P. 1
edisi21

edisi21

4.75

|Views: 1,259|Likes:
Published by penol

More info:

Published by: penol on Jan 08, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

10/04/2012

Harga Rp.

3500,-

No.21/II/14 - 20 Maret 2001

PCplus
TABLOID KOMPUTER

PILAH PILIH PC

Menimbangnimbang Upgrade Komputer (23)

Ponsel-ponsel yang Tidak “Kenes” dan Tidak Manja (27)

PC Rakitan Belum Banyak Bergeser (22)

Serba-serbi Monitor & Kiat Memilihnya

Beragam Jalan Menggapai Broadband (06)

PCplus

plusMail
KIRIM ARTIKEL
Dengan hormat, Assalamualaikum wr wb. Pertama-tama perkenalkan saya mahasiswa Ilmu Komputer UGM Semester V. Saya berminat mengirim artikel tentang komputer, namun ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan sebelumnya: 1. Apakah saya dapat langsung mengirim artikel ke redaksi PCplus lewat e-mail atau ada persyaratan tambahan lain seperti mengirimkan Curriculum Vitae atau bukti identitas sebelumnya. 2. Bisakah saya mengirim artikel dari menerjemahkan artikelartikel yang ada di Internet (yang berbahasa Inggris), ataukah harus tulisan pribadi? Demikian perkenalan dan pertanyaan saya. Terima Kasih. Wassalamualaikum wr wb AMD Faozi Via e-mail Red: 1. Silakan Anda kirimkan ke alamat e-mail redaksi. Data identitas bisa Anda sertakan dalam kiriman tersebut. 2. Jangan menerjemahkan, tetapi Anda boleh mengambil bahannya dari Internet.

No.21/II/20 Maret 2001

IKLAN DIKURANGI, HUMOR DITAMPILKAN LAGI
Redaksi PCplus yang terhormat. Langsung saja tanpa basa-basi, Saya mau memberikan masukan untuk kebaikan PCplus. Syukur-syukur bisa dimuat dalam tabloid. 1. Kenapa format tulisan kolom di PCplus kok nggak rapi ? Saya lihat dalam satu kolom kok bergelombang kanan, nggak rata. Kalau saya baca koran, Kompas misalnya, rata kanan dan rata kiri, jadi beritanya padat berisi. Kalau saya baca sama-sama lima kolom, Kompas bisa 6-7 menit, sedang PCplus cuman 4-5 menit. Jadi tolong diubah deh! 2. Soal mengoprek-oprek prosesor, sepanjang saya lihat, baik di PCplus maupun media komputer lain, kenapa yang jadi ‘tukang oprek’ hanya redaksi ? Redaksi kan modalnya gedhe (sebab PCplus laris banget sih!), jadi berani ambil risiko. Coba tawarkan dan tampilkan para PCpluser, adakah keberanian untuk meng-overclock si keping cerdas itu. Saya sangsi yang di-overclock jangan-jangan prosesor baru (sekali lagi modalnya khan gedhe!). Kalau dari PCpluser pasti jelas barang rongsokan. Habis pada nggak punya duit, termasuk saya. 3. Untuk iklan dikurangi, kami beli PCplus bukan untuk iklan, tapi isinya. 4. Kapan PCplus kasih kami bonus stiker atau CD. 5. Di mana saya dapat mengakses situs tentang keagamaan dan spiritual? Jadi kita nggak cuma ngakses "gambar sopan" melulu, he…he…he. 6. Kenapa plusHumor dihapus? Kalau kita habis baca PCplus yang isinya mungkin menguras otak kita, khan ada refreshing. Kalau ada humor tentang komputer tolong disaring yang ketat, humor yang ada cuma disangkutpautkan saja. Sekian dari saya dan terima kasih. Semoga PCplus tambah super plus. Salam hormat Yohanes Kusmintoro Red: 1. Kami pernah mencoba membuat dummy dengan format justify (rata kiri dan kanan) dan rata kiri, akan tetapi ternyata berdasarkan masukan ternyata format rata kiri jauh lebih nyaman dibaca dibanding rata kiri dan kanan, meskipun format tampilannya agak “berantakan” seperti yang Anda utarakan. 2. Kalau Anda mau, silakan datang ke redaksi untuk belajar sama-sama. 3. Tentang iklan, kami akan mempertimbangkannya. Komposisi terbaik iklan dan isi rasionya memang 35:65. 4. Stiker sedang diproduksi, dan sampai sekarang belum selesai. Mudah-mudahan stiker sudah jadi pada pertengahan atau akhir Maret nanti. 5. Coba gunakan dan manfaatkan search engine untuk keperluan itu. 6. Humor dihapus atas masukan dan usulan dari pembaca sendiri. Terima kasih atas atensi dan saran Anda buat tabloid kita ini.

Red: Kami juga berkeinginan seperti itu dan sekarang masih disiapkan sumber daya, perlengkapan, dan fasilitasnya. Kami memang pernah membahas Transmeta. Apakah informasi itu kurang cukup? Kalau dari kecepatan, Cyrix tersebut setara dengan Intel Pentium III 700MHz atau AMD Athlon K-7 700MHz. Usulan tentang TTS belum bisa kami realisasi.

ULASAN GAME
Salam kenal, Halo PCplus yang oke punya! Saya adalah pelanggan setiamu biarpun baru berlangganan mulai edisi ke-3. Saya senang sekali dengan kehadiran PCplus ini karena selain cukup murah pengetahuan yang didapat pun sangat banyak! Begini saya ada sedikit usul dan pertanyaan yang mudah-mudahan bisa diterima. 1. Bagaimana kalau PCplus mengulas sedikit saja tentang dunia game, baik tentang cheat ataupun munculnya game baru, karena saya kira banyak juga penggemar game yang ikut membaca tabloid ini. 2. Saya membutuhkan alamat e-mail lembaga-lembaga tinggi negara ini di manakah saya bisa mendapatkannya? Dan saya juga butuh alamat e-mail YLKI bisakah PCplus memberitahu saya? 3. Saya pernah dengar juga bahwa ada program cracks yg bisa membuat software trial bisa menjadi software yang tanpa batas waktu, benarkah itu? Terus di mana saya bisa men-downloadnya? Terima kasih sebelumnya atas jawabannya, semoga PCplus tambah jaya!

PROBLEM PRINTER
Mengapa printer saya Canon BJC 255 SP tidak bisa untuk nge-print (lampunya ‘blinking’ terus)? Apakah hal ini disebabkan oleh: 1. Pemasangan kabel printer yang terbalik? 2. Jenis kabel printernya salah, atau 3. Pemilihan jenis printer waktu setting salah (pada setting tertulis BJC 240 S). Mohon penjelasan redaksi. Terima kasih. Vasista Anandatyo Red: 1. Kemungkinan kabel terbalik kecil sekali, karena sudah ada bentuk yang khas antara colokan dengan kabel. 2. Cobalah cek driver yang digunakan. Sebaiknya Anda gunakan driver terbaru. 3. Ya, kemungkinan ketiga itulah yang paling besar. Buang driver lama dan gunakan driver baru yang sesuai.

SOFTWARE MATHLAB
Saya ingin minta bantuan kepada redaksi PCplus untuk mencarikan di mana saya bisa mendapatkan buku mengenai cara pemakaian program komputer MATHLAB yang sangat saya butuhkan untuk perkuliahan saya saat ini agar saya dapat mengerjakan tugastugas kuliah saya dan kalau bisa sekalian dengan CD program MATHLAB tersebut karena saya punya masih belum lengkap. Saya sangat berharap agar PCplus dapat membantu saya. Atas bantuannya saya mengucapkan terima kasih.

BERLANGGANAN PCplus
Saya, Bapak Erik, dengan ini mau meminta informasi tentang bagaimana cara mengikuti/menjadi pelanggan bulanan PCplus. Saya minta diberikan sedikit konfirmasi tentang itu. Balasan dapat dikirimkan lewat alamat e-mail atau dikirim via surat ke: Bpk.Erik Yayasan Sosial Romo Loogman c/o.JL.Jend.Soedirman.No.9 Purworejo-Kedu Terima kasih atas perhatiannya. Salam Hormat Erik Red: Untuk berlangganan, Anda bisa menghubungi agen koran terdekat di kota Anda.

sofyan_fs@yahoo.com Red: Anda bisa mendapatkannya di toko-toko yang menjual CD program. Atau, adakah pembaca PCplus yang bisa membantu kawan kita ini?

kaum PC mania. Sajian informasinya cukup lengkap, menambah wawasan dan pengetahuan bagi penggunapengguna komputer. Hanya, kalau boleh saya usul supaya menambah kelengkapan dan pengetahuan pembaca, bagaimana jika PCPlus juga menampilkan suatu tes & perbandingan produk seperti pada beberapa majalah komputer? Juga saya mohonkan agar PCplus juga membahas prosesor Cyrix atau Transmeta Crusoe lebih dalam lagi, jangan Intel & AMD melulu. Bagaimana keunggulannya dan kelemahannya? (Sekalian mau nanya Cyrix III 700 setara dengan Intel apa dan AMD apa?). Terakhir saya usul supaya PCplus juga mengadakan Teka Teki Silang berhadiah. OK begitu saja saran dan pertanyaan saya. Terima Kasih.

Salam, Momon Red: 1. Usulan Anda akan kami perhatikan. 2. Anda bisa mengunjungi www.yellowpages.co.id untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan. 3. Anda bisa menghubungi e-mail redaksi untuk pertanyaan ini.

TES DAN PERBANDINGAN
Dear PCplus, Salut buat PCplus, tabloidnya

Rezki Darhanto Jl. Villa Bintaro Indah B1/4 Ciputat 15414 Tangerang

PCplus
TABLOID KOMPUTER

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi: R. Suhartono Dewan Redaksi: P.M. Winarno, P.C. Wiwiek Juwono, B.M. Adam Redaktur Pelaksana: Julianto Redaksi: Alois Wisnuhardana, Silvester Sila Wedjo, Irta Belia, F.X. Bambang Irawan, Andhy Setiawan, Saifullah Kundo Koresponden: Henry Syarifuddin (Bandung), Tjahjono EP (Yogyakarta), Didik Setyono (Surabaya), Sekretariat Redaksi: Putri, Dian Artistik/Tata-letak: Robby F. Richard, Sukarja Produksi: Bambang Trie.

I
1.

N

F

O

G

R

E

S

!

Pemimpin Perusahaan: Teddy Surianto Wakil Pemimpin Perusahaan: Aspianah Hia Iklan: Chrispina E.T., Anneke Dame, Janne Eveline Promosi: Eva Grace S., Jimmy Rambing Sekretariat Sirkulasi: Emy Varlina V., Agung P. Penerbit: PT Prima Infosarana Media Pencetak: PT GRAMEDIA (isi diluar tanggung jawab pencetak) E-mail redaksi: redaksi@e-pcplus.com E-mail iklan: iklan@e-pcplus.com Alamat Sirkulasi: Jl. Palmerah Selatan No. 12 A Jakarta 10270. Telp. 548-3008, 548-0888, 549-0666 Ext. 3704, 3706. Fax. 536-0411. E-mail sirkulasi: sirkulasi@e-pcplus.com E-mail milis PCplus: mailplus@yahoogroups.com Rekening: BCA Cab Gajah Mada No Rek. 012.300551.9 atau Bank BNI Cab Utama Jakarta Kota No Rek. 008.24400 a.n PT Prima Infosarana Media Alamat Redaksi & Iklan: Jl. Palmerah Selatan No. 12. Jakarta 10270 Telp. 548-3008, 548-0888, 549-0666. Ext. 3701, 3703, 3713. Fax. 536-0411

2.

3.

Telah dibuka milis jual beli komponen PC yang difasilitasi PCplus dengan alamat bursapcplus@yahoogroups.com. Buat yang ingin menawarkan atau mencari barang silakan gabung di bursapcplussubscribe@egroups.com. Mohon surat-surat yang ditujukan untuk rubrik plusMail dikirimkan dengan subject: PLUSMAIL (via e-mail). Bila dikirimkan lewat pos, tuliskan PLUSMAIL di kiri atas amplop. Kami mohon maaf bila tidak semua surat yang masuk bisa dimuat di halaman ini. Bundel PCplus bisa Anda peroleh pada pameran komputer di stand PCplus/ Infokomputer, MEGA BAZAAR 2001 tanggal 14-18 Maret 2001 di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

2 PCplus

plusAktual

No.21/II/20 Maret 2001

IBM MERILIS TEKNOLOGI PENGUSAHA YOGYA OPTIMIS TARGET PENYIMPAN DATA MEGA BAZAAR 2001 TERCAPAI TERANYAR
Perkembangan teknologi storage semakin
berkembang. Ini ditandai dengan pengumuman dari IBM mengenai sebuah terobosan baru dalam menjembatani antara Internet dan SAN dengan NAS pada hari Selasa yang lalu (6/3). Network Attached Storage atau disingkat NAS, adalah suatu bentuk teknologi yang mengedepankan prinsip ‘terbuka’ yang dapat saling mengoperasikan (interoperable). NAS merupakan file server yang disiapkan untuk ditempatkan di antara LAN dan SAN. Di sisi client-server di LAN, produk-produk ini tampil sebagai NAS device, sekaligus menyediakan file-file dalam berbagai protokol. Sebenarnya, tempat penyimpanan datanya juga masih terletak di SAN yang sama. NAS mempunyai beberapa kelebihan, yaitu mempunyai tingkat kapabilitas yang tinggi. Dengan tingkat kapabilitas yang tinggi, pengguna akan dapat memaksimalkan hasil investasinya dalam prakarsa, ketrampilan, dan peralatan SAN. Kemudahan dan waktu pemasangannya cukup singkat, biaya akses yang lebih rendah, kemungkinan untuk berbagi data yang heterogen, itu merupakan kelebihan-kelebihan NAS lainnya. Produk kedua yang juga diluncurkan pada hari yang sama, bernama IBM TotalStorage IP Storage 200i. Produk itu merupakan peralatan penyimpan data (storage appliance) berkinerja tinggi dan berbiaya rendah yang menggunakan iSCSI. Peralatan ini menghubungkan sejumlah pemakai dengan penyimpan data yang telah dipersatukan (pooled storage) dalam jaringan dengan menggunakan protokol-protokol Internet. Teknologi jaringan penyimpan data yang ekonomis dan bersifat terbuka itu diberi nama iSCSI. Dalam pengembangan SCSI (Small Computer System Interface) ini IBM menggandeng Cisco System. Cisco System mendukung pendekatan IBM dalam penyediaan solusi-solusi berstandar terbuka, berkinerja tinggi, sangat skalabel, dan efisien dalam biaya. Pada hari yang sama, diluncurkan juga sebuah media penyimpan data berbasis pita yang dikenal dengan Linear Tape Open atau LTO. LTO adalah arsitektur pita yang bersifat terbuka untuk pengembangan produk-produk sarana penyimpan data dengan mempertahankan tingkat integritas data yang tertinggi. “Untuk memasarkan LTO, IBM menggandeng Metrodata eBusiness sebagai distributor,” kata Aryotomo Markam, Storage System Manager IBM Indonesia. Pada acara tersebut juga diresmikan pencanangan program UNIX Mega Dealer di seluruh ASEAN dan Asia Selatan, termasuk Indonesia tentunya. “Program kampanye pemasaran ini dimulai dari tanggal 6 Maret sampai dengan 31 Desember 2001,” begitu kata pendahuluan yang diberikan oleh Fetra Sjahbana, Web Server Manager IBM Indonesia. Program ini terbuka bagi para dealer RS/6000 yang ada saat ini, serta bagi dealer dan reseller merek-merek kompetitor. Untuk dapat mengikutinya, para dealer di setiap negara diwajibkan mendaftarkan diri pada peluncuran formal program insentif ini. Peluncuran program diadakan di India, Indonesia, Malysia, Filipina, Singapura, dan Thailand mulai bulan Februari lalu. (aan)

Mega Bazaar Komputer 2001

bertajuk “Ajang Penjualan Komputer Paling Akbar”, dibayangi nilai tukar dolar yang tidak menentu. Bagaimana kondisinya di Yogya? Willy Sudjono, ketua umum Asosiasi Perusahaan Komputer Yogyakarta (APKOMTA), ketika dihubungi via telepon (9/03/01), mengatakan bahwa kapling pameran di Graha Shaba Pramana, UGM sebanyak 54 unit telah habis dipesan vendor dan pengusaha komputer di beberapa kota besar, termasuk Yogya dan Jakarta. Hanya, kata Willy, nilai tukar dolar yang mencapai angka Rp 10.400, tetap menjadi kendala. “Sekalipun fluktuasi dolar sejak awal telah diantisipasi, tetap saja hal ini jadi gejala yang sulit diprediksi,” jelasnya. Jika ingin mendapat komputer dengan harga agak miring, pembeli harus segera melakukan transaksi ketika pameran dibuka, karena ketika stok barang habis, pembeli harus membeli barang dengan kurs dolar terakhir. Sanny dari Perfect Komputer, Ketua Panitia

Pelaksana Mega Bazaar Komputer 2001, mengatakan, persiapan pelaksanaan Mega Bazaar di Yogya cukup lancar. Kapling di hall utama, sejak Januari 2001 sudah habis dipesan vendor dan pengusaha dari Yogyakarta dan Jakarta. “Tambahan hall samping juga sudah habis bulan Februari,” ujar Sanny. Masalahnya, menurut Sanny, kenaikan kurs dolar justru terjadi menjelang pelaksanaan pameran. Sejumlah pengusaha memang sudah melakukan pembelian barang dengan tingkat harga pada posisi tertentu, sesuai dengan nilai kurs dolar yang lebih rendah dari kurs dolar yang tercatat Jum’at 9 Maret 2001. “Karena itu jika stok barang yang sudah diamankan pada posisi harga tertentu ini habis sebelum pameran ditutup, maka pembelian komputer akan dipatok dengan harga sesuai kurs terakhir,” ujar Sanny. Sanny mengatakan bahwa dengan kondisi kurs dolar yang sangat labil ini, target pemasaran sebenarnya sangat sulit diprediksi. Karena konsumen akan mengambil sikap mendua. Di satu sisi ada yang mengambil kesempatan untuk segera melakukan transaksi, di sisi lain tentu ada konsumen yang

kemudian pasrah dan membatalkan transaksi pembelian komputer. “Jadi jujur saja, kami sulit melakukan prediksi penjualan komputer di Mega Bazaar Computer 2001 ini,” ujar Sanny menjelaskan. Sanny menambahkan, dalam Mega Bazaar Computer 2001 ini, Perfect Computer akan memamerkan produk unggulan berupa PC dual processor. “Kami akan melakukan demo dual processor pada PC dengan basis Pentium Celeron yang mampu menyaingi performance Pentium IV,” ujar Sanny. Sementara itu, Enoch Anugerah Setiawan dari BREVITY KOMPUSINDO, salah satu pengusaha komputer Yogyakarta, sangat optimis mampu mengejar terget penjualan komputer di Mega Bazaar kali ini, sekalipun nilai tukar dolar semakin tidak menentu. BREVITY akan menggelar produk unggulan antara lain monitor MAG layar lebar (19”-21”). Menurut Enoch, monitor jenis ini punya banyak keunggulan, di samping punya kelebihan pada bidang layar yang lebar. Apa saja keunggulannya? Datang saja di Mega Bazaar. (jon)

PCplus 3

plusAktual

No.21/II/20 Maret 2001

ASUS LUNCURKAN KARTU GRAFIS TERBARU
Berseri
ASUS V8200, kartu grafis ini menggunakan prosesor grafik NVIDIA GeForce3 nFiniteFX, sebuah prosesor grafis yang bisa diprogram. Mesin nFiniteFX ini mengintegrasikan serangkaian instruksi yang memungkinkan rekonfigurasi yang dinamis. Apa kelebihan engine nFiniteFX dari NVIDIA ini? Tak lain adalah arsitektur chip pada grafik 3 dimensi yang bisa diprogram. Dengan mengombinasikan vertex dan pixel yang bisa diprogram, mesin nFiniteFX menawarkan realisme visual di PC Anda. Tekstur menjadi lebih nyata, sementara karakter dan ekspresi-ekspresi unik akan makin terlihat. Apa itu vertex? Tak lain adalah sudut di dalam segitiga yang mempertemukan dua sisi. Dalam citra tiga dimensi, semakin kecil sudut antar bidang, semakin kelihatan nyata gambar tiga dimensi yang dihasilkan. Fitur ini jelas makin membuat nyaman gamer sejati dan para pengguna aplikasi multimedia. Mereka makin bebas menciptakan sejumlah efek spesial yang tampak nyata. Kartu grafis ini tersedia dalam dua seri, masing-masing V8200 Pure dan V8200 Deluxe. Kalau tertarik, Anda bisa mendapatkannya dua minggu lagi di awal April. Penting dicatat, ini bukan April Mop, V8200 Pure dijual seharga 549 dolar AS sedangkan yang Deluxe dijual seharga 598 dolar.(snu)

MEGA BAZAAR SURABAYA 2001:

AJANG TUNJUKKAN KINERJA TOKO DAN DONGKRAK PENJUALAN
Tanggal 14 – 18 Maret
2001 ini sebuah pameran nasional komputer diselenggarakan secara serentak di lima kota Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang dan Surabaya: Mega Bazaar Computer 2001. Dengan kondisi penjualan komputer di Surabaya yang akhir-akhir ini nyaris mati, pengusaha komputer yang tergabung pada Asosiasi Pengusaha Komputer (APKOM) Jatim mencoba mengikuti pameran yang dalam dua tahun terakhir mempunyai track record penjualan paling baik dibanding pameran-pameran lainnya. Dalam Mega Bazaar Computer 2000 lalu di Surabaya terjual 1.200 PC dan kemungkinan pada tahun ini akan semakin meningkat atau minimal dapat menyamai penjualan tahun lalu. Ini lantaran image ‘bazaar’ yang sekaligus menekankan pada pameran untuk penjualan, di samping iming-iming hadiah berupa rumah dan mobil yang sudah disiapkan oleh organizer. Di Surabaya, pameran dilaksanakan di Exhibition Hall World Trade Center Surabaya dan diikuti oleh lebih dari 70 perusahaan komputer Surabaya dan vendor-vendor dari Jakarta. Dalam launching beberapa waktu yang lalu, stand yang tersedia langsung habis terjual dan sampai saat ini ada beberapa pengusaha komputer yang masuk ‘waiting list’ , menunggu barangkali ada perusahaan yang oleh sesuatu hal membatalkan keikutsertaannya. Dengan kondisi ini APKOM Jatim sudah mengantisipasi meluapnya minat pameran di kalangan pengusaha komputer dengan menggelar APKOM EKSPO 2001 di bulan April mendatang. Lebih jauh, dapat dikatakan bahwa pameran memang dapat dijadikan media promosi keluaran produk baru maupun eksistensi pengusaha/penjual. Seperti yang dikatakan oleh Alexander Han, pimpinan PC Mac yang mengatakan bahwa dia sangat tidak menyukai pameran akan tetapi terpaksa harus melakukannya. Minatnya berpameran dilandasi oleh keinginannya untuk menunjukkan sekaligus melanggengkan hubungannya dengan user bahwa tokonya masih running well. Bahkan kabarnya ada beberapa user yang selalu mengecek apakah toko tertentu ikut pameran atau tidak, untuk menentukan kredibilitas si pengusaha. Di samping itu, banyak pula pengusaha komputer yang membangun brand image-nya dengan mengandalkan penjualannya melalui pameran. Terbukti dengan tidak pernah absennya dalam setiap pameran dan kelihaian mereka menjual komputer dalam pameran. Perusahaan-perusahaan tersebut di antaranya Multi Sarana Computer (MSC), Arta Computer Center, Metro Star, Surya Sinergi Sejahtera, Eka Computer, Link Microsystems dan sebagainya. Di Surabaya mereka sering disebut-sebut sebagai jago-jago pameran.
(dik)

PENJUALAN PC DI SURABAYA SANGAT, SANGAT DAN SANGAT SEPI
Lagi-lagi kita musti
menyalahkan kinerja pemerintah sekarang yang tidak mampu menciptakan iklim kondusif dalam menurunkan suhu politik yang berdampak buruk pada sektor ekonomi. Menyalahkan Orde Baru, nyatanya kita semua memang pernah menjadi bagian dari orde itu, walaupun hanya sebagai rakyat. Mau menyalahkan orde lama jelas hal itu sudah tidak relevan lagi. Melemahnya nilai rupiah sudah mendekati nilai Rp. 10.000,- per US ditambah dampak buruk dari keputusan pemerintah yang akan menaikkan harga BBM sebesar 20 % pada awal April 2001 mendatang, harga kebutuhan pokok dan sekunder sudah merangkak naik, termasuk barang-barang mewah, komputer, dan sejenisnya. Berdasarkan pengamatan PCplus, penjualan komputer di pusat penjualan komputer Surabaya Mall sangat sepi dan hampir tidak ada pembeli. Emir Firdaus dari Musticomp menyatakan, dalam dua bulan terakhir tokonya tidak dapat menjual satu unit komputer pun. Hal serupa juga dinyatakan oleh Henry Soetio pemilik Techindo Computama. “Bulan Februari dan awal Maret ini tidak ada penjualan, walaupun harga komponen banyak yang mengalami penurunan dalam nilai dolar,” ujar Henry. Penurunan harga komponen memang sudah terjadi sejak awal kuartal pertama tahun ini tetapi rupanya hal ini tidak sampai menyentuh pada penurunan harga pada tingkat pembeli (end user) karena nilai kurs dolar yang sangat melonjak. Beberapa toko di Surabaya memang ada yang bisa menjual barangnya. Tetapi itupun kebanyakan hanya komponen-komponen tertentu. Ada juga yang melayani trade in atau tukar tambah, dan akhirnya menjual juga komputer bekas. Kecenderungan lain juga terjadi dengan semakin banyaknya penjual-penjual komponen black market (BM) tanpa garansi dari Jakarta yang saat ini banyak beroperasi di Surabaya. Konon mereka menjual komponen-komponen yang kurang jelas asal-usulnya dan mungkin juga palsu, remarked, dan sebagainya. Wah, kalau benar begini keadaannya, bagaimana caranya memenuhi target penjualan PC? (dik)

MAHASISWA YOGYA MAKIN DIMANJAKAN
Bagaimana tidak? Sekarang ini saja, tingkat
kepadatan warnet di Yogyakarta sudah paling tinggi di Indonesia. Sudah begitu, baru-baru ini M-Web dan Universitas Gadjah Mada menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding, MoU) untuk membangun pusat Internet mahasiswa. M-Web Indonesia, anak perusahaan MIH Group akan membangun 720 komputer di beberapa titik kampus universitas tertua di Indonesia itu, antara lain di Perpustakaan Pusat, Fakultas MIPA, Fakultas Psikologi, dan Pusat Studi Korea. MoU ini menurut Stephen Gilmour, CEO M-Web, merupakan langkah nyata ke depan perusahaannya dengan institusi pendidikan di Indonesia. “Ini adalah kemitraan jangka panjang dengan sebuah universitas terkemuka yang menunjukkan komitmen jangka panjang M-Web bagi perkembangan industri Internet di Indonesia,” imbuh Gilmour. Saat ini, M-Web mengoperasikan 6 pusat Internet dengan total kapasitas lebih dari 500 komputer dan masih melakukan perjanjian untuk membangun pusat Internet serupa di beberapa tempat. Mudah-mudahan begitu, mahasiswa-mahasiswi Yogya makin nyaman mengembangkan pengetahuannya. Asal tidak makin keranjingan chatting saja. (snu)

4 PCplus

plusBelajar
Budi Sentosa
Umumnya kita memiliki mailserver yang menyatu dengan ISP seperti LinkNet, CBN-Net, atau IndosatNet. Kita menyewa satu space tertentu di ISP sebagai mailbox kita. Jadi setiap surat yang dikirim ke alamat kita akan melalui mailbox yang ada di ISP.

No.21/II/20 Maret 2001

Lalu bagaimana kalau kita
ingin memiliki mailbox di server tersendiri. Keuntungannya, kita bisa membuat alamat mail sendiri, tanpa limit size, dan semua kontrol ada di tangan kita sendiri. Bayangkan bila satu company yang tidak memiliki mailserver, harus menyewa mailbox di ISP. Alangkah repotnya bila ada perubahan user, dan uang yang dikeluarkan untuk sewa mailbox setiap bulan. Semua harus bergantung pada ISP. Sekarang, mari kita lakukan beberapa persiapan yang perlu kita lakukan untuk membuat mailserver sendiri. 1. Mendaftar ke IDNIC (co.id; or.id) atau INTERNIC (com; org). Dengan mendaftar, kita mendapat nama domain legal. Misalnya: e-pcplus.com 2. Menyiapkan 1 PC sebagai mailserver. Beli sesuai spesifikasi yang ada di pasaran. Perlu diperhatikan memory harus cukup besar, minimal 256MB karena semua user akan mengakses server ini untuk mengambil mailbox masing-masing. 3. Jaringan LAN ke user sudah harus tersedia. 4. Memiliki tipe koneksi ke Internet. Disarankan memilih dedicated line sehingga dapat online 24 jam. Anda dapat memilih memakai Antena (SpeedNet), Via Satelit (Rainbow), ISDN (Telkom), atau Fiber Optic (Indosat), atau Lintas-Arta (CBN, LinkNet). ISP lain umumnya juga menyediakan layanan

MEMBUAT MAILSERVER SENDIRI
4. untuk Exchange 5.5 harus diinstal karena akan meminimalkan bug yang terjadi. Pada TCP/IP Network Card , masukkan IP legal yang didapat dari ISP. Untuk alasan security, ada baiknya Anda memakai 2 network card. Pada card yang pertama, masukkan IP Legal dari ISP, dan pada card yang kedua masukkan IP LAN Internal Anda. Ini dipakai untuk mencegah hacker masuk. Mulai membuat Mailbox tiap-tiap user dengan Exchange Administrator. Anda dapat membuat sebanyak mungkin mailbox berikut alamat e-mail masing-masing. Jangan lupa menginstal antivirus pada mailserver untuk mencegah virus yang masuk. Bisa memakai McAfee ataupun Norton. Harus diperhatikan update DAT & Engine-nya secara teratur. Untuk lebih aman, tambahkan Firewall pada mailserver. Instal Client Mailserver pada masing-masing user. Arahkan POP & SMTP ke mailserver kita. Misalnya, POP3: mail.namadomain.co.id Selamat Mencoba!!!

Gambar 1

5.

dedicated line ini. Dari ISP kita akan mendapat IP Legal yang akan dipakai di mailserver. 5. Pilih software untuk client yang akan dipakai (Microsoft Outlook, Outlook Express, Netscape atau software untuk client lain). Sekarang banyak sekali client yang dapat dipakai. Silakan pilih, yang penting dapat support POP3 & SMTP. 6. Pilih Software untuk mailserver. Ada banyak sekali yang ada, tapi disarankan menggunakan yang sudah teruji di pasaran seperti Microsoft Exchange. Lebih jelasnya lihat Gambar 1. Gambar 1 menjelaskan struktur jaringan yang kita siapkan. Semua mail untuk kita akan langsung di-forward ke mailserver kita oleh ISP. Bila kita memakai client Microsoft

Outlook, mail baru otomatis akan di-forward ke PC kita, tanpa harus mengklik "send/ receive".

INSTALASI
Setelah persiapan di atas selesai, lakukan instalasi software mailserver pada mailserver yang disiapkan. Bila Anda memutuskan memilih Microsoft Exchange, lakukan langkah ini: 1. Instal Windows Server NT 4 / Windows 2000 Server 2. Instal Service Pack-nya (Windows NT4: minimal SP6, dan Windows 2000 Server: SP1) 3. Instal Microsoft Exchange. Untuk Exchange 2000, harus dengan Windows 2000 Server karena harus ada active directory. Kalau merasa belum yakin dengan Exchange 2000, boleh memakai Exchange 5.5. Hanya perlu diperhatikan, SP

6.

7.

budisentosa@mulialand.co.id

KIRIM E-MAIL CEPAT DAN MENGEKSPOR BOOKMARK
Ada cara cepat
untuk Anda yang ingin mengirim surat kepada teman Anda tanpa lebih dahulu membuka program e-mail (Eudora, Outlook, dsb) kemudian mengklik new message baru kemudian mengetikkan alamat yang kita tuju. Cara tersebut sangat sederhana, yaitu ketikkan mailto: nama@domain.com pada address bar di browser atau dari command line (start - run). Setelah Anda tekan Enter, secara otomatis program e-mail akan membuka jendela new message dengan alamat e-mail tujuan telah terisi pada baris to. Sementara, untuk mengekspor bookmark agar dapat diakses di mana saja, Anda dapat mengekspor bookmark tersebut menjadi sebuah file (html/txt). Pilih menu Communicator - Edit Bookmark, maka jendela bookmark akan muncul. Pilih folder yang berisi bookmark

Anda dan klik kanan, lalu pilih Save as. Tentukan tipe file yang Anda inginkan. Jika Anda ingin membuka website favorit di komputer lain, Anda tinggal membawa file tersebut dalam sebuah disket dan membukanya di komputer tersebut tanpa harus mengetikkannya satu per satu.

AGUS PURNOMO NUGROHO Jl. Kalitan RT 04/I Penumping Surakarta 57141 dompetku@yahoo.com

PCplus 5

plusInternet
Menulis tentang broadband mungkin harus disertai dengan permintaan maaf karena teknologi ini mungkin belum dapat dinikmati oleh sebagian besar pengguna Internet. Namun berbagai perkembangan, termasuk dalam soal biaya, menjadikannya tetap bagaikan secercah sinar di ujung terowongan. Berbagai akses cepat alternatif yang digunakan broadband juga menerbitkan harapan bagi kawasan-kawasan yang selama ini remote dari belitan jaringan Internet.

F.X. Bambang Irawan

No.21/II/20 Maret 2001

BERAGAM JALAN MENGGAPAI BROADBAND
Di bawah ini kita bahas jenisjenis koneksi yang mampu menggelar broadband, dan beberapa di antaranya yang sudah tersedia dan marak dipasarkan akhir-akhir ini di Indonesia. Seperti yang kita tahu, kebutuhan terhadap akses cepat Internet ditingkahi dengan liberalisasi perusahaan telekomunikasi menjadikan broadband seakan-akan tersedia secara berlimpah ruah di depan mata akhir-akhir ini. Tinggal pintar-pintarnya kita memilihnya saja. setiap saat, bandwidth DSL juga dedicated dan tetap besarnya untuk setiap pengguna. Di Indonesia, PT Telkom dan Metronet mengintrodusir jenis ADSL yang bisa menyediakan bandwidth sebesar 512Kbps. Untuk kecepatan tersebut, dengan batas maksimal downstream 1GB, biaya langganan per bulannya adalah 300 ribu rupiah. Sebagai catatan, Anda masih butuh perangkat modem DSL untuk dapat memanfaatkan koneksi ini. Pertarungan antara cable modem dengan DSL ini di banyak negara lain cukup seru. Di negara-negara yang sudah akrab dengan jaringan televisi kabel sebelumnya, koneksi ini lebih populer. Di Jakarta, kebetulan keduanya hadir secara nyaris bersamaan dan sama-sama masih bermasalah dalam hal coverage yang masih terbatas. Sehingga para pelanggan yang sudah “gatel” ingin merasakan broadband namun kawasannya tidak terjangkau oleh keduanya sekaligus tetap masih harus gigit jari.

Interaktif dengan layanan 88Direct!. Layanan ini menggunakan satelit geostasioner Cakrawarta-1 seperti yang digunakan oleh Indovision untuk menyalurkan siaran televisi berlangganannya. Semua layanan tersebut ratarata mematok tarif per bulannya dalam kisaran 400-500 ribuan untuk penggunaan personal. Namun demikian, harap diperhitungkan dan ditegaskan juga adanya biayabiaya lain seperti instalasi, batasan download atau biaya atas penggunaan ISP lain untuk upload.

WIRELESS
Satelit bisa juga digolongkan sebagai teknologi wireless, namun yang kita maksud dengan wireless dalam hal ini adalah fixed wireless. Sesuai namanya, fixed wireless menggunakan antena-antena yang tertancap kokoh pada gedung, rumah atau bangunan lainnya. Teknologi ini menggunakan frekuensi radio gelombang mikro (microwave) untuk menyediakan koneksi antartitik dengan bandwidth mencapai 1,5Mbps. Salah satu kelemahan teknologi ini adalah bahwa masing-masing point yang dilink, umumnya berupa menaramenara, harus bisa saling berkomunikasi tanpa halangan fisik. Bahkan cuaca buruk pun bisa mengganggu koneksi tersebut. Koneksi wireless ini menggunakan frekuensi yang sangat luas kisarannya mulai dari 900MHz sampai 40GHz. Frekuensi yang lebih tinggi punya banyak keunggulan dibanding dengan frekuensi di bawahnya, terutama dalam hal banyaknya aplikasi broadband yang bisa digunakan. Namun frekuensi yang makin tinggi juga butuh sistem dengan teknologi yang lebih canggih. Membicarakan tentang koneksi ini maka kita akan ingat tentang polemik yang sedang berlangsung akibat Keputusan Direktur Jenderal Pos Dan Telekomunikasi Nomor 241/ Dirjen/2000 tentang pengaturan penggunaan frekuensi 2,4GHz. Frekuensi tersebut di Indonesia termasuk frekuensi yang unlicensed sepanjang digunakan untuk kepentingan Instrumentation, Scientific, dan Medical (ISM). Hanya saja kalangan warnet yang sudah telanjur banyak mengimplementasikan teknologi wireless berbasis frekuensi ini, tidak terima dengan perlakuan tersebut. Banyak warnet yang terlanjur membuat link dengan provider atau dengan warnet lain menggunakan frekuensi tersebut.

Beberapa waktu lalu
PCplus sudah menggelar liputan tentang broadband, namun belum sempat menyentuh lebih jauh tentang teknologi apa saja yang menulangpunggunginya. Teknologi broadband sangat erat berkaitan dengan infrastruktur telekomunikasi. Maka, bagi kita di sini, menunggu broadband kadang sama artinya dengan “menunggu Godot”, terutama untuk daerah-daerah yang secara ekonomis tidak menjanjikan kurun balik modal yang bagus buat pengelolanya. Namun akhir-akhir ini, di Jakarta dan kota-kota besar lain terutama di warnet-warnetnya, broadband sudah bisa dinikmati. Beberapa jenis koneksi broadband memang terbukti relatif lebih “murah” (affordable), apalagi jika memperhitungkan kinerjanya. Kalau digunakan untuk menghubungkan jaringan dengan banyak komputer ke Internet, wuih, afdol banget. Makanya warnet sekarang turun gengsi (dan tidak laku) kalau tidak mempunyai koneksi setara broadband. Tapi, apakah broadband itu? Menurut Komisi Komunikasi Pemerintah Federal AS, broadband adalah koneksi yang sanggup menyediakan kecepatan (bandwidth) yang melebihi 200Kbps sampai pada satu mil terakhir jaringan koneksi, baik dari provider ke konsumen (downstream) atau dari konsumen ke provider (upstream). Namun beberapa pengamat membatasi bandwidth minimal untuk broadband adalah 1.544Kbps atau setara koneksi dengan T1. Karakteristik lain broadband adalah sifatnya yang permanen, tersedia setiap saat (always on). Ada beberapa pilihan infrastruktur untuk menggelar koneksi Internet supercepat itu.

DSL
Digital Subscriber Line (xDSL) adalah teknologi yang sedang naik daun sekarang ini. Teknologi ini menggunakan kabel telepon tembaga biasa sebagaimana yang diulur sampai rumah kita. Dengan infrastruktur yang sudah ada tersebut, jelas banyak keuntungan yang diperoleh. Investasi baru untuk jaringan, misalnya, nyaris tidak ada sehingga biayanya tidak dibebankan ke konsumen. Waktu implementasi dengan demikian juga bisa sesegera mungkin. Jaringan telepon yang digunakan juga tetap bisa dimanfaatkan untuk percakapan telepon. Meski menggunakan jaringan tradisional itu, namun besar bandwidth yang mampu disediakannya berlipat ganda dari yang bisa kita dapat dari koneksi PSTN biasa yang secara teoretis hanya mampu mencapai 56Kbps. Namun demikian, tidak semua pelanggan telepon bisa dengan serta merta melanggan koneksi ini. Telkom masih harus menambah alat khusus di STO mereka sehingga masih diberlakukan priorisasi kawasan yang menguntungkan secara bisnis. Kabarnya untuk tahap pertama ini, Telkom menyiapkan 6000 sambungan ADSL tersebut. Ada bermacam varian dari teknologi DSL ini, seperti Asymmetric DSL (ADSL), High Speed DSL (HDSL), ISDN DSL (IDSL), Symmetric DSL (ADSL) dan Very High-Speed DSL or VDSL. Bandwidth yang mampu dialirkan oleh DSL bisa mencapai 8Mbps. Selain tersedia

SATELIT
Koneksi dengan satelit merupakan yang paling “wah” dari sudut biaya. Jika digunakan pada akses dari komputer yang stand-alone, maka bisa dipastikan penggunanya adalah orang kaya atau punya kepentingan akses yang sangat “berat” karena biaya instalasi dan bulanan yang aduhai. Namun, meski terkesan mahal, karena sifatnya yang masih searah, broadband lewat satelit juga hanya manis pada sisi downstreamnya, sementara untuk upstream kita masih butuh jenis koneksi lain. Umumnya menggunakan koneksi telepon biasa yang maksimal bisa mentransfer data pada 56Kbps. Belum lagi dengan adanya kendala lain yang juga suka merepotkan, misalnya seperti halangan cuaca. Perusahaan-perusahaan besar yang terpaksa beroperasi di tempat-tempat terpencil biasanya tak punya pilihan lain selain jenis koneksi ini untuk mengakses Internet dan macammacam komunikasi lain umumnya. Tetapi sekarang mulai marak penggunaan Direct Satellite Service (DSS) yang dapat mengirim data ke rumahrumah melalui peranti dish satelit yang dipasang di atapatap rumah atau gedung kantor. Di Indonesia layanan ini disediakan oleh Pan AsiaSat Media Ltd dengan produknya: Rainbow, PT Speed Internet Digital dengan SpeedNet dan Telkom dengan TurboNet. Yang terbaru adalah PT Jaring Data

“Jenis-jenis koneksi broadband”

CABLE MODEM
Koneksi cable modem ini umumnya digelar oleh provider yang sudah punya infrastruktur jaringan “kabel” seperti televisi kabel. Infrastruktur tersebut umumnya berupa jaringan serat optik dan kabel coaxial yang digunakan untuk menyalurkan siaran-siaran televisi dengan basis langganan. Saluran ini bisa digunakan untuk mengakses Internet dengan menambah perangkat yang dinamakan modem kabel tersebut. Hanya saja, meski bisa mencapai 10Mbps, bandwidth teknologi modem kabel ini tidak dedicated, sehingga terbagi seiring dengan banyaknya pengguna. Dari sisi biaya bulanan, koneksi ini bersaing ketat dengan DSL, menawarkan harga pada kisaran 300 ribu rupiah per bulan. Di Jakarta, terdapat enam ISP (Indosatnet, CBN, MWeb, LinkNet, Centrin dan Uni Internet) yang siap melayani langganan dengan memanfaatkan infratruktur jaringan televisi kabel Kabelvision.

6 PCplus

plusDownload
Hot Potatoes:

No.21/II/20 Maret 2001

PEMBUAT SOAL KUIS DI SITUS ANDA
Hot Potatoes kurang
lebih memiliki fungsi yang sama seperti Frontpage atau Dreamweaver, sama-sama digunakan untuk publikasi lewat Internet. Hanya saja, program ini lebih ditujukan bagi para pengajar atau penulis yang ingin dengan mudah mempublikasikan tulisan atau soal-soal latihan lewat Internet. Itulah sebabnya program ini didesain terdiri dari enam paket software yang masingmasing fungsinya banyak disesuaikan untuk kegiatan pendidikan. Misalnya, di sini Anda bisa menciptakan aneka soal kuis berupa soal pilihan ganda yang interaktif, soal JCross, JMatch, dan JCloze. JBC bisa digunakan untuk membuat soal kuis pilihan berganda yang masingmasing terdiri dari lima pilihan jawaban. Untuk membuatnya interaktif, Anda bisa menampilkan umpan balik alias feedback untuk setiap soal. Jadi begitu ada jawaban yang dipilih, si penjawab bisa melihat jawaban yang benar dan alasannya. Selain itu, si penjawab tadi juga bisa melihat

isian, teka-teki silang, atau soal essay dengan applet Hot Potatoes. Dan Anda tidak harus mahir dengan pemrograman HTML atau JavaScript untuk bisa menggunakannya. Ingin tahu software apa saja yang ada dalam paket Hot Potatoes ini? Di sini ada JBC, JQuiz, JMix,

persentase perolehan skornya. JQuiz digunakan untuk membuat soal pertanyaan singkat. Jawabannya mungkin hanya berupa satu kata atau satu kalimat pendek. Di sini Anda bisa mendesain maksimum empat jawaban yang benar untuk mengantisipasi respon dari si penjawab. Jawaban yang diketikkan oleh si penjawab nantinya akan diperiksa dengan keempat jawaban Anda tadi. Bila perlu, Anda bisa menyediakan hint atau petunjuk untuk soal-soal yang ada. JCloze ditujukan untuk pembuatan soal-soal isian (fillin-the-blank). Anda bisa memasukkan seratus jawaban benar dan menyediakan petunjuk jawaban. Di sini disediakan automatic scoring untuk setiap jawaban. Pada JMatch, Anda bisa membuat soal dari daftar yang disediakan. Misalnya, Anda menentukan beberapa nama atau gambar dalam satu daftar di sebelah kiri. Di sebelah

kanannya, Anda menyediakan kolom atau daftar isian yang harus dijawab. Soal ini bisa saja digunakan untuk soal penerjemahan kata atau gambar. Atau bisa juga untuk soal-soal pengurutan teks atau gambar. JCross didesain untuk pembuatan soal teka-teki silang yang dikerjakan secara online. Anda bisa membuat soal dengan jawaban yang panjangnya maksimum 20x20 kata. Anda juga bisa menyediakan hint untuk soalsoal Anda. Bagusnya, program pembuat materi pendidikan ini tersedia gratis dan siap didownload di situsnya. Klik saja di http://web.uvic.ca/hrd/ halfbaked/ untuk informasi lebih lanjut. Selain tersedia untuk Windows 95/98/NT/ 2000, tersedia pula Hot Potatoes untuk Macintosh. Nah, bila ingin menambahkan soal kuis untuk situs Anda, Anda bisa gunakan Hot Potatoes ini. (ibp)

BroadPage:

EZ-Forms Maker:

WEB BROWSER ALTERNATIF UNTUK ANDA
dengan NetCaptor. Keduanya sama-sama menggunakan IE sebagai browsing engine. Jadi bila Anda ingin menginstal BroadPage di komputer, jangan dulu buang IE Anda. Nah, selain itu bila pada NetCaptor tersedia fitur CaptorBar yang berisi daftar link Favorites dan History, di sini Anda juga bisa menemukan fitur yang sejenis. Hanya saja namanya disebut dengan DriveBar. Bila Anda mau, BroadPage bisa di-set sebagai default browser. Artinya setiap kali Anda membuka suatu file HTML misalnya, BroadPage otomatis akan muncul menampilkan file Anda. Caranya, klik saja menu Options dan pilih “Make BroadPage the Default Browser”. Oke, ingin mencoba browser alternatif ini? Klik saja di www.broadpage.com untuk informasi lebih lanjut. Anda juga bisa mendownload BroadPage Free versi 3.2 secara gratis dari alamat tersebut. File instalasinya berjudul bpfree.exe dan berukuran 1,89MB. Selamat mencoba! (ibp)

BANTU PEMBUATAN ANEKA FORMULIR ANDA

Program yang satu ini
bisa digunakan untuk pembuatan aneka form. Mulai dari form untuk kebutuhan rumah tangga hingga yang bergaya profesional untuk kebutuhan kantor. EZ-Forms Maker menyediakan berbagai fitur yang bisa membuat tampilan formulir Anda tampak menarik dan informatif. Anda bisa membuat formulir untuk dicetak atau form untuk faksimili. Atau Anda juga bisa menyebarkan form ini via e-mail. EZ-Forms Maker juga menyediakan fasilitas pengontrolan layout yang mudah digunakan. Anda bisa menemukan aneka icon yang mendukung fasilitas kontrol

Selain Microsoft Internet
Explorer atau Netscape yang sudah lebih dulu dikenal, tampaknya kini semakin banyak saja pilihan Web browser yang menawarkan aneka kemudahan berselancar. Salah satunya adalah BroadPage. Produk yang tergolong baru ini bisa menampilkan maksimal 100 halaman Web sekaligus. Ya, kira-kira mirip dengan NetCaptor yang bisa menampilkan tiap halaman tab per tab dalam satu jendela. Berbeda dengan IE yang hanya bisa menampilkan satu halaman

dalam satu jendela program. Di sini Anda bisa mudah berganti-ganti halaman situs tanpa harus menutup satu halaman. Sama seperti browser lainnya, BroadPage juga bisa menampilkan panel Favorites dan Anda bisa melakukan dragand-drop link antarhalaman. Misalkan Anda ingin membuka suatu halaman yang berisi link ke situs lain. Untuk membuka halaman link tadi, buka saja halaman browser yang baru dan tarik (drag) link tersebut ke halaman baru tadi. Mudah bukan? Secara umum, program ini memiliki fitur-fitur yang mirip

ini. Lewat fasilitas tersebut, ukuran dan tampilan form yang Anda kerjakan bisa disesuaikan semau Anda. Misalnya saja ada metric measurement, pengaturan ukuran, warna, font, juga pengaturan untuk cetakan (printing). Tertarik? EZ-Forms Maker bisa Anda download gratis dari situsnya di www.ezx.com/ ezformsmaker.htm. File instalasinya, formsmkr.exe berukuran 2,77MB dan bisa langsung Anda instal di komputer Anda. Cara menginstalnya pun mudah. Tinggal ikuti saja langkahlangkah (wizard) yang disediakan. Nah, selamat membuat aneka form. (ibp)

PCplus 7

plusBelanja
Pada minggu kedua Maret ini, pasar komputer Jakarta dihebohkan oleh adanya Mega Bazaar yang diadakan di Jakarta Hilton Convention Center atau yang lebih dikenal sebagai JHCC. Perhelatan akbar ini rencananya juga akan diselenggarakan pula di empat kota besar lainnya (Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang). Sebagian besar pedagang tentunya tidak akan melewatkan momen ini begitu saja. Sudah pasti semua pedagang ingin agar pada pameran tersebut dapat menjual barang sebanyak mungkin. Segala “jurus maut” baik berupa trik maupun strategi khusus pasti akan habis-habisan dikeluarkan biar bisa melego barangnya sebanyak mungkin.

Silvester Sila Wedjo

No.21/II/20 Maret 2001

TIPS BELANJA KOMPUTER DI PAMERAN

terjadi kerusakan, Anda tidak perlu lagi repot mencari orang yang tepat untuk memperbaikinya! Bertanya juga bisa jadi cara yang efektif untuk mengetahui secara menyeluruh tentang spesifikasi, kelemahan, dan kelebihan seperangkat PC yang akan Anda beli! Dengan demikian, boleh jadi Anda pun nantinya bisa memperbaiki kerusakan-kerusakan yang mungkin terjadi.

BANDINGKAN HARGA TIAP STAND
Dengan “senjata” berupa setumpuk selebaran yang ada, perbandingan harga tiap-tiap stand pasti akan Anda ketahui. Nah, dengan bekal pengetahuan ini, Anda pasti bisa memilih mana stand yang paling murah dengan spesifikasi yang paling sesuai. Ya, di pameran semacam ini, perang harga pasti akan berlangsung sengit. Untuk menarik minat pembeli, para penjual pasti habis-habisan banting harga. Satu stand dengan stand lainnya pasti saling “mengintip” dalam soal harga. Nah, kondisi ini harus Anda manfaatkan benar. Tapi ingat, harga janganlah menjadi patokan utama dalam membeli. Kualitas barang tetap harus jadi faktor penentu nomor wahid.

6.

Nah, kalau situasinya sudah
begini, yang bingung pastilah para pembeli. “Enaknya pilih yang mana ya?” Pertanyaan ini pasti jadi pertanyaan standar yang paling sering terlintas dalam pikiran para calon pembeli PC. Nah, kali ini PCplus memberikan tips dan trik supaya Anda tidak bingung dan salah beli PC.
“Jurus maut penjual dikeluarkan dalam pameran”

TIDAK DIHARAMKAN

1. LIHAT-LIHAT DULU
Namanya juga pameran komputer, besar lagi, tentunya ada banyak pilihan barang yang ditawarkan. Semua barang yang diimpikan kemungkinan besar akan tersedia. Nah, sebelum menentukan pilihan, ada baiknya Anda melihat-lihat dulu seluruh stand yang ada. Syukursyukur ternyata ada barang yang lebih sesuai dari yang Anda pikirkan sebelumnya. Mungkin cara ini akan amat melelahkan, tapi kalau Anda pikirkan manfaatnya, rasa lelah tersebut pasti akan berbuah manis.

seperangkat PC, manfaatkanlah momen ini untuk memperkaya informasi yang Anda miliki sebelum memutuskan untuk membeli dengan brosur-brosur semacam ini! Jadikanlah selebaran-selebaran tersebut “senjata” untuk berburu PC yang terbaik. Ditanggung, cara ini tidak akan mubazir!

dengan calon pembeli dengan menawarkan harga yang lebih bisa “dinego”. Dan boleh percaya boleh tidak, cara ini adalah cara yang paling banyak

hanya sebatas komputer untuk mengetik, tentunya jangan membeli komputer dengan spesifikasi “ruar biasa”. Komputer tersebut akan mubazir buat

JANGAN TERPENGARUH IMINGIMING BONUS
Berbagai bonus menarik merupakan salah satu trik pedagang untuk menarik pembeli sebanyak mungkin. Ini adalah trik dagang biasa saat pameran berlangsung. Bonusnya pun kadang-kadang juga “gila-gilaan”. Pameran yang tergolong tidak terlalu besar seperti di Ratu Plaza yang baru lalu saja misalnya, bisa memberikan bonus berupa satu rumah di Bukit Sentul bagi pembeli yang beruntung yang membeli barang dengan kelipatan 500 ribu! Itu pun belum ditambah hadiah yang tergolong “receh” lainnya! Dan kalau Anda pikir meja komputer, stabilizer, disket, serta mouse pad merupakan bonus yang menarik, Anda salah besar! Barang-barang macam begini bisa dibilang bukanlah bonus. Barang semacam ini sebenarnya sudah jadi satu paket dalam PC yang Anda beli! Yang pasti, sebaiknya bonus jangan jadi patokan utama dalam membeli PC, akibatnya bisa fatal. Itulah beberapa tips yang mungkin berguna bagi Anda saat Anda merencanakan untuk membeli PC saat pameran berlangsung. Moga-moga dengan panduan di atas, Anda tidak salah pilih dalam membeli PC.

7.

JANGAN LANGSUNG MEMUTUSKAN SAAT ITU JUGA
Kesalahan fatal adalah ketika Anda langsung menentukan pilihan saat pandangan pertama. Hal ini penting mengingat godaan untuk segera membeli pasti datang bertubi-tubi, apalagi dengan penjaga stand yang aduhai. Ada baiknya Anda tidak memutuskan saat itu juga! Akan lebih baik jika pada hari pertama Anda datang, yang Anda lakukan hanyalah mengumpulkan selebaran dan mendapatkan informasi sebanyak mungkin. Baru pada hari berikutnya -tentunya setelah ditimbang masak-masak dengan partner kerja atau kerabat Anda-- Anda datang lagi ke pameran dengan sebuah keputusan yang sudah bulat, mau beli yang mana! Bahkan ada kecenderungan pada hari-hari terakhir pameran, orang baru memutuskan untuk membeli. Selain karena sudah dipertimbangkan sejak hari-hari sebelumnya, para penjual pun biasanya sudah bisa “berdamai”

3.

“Coba-coba tidak dilarang koq”

dilakukan orang! Nah, Anda pun bisa mengikutinya.

KUMPULKAN SEMUA BROSUR YANG ADA
Ya, bagi sebagian orang, pameran komputer semacam ini mungkin bisa jadi ajang mengumpulkan semua brosur komputer! Tujuan di balik itu pasti tidak lain untuk memperoleh informasi sebanyak mungkin tentang barang yang sedang beredar di pasaran. Biasanya pada setiap pameran, setiap penjual akan menyebarkan selebaran yang berisi barang-barang yang tersedia pada stand mereka, lengkap dengan spesifikasinya. Nah, kalau Anda benar-benar berminat ingin membeli

2.

SESUAIKAN KEBUTUHAN
Kebutuhan boleh jadi faktor utama yang harus Anda pertimbangkan ketika akan membeli PC. Apalagi di pameran komputer yang besar. Para penjual pasti akan memajang barang kelas satu yang mereka miliki tentunya dengan harga “kelas satu” pula. Nah, kalau sudah begini, akan repot jika Anda terlebih dahulu tidak menetapkan kebutuhan dasar yang sebenarnya Anda perlukan. Bisa-bisa Anda akan termakan iklan maupun bujuk rayu sang penjual tanpa Anda sadari! Kalau yang Anda butuhkan

4.

Anda! Buat apa beli mahalmahal tapi fasilitas yang ada kemudian tidak akan pernah dimanfaatkan!

BANYAK BERTANYA PADA PENJUAL
Pameran juga bisa jadi ajang para pengunjung untuk meng-upgrade pengetahuan. Jangan pernah malu untuk bertanya saat pameran. Kalau Anda memang berencana ingin membeli PC, bisa jadi ini juga cara efektif untuk mengetahui tingkat pemahaman penjual tentang komputer. Kalau penjual tersebut paham betul tentang komputer, Anda bisa pertimbangkan untuk membeli komputer di tempat tersebut. Bukan apa-apa, jika di kemudian hari

5.

8 PCplus

plusVirus
Sebagian besar pengguna Internet mungkin akan senang bila dikirimi gambar-gambar “syur”. Sebagian dari mereka bahkan menyimpannya dalam harddisk atau disket. Tapi, jangan Anda lakukan untuk yang satu ini. Ya, bila Anda dikirimi e-mail dengan judul naked wife.exe sebaiknya jangan Anda buka dan segera buang jauh-jauh. Kiriman itu adalah virus! Pembuat virus ini memang boleh dibilang cerdik karena memanfaatkan insting pengguna Internet yang kebanyakan senang dikirimi gambar-gambar “heboh”.

Silvester Sila Wedjo

No.21/II/20 Maret 2001

JANGAN TERGODA (VIRUS) “NAKED WIFE”
dalam Address Book, sahabat Anda yang terkena virus ini secara otomatis juga akan dikirimi file virus ini. kerugian yang paling parah yang ditimbulkan virus ini adalah usahanya untuk menghapus semua file yang berekstensi .BMP, .COM, .DLL, .EXE, dan .INI pada Windows dan direktori Windows/System. Bagaimana kalau kita terkena virus ini? Yang pasti komputer yang terkena virus ini tidak akan bisa menjalankan aplikasi program lain. Restart pun tidak akan bisa dilakukan kalau virus ini sudah merasuk dalam PC. Jalan satu-satunya adalah menginstal ulang Windows. “Pada kondisi ini (sudah

“Memanfaatkan insting”

terinfeksi, red) virus tersebut akan menghapus kunci Windows dan sistem file pada PC pengguna serta membuat komputer tidak dapat melakukan start up sebagaimana mestinya,” ungkap Susan Orbuch, juru bicara perusahaan software antivirus Trend Micro Inc. Beberapa perusahaan software pembuat antivirus sendiri seperti MCAfee telah menyiapkan obat penawarnya. Meskipun demikian, lebih baik Anda sama sekali tidak membuka file virus ini bila Anda dikirimi. Bisa-bisa anda malah dibuat pusing!

Seperti yang ramai
diberitakan di berbagai situs seperti spiegel.de, washingtonpost.com, maupun McAfee.com, sebuah virus email baru yang menawarkan “penyegaran mata” tersebut muncul pertama kali pada minggu pertama bulan Maret ini. Virus ini pertama kali terdeteksi pada sebuah komputer yang dimiliki oleh sebuah cabang perusahaan asuransi Perancis yang berada di Brazil yang bernama AGF Brazil Seguros SA. Dan ternyata, kejadian ini kemudian dilaporkan pula oleh sejumlah perusahaan lain yang terinfeksi virus yang memakai program Visual Basic ini. Symantec Corp. melaporkan setidaknya ada sekitar 30 perusahaan yang terinfeksi virus ini dan kebanyakan berlokasi di Amerika Serikat, Kanada, dan beberapa perusahaan di Eropa. Yang lucu, di Amerika Serikat yang paling banyak terkena virus ini kabarnya justru institusi-institusi militer! Korban virus ini tidak akan melihat gambar seksi seperti yang mereka bayangkan sebelumnya. Mereka hanya akan melihat sebuah gambar kartun pendek dengan pesan vulgar yang ditandatangani dengan inisial BGK (Bill Gates Killer). Virus yang oleh perusahaan antivirus McAfee digolongkan sebagai “high risk virus” bagi korporat maupun rumahan ini memang bisa dibilang berbahaya. Naked Wife merupakan file berbentuk film pendek yang berasal dari file attachment. Ketika virus ini masuk, secara otomatis akan merusak PC sekaligus masuk dalam Address Book pada Windows. Metode semacam ini hampir sama seperti pada berbagai virus bertipe Worm sebelumnya seperti Love Letter dan Melissa. Dengan masuk ke

PCplus 9

plusTrik

No.21/II/20 Maret 2001

MENGHILANGKAN MEMPERCEPAT TAMPILAN MENU START FILE YANG MUNCUL PADA WINDOWS (PICT AT- DI MENU DOCUMENT TACHED)
Kadang untuk komputer yang
memiliki kinerja menengah ke bawah (misal komputer dengan Processor 166MHz) terasa tampilan menu Start terdapat delay (waktu tunda) untuk muncul. Untuk mempercepatnya cobalah tips berikut: 1. Klik tombol Start pada desktop kemudian Run | Regedit 2. Pada Registry Editor, MenuShowDelay lalu klik Modify isikanlah Value data dengan 1 4. Kemudian keluar dari Registry Editor dan selesai. Anda pasti akan merasakan perbedaannya. masuk ke folder MyComputer\ HKEY_ CURRENT_USER\Control Panel\Desktop 3. Tambahkan string baru dengan cara mengklik kanan

Edi Topan Mahasiswa UKDW Yogykarta Samirono Baru IB Yogya 55281 severus_young@yahoo.com

Mungkin Anda termasuk orang yang suka rahasia dan
tidak ingin tulisan atau file yang telah Anda buka dilihat orang lain. Tapi, permasalahannya sekarang adalah file tersebut seringkali muncul di menu Documents. Untuk menghilangkannya ikuti langkah ini: 1. Klik Windows Explorer 2. Buka direktori Windows lalu Application data lalu Microsoft kemudian Office, setelah itu tampak subdirektori Recent. Disinilah biasanya file-file yang telah Anda buka berada baik itu seminggu yang lalu. Biasanya file tersebut hanya berupa shortcut yang menghubungkan ke file yang asli. 3. Untuk menghilangkannya, pilih file yang ingin dihilangkan dengan menekan Ctrl + klik kiri . 4. Lalu klik kanan dan pilih Delete.

ANDA LUPA PASSWORD WINDOWS 98 ANDA?
Jika Anda lupa password untuk masuk Windows 98, Anda hanya perlu tekan tombol Esc ketika kotak dialog password muncul, kemudian Windows tampil dengan tampilan default. Tapi jika ini berlangsung terusmenerus pasti menjengkelkan. Ada cara lain menyiasatinya, setelah Anda masuk Windows 98, hapus file berekstensi *.pwl yang ada pada direktori Windows. Sebagai contoh, bila Anda biasa logon ke Windows 98 dengan nama “user”, maka hapus file user.pwl. Lalu pilih menu Start, Shut Down, kemudian klik Close All Programs dan logon sebagai “new user”. Ketika kotak dialog password muncul, isi “user name” seperti biasa, kolom password dapat Anda isi dengan yang baru. Sekarang Anda dapat masuk Windows dengan password yang baru. Gampang, kan?
Andra Yogi Jl. Kepa Duri Rt 001/08 No.34, Duri Kepa, Jakarta Barat 11510 Telp: 5688074 andra_yogi@yahoo.com

Indrawata Wardhana Mahasiswa Fisika '99 Universitas Andalas, Sumatera Barat INDRAWATA@myquran.com

MENGOPTIMALKAN PEMANFAATAN REPLACE UNTUK EDITING
Fasilitas Replace dalam
program Aplikasi Windows, terutama Word 2000, seringkali hanya digunakan untuk mengganti suatu teks yang sudah diketik dengan teks pengganti. Misalnya, kata eks diganti dengan mantan, dan sejenisnya. Padahal banyak kemampuan editing lain yang dapat diperoleh dengan fasilitas Replace ini. Untuk mengoptimalkan fasilitas Replace ini, berikut dibahas tentang pemanfaatan fasilitas ini untuk editing (mengedit) naskah yang sudah terketik. 1. Contoh yang umum seperti di atas, adalah mengganti kata eks dengan mantan. Tapi anda harus hati-hati, karena bisa terjadi kata ekspor diganti menjadi mantanpor, atau seks menjadi kata smantan, dan lain-lain. Trik untuk menghindari kejadian seperti itu adalah: (1) Sebelum memilih Replace, pilih dulu Find, baru jika kata yang akan diganti memang yang sedang terblok (di-range) maka jalankan Replace, demikian seterusnya. Cara ini akan lama jika kata yang akan diganti sangat banyak. (2) Sebelum memilih Replace, atau Replace All, atur dulu More, dan aktifkan options: • Match Case Bila semua kata yang mengandung teks (sesuai kapital huruf) yang tertera pada Find what akan diganti dengan teks yang tertera pada Replace with. • Find whole word only

Bila semua kata yang persis tertera pada Find What (tanpa memperhatikan kapitalisasi huruf) akan diganti dengan teks yang tertera pada Replace with. 2. Memperbaiki pengetikan yang salah, terutama pada kata-kata yang sering menjadi kesalahan pengetikan Anda. Contohnya, setiap mengetikkan dibuat seringkali mengetikkan di buat dan sejenisnya. Berarti, pada kotak Find what ketikkan di buat dan pada kotak Replace with ketikkan dibuat. 3. Memperbaiki kesalahan pengetikan tanda baca. Misalnya setelah tanda baca koma, titik, titik dua, titik koma, dan lain-lain di mana setelah tanda baca tersebut Anda tidak memberikan

spasi. Berarti, pada kotak Find what ketikkan”,“ (tanda koma tanpa spasi) dan pada kotak Replace with ketikkan”, “ (ada tambahan spasi setelah tanda koma). 4. Menghapus teks yang tidak diperlukan lagi. Misalnya ada kalimat WNI (Warga Negara Indonesia), dimana (Warga Negara Indonesia) akan dihilangkan (tinggal kata WNI saja). Berarti, pada kotak Find what ketikkan WNI (Warga Negara Indonesia) dan pada kotak Replace with ketikkan (WNI).

Wirdan Ahyar (Penguji Nasional Komputer Aplikasi Windows) Jl. Glagahsari 119 Yogyakarta Telp: 0274 - 379039, Email: wr_ahyar@yahoo.comZ

10 PCplus

plusProgram
Fungsi adalah salah satu struktur yang memegang peranan penting dalam C++. Apa itu fungsi, apa kegunaannya, dan bagaimana pemakaiannya?

Christianto Sahat Kurniawan

No.21/II/20 Maret 2001

APA MAKNA FUNGSI DALAM C++? APA GUNANYA?
3. 4. 5. 6. 7. main () { cout << "Hello World!"; return 0; } Pada C++, fungsi biasanya diawali dengan nama fungsi tersebut, dengan tubuh fungsi diapit oleh dua buah tanda kurung kurawal { }. Pada C++, fungsi yang harus selau ada adalah fungsi main. Namanya saja sudah main, yang kalau diterjemahkan adalah utama. Jadi, fungsi utama ini harus selalu ada dalam program C++. Coba lihat pada Program 1 di atas. Fungsi main pada baris 3 diikuti dengan tanda kurung kurawal { pada baris 4. Baris ke 5 dan 6 adalah badan fungsi, lalu fungsi main ditutup dengan kurung kurawal } pada baris 7. Saat sebuah fungsi dipanggil, eksekusi akan dimulai dengan statement pertama setelah kurung kurawal pembuka ({). terdiri dari tipe data diikuti dengan nama, persis dalam deklarasi variabel. int bil1 adalah salah satu contoh argumen. Agar lebih jelasnya, marilah kita simak contoh pada Program 2 berikut ini. 1. //Program2. Penggunaan Fungsi 2. #include <iostream.h> 3. int jumlahkan (int a, int b); 4. 5. 6. 7. 8. 9. int jumlahkan (int a, int b) { int r; r = a + b; return (r); } integer (int) karena memang diharapkan untuk mengembalikan nilai integer nantinya. Argumen pada fungsi jumlahkan tersebut adalah a dan b, yang bertipe integer. Setelah deklarasi, fungsi juga harus didefinisikan. Pendefinisian fungsi adalah penulisan bagaimana fungsi harus bekerja. Pada contoh program 2 di atas, pendefinisian fungsi jumlahkan ada pada baris 4 sampai 9. Anda dapat mengetahui tugas fungsi tersebut hanya dari melihat sintaksnya sekilas. Sekarang, mari kita simak bagaimana jalannya program. Pada C++, program dieksekusi baris per baris. Namun, jika ada lebih dari satu fungsi dalam satu program, maka fungsi main akan dieksekusi terlebih dahulu, tak perduli apakah letaknya di awal atau di akhir program. Pada program 2 contohnya, maka program akan berjalan pertama kali dari baris 10 dahulu, di mana terdapat fungsi main. Pada baris 12 variabel z bertipe integer didefinisikan. Kemudian, pada baris selanjutnya, fungsi jumlahkan dipanggil, dan nilai yang dilewatkan ke fungsi jumlahkan adalah 3 dan 5. Harga 3 dan 5 ini nantinya akan diisikan ke argumen fungsi jumlahkan, yaitu a dan b, secara berurutan. Ingat! Secara berurutan. Jadi, jika anda panggil fungsi jumlahkan pada fungsi main dengan argumen 5 dan 3, misalnya, maka argumen a akan diisikan dengan nilai 5, dan argumen b diisikan dengan nilai 3. Kemudian, pada fungsi jumlahkan, isi variabel a dan b tersebut dijumlahkan, hasilnya dimasukkan ke variabel r, untuk kemudian dilemparkan kembali ke fungsi main, dan dimasukkan ke dalam variabel z pada fungsi main. Hal ini ditandai dengan statement return (r) pada baris

8. Karena variabel r bertipe data integer, maka fungsi jumlahkan juga dideklarasikan dengan tipe data integer.

TIPE FUNGSI
Fungsi dapat memiliki tipe yang bermacam-macam, tergantung nilai yang dikembalikannya. Seperti pada contoh di atas, jika nilai yang dikembalikannya bertipe data integer, maka fungsi didefinisikan dengan tipe data integer. Begitu pula halnya jika tipe data yang dihasilkannya float, maka fungsi didefinisikan dengan tipe data float. Bagaimana jika fungsi tidak mengembalikan nilai sama sekali? Biasanya fungsi didefinisikan dengan tipe void, atau malah tidak ada tipenya sama sekali. Jadi, jika fungsi main tidak mengembalikan nilai apa-apa, Anda dapat mendefinisikan fungsi main sebagai int main ( ), main ( ), atau void main ( ).

Konsep fungsi
dalam C++ pada intinya adalah pemecahan tugas-tugas yang kompleks menjadi beberapa tugas sederhana yang jumlahnya banyak. C++ bisa terdiri dari satu buah fungsi yang mengerjakan satu tugas yang kompleks sekaligus, atau bisa juga dibuat menggunakan banyak fungsi yang mengerjakan tugas sederhana yang berbeda-beda. Fungsi adalah subprogram yang dapat melakukan aksi pada data, dan mengembalikan suatu nilai. Semua program pada C++ memiliki setidaknya satu fungsi, yaitu fungsi main ( ). Saat program dieksekusi, main ( ) dipanggil secara otomatis. Fungsi main ( ) dapat memanggil fungsi-fungsi yang lain, dan fungsi-fungsi yang lain juga dapat memanggil fungsi-fungsi yang lainnya lagi. Dengan fungsi, tubuh program akan seperti layaknya program yang tersusun dari modul-modul yang bisa dibongkar pasang. Apa keuntungan pemrograman model begini? Pertama, jika Anda membuat program yang lain, biasanya ada tugas-tugas yang tidak berbeda dengan program lain. Nah, Anda dapat menggunakan fungsi yang pernah Anda buat untuk dimasukkan ke dalam program yang baru tersebut. Dengan cara ini, Anda tinggal copy dan paste fungsi yang pernah Anda buat, dan program akan lebih cepat selesai. Keuntungan lainnya adalah dalam hal debugging. Program yang tersusun dari modul-modul yang kecil-kecil akan sangat memudahkan kita dalam pelacakan jika terjadi kesalahan pada program.

10. int main() 11. { 12. int z; 13. z = jumlahkan (3,5); 14. cout << "harga z adalah " << z << endl; 15. return 0; 16. }

STATEMENT FUNGSI
Pada fungsi, tidak ada batasan berapa jumlah maksimal statement yang ada. Anda tidak dapat mendefinisikan suatu fungsi di dalam fungsi. Anda hanya dapat memanggil sebuah fungsi dari suatu fungsi. Bahkan Anda dapat membuat suatu fungsi memanggil dirinya sendiri, yang dikenal dengan istilah rekursif, yang akan dijelaskan kemudian. Walaupun memang tidak ada batasan panjang sebuah fungsi, tapi dianjurkan agar fungsi tidak terlalu panjang, dan tidak melakukan lebih dari satu tugas. Hal ini agar sesuai dengan tujuan fungsi itu sendiri, yaitu memecahkan tugas besar yang kompleks menjadi banyak tugas yang kecil-kecil. Lalu, bagaimana ukuran besar kecilnya fungsi yang baik? Beberapa programmer menyarankan panjang fungsi dapat dilihat dalam satu layar sekaligus, tidak perlu menscroll layar. Jika fungsi yang Anda buat menjadi terlalu panjang atau terlalu kompleks, usahakan agar fungsi-fungsi tersebut dapat dipecah menjadi beberapa fungsi lagi, dengan jumlah baris yang lebih kecil dan kompleksitas tugas yang lebih sederhana.

SINTAKS DAN CARA KERJA FUNGSI
Secara umum, sintaks sebuah fungsi adalah sebagai berikut : type name ( argument1, argument2, ...) { statement; } type adalah tipe data yang akan dikembalikan oleh fungsi. Tipe data yang dikembalikan dapat terdiri dari beberapa macam. Bisa integer, float, atau bahkan tidak mengembalikan nilai sama sekali. name adalah nama fungsi tersebut. Sedangkan argument1, argument2, adalah argumen fungsi tersebut. Argumen harus dimasukkan ke dalam tanda kurung, dan dipisahkan dengan tanda koma seperti pada argument1 dan argument2 di atas. Banyak argumen yang dapat dimasukkan ke dalam suatu fungsi dapat sebanyak mungkin. Tiap argumen

EKSEKUSI FUNGSI
Baiklah, kita mulai saja. Lihatlah contoh program Hello World yang pernah kita buat pada Program 1. 1. //Program 1. Hello World. 2. #include <iostream.h>

Program ini terdiri dari 2 fungsi, yaitu main dan jumlahkan. Secara garis besar, program main adalah program utama, di mana variabelvariabel diinisialisasi. Sedangkan fungsi jumlahkan berfungsi menjumlahkan variabel-variabel yang didefinisikan pada fungsi main. Jadi, proses penjumlahan tidak dilakukan pada fungsi main, tapi pada fungsi jumlahkan, yang akan mengembalikan nilai hasil penjumlahan yang berupa integer kepada fungsi main. Untuk menggunakan fungsi, Anda harus mendeklarasikan fungsi tersebut. Hanya fungsi main saja yang tidak perlu dideklarasikan. Pada baris 3, fungsi jumlahkan dideklarasikan. Pendeklarasian fungsi harus menyertakan tipe, nama, dan argumen fungsi. Pada baris 3 tersebut, contohnya, adalah pendeklarasian fungsi jumlahkan. Fungsi ini dideklarasikan dengan tipe

PCplus 11

plusKerja
Bekerja, bagi sebagian besar warga Jakarta, mau tak mau adalah ritual harian yang umumnya diawali dengan berdesakan di angkutan umum (dan) atau bermacetan di jalanan. Hal yang sama akan berlangsung pula nanti di senjakala akhir hari kerja. Pernahkah mereka merasa lelah dengan pikulan berat itu? Adakah mereka mencari alternatif dari beban tersebut? Kenalkah mereka dengan Internet? Panaceae yang serbamujarab untuk masalahmasalah seperti itu?

F.X. Bambang Irawan

No.21/II/20 Maret 2001

KERJA BARENG LEWAT INTERNET
Anda dapat mengusung sisi-sisi, sudut-sudut, aspekaspek, faktor-faktor, suasana, budaya, gairah, emosi, dan etos bekerja, sebagaimana jika digelar dalam satu ruang dan waktu yang sama. Untuk itu semua kita bisa software, dan ketersediaan bandwidth yang memadai.

BERBASIS WEB
Untuk bisa menikmati kolaborasi dengan Internet, Anda bisa memilih di antara spektrum layanan yang disediakan. Anda bisa memilih satu per satu aplikasinya saja, misalnya menggunakan instant messaging dan video conferencing. Namun banyak juga disediakan paket-paket software untuk kolaborasi lewat Internet berbasis Web, seperti: FranklinPlanner (www.franklinplanner.com), Schedule Online (www.scheduleonline.com), WebEx (www.webex.com), onProject (www.onproject.com), QuickTeam (www.quickteam.com), Punch WebGroups (www.punchnetworks.com) dan Intranets (www.intranets.com). Dan sebagaimana fasilitas yang biasa kita peroleh dari Internet, layanan-layanan tersebut ada yang tersedia secara gratis, ada yang mempersilakan kita mencobanya, dan ada pula yang memungut biaya bulanan. Dibandingkan dengan keharusan untuk membangun jaringan Intranet atau Extranet sendiri berikut pemeliharaannya, tawaran gratisan atau bayar bulanan dengan Internet itu tentu merupakan lenggokan menggairahkan terutama bagi bisnis kecil dan menengah. Atau bahkan bagi komunitas nonprofit yang Anda bangun. Untuk dapat menikmati fasilitas-fasilitas tersebut, umumnya Anda harus mendaftar dan akan mendapatkan user name untuk login setiap saat ke layanan tersebut. Pada beberapa situs, Anda juga mendapatkan subdomain sendiri, misalnya seperti http:// bedeng2000.intranets.com. Kalau Anda mendaftar pertama kali, status Anda biasanya adalah founder. Kemudian Anda bisa mengajak kolega atau kerabat untuk bergabung di dalamnya. Kantor atau markas komunitas Anda pun berdirilah sudah! Dan pada prinsipnya Anda bisa bekerja bareng kolega dari titik di belahan mana pun di muka bumi seluas jangkauan Internet.

www.intranets.com

Masalah dalam pekerjaan
tentu tidak berhenti pada ritual pagi petang seperti itu. Traffic materi pekerjaan juga merupakan masalah lain yang banyak menyita tenaga. Bayangkan misalnya jika kantor terpaksa mengambil lantai atau lokasi yang berbeda dalam suatu gedung atau kompleks. Bisa jadi file dokumen kontrak, misalnya, yang dibutuhkan, berada sepuluh lantai di bawahnya, harus ditandatangani oleh kolega di dua lantai di atasnya, dan baru dikirim ke klien lewat kurir untuk diminta persetujuannya.

kolaborasi sesempurna mungkin. Tanpa banyak basa-basi lagi, lebih baik langsung disebutkan saja bahwa Internet adalah kandidat terkuat sebagai peranti kolaborasi.
www.quickteam.com

KOLABORASI
Kolaborasi adalah salah satu kata kunci dalam dunia kerja saat ini. Sekaligus, kolaborasi pula yang merupakan hal ideal yang makin susah dikejar pada jaman seperti ini. Mobilitas para profesional mengejar klien, menggelar presentasi, memberi konsultansi, menghadiri meeting asosiasi, menghadiri seminar, gladi resik peluncuran produk, makan siang bisnis, dinas luar kota atau luar negeri, tidak bisa dihambat. Maka peranti komunikasi yang mobile, seperti telepon seluler (ponsel), menjadi tentengan wajib kaum tersebut agar tetap bisa keep in touch dengan kolega dan pekerjaannya di kantor. Hal yang sama juga berlaku wajib bagi para pekerja yang memilih cara telecommuting dalam berhubungan dengan kantornya. Sampai saat ini ponsel tampaknya masih menjadi tulang punggung utama bagi kebutuhan kolaborasi pekerjaan, seperti dapat kita saksikan sebagai pemandangan sehari-hari di ibukota. Namun, toh ponsel yang kebanyakan digunakan masih mengulum keterbatasan jika arahnya adalah penggunaan untuk

memilih fitur-fitur video conferencing, telepon Internet, instant messaging atau chatting, kalender bersama, papan pesan atau diskusi, ruang simpan file
www.franklinplanner.com

Anda pasti juga sependapat jika pernah merasakan bagaimana e-mail telah sangat membantu dalam menjalankan bisnis atau hanya sekadar mengatur jalannya roda organisasi Anda.
www.onproject.com

kelompok, dan lainlain. Semua layanan yang mampu digelar lewat Internet ini ditentukan oleh paduan antara kemajuan hardware, kecanggihan
www.webex.com

Tetapi kapabilitas kolaborasi yang disediakan oleh Internet jauh dari sekadar interaksi yang interaktivitasnya minim macam e-mail. Dengan Internet

www.punchnetworks.com

12 PCplus

Membanjirnya produk komputer berteknologi baru setahun belakangan ini diwarnai pula dengan makin murah dan makin tingginya kemampuan komponen yang ada di dalamnya.

MEGA BAZAAR COMPUTER 2001:

Sementara itu,
kebutuhan konsumen, baik individu maupun korporat terhadap komputer juga terus berkembang. Timbal balik kebutuhan dan ketersediaan peranti komputer ini mendorong Dyandra Promosindo untuk menggelar Mega Bazaar Computer 2001, 14 sampai 18 Maret 2001 mendatang. Digelar serentak di lima kota besar di Indonesia – Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan SurabayaMega Bazaar ini dikemas dengan tema “The Great Computer Selling Place” atau “Ajang Penjualan Komputer Terbesar”. Di Jakarta, Mega Bazaar mengambil tempat di Hall B Jakarta Convention Center dan di Bandung bertempat di Sasana Budaya Ganesha. Sementara, Graha Sabha Pramana digunakan sebagai tempat bazaar di kota pelajar Yogyakarta. Dua kota yakni Semarang dan Surabaya mengambil tempat masingmasing di Plaza Simpang Lima dan World Trade Center. Dengan melibatkan vendorvendor komputer terkemuka di negeri ini, sampai saat ini stand yang terjual sudah mencapai 95 persen untuk Jakarta dan Bandung. Ada sepuluh paket stand yang ditawarkan dalam pameran ini. Di Semarang, Mega Bazaar Computer 2001 dikuti setidaknya oleh 42 stand dan tingkat partisipasi sudah mencapai 95 persen. Untuk

AJANG PENJUALAN KOMPUTER TERBESAR 2001
teknologi terbaru dengan pengusaha serta vendor komputer yang menyediakan peralatan terbaru dengan harga terjangkau. Karena melibatkan vendor-vendor terkemuka, bazaar dagangan elektronik ini pasti akan memberikan keuntungan bagi konsumen, karena mereka tidak perlu lagi mendatangi satu per satu vendor komputer yang ada untuk mendapatkan produk komputer terbaik. Cukup dengan datang di arena tersebut, konsumen sudah disuguhi dengan layanan dan informasi terbaik tentang apa yang mereka butuhkan. Apa keuntungan Mega Bazaar Computer ini buat pengusaha? Jelas bahwa mereka tidak perlu lagi menghabiskan biaya promosi karena calon-calon konsumen sudah datang dengan sendirinya. Selain itu, mereka juga tidak direpotkan lagi dengan iklan atau pariwara bermacammacam, karena semuanya sudah ditangani oleh pihak penyelenggara, dalam hal ini Dyandra Promosindo. Dengan demikian, mereka lebih bisa berkonsentrasi untuk memberikan layanan dan informasi terbaik kepada konsumen. Bagi korporat, ajang ini adalah saat yang tepat untuk mencari produk teknologi komputer yang sesuai dengan perkembangan bisnis dari perusahaan. Karena dikemas dalam konsep bazaar, mereka pasti akan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan harga yang kompetitif. Di PCplus kali ini, Anda juga bisa memperoleh panduan dan informasi seputar tips-tips membeli barang komputer di pameran pada rubrik plusBelanja. Selain itu, pertimbangan perlu tidaknya meng-upgrade/mengganti komputer juga kami sajikan di rubrik plusUpgrade. Kalau Anda mempertimbangkan untuk membeli monitor, kami mengulas pula serba-serbi monitor dan kiat memilihnya di rubrik plusKiat. Selamat menikmati PCplus dan selamat mengunjungi pameran. PC+

RICH/PCplus

“Digelar serentak di lima kota besar”

Surabaya, tingkat partisipasi peserta pameran yang terdiri dari pengusaha-pengusaha komputer lokal masing-masing sudah mencapai 95 persen, sedangkan di Yogya, stand sudah terjual habis.

UNTUK SIAPA?
Mega Bazaar Computer 2001 jelas dimaksudkan sebagai ajang pameran yang mempertemukan calon-calon konsumen yang membutuhkan

PCplus 13

plusFokus
Seringkali kita kebingungan mengikuti penggolongan spesifikasi komputer. Ada yang mengklasifikasikan ke dalam home PC, audio center-multimedia, dan gaming. Yang lain lagi mengklasifikasi berdasarkan fungsinya, entah di kantor, di rumah, atau untuk bermain. Ada pula yang mengategorikan berdasarkan tuntutan penggunaan, seperti untuk grafis, multimedia, rumahan, atau kantoran. Yang lebih rumit, di masing-masing kategori itu masih juga dipisah yang berjenis hemat, cukupan, dan mewah.

Alois Wisnuhardana

No.21/II/20 Maret 2001

PILAH-PILAH PC PILIH-PILIH PC!

PCplus menyederhanakan
keruwetan itu dengan membagi PC ke dalam tiga kelompok yang paling ringkas dan masuk akal: LOW-END, MID-END, dan HIGH-END. Mengapa penggolongan seperti ini dibilang masuk akal? Karena, seperangkat PC yang disebut atau dikategorikan home PC, seringkali masih bisa difungsikan untuk berbagai kebutuhan untuk mendengarkan musik, memutar VCD, atau bahkan menyunting gambar. Tentu saja kualitas dan proses yang dihasilkan berbeda. Yang namanya PC gaming sudah tentu sangat yahud digunakan untuk menyelesaikan PC low-end ibarat sepeda yang melaju di tengah jalan raya: lambat dan kadangkadang dipandang sebelah mata. Berpapasan dengan bus atau truk yang melaju kencang menguasai jalan raya, ia musti bersembunyi atau bahkan turun dari badan jalan aspal. Namun, meski dibilang kuno dan lambat, ia tetap saja diproduksi karena memang banyak yang masih berminat, baik untuk bekerja maupun berolah raga. pekerjaan kantor atau kuliah. Pengelompokan yang dibuat PCplus ini juga dimaksudkan untuk memberikan gambaran yang lebih konkret tentang gejolak perkembangan yang sesungguhnya terjadi di pasar perkomputeran, baik dari sisi bisnis-ekonomis maupun dari sisi teknologi. Kalau Anda menyebutkan spesifikasi PC lowend ke toko-toko komputer, asosiasi mereka pastilah komputer yang harganya murah, kemampuannya terbatas, dan secara teknis paling simpel dan praktis. Apa-apanya sudah onboard. Namun, yang simpel bukan berarti buruk atau jelek. Dalam hal ini, PC disebut low-end lantaran fitur-fiturnya sudah berumur lebih dari satu setengah tahun. Berdasarkan apa menentukan kriteria satu setengah tahun itu? Tak lain berdasar perkembangan teknologi di bidang prosesor. Bila setiap 18 bulan (mengikuti Hukum Moore) keluar prosesor dengan kecepatan terbaru, prosesor di bawahnya otomatis tersodok ke kategori menengah. Sodokan ini tentu saja membawa efek domino ke kelas prosesor di bawahnya. Namun, secara teknis PC-PC

yang tersodok ke bawah tidak lantas dikutuk tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi alias out of date. Sebagai sistem yang utuh, Anda tetap berpeluang untuk mengganti berbagai komponen di dalamnya, sehingga komputer tidak terasa “geblek-geblek amat”. Satusatunya perkembangan periferal PC yang relatif stabil dalam komponen komputer adalah monitor. Ada hal yang perlu Anda perhatikan dari penggantian komponen dalam sebuah PC: keseimbangan. Keseimbangan ikut menentukan kestabilan dan kehematan alias efisiensi suatu komponen. Maksudnya? Begini. Ambil contoh sistem PC berbasis Pentium III 600MHz. Lantaran cuma ingin memfungsikannya sebagai PC kantoran, Anda memasang memori 32MB. Meski mencukupi, jelas perpaduan itu tidak efisien. Lebih baik Anda gunakan prosesor dengan kecepatan 500MHz tapi memorinya 64MB. Nah, mari sekarang kita simak beberapa panduan navigasi yang sudah disiapkan PCplus buat Anda. Supaya jangan tersesat, ukurlah kemampuan kantong Anda dan pertimbangkan dengan kebutuhan Anda saat ini. Dari keduanya, kemudian Anda harus menimbangnimbang peluang untuk mengupgrade di masa depan. Tiga dimensi itulah yang bakal membuat Anda puas dengan keputusan yang Anda ambil. low-end memang tidak terlalu menjanjikan. Bagi prosesor yang masih berbendera socket 7, kemampuan upgrade jadi lebih terbatas. Malah bisa dibilang sudah mentok. Motherboard TX Pro II yang saat ini harganya sekitar 435 ribu rupiah misalnya, hanya dapat menampung prosesor kelas MMX 166 sampai 233, Cyrix, AMD K6-2, dan K6-3. Bila ingin upgrade lebih dari itu, Anda musti buang motherboard dan mengganti dengan yang berteknologi baru. Karena prosesor yang dipakai adalah kelas rendah, pengaruhnya pasti terasa juga dalam hal kecepatan prosesor mengeksekusi suatu perintah. Dengan prosesor lambat macam begitu, janganlah Anda terlalu berharap banyak bisa nonton film atau bermain game di PC dengan enak. Gambar yang terlihat patahpatah mungkin harus Anda terima pasrah bulat-bulat, kecuali Anda menambahkan komponen tambahan seperti kartu grafis yang lebih “gedhe”. Meski demikian, PC ini masih boleh juga dijadikan rekan kerja untuk menggarap

PC LOW-END:

DIPANDANG SEBELAH MATA, TETAP SAJA DICARI
dibilang sudah ketinggalan jaman pun masih tetap dicari orang. Daya beli terus menurun, sementara kebutuhan tidak bisa dinego ulang. Ujung-ujungnya, orang tidak lagi terlalu memperhatikan hal-hal penting dan strategis kecuali harga, harga, dan harga. Nah, karena tuntutan harga itulah kemudian PC low-end yang terkena “getah manisnya”. Calon pembeli yang tadinya bisa memperoleh PC mid-end atau bahkan high- end mau tidak mau harus banting setir.

Banyak juga yang
merendahkan kemampuan dan kualitas PC low-end. Namun tetap saja ia diminati dalam jumlah yang boleh dibilang mengherankan. Mengapa? Karena PC jenis ini memang tidak lagi memiliki nilai lebih kecuali dalam satu hal: harga. Memang, inilah buah dari krisis yang berkepanjangan. Di dunia komputer, produkproduk lawas yang boleh

FITURNYA SUDAH LAWAS
Apa saja sih fitur-fitur pada PC low-end ini? Dari pengamatan di pasar, motherboard dengan dudukan prosesor socket 7 masih bertebaran, meski secara teknis ia sudah mulai digeser jenis socket lain. Di samping yang ini, ada pula motherboard yang memakai socket 370 maupun slot 1 seperti Xcell2000 atau motherboard lain. Seperti banyak diketahui, fitur-fitur yang ditawarkan PC

14 PCplus

PCplus 15

plusFokus
aplikasi-aplikasi ringan, mengetik, bermain gamegame ringan, mengerjakan tugas-tugas kantor atau kuliah. Untuk masuk ke Internet, PC macam begini sebenarnya juga tidak kalah-kalah amat dengan “abangnya”. Meskipun modemnya berstatus onboard, nyatanya ia masih bisa digunakan untuk sekadar browsing, surfing, atau chatting. Terbukti banyak pengguna yang tidak mengalami masalah berarti dengan memanfaatkan teknologi di PC low-end ini. Warnet-warnet pun masih banyak yang menggunakan PC kelas ini. Untuk memori, PC yang bermotherboard macam TXpro II atau Xcell2000, kapasitas memori yang bisa ditampung amat terbatas. TX-Pro II misalnya, hanya mampu menampung maksimal 512MB memori PC-100. Sedangkan Xcell2000 yang sekarang bisa didapat dengan harga sekitar 585 ribu rupiah juga cuma 256MB untuk masing-masing slot DIMM atau maksimum menampung 768MB. Keduanya memang hanya bisa menampung memori bertipe PC-100. Alhasil, ketika Anda memiliki memori bertipe PC133, yang terbaca pada komputer hanyalah PC-100 atau bekerja dengan frekuensi 100MHz. Sayang, kan? Begitu pula dengan harddisk. Bila hardisk Anda sudah memakai teknologi Ultra ATA100, Anda harus puas dengan kecepatan transfer yang jauh di bawah itu. Bila Anda memakai TX-Pro II misalnya, kecepatan transfer data antara harddisk ke motherboard dipangkas habis dan hanya terbaca ATA33! Begitu pula yang terjadi untuk motherboard Xcell 2000 yang punya kemampuan transfer IDE hanya sebesar 66MHz. Alhasil, kelemahan ini juga membawa pengaruh pada kecepatan komputer secara keseluruhan. Karena hampir semua motherboard low-end banyak yang diproduksi pada saat peralihan dari 486 ke Pentium, maka fiturnya juga masih mengakomodasi komponenkomponen jaman sebelumnya. Motherboard low-end misalnya masih banyak yang tetap memasang slot ISA (Industry Standard Architechture) yang bandwidth datanya masih sebesar 8 sampai 10MHz. Slot ISA ini dulunya merupakan slot tambahan utama sebelum muncul PCI. Sekarang, slot model begini sudah tidak up to date lagi. Produsen periferal pun tidak ada lagi yang memproduksi kartu tambahan yang memanfaatkan slot semacam ini.

No.21/II/20 Maret 2001

MASIH BISA DIKEMBANGKAN?
Meskipun memiliki fitur yang terbatas, tidak berarti komputer yang Anda miliki tidak bisa dikembangkan menjadi PC yang tangguh. Ambil contoh TX Pro II yang memiliki 3 buah slot PCI. Dengan 3 buah PCI ini, Anda memang masih dapat memasang kartu-kartu tambahan semisal kartu jaringan, modem, kartu suara,

atau bahkan kartu VGA yang memakai sistem bus PCI. Kartu VGA dengan bus PCI memang masih kalah dibanding menggunakan kartu grafis berbasis AGP. Yang patut Anda ingat, PCI berbasis bus, sedangkan AGP berbasis slot. Pada beberapa motherboard low-end, gambar grafis memang boleh dibilang rendah kualitasnya. Kondisi semacam ini terjadi lantaran share memori yang bisa dipakai maksimal hanya 8MB, bahkan ada yang cuma 4MB. Dengan share memori seminim ini, otomatis kualitas gambar kurang maksimal. Belum lagi efek kinerja yang terganggu, karena memori utama (RAM) sudah disedot sebagian buat menghidupkan tampilan. Selain penambahan kartu grafis, interface berteknologi USB (Universal Serial Bus) juga

dapat diintegrasikan pada PC kelas bawah ini meskipun pada beberapa tipe masih bersifat optional. Dengan fasilitas ini, Anda memang masih bisa bernapas lega. Periferal yang sekarang banyak memakai teknologi USB ini masih bisa Anda nikmati, meski pada tipe tertentu Anda harus membeli kabel tambahan. Memang, karena iming-iming kecepatan transfer data yang lebih cepat inilah teknologi USB ini makin berkembang lingkup penggunaannya. Selain itu, teknologi USB jauh lebih praktis dibanding tipe koneksi serial atau paralel. Begitu pula dengan fasilitas sound card yang onboard. Dengan fasilitas ini, Anda bisa seperti komputerkomputer multimedia kelas menengah maupun atas meski kualitasnya masih sedikit di bawah mereka. Namun, Anda masih tetap dapat mendengarkan MP3 atau CD. Nah, jika Anda memang berminat untuk membeli PC low-end semacam ini, Anda paling tidak sudah mengetahui kelemahan dan kelebihannya, kemungkinan upgrade di masa depan, dan lain-lain sehingga Anda bisa berujar, “Kutahu yang kumau!” (sil)

Perkembangan PC berlangsung sangat cepat. Jika Anda tidak pintar-pintar mencocokkan kebutuhan Anda dengan kemampuan PC yang akan dibeli, sesal kemudian tiada ada gunanya. Generasi PC berkembang dari jaman XT sampai sekarang ini yang mencapai di atas 1,5GHz.

PC MID-END:

PALING DICARI, HARGA RELATIF TERJANGKAU
menggunakan monitor dengan resolusi 0,27 atau 0,25 dpi. Soal ukuran, tergantung selera Anda. Difungsikan sebagai PC rumahan biasa alias home PC, komputer kelas menengah jelas memenuhi kriteria. Bahkan cenderung mubazir. Dengan kecepatan tersebut Anda masih dapat memasang sejumlah aksesoris multimedia. Seperti untuk menjalankan musik (MP3), atau untuk menonton film (VCD/ DVD). Untuk menjalankan kemampuan multimedia sampai ke penyuntingan video, tentu Anda harus memasang CD-RW drive, DVD-ROM drive, dan speaker. Tipe CD-RW drive yang dapat Anda gunakan adalah 4x/ 2x/24x atau lebih. Sedangkan untuk DVD-ROM drive adalah dengan kecepatan 4x atau lebih. Tingkat performa yang powerful, sistem yang cukup solid dan mempunyai kinerja yang cukup jelas menjadi dambaan setiap kantor, terutama untuk kantor-kantor kecil atau mereka yang berkantor di rumah (small office home office, SOHO). Aplikasi-aplikasi yang biasanya digunakan untuk SOHO, adalah aplikasi-aplikasi yang berbentuk teks, bukan grafis. Kecuali kalau kantor Anda sehari-hari berurusan dengan pekerjaan seperti iklan, foto, layout, dan sejenisnya. Untuk periferal terpasang, usahakan menggunakan spesifikasi minimum yang melekat dalam sebuah PC kelas menengah. Periferal yang dapat mendukung, antara lain memori tipe SDRAM PC-66 sampai PC-133 dengan kapasitas minimal 64MB. Untuk kartu, dapat digunakan kartu suara yang mendukung suara 3D dan kartu grafis AGP. Kalau mau tambahan, cari yang mendukung video in/out. Untuk harddisk, sebaiknya Anda menggunakan harddisk dengan kapasitas minimum 10GB. Ini untuk menampung aplikasi-

Untuk sekarang ini,
PC dengan kategori generasi menengah (prosesornya berkecepatan antara 500-650MHz) sebenarnya memberikan variasi yang beragam. Pilihan tersebut dapat menyangkut fungsi, kemampuan, spesifikasi, periferal pendukung, tingkat kemampuan harddisk, maupun harganya. Fungsi! Ya, fungsi adalah faktor yang perlu diperhatikan. Untuk apa Anda membeli PC? Untuk rumah, kantor, ‘ngegame’ atau untuk keperluan grafis. PC kelas menengah sebenarnya dapat dioptimalkan sampai untuk keperluan gaming dan editing grafis. Untuk kebutuhan gaming, Anda musti mengepak PC dengan kartu grafis yang OK punya. Sedangkan untuk keperluan grafis bisa saja, tapi konsekuensinya, PC Anda akan terasa sangat tidak bertenaga. Selain itu, Anda sebaiknya

aplikasi yang akan dijalankan, mengingat ukurannya yang lumayan besar. Ada satu hal yang jangan sampai terlupakan: mainboard! Pemilihan mainboard yang pas akan menguntungkan ketika Anda perlu upgrade. Sebagai informasi, semua board yang mendukung CPU 500-650MHz pada umumnya dapat ditingkatkan sampai di atas 1GHz, kecuali untuk Pentium 4. Nah, Anda jangan sampai ‘teledor’ untuk yang satu ini. Pilih board yang dapat memiliki jangkauan luas di masa depan, dan jangan sampai terjebak atau tertipu dengan board yang sudah mentok kemampuannya. Ini dapat dilihat pada buku panduan board yang Anda pilih (baca: pergunakan). Faktor harga pasti akan Anda pertimbangkan. Yang patut diingat, Anda akan menjumpai harga yang beragam, dengan spesifikasi hampir mirip. Jangan bingung apalagi ragu! Anda harus jeli mencermati berbagai penawaran tersebut. Sepadankah harga yang Anda bayar dengan fasilitas yang Anda dapat? Dengan spesifikasi yang telah dibahas di atas, perkiraan harga yang harus Anda keluarkan berkisar antara 4,5 juta sampai dengan 7 juta, asal rupiah tidak tergencet dolar sampai terkelojot ke 10.000 lebih seperti sekarang ini. (aan)

16 PCplus

plusFokus
Pergeseran kebutuhan dari komputer dengan fasilitas kelas “warteg” ke “restoran mewah” tampaknya sudah tak bisa dibendung. “Warteg” memang masih laku dan dicari orang. Tapi, “restoran mewah” pun menjanjikan kelengkapan menu dan kenyamanan dalam melahap menu itu.

No.21/II/20 Maret 2001

PC HIGH-END:

Semua orang seolah
berlomba-lomba ingin memiliki perangkat dengan teknologi terdepan. Bila dulu orang sudah puas dengan komputer yang hanya bisa untuk ketikmengetik, kini fungsi komputer sudah lebih dari sekadar “alat ketik”. Aneka fasilitas multimedia dengan suara dan tampilan grafis yang makin apik pun semakin banyak dicari. Apalagi bagi penggemar game-game multimedia yang mempersyaratkan spesifikasi perangkat keras nan canggih. Persaingan di antara pemasok produk-produk komputer dan periferalnya pun tak terelakkan. Hadirnya teknologi prosesor dan chipset terbaru disertai dengan

PALING DIMINATI, PEMBELI MASIH TERBATAS
dukungan aneka interface, membuat persaingan makin gayeng. Misalnya saja chipset. Saat ini motherboard dengan chipset-chipset semacam Intel i815 atau VIA Apollo KT133 yang sesuai dipadankan pada Pentium III atau Duron dan Athlon masih banyak diminati. Trend selanjutnya bisa jadi akan lebih mengarah ke chipset yang bisa mendukung RDRAM (Rambus DRAM), seperti chipset Intel i850. Nah, tentunya pemilihan produk pun harus sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain tentu saja sesuai dengan “ukuran kantong” Anda. Kini orang lebih banyak mencari motherboard yang bisa

multifungsi dengan performa yang bisa diandalkan. Selain itu faktor kemudahan upgrade jelas perlu diperhitungkan. Buat apa beli motherboard mahalmahal tetapi nyatanya tak bisa dikembangkan lebih jauh lagi? Ya, itulah gunanya mengikuti informasi terkini.

APA YANG HARUS DIPERTIMBANGKAN?
Dalam pemilihan motherboard high-end, ada beberapa komponen yang layak Anda perhatikan. Misalnya, interface alias antarmuka untuk media penyimpanan seperti harddisk dan drive CD-Rom yakni ATA. Peranti yang beredar di pasaran saat ini umumnya menggunakan versi ATA/66 dan ATA/100 yang masing-masing mampu mentransfer data sampai 66 MB/s dan 100 MB/s. Karena itu pemilihan peranti yang tepat otomatis akan meningkatkan kinerja transfer data dari disk ke CPU Anda. Namun demikian, faktor ATA saja belum menjamin optimalnya kinerja komputer Anda. Anda masih harus memperhatikan kecepatan rotasi drive yang diukur dengan satuan rpm (rotation per minute). Kebanyakan harddisk

RICH/PCplus

NUSA PRIMA COMPUTER
•Gajah Mada Plaza, Semi Ground Floor 77 Telp./Fax. : (62-21) 6338154, 6343954 E-mail: prolink@cabi.net.id Homepage: www.nusantara-polar.co.id •Pasar Baru Timur, Jalan Sentul No. 22 H,I Telp. : (62-21) 386 5702 (hunting), Fax : (62-21) 384 2310
DEALER : JAKARTA (021): Nusa Prima (Dusit) 6127652, Dafa Com 6385522, Bright 63862230, Power 6339155, Subaru 6343231, Studio Computer 6498261, Mitra Maju Mandiri 6127051, Dimensi 6246558, VPG 5324133, Digisoft 6243322, Sigma Computindo 6268924, Panca Putra 6282636, Indo Computer 6125074, M3M 6127053, PCI 6120511, Prima Mandiri 66603010, SCC 6336638, Bitcom 6127667, Basic 6338484, DEA 63855772, Mandiri Jaya 6127616 BOGOR (0251): Batu Tulis 9169136 PADANG (0751): Venes Jaya 32310, Maxindo 38837 BANDUNG (022): Aicom 4231712, Excelent 4202196, Prosystem 4210300, Multisoft 4203311, Trimedia 2533710, Phonnex 7231006, Komputer Mart 4216531, Prisma Computer 2016221, SURABAYA (031): Nusantara Polar 5478714, Sarijaya 5034290 PALEMBANG (0711): Bobby Computer 322156 MEDAN (061): Multi Lucky 7342348 SEMARANG (024): Gemah Permata 313353, Isti Data 316372, Harisma 3552838 YOGYAKARTA (0274): Suluh 518218 LAMPUNG (0721): Mahir 481526 UJUNG PANDANG (0411): Maitri Surya 319579, Genius 434490, Henin Computer 330721 DENPASAR (0361): Indocom 227046

PCplus 17

plusFokus
MHz. Kecepatan FSB di bawahnya adalah 200 dan 266 MHz yang dipakai untuk mendukung prosesor Athlon. Siapa yang membutuhkan bus dan kecepatan clock setinggi ini? Umumnya peningkatan kinerjanya akan lebih terasa pada pemakaian aplikasi photo editing, video, atau game-game 3D. Kebanyakan adalah programprogram yang memerlukan akses harddisk dan memori yang tinggi. Terutama untuk program yang banyak menampilkan grafis secara intensif. Nah, selain komponenkomponen di atas, masih ada lagi komponen yang perlu Anda pertimbangkan. Port USB atau Universal Serial Bus. Kebanyakan periferal komputer kini sudah lebih banyak yang memanfaatkan port ini. Mulai dari mouse, keyboard, scanner, ataupun kamera video digital. Koneksi yang dihasilkan USB bisa lebih cepat dibandingkan dengan PS/2, serial, paralel, atau port I/O lainnya di komputer Anda. Selain lebih ringkas dalam pemasangannya, satu port USB bahkan bisa digunakan untuk beberapa perangkat.

No.21/II/20 Maret 2001

KOMPUTER HIGH-END?
Mubazirkah bila Anda membeli komputer high-end sebagai pilihan Anda? Semuanya tergantung dari seberapa jauh Anda bisa mengoptimalkan aneka fungsinya untuk kerja Anda. PCplus menggolongkan PC berkecepatan di atas 850 MHz ke dalam kategori high-end. Spesifikasi ini tentu sudah sangat bertenaga. Apalagi bila hanya digunakan untuk aplikasi pengolah kata, spreadsheet, berselancar di Internet, atau membuka dan mengirim e-mail. Namun tentunya sungguh mubazir bila Anda membeli perangkat sekelas itu hanya untuk keperluan ringan semacam di atas. Karena kemampuannya bisa lebih bisa dimaksimalkan lagi. Komputer sekelas ini cukup untuk menangani aplikasi grafis kelas berat seperti CAD dan video editing. Bahkan

saat ini memiliki kecepatan 5400 rpm, 7200 rpm, atau 10.000 rpm. Biasanya semakin cepat disk berputar semakin rendah waktu yang dibutuhkan head magnetik baca/tulis menunggu sampai ditempatkan pada sektor yang tepat. Bila Anda harus memilih antara ATA dan RPM, PCplus menyarankan, pilih yang RPMnya lebih tinggi sekalipun ATAnya mungkin lebih rendah. Antarmuka lainnya, bus PCI (Peripheral Component Interconnect) digunakan untuk penambahan komponen seperti kartu suara atau modem internal. Jumlah bus PCI yang

paling banyak terpasang di motherboard terbaru biasanya 5 atau 6. Tapi ada juga yang cuma 3 atau 4. Bila komponen tambahan yang ingin Anda lekatkan cukup banyak, sebaiknya pilih motherboard dengan jumlah slot PCI yang lebih banyak. Faktor lain yang tak kalah penting adalah pemilihan front side bus (FSB). FSB tak lain adalah bus yang bertindak sebagai jalan digital aliran data dan instruksi dari CPU ke bagian sistem lainnya. Sistem dengan standar FSB tertinggi saat ini masih dipegang oleh Intel Pentium 4, dengan FSB 400

untuk memainkan game multimedia. Untuk keperluan grafis ini, kartu grafis 3D akan sangat diperlukan bila Anda menginginkan kinerja tinggi. Sebuah analisis menunjukkan bahwa chip grafis yang terbaik saat ini adalah nVidia GeForce2 Ultra. Dari segi memorinya, kartu ini dilengkapi dengan DDR SDRAM. Memori jenis ini bisa menghasilkan kinerja 20% hingga 50% lebih cepat dari SDRAM biasa. Tapi dalam pemilihan kartu grafis, Anda tak bisa hanya terkecoh oleh kinerjanya saja. Kecepatan, kelengkapan fitur, dan harga mau tak mau ikut mendukung. Kalau mau lebih “gila”, kini sudah mulai dirilis kartu grafis GeForce3 yang chipset-nya sudah bisa diprogram dan menghasilkan gambar lebih nyata dan hidup. Aksesoris lain yang layak tertancap di komputer high-end adalah speaker yang dilengkapi subwoofer, CD-RW atau DVDROM (atau minimal CD-ROM berkualitas yahud), modem eksternal, mouse dan keyboard yang bukan generik, serta casing dengan power supply minimal 300 watt. Kalau semuanya sudah lengkap, Anda bisa tinggal memanfaatkannya semaksimal mungkin. (ibp)

RICH/PCplus

Ketangguhan sebuah komputer tidak semata-mata ditentukan oleh kehebatan prosesor, besarnya kartu grafis, besarnya memori, dan merek motherboard yang terpasang. Kalau kestabilan menjadi dambaan setiap orang, bagaimana sesungguhnya mendapatkan komposisi yang stabil dari sebuah sistem PC?

PERIFERAL TERPASANG
Kartu grafis Sound card Monitor

PC LOW-END
Onboard Onboard 14/15 inch, 0.28 dpi 7,5 atau 10 GB, ATA33, 5400 rpm

PC MID-END
AGP 8/16MB Card PCI Mono/Stereo 14/15 inch, 0,28/0,27 dpi 15 atau 20 GB, ATA66/100, 7200 rpm Speaker+Subwoofer 500-650MHz Chipset baru, Socket 370/A. Biasanya support prosesor sampai 1GHz Wajib, Speed di atas 50x Optional

PC HIGH-END
AGP 32/64MB Card PCI Stereo 15/17 inch, 0,25/0,22 dpi 30 GB, ATA100, 7200/10000 rpm

Harddisk

Speaker CPU/Prosesor Motherboard

Speaker Mono 233-266 MMX Chipset lama, socket 7

Speaker+Subwoofer 850MHz – up to 1GHz Chipset baru, Socket 370/A. Biasanya support prosesor sampai 1GHz Wajib, Speed di atas 50x Wajib, CD-RW Speed 8x4x24x, DVD speed 4/8x Tower, Power supply 300 watt

CD-ROM CD-RW/DVD-ROM

Optional Tidak perlu

Kembali kita harus
mempertimbangkan hukum keseimbangan. Mobil Formula 1 tentu tidak cocok digeber di jalan raya biasa. PC dengan prosesor 600MHz tentu tidak layak lagi dipasangi harddisk 4,3 atau

Casing

Mini Tower, Power supply 200 watt Generik

Mid- Tower/Tower, Power supply 250 watt Scroll mouse, keyboard Eksternal Optional Tidak perlu

Keyboard-Mouse

Modem Joystick/game pad Mini Camera

Internal-onboard Tidak perlu Tidak perlu

Scroll mouse, wireless Keyboard ergonomis+ handrest Eksternal Optional Optional

18 PCplus

RICH/PCplus

TABEL PANDUAN BUAT ANDA

7,5GB. Bagaimana sesungguhnya mencari komposisi yang ideal dari masing-masing kategori PC? Berikut ini kriteria yang mudah-mudahan membuat Anda lebih gampang menentukannya. (lihat tabel) Dari tabel itu, tentu saja setiap komponen bukanlah harga mati yang musti diikuti. Seiring dengan situasi dolar yang lagi gila-gilaan seperti sekarang ini, patut pula Anda pertimbangkan untuk memilih komponen standar minimal. Dengan demikian, Anda masih memiliki kemungkinan untuk melakukan penambahan ketika olar tidak “mengamuk” seperti sekarang ini. Yang juga patut Anda ketahui, beberapa barang di pameran sudah diorder oleh penjual dengan kurs dolar di bawah Rp.10.000. Kalau Anda tidak buruan membelinya, sudah pasti harga barang bakal dipatok di kurs dolar yang berlaku hari itu. Kalau gambaran di dalam tabel itu Anda, ikuti, sekarang tinggal Anda hitung duit di kantong serta kebutuhan Anda dalam satu setengah tahun mendatang ini. Selamat berburu PC. Selamat berkeliling pameran!

PCplus 19

20 PCplus

plusAd Scanner Canon
Dalam rangka mengukuhkan posisinya sebagai produsen scanner terkemuka dunia, Canon meluncurkan serangkaian produk scanner terbaiknya. Ada 7 seri scanner yang dikelompokkan dalam dua kategori, yakni kategori SLIM atau RAMPING dan kategori DESKTOP PROFESSIONAL.

No.21/II/20 Maret 2001

Scanner Canon:

VAROS, resolusi data yang diperoleh pada scanner ini bisa mencapai 1200X1200 dpi, dengan dua kali proses scanning. Pada kebanyakan scanner merek lain, proses scanning hanya berlangsung satu kali, sehingga hasil scan kurang tajam. Dikombinasi dengan software Image Synthesis and Low Vibration Drive System, scanner D660U ini menghasilkan citra gambar maksimal di kelasnya. Output warna yang dihasilkan oleh CanoScan D660U adalah 42bit warna. Boleh dikatakan, produk ini berupaya memadukan teknologi terbaru dengan tuntutan seni yang memerlukan tingkat kecermatan tinggi. Dengan garansi satu tahun penuh, Anda bisa mendapatkan produk-produk scanner Canon di PT Datascrip dengan alamat Kawasan Niaga Selatan Blok B15, Bandar Kemayoran Jakarta, telepon 6544515 atau di tokotoko komputer terkemuka di kota Anda.

TEKNOLOGI SCAN DENGAN SENTUHAN SENI
scanner di atas dirancang dengan memanfaatkan temuantemuan teknologi mutakhir, sehingga scanner Canon 120 mm, bahkan 4”x5”. Yang paling gres, 4 model di antara 7 model terbaru itu dilengkapi dengan Z-lid double hinge cover, sehingga memudahkan pemakainya manakala melakukan scanning buku-buku atau majalah yang berukuran tebal. Di samping itu, hadirnya scanner Canon kepada seri slim akan akan memberikan banyak pilihan pengguna scanner-scanner ramping dan trendy dengan ketebalan hanya 1,3 inci. Sesuai dengan tuntutan nafas milenium, scanner Canon memiliki variasi warna yang menarik mulai dari warna keperakan, putih keabu-abuan, dan champagne gold. Citarasa milenium ini benar-benar tampak pada produk-produk terbaru tersebut. Selain itu, Canon tentu saja secara konsisten melengkapi scanner-scannernya dengan teknologi-teknologi canggih. Salah satunya adalah VAROS (Variable Refraction Optical System) yang sudah dikenal luas. Teknologi ini semula digunakan digunakan untuk barang-barang proyektor yang memang memerlukan resolusi optis maksimal. Pada CanoScan D660U misalnya, dengan teknologi menggunakan mampu menghasilkan kualitas scanning yang optimal sesuai dengan kebutuhan masyarakat penggunanya. Beberapa keistimewaan scanner dari Canon antara lain adalah koneksi satu kabel pada seri-seri USB, sehingga pengguna tidak lagi direpotkan dengan kabel catu daya (power) untuk menjalankan scanner. Selain itu, ada pula scanner yang dilengkapi dengan kemampuan scanning film positif maupun negatif dengan ukuran 35 mm,

Yang termasuk kategori slim antara lain
N340P, N640P, N650U, N656U, dan N1220U. Selanjutnya, scanner Canon yang tergolong dalam kategori desktop professional adalah FB1210U dan D660U. Apa makna P dan U dalam setiap seri itu? Tak lain adalah tipe koneksi yang digunakan. P berarti paralel, dan U artinya USB. Seperti juga seri scanner Canon sebelumnya, scanner-

PCplus 21

plusTrend
Meskipun tahun sudah berganti, teknologi baru pun sudah mulai bermunculan, namun semua ini nampaknya belum bisa menggeser trend PC rakitan yang sedang berkembang. Penyerapan pasar terhadap teknologi baru ibarat mobil yang berjalan di jalur lambat. Nggak percaya? Lihat saja PC rakitan yang ditawarkan para pedagang. Bila dilihat sepintas lalu, tidak ada perubahan yang berarti! Para penjual masih menjual PC rakitan dengan spesifikasi yang hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Silvester Sila Wedjo

No.21/II/20 Maret 2001

TREND PC RAKITAN BELUM BANYAK BERGESER

Keadaan ini misalnya
dapat dilihat dari berbagai pameran-pameran kecil yang diadakan di pusat-pusat belanja komputer seperti Mega Glodok Pluit, Mangga Dua Mall, Ratu Plaza, maupun Mal Ambasador. Para penjual masih menjajakan PC rakitan dengan spesifikasi yang hampir tidak berubah. Kalaupun ada perubahan, hanyalah sebatas penambahan kapasitas seperti pada harddisk, memori, atau pun prosesor.

lebih maju. Di pasaran misalnya, jika Anda ingin beli komponen yang satu ini, interface yang dipakai sudah sampai ATA100 dengan kecepatan 7200 RPM. Dengan teknologi ini, kecepatan transfer data sudah pasti bisa digenjot lebih maksimal. Nah, para pembeli PC rakitan lah yang kemudian diuntungkan karena sebagian besar PC rakitan yang ditawarkan sudah memakai teknologi semacam ini. Kenaikan kecepatan transfer ini juga terjadi pada CD-ROM. Jika pada tahun sebelumnya, CD ROM 40X yang paling tinggi dan paling banyak dipakai, keadaan ini bergeser pada kecepatan transfer sebesar 52X pada semua kelas, baik low end, mid end, maupun high end. Meski demikian, biarpun di pasaran trend-nya sudah bergeser, beberapa masih pula menjual CD ROM sebesar 40X karena dari segi harga relatif lebih murah.

“Spesifikasi yang ditawarkan masih belum banyak berubah”

PERANG PROSESOR PALING RAMAI
ini sedikit bergeser ke 10GB. Kondisi ini misalnya terjadi untuk kelas mid maupun low end PC. Sudah banyak pedagang yang berani memberikan harddisk sebesar ini untuk PC kelas low end. Pertimbangannya karena harga terpaut tidak terlalu jauh dengan kapasitas yang jauh berbeda. Namun, memang ada pula yang masih menawarkan harddisk berkapasitas 4,3GB. Apalagi beberapa bulan ini memang kapasitas sebesar ini muncul kembali di pasaran setelah lama menghilang dengan harga yang cukup menarik. Menurut beberapa pedagang, meskipun produksinya telah dihentikan, harddisk kapasitas ini merupakan “limpahan” dari negara lain yang tidak laku lagi. Karena memang produk lawas, teknologi yang dipakai pun masih memakai Ultra ATA (AT Attachment) 66 yang memang masih sesuai dengan beberapa motherboard low end maupun mid end. Trend seperti ini juga meleset dari prediksi semula yang memperkirakan trend-nya akan “maju” ke kapasitas kelas menengah antara 15GB sampai 30GB. Mungkin ini karena tekanan dolar yang memang pada beberapa waktu terakhir tidak bersahabat. Meskipun sedikit mengalami penurunan harga, tapi akibat rupiah yang terus melemah, penurunan ini jadi mubazir. Nah, pedagang lalu berkiat mempertahankan harga dengan tetap memakai harddisk berkapasitas 10GB ini. Untuk harddisk ini, trendnya boleh dikatakan sedikit Prosesor sebagai otaknya komputer juga setali tiga uang. Persaingan tetap ramai untuk dua merek besar yaitu Intel dan AMD. Pentium III 800MHz memang paling banyak diminati, namun kapasitas di atasnya tetap punya pasar yang bagus. Apalagi kapasitas di bawahnya. Begitu pula dengan AMD yang semakin lama semakin mengambil hati para pengguna PC. PC rakitan kelas atas misalnya, sudah banyak yang memakai prosesor di atas 1 GHz. Dan ternyata peminatnya pun tidak sedikit. Begitu pula dengan kelas mid end, Kapasitas 600 sampai 800 laku keras, baik untuk kantoran maupun rumahan. Untuk PC rakitan low end, prosesor Pentium 233 MMX masih tetap jadi standar prosesor yang dipakai. Pentium II juga masih banyak diminati meskipun semuanya merupakan versi tray alias barang yang dijual tanpa kemasan. Meskipun sudah ketinggalan jaman, animo pembeli belum surut sama sekali. Keadaan seperti ini bisa dimengerti mengingat daya beli masyarakat memang masih belum pulih benar seperti sebelum krisis moneter. Sampai beberapa waktu mendatang nampaknya trend PC rakitan ini belum banyak bergeser. Selain karena nilai rupiah yang tidak bersahabat, produk-produk baru pun belum mampu diserap pasar dengan cepat karena harganya yang masih tinggi. Mungkin kondisi semacam ini akan sedikit berubah bila kondisi politik membaik dan dolar lebih bersahabat.

PERANG MOTHERBOARD SERU
Kalau ada perubahan, yang paling terasa ada pada komponen seperti motherboard untuk kelas mid-end sampai dengan high end. Dengan keluarnya berbagai macam tipe baru dengan segala keunggulannya, tentu saja membuat peta persaingan motherboard di dua kelas ini makin sengit. Apalagi dengan semakin banyak munculnya merek-merek yang dahulunya “nyaris tak terdengar”. Ketatnya persaingan makin terasa. Tapi, meskipun merek-merek baru siap berjibaku, merek yang sudah punya nama dan terkenal keunggulannya tetap saja masih jadi pilihan utama para pembeli. Hal ini misalnya dapat dilihat dari berbagai selebaran yang dicetak para penjual untuk berpromosi. Merek-merek motherboard seperti ASUS, ABIT, PCPartner tetap jadi pilihan karena merek-merek tersebut memang banyak dicari pembeli. Untuk kelas mid end dan high end ini ASUS tetap jadi jawara dengan berbagai tipenya seperti P3V4X, CUSL, CUV4X, atau A7V. Merek ABIT juga sepertinya tidak mau kalah dengan KT7 maupun KT7A yang juga dikenal sebagai motherboard dengan kestabilan yang baik. Begitu pula dengan PCPartner. Semakin banyak

pedagang yang memasang motherboard merek ini pada PC rakitan mereka. Meskipun ketiga merek ini memang yang paling banyak dicari, namun bukan berarti merek lain terdesak. Lambat tapi pasti, merek-merek lain mulai dilirik para pembeli meskipun jumlahnya memang tidak terlalu banyak. Lalu bagaimana dengan kelas low end? Tetap belum berubah dari tahun-tahun sebelumnya. Motherboard macam TX-Pro II dan Xcel2000 masih jadi jawaranya. Lihat saja di brosur yang disebar. Dua jenis motherboard ini menghiasi hampir seluruh selebaran yang ada untuk PC kelas bawah ini. Meskipun fitur-fiturnya tidak terlalu menjanjikan dari segi kualitas, namun karena jenisnya all ini one alias banyak yang onboard dan murah meriah, maka keduanya tetap diminati kalangan rumahan maupun kantoran. Memang bisa dimengerti mengapa para pembeli tetap meminati dua motherboard ini. Bayangkan, dengan harga motherboard yang sedemikian rendah plus berbagai komponen standar yang lain, sebuah PC rakitan dapat dijual dengan harga terendah sekitar 3 juta rupiah! Harga itu pun dengan kurs sekitar 9.800 rupiah untuk setiap dolarnya. Murah sekali bukan?

Selain karena dari awalnya murah, kapasitas ini memang dalam 2 bulan belakangan harganya berada di titik nadir. Untuk kelas mid end, memori kapasitas 64MB tetap jadi pilihan utama. Sebenarnya kondisi macam begini sedikit meleset dari perkiraan semula para pedagang. Mereka sebelumnya berasumsi pada tahun ini memori berkapasitas 128MB juga akan banyak dipakai untuk PC kelas mid end. Namun tampaknya untuk tiga bulan pertama ini, perkiraan tersebut boleh dibilang belum

“Bergesernya trend bisa tampak dari brosur”

KAPASITAS MEMORI BELUM BERANJAK
Nah, yang menarik justru ada di sektor komponen macam memori. Untuk PC rakitan yang ditawarkan, masih banyak PC kelas low end yang memakai memori dengan kapasitas 32MB.

terbukti benar. Masih banyak komputer rakitan yang memakai memori 64MB PC133 ini. Sama seperti pada PC low end, kiat semcam ini sengaja dipakai untuk menekan harga. Untuk PC rakitan high end, kapasitas memori masih memakai 128MB PC133 sebagai memori utama meskipun ada satu dua pembeli yang menginginkan lebih untuk berbagai aplikasi seperti game, maupun disain grafis. Yang juga tidak kalah menarik untuk diamati adalah harddisk. Jika dahulu, kapasitas 3,4GB dan 7,5GB merajai, kondisi

22 PCplus

plusUpgrade
Masuk akal memang bila Anda menimbangnimbang. Sudah jadi rahasia umum, komputer yang kita beli setahun lalu sekarang ini rasanya sudah ketinggalan zaman. Apalagi yang dibeli dua tiga tahun lalu. Gatal juga rasanya melihat komputerkomputer baru yang powerful dan yahud.

Alois Wisnuhardana

No.21/II/20 Maret 2001

MENIMBANG-NIMBANG UPGRADE KOMPUTER
orang memasang aplikasi di PC menyesuaikan dengan hardware yang ada, sekarang ini kadangkala orang “terpaksa” membeli perangkat hardware yang baru hanya supaya aplikasi yang mereka butuhkan atau inginkan bisa bekerja di PC mereka. Para gamer mania biasanya masuk dalam golongan seperti ini. Lantaran ingin memainkan game yang fantastik, tidak segan-segan mereka membuang kartu grafis lama yang umurnya belum setahun. Daya tarik software sekarang sudah sejajar dengan hardware.

Tentu saja basi juga
mengatakan kepada Anda bahwa pertimbangan mengupgrade adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Semua orang komputer -bahkan yang awam pun- sudah tahu itu. Lalu, apa lagi yang bisa diomongkan bila kemungkinan upgrade tetap jadi pertimbangan atawa pilihan kita. Berikut ini informasi yang mungkin Anda butuhkan.

banyak ragamnya, menyesuaikan dengan perkembangan kebutuhan manusia. Kalau dahulu orang harus direpotkan dengan agenda harian biasa, kini perkakas pembantu seperti PDA (Personal Digital Assistance) sudah makin meringankan beban pikiran kita. Nah, dengan semakin lengkap dan andalnya sebuah PC untuk keperluan apa saja, pertimbangan untuk mengganti PC yang lama dengan yang baru tentu makin mengelayuti benak Anda.

4. PC MAKIN KOMPATIBEL DENGAN PERKAKAS LAIN
Apakah Anda membayangkan, PC berkolaborasi dengan mikroskop? Dalam satu dua tahun mendatang, perkakas elektronik lain yang bisa berjalan dalam sistem PC akan makin luas. Sekarang ini saja, beberapa peralatan elektronik di rumah Anda seperti TV, video player, playstation, radio, sudah bisa diwariskan kepada kerabat Anda di kampung. Sebaliknya perkakas-perkakas digital pun makin marak di pasar. Dan sesuatu yang digital, dijamin kompatibel dengan PC generasi sekarang.

”Upgrade juga bisa dilakukan sendiri”

1. HARGA PROSESOR KELAS ATAS TERPELANTING JATUH
Sudah jadi rahasia umum bahwa Intel selalu mematok harga sebuah prosesor tidak bertahan lama di satu titik

tertentu. Artinya, prosesor yang sekarang ini misalnya harganya masih 500 dolar AS, seminggu dua minggu kemudian bisa-bisa sudah jadi 300 dolar. Nah informasi untuk Anda, sekarang ini, Intel lagi bersemangat memangkas harga jual prosesor kelas 1GHz ke atas. “Wah, saya belum tertarik buat mengupgrade PC berkecepatan 1GHz!” Nggak masalah. Dengan penurunan harga kelas atas itu,

harga-harga prosesor di bawah 1GHz tetap ikut terkena imbasnya. Saran PCplus, kalau Anda ingin berganti prosesor, carilah yang minimal berkecepatan 650 MHz.

3. PERIFERAL MAKIN LENGKAP DAN ANDAL
Sistem PC yang baru sekarang ini sudah dilengkapi dengan periferal dan komponen yang lengkap dan andal, baik untuk kebutuhan multimedia, gaming, Internet, perkantoran, dan sebagainya. Periferalperiferal komputer makin

2. APLIKASI MAKIN KOMPLEKS DAN MENARIK
Sekarang ini, dunia software tidak lagi menjadi hamba dunia hardware. Kalau dulu

PCplus 23

plusKiat
Christianto S. Kurniawan
Bagi Anda yang jarang bekerja di depan komputer, kualitas monitor biasa-biasa pun bisa jadi tidak masalah. Namun, bagi pekerja-pekerja TI, yang setiap hari harus bergumul di depan komputer berjam-jam lamanya, monitor adalah salah satu faktor penting yang menentukan daya tahan mereka bekerja di depan komputer. Selain itu, kualitas monitor juga merupakan faktor penentu, sampai umur berapa Anda dapat hidup. Wow!

No.21/II/20 Maret 2001

SERBA-SERBI MONITOR DAN KIAT MEMILIHNYA
rate yang cocok akan menyebabkan gambar berbayang. Emisi elektron yang ditembakkan oleh pistol elektron akan menyapu layar dari kiri ke kanan dalam baris-baris, sambil berjalan dari atas ke bawah, menurut suatu pola yang disebut raster. Kecepatan scanning elektron dari kiri ke kanan inilah yang seringkali dikenal dengan istilah horizontal scan rate. Saat proses scanning tersebut, elektron menumbuk fosfor di bagian mana seharusnya citra nampak. Emisi juga bervariasi dalam intensitas, untuk memproduksi citra yang berbeda level kecerahannya. Karena umur pendaran fosfor yang pendek, untuk mempertahankan citra yang stabil, elektron harus ditembakkan lagi. Istilahnya, layar harus mendapat redrawing atau refreshing. Berapa kali layar mengalami refresh per detiknya dikenal dengan istilah refresh rate yang seringkali juga disebut dengan istilah vertical scan frequency. Rendahnya harga refresh rate akan menyebabkan layar

INTERLACED DAN NONINTERLACED
Pada monitor dengan modus noninterlaced, tembakan elektron menyapu layar dalam baris dari atas ke bawah, satu baris berturut-turut, dalam satu kali aksi. Sedangkan pada modus interlaced, tembakan elektron menyapu layar dalam dua kali aksi. Aksi pertama, tembakan elektron menyapu pada urutan baris bernomor ganjil, sementara sapuan kedua pada baris genap. Walaupun kedua modus tersebut berbeda dalam melakukan sapuan, namun waktu total yang dibutuhkan tetaplah sama. Monitor yang menggunakan mode interlaced dapat bekerja pada refresh rate yang lebih rendah, yang akhirnya dapat mengurangi harga monitor. Sayangnya, modus interlaced ini harus didukung oleh kemampuan mata pengguna untuk mengombinasikan baris-baris identik yang berdekatan menjadi satu baris. Jika mata Anda ingin lebih santai saat menatap monitor, tentunya pilihan noninterlaced adalah lebih baik.

Pada satu unit komputer,
monitor adalah peranti yang berfungsi untuk menampilkan output dari proses yang dihasilkan komputer. Pada saat zaman dahulu, tampilan perantiperanti elektronika dikeluarkan melalui Light Emitting Diode (LED), suatu komponen elektronika yang dapat memendarkan cahaya saat dialiri arus. Tampilan LED sangat terbatas, dan Anda tak akan dapat membayangkan jika Anda harus bekerja menggunakan tampilan LED ini. Untuk memberikan tampilan, monitor memerlukan sinyal video yang dihasilkan oleh VGA card. Tentunya, kualitas VGA card akan mempengaruhi kualitas tampilan monitor. Teknologi yang paling banyak digunakan dalam monitor sekarang ini adalah teknologi Cathode Ray Tube (CRT), suatu teknologi penggunaan tabung hampa. Pada ujung belakang tabung hampa terdapat pistol elektron, sedangkan ujung depannya terdapat layar berlapis fosfor. Saat dipanaskan, pistol elektron melepaskan elektron-elektron dengan kecepatan tinggi, yang arah tembaknya akan dikendalikan sesuai dengan citra yang hendak ditampilkan, agar arah tembak jatuh di tempat yang tepat pada layar fosfor tersebut. Saat elektron menembak layar, fosfor akan berpendar dalam kurun waktu tertentu, dan kumpulan cahaya pendar inilah yang kita lihat sebagai tampilan. Kurun waktu berpendarnya fosfor ini dikenal dengan istilah persistence, yang bersama dengan refresh rate menentukan kualitas monitor Anda. Jika harga persistence terlalu rendah, sedangkan refresh rate juga rendah, monitor akan terasa berkedip, dan pada akhirnya akan membuat kerusakan permanen pada mata. Sedangkan persistence yang terlalu tinggi tanpa diimbangi refresh

“Hati-hati dengan radiasi yang ditimbulkan!”

baru memiliki kemampuan untuk mendukung beberapa level refresh rate. Kemampuan ini seringkali dikenal dengan istilah multiple-frequency. Beberapa vendor menyebutnya dengan istilah multifrequency, multiscan, multisync, dan autosynchronous. Layar berbasis fosfor datang dengan dua tipe, datar, dan melengkung. Monitor-monitor yang ada sekarang biasanya memiliki layar yang melengkung, menonjol dari tengah ke gambar. Layar tipe ini dapat menyebabkan distorsi pada citra yang ditampilkan, kelemahan yang biasanya diharamkan oleh profesional grafis. Distorsi ini dapat dihilangkan pada layar monitor yang bertipe datar, yang tentu

disusun dalam bentuk segitiga, membentuk konfigurasi delta. Fosfor yang dimiliki layar pun membentuk tiga serangkai, yang terdiri dari satu fosfor merah, hijau, dan biru yang disusun berdasarkan pola yang sama dengan pistol elektron. Ketiga warna dasar ini dapat dicampurkan untuk memproduksi warna-warna lainnya.

ENERGI DAN KESEHATAN UKURAN, RESOLUSI, DAN DOT PITCH
Monitor datang dengan ukuran layar yang berbeda, dari 9 inci sampai 42 inci. Ukuran ini adalah ukuran diagonal monitor. Semakin besar ukurannya, tentu akan semakin besar gambar yang ditampilkan. Umumnya, monitor komputer datang dengan 4 ukuran, 14, 15, 17, dan 21 inci. Sayangnya, ukuran ini tidak tepat memberikan gambaran seberapa besar citra yang ditampilkan. Misalnya, beberapa monitor 17 inci hanya dapat memberikan area active screen 15 inci. Resolusi adalah jumlah detail yang dimiliki monitor. Kuantitas ini diekspresikan sebagai dalam jumlah horisontal dan picture element (pixel) vertikal yang terkandung dalam layar. Semakin besar jumlah pixel, akan semakin detail citra yang ditampilkan. Artinya, kualitas tampilan akan semakin baik. Pada monitor berwarna, seperti sudah disebutkan tadi, fosfor terdiri dari tiga serangkai, yaitu merah, hijau, dan biru. Dot pitch adalah jarak antara fosfor tiga serangkai tersebut dalam milimeter. Layar dengan dot pitch yang kecil memberikan jarak yang kecil antara fosfor-fosfor, berefek pada pixel-pixel yang lebih dekat. Sehingga memproduksi citra yang lebih tajam. Rata-rata monitor yang ada sekarang memiliki dot pitch 0,28, 0,25 mm, atau kurang. Monitor adalah salah satu komponen pada komputer yang boros listrik. Pemborosan listrik, pada akhirnya akan berpengaruh pada lingkungan. Untungnya, sudah ada standardisasi agar monitor-monitor yang diproduksi dapat mengonsumsi daya sesedikit mungkin. Salah satu standar yang terkenal adalah Environmental Protection Agency’s Energy Star. Kombinasi PC dan monitor yang menggunakan daya di bawah 60 watt (masing-masing 30 watt) pada keadaan hidup namun tidak aktif dapat menggunakan logo Energy Star. Satu hal penting yang perlu dipertimbangkan dalam kesehatan menggunakan monitor adalah radiasi elektromagnetik. Studi-studi medis tentang radiasi elektromagnetik menyimpulkan bahwa radiasi ini dapat menyebabkan bahaya bagi kesehatan, seperti keguguran, impotensi, cacat lahir, dan kanker. Risiko ini akan bergantung kepada waktu yang Anda habiskan di depan PC Anda. Dalam urusan radiasi ini, sudah dikembangkan beberapa standardisasi. Pada tahun 1987, standarisasi yang seringkali dipakai adalah MPR I, yang berlanjut dengan MPR II. Kemudian, standar yang lebih ketat lagi dikembangkan. Standar ini dikenal dengan TCO. Jadi, pertimbangkanlah membeli monitor yang sudah memenuhi standarisasi TCO untuk mengurangi radiasi elektromagnetik.

“Pilih ukuran sesuai kebutuhan”

monitor tampak berkedipkedip, dan dapat menyebabkan kerusakan mata. Semakin tinggi harga refresh rate, akan semakin baik bagi mata Anda. Anda harus cocokkan kemampuan refresh rate monitor dengan refresh rate dari VGA card Anda. Jika tidak cocok, atau tidak saling mendukung, citra tidak akan terlihat, bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada monitor. Beberapa monitor memiliki refresh rate yang sudah tetap. Sementara, monitor yang lebih

saja harganya lebih mahal dari tipe lengkung. Beberapa monitor menggunakan teknologi Trinitron, yang melengkung hanya pada daerah horisontal dan memberikan bagian yang datar pada bagian vertikal.

MONOKROM VS WARNA
Monitor monokrom hanya memproduksi satu warna, sedangkan pada monitor warna, berbagai macam warna dapat dihasilkan. Pada monitor warna, pistol elektron terdiri dari tiga buah pistol yang

24 PCplus

plusProduk
ECS K7VZA:

No.21/II/20 Maret 2001

MOTHERBOARD DENGAN FITUR CUKUP LENGKAP
Bila Anda mencari
sebuah motherboard alternatif dengan berbagai fitur yang tidak kalah dengan motherboard high end lainnya, tampaknya tidak salah jika Anda melirik motherboard K7VZA buatan Elitegroup Computer System atau yang lebih dikenal sebagai ECS. Di pasaran Jakarta saat ini, Anda yang berminat sudah bisa mendapatkan motherboard yang oleh PC Welt Magazine masuk dalam 5 besar motherboard andal saat ini. Memang apa saja sih fitur-fiturnya? Untuk motherboard kelas high end ini, ECS sengaja memberikan berbagai macam fitur menarik yang amat bersaing dengan merek lain. Dengan socket 462 yang dimiliki, K7VZA ini mampu menampung beberapa prosesor buatan AMD seperti Athlon (K7) dengan support FSB (Front Side Bus) sampai sebesar 200MHz. AMD Duron juga bisa dipakai pada motherboard ini dengan kecepatan maksimum sampai 850MHz. Yang hebat, motherboard ini bisa Anda “genjot” dalam penggunaan prosesor sampai dengan kecepatan 1,5GB. Hal ini dimungkinkan mengingat K7VZA ini memiliki fasilitas shut down otomatis seandainya temperatur prosesor telah mencapai 60 sampai 75 derajat Celcius. Bila prosesor sudah sampai pada suhu ini, sensor dan temperatur monitor yang ada pada BIOS akan langsung membuat sistem shut down. Dengan demikian, prosesor pengguna akan terlindungi dari bahaya terbakar. Untuk polisi data, motherboard ini menggunakan dua buah chipset bikinan VIA yaitu VT8363 untuk North Bridge dan VT82C686A untuk South Bridge. ECS sendiri sebenarnya mengeluarkan dua versi K7VZA. Letak perbedaan yang utama adalah pada penggunaan chipset South Bridge. Tipe lainnya menggunakan VT82C686B. Lalu apa bedanya? Chipset VT82C686A hanya mampu mengakomodasi Ultra DMA dengan kecepatan transfer 33MHz dan 66MHz sedang

chipset South Bridge kedua dapat ditingkatkan sampai dengan UDMA100 meskipun masih berbentuk optional. Dengan 3 buah slot DIMM 168 pin 3,3V yang ada, motherboard ini juga mampu mensupport memori SDRAM PC100 maupun PC133 dengan kapasitas maksimum 1,5GB atau masing masing sebesar 512MB. Selain men-support memori jenis SDRAM, motherboard ini juga dapat mengakomodasi memori jenis VCM (Virtual Channel Memory). K7VZA ini juga men-

support memori jenis ECC (Error Checking and Correction) untuk proteksi kesalahan data. Fitur-fitur lain juga tidak kalah menarik. Motherboard ini misalnya memiliki 5 buah PCI yang dapat men-support kartukartu tambahan yang mungkin akan diintegrasikan pada PC. Selain PCI, K7VZA ini juga memiliki sebuah port AGP yang dapat menampung sebuah kartu grafis dengan kecepatan transfer maksimal 4X. Sebuah slot AMR (Audio Modem Riser) juga tak lupa disertakan oleh

pabrik untuk akses ke jaringan Internet. Tidak lupa, motherboard ini juga memiliki soundcard yang onboard, yaitu 3D Sound System yang dapat men-support AC’97 Audio Codec 18bit. Dengan fitur ini, pengguna bisa mendengarkan musik tanpa perlu lagi menggunakan kartu suara tambahan. Untuk interface input dan output, motherboard dengan form factor ATX ini memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan motherboardmotherboard lainnya. Ya, seperti juga motherboard lain, K7VZA ini memiliki 2 buah slot PS/2 untuk mouse dan keyboard, dua buah port USB (Universal Serial Bus), sebuah port paralel, dua buah serial port, dan fasilitas audio lainnya seperti MDI/port game, speaker, microphone, serta line in dan line out. Lalu bagaimana dengan masalah overclocking? Untuk masalah ini, K7VZA memang tidak terlalu luar biasa. Motherboard ini misalnya kurang punya pilihan yang beragam untuk sebuah overclock yang serius. Produk ECS ini misalnya tidak memiliki jumper atau BIOS untuk mengatur konfigurasi tegangan yang bisa dipakai. Jumper untuk

mengatur besar FSB yang ingin digunakan juga tidak dimiliki oleh motherboard yang satu ini. Pengaturan besar FSB hanya dapat “dimainkan” melalui BIOS. Namun setting untuk bus clock ini pun hanya terbatas dari frekuensi 100 sampai 112MHz. Meskipun range-nya tidak terlalu besar, pengguna pun tidak dapat menaikkan atau menurunkan bus clock setiap 1MHz. Dalam kemasannya, K7VZA ini dilengkapi dengan sebuah buku manual yang lumayan lengkap dengan berbagai informasi mulai dari proses penginstalan hardware maupun setting BIOS-nya. Sebuah CD driver juga disertakan di samping juga 2 buah kabel data untuk floppy disk dan harddisk. Dari segi fitur-fitur yang ditawarkan, boleh dibilang K7VZA ini termasuk salah satu yang terbaik. Tomshardware, misalnya, memberikan pujian pada motherboard ini karena pada setiap proses benchmark yang mereka lakukan, motherboard buatan Taiwan ini bisa mengungguli motherboard lain yang sekelas. Pujian yang hampir sama juga diberikan oleh PC Welt Magazine. Nah dengan berbagai fitur yang menarik disertai dengan nilai positif dari berbagai media terhadap motherboard ini, Anda pun tidak perlu khawatir lagi untuk membeli. (sil)

PCplus 25

plusProduk

No.21/II/20 Maret 2001

PC Angel:

KARTU YANG BISA JADI DEWA PENYELAMAT DATA
Pernahkah Anda
dibuat kesal karena semua data penting yang ada dalam komputer hilang akibat terkena virus mematikan atau akibat keharusan menginstal ulang sistem operasi Anda? Kalau pernah, pasti Anda bisa merasakan bagaimana kesalnya. Ya, virus-virus maut macam Navidad, I Love You, atau bahkan yang terbaru yaitu “Naked Wife” bisa menghancurkan semua datadata Anda. Segala upaya kemudian dilakukan agar data Anda kembali seperti sedia kala. Biasanya orang yang paham tentang komputer akan segera memasang software data recovery yang memang banyak beredar di pasaran untuk urusan semacam ini. Namun kadang-kadang, tidak semua data yang hilang dapat dikembalikan seratus persen. Ada saja data yang hilang atau tidak kembali lagi. Nah, mungkin Anda selama ini tidak mengetahui ada hardware khusus yang juga menangani urusan data recovery ini. Namanya PC Angel. PC Angel ini merupakan sebuah card tambahan bersistem PnP (Plug and Play) yang berfungsi memulihkan sistem operasi atau software yang mengalami crash hanya dalam hitungan detik. Di pasaran kartu tambahan ini memiliki dua jenis, ada yang ditempatkan pada slot PCI dan ada pula yang dipasang pada slot ISA yang tersedia pada motherboard Anda. Setelah terpasang pada slot-nya, Anda tinggal melakukan restart dan dalam

sekejap semua masalah Anda teratasi dengan mudah. Proses reboot dan auto restore pun dapat dilakukan dengan cepat. Pemulihan CMOS juga dapat berlangsung dalam hitungan detik bila menggunakan

komponen pintar ini. Lalu, apa lagi fungsi lainnya? Selain berfungsi sebagai data recovery, perangkat keras ini juga dapat berfungsi untuk memproteksi password yang ada pada PC Anda. Dengan PC Angel, Anda juga bisa menghemat waktu Anda saat melakukan instal software karena alat ini dapat mempersingkat proses downtime-nya. PC Angel ini sendiri dapat bekerja di bawah sistem operasi Windows 9X, OS/2, DOS,

Windows Millenium maupun Linux. Ada pula jenis lain yang dapat bekerja pada Windows NT, namun hanya dari jenis yang menggunakan slot PCI yang bisa bekerja di bawah sistem operasi ini. Prosesor yang dimiliki haruslah dari kelas 486 atau di atasnya. Produk yang berukuran 11X4 cm ini juga mampu mendukung sistem multi boot sampai dengan 15 sistem operasi yang dipartisi. Untuk memakai komponen ini pengguna tidak perlu khawatir dengan penggunaan memori karena PC Angel ini hanya membutuhkan memori maksimal sebesar 5KB. Enaknya, sistem ini sendiri juga dapat bekerja pada semua sistem BIOS yang ada saat ini. Dan seumpama pengguna tidak lagi membutuhkan fasilitasnya, tinggal lakukan proses uninstall dan beres. Nah, jika yang Anda inginkan adalah keamanan, komponen ini patut pula Anda pertimbangkan untuk dibeli sebagai “dewa” penyelamat sesuai dengan namanya. (sil)

Abit KT7A Raid:

MOTHERBOARD DENGAN TEKNOLOGI RAID
Setelah sukses besar
yang berhasil diraih oleh KT7 dan KT7 RAID, Abit sebagai salah satu produsen motherboard yang terbilang besar kembali mengeluarkan produk mutakhirnya yang diberi nama KT7A RAID. Produk ini agaknya memang sengaja dikeluarkan untuk mengikuti langkah sukses yang dialami pendahulunya tersebut. Pada produk anyarnya ini, Abit juga memakai teknologi RAID (Redundant Array of Independent Disk) yang berfungsi untuk backup data pada harddisk. Pada KT7A RAID ini, dua buah port IDE RAID sengaja dipasang untuk mendukung fungsinya tersebut. Fungsi RAID yang didukung oleh motherboard ini meliputi Stripping (RAID 0), mirroring (RAID 1), dan stripping + mirroring (RAID 0+1). Dengan adanya fasilitas ini, pengguna dapat meng-copy sekaligus memiliki back up data-data yang penting. Masing-masing Port IDE yang ada juga dapat dikembangkan lagi sehingga jumlah maksimal port ini dapat ditingkatkan menjadi 8 buah. Dengan jumlah sebanyak ini, penggunanya memiliki peluang untuk mengadakan ekspansi peralatan secara lebih optimal. Kemampuan RAID yang dimiliki motherboard ini sendiri tidak lepas dari peran penting chipset pendukungnya yaitu HPT370. Dengan chipset ini, KT7A RAID mampu mensupport teknologi Ultra DMA hingga kecepatan 100MHz. Ini berarti peningkatan kemampuan dari motherboard pendahulunya yaitu KT7 dan KT7 RAID yang hanya mampu memberi dukungan sampai sebatas Ultra DMA66. Motherboard ini sendiri sebenarnya berbasis chipset KT133. Dengan chipset KT133A ini, KT7A RAID juga mampu mendukung peralatan AGP (Accelerated Graphic Port) 2X maupun 4X. Dengan demikian, kartu grafis tambahan yang nantinya dipasang pada motherboard ini dapat bekerja secara optimal. Chipset KT133A yang ada pada motherboard ini sendiri dapat dibagi dua yaitu VIA VT8363A untuk north bridge dan VIA VT82C686B untuk south bridge. Motherboard buatan Taiwan ini sendiri sengaja dirancang untuk mendukung prosesor AMD Baik Athlon

maupun Duron. Untuk Jenis Athlon, KT7A RAID men-support prosesor dengan kecepatan 700MHz hingga kecepatan 1,2GHz atau socket A di masa depan yang berbasis kecepatan 200MHz. Sedang untuk jenis Duron,kecepatan prosesor yang dapat di-support adalah 600MHz hingga 850MHz atau socket A yang berbasis 200MHz.

Yang menarik, pengguna dapat mengatur konfigurasi bus antara CPU dengan memori dengan mudah. Pada KT7A RAID ini terdapat 3 kombinasi konfigurasi bus tersebut yaitu 100MHz/100MHz, 100MHz/ 133MHz, dan 133MHz/133MHz. Pilihan kombinasi ini tergantung memori maupun FSB (Front Side Bus) yang ingin digunakan tanpa harus mengupgrade komponenkomponen pendukung lainnya. Untuk sistem memori, KT7A RAID ini memiliki 3 buah slot DIMM 168 pin untuk memori jenis SDRAM dan mampu mensupport hingga sebesar 1,5GB atau masing-masing dengan kapasitas maksimum sebesar 512MB. Baik memori berbasis PC100 maupun PC133 bisa dipakai pada motherboard berform factor ATX ini. Sebagai motherboard high end, KT7A RAID ini boleh dibilang memiliki fitur yang lumayan lengkap. Dengan 6 slot PCI dan sebuah slot ISA, motherboard ini mampu menampung kartu-kartu tambahan yang mungkin akan dipasang penggunanya. Namun sayangnya-tidak seperti pada motherboard high end lainnya— slot AMR (Audio Modem Riser) tidak akan ditemui pada KT7A RAID ini. Seperti juga pada produkproduk Abit terdahulu, KT7A RAID ini juga menawarkan berbagai fitur yang menarik

untuk overclock. Memang produk-produk Abit terdahulu dikenal amat bersahabat untuk para overclocker. Sebagai bukti bersahabatnya KT7A RAID ini buat para overclocker adalah pilihan penggunaan FSB yang dipakai berjumlah 84 buah, mulai dari 100MHz hingga 183MHz atau naik setiap 1MHz. Hebat bukan? Pengguna pun bisa mensetting kecepatan kerja CPU dengan 28 pilihan. Faktor pengali (multiplier) CPU juga dapat diubah-ubah mulai dari 5 hingga 12,5 dengan penambahan setiap 0,5 satuan. Begitu pula dengan core voltage CPU. Pengguna dapat mengatur tegangan tersebut antara 1,1V hingga 1,850V dengan penambahan setiap 0,025 volt. Kemudahan-kemudahan ini tidak lepas dari teknologi SoftMenu III dari Abit yang memang sengaja dirancang agar proses overclock dapat dilakukan dengan optimal. Semua proses overclock ini dengan mudah dapat dilakukan melalui BIOS tanpa perlu mengubah setting pada jumper. Nah, jika Anda termasuk orang yang menjunjung tinggi kualitas barang dan juga ingin data-data aman karena semua data penting yang Anda miliki memiliki back up-nya, agaknya tidak salah jika Anda menjatuhkan pilihan terhadap motherboard ini. (sil)

26 PCplus

plusPonsel
Berbeda dengan handset telepon di rumah, telepon seluler harus selalu siap-siap mengalami konsekuensi sebagai alat-alat mobile. Misalnya, konsekuensi dari jatuh, kotor, atau basah. Tetapi kecenderungan yang terjadi dalam industri ponsel justru memperlihatkan lebih banyaknya akomodasi terhadap kebutuhankebutuhan “sekunder” seperti bentuk, bobot, fitur, atau aksesori lain.

F.X. Bambang Irawan

No.21/II/20 Maret 2001

PONSEL-PONSEL YANG TIDAK “KENES” DAN TIDAK MANJA
Kalau melihat bagaimana mereka mengorbankan bentuk dan bobot untuk menggelar kapabilitas tersebut, pantas jika kita mahfum atas klaim mereka tentang 6250 ponsel paling tahan banting yang pernah mereka buat. Setidaknya ada sepuluh pendekatan yang ditempuh Nokia untuk mengamankan handset 6250 ini, yaitu pada: • Konstruksi yang solid, “dinding”-nya terbuat dari plastik kuat yang relatif tebal • Papan sirkuitnya terlindungi secara khusus • Membran pelindung atas debu dan air terhadap mikropon, speaker, dan buzzer • “Pengelasan” ultrasonik jendela display dan keymartnya pada cover depan • Konektor tahan air untuk antena dan konektor ke sistem • Dibebat dengan sekat anti air • Konstruksi antena internal yang lebih kuat • • Display lebih tebal dengan papan sirkuit menempel kokoh Rancangannya dibuat untuk bisa melindungi jendela inframerah, konektor sistem dan jendela tampilan Masih juga dilengkapi dengan bumper berupa selapis karet yang ditempel di sudut-sudut bagian paling luar sebagai pelindung pertama dari benturan

Oleh karenanya,
dalam seluruh jajaran produk dari suatu vendor, maupun dalam total produksi ponsel, kelas telepon yang mengutamakan keamanan dan kekuatan fisik menduduki pangsa yang tidak terlalu menonjol. Beberapa contoh yang memang menyasar kelas tersebut dapat dihitung dengan jari, seperti Siemens M35 atau “Si Hiu” Ericsson R310s. Namun Nokia yang biasanya berkenes-kenes ria, kali ini tak tanggung-tanggung memproduksi kelas baru ponsel “bandel”, Nokia 6250. 6250 ini bandel dalam hal ketahanan
“Lumpur, siapa takut?”

terhadap debu dan air serta tahan goncangan. Jika terpaksa masuk dalam air yang suhunya tidak mencapai 50 derajat Celsius, Anda tak perlu khawatir selama kedalamannya tak lebih dari setengah meter dan lamanya tidak sampai satu menit. Dan kalau Anda termasuk orang yang “sembrono” atau agak selebor, 6250 bukan merupakan ponsel yang manja dan jadi ngambek kalau hanya terjatuh dari ketinggian 3 meter!

Nuansa outdoor jadi begitu terasa mengamati keandalan fisik handset Nokia ini. Mereka yang lebih banyak bertugas di lapangan, lebih banyak bergaul dengan elemen-elemen alam yang tidak begitu bersahabat dengan peranti elektronik seperti ponsel akan merasa mendapat alat kerja yang cocok agar tetap keep in touch dengan koleganya di kantor atau mana saja. Outdoor juga sering berarti remote. Untuk kepentingan ini, ponsel masih harus punya tugas tambahan agar dapat digunakan

sebagai alat komunikasi yang andal. Nokia membekali 6250 dengan task journal yang berfungsi semacam kalender atau scheduler, berikut kemudahan transfer informasi tersebut ke PC melalui koneksi inframerah. Masih dalam nuansa outdoor, ada fitur kontrol volume yang secara otomatis akan menyesuaikan dengan kebisingan di sekitarnya. Untuk mengakses Internet 6250 yang berbobot 174 gram ini juga kompatibel dengan WAP 1.1 yang akan sangat bermanfaat ketika butuh data-data dan informasi ketika berada di lapangan. Nokia juga menyediakan infrastruktur WAP Server 1.1 bagi perusahaan lain yang ingin memanfaatkannya untuk menyuguhkan jaringan informasi mereka sendiri. Berada di lapangan yang sering jauh dari jaringan power, butuh ketahanan baterai yang prima. Nokia 6250 menyiapkan waktu siaga 336 jam dan waktu bicara 5 jam 50 menit. Waktu siaga Ericsson R310 hanya 160 jam, namun waktu bicaranya mencapai 6 jam 48 menit. Sedangkan Siemens M35 mempunyai waktu bicara 5 jam dan waktu siaga 180 jam. Bobot M35 125 gram dan R310s 170 gram.

True Portability - Ideal for home or office use. ORB is the compact drive you can take anywhere, along with its pocket-sized removable disks. Unlimited Capacity - Affordable removable storage with an incredible 2.2GB capacity-large enough to back-up most hard drives on one ORB disk. Infinitely Rewritable - Fastest speed available at an incredibly fast data transfer rate. Total Dependability - State-of-the-art MR technology gives you years of secure, trouble free operation.
PERFORMANCE : Data Transfer Rate: 12.2 MB/sec. maximum; Burst Transfer Rate: 20 MB/sec. (ULTRA SCSI); Rotation Speed: 5400 RPM RELIABILITY AND WARRANTY : Service Life: 5 Years; Drive and Disk Warranty: 1 Year Limited GENERAL INFOMATION : Interface: 50-pin High Density (ULTRA SCSI External); Disk Storage Capacity: 2.2 GB; Operating Systems Compatibility: Windows 2000, 98, 95, 3.1x, NT4.0 (SP4)+, Linux, MS-DOS

5.0+, Mac OS 7.6.1 or above (ULTRA SCSI External); Dimensions: 6.5” x 1.5” x 5.25”(External), 6”x 1”x4” (Internal); Weight: 1.19 Lb/538.7 gms (External), 15 oz./426 gm ((Internal).
AUTHORIZED DISTRIBUTOR : P.T. UNIBONINDO INDAH SENTOSA Showroom & Service Centre: Gajah Mada Plaza Semi Ground Floor No. 26, Jl. Gajah Mada No. 19 - 26, Jakarta 10130, Dealer & Reseller Hotline: (62-21) 6385 4755, Fax: (62-21) 6387 2143, 584 1482, E-mail : orb_indonesia@yahoo.com AUTHORIZED DEALER : MEGATRONIX: Fax: (62-21) 633 6581 : • Ketapang Indah Complex Block A1 No.8, Jl. K.H. Zainul Arifin No. 1, Jakarta 11140, Telp. : (62-21) 633 8821, 633 8839 CPU COMPUTER: Fax: (62-21) 625 5538 • Mangga Dua Mall 3rd Floor No. 4A, Jl. Mangga Dua Raya, Jakarta 10620, Telp. : (62-21) 612 1964, 612 1965, 612 7032 • Ratu Plaza Computer Centre 3rd Floor No. 14-15, Jl. Jend. Sudirman Kav. 9, Jakarta 10270, Telp. : (62-21) 720 7524, 720 7525, 720 7526 DMC COMPUTER: Fax: (62-21) 634 3919 • Gajah Mada Plaza Semi Ground Floor No. 37, Jl. Gajah Mada No. 19-26, Jakarta 10130, Telp. : (62-21) 633 7506, 633 7513 • Mall Ambasador 3rd Floor No. 24-25, Jl. Prof. Dr. Satrio, Jakarta 12940, Telp. : (62-21) 576 2567, 576 2568 NUSA PRIMA CIPTA COMPUTER: Fax: (62-21) 384 2310 • Jl. Sentul 22 H Pasar Baru Timur, Jakarta 10710, Telp. : (62-21) 386 5702 (hunting) • NUSA PRIMA COMPUTER: Dusit Orion Mangga Dua 1st Floor No. 2, Jl. Arteri Mangga Dua Raya, Jakarta 10730, Telp. : (62-21) 612 7650-2 • NUSANTARA POLAR: THR Mall 1st Floor / F Block A No. 23, Surabaya, Telp. : (62-31) 534 5485, 547 8714, 531 6652 VIN SOLUSINDO COMPUTER: Fax: (62-21) 601 5057 • Harco Mangga Dua Plaza 2nd Floor Block B2 No. 48-49, Jakarta 10730, Telp. : (62-21) 601 5058

PCplus 27

plusHarga
JAKARTA
HARGA KOMPUTER & PERIFERAL – JAKARTA KURS 1 US$ = RP 9.800,(Harga sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu) HARGA DALAM RUPIAH MOTHERBOARD ASUS CUSL2 Intel 815 (FCPGA) CUSL2-C Intel 815 (FCPGA) CUV4x-D Via 694 (FCPGA) CUV4x-C Via 694 (FCPGA) P3V-4x Via 694 (Slot 1) A7V Via KT133 (Socket A) A7V133 Via KT133A (Socket A) K7V-RM Via KX133 (Slot A) K7V Via KX133 (Slot A) CUW-RM Intel 810, Au (FCPGA) CUSI-FX Sis 630 (FCPGA) CUSI-M Sis 630 (FCPGA) SOLTEK SL-75KAV Via KT133, Bus 266 SL-67EB Intel 82440BX SL-67KV Via, Sound/133 SL-67EV1 Via SL-65DV2 Via 133 (PPGA) SL-65KV2 Via 133 (PPGA) SL-54U5 Via Apollo, AMD K5 JETWAY 911AF (Slot 1+PPGA) 920BF (Slot 1+PPGA) V89-993BF Via 693A J-530BF (Sock. 7 - 100MHz) J-630BN SIS 630 J-618AF Intel Solano 815 J-630CF SIS 630 J-630CN SIS 630 J-693AS Via 693A J-663AS Via KT133 (Slot A) J-663AS Pro Via KX133 (Slot A) P6BAT Via 693, Au XCELL 200 XCELL 2000 Sis 620, Au PROSESOR INTEL Box Cel 667 FCPGA 833,000 1,509,200 1,362,200 1,891,400 1,078,000 1,156,400 1,509,200 1,675,800 1,068,200 1,185,800 1,048,600 921,200 862,400 999,600 676,200 754,600 578,200 705,600 754,600 578,200 705,600 617,400 627,200 695,800 735,000 940,800 764,400 744,800 627,200 833,000 852,600 460,600 597,800 Box Cel 700 FCPGA 911,400 Box Cel 733 FCPGA 950,600 Box Cel 766 FCPGA 1,166,200 Xeon 933 (256K ATC, 133 MHz) 5,066,600 Xeon 1000 (256K ATC, 133 MHz)5,066,600 Xeon 700 1MB 256K ATC, 133 MHz 13,582,800 Xeon 700 2 MB 256K ATC, 133 MHz 22,638,000 Tray PIII 650 FCPGA, 100 MHz 1,293,600 Box PIII 667 FCPGA, 133 MHz 1,323,000 Box PIII 733 FCPGA, 133 MHz 1,489,600 Box PIII 850 FCPGA, 100 MHz 2,136,400 Box PIII 866 FCPGA, 133 MHz 2,136,400 Box PIII 933 FCPGA, 133 MHz 2,479,400 Box PIII 1G FCPGA, 133 MHz 2,734,200 Box PIV 1.3 + RDRAM 128 PC 800 4,586,400 Box PIV 1.4 + RDRAM 128 PC 800 5,556,600 Box PIV 1.5 + RDRAM 128 PC 800 7,869,400 PORTABLE DRIVE ORB EIDE 2,2 GB Internal Drive SCSI 2,2 GB Internal Drive SCSI 2,2 GB External Drive USB 2,2 GB External Drive MEMORI SPECTEK SDRAM 64 MB PC 133 SDRAM 128 MB PC 133 SDRAM 256 MB PC 133 VGA CARD ASUS V7700 Deluxe 32MB (GeForce2 GTS) V7100 Deluxe Combo (GeForce2 MX) V7100/T 32MB (GeForce2 MX) V7100 32MB (GeForce2 MX) V3800 Magic 32MB (Riva TNT2 M64) V300C 16MB Sis 305 V2000 8MB CD-ROM/CD WRITER/ DVD-ROM ASUS CD-S400 40x Speed CD-S500 50x Speed DVD-E612 12x DVD-ROM, 40x CD-ROM CRW-0804F CD-RW 8x/4x/32x 431,200 470,400 1,078,000 1,724,800 264,600 450,800 862,400 1,764,000 1,862,000 2,156,000 2,303,000 PROLINK CD-ROM 56x BTC BTC CD-RW 8x/4x/32x IDE MOUSE COMFORT Comfort Fast (Ser or PS/2) Color Comfort Fast (Ser or PS/2) Fast 4D Way Scroll Comfort Candy (IMAC- Color) Comfort Wheel (Ser or PS/2) LOGITECH Dexxa Optical Mouse OEM M-34 (Serial)/S34 (PS2) FM Super FM 3B (PS/2 /Serial) Mini Wheel Mouse (USB+PS/2) FM+Loose S48 (PS/2) FM+Full Pack (PS/2 & Serial) Wheel Mouse (Opt) USB+PS/2 USB Wheel Mouse (USB+PS/2) USB MouseMan Wheel Mouse Man Wheel-Optical Cordless MouseMan Wheel iFeel Mouse Cordless Trackman Wheel (Optical) TrackMan Marble+ (Optical) TrackMan Marble FX (Optical) Marble Mouse (Serial & PS/2 / USB & PS/2) TrackMan Live KEYBOARD COMFORT Small Keyboard (IMAC-Colour) 68,600 Keyboard (IMAC-Colour) PS/2 88,200 Keyboard Comfort 2 in 1 (USB+PS/2) 107,800 Palm Rest for Keyboard Comfort 14,700 LOGITECH Paket 10 Deluxe 104 Paket 10 New Touch Cordless Desktop iTouch Cordless iTouch Internet Keyboard SPEAKER 150,000 135,000 829,000 510,000 255,000 29,400 22,540 58,800 29,400 39,200 216,000 55,000 98,000 130,000 264,000 117,600 196,000 290,000 235,000 355,000 420,000 540,000 450,000 765,000 554,000 554,000 315,000 880,000 347,900 1,234,800 ALTEC LANSING ACS 33X ACS 45.2X 382,200 558,600 ARTIS MOZART 2 in 1 (Speaker + SubW) 303,800 BEETHOVEN 4 in 1 (Speaker + SubW) 401,800 LOGITECH SoundMan S4 (w/o SubW) 4W rms SoundMan X1 25W rms (SubW) SoundMan X2 40W rms (SubW) TV TUNER HAUPPAUGE-PROLINK WinTV USB Ext WinTV USB plus Radio Ext WinTV Theatre DV Wizard (Fire Wire) MONITOR COMFORT Super View Digital 14" Power Vies Digital 17"-OSD Max View Digital 15"-OSD GTC Monochrome 9" Ultimate 458 14" Ultimate 558 15" Futura L4031ND 14" Futura L503RNDG 15" Millenia 6425 DSE 14" Digital 1765 17" VIEWSONIC E-50 15" 0,28 1024 x 768 E-653 15" 0,28 1280 x 1024 E-70 17" 0,27 1280 x 1024 EF-70 17" 0,25 1280 x 1024 PF-775 17" 0,25 1600 x 1280 E-790 19" 0,26 1600 x 1280 PF-790 19" 0,25 1600 x 1280 G-810 21" 0,25 1600 x 1280 PRINTER LEXMARK Z12, 1200 x 1200 (Mac Support) 637,000 Z32, 1200 x 1200 (Mac Support)1,029,000 Z42, 2400 x 1200 (Mac Support)1,764,000 1,127,000 1,813,000 1,283,800 735,000 1,102,500 1,234,800 1,102,500 1,234,800 1,117,200 1,793,400 1,323,000 1,489,600 1,989,400 2,695,000 3,675,000 4,508,000 5,390,000 8,575,000 784,000 931,000 1,323,000 931,000

No.21/II/20 Maret 2001

196,000 539,000 803,600

2,587,200 2,156,000 1,293,600 1,136,800 695,800 539,000 421,400

I K L A N
KOMPUTER
KOMPUTER 2 Dijual komputer merk Compaq, HP, IBM, NEC + Monitor 14” s/d 21” (Garansi!!!) Hubungi: Elextor (021)6288309-11,Fax. (021)6121512, E-mail: sales@elextor.co.id Buat Dealer ada harga khusus. Jangan Terlambat!!!
nd

B A R I S
•TEKNISI (KODE:TKS) Lima orang Familiar dengan hardware PC,OS win 31,98, 95, NT,2000,dan mampu mengatasi masalahmasalahnya, memiliki pengetahuan networking dan dasar elektronika (tambahan). •SALES & MARKETING (SM) Tiga Orang Memiliki pengetahuan dasar kompu ter,mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik lisan ataupun tulisan Diutamakan memiliki kendaraan sendiri. Pengalaman tidak diutamakan, lebih diutamakan tenaga muda yang bisa bekerja keras dalam organisasi ataupun individual. Kirimkan lamaran Anda dan Cantumkan gaji yang diinginkan ke alamat pengiriman : Jl. H.NUH No. 27 Cipedak,Jagakarsa,Jakarta 12630 selambat-lambatnya 10 hari sejak iklan ini di terbitkan (stempel pos)

KURSUS
Pertama di Indonesia Pusat Training pembuatan program komputer utk Windows langsung ke aplikasi database utk segala jenis usaha, multi user, dlm wkt skt, case study, Vip Class! 4203853, 42879033. Email: milenium@link.net.id PRIVATE HOMEPAGE meliputi : •Pengenalan HTML •Image Effect (RollOver, Map, dlll) •Animasi Web (Gif 89a, Flash, DHTML) •Aplikasi CGI (Counter, Guestbook, Form Mail, Voting Poll, dll) •E-Commerce Tools: Frontpage, Dreamweaver, Fireworks, Flash, FTP. Hubungi: 0818 745860

ASSESORIS
Profesional alat transfer + edit Pinnacle DC30/ DV500; Studio DV/VCD, Camera Panasonic M3500/M9500, Datavideo Mixer; Time Base Corrector 1000;VDR 1000/3000, CD Duplikator 1 to 3, Kst VHS Grundig, hub. 031-5355039

LOWONGAN
Sebuah perusahaan yang bergerak dlm bidang Komputer dan berlokasi di pusat bisnis Jkt membutuhkan beberapa tenaga muda utk posisi sbb:

NUSA PRIMA COMPUTER Telp/Fax: 021-6338154-6343954 PT. NUSANTARA ERADATA Telp: 6018218 PT. ASTRINDO SENAYASA Telp: 6121330-31 (hunting), Fax: 6121329 Email: astrindo@rad.net.id CPU Computer Center Telp. : 6243166 Fax. : 6255538 Email : sales@cpucom.com PT. UIS (ORB Distributor) Tel: (62 21) 6385 0669, Fax: (62 21) 6387 2143 Surya Candra Telp: (021) 6413639 (Hunting), 6456617 (Hunting) Fax: (021) 6413639

28 PCplus

PCplus 29

plusGame
Anda suka dengan game strategi peperangan? Sebut saja judul-judul game seperti Nobunaga, Bandit King, Romance Three Kingdom, dan sebagainya. Nah, bagi penggemar game strategi, Anda tidak sendirian. Cobalah masuk ke situs http:// games.swirve.com/ utopia/. Di sini Anda bakal menemukan game berjudul Utopia. Game seperti apakah Utopia ini?

No.21/II/20 Maret 2001

Utopia:

GAME ONLINE SARAT STRATEGI
bagi yang suka dan sering memainkan game-game strategi peperangan.

KEBUTUHAN SISTEM
Untuk memainkan game tersebut, tidak diperlukan sebuah komputer yang canggih dan waktu yang banyak. Yang terpenting hanya mempunyai hubungan dengan Internet. Jika tidak punya, Anda bisa memainkannya melalui warnet. Mau tahu cara memainkannya? Simak caranya berikut ini. 1. Pada situs Utopia, Anda bisa memilih level game yang ingin Anda mainkan. Di bagian kiri tersedia judul "The World Of Utopia" untuk pemula dan di bagian

Utopia adalah sebuah
game online yang bisa dimainkan secara interaktif. Di sini Anda menjadi salah satu dari 25 propinsi dalam satu kerajaan yang Anda mainkan. Di mana ke-24 propinsi yang lainnya belum Anda kenal. Selain itu Anda juga bisa memilih satu dari delapan ras atau makhluk yang ada. Misalnya saja ada bangsa humans (manusia), elves (peri kecil), dwarves (liliput), orcs

“Permainannya sangat sederhana”

(raksasa) yang jahat, faeries, halflings, avians, dan undeads dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Di sini Anda akan belajar bekerja sama dengan ke-24

propinsi untuk melakukan strategi penyerangan, pencurian, politik, dan sebagainya. Permainannya sendiri sangat sederhana dan mudah dimengerti, terutama

kanan "The Utopian Battlefield" untuk level yang lebih ahli. Daftarkan diri Anda dengan mengklik "Create a Province". 2. Isilah form yang disediakan dengan benar, terutama isikan alamat e-mail Anda. Karena Anda akan dikirimkan activation code yang akan ditanyakan setelah satu hari melakukan pendaftaran. 3. Setelah itu Anda dapat langsung masuk dan mengatur propinsi Anda dengan mengklik "Manage Your Province". Masukan Username dan Password Anda, lalu klik tombol "Enter Utopia". 4. Setelah masuk, Anda dapat langsung mengatur propinsi Anda. Jangan takut diserang, karena Anda dilindungi oleh Utopia selama 3 hari waktu bumi atau 72 hari waktu Utopia. Oke, selamat bermain. Welcome to The Age of Nobility! Kiriman:
maildewa@yahoo.com

Mungkin terasa kurang seru dan enak mendengar lantunan suara atau musik MP3 yang diputar pada Winamp sebagai player MP3 yang umum digunakan. Banyak faktor yang menyebabkan semua itu bisa terjadi, seperti speaker tanpa subwoofer, kekuatan CPU yang Anda miliki, sound card lama, atau hasil kompresi lagu mp3 yang kurang sempurna. Tapi, jangan khawatir. Winamp telah menyediakan plugins yang diperlukan untuk masalah tersebut yang dikenal dengan DSP (Digital Sound Processing)/effect.

TINGKATKAN KUALITAS SUARA PADA WINAMP
yang ditawarkan di www.winamp.com ini, ada yang merupakan versi trial dan ada juga yang gratis. Jadi, mana plugin DSP/effect yang lebih baik? Simak saja, tips sekaligus trik di bawah ini.

MEMILIH PLUGINS DSP/ EFFECT
Jangan hanya melihat dari rating-nya saja tapi ambilah dari kemampuan yang ditawarkannya begitu pun juga dari versi terbarunya. Untuk itu, diperlukan kesediaan waktu sejenak untuk mencoba-coba beberapa plugin DSP/effect ini, sehingga yang didapatkan dan bagus untuk dimiliki adalah: 1. Plugin Qsound Qmp3D v1.0 (www.qsound.com). Plugin ini mampu menghasilkan kualitas 3D dan bass yang lebih bagus daripada yang ditawarkan oleh Winamp biasa. 2. Plugin WaveSurround v3 (www.wavearts.com), membuat suara dapat didengar dengan jernih dan jelas baik dari kejauhan maupun dekat. 3. Plugin DFX v4.3, memiliki bermacam-macam pilihan untuk mempertinggi

Fasilitas ini memungkinkan para penggemar musik dapat mendengar musik yang lebih hidup dari sisi 3D, bass effect, verb effect, atau kualitas stereo yang diekspansi/ diperluas. Sehingga kita bisa mendengar suara atau musik menjadi lebih jernih. Oleh karena itu, diperlukan teknik dan trik-trik yang tepat dan cocok agar semua itu dapat berjalan dengan lancar. Semua plugin DSP/effect yang kita inginkan dapat di-download di kategori hot plugin-DSP/effect pada www.winamp.com. Di halaman plugins DSP/effect ini akan terdapat banyak plugin mulai dari rating terbaik sampai yang biasa saja. Beberapa plugin DSP/effect

kualitas suara. 4. Plugin Piettro Pro'sRocksteady 2.1, untuk menyamakan tingkatan suara. 5. Plugin Fusion MuchFX 0.9901, merupakan tempat untuk mengumpulkan semua plugin agar dapat bekerjasama dan aktif sekaligus. Namun ada beberapa plugin yang tak dapat diaktifkan di sini, dan harus berjalan sendiri tanpa MuchFX dan plugin-plugin lainnya.

MENGINSTAL DAN MENGATUR PLUGIN
Semua file yang berekstensi dll Anda ekstrak ke direktori plugins pada direktori Winamp Anda. Sehingga dapat dikenali oleh Winamp kita sewaktu mengaktifkan DSP/effect-nya. Setelah semua plugin ada, maka instalasinya adalah dengan mengaktifkan plugin yang diinginkan. Caranya, aktifkan Winamp kemudian tekan Ctrl+K atau Ctrl+P untuk Winamp preference-nya kemudian pilihlah DSP/effect. Lalu dari sekian banyak DSP, pilihlah MuchFX yang mana plugin ini dapat mengaktifkan banyak plugin DSP/effect sekaligus.

Kemudian klik Add pada MuchFX dan pilihlah semua plugins yang tersedia satu-satu terlebih dahulu. Setelah semuanya terpilih, susunlah plugins yang terlihat pada layar MuchFX dengan susunan: 1. QSound (pada QSound jangan lupa aktifkan QBassnya dan Qverbnya dibypass saja) 2. DFX (klik preset lalu pilihlah MP3 Enhancer Hivolumenya) 3. Piettro Pro'sRocksteady (preset-nya pastikan tetap default) 4. WaveSurround (pastikan Anda klik speaker space-nya lebih besar dari 48 inch) Pastikan juga Winamp equalizer preset-nya adalah Full bass and treble. Pada Winamp preference-nya pilih input kemudian klik Nullsoft MPEG audio decoder dan pada tab decoder hilangkan tanda cek pada allow stereo ouput (menjadi mono). Ini sangat berguna untuk Anda yang mempunyai CPU yang kurang mendukung atau juga motherboard yang onboard dan bersistem berat agar dapat menjadi ringan ketika memainkan MP3nya.

Sedang Anda yang memiliki sistim lebih baik dan bagus dianjurkan menjadikannya mono, karena dapat mengurangi distorsi suara dan kita dapat mengonsentrasikan pada DSP yang kita aktifkan. Keuntungannya, program tidak terlalu berat dan suara yang dihasilkan jauh lebih jernih. Meskipun begitu ada juga kerugian dengan pengubahan ke mono ini yakni beberapa plugin semacam WaveSurround tidak begitu terasa perubahannya. Meski begitu kita bisa putuskan untuk men-set stereo atau mono hanya dengan memutuskan bahwa kita hanya mendengarkan lagu atau sambil mengerjakan pekerjaan lain! Tips ini telah dilakukan kepada dua jenis tipe komputer, yang pertama pada komputer dengan soundcard yang onboard dan speaker standar dan yang kedua pada komputer dengan soundcard terpisah serta speaker dengan subwoofer-nya. Hasilnya adalah kualitas suara yang hampir sama baiknya dan tidak mengecewakan. Kita akan merasakan peningkatanpeningkatan yang lebih baik bila kita mengamatinya dengan seksama. Jika kurang puas dengan tips yang ada menurut suara yang Anda dengarkan, Anda pun dapat mengutak-atik sendiri susunan DSP tadi atau pun menambah beberapa plugin lainnya atau menguranginya menurut selera sampai Anda menemukan kualitas yang enak didengar. Selamat mencoba...
M. PRIVILIAN FIKRI revku@mail.com

30 PCplus

plusNetiket
Di jagad nyata, pertikaian yang hebat sering kali dipicu oleh hal-hal sepele. Awal mula penyebab pertikaian di Maluku ternyata adalah perkelahian antar kelompok geng. Di Kalimantan Barat beberapa waktu lalu, kerusuhan berbau etnis dipicu oleh keengganan seseorang membayar ongkos angkutan kota. Yang di Sampit dan Palangkaraya pun penyebabnya sepele juga. Di jagad maya, flamming bisa memicu kekisruhan berkepanjangan dan berlarut-larut, menimbulkan kesia-siaan belaka.

Alois Wisnuhardana

No.21/II/20 Maret 2001

Flamming:

PEMICU “KERUSUHAN” DI JAGAD MAYA
membunuh waktu Anda melainkan juga merongrong produktivitas. Di dalam mailing list, flamming bisa menimbulkan amarah dan kebencian dari sesama anggota milis. Bila Anda tetap meneruskan tindakan flamming, Anda akan memasuki situasi yang dalam netiket sering disebut flame war. Flame war adalah suatu kondisi di mana dua atau beberapa orang saling caci dan cemooh tanpa ujung pangkal, dan hal itu berlangsung dalam waktu yang sangat panjang. Dalam beberapa hal, kadang-kadang mereka lupa apa yang menjadi pangkal persoalan dan pokok pertengkaran. Mereka merembet membawa atau menyerang wilayah pribadi seseorang.

Apa itu flamming? Bakarbakarankah? Kerusuhankah? Bukan semuanya! Secara leksikal, flame memang berarti nyala api. Namun, dalam konteks di netiket kita di sini, flamming adalah tindakan memancing amarah seseorang di dunia cyber melalui katakata. Secara sederhana, flamming bisa juga dikatakan sebagai “perang mulut” di jagad maya. Sama seperti halnya pertengkaran di jagad fisik, pertengkaran di jagad maya pun bisa berlarut-larut dan menimbulkan efek-efek negatif, mulai dari ketidakefisienan, waktu yang terbuang percuma, perasaan dongkol, amarah, dan kesia-siaan. Hal apa saja yang bisa memicu pertengkaran atau perang kata-kata di Internet? Jawabnya adalah apa saja. Namun, pertengkaran biasanya berkembang karena perbedaan caracara seseorang memperlakukan orang lain dan sikap seseorang terhadap kata-kata di Internet. Tidak jarang, alasan pertengkaran di Internet diketahui dengan jelas. Namun, dalam beberapa peristiwa, penyebab flamming tidak pernah diketahui secara nyata. Suatu kali, Anda mengirimkan pesan e-mail kepada lima orang relasi Anda. Eee, ternyata ada satu orang yang menjadi sangat marah dengan e-mail Anda, sedangkan empat yang lain ternyata menanggapinya dengan rasional dan dengan kepala dingin.

Gambaran tentang dunia memang sangat tergantung dari cara Anda sendiri melihatnya dari kacamata Anda. Dengan demikian, mau tidak mau kita harus menyadari, bahwa setiap orang senantiasa memandang dunia dan tetek bengeknya ini dengan cara yang berbedabeda. Keberagaman adalah fitrah dan perbedaan cara pandang itu soal biasa. Apalagi di Internet. Yang tidak biasa adalah kalau ada orang yang begitu ngotot membuat segala sesuatunya sama dan seragam. Yang tidak biasa juga adalah bila ada orang yang nekad memaksakan kehendaknya tanpa peduli tanggapan dan pendapat orang. Lantaran perbedaan cara pandang itu adalah fitrah, kita musti lapang hati dan sekaligus waspada ketika berinteraksi di jagad maya. Flamming sendiri sangat sering kita jumpai di mailing list atau newsgroup. Di dalam forum mailing list, kemungkinan terjadinya perang kata-kata jauh lebih besar ketimbang di tempat lain. Mengapa? Karena di situlah banyak orang bertemu dan banyak orang berkata-kata. Masing-masing mungkin tidak kenal satu sama lain secara nyata. Mereka hanya mengenal dari cara orang itu berkata-kata.

Namun, tidak tertutup kemungkinan juga dalam korespondensi pribadi lewat email flamming pun tetap berlangsung. Flamming bisa mengenai siapa saja dan di mana saja. Lalu, bagaimana kita harus bersikap manakala berhadapan dengan flamming yang bisa menerpa kapan saja itu? Flamming adalah ekspresi kemarahan yang tidak wajar dan ungkapan marah yang tidak benar. Lho? Adakah marah yang wajar dan benar? Ya, marah yang wajar dan benar adalah marah yang diungkapkan pada saat yang tepat kepada orang yang tepat dengan cara yang tepat. Tegurlah orang lain bila memang Anda pikir mereka saat itu perlu ditegur! Marahlah bila memang ia patut mendapatkan amarah itu. Tetapi tetaplah kendalikan diri. Dan yang paling penting, jangan menjadi panik atau panas hati terus menerus! Langkah terbaik menghadapi flamming di Internet adalah tetap menjaga akal sehat. Bila Anda terpancing menanggapinya atau bahkan membalasnya, bukan tidak mungkin situasinya akan semakin memburuk. Dalam korespondensi personal via email, flamming bukan saja

INGIN MEMBUKTIKAN?
Anda belum pernah mengalami flamming? Bila ingin mencobanya, masuklah ke sebuah milis yang cukup aktif lalu lintas posting naskahnya, lalu kirimkan beberapa kali pesan dengan HURUF-HURUF KAPITAL SEPERTI INI DAN ABAIKAN SAJA BILA ADA TEGURAN ORANG. Kalau terasa masih kurang menggigit, kirimkan juga beberapa iklan atau advertensi via e-mail. Dijamin, Anda bakal menuai caci maki dengan sukses. Yang patut dicatat, flamming bisa juga terjadi karena ketidaktahuan atau ketidaksengajaan. Kalau Anda kirimkan e-mail ke sebuah milis dengan pesan “Tolong dong. Komputer saya nggak mau ngeprint, nih. Ditunggu jawabannya secepat mungkin”, permintaan itu kabur dan membingungkan orang lain di milis. Mungkin saja Anda tergesa-gesa? Mungkin juga Anda tidak sengaja menuliskan pesan seperti itu lantaran panik dengan masalah Anda. Orang lain tentu akan bertanya-tanya, apa spesifikasi

komputer Anda? Apakah sambungan ke printer sudah benar? Apa jenis printer Anda? Apakah tintanya masih ada? Dan sederet pertanyaan lain. Anda tidak menggambarkan masalah yang Anda hadapi secara lengkap dan terperinci. Orang yang usil bisa saja membalasnya dengan “Apakah Anda punya printer?”. Perlu Anda ingat, ada ratusan kemungkinan jawaban bila Anda menanyakan pertanyaan seperti itu. Anda mungkin saja menjadi marah karena tidak kunjung segera ada jawaban di mailbox atas pertanyaan itu, sementara Anda ingin masalah Anda segera teratasi. Ingat bahwa komunikasi menggunakan email, sekalipun praktis dan bisa direspon dengan cepat tetaplah berbeda dengan percakapan lewat telepon atau menggunakan messenger atau ruang chatting yang lebih interaktif. Flamming biasanya berkembang karena para netizen (warga Internet) mengabaikan netiket-netiket yang semestinya mereka patuhi. Mekanismenya berlangsung sederhana. Seseorang mengirimkan pesan kepada Anda, lalu Anda marah dan membalas pesan itu. Orang tersebut tidak terima dan kemudian mengirim pesan balasan yang tak kalah kasar. Anda tidak terima, dan mengirimkan seonggok katakata untuk menumpahkan kekesalan Anda. Lingkaran flamming telah dimulai. Beberapa penyebab flamming antara lain: 1. Mengeposkan pesan e-mail pribadi ke ruang publik tanpa permisi si empunya. 2. Mengirimkan iklan-iklan segepok ke alamat seseorang. 3. Menyalahi aturan di milis seperti melanggar topik yang dibicarakan, memposting pesan lebih dari sekali, mengirimkan attachment tanpa permisi 4. Menulis pesan “makasih; aku juga; kirim juga dong; setuju” ke milis. 5. Mengirimkan e-mail dalam format yang acak-acakan 6. Mengeposkan alamat e-mail seseorang ke tempat publik tanpa ijin si pemilik alamat.
Pemenang Kuis Edisi 17/II/2001: 1. ARDI L. AGUSTINO Jl. G. Lompobattang 171 (B) No. 133 (lama), Makassar 90114 2. JONES TIDAJOH Jl. Santo Joseph No. 12a Manado 95115 3. ANDRE JUNIOR Jl. P. Banda 2, Denpasar Bali 80113

KUIS

CIPLUS terkaget-kaget dengan langkah yang dilakukan oleh PT M-Web

Indonesia. Setelah membeli Satunet, M-Web kemudian juga membeli Kafegaul, Warnet Gemilang, dan yang terakhir Astaga.com. “Mau jadi konglomerat tampaknya,” gumam CIPLUS dalam hati. Mungkin si boss M-Web ini menyaingi Liem Sioe Liong di zaman Soeharto dulu. Sembari meneguk kopi kentalnya di teras rumah, CIPLUS coba mengingat-ingat nama si pemilik M-Web ini. Tapi, kopi membuatnya pening dan nama itu tak kunjung muncul di otaknya. Eh, PCPlusser, tolong dong bantu CIPLUS, siapa nama chief executive officer alias CEO M-Web Indonesia? Di PCplus edisi berapa bahasan tentang konglomerat Internet ini muncul? Tulis jawaban di sehelai kartu pos yang ditempeli kupon kuis, dan kirimkan sebelum 4 April 2001. Tiga orang beruntung masing-masing mendapatkan mouse cantik from LOGITECH.

Jawaban Kuis No 17/II/2001 W3C”singkatan dari World Wide Web Consortium. Pembahasan tentang W3C ada di PCplus Edisi 15/II/2001.

KUPON KUIS 21/II/2001
PCplus 31

32 PCplus

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->