KELOMPOK 18

Jadi kebudayaan dapat diartikan Segala hasil manusia atau hasil dari segala budi manusia”. jamak dari budi yang telah lazim kita pakai dalam Indonesia dan bahasa . M. “Kebudayaan adalah persatuan antara budi dan daya menjadi sebuah kata. untuk memperbaiki sesuatu dengan tujuan kesempurnaan”. “Secara formil kata kebudayaan itu mungkin berasal dari budaya.Nasroen. Maka kebudayaan mengandung makna leburan dari pada makna budi dan daya yang artinya himpunan segala usaha dan daya upaya yang dikerjakan dengan menggunakan hasil pendapat dari budi.bahasa daerah kita dalam bentuk budi. : • Prijono. Haji Agus Salim.: • • Soejarno Kolopaking. “Kebudayaan adalah Totalited dari pada hasil utama manusia yang diciptakan oleh kekuatan jiwanya dan oleh proses saling mempengaruhi antara kekuatan-kekuatan jiwa tadi diantara jiwa manusia yang satu dengan yan lainnya”. “Kebudayaan adalah hasil yang nyata dari pertumbuhan dan perkembangan rohani dan kecerdasan suatu bangsa”. • .

kebun. ladang. irigasi. alat-alat perlengkapa hidup. intuisi. : Filsafat Agama Budaya Ilmu Pengetahuan Teknik Kesenian Ekonomi dan Pencarian Hidup Kaidah-kaidah Budaya Politik Bahasa Pendidikan : Kebudayaan Material Contoh : Alat-alat penguasaan alam. sebagai jawaban atas segala tantangan. cara berfikir. jalan. imajinasi dan pemikiran rohaniah lainnya) dan raganya yang menyatakan diri dalam berbagai kehidupan (rohaniah) dan penghidupan (lahiriah) manusia. tuntungan dan dorongan intern diri manusia. Kebudayaan Im-Material Contoh : Musik.: Kebudayaan adalah hasil karya cipta yaitu pengolahan. sawah. baik individu maupun masyarakat. menuju arah terwujudnya kebahagiaan dan kesejahteraan manusia. kepercayaan. dan alat komunikasi. pengerahan dan pengarahan terhadap alam oleh manusia dengan kekuatan jiwa (pikiran. dsb .kemauan.

seperti kebudayaan Islam. Kebudayaan Agama adalah adalah Kebudayaan Yang Dilandasi Oleh Ajaran Agama Tertentu. jadi kebudayaan mencakup agama. pada prinsipnya Yang Satu Tidak Merupakan Bagian Dari Yang Lain. Masing-masing antara agama dan kebudayaan tidak saling mencakup. Pendapat kedua Kebudayaan adalah bagian dari agama. tetapi antara keduaya masih saling berhubungan. .: Pendapat pertama Agama adalah bagian dari kebudayaan. masing-masing berdiri sendiri. Agama Budaya dan Agama Filsafah ialah Agama Bumi atau hasil ciptaan manusia. jadi agama mencakup kebudayaan.

T. “Kebudayaan adalah memperkembangkan kekuatan-kekuatan alam kearah tertentu.J ZOETMULDER. . “Kebudayaan adalah sesuatu yang membuat hidup ini menjadi lebih baik”.S ELLIOT. P.RALP LINTON. menurut susunan tertentu pula dengan hasil tercapainya tingkatan yang lebih tinggi daripada tingkatan yang ingin dicapai andaikata kekuatan itu dibiarkan berkembang begitu saja. “Suatu kebudayaan adalah konfigurasi dari tingkah laku yang unsur-unsur pembibingannya dimiliki bersama dan dilanjutkan oleh anggotaanggota masyarakat tertentu. Hanya ada satu cara yang dapat mengembangkan dan membina kekuatan alam tersebut yakni manusia dengan akal budinya”. Istilah konfigurasi mengandung arti bahwa bermacam-macam tingkah laku dan hasil-hasil dari tingkah laku yang menyusun suatu keseluruhan yang berpola”.

Yang artinya adalah “Islam itu lebih dari suatu sistem agama saja.A. H. •Perkara 1 : Teologi tidak sama dengan Agama. Gibb. yaitu credo. . “Islam is indeed much more than system of theology. •Perkara 3 : Teologi ialah “studi tentang salah satu aspek agama. creed. atau akidah.R. Islam adalah satu kebudayaan yang lengkap”. di dalam bukunya “Pokok-Pokok Fikiran Tentang Islam” h. Beberapa pendapat yang dikemukakan antara lain oleh DR. Islam adalah sivilisasi yang lengkap”.23 th 1976.Menurut H. “Islam itu sesungguhnya lebih dari suatu sistem teologi. it is complete civilitation”. Endang Syaefuddin Al-Anshari. •Perkara 2 : Teologi tidak sama dengan Peribadatan.

Kebudayaan Islam bukanlah agama Islam itu sendiri. karna logi itu diambil dari kata logos yang berarti ilmu. namu tidak wajar di berikan begitu saja kepada ummat Islam setia kepada agamanya. . bukan “civilization”. tetapi melainkan keudayaan yang diciptakan oleh ummat Islam. sedangkan Islam bukanlah ilmu karena ilmu merupakan satu cabang dari kebudayaan dan merupakan ciptaan manusia. Islam itu wahyu. dan arti dari kata civilization adalah merujuk kepada buatan tangan manusia. sebab: Islam itu wahyu. jadi bukan suatu sistem teologi.Dalam hal ini pendapat Gibb dianggap wajar karena dia adalah seorang orientalis.

menyuruh manusia untuk mempergunakan akal untuk memriksa dan memikirkan keadaan alam. meletakkan akal pada tempat yang terhormat. seperti firman Allah pada Suran Ali „Imran [003] : 189-191. .Faktor di dalam agama Islam yang mendorong pemeluknya untuk menciptakan kebudayaan Islam tersebut yaitu: “Agama Islam menghormati akal manusi.