa kalau berminat, tapi pikirkan pula dampak buruknya!

20 PCplus

plusBelanja
Zaman dahulu, berkomunikasi dengan kerabat atau keluarga masih dilakukan lewat berbagai media yang amat sederhana seperti melalui asap, layanglayang, atau dengan bantuan burung merpati. Pos kemudian mengambil alih peran tersebut sebelum kemudian diketemukan alat komunikasi elektronik yang lebih cepat seperti morse, telepon, dan sebagainya.

Silvester Sila Wedjo

No.17/II/20 Februari 2001

VIDEO CAMERA:

BIKIN CHATTING TAMBAH SERU
putus dan lambat akan jadi risiko yang harus ditanggung apabila para chatter menggunakan jenis koneksi semacam ini. Ya, untuk memanfaatkan fasilitas semacam ini, infrastruktur telekomunikasi memang amat mempengaruhi kualitas gambar yang didapat lawan chatting nun jauh di sana. Namun demikian, terlepas dari masalah sistem koneksi, web camera selain untuk chatting, juga bisa dipakai untuk hal-hal lain seperti membuat video klip mini, atau membuat situs pribadi Anda tambah menarik dengan adanya gambar-gambar bergerak yang dihasilkan oleh web camera ini. Anda juga bisa membuat videomail untuk dikirimkan! Asyik bukan? Mungkin Anda berminat untuk membeli perangkat yang satu ini, tetapi pengetahuan Anda tentang webcam ini boleh dibilang masih amat minim. Apa saja yang mesti diperhatikan saat memutuskan untuk membeli tergolong tidak murah. Jenis yang ketiga adalah video camera biasa yang dipasangi perangkat tambahan berupa video capture board. Dengan tambahan alat ini, Anda bisa merekam maupun mengirim video atau live video ke dalam PC untuk kemudian dipakai buat video mail maupun videoconferencing. Akan tetapi, mungkin Anda sudah tahu jika beberapa produk sekarang ini di samping bisa sebagai webcam juga bisa sebagai kamera digital. Ya, ini akan sangat berguna bagi Anda, jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan kamera digital. Bahkan ada pula salah satu produk yang memadukan TV tuner dengan webcam dalam satu paket.

Pertengahan abad XX,
perkembangan komunikasi semakin menjadi-jadi. Apalagi dengan kemunculan jaringan Internet dengan surat elektroniknya atau yang lazim dikenal sebagai e-mail yang dapat mengirimkan pesan dengan cepat, dan hanya memakai biaya pulsa telepon lokal. Revolusi teknologi komunikasi dan informasi segera bergulir dengan cepat. Media ini segera saja menjadi amat digandrungi jutaan orang di dunia karena berbagai fasilitas dan kegunaan yang dimilikinya. Namun demikian, masih ada saja yang merasa kurang. Setelah e-mail, muncul kemudian percakapan secara online. Bincang-bincang lewat dunia maya atau chatting ini mulai menyalip dengan kemampuannya berbincangbincang secara langsung dan pada saat yang sama pula tanpa peduli rentang jarak ribuan kilometer sekalipun. Nah, ini pun lamakelamaan juga dirasa kurang. Ide-ide segar dari film Star Trek di mana awak pesawat Enterprise dapat berkomunikasi secara langsung dengan penduduk bumi maupun dengan pesawat lain disertai dengan gambar hidup kemudian berusaha direalisasikan. Berbagai usaha untuk mewujudkannya terus dilakukan. Atas usaha keras para peneliti, kemudian hadir apa yang dinamakan video camera atau sering disebut juga mini camera. Dan apa yang dahulu dianggap hanya angan-angan akibat keranjingan menonton Star Trek terjawab sudah. Namun demikian, sampai kini masih ada saja hambatanhambatan yang membuat “chatting bergambar” ini masih belum sempurna. Salah satunya adalah koneksi Internet yang belum memuaskan seratus persen. Apalagi kalau chatting yang Anda lakukan masih memakai koneksi dial up alias memanfaatkan jaringan telepon. Seringnya disconnect dan gambar yang terputus-

“Bisa lihat wajah lawan bicara”

digandrungi karena sifatnya yang kecil, mudah dipasang, dan mudah juga penggunaannya. Namun kalau mau jujur, jenis kamera ini juga memiliki kekurangan dari segi kualitas gambar yang dihasilkan. Netcam ini dari segi kualitas gambar masih kalah dengan digital video camera. Selain itu, gambar yang dapat diambil dan direkam hanya seputar PC yang dipasangi Netcam. Hal ini

TIPE KONEKSI
Lalu mana yang harus dibeli? Karena harga yang murah, kualitas gambar video yang memadai dan kemudahan dalam pemasangan maupun penggunaannya, jenis Netcam kemudian jadi jawaranya. Dilihat dari tipe koneksinya, Netcam ini sendiri memiliki beberapa macam koneksi yaitu dengan Universal Serial Bus (USB), serial atau paralel dan terakhir, tipe koneksi dengan sebuah card khusus yang terhubung di dalam PC. Karena kecepatan transfer, kemudahan instalasi, dan kualitas gambar yang baik, produsen webcam kemudian lebih memilih USB sebagai jenis koneksinya. Di pasaran juga memang lebih banyak produk yang beredar memakai USB ketimbang memakai tipe paralel atau serial. Bagaimana dengan tipe Netcam yang harus dihubungkan dengan add-in card tersendiri? Anda harus menambahkan card khusus agar Netcam Anda bisa terhubung ke PC. Memang agak merepotkan jikalau Anda tidak terbiasa bongkar pasang PC. Namun, jika Anda memilih jenis Netcam yang ini, koneksinya dijamin lebih cepat dari USB dan kualitas gambar masih di atas dua jenis yang lain. Lalu, apalagi yang musti diperhatikan? Masih banyak yang harus diperhatikan ketika Anda ingin membeli webcam.

“Chatting makin asyik dengan web cam”

webcam? Bisa jadi ini adalah pertanyaan umum yang paling sering dikemukakan orang!

BERBAGAI JENIS WEBCAM
Nah, sebagai tahap awal mungkin Anda harus mengerti dahulu jenis-jenis web camera. Ada beberapa jenis web camera yang saat ini ada di pasaran. Yang pertama adalah Netcam. Jenis inilah yang paling banyak digunakan orang dan menjadi pilihan yang paling baik. Dari segi harga memang Anda tidak harus merogoh kocek dalamdalam. Ada beberapa merek yang dapat dibeli dengan harga di bawah 100 dolar AS. Jenis ini

karena sifatnya yang harus terintegrasi dengan PC lewat interface berupa kabel penghubung. Jenis webcam yang kedua adalah Digital Video Camera atau sering disingkat DV camera. Hasil gambar kamera jenis ini bisa ditransfer ke dalam sebuah harddisk yang kemudian dapat digunakan untuk videomail. DV Camera ini punya kelebihan dari segi kualitas gambar yang dihasilkan. Selain itu, gambar juga bisa diambil di mana saja dan kapan saja sebelum kemudian ditransfer ke komputer. Dari segi harga, boleh dibilang kamera jenis ini

Salah satunya adalah frame rate dengan satuan ukuran frame per second (fps) dari masingmasing kamera. Jumlah frame ini penting untuk diperhatikan karena ini menyangkut mulus tidaknya perpindahan tampilan gambar yang akan dilihat. Semakin tinggi frame rate yang dimiliki maka akan semakin baik. Namun, harganya pun otomatis makin tinggi pula. Yang pasti, disarankan untuk tidak membeli kamera yang memiliki frame rate kurang dari 25fps. Di pasaran sendiri, produk webcam yang paling banyak dijual adalah yang memiliki frame sebesar 30fps. Jumlah maksimum warna yang bisa ditangkap juga patut diperhatikan. Semakin banyak jumlah warna tentunya akan semakin baik. Kalau Anda jeli, misalnya, ada webcam yang dapat menampilkan 16,6 juta warna. Resolusi maksimum yang dihasilkan juga harus diperhatikan. Banyak produk Netcam ber-display kecil pada PC. Resolusi yang ada ini mengacu pada ukuran frame yang ada. Semakin tinggi resolusinya maka frame-nya juga semakin tinggi. Yang paling banyak beredar di pasaran adalah yang memiliki resolusi 320X240. Namun demikian, banyak pula yang produk yang memakai resolusi 640X480. Semakin tinggi resolusinya, otomatis ketajaman dan kualitas gambar akan semakin baik. Selain itu, jangan lupa menanyakan jarak fokus dari Netcam yang akan dibeli. Berapa produk memiliki jarak fokus yang besar dan dapat disetel dengan mudah. Beberapa Netcam ada yang dapat memfokuskan benda dengan jarak minimum yang amat kecil yaitu hanya satu inci. Semakin lebar range fokus yang dapat dijangkau oleh Netcam maka akan semakin bagus pula kamera yang akan Anda beli. Yang pasti, jika Anda punya web camera, Anda bisa melakukan percakapan jarak jauh di samping juga dapat merekam kejadian-kejadian penting. Kalau Anda senang chatting, pasti Anda akan tambah betah berlama-lama di depan komputer untuk memandang lawan bicara Anda!

RALAT EDISI 14
Pada rubrik Belanja Edisi 14 : CD-RW terdapat kesalahan sbb : Dahulu, kecepatan write CD-RW sangat lambat, hanya sekitar 2X atau 300Mbps Seharusnya: Dahulu, kecepatan write CD-RW sangat lambat, hanya sekitar 2X atau 300Kbps

PCplus 21

plusKerja
Menurut perkiraan National Scholarship Research Service, di dunia saat ini tersedia dana 48 miliar dolar AS untuk kepentingan bantuan pendidikan baik beasiswa, hibah, maupun pinjaman. Menariknya, lebih dari sepertiganya tidak termanfaatkan dengan baik, bukan karena banyak yang tidak memenuhi syarat, namun hanya semata karena ketidaktahuan bahwa ada dana tersebut.

F.X. Bambang Irawan

No.17/II/20 Februari 2001

MEMBURU BEASISWA DI INTERNET
kita harus mengisi Student Profile Form. Kita akan menerima hasilnya melalui e-mail. Hasilnya akan kita terima kurang dari dua jam!

pembuatan essay, dan sebagainya yang disajikan juga akan sangat bermanfaat bagi kita.

SUPER COLLEGE www.supercollege.com
Kalau melihat situs-situs yang bagus seperti ini, maka sangat tampak bahwa bantuan pendidikan adalah masalah yang tidak mainmain. Dan situs-situs seperti ini menangkap peluang langkanya informasi di sektor ini. Situs ini termasuk situs yang bisa disebut portal bantuan pendidikan. Pada situs ini kita disuguhi database sebesar 400.000 peluang beasiswa dengan nilai lebih dari 1,1 miliar dolar. Selain itu juga terdapat review tentang berbagai universitas yang digunakan untuk program bantuan pendidikan, tip-tip untuk menjalani pendaftaran dan tes masuk, serta petunjuk bagi orang tua. Terdapat juga tinjauan buku dan bahkan chatting dengan pengarang buku tentang seluk beluk bantuan pendidikan tersebut.

Penelitian lain oleh
American Association of Fund Raising Counsel mendapati bahwa 80% dari aplikasi ke 26.000 yayasan yang memberikan bantuan pendidikan salah diisi atau salah alamat atau jurusan. Akibatnya, pada tahun 1992, misalnya, dana sebanyak 2,7 miliar dolar tidak tersalurkan. Sayang dua koma tujuh miliar kali sayang! Ini menegaskan adanya kesempatan kepada kita untuk meraih dana nganggur tersebut. Kuncinya adalah informasi yang akurat. Memang sumber informasi tersebut tidak tergeletak begitu saja di tepi jalan. Bahkan mereka yang betul-betul berminat dan butuh sering harus frustrasi jika harus mencari data semacam itu. Itu sebaiknya menjadi cerita zaman pra-Internet. Sekarang ini kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi seperti itu, bahkan sekaligus mengisi dan mengirim aplikasinya secara online. Mari manfaatkan!

FAST AID www.fastaid.com
Pada situs ini kita akan menemukan beberapa penjelasan mengenai program-program bantuan pendidikan berikut segala pernakperniknya. Datadata yang dikutip di awal tulisan diambil dari situs ini. Selain itu kita masih tetap dapat melakukan penelusuran informasi dari situs ini juga dengan cara memasukkan profil kita. Ada juga beberapa data yang mungkin bisa membuat kita lebih mantap untuk mencari dana pendidikan ke lembaga-lembaga asing. Umur, domisili, taraf hidup, peraturan pemerintah, dan sebagainya dalam banyak kasus bukanlah merupakan hambatan. Ada fakta, misalnya, bahwa beasiswa untuk orang berumur 60 tahun pun pernah tersedia.

INTERNATIONAL EDUCATION FINANCIAL AID www.iefa.org
International Education Financial Aid (IEFA) merupakan salah satu sumber utama informasi bantuan pendidikan bagi mereka yang ingin sekolah di luar negeri. Pada situs ini, Anda akan temukan daftar lengkap hibah, beasiswa, program pinjaman, dan informasi lain untuk membantu para siswa mendapatkan gambaran tentang studi di luar negeri. Fasilitas yang paling menarik adalah layanan pencarian dari ratusan beasiswa yang tersedia di seluruh dunia. Kalau kita berasal dari Indonesia dan kebetulan punya status keturunan Tionghoa, maka sampai tanggal 15 Februari ini masih ada kesempatan untuk mendaftar beasiswa untuk kuliah di University of California melalui Rosita Ho Foundation.

program Ambassadorial Scholarships yang disediakan Rotary Foundation, yang sampai saat merupakan program beasiswa yang dibiayai organisasi swasta terbesar di dunia. Tahun 2002001 ini sedang belajar 1200 orang dari 69 negara dengan dana dari beasiswa ini, dengan total dana mencapai 26 juta dolar AS. Ada tiga macam beasiswa yang ditawarkan: Pertama, Academic-Year Ambassadorial Scholarships menyediakan dana untuk belajar setahun di negara lain sebesar 25 ribu dolar. Kedua, Multi-Year Ambassadorial Scholarships untuk dua atau tiga tahun masa belajar dengan dana sekitar 12 ribu dolar per tahun. Ketiga, Cultural Ambassadorial Scholarships untuk tiga atau enam bulan belajar budaya di negara lain dengan dana sekitar 12 ribu dolar.

4SCHOLARSHIP.COM 4scholarships.4anything.com
Pada situs ini kita bisa menikmati mesin pencari, informasi tentang bagaimana menghindari e-mail sampah tentang beasiswa, serta informasi tentang beasiswa yang diberikan atas dasar berbagai kriteria seperti kemampuan, bidang studi, etnisitas, gender, kemampuan dalam bidang olah raga, organisasi, program militer, program internasional, atau program untuk pekerja sosial. Pada situs ini juga terdapat informasi tentang buku yang sesuai dengan tema situs, yaitu tentang beasiswa. Melihat kelengkapan lainnya, bolehlah ini disebut portal untuk urusan persekolahan.

ESSAY EDGE www.essayedge.com
The New York Times menyebutnya “layanan penyuntingan esai terbesar di dunia”. Layanan ini memberi bantuan bagi mereka yang membutuhkan esai yang bisa “bunyi” agar lolos dalam seleksi pada yayasan atau lembaga yang menyelenggarakan program bantuan pendidikan. Ada 100 lebih penyuntingnya yang berasal dari Universitas Hardvard siap mempermak esai kita sehingga berkenan di hati para penyelenggara.

FIND AID www.findaid.org
Situs ini benar-benar ditujukan untuk memandu kita yang sedang mikir soal bantuan pendidikan. Tampilannya yang mirip portal terkesan menyediakan informasi lengkap. Misalnya saja, ada uraian tentang macam-macam bantuan pendidikan yang berguna untuk menentukan mana yang cocok buat kita. Kalkulator adalah menu menarik lainnya. Dari sini kita bisa hitung-hitungan soal kebutuhan hidup kita di negeri orang sehingga bisa menentukan apakah tawaran sejumlah uang untuk ongkos hidup selama belajar itu akan mencukupi atau tidak. Maklumlah, meski punya tabungan dalam bentuk rupiah, jika dibawa ke sana jadi mengkerut alias tinggal sedikit. Informasi tentang seluk beluk ujian, wawancara,

COLLEGE SCHOLARSHIP www.collegescholarships.com
Situs yang ini bagus dalam hal update. Salah satu menu andalannya adalah Scholarship of the Month yang di-update tiap akhir bulan. Ketika di tengok, ada banyak peluang beasiswa di sana. Mengesankan, meski mungkin tidak semua cocok dengan kriteria kita. Dengan pengalamannya sejak tahun 1995 memberikan layanan informasi beasiswa, situs ini pantas menjadi tujuan utama kita.

STUDENT ADVANTAGE www.studentadvantage.com
Pada situs ini kita bisa mempromosikan diri jika mempunyai kriteria atau minat terhadap suatu beasiswa tertentu, misalnya bidang studi, lembaga donor, atau negara yang dituju. Ada kapling untuk menampilkan deskripsi diri dan tujuan kita, seperti surat pembaca di koran-koran. Portal ini juga mempunyai ruang-ruang untuk melukiskan suasana kampus berikut kehidupan sosial sehari-hari. Sangat cocok untuk membentuk orientasi sebelum benar-benar berangkat. Situs ini juga sangat membantu mereka yang bukan saja ingin menuntut ilmu dengan bantuan pendidikan, namun juga bagi mereka umumnya yang siap berswadaya.

THE SCHOLARSHIP PAGE www.scholarship-page.com
Situs ini dikembangkan oleh seseorang yang mempunyai niat mulia agar orang lain tidak seperti dirinya. Ia adalah anak orang yang tidak mampu dan terpaksa keluar dari sekolah karena jatuh sakit lantaran stress akibat tidak punya duit. Selama dikeluarkan itu ia mencoba mencari bantuan pendidikan secara online. Namun apa daya, ia tak banyak menemukan yang dicari. Maka tergugahlah hatinya untuk mengembangkan situs yang mengandung banyak informasi tantang beasiswa seperti ini. Pada bagian Browse di situs ini kita bisa mencari beasiswa menurut bidang studi, negara, organisasi, dan sebagainya.

COLLEGE AID SOURCES FOR HIGHER EDUCATION http://search.cashe.com
College Aid Sources for Higher Education (CASHE) juga merupakan layanan informasi beasiswa yang bagus. Berbeda dengan yang lain, pada situs ini

ROTARY FOUNDATION www.rotary.org/programs/ amb_scho/
Sudah sedikitnya 30.000 orang dari 100 negara mencicipi

22 PCplus

plusInteraksi
MASALAH MEMORI
Halo rekan-rekan milis. Saya memiliki komputer dengan spesifikasi motherboard ASUS P3V4-X, prosesor Intel PIII 600Mhz (Slot 1), memori SDRAM 64MB PC-100, kartu grafis VGA 8MB AGP. Yang ingin saya tanyakan adalah mengenai mengenai memori. Saya ingin menambah memori dari 64MB ke 128MB, tetapi dengan FSB 133MHz. Yang ingin saya ketahui apakah dari spesifikasi yang saya miliki (motherboard dan prosesor) dapat mendukung memori dengan FSB 133. Teman saya mengatakan dapat mendukung, tetapi saya menanyakan ke sebuah toko komputer dan dia mengatakan jika prosesor Intel PIII 600 dengan slot 1 itu tidak mendukung memori dengan FSB 133. Terima kasih atas jawabannya.
duron0411@xxx

No.17/II/20 Februari 2001

DOWNLOAD BAHASA PEMROGRAMAN
Hai rekan-rekan milis sekalian. Saya saat ni berminat sekali untuk mempelajari bahasa pemograman, tetapi saya nyari software bahasa program yang gratisan. Di antara rekan-rekan apakah ada yang mengetahui situs semacam itu? Terima kasih atas bantuannya.
Black Avante

Hai. Kalau mau belajar bahasa program, coba Anda buka situs www.madcodes.com. Di situs tersebut kalau tidak salah ada tutorialnya dan source code programnya. Tapi saya belum mencobanya, baru lihat-lihat saja.
Egystra

3.

kurang lengkap. Coba instal ulang Windows Anda. Kalau mau bersih, bersihkan aja direktori berikut ini: 1. My documents (deltree c:\mydocument) 2. Program files 3. Windows Sebelum menginstal ulang, amankan dulu data Anda ke folder lain. Kemudian booting dengan menggunakan startup disk yang mendukung driver Drive CD ROM (bila installer ada pada CD ROM, tapi kalau installer ada di dalam harddisk, ya tidak perlu lagi). Goodluck.
Bun Anam

Masalahnya ada message conflicy 378irq. Terima kasih sebanyak-banyaknya atas sarannya. Sampai Jumpa.
Anita Octavia

softwarenya. Atau mungkin diantara teman kita ada yang tahu caranya?
CMIIW. Chandra Fungmadi

Tidak masalah, hanya kalau menggunakan chipset VIA, ketika awal proses booting akan menampilkan bahwa memori yang anda gunakan 133MHz. Jadi di BIOS clock memory sebaiknya dirubah ke host +33MHz.
Luqman

Anda dapat menaikkan frekuensi DRAM clock tersebut menjadi + 33 MHz, sehingga bus memori utama dengan prosesor menjadi 100MHz + 33 MHz secara asynchronous. Tapi syaratnya seluruh modul memori harus berkecepatan 133MHz semua. Tidak bisa dicampur antara yang 100MHz dan 133MHz.
Apridona

MONITOR CGA JADI TV
Saya punya monitor jenis CGA. Dan saya ingin bisa memodifikasi monitor tersebut sehingga bisa dipergunakan sebagai TV. Bagi rekan-rekan yang mengetahui caranya mohon bantuannya. Terima kasih atas informasinya.
Andriv

Kalau memang masalahnya seperti itu, coba kamu periksa kabel printer-nya, mungkin di kabelnya ada yang rusak, bisa jadi kamu cek di setting BIOSnya. Ganti irq-nya dengan model yang lain , kalau tidak salah ada 3 pilihan. Selanjutnya kamu lihat di Control Panel, kemudian klik icon System dan apakah masih terjadi konflik? Kalau memang konflik, kamu Add new hardware, selanjutnya akan kelihatan konflik dengan perangkat apa, kalau enggak bisa juga kamu cek registry Windows dengan Norton Utility 2000. Gunakan saja untuk cek registry-nya (CleanRegistry). Maka dengan otomatis akan muncul konflik yang dimaksud dan nanti kamu tinggal klik Repair.
Rully, Pontianak

Gunakan aja direct cable, standard application bawaan dari Windows 95/98/2000 + cable laplink. Kita bisa sharing file/ printer, beres deh!
DimZ

Anda bisa saja mempergunakan fasilitas dari Windows direct cable. Salah satu PC dijadikan sebagai host. Dan yang satu sebagai client. Dalam Direct Cable dapat di-set: 1. COM berapa yang dipakai 2. Kecepatan transfer data

4.

Langkah-langkahnya:
1. Susunan kabel: Tx ———— Rx Rx ———— Tx GND ———— GND 2. Connect pakai COM1 (misalnya) dengan COM 1 3. Open Direct Cable & setup 4. Share files
Bun Anam

5.

JARINGAN DENGAN 2 PC
Mengapa pusing-pusing menggunakan 133MHz, kalau memang support-nya ke 100MHz? Toh, kinerjanya nggak jauh berbeda, kurang lebih hanya 10%. Tetapi karena harganya juga tidak beda jauh, kalau memang motherboard Anda men-support 133MHz, ya boleh lah kalau Anda membelinya. Salam.
Chandra.R

WINDOWS PROTECTION ERROR
Hai rekan-rekan milis. Saat ini saya sedang belajar hardware. Tapi kemudian timbul masalah, yaitu ketika komputer dinyalakan akan timbul pesan “while initializing device VCACHE : Windows protection error. You need to restart your computer.” Maksud dari pesan ini apa? Bagi rekan-rekan yang mengetahuinya, tolong bantu ya. Terima kasih.
Anita Octavia

Sepengetahuan saya, dulu saya juga memiliki monitor CGA yang juga dipergunakan untuk menonton TV. Tapi untuk maksud yang satu ini, Anda perlu rela untuk mengeluarkan sedikit dana lagi yaitu untuk membeli receiver-nya. Bentuk dari receiver tersebut seperti sebuah kotak hitam yang berantena. Penerimaannya bagus dan gambar sangat jelas. Hanya gambar yang diterima hitam putih saja. Alat semacam ini Anda bisa dicari di pusat elektronik seperti Glodok atau Mangga Dua. Semoga informasi ini membantu Anda. CMIIW.
Chandra Fungmadi

Halo para rekan-rekan milis semuanya. Saya punya pertanyaan. Apakah kita bisa menghubungkan 2 buah PC tanpa hub dan juga tanpa LAN Card. Jadi langsung dihubungkan dari port COM1 / COM2 / LPT1 masing-masing PC. Kalau bisa bagaimana caranya? Dan kalau harus menggunakan software, apa nama software tersebut dan di mana bisa diperoleh? Salam hangat.
F.X. Harry Wardhana ICQ#104677915

Ya cara tersebut bisa saja dilakukan. Dan tidak perlu menggunakan software apapun selain Windows 9x yang anda miliki yaitu dengan memanfaatkan fasilitas Direct Cable Connection. Caranya begini : 1. Aktifkan fasilitas Direct Cable Connection pada Start/ Settings/Add Remove Program/Windows Set Up/ Communications/Details/ Direct Cable Connection. Lakukan ini pada dua komputer yang mau dihubungkan satu sama lain. Kedua komputer tidak harus sama Windows-nya, misalnya yang satu Windows 98 yang lain Windows 95, kemudian Restart. 2. Pada saat Restart ubah setting BIOS kedua komputer ke ECP atau ECP+EPP. Usahakan setting BIOS pada kedua komputer itu sama. Kalau salah satu komputer tidak mendukung EPP atau ECP terus bagaimana? Bikin saja setting salah satunya adalah

6.

TIDAK BISA NGE-PRINT
Helo rekan-rekan milis. Saya mau bertanya lagi. Saya mau ngeprint, tapi bingung bagaimana cara men-set printer saya. LPT-nya tidak onboard, pake card I/O. Tolong kepada yang mengetahui, bagaimana cara setting-nya. Termasuk cara untuk setting BIOS-nya.

Kemungkinan pada saat Anda menginstal ada yang

Terinstalasinya LAN Card akan membentuk satu icon Network Neighborhood. Di situ juga Anda bisa mengatur jenis protokol anda untuk menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya. Masalahnya Anda ingin menghubungkan dua komputer tanpa adanya LAN Card, berarti komunikasinya pakai apa ? Atau Anda hanya ingin mempertukar file diantara dua komputer saja? Untuk yang satu ini Anda cukup memakai kabel Laplink dan

7.

“Normal” Saya menggunakan Notebook Acer Note Light (Pentium 100 memori 40MB) setting BIOS Normal dan PC IBM Aptiva (200 MMX memori 48MB) setting BIOS ECP, Alhamdulillah keduanya dapat terkoneksi. Setting BIOS ini penting karena kegagalan koneksi antar dua komputer ditentukan oleh setting ini. Kemudian Start/Settings/ Control Panel/Network. Pada bagian Configuration klik File and Print Sharing kemudian centang atau checkbox “I want to be able to give others access to my files”. Biarkan Windows Anda melakukan ”Building driver information databases”. Biasanya sih Windows akan meminta kita untuk menginsert CD Instalasi Windows kita (entah Windows 98 atau Windows 95). Karena itu biasakan meletakkan Windows (mentahnya) di C supaya kalau ada kasus semacam ini kita tidak perlu kelabakan mencari CD Windows. Kemudian Start/Settings/ Control Panel/Network. Pada bagian ‘The following network components are installed” soroti “Client for Microsoft Networks” lalu klik tombol Add. Lalu tambahkan IPX/SPX-compatible Protocol dan NetBEUI. Pada bagian Network Logon harus “Client for Microsoft Networks” juga. Klik OK. Biasanya setelah tahapan ini komputer minta untuk di restart. Start/Settings/Control Panel/ Network. Klik “Identification”. Isikan Computer Name dengan, misalnya “Mobil” untuk komputer yang satu dan “Motor” pada komputer yang lain. Pada workgroup isikan “workgroup”. Pada Computer Description isikan masing-masing “Gorilla” dan “Godzilla”. OK, Restart. Jangan lupa menghubungkan kedua komputer dengan kabel paralel pada saat sebelum me-restart kedua komputer Anda. Dengan Explorer klik kanan Folder yang mau di-share lalu klik Properties klik Sharing klik Shared as dan pada bagian Access Type isikan Full atau Depends on Password terserah yang Anda mau. Nah sekarang yang terakhir, Start/Program/Accesories/ Communication/Direct Cable Connection. Satu komputer dibuat sebagai Host dan komputer yang lain dijadikanGuest. Mudahmudahan berhasil
Abimanyu D. Nusantara

PCplus 23

plusProduk

No.17/II/20 Februari 2001

56K MESSAGE MODEM DARI US ROBOTICS
Bagi pengguna komputer,
memasang modem untuk bisa mengakses jaringan maya bisa menambah nilai plus PCnya. Ya, dengan modem, Anda bisa menjelajah dunia! Sadar akan kebutuhan para pengguna PC, 3Com US Robotics kemudian memproduksi berbagai macam tipe modem mulai dari modem onboard hingga yang eksternal. Salah satu jenis produk keluaran mereka yang merupakan modem eksternal ini adalah 56K Message Modem. Dilihat dari kemasan yang dipakai, 3Com nampaknya benar-benar memperhatikannya dengan paduan warna-warna yang menarik. Dari kemasannya pun calon pembeli bisa memperoleh berbagai macam informasi penting seputar modem yang satu ini. Keunggulan memakai modem 56K Message Modem,

berbagai fasilitas yang disediakan, serta gambaran display software yang dipakai merupakan salah satu informasi penting yang bisa dilihat begitu melihat kemasan modem ini. Pada produk ini, 3Com US Robotic menyertakan pula petunjuk pemasangan instalasinya perangkat kerasnya ke komputer dengan jelas dan disertai gambar yang amat membantu. Selain petunjuk instalasi, dalam paket tersebut

juga disertakan petunjuk penginstalan software yang dibutuhkan secara lumayan terperinci. Mereka juga menyertakan kartu garansi dan petunjuk pemakaian ferritate clamp dalam 3 bahasa. Pada hardware-nya juga diberikan penjelasan lampu-lampu tanda yang ada. Modemnya sendiri cukup ringan dan kompak dengan warna hitam yang jadi warna dasarnya. Yang menarik,

modem ini bisa disambung ke jaringan telepon tanpa harus melepaskan pesawat telepon Sehingga apabila pemakai sedang tidak menggunakannya untuk mengakses Internet, jaringan telepon akan berfungsi seperti biasa. Koneksi dengan PC juga mudah. Cukup dengan menghubungkannya dengan interface COM pada PC, pemakai sudah bisa tersambung ke Internet. Fitur-fitur menarik yang ditawarkan modem ini berupa kemampuan untuk menerima faximile dan dan voice message meskipun PC sedang tidak beroperasi. Untuk fasilitas suara, Message Modem ini telah memakai sistem teknologi Full Duplex meskipun untuk itu pengguna harus memiliki speaker yang terpisah. Dengan modem ini penggunanya juga dapat melakukan video conferencing, tentunya setelah ditambah perangkat tambahan lain seperti webcam, microphone, dan lain-lain. Untuk bisa dipasang pada PC, ada syarat-syarat teknis minimum yang harus dimiliki PC antara lain sistem operasi yang dipakai, kapasitas minimum memori dan harddisk serta CDROM yang harus tersedia. Nah,

jika Anda jeli, ada sedikit kerancuan dalam sistem minimum yang harus dimiliki antara kemasan dan tempat CD software yang disertakan. Yang amat membantu pengguna awam adalah berbagai informasi yang dapat dilihat dalam CD yang diberikan. Pengguna misalnya dapat mengetahui secara detil cara penginstalan maupun fitur dari masing-masing fasilitas yang disediakan dalam Message Modem ini. Pengguna juga bisa mengetahui berbagai macam modem keluaran US Robotics yang ada, lengkap dengan berbagai spesifikasi teknisnya. Software yang ditawarkan dalam CD ini juga lumayan lengkap dan sesuai dengan berbagai keperluan. Bagi pembeli modem ini, disertakan pula Lifetime Limited Warranty dengan penggantian dan perbaikan dari pabrik untuk penggunaan normal selama produk ini masih ada di pasaran. Selain itu, mereka juga memberikan sebuah CD antivirus dari PCCillin secara gratis untuk tiap pembelian per unitnya. Menarik bukan? (sil)
PT TRI MITRA SEJATI Phone : 62-21-6018124

Mugen e-Station 2500:

KOMPUTER LENGKAP BUAT KANTOR ATAU RUMAH
Bersamaan dengan
diumumkannya penurunan harga sejumlah besar prosesor Intel, PT Multicom Persada International, produsen komputer merek MUGEN, di awal tahun 2001 ini kembali meluncurkan produk barunya, Mugen eStation 2500. Bila Anda adalah pemakai komputer yang sangat mendambakan komputer pribadi yang mampu dioperasikan baik di kantor maupun di rumah, Mugen e-Station 2500 bisa menjadi salah satu pilihan. Mugen e-Station 2500 dipasarkan dalam tiga versi, versi Office yang dilengkapi dengan HDD & Fax/Modem (network ready dan Internet ready), versi Home yang dilengkapi dengan Multimedia, dan versi Standard yang memberikan kebebasan kepada penjual/ pemakai untuk melakukan kustomasi atas komputer yang ingin dibelinya. Mugen e-Station 2500 dipasarkan

dengan dua pilihan warna casing, biru (blue) dan abu-abu (grey) yang sangat menawan. Mugen e-Station 2500 mendukung prosesor keluaran terakhir, mulai dari Intel Celeron 600-766MHz (66MHz FSB) hingga Intel Pentium III 5501000MHz (100/133 MHz FSB). Menggunakan teknologi memory dengan dua pilihan yaitu SDRAM PC-133 atau SDRAM PC-133 with ECC (Error Checking and Correction), fitu ini akan meningkatkan laju transfer data hingga 1066 MB/s. Mugen e-Station 2500 memiliki

standar 64MB SDRAM PC-133, dengan kemampuan pengembangan hingga 1GB. Untuk memanjakan kebutuhan grafis pemakainya, baik bagi pemakai program animasi maupun para gamemania, PC ini dilengkapi dengan VGA Shared Memory yang memungkinkan pengaturan sistem memori yang dialokasikan untuk video memori, mulai dari 2 MB hingga 64 MB. Mugen e-Station 2500 juga telah dilengkapi dengan PCI Audio dengan fitur Cmedia CMI8738 3D audio

controller yang memiliki SoundBlaster 16 DSP audio emulator, integrated network interface 10/100 Mbps dengan fasilitas Wake On LAN dan 1 PCI Slot, 1 PCI/AMR Shared Slot, serta 5 USB port. Mugen eStation 2500 bisa dipasangkan dengan tiga pilihan monitor: 14”, 15” dan 17”, dan karena mendukung Ultra DMA/66 maka bisa mendukung penggunaan CD ROM Drive, DVD ROM Drive, CD R/W, LS-120 Drive, maupun Tape Backup drive. Mugen e-Station 2500 sanggup dioperasikan dengan aneka pilihan sistem operasi seperti Windows 98 SE, Windows Millenium Edition (Me), Windows 2000 Professional, Linux RedHat dan Linux Trustix. Garansi untuk Mugen e-Station 2500 adalah 1 (satu) tahun untuk suku cadang & layanan, khusus untuk motherboard 3 (tiga) tahun suku cadang & layanan. Ir. Sutiono Gunadi, General Manager PT Multicom Persada International menegaskan, “Mugen e-Station 2500 dipasarkan dengan harga yang sangat ekonomis agar dapat dijangkau oleh semua segmen konsumen Indonesia dengan harga mulai dari 550 dolar AS. Bahkan para perakit komputer sekarang tidak perlu repotrepot merakit sendiri, karena

dengan membeli Mugen eStation 2500 Standard, menambahkan HDD, dan periferal lainnya yang diperlukan oleh konsumen. Dilihat dari fitur-fitur yang dimilikinya, Mugen eStation 2500 ini cocok untuk aplikasi SOHO. Apa itu? SOHO adalah singkatan dari Small Office Home Office. Memang, dengan penurunan harga prosesor yang dilakukan oleh Intel, konsumen bakal menikmati keuntungan dengan mendapatkan PC tangguh dengan harga relatif terjangkau. Itu dengan catatan bila komputer tidak dianggap sebagai barang mewah yang harus dikenai pajak pertambahan nilai (PPN). Para perakit komputer pun cukup memasarkannya saja, dan keuntungan sudah didepan mata, karena semua garansi telah dijamin oleh Mugen. Mugen e-Station 2500 telah dapat dibeli di geraigerai Multicom, Metrodata Store maupun dealer dan reseller-nya di seluruh Indonesia.” (snu)
PT MULTICOM PERSADA INTERNATIONAL Komplex Green Garden Blok A14 No. 32, Jl. Daan Mogot Km.3, Jakarta 11520 Phone : 62-21-5803277, Fax : 62-21-5802835 Email : mugen@mugen-pc.com Website : www.mugen-pc.com

24 PCplus

plusProduk
PCPartner:

No.17/II/20 Februari 2001

MOTHERBOARD ALTERNATIF DENGAN SOCKET A
Mungkin Anda berniat
menggunakan prosesor merek AMD yang terkenal mudah di-overclock, tapi Anda tidak tahu harus memilih motherboard yang mana yang harus dipakai agar prosesor tersebut dapat dipakai. Hal ini wajar mengingat beredarnya sejumlah merek dengan beraneka ragam tawaran menarik. Untuk motherboard yang mendukung prosesor AMD, berbagai pilihan memang sekarang memang banyak bermunculan meskipun dari segi jumlah masih terbatas dan kalah dengan jumlah motherboard untuk prosesor Intel. Meskipun pilihannya relatif terbatas, mungkin Anda masih bingung motherboard mana yang harus dipilih? PC Partner sebagai salah satu produsen motherboard menawarkan

alternatif pilihan motherboard ber-socket A yaitu dengan model KT133ASA-911 Untuk motherboard model ini, PCPartner sengaja memilih chipset Via KT133 sebagai polisi datanya yang saat ini memang menjadi salah satu chipset favorit yang dipakai untuk motherboard berprosesor AMD. Jika dilihat dari fitur-fitur yang ditawarkan, tampaknya memang cukup memenuhi kebutuhan pemakai. Dari

jumlah PCI misalnya, model ini menawarkan 5 buah PCI yang bisa menampung beberapa perangkat tambahan yang mungkin akan dipasang. PC juga masih manawarkan slot ISA untuk perangkat tambahan, meskipun kemungkinan pemakaiannya kecil karena kecepatan transfernya yang lebih lambat dibanding PCI. Untuk urusan kartu grafis, motherboard ini sudah menyediakan sebuah universal

AGP slot 4X mode support. Dengan demikian, apabila pengguna ingin menambah VGA card yang pada umumnya menggunakan tipe slot AGP ini, fasilitasnya telah disediakan. Selain slot AGP, motherboard PCPartner ini juga menyediakan sebuah Audio Modem Riser (AMR) agar PC dapat disambungkan ke jaringan Internet. Untuk sistem memori, motherboard KT133ASA-911 ini memiliki 3 buah socket DIMM 168 pin untuk mensupport memori SDRAM PC100 dan PC133. Meskipun memiliki 3 buah socket DIMM, motherboard ini hanya mampu menampung besarnya memori maksimal sampai 768MB. Untuk sistem interface harddisk, floppy disk maupun CD-ROM, motherbord buatan PCPartner ini masih memakai ultra DMA33/66. Padahal untuk harddisk misalnya, di pasaran yang beredar sudah banyak yang memakai harddisk dengan ultra DMA100. Yang menarik, motherboard ini menawarkan berbagai fasilitas onboard seperti port USB yang berjumlah 4 buah, dua buah 16550-

compatible UART serial port, PS/2 mouse port, dan port multimedia seperti mike, speaker dan sebuah line in dan MIDI. Motherboard ini juga memiliki sound card yang onboard: AC97 sound. Semua fasilitas tersebut bisa dibilang cukup memadai buat pengguna rumahan. Namun demikian, ada beberapa kelemahan yang mungkin tidak disadari oleh produsen pembuatnya. Salah satunya adalah nama tipe motherboard yang agak sukar dicari. Pada buku manualnya pun pengguna hanya diberi model code-nya saja. Buku manualnya pun tidak memuat panduan cara pemasangan komponenkomponen lain satu per satu pada motherboard ini seperti pada kebanyakan buku manual merek lain. Jadi, bagi para pemula yang tidak biasa merakit, pasti akan mengalami kesulitan dalam proses penginstalannya. Pada buku manual hanya dijelaskan detail pemasangan jumper untuk beberapa frekuensi clock maupun kecepatan CPU. (sil)

IKLAN ORB

PCplus 25

plusPanduan
Setelah Anda membeli SDRAM, mungkin Anda ingin mengetahui apakah SDRAM Anda memberikan kemampuan sesuai dengan spefikasi. Mungkin tidak salah jika Anda mengetahui beberapa istilah dalam SDRAM seperti: ECC dan Non-ECC. ECC singkatan dari error correction code yang artinya, SDRAM ini memiliki kemampuan untuk mengecek 1 bit untuk verifikasi error. Karena kamampuan error correction ini maka kerja ECC lebih lambat daripada non-ECC. Hal ini diakibatkan adanya proses verifikasi memori pada setiap siklus cyclenya berbeda dengan non-ECC yang tidak melakukan hal ini.

Henry Syarifuddin

No.17/II/20 Februari 2001

APAKAH ANDA MEMBELI SDRAM YANG TEPAT?
Merek chipset (MHz) NEC Fujitsu Siemens Hitachi Hyundai Micron Mosel Vitalic –8 Mitsubishi Texas Instrument Mitsubishi Mitsubishi LGS LGS Samsung Hyundai Spectek 128MB Infineon-8 Toshiba -8 Spectek -8 Micron Samsung Samsung LGS Samsung Siemens Siemens –8 Siemens –8 Hyundai-75 64MB Kingmax -7 Micron -75 Mushkin Kode chipset D4516821G5 MB81117822A-100 HYB39S16800T-8 HM5216805TT10H HY57V168010A TC -10 48LC2M8A1 TG -10S V54C365804VCT8PC M5M64S30ATP-8 TI-8 TMS664814DGE M5M4V64S40ATP-8 M5M4V64S40ATP-8 7J 7K -GL HY57V658020TC-10 MT48LC8M8A2 HYB39S64160BT-8 KGM100X4C3/128 SG S59952 524LKT-8A 48LC8M8A2 TG-8C KM48S8030CT-G7 KM48S8030BT-GH GM72V66841CT-7J -G8 HYB39S64800-AT HYS6V8300GU-8 HYS6V8300GU-8 GM72V66841ET75 TSV884T4A1A -7 KTI MT8LSDT864AG-133B4 SM12808DT-7.5 Kecepatan Normal Kecepatan (MHz) maks 66 66 66 66 66 66 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 133 133 133 133 100 100 100 112 112 124 100 103 112 112 112 112 112 112 112 120 125 125 125 133 133 133 133 139 140 144 144 135 140 150 153

ECC biasanya baru dapat
dirasakan kelebihannya jika Anda menggunakannnya di sebuah server. Bahkan COMPAQ sangat mewajibkan pada setiap servernya untuk menggunakan SDRAM jenis ini. Untuk sebuah server yang mengerjakan beberapa ratus atau mungkin ribuan perintah dalam satu kali proses, ECC sangat membantu karena jika terjadi kesalahan karena kesalahpembacaan memori, maka dipastikan komputer-komputer klien yang terhubung dengan server akan mengalami gangguan juga. Latency atau delay memory digunakan dalam proses sinkronisasi kecepatan memori dengan bus. Jika proses sikronisasi ini tidak mulus, efek di PC adalah hang. Anda pasti pernah melihat fitur BIOS yang mengatur latency/CAS ini. Jika kita set latency dengan nilai 2-22 pada BIOS dengan kemampuan SDRAM yang tidak sesuai maka BIOS biasanya menyarankan kita untuk

memberikan nilai 3 supaya terhindar boot failure atau mungkin juga hang. Pengisian parameter ini biasanya di BIOS terlihat 2-2-2, 3-2-2 atau 3-3-3. Beruntung jika Anda memiliki BIOS dengan fitur SPD (Serial Presence Detect) karena fitur ini akan memberikan kemudahan dengan penyesuaikan kecepatan memori optimum yang bisa dicapai selama PC beroperasi.

Speed dapat dilihat dari laser mark di chipset biasanya diberikan tanda minus dan angka. Contoh berikut dari kode chipset terlihat bahwa artinya adalah SDRAM Micron ini memiliki speed –8n dan latency 2 (2-2-2). Dengan demikian kita bisa menyimpulkan bahwa SDRAM ini sebenarnya bisa di-push bekerja di bus 133MHz dengan latency 3. Dilihat dari kode

chipset-nya SDRAM ini sebenarnya didesain agar bisa bekerja di standar bus 100MHz. Hal ini bisa dilihat dari initial –8 yang tercetak di atas chip. Berbeda jika Anda mendapatkan kode –75 yang memang didesain untuk bekerja di bus 133MHz dan –8 bekerja di 125MHz dan –10 di 100MHz. Sebenaranya latency tidak terlalu memberikan pengaruh kecepatan yang signifikan karena hitungan latency ini adalah dalam hitungan nanosecond dan sebenarnya jika Anda menemukan tanda –10, -8, -7 atau –75 adalah suatu remark dari pembuat chip untuk memberikan informasi kepada kita bahwa memori tersebut bisa bekerja sesuai dengan speed yang ditargetkan, jika Anda menemukan ternyata SDRAM tersebut bisa bekerja lebih cepat maka itu merupakan nilai tambah dari suatu merek chipset. Pada kenyataanya memori tidak bermerek banyak memberikan angka yang tidak sesuai dengan kemampuan sebenarnya (remark memory). Untuk mengetahui hal ini maka uji coba harus dilakukan untuk verifikasi bahwa tanda minus pada chip tersebut benar. Untuk pengujian yang bersifat sangat presisi membutuhkan alat penguji SDRAM yang dinamakan SIMMTester. Anda bisa mengunjungi situs WWW.SIMMTESTER.COM. Mengingat harga alat ini sangat

mahal maka pengetesan SDRAM ini cukup menggunakan motherboard dengan SDRAM yang akan dites. Mengindetifikasi SDRAM ber-bus 100 atau 133 dengan cara menggunakan software DIMMID.EXE Tetapi software ini hanya bisa berjalan di motherboard dengan chipset i440BX seperti Soyo SY-BA series. Software ini akan menampilkan jumlah bank yang terisi oleh SDRAM, Manufaktur, part number, serial number, size, type dan ISpec (working bus speed). Part number dan serial number hanya akan terisi informasinya jika SDRAM yang Anda tes adalah Original Module. Apa yang dimaksud dengan Original Module adalah chip dan PCB ( Printed Circuit Board) berasal dari pabrik yang sama. Misalnya Original Module Hyundai adalah mempunyai arti chip-nya dan PCB berasal dan dirakit langsung oleh Hyundai. Kelebihan dari original module ini, selain kualitasnya lebih baik, ia overclockable. Namun tidak semua Original Module bisa dioverclock. Cara membedakannya adalah dari penampilan fisiknya saja Anda sudah dapat membedakan karena perakitannya cenderung lebih rapih dan biasanya ada stiker barcode nomor serialnya tertempel di atas chip. Dari tes yang dilakukan, terbukti bahwa SDRAM yang berkualitas tinggi dapat mencapai kecepatan di atas rata-rata. Pada saat ini SDRAM PC133 yang berkualitas tinggi sangat diminati oleh para overclocker untuk mengoptimumkan CPU mereka. Sebagai contoh CPU Duron 600 MHz sebenarnya bisa di-push ke 1GHz dan P3-450 bisa di-push ke 600MHz dengan FSB 133. Tentunya dengan SDRAM berkualitas tinggi. Nah, sekarang kembali ke kita semua apakah kita peduli dengan kualitas SDRAM yang akan digunakan di PC kita?

DAFTAR AGEN BARU PCplus
1 2 3 4 SBS COMPUTER M2M LT. 3 NO. 34 Telp. 6017504 HARCO M2 LT. 1 NO. 67A Telp. 6126177 COMPUTER EXPERT M2M LT. 5 B.16 Telp. 6000325 SARANA COMPUTER SYSTEM RATU PLAZA LT. III-2 Telp. 8700361, 8700478 PT CYBERGEN TEKNOTAMA 4/F RATU PLAZA SHOP 40 JL. JEND. SUDIRMAN 9 Telp. 72798277, 72798278 HUDIONO JL . SURAPATI, DEPAN KANTOR IMIGRASI KOKESMA ITB JL. GANESHA NO. 10 KATON LESTARI JL. BOJONG WETAN NO. 7 TB. GRAMEDIA PETA JL. PETA NO. 77 TB. GRAMEDIA MERDEKA JL. MERDEKA NO. 43 YUDA AGENCY/BP. DADANG KUSTIA JL. CIBANGKONG 286/120 MADUK DARI GATOT SUBROTO DIDIN AGENCY JL. DALEM KAUM NO. 130 Aa Telp. (022) 434501 ALPHABETH AGENCY KOMPLEX PERMATA INDAH JL. CONBLOK 18, HOLIS SABANDA/H. IHIN JL. WR. SUPRATMAN NO. 16 ENCENG AGENCYSUMEDANG JL. TALUN NO. 66 MONITA AGENCY/ H. ASEP DAHYAN JL. BANK NO. 30 B SARIKSA/ AHMAD NASUHA JL. PASEH 13 JAKARTA 17 18 JAKARTA JAKARTA JAKARTA 22 BANDUNG BANDUNG BANDUNG BANDUNG BANDUNG BANDUNG 28 BANDUNG 29 BANDUNG 30 25 26 27 23 24 19 20 21 CIREBON AGENCY JL. LEMAH WUNGKUK 108 (0231) 203376 SUMBER INFORMASI JL. KATIYASA NO. 34 TB. GRAMEDIA GRACE MALL KEJAKSAN JL. TENTARA PELAJAR NO. 1 FAJAR AGENCY JL. NUSANTARA NO. 4 ERLANGGA AGENCY JL. ERLANGGA RAYA 24 PRASOJO AGENCY JL. DRUPADI 2B - 6 KOMP. PERUMAHAN INDRAPRASTA HARIANI AGENCY JL. PLAMPITAN 20 DUTA AGENCY JL. KAKAP I NO. 01 RUKO SEBANTENGAN BARU, UNGARAN Telp. (024) 443947 ADILA AGENCY JL. IMAM BONJOL 65 HARTONO AGENCY JL. DORANG 122 A TB. GRAMEDIA JL. PANDANARAN 116 MAHKOTA JL. AIRLANGGA RAYA NO. 31 Telp. (024) 3515360 FOKUS AGENCY JL. MENTERI SUPENO NO. 30 KOTARO AGENCY JL. SATRIA WIBOWO I/40 TLOGOSARI Bpk. JAYRIAN KEISHNA Telp. 08164885610 CAKRAWALA AGENCY JL. NAMBURAN KIDUL 10 HETTY AGENCY JL. GODO INTEN UH VI / 53 E SOROSUTAN HIDUP AGENCY JL. DAGEN 70 A, Telp. (0274) 587921 ALFA AGENCY CIREBON 35 CIREBON 36 CIREBON 37 PEKALONGAN 38 SEMARANG 39 SEMARANG SEMARANG SEMARANG 40 41 42 SEMARANG SEMARANG 44 SEMARANG SEMARANG SEMARANG SEMARANG 47 48 YOGYAKARTA 49 YOGYAKARTA 50 YOGYAKARTA 51 YOGYAKARTA 45 46 43 JL. SEKIP KIOS NO. 8 Telp. (0274) 581882 TB. SARI ILMU 2 JL. MALIOBORO 117 LAMHABA AGENCY JL. LAKSDA ADISUCIPTO 151 OESEP KURNIADI JL. IROMEJAN GK. III / 733 Telp. (0274) 511338 ROSID / JOKO RAHARJO JL. IROMEJAN NO. 29 TOGAMAS JL. GEJAYAN NO. 1 PEREMPETAN CONDONG CATUR Telp. (0274) 542468 TB. GRAMEDIA JL. MALIOBORO 52-57 TB. GRAMEDIA JL. JEND SUDIRMAN 56 TELEMEDIA (WARTEL) JL. SUDIRMAN NO. 54- 56 EMILIA TITIS JL. JATI MULYA TR I NO. 569 Telp. (0274) 548434 TB. ABC JL. SLAMET RIYADI 30 A Telp. (0271) 47832/44345 SENDANG MULIA AGENCY PASAR BESAR WETAN NO. 8 TB. MATAHARI JL. KH. A. DAHLAN 35 Telp. (0271) 45161 SURYA AGENCY JL. KH. A. DAHLAN 58 Telp. (0271) 52375 MOEDIONO JL. BANYU URIP WETAN IV/ 32 A Telp. (031) 5661383 TERBIT AGENCY JL. PANDEGILING V / 42 A Telp. (031) 5630787 TB. GRAMEDIA JL. BASUKI RAHMAT 95 TB. GRAMEDIA JL. MANYAR KERTOARJO 16 52 YOGYAKARTA 53 YOGYAKARTA 54 YOGYAKARTA YOGYAKARTA 55 YOGYAKARTA TB. GRAMEDIA TUJUNGAN PLAZA I JL. BASUKI RAHMAT 8-12 TB. URANUS JL. NGAGEL JAYA 91 CV. USAHA BERSAMA JEMBATAN MERAH PLAZA LT. DASAR NO. 40 UP. IWAN/RUDI Telp. (031) 3556256 PENNY HARTINI JL. MANYAR SABRANGAN VII/14 Telp. (031) 5928415 SURABAYA SURABAYA SURABAYA

PEMENANG KUIS EDISI 11
1 Ali Rosjidi Josroyo Indah D.124 RT. 06/XVI Jaten, Karanganyar, Solo Jawa Tengah 57111 2 Fitriadi Pramono Jl. Pajang 12, Winongo - Madiun Jawa Timur 63126 3 Yusi Tyroni M Griya Shanta J. 113 Malang - Jawa Timur 65147 4 Asryadi Bakri BTN Makkio Baji C5/22 Kel. Bangkala, Kec. Panakukang Makasar 90235 5 Gunadi Jl. Elang Raya No. 5 Perumnas, Cirebon 45141 6 Idrus Agil A Jl. KH. Mas Mansyur 25A Rt 003/011 B.39/4/2 Tanah Abang 10240 7 Rendy Y Jl. Sawah Lio III No. 4 RT. 011/07, Jakarta 11250 8 Johnson HC. Lukito Perum Tambak Mas 26 Yogya 55182 9 Sapphire Nusa Hantari Jl. Raya Kediri 38 Cerme - Pace Nganjuk - Jawa Timur 64472 10 Ari Aryadi Jl. Simpang No. 65 Padalarang 40553 Bandung - Jawa Barat

SURABAYA

5 6 7 8 9 10

YOGYAKARTA YOGYAKARTA YOGYAKARTA YOGYAKARTA SOLO SOLO SOLO SOLO SURABAYA SURABAYA SURABAYA SURABAYA • Jasatama Hayam Wuruk 6267863, 6261524 • Anagho (Wilayah Sudirman & Thamrin) 3151854, 3103512 • Cahaya Gemilang (Condet, Cililtan Kecil) 8001849 • Dwi Wati Agency (Wil. Salemba) 3151036 • Aridar Agency(Klender) 4611656 • Arfan (Daan Mogot) 5406127 • Yensos/Esi (Wil. Kebayoran) 739553,7221929 • Purba Agency (Wil Pasar Minggu) 7971127 • Jasatama Bekasi 8853817 • Jasatama BSD 5372754 • Budiharjo (BSD) 5382572 • Lab Komp. TI/SI, STIMIK Budi Luhur (Cileduk) 5853753 • Garsegor (Bogor) (0251)663302 • Alphabet (Wil. Bandung) (022) 6075675, 6073673 • Asep (022)2512896 • Prima Agency (Wil Bali) (0361)241433

DI MANA ANDA BISA BERLANGGANAN?

11 12 13 14 15 16

CIAMIS 31 32 GARUT 33 TASIKMALAYA 34

26 PCplus

plusHarga
JAKARTA
HARGA KOMPUTER & PERIFERAL – JAKARTA KURS 1 US$ = RP 9.500,(Harga sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu) HARGA DALAM RUPIAH MOTHERBOARD ASUS CUR-DLS Intel 82559 (FCPGA) P4T Intel 850 (FCPGA) CUSL2 Intel 815 (FCPGA) CUSL2-C Intel 815 (FCPGA) CUV4x-C Via 694 (FCPGA) P3V-4x Via 694 (Slot 1) P3V-133 Via 693 (Slot 1) P5AB Alladin 5 (Slot 1) A7V Via KT133 (FCPGA) A7VPro Via KT133 (FCPGA) K7V-RM Via KX133 (Slot A) P3WE Intel 810E (Slot 1) CUW-RM Intel 810, Au (FCPGA) CUW-RM Intel 810 (FCPGA) CUSI-FX Sis 630, Au (FCPGA) JETWAY BX994AN (Slot 1+PPGA) BX994AS (Slot 1+PPGA) 911AF (Slot 1+PPGA) 913AF (Slot 1+PPGA) 920BF (Slot 1+PPGA) V89-993BF Via 693A J-530BF (Sock. 7 - 100MHz) J-630BN SIS 630 J-618AF Intel Solano 815 J-630CF SIS 630 J-630CN SIS 630 J-693AS Via 693A J-663AS Via KX133 (Slot A) J-771AS Athlon ATX P6BAT Via 693, Au INTEL D815 EPEA Intel 815 EP (FCPGA) D815EEA Blk Intel 815E (FCPGA) D815EEA Box Intel 815E (FCPGA) CA810EA Intel 810E (FCPGA) DMO 810EMO Intel 810E (FCPGA) D850GB Intel 850 (FCPGA) HARDDISK QUANTUM Fireball 10 GB Fireball 20 GB PORTABLE DRIVE ORB EIDE 2,2 GB Internal Drive SCSI 2,2 GB Internal Drive SCSI 2,2 GB External Drive USB 2,2 GB External Drive MEMORI SPECTEK SDRAM 64 MB PC 100 SDRAM 64 MB PC 133 SDRAM 128 MB PC 100 SDRAM 128 MB PC 133 SDRAM 256 MB PC 133 VGA CARD ASUS V7700 Ultra 64MB (GeForce2 Utra) V7700 Deluxe 64MB (GeForce2 GTS) V7700 Deluxe 32MB (GeForce2 GTS) V7700/T 64MB (GeForce2 GTS) V7700/T 32MB (GeForce2 GTS) V7700 Pro 64MB (GeForce2 pro) V7700 64MB (GeForce2 GTS) V7700 32MB (GeForce2 GTS) V7100 Deluxe Combo (GeForce2 MX) V7100/T 32MB (GeForce2 MX) V7100 32MB (GeForce2 MX) V3800 Pro Deluxe 32MB (Riva TNT2 ) V3800 Magic/T 16MB (Riva TNT2 M64) V3800 Magic 32MB (Riva TNT2 M64) V 3 3000 16MB (Vodoo 3 3000) V300C 16MB Sis 305 V2000 8MB PIXELVIEW Riva TNTM64 16MB AGP Riva TNTM64 32MB AGP Riva GeForce256 32MB AGP OCTEK SIS 6326 (1x32) 8MB 2xAGP S3 Savage4 16MB 2x/4x AGP Nvidia Riva TNT II Vanta 16MB Nvidia Riva TNT II M64 32MB GeForce 2MX SDR (4x16) 32MB GeForce 2MX SDR (2x32) 32MB GeForce 2MX TV 32MB 285,000 275,500 532,000 503,500 997,500 1,710,000 1,805,000 2,090,000 2,232,500 874,000 969,000

No.17/II/20 Februari 2001

7,315,000 3,401,000 1,463,000 1,358,500 1,045,000 1,121,000 874,000 864,500 1,567,500 1,415,500 1,311,000 1,254,000 1,016,500 969,000 997,500 674,500 693,500 684,000 826,500 598,500 608,000 674,500 712,500 912,000 741,000 722,000 608,000 874,000 950,000 446,500

IKLAN BARIS
KOMPUTER
JUAL MURAH Dapatkan dengan harga bagus, komputer 2 nd + Monitor 14” s/d 21” (Garansi!!). Informasi lanjut, hub.: Elextor (021) 6288311 atau Fax. (021) 6121512, E-mail: sales@elextor.co.id Untuk Dealer berlaku harga khusus.

5,386,500 4,180,000 2,612,500 3,971,000 2,460,500 3,923,500 3,819,000 2,356,000 2,147,000 1,254,000 1,102,000 1,624,500 836,000 674,500 893,000 522,500 408,500 560,500 693,500 1,567,500 247,000 361,000 399,000 494,000 836,000 874,000 921,500

SERVICE
TERIMA PANGGILAN Service Hardware/ Software/Install/Upgrade/Rakit/Setting driver/ Internet & Multimedia. Sedia Accessories & Spare Parts Ok bergaransi. Teknisi lapangan berpengalaman. Hubungi: (021) 9184225

LAIN-LAIN
HEBOH!!! VCD SULAP!!! PASTI BISA!!! Kini tersedia VCD MAX MAVEN (USA), belajar sulap mental seperti yg Anda saksikan di televisi, VCD Expert Coin Magic David Roth yg akan membuat Anda menjadi “Coinman” alias Master Koin yg dpt mengubah coin/uang logam, menghilangkan coin, transfer coin, dsb. Juga aneka sulap kelas dunia utk hobby & pro seperti Metal Bending membengkokkan sendok ke samping & terpelintir, dgn teknik psychokinetic. Kunjungi www.Davidsmagic. com situs sulap pertama & #1 di Indonesia! Email: my@davidsmagic.com! Davidsmagic.com Millenium melayani seluruh Indonesia dgn harga kompetitif & terpercaya! Pembayaran mudah melalui ATM/Bank/Internet Banking BCA!

1,178,000 1,273,000 1,311,000 1,235,000 1,463,000 2,185,000

LOWONGAN
hrd@Asia-Star.net - Distributor produk komputer dan informatika membutuhkan : • Pembukuan • Marketing • Sales (kendaraan sendiri). Diutamakan berpengalaman. Lamaran dikirim via e-mail di atas atau PO BOX 1266 JKT14012

Majalah InfoKomputer, Fotomedia & Tabloid PCplus
membutuhkan:
1. Account Executive (AE-IK) Pria/Wanita Usia maks 26 th D3/S1 semua jurusan Mempunyai SIM A Memiliki keterampilan interpersonal dan komunikasi yang baik - Berpenampilan menarik - Mampu berbahasa Inggris dengan baik (aktif & pasif) 2. Staf Redaksi (RED-FM) Pria/Wanita S1 semua jurusan Usia maks 27 th Menguasai bidang fotografis Mampu menulis artikel dengan 6. bahasa Indonesia yang baik dan benar (lampirkan artikel yang pernah dibuat) - Mampu berbahasa Inggris dengan baik (aktif & pasif) 3. Staf Redaksi (RED-IK) - Pria/Wanita 7. - S1 semua jurusan (diutamakan Teknik/MIPA) - Usia maks 27 th - Mampu menulis artikel dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar (lampirkan artikel yang pernah dibuat) 8. - Mampu berbahasa Inggris dengan baik (aktif & pasif) 4. Staf Penguji Lab (LAB-IK) - Pria - S1 Jurusan Teknik - Usia maks 27 th - Menguasai dasar perakitan komputer - Mampu menulis artikel dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar - Mampu berbahasa Inggris dengan baik (aktif & pasif) 5. Staf Promosi (PROMO-IK) Pria S1 Jurusan Komunikasi Usia maks 27 th Mempunyai SIM A Mampu berbahasa Inggris dengan baik (aktif & pasif)

SHUTTLE AV-30 Via Pro266, Cel/PIII, 3DDR 1,282,500 AV-32 Via Pro26, Cel/PIII, 2DDR 1,263,500 AK-12 Via KT133, Duron/Thunderbird 902,500 AV-18E Via 694X, Cel/PIII, UATA 100 788,500 MV-17E Via PM133, Cel/PIII, UATA 100 874,000 ME-21 Intel 815E, Cel/PIII, UATA 100 921,500 AE-22 Intel 815E, Cel/PIII, UATA 100 988,000 AV-61 Via 693A, Cel/PII/PIII, UATA 66 608,000 AV-11 Via 693A, Cel/PII/PIII, UATA 66 655,500 Hot 688V Via 693A, Cel/PII/PIII, UATA 66 674,500 AV-18 Via 694X, Cel/PIII, UATA 66 779,000 AK-10 Via KT133, Duron/Thunderbird, UATA 66 883,500 PROSESOR INTEL Tray Cel 500 (FCPGA) Box Cel 566 (FCPGA) Box Cel 600 (FCPGA) Box Cel 633 (FCPGA) Box Cel 667 (FCPGA) Box Cel 700 (FCPGA) Box Cel 733 (FCPGA) Box Cel 766 (FCPGA) Box Cel 800 (FCPGA) Tray PII 400 c/ 512 SECC2, Fan Tray PIII 533EB c/ 256 SECC2, Fan Tray PIII 533B c/ 512 SECC2, Fan Tray PIII 550 c/ 512 SECC2, Fan Xeon 933 (256K ATC, 133) Xeon 1000 (256K ATC, 133) Xeon 700 1 MB, 256K ATC, 133 Xeon 700 2 MB, 256K ATC, 133 Box PIII 733 FCPGA 133 Box PIII 750 FCPGA 100 Box PIII 800EB FCPGA 133 Box PIII 850 FCPGA 100 Box PIII 866 FCPGA 133 Box PIII 933 FCPGA 133 Box PIII 1 Giga FCPGA 133 Box PIV 1.3 + RDRAM 128 PC 800 Box PIV 1.4 + RDRAM 128 PC 800 Box PIV 1.5 + RDRAM 128 PC 800 AMD K6-2 3D 500 MHz+Fan Duron 650 MHz+Fan 684,000 779,000 807,500 817,000 874,000 921,500 978,500 1,235,000 1,510,500 807,500 1,149,500 1,130,500 1,206,500 4,911,500 4,911,500 13,167,000 21,945,000 1,776,500 1,776,500 1,985,500 2,090,000 2,118,500 2,612,500 2,926,000 4,550,500 5,595,500 7,790,000 541,500 589,000

Keyboard Newtech (Au+Internet)-Small Palm Rest for Keyboard Comfort LOGITECH Paket 10 Deluxe 104 Paket 10 New Touch Cordless Desktop iTouch Cordless iTouch Internet Keyboard SPEAKER ALTEC LANSING ACS 33X ACS 45.2X ACS 54X ARTIS MOZART 2 in 1 (Speaker + SubW) BEETHOVEN 4 in 1 (Speaker + SubW) LOGITECH SoundMan S4 (w/o SubW) 4W rms SoundMan X1 25W rms (SubW) SoundMan X2 40W rms (SubW) COMEP SP 158 150W PMPO SP 601 180W PMPO SP 6018 180W PMPO SP 6018 180W PMPO Imac PHILIPS A,23/00 Hi-End Multi 400W Subw A,25/00 Hi-End Multi 550W Subw MMS-140S Hi-End Multi 120W MMS-320 Hi-End Multi 600W Subw DDS-330 Hi-End Multi. 360W Subw DDS-370 Hi-End Multi 360W, USB UPS & STABILIZER ICA UPS 301B Pioneer 400VA UPS 601B Line Int 750VA UPS 102B Line Int 1250VA UPS CT 382B Compact 500VA UPS CT 682B Line Int 1000VA UPS CT 1082B Line Int 1600VA UPS ST 531C Stream Line 600VA UPS ST 831C On Line Sine 1000VA UPS ST 1231C On Line Sine 1500VA

52,300 14,300 150,000 135,000 829,000 510,000 255,000

CD-ROM/CD WRITER/DVDROM ASUS CD-S400 40x Speed CD-S500 50x Speed DVD-E608 8x DVD-ROM, 40x CD-ROM DVD-E612 12x DVD-ROM, 40x CD-ROM CRW-0804F CD-RW 8x/4x/32x BTC BTC CDROM 56x BTC CD-RW 8x/4x/32x IDE Retail Pack MOUSE MITSUMI Mouse Mitsumi (Serial or PS/2) COMFORT Comfort Fast (Ser or PS/2) Color Comfort Fast (Ser or PS/2) Fast 4D Way Scroll Comfort Candy (IMAC- Color) Comfort Ice (Ser or PS/2) Comfort Wheel (Ser or PS/2) LOGITECH Dexxa Optical Mouse OEM M-34 (Serial)/S34 (PS2) FM Super FM 3B (PS/2 /Serial) Mini Wheel Mouse (USB+PS/2) FM+Loose S48 (PS/2) FM+Full Pack (PS/2 & Serial) Wheel Mouse (Opt) USB+PS/2 USB Wheel Mouse (USB+PS/2) USB MouseMan Wheel Mouse Man Wheel-Optical Cordless MouseMan Wheel iFeel Mouse Cordless Trackman Wheel (Optical) TrackMan Marble+ (Optical) TrackMan Marble FX (Optical) Marble Mouse (Serial & PS/2 / USB & PS/2) TrackMan Live KEYBOARD COMFORT Small Keyboard (IMAC-Colour) Keyboard (IMAC-Colour) Keyboard Comfort USB Keyboard Comfort 2 in 1 (USB+PS/2) Keyboard 8000 (PS/2) 28,500 427,500 475,000 997,500 1,206,500 1,776,500 342,000 1,197,000

370,500 541,500 627,000

294,500 389,500

Staf Keuangan (KEU-IK) Pria S1 Jurusan Akuntansi Usia maks 27 th Mampu berbahasa Inggris dengan baik (aktif & pasif)

190,000 522,500 779,000 57,000 66,500 66,500 66,500

28,500 21,900 57,000 28,500 21,900 38,000 216,000 55,000 95,000 130,000 264,000 114,000 190,000 290,000 235,000 355,000 420,000 540,000 450,000 765,000 554,000 554,000 315,000 880,000

855,000 1,282,500 332,500 1,225,500 1,415,500 1,710,000

Staf Sirkulasi (SIR-IK) - Pria - D III/S1 semua jurusan (diutamakan Manajemen) - Usia maks 26 th - Mempunyai SIM A Staf Artistik (AR-IK) Pria D III Desain Grafis Usia maks 25 th Menguasai program Desktop Publishing (CorrelDraw, FreeHand, PageMaker, dan Photoshop)

937,500 1,162,500 3,000,000 900,000 1,087,500 1,687,500 2,925,000 4,125,000 6,075,000

66,500 85,500 85,500 104,500 47,500

Kirimkan lamaran lengkap paling lambat tanggal 28 Februari 2001 ke: Manajer PSDM Penerbit Multimedia dan Sarana Pendidikan PO BOX 1295 JKB 11012 Hanya pelamar yang memenuhi kualifikasi yang akan dipanggil untuk seleksi

PCplus 27

plusHarga
JAKARTA
UPS ST 1631C On Line Sine 2000VA Stabilizer FR 350 VA Stabilizer FR 650 VA Stabilizer FR 1000 VA MINAMOTO Stabilizer Servomotor SM500 Stabilizer Servomotor SM1000 CASING TASK Task 970 Series ATX WHALE Task 980 Series ATX DOLPHINE ELAN VITAL T5AB + PS 235W (Mid ATX) T10AB + PS 300W (Big ATX) MF-1 + PS 121W (Flex ATX) ENLIGHT EN-7237 P4 Middle Tower ATX EN-7654B Middle Tower ATX EN-7654A Middle Tower ATX EN-7655 Middle Tower ATX EN-7233B Middle Tower ATX EN-7238 Middle Tower ATX EN-7106 Middle Tower ATX EN-7203 Desktop ATX EN-7180 Desktop Micro ATX EN-7308 Mini Tower Micro ATX EN-7152 Mini Tower Micro ATX EN-7154 Mini Tower Micro ATX MONITOR PHILIPS Standard 104BM 14" Standard 104S 14" Standard 105S 15" Standard 107S 17" Standard 109S 19" Business 105MB 15" Business 105B 15" Business 107MB 17" Business 107B 17" Business 201B 21" Profess. 107P 17" Real Flat Profess. 109P 19" Real Flat Profess. 201P 21" Real Flat LCD 150B 15" LCD 150P 15.1" LCD 181AS 18.1" COMFORT Super View Digital 14" Power Vies Digital 17"-OSD Max View Digital 15"-OSD SCANNER MUSTEK 1200CU - 600x1200 CIS 1200ED - 600x1200 CCD PARAGON 1200FS 600x1200 CCD/SCSI 1200UB - 600x1200 MUSTEK BearPaw-1200 FAX MODEM ORIGO 33.6K ROCKWELL Ext. 56K CONEXANT Int, Soft Modem 56K CONEXANT Ext. 56K Ext. w/0 V.90 Anti Petir USB Modem AMR Voice Modem NOTEBOOK ASUS L7200E PIII 600 SVGA TFT 12.1" L7200E PIII 650 SVGA TFT 12.1" L7300E PIII 600 XGA TFT 13.3" L7300E PIII 650 XGA TFT 13.3" L8400B-DVD PIII 600 XGA TFT 14.1" L8400B-DVD PIII 650 XGA TFT 14.1" L8400B-DVD PIII 700 XGA TFT 14.1" L8400B-DVD PIII 750 XGA TFT 14.1" 256,500 185,250 399,000 361,000 380,000 161,500 665,000 617,500 1,852,500 665,000 836,000 475,000 1,254,000 1,567,500 2,565,000 5,462,500 1,947,500 1,995,000 3,705,000 3,610,000 10,687,500 4,750,000 7,125,000 12,587,500 11,637,500 12,350,000 34,200,000 1,092,500 1,757,500 1,244,500 294,500 294,500 731,500 1,130,500 788,500 902,500 456,000 456,000 456,000 570,000 570,000 570,000 570,000 456,000 456,000 456,000 427,500 7,575,000 637,500 937,500 1,500,000 225,000 375,000 L8400B-DVD PIII 800 XGA TFT 14.1" L8400B-DVD PIII 850 XGA TFT 14.1" L8400C-DVD PIII 600 XGA TFT 14.1" L8400C-DVD PIII 650 XGA TFT 14.1" L8400C-DVD PIII 700 XGA TFT 14.1" L8400C-DVD PIII 750 XGA TFT 14.1" L8400C-DVD PIII 800 XGA TFT 14.1" L8400C-DVD PIII 850 XGA TFT 14.1" A1200B PIII 500 XGA TFT 12.1" A1300B PIII 500 XGA TFT 13.3" S8200A-CD PIII 600 SVGA TFT 12.1" S8200A-CD PIII 650 SVGA TFT 12.1" S8200A-CD PIII 700 SVGA TFT 12.1" S8200A-CD PIII 750 SVGA TFT 12.1" S8200A-CD PIII 800 SVGA TFT 12.1" S8200A-CD PIII 850 SVGA TFT 12.1" S8200A-DVD PIII 600 SVGA TFT 12.1" S8200A-DVD PIII 650 SVGA TFT 12.1" S8200A-DVD PIII 700 SVGA TFT 12.1" S8200A-DVD PIII 750 SVGA TFT 12.1" S8200A-DVD PIII 800 SVGA TFT 12.1" S8200A-DVD PIII 850 SVGA TFT 12.1" ACER TRAVELMATE 201T Cel 600 + 12,1" TFT TRAVELMATE 345T PIII/600 (CD) + 12,1" TFT COLOR TRAVELMATE 347T PIII/650 (CD) + 12,1" TFT TRAVELMATE 340T PIII/450 + DVD TRAVELMATE 351TE PIII/700 (SpeedStep) + BJC-80 TRAVELMATE 525TE PIII/700 + 13.3" TFT TRAVELMATE 525TXV PIII/700 + 14,1" TFT TRAVELMATE 734 TLV PIII/600 TRAVELMATE 737 TLV PIII/700 + 15" TFT TRAVELMATE 603TER PIII/700 +13,3" TFT + CDRW COMPAQ PRESARIO 1200 XL-305 Cel 600/TFT 12.1” PRESARIO 1200 XL-305 PIII/700 PRESARIO 1200 XL-312 PIII/700 PRESARIO 1400 XL-342 (Color) PRESARIO 1931/4x DVD/13.3" XGA PRESARIO 800/80XL200 PRESARIO 800/80XL300 PRESARIO 1700 (17XL463) 13.3” TFT PRESARIO 1700 (17XL361) PRESARIO 1700 (17XL476) 14.1” TFT ARMADA 100S ARMADA E500 PIII-600 13.3"TFT ARMADA E500 PIII-650 14.1"TFT ARMADA E500 PIII-700 15.1"TFT ARMADA E500 PIII-800 14.1”TFT ARMADA E500 PIII-850 15.1”TFT PC BUILT UP ACER ACER POWER 8400 (Mini Tower + Acerview 1455 (14") 25,837,875 28,877,625 22,190,175 22,696,800 23,456,800 24,723,300 26,243,175 29,282,925 12,919,000 13,932,200 17,731,875 18,238,500 18,998,500 20,265,000 21,784,875 24,824,625 18,998,500 19,505,100 20,265,000 21,531,600 23,051,500 26,091,200 COMPAQ PRESARIO 3596 PIII/650 + 15" PRESARIO 5000 (5BW140) PIII/650 + 15" PRESARIO 5000 (5BW190) PIII/800 + CDRW PRESARIO 5000 (5BW284) PIII/800 + 15" PRESARIO 5000 (5BW260) PIII/733 + 15" + BJC-1000SP PRESARIO 5000 (5BW270) PIII/750 + 15” MV540 PRESARIO 5000 (5BW292) PIII/933 + 15” MV540 PRESARIO 5000 (5BW281) PIII/866 + 15” MV540 PRESARIO 5000 (5BW286) PIII/933 + CDRW + 17” PRESARIO 7000 (7EL180) PIII/ 933+CDRW+DVD+QuickCam PRESARIO 7000 (7EL270)+ CDRW+DVD+ Quick Cam PRESARIO 7000 (7RC298) P4 + 17" DESKPRO SB/Mini PIII/800 + CDROM DESKPRO EXD PIII/800 + S510 DESKPRO ENC PIII/733 + 15 PROLIANT 1850R PIII/550 PROLIANT ML 350 PIII/733 PROLIANT ML 350 PIII/866 PROLIANT ML 370T PIII/866 + HD 9,1GB PROLIANT ML 530 Xeon 933 12,340,500 9,490,500 14,012,500 11,400,000 11,390,500 12,825,000 13,775,000 12,350,000 18,240,000 21,840,500 25,640,500 36,090,500 8,787,500 10,450,000 9,975,000 36,100,000 22,325,000 23,750,000 30,875,000 45,125,000 Tarif Iklan Mini Warna B/W Minimal 1 kol x 50 mm 1 kol x 100mm, B/W : Rp.400.000,1 kol x 100mm, Warna : Rp.650.000,2 kol x 100m, B/W : Rp.800.000,2 kol x 100mm, Warna : Rp.1.300.000,1 kol x 50mm, B/W : Rp.200.000,1 kol x 50mm, Warna : Rp.325.000,2 kol x 50mm, B/W : Rp.400.000,2 kol x 50mm, Warna : Rp.650.000,: 6500/mmk : 4000/mmk ACER POWER SE PIII/650E + 14" Acer View ACER POWER SE PIII/700 + 14" Acer View VERITON FP PIII/550 + 15" LCD TFT + Canon Laser Print. VERITON 5100 Cel 600 + 15" VERITON 5100 PIII/733 PC 133 + 15" VERITON 7100 Cel 600 + 15" VERITON 7100 PIII/800 PC 133 + 15" VERITON 7100 PIII/1GHz PC 133 + 15" VERITON 9100 PIV/1,4 GHz+ 17" VERITON FP2 PIII/800 + 15" TFT (LCD) ASPIRE 6378P PIII/700 + 15" + Epson 480 ASPIRE 6380 PIII/800 + 15" + Epson 480 ASPIRE 6496 PIII/733 + 6x4x32 CDRW + 17" ASPIRE A6605 PIII/866 + 15" + Logitech Quick Cam 7,125,000 7,362,500 19,950,000 7,837,500 8,930,000 7,837,500 8,930,000 9,490,500 24,700,000 21,840,500 9,490,500 9,737,500 14,725,000 13,775,000

No.17/II/20 Februari 2001

Mau Pasang Iklan Mini?

11,390,500 17,575,000 20,757,500 19,475,000 24,700,000 16,482,500 21,375,000 30,400,000 31,825,000 25,650,000

MOSTECH GIGADDONICS Mangga Dua Mall Lt. IV/A-122, JKT Tel: (021) 6128824-5, 6013567 Fax: (021) 6128825 PT. NUSANTARA ERADATA P. Jayakarta 117 Blok C No. 28 Jakarta 10730 Telp: 6018218 PT. ASTRINDO SENAYASA Ruko Mangga Dua Mall No. 27, Jakarta Telp: 6121330-31 (hunting) Fax: 6121329 Email: astrindo@rad.net.id COMPUTER EXPRESS Pusat Komputer Orion Mangga Dua Lt. Dasar No. 28 Jl. Arteri Mangga Dua Raya Tel: (021) 6127628-6127629 Fax: (021) 6127629 Jakarta Pusat-Indonesia CPU Computer Center Ruko Glodok Jaya No. 3 Jl. Hayam Wuruk Jakarta 11180 Telp. : 6243166 Fax. : 6255538 Email : sales@cpucom.com CPUCOM Tel: 7207524-25-26 Fax: 7207514 MAKRO IT Mart Tel: 6121956, 6127032 Fax: 6121964 ICA UPS & Stabilizer PT INTI CAKRA ANUGRAH ORION Plaza Lt.3 Blok S-14 Telp: 6269828 / 29 / 30 Fax: 6269830 Website: www.ica.co.id Email: sales@ica.co.id

Hubungi

Janne/Ike
E-mail Telp. Ext. Fax. : iklan@e-pcplus.com : 548 3008, 548 0888 : 3701, 3711, 3703 : 5360411

13,290,500 15,675,000 17,090,500 20,900,000 16,000,000 20,425,000 22,325,000 24,225,000 22,790,500 27,075,000 10,925,000 17,575,000 20,425,000 23,275,000 27,550,000 33,250,000

PT. UIS (ORB Distributor) Gajah Mada Plaza, Semi Ground Fl. No.26 Jl. Gajah Mada No. 19-26, JKT 10130 Tel: (62 21) 6385 0669 Fax: (62 21) 6387 2143 PolyCom - POLYDAYA Computer Jl. Zainal Arifin B3/10 (Gajah Mada) Jakarta Tel.: 630 1918, 630 1920, 633 6610, 634 0377 Fax.: 633 6610 Email: goscarvb@centrin.net.id polycom@link.net.id info@e-polycom.com Web: www.philips.com Surya Candra Komp. Ruko Marinatama Mangga Dua Blok G-3 Jl. Gunung Sahari Raya No. 2, Jakarta-14420 Telp: (021) 6413639 (Hunting), 6456617 (Hunting) Fax: (021) 6413639 SEMPURNA COMPUTER Mangga Dua Mall Lt. 4 No. 43A Telp: 6129920/46 Email: daccom@cbn.net.id www.dac-comp.com

16,718,625 17,478,600 17,731,875 18,491,900 21,784,875 22,291,500 23,051,500 24,318,000

7,600,000

JOGJAKARTA
HARGA KOMPUTER & PERIFERAL – YOGYAKARTA KURS US$ 1 = RP 9.500,HARGA DALAM RUPIAH MOTHERBOARD ASUS CUR-DLS Intel 82559 (FCPGA) P4T Intel 850 (FCPGA) CUSL2 Intel 815 (FCPGA) CUSL2-C Intel 815 (FCPGA) CUV4x-C Via 694 (FCPGA) P3V-4x Via 694 (Slot 1) A7V Via KT133 (FCPGA) A7 Pro Via KT133 (FCPGA) K7V-RM Via KX133 (Slot A) P3WE Intel 810E (Slot 1) CUW-RM Intel 810, Au (FCPGA) CUW-RM Intel 810 (FCPGA) CUSI-FX Sis 630, Au (FCPGA) P5AB Alladin 5 (Slot 1) 7,353,000 3,410,500 1,472,500 1,368,000 1,054,500 1,121,000 1,577,000 1,415,500 1,311,000 1,263,500 1,016,500 969,000 997,500 864,500

INTEL D 815 E PEA Intel 815 EP (FCPGA) D815EEA Blk Intel 815E (FCPGA) D815EEA Box Intel 815E (FCPGA) CA810EA Intel 810E (FCPGA) DMO 810EMO Intel 810E (FCPGA) D850GB Intel 850 (FCPGA) PROSESOR INTEL Box Cel 566 (FCPGA) Box Cel 600 (FCPGA) Box Cel 633 (FCPGA) Box Cel 667 (FCPGA) Box Cel 700 (FCPGA) Box Cel 733 (FCPGA) Box Cel 766 (FCPGA) Box PIII 733 FCPGA, 133 Box PIII 750 FCPGA, 100 Box PIII 800EB FCPGA,133 Box PIII 850 FCPGA,100 Box PIII 866 FCPGA,133 Box PIII 933 FCPGA,133 779,000 807,500 817,000 874,000 921,500 978,500 1,235,000 1,786,000 1,786,000 1,995,000 2,099,500 2,118,500 2,622,000 1,178,000 1,273,000 1,311,000 1,235,000 1,472,500 2,194,500

Box PIII 1 Giga FCPGA,133 Box PIV 1.3 + RDRAM 128 PC 800 Box PIV 1.4 + RDRAM 128 PC 800 Box PIV 1.5 + RDRAM 128 PC 800 Xeon 1000 (256K ATC, 133) Xeon 700 1 MB, 256K ATC, 133 Xeon 700 2 MB, 256K ATC, 133 MEMORI SPECTEK SDRAM 64 MB PC 100 SDRAM 64 MB PC 133 SDRAM 128 MB PC 100 SDRAM 128 MB PC 133 VGA CARD ASUS V7700 Ultra 64MB (GeForce2 Ultra) V7700 Deluxe 64MB (GeForce2 GTS) V7700 Deluxe 32MB

2,935,500 4,569,500 5,614,500 7,818,500 4,930,500 13,224,000 22,049,500

266,000 266,000 532,000 503,500

(GeForce2 GTS) V7700/T 64MB (GeForce2 GTS) V7700/T 32MB (GeForce2 GTS) V7700 Pro 64MB (GeForce2 pro) V7700 64MB (GeForce2 GTS) V7700 32MB (GeForce2 GTS) V7100/T 32MB (GeForce2 MX) V7100 32MB (GeForce2 MX) V3800 Pro Deluxe 32MB (Riva TNT2 ) V3800 Magic/T 16MB (Riva TNT2 M64) V3800 Magic 32MB (Riva TNT2 M64) V 3 3000 16MB (Vodoo 3 3000) V300C 16MB Sis 305 V2000 8MB MULTIMEDIA ASUS CRW-0804F 8x4x32 DVD-E608 8x DVD, 40x CD-ROM DVD-E612 12x DVD, 40x CD-ROM CD-S400

2,622,000 3,990,000 2,470,000 3,933,000 3,828,500 2,365,500 1,263,500 1,102,000 1,624,500 836,000 674,500 893,000 522,500 399,000 CD-S500 CASING ELAN VITAL T5AB + PS 235W (Mid Tower ATX) T10AB + PS 300W (Big Tower ATX) MF-1 + PS 121W (Flex ATX) AKSESORIS 1,786,000 997,500 1,206,500 427,500 PCI-1394 PCI ATA 66 Card S370DL Converter P2 Thermal Cable 693,500 294,500 123,500 28,500 484,500

731,500 1,130,500 788,500

5,405,500 4,199,000

ASTRINDO SENTANA Email: assentana@yogya.wasantara.net.id

28 PCplus

plusGame
Ho..ho..ho…! Pernahkah Anda membayangkan tinggal di rumah pasangan Santa Claus dan Nyonya Claus di kutub utara sana? Mau tahu rasanya? Oke, mari berlibur bersama Santa pada game berjudul: Live at Santa’s House!

Irta Belia

No.17/II/20 Februari 2001

I Live At Santa’s HouseI:

PAKET MENGINAP BERSAMA SANTA CLAUS
Anda bisa mengirimkan foto bergambar berbagai kegiatan di rumah ini untuk kartu-kartu ucapan Anda? Caranya? Anda bisa menemukan icon bergambarkan kamera dan icon kado di sebelah kanan jendela permainan ini. Klik saja icon kamera ini bila ada objek yang menarik untuk difoto. Untuk melihat fotofoto hasil jepretan Anda, silakan lihat di album foto yang tergeletak di meja kecil dekat kursi santai Santa dan Nyonya Claus. Nah, Anda bisa memilih foto untuk dipajang di atas tempat perapian di ruangan ini atau membuang gambar yang menurut Anda kurang menarik. Di ruangan ini Anda juga bisa menemukan meja dengan rak yang berisi berbagai bungkus kado, pita, kartu ucapan, dan berbagai pernak-pernik untuk menghias kado. Ada pula sekotak kado yang belum sempat dibungkus dan dihias oleh Santa. Ah, rupanya Santa juga menyediakan mainan berupa Magic Slate yang bisa Anda mainkan. Magic Slate adalah papan berisi permainan mewarnai untuk anak-anak. Anak-anak bisa menambahkan gambar dan mewarnainya di papan ini.

Ternyata Anda tak
perlu menunggu Natal tiba hanya untuk bertemu dengan Santa Claus dan Nyonya Claus. Buktinya pasangan kakek-nenek ini bakal dengan senang hati mengajak Anda menghabiskan masa liburan di kediaman mereka. Banyak lho aktivitas yang bisa Anda lakukan di sana. Sekalian membantu Santa mempersiapkan hadiah Natal untuk dibagi-bagikan dan membuat kue-kue yang lezat. Bagaimana? Ya, tak ada salahnya bila sesekali kita mengunjungi Santa yang gemar mengirimkan hadiah ke antero dunia. Bila Anda tertarik, download saja versi sharewarenya terlebih dahulu lewat www.familygames.com.

“Inilah Santa dan Nyonya Claus!”

“Siap membungkus kado?”

“Magic slate yang bisa Anda mainkan”

“Di sinilah kamar Anda”

SELAMAT DATANG PERI KECIL!
Brrr…dinginnya kutub utara! Tapi Anda tak perlu khawatir. Meski udara di sini bekunya setengah mati, Santa sudah menyiapkan kamar yang hangat dan nyaman khusus untuk Anda. Juga berbagai aktivitas agar Anda tidak bosan selama berada di sini. Nah, pada game ini Anda berperan sebagai asisten pasangan Claus. Permainan dibagi menjadi empat lokasi utama yakni di kamar tidur, dapur, ruang duduk, dan yang terakhir tentu saja di workshop Santa. Yang jelas di setiap ruangan ini, ada saja permainan yang bakal Anda temukan. Ah, jadi tak sabar rasanya untuk segera berkeliling. Tunggu dulu, Anda mesti membuat janji berkunjung dulu dengan Santa agar ia bisa segera menyiapkan berbagai keperluan untuk Anda. “Baiklah, akan saya siapkan kamar khusus untuk peri kecilku!” ujar Santa dengan nada senang. Anda pun tidur agar pagi-pagi sekali bisa segera berangkat menuju rumah Santa nan jauh di kutub utara sana. Tapi betapa terkejutnya Anda begitu terbangun. “Di manakah saya?” pikir Anda bertanya-tanya. Ruangan yang Anda temukan begitu gelap. Hanya tampak seberkas cahaya lampu yang redup. Bagaimana menyetel lampu ini? Pada permainan ini setiap

“Ayo membuat bingkisan kue!”

“Ruang workshop Santa”

“Hadiah dari Santa!”

“Mainan lain untuk Anda”

kali Anda mengarahkan mouse ke suatu objek, pointer mouse otomatis akan berubah. Coba klik lampu tadi agar nyalanya bisa lebih terang. “Nah, begini lebih baik,” kata Anda dalam hati seraya memperhatikan sekeliling Anda. “I live at Santa’s house!” seru Anda setelah beberapa saat. Ya, inilah kamar tidur yang dijanjikan Santa. Di depan Anda tampak sebuah jukebox berwarna hijau yang bisa memainkan berbagai lagu Natal. Lalu ada laci yang berisi baju-baju dan kaus kaki. Kini Anda berjalan menuju ruangan lainnya. Di ruang keluarga Anda menemukan pohon Natal dan beberapa bungkus kado di bawahnya. Tertarik ingin melihat untuk siapa kadokado ini? Ah, ternyata ada satu kado untuk Anda dari

Santa. “Merry Christmas! The littlest elf,” bunyi ucapan di atas kado tadi. Wah, meski Natal baru saja berlalu, tampaknya Santa sudah menyiapkan kado lagi untuk Natal berikutnya. Yah, mungkin karena kado yang harus disiapkan begitu banyak. Coba lihat kado lainnya. Ternyata ada juga kado untuk Nyonya Claus, Uncle Julius, lalu ada lagi kado untuk Anda. Kesemuanya dari Santa. Sekarang coba perhatikan pohon Natal di ruangan ini. “Ada yang janggal dengan pohon ini,” pikir Anda. Ya, ternyata pohon ini masih perlu dihias dengan berbagai pernak-pernik yang menarik. Coba bantu Santa menghias pohon ini agar tampak lebih meriah. Mmm, tampaknya pohon ini juga menarik untuk difoto. Tahukah Anda bahwa

MARI MEMBUAT KADO!
Di sebelah kiri jendela permainan, tersedia empat kotak berisi gambar-gambar ruangan yang bisa Anda masuki. Mari klik salah satu kotak yang menunjukkan ruangan workshop milik Santa. Di ruangan ini Anda

bisa membuat, mengetes, dan menggabungkan berbagai mainan. Nah, mainan pertama yang bakal Anda temukan di ruangan ini adalah permainan menyusun boneka. Tugas Anda adalah menggabungkan bagian-bagian tubuh boneka yang terpisah-pisah di setiap rak. Di sini Anda bisa membuat empat model boneka utuh dari bagianbagian ini. Tapi bila Anda ingin membuat boneka yang aneh bentuknya, ya silakan saja. Misalnya gabungkan saja tangan dan kaki boneka kodok dengan boneka teddy bear. Bisa menebak bagaimana rupanya? Laci di bagian bawah rak tadi berisi baju-baju yang bisa Anda pasangkan di boneka bikinan Anda. Namun, pada versi shareware yang di-download, Anda tidak bisa memasangkan baju-baju ini. Jadi, Anda hanya bisa melihat bajubajunya saja. Mau mencoba mainan lainnya? Di sini ada lagi Picture Puzzle, Card Match, dan ada lagi kereta-keretaan. Coba saja semua mainan ini satu per satu, sebelum Anda membungkusnya untuk hadiah. Hadiah? Ya, Santa memang menciptakan mainan ini untuk dibagikan kepada anak-anak di seluruh dunia. Untuk membungkusnya menjadi kado yang manis dan apik, Anda harus membawa mainan-mainan ini ke meja pembungkusan kado. Meja yang mana? Tepatnya, meja yang berisi berbagai pita dan kertas kado di ruang keluarga Santa. Caranya, klik saja icon bergambar kado di bagian kanan jendela game ini. Sekarang Anda pun tinggal membungkusnya dengan rapi dan menempelkan name tag di atas bungkusan tadi. Mudah bukan? Oke, sekarang mari kita beralih ke dapur. Ah, ternyata Nyonya Claus sudah menyiapkan minuman segar. “Gluk..gluk.. ah, segarnya!” ujar Anda sambil meneguk minuman tadi. Mmmh, tampaknya Nyonya Claus juga sudah menyiapkan berbagai bahan untuk membuat kuekue kering yang lezat. Mesin pembuat kuenya pun tampak menarik untuk diutak-atik. “Tapi bagaimana ya cara menjalankannya?” pikir Anda sambil menekan-nekan tombol yang ada. Padahal Anda sudah tak sabar ingin membuat bingkisan berisi kuekue bikinan Anda sendiri. Wah, rasanya Anda harus mencobanya sendiri di kediaman Santa. Okay, have a nice day with Santa!

PCplus 29

plusBintang
Meski harga saham Nasdaq untuk bursa buku yang dikelolanya lewat Internet sempat anjlok, Amazon.com tetap tercatat sebagai situs retail paling beken di Internet. Tak hanya buku, tapi juga CD hingga layanan jasa seperti banking, asuransi, dan biro travel juga ditawarkan di situs ini.

Irta Belia

No.17/II/20 Februari 2001

Jeffrey T. Bezos:

RAJA RETAIL BUKU ONLINE AMAZON

Bicara tentang
Amazon.com, sudah pasti produk pertama yang terlintas di benak Anda adalah buku. Ya, meski kini Amazon tak sekadar menjajakan buku, namun memang dari situlah bisnisnya bermula. Amazon.com mulai mengoperasikan situsnya pertama kali pada tanggal 16 Juli 1995. Untuk memasarkan situsnya ini, Jeffrey T. Bezos, pendiri dan CEO Amazon.com meminta 300 teman dan keluarganya yang mengetes situs tersebut untuk menuliskan komentarnya masing-masing di situs ini. Tak disangka-sangka dalam 30 hari, tanpa gembargembor buku-buku yang ditawarkannya laris di 50 negara bagian dan 45 negara di dunia. Ide membuka situs jualan buku ini sendiri sebenarnya diperoleh ketika Jeff Bezos masih bekerja di sebuah perusahaan konsultan bisnis di New York. Ketika itu, tahun 1994, Bezos sempat membaca perkembangan bisnis di Internet yang saat itu memang sedang “booming”. Laju pertumbuhannya diperkirakan bisa mencapai 2.300 persen per tahun. Melihat adanya peluang bisnis di bidang ini, mulailah ia mengevaluasi 20 produk yang pemesanannya paling banyak dilakukan lewat pos. Pilihannya jatuh pada buku. Buku? Siapa yang mau membeli buku secara online? Anda tidak bisa membuka halamannya satu per satu dengan cara ini. Begitu komentar orang-orang pertama kali. Namun, ide ini semakin menarik setelah Bezos menyelidiki bahwa katalog yang biasa ditawarkan oleh agen-agen buku kebanyakan sudah siap untuk dipasarkan lewat Web. “Katalog yang ada biasanya bisa setebal satu buku telepon dan terlalu mahal untuk dikirimkan lewat pos. Inilah yang membuatnya ‘perfect’ untuk Internet yang merupakan ideal container for limitless information,” jelas Bezos. Bezos dan istrinya,

“Mengurangi bisnis e-commerce lewat Amazon.com”

MacKenzie, langsung pindah ke Seattle dan mendirikan perusahaan bernama Amazon Inc. Pegawai pertamanya adalah seorang programmer bernama Shel Kaphan dari Santa Clara, California. Kantornya pun masih berupa rumah sederhana yang disewa di pinggiran Seattle. Namun, melihat respons yang begitu banyak begitu meluncurkan situsnya ini membuat Bezos makin bersemangat mengelolanya bisnisnya. “It grew exponentially from there. Dalam beberapa hari saja, saya yakin bisnis ini bisa jadi luar biasa,” ujar Bezos yakin. Amazon makin laris setelah The Wall Street Journal mempublikasikan berita mengenai perusahaan retail ini. Hal ini juga membuat perusahaan saingannya seperti Barnes & Noble dan Border Books mulai membuka mata untuk ikut terjun ke bisnis online. Kehadiran Barnesandnoble.com sendiri yang baru diluncurkan pada Mei 1997, tidak membuat goyah Amazon. Tak puas hanya berjualan buku, tahun 1998 Amazon pun mulai melakukan ekspansi produk. Produk-produk yang dianggap bakal laris manis, seperti video, DVD, mainan, peralatan elektronik, software, hardware, dan peralatan rumah tangga pun akhirnya dijajakan di situs ini. Selain itu ada pula greeting cards, Z-shops, pelelangan,

dan online flea market bagi setiap orang yang ingin menjual apa saja di situsnya ini. Amazon menjadi online retailer nomor satu untuk musik, video, dan buku. Dan lewat Amazon, Bezos berusaha mewujudkan ambisinya untuk menjadi “the Earth’s Biggest Store”. Pria lulusan Princeton University ini begitu yakin bila semakin banyak pelanggan yang datang ke situsnya, maka ia bisa menawarkan harga yang paling murah. Lalu bagaimana bila pelanggan ini hanya melihat-lihat situsnya untuk membandingkan dengan tempat lain yang harganya lebih kompetitif? “Membership club adalah solusinya,” ujar Bezos. “Bila Anda ingin melihat seluruh informasi yang kita kumpulkan di Amazon seperti customer reviews, professional reviews, dan penggunaan teknologi agensi kami, Anda akan dikenakan biaya US $ 30 per tahun,” tambahnya. Tapi bagi yang nonmember pun, Anda tetap bisa membeli barang di situs ini. Hanya saja ada beberapa fasilitas yang tidak bisa Anda dapatkan di sini. Sebenarnya bagaimana sih sistem retail online yang dijalankan Amazon ini? Ketika Anda memesan suatu barang lewat situs Amazon.com, pesanan Anda ini otomatis akan bergerak ke salah satu distribution center Amazon. Distribution center ini sendiri

tersedia di tujuh negara bagian di AS dan di tiga negara di dunia. Pesanan ini selanjutnya akan mengaktifkan satu tanda pemesanan di gudang Amazon di mana stok barang tersimpan. Nah, berikutnya pegawai gudang tadi akan mengambil produk yang dimaksud dan menempatkannya pada ban berjalan yang akan membawa barang tadi ke salah satu tempat pengumpulan produk pesanan. Barang yang Anda pesan pun nantinya ditempatkan pada satu kotak. Setelah dikemas dan diberi label secara otomatis, barang pesanan ini pun siap dimasukkan ke loading dock dan selanjutnya dikirimkan ke alamat tujuan. Namun, meski sudah berjalan beberapa tahun, Amazon tetap tidak bisa menutup mata bahwa perusahaan ini masih tetap belum bisa meraih keuntungan yang besar. If these are such hot businesses, then why are they hemorrhaging cash? Pada tahun 1999 saja, meski sudah tergolong top retailer sekalipun, Amazon masih saja mengalami kerugian sekitar US$ 350 juta. Majalah Fortune menjuluki Amazon sebagai “a stock for traders and not investors”. Pada awal penawaran sahamnya di bursa Nasdaq, harga saham yang ditawarkan pertama kali adalah US$ 18. Setahun

kemudian, harganya naik menjadi sekitar US$ 40 dan melonjak naik tiga kali lipat mencapai US$ 140. Berikutnya harga saham Amazon jatuh ke posisi US$ 70 dan terus turun. Kerugian seperti ini sebenarnya tak hanya dialami oleh Amazon.com, melainkan juga banyak dialami oleh perusahaan dotcom lainnya. Kerugian ini bisa jadi merupakan pertanda New Economics dari perdagangan di Internet. Artinya dalam pasar perdagangan global baru, yang memiliki informasi terbanyaklah yang akhirnya bakal memenangkan persaingan. Pembeli pada akhirnya akan makin bertambah pintar dan pedagang online yang paling bisa memberikan informasi terbanyaklah yang pasti bakal laris. Bezos yang memiliki motto “obsess about customers, not competitors” berusaha memahami ini agar bisa mempertahankan Amazon. Amazon semaksimal mungkin menerapkan model i-age shopping dan memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada pengunjung di situsnya. Misalnya, bila kita membeli satu buku lewat situs Amazon, komputer akan memberitahu pelanggan yang bagaimana yang membutuhkan buku tersebut dan apa pendapatnya mengenai buku tersebut. Situs ini berusaha memasukkan unsur kemanusiaan pada bisnis belanja online. Para pembaca bisa mengirimkan opininya mengenai suatu buku atau melakukan rating terhadap judul-judul buku. “Kita ingin menampilkan satu situs belanja online yang hidup dengan berbagai macam insight, inovasi, dan terlihat intelek. Tak hanya sekadar online mall,” jelas Jeff Bezos suatu kali. Pada kenyataannya pelanggan terus saja berkalikali mampir ke situs ini karena beragam pilihan produk yang ditawarkan, juga berbagai informasi produk yang sangat membantu. “Kita melakukan survei kepada pelanggan, apa yang mereka inginkan,” ungkap Bezos. Caranya dengan meminta umpan balik dari pelanggan, melakukan survei, mengadakan live focus groups, dan bahkan membeli perusahaan seperti PlanetAll.com, sebuah situs komunitas online yang sarat dengan berbagai data informasi.

30 PCplus

plusNetiket
Kelebihan utama Internet terletak pada banyaknya informasi yang tersedia dan mudahnya bertukar informasi itu. Dari mana informasi itu berasal? Mengapa informasi itu kadang-kadang disediakan secara gratis? Bagaimana berbagi pengetahuan dengan orang lain di Internet? Apa saja yang bisa dishare di Internet? Inilah netiketnya, sambungan dari edisi lalu.

Alois Wisnuhardana

No.17/II/20 Februari 2001

ICON NETIKET:

BERBAGI PENGETAHUAN DAN HORMATI PRIVASI! (3)
jangan ragu-ragu untuk melakukannya. Anda akan mendapatkan respons positif atas apa yang Anda pikirkan dan dengan demikian, itu justru membantu Anda mencari kemungkinan lain untuk menyempurnakan. Dalam batas tertentu, boleh jadi Anda justru bisa menuai keuntungan dari sikap ini. Banyak pertanyaan yang sebelumnya tidak terjawab, ternyata ditemukan melalui Internet. Oleh karenanya, setiap orang yang tertarik menunggu komentar dari orang lain, meraih saripati dan memanen inspirasi dari sana. Jutaan topik, mulai dari teknologi komputer sampai dengan genetika, dari teori BlackHole sampai dengan astronomi masih menyisakan sejumlah misteri. Oleh karenanya, bila Anda bergabung dengan suatu discussion group, jangan terlalu pelit untuk berbagi pengetahuan dan informasi. Situs Internet yang baik biasanya menampilkan halaman Frequently Ask Questions (FAQ), suatu icon yang disediakan untuk menjawab pertanyaan umum yang muncul dari para pengguna Internet tentang isi situs tersebut. FAQ mengasumsikan, tidak semua pengguna Internet berada pada tingkat yang sama dalam kemampuan dan pengetahuan. FAQ membantu jutaan orang dari berbagai tingkat kemampuan yang berbeda dan memudahkan mereka menemukan jawaban atas kesulitan dan pertanyaan yang mereka hadapi. FAQ membuat orang merasa nyaman dan tidak bingung di dunia Internet. Diskusi suatu topik kadangkala berkembang sampai ke tingkat yang “panas”. Dalam situasi di mana rasio lalu tertutup oleh emosi yang muncul, Anda perlu untuk untuk membayangkan, bagaimana seandainya hal itu terjadi dalam diskusi-diskusi yang nyata. Icon berikutnya ini tentu membantu Anda untuk tetap “dingin”.

muka netters yang lain dan membiarkan orang yang salah menyadari kesalahannya sendiri. Hal ini penting karena seorang netter seharusnya menghargai privacy orang lain, sebagaimana diuraikan di icon sembilan di bawah ini.

9. HORMATILAH
PRIVACY
Setiap orang membutuhkan privacy. Dalam dunia nyata, manusia membutuhkannya bukan hanya untuk menyendiri melainkan juga untuk menjaga harga martabatnya, menilai dirinya ke “dalam”. Mereka butuh untuk berbicara dengan dirinya sendiri, mengevaluasi diri, berefleksi, melakukan apa saja yang tidak dilihat atau diintip orang lain dan berbuat apa saja dalam ruang pribadinya. Setiap orang senantiasa menyimpan sejumlah rahasia dalam dirinya sendiri yang tidak mau diusik oleh orang lain. Di dunia cyber, persoalan privasi seringkali terganggu oleh perilaku para penyusup yang mengacak-acak data milik orang lain untuk berbagai keperluan. Seringkali mereka melakukannya sekadar untuk menunjukkan eksistensi diri, meski kadangkala ada juga yang bermaksud mengeruk keuntungan tertentu. Yang lain lagi melakukannya untuk kejahatan atau kriminalitas. Para pembobol sistem perbankan atau sistem informasi perusahaan termasuk di dalamnya. Ada juga yang melakukannya sekadar menuntaskan hasrat keingintahuan mereka. Seperti anak belasan tahun yang berhasil membobol sistem informasi dan keamanan di Pentagon. Sebagai perlindungan awal, penting bagi kita untuk membuat password atas setiap informasi penting yang tidak boleh diketahui oleh orang lain. Beberapa software seperti Infokeep, Gator, dan berbagai penyandian atau enkripsi ditawarkan untuk keperluan semacam ini. Proteksi awal ini memang tidak cukup meyakinkan tetapi paling tidak sudah mencegah orang lain yang sekadar ingin tahu untuk masuk dan membukanya.

8. MEMAAFKAN
KESALAHAN
Kesalahan atau kekeliruan bisa muncul lantaran empat sebab. Pertama karena ketidaktahuan. Kedua karena sempitnya wawasan berpikir. Ketiga, hilangnya kontrol atas nalar budi jernih. Terakhir lantaran keteledoran atau kecerobohan. Kesalahan yang muncul lantaran ketidaktahuan adalah kesalahan yang lumrah. Kesalahan macam ini harus dimaafkan sebelum yang berbuat salah meminta maaf. Ampunilah mereka sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat. Lebih lanjut, Anda perlu memberikan pengetahuan atau informasi yang benar atas setiap kesalahan informasi seperti ini. Kesalahan karena sempitnya wawasan berpikir bisa jadi menjengkelkan. Tetapi kita harus ingat, setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam melihat persoalan. Seseorang mungkin melihat anak kucing sebagai macan buas -sama seperti ketika tentara mengambinghitamkan anakanak muda PRD pada kerusuhan 27 Juli 1996. Kesalahan macam ini membutuhkan penanganan yang cermat dan jelas. Kita harus membuat persoalan yang ada menjadi terang, menyampaikannya secara jelas dan terperinci, dengan data-data dan informasi yang kita miliki. Kesalahan ketiga sesungguhnya adalah kesalahan yang paling sulit untuk diantisipasi. Internet adalah dunia nirfisik. Apabila muncul satu diskusi dengan topik tertentu, emosi setiap orang tidak dapat kita raba atau rasa secara nyata. Itu hanya bisa ditelusuri dari kata-kata yang mereka pakai dan logika yang mereka tampilkan. Ekspresi hanya dapat diduga-duga melalui pilihan kata, data-data

BERBAGILAH PENGETAHUAN
Internet adalah eksperimen panjang yang belum menunjukkan tanda-tanda usai. Demikian pula isinya. Begitu mudah dan cepatnya informasi yang tersedia itu didapat. Acapkali cuma-cuma. Banyak orang telah mendedikasikan pengetahuan dan informasi yang dimilikinya untuk orang lain. Ilmu pengetahuan, tentu saja berkembang makin pesat dengan adanya Internet. Perkembangan ilmu secara cepat menyebar dari satu tempat ke tempat lain, merayap dari pikiran orang yang satu ke orang lainnya lagi. Mereka semua ingin berbagi informasi dan pengetahuan. Dengan demikian, apa yang semula tidak diketahui oleh orang kini berubah menjadi pengetahuan umum. Penemuan yang ditemukan oleh seseorang dengan cepat dikembangkan oleh orang yang lain lagi sampai pada tahap sempurna. Ini sama dengan dialektika Hegel dalam ilmu sosial: tesis memunculkan antitesis dan melahirkan sintesis. Sintesis (sebagai tesis baru) memunculkan lagi antitesis, dan mendorong lagi sintesis baru. Begitulah dinamikanya, lingkarmelingkar, berhenti pun tidak. Linux adalah contoh menarik. Berbagai penyempurnaan yang dilakukan oleh ratusan programer di seluruh dunia membuat Linux nyaman dan mudah digunakan oleh jutaan orang. Open source yang dikembangkan perancangnya, Linus Torvalds, membuat banyak orang ramai-ramai mengeroyok proyek “terbuka” ini. Demikianlah, kalau Anda ingin berbagi pengetahuan,

7.

yang mereka sodorkan, dan argumen-argumen yang mereka susun. Kita tidak dapat memelototi mereka atau memaki-maki sepuas-puasnya sebagaimana dalam pergaulan lumrah. Dalam situasi seperti ini, kecenderungan untuk gawal pada nalar yang tidak jernih terbuka lebar. Kalau kita tidak hati-hati, bukan tidak mungkin kita akan dicap sebagai orang yang bebal dan anti pendapat orang, atau justru terseret pada kata-kata yang mereka ungkapkan. Terhadap itu semua, harus tetap tersedia pintu maaf untuk semua masalah. Sementara itu, kesalahan lantaran kecerobohan atau keteledoran pun juga tetap harus dimaafkan. Kesalahan semacam ini muncul lantaran orang tergesa-gesa mengambil keputusan atau terburu-buru melakukan eksekusi terhadap suatu perintah. Di dunia Internet, maaf adalah kata penting yang harus selalu diingat. Para netter berasal dari kultur, pendidikan, kebiasaan, tradisi, dan nilai-nilai yang berbeda. Memaafkan adalah nilai universal yang diterima oleh kultur dan tradisi mana pun. Kosakata ini senantiasa ada di lingkungan apa pun. Dalam dunia cyber, memaafkan kesalahan orang ialah pintu masuk ke dunia cyber yang nyaman. Yang perlu diperhatikan adalah, seandainya Anda berbuat kekeliruan dan kemudian menyadarinya, segera sampaikan permintaan maaf sebelum orang lain mengingatkannya. Kalau Anda mengetahui kesalahan orang lain di sebuah discussion group atau mailing list, kirimkan e-mail pribadi dan jangan beberkan kesalahan-kesalahan mereka di ruang publik. Jauh lebih sopan tidak membuka aib orang dan menunjukkannya secara pribadi ketimbang mengumbarnya di

KUIS

Sobat PCplus yang mulia, berbagai browser muncul menandingi Internet Explorer dan Netscape. Ada NetCaptor, Enigma, NeoPlanet, dan Opera. Pembaca tentu pernah menggunakan salah satunya. Nah, yang menjadi masalah, seringkali browser-browser tersebut tidak bisa digunakan untuk membuka situs Web tertentu. Banyak orang kemudian memaki-maki dan mengeluh. Nah, kalau Anda menyimak PCplus, pasti Anda pernah membaca bahwa seharusnya setiap browser mengikuti aturan yang digariskan oleh W3C atau WWWC. Lho lho lho? Apa sih sebenarnya W3C? Tolong dong, jelaskan kepanjangan dari W3C ini secara singkat. Tidak perlu dijelaskan panjang lebar. Dimuat di PCplus edisi berapakah pembahasan tentang browser ini? Tuliskan di sehelai kartu pos yang ditempeli kupon KUIS PCplus. Kirimkan ke redaksi paling lambat tanggal 7 Maret 2001. Tiga orang yang beruntung bakal mendapat satu mouse LOGITECH.

Pemenang Kuis Edisi 11/ I/2000 bisa Anda lihat di halaman 26 edisi ini. Selamat kepada para pemenang!!!

KUPON KUIS 17/II/2001
PCplus 31

32 PCplus

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->