P. 1
Pengertian asam

Pengertian asam

|Views: 99|Likes:
Published by Arch Angel

More info:

Published by: Arch Angel on Jul 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/05/2012

pdf

text

original

Pengertian asam, basa, dan garam

Asam (yang sering diwakili dengan rumus umum HA) secara umum merupakan senyawa kimia yang bila dilarutkan dalam air akan menghasilkan larutan dengan pH lebih kecil dari 7. Dalam definisi modern, asam adalah suatu zat yang dapat memberi proton (ion H+) kepada zat lain (yang disebut basa), atau dapat menerima pasangan elektron bebas dari suatu basa. Suatu asam bereaksi dengan suatu basa dalam reaksi penetralan untuk membentuk garam. Contoh asam adalah asam asetat (ditemukan dalam cuka) dan asam sulfat (digunakan dalam baterai atau aki mobil). Asam umumnya berasa masam, tapi cairan asam pekat sangat berbahaya dapat merusak kulit dan hati-hati mata, jika terpercik asam pekat bisa berakibat kebutaan. Jika kena asam pekat harus langsung dicuci dengan air mengalir sampai benarbenar bersih.

Definisi umum dari basa adalah senyawa kimia yang menyerap ion hydronium ketika dilarutkan dalamair.Basa adalah lawan (dual) dari asam, yaitu ditujukan untuk unsur/senyawa kimia yang memiliki pH lebih dari 7. Kostik merupakan istilah yang digunakan untuk basa kuat. Basa dapat dibagi menjadi basa kuat dan basa lemah. Kekuatan basa sangat tergantung pada kemampuan basa tersebut melepaskan ion OH dalam larutan dan konsentrasi larutan basa tersebut.

Definisi garam adalah senyawa atau ion positif basa dengan ion negative asam, misalnya natrium klorida (NaCl), ammonium klorida, dan natrium asetat. Garam dibuat dengan cara-cara berikut : Penetralan larutan asam oleh larutan basa, disusul dengan penguapan dan pengkristalan Dua larutan garam, karena pengendapan salah satu produk (natrium klorida + perak nitrat, perak klorida praktis semuanya mengendap) Pelelehan oksida basa atau senyawa dari oksida asam atau senyawanya. Pada proses ini karbon dioksida, amoniak, dan air akan terusir sebagai gas Reaksi antara logam dan unsur bukan logam (dengan pemanasan misalnya besi dan belerang).

Perubahan yang melibatkan sifat fisika atau kimia. Sifat Fisika Sifat yang tidak mengubah sifat kimia suatu materi. Karakteristik fisika bau, kekerasan, titik didih, wujud materi.
JESSY

Sifat Kimia Sifat yang mengubah sifat kimia suatu materi. Menerangkan bagaimana suatu materi bereaksi dengan materi yang lain membentuk suatu materi baru.

Ciri-ciri yang mengindikasikan adanya perubahan kimia :
     

Perubahan warna Perubahan bau Pembentukan gas Timbulnya cahaya Pembentukan endapan baru Perubahan pH. Contoh : Gula adalah senyawa yang mudah terurai (dekomposisi) dengan pemanasan menjadi senyawa yang lebih sederhana, misalnya karbon hitam (arang), yang tidak dapat terurai lagi baik secara fisika maupun kimia, tetapi dapat berubah struktur dan sifatnya menjadi grafit dan intan.

JESSY

SMP NEGERI I PURWOKERTO

TUGAS FISIKA

NAMA : JESSYCA AYUNING RARASTI KELAS : VII A NO ABSEN : 11

JESSY

JESSY

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->