P. 1
Permainan Sepak Bola

Permainan Sepak Bola

|Views: 7,787|Likes:
Published by Nery Azni Ch

More info:

Published by: Nery Azni Ch on Jul 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/27/2013

pdf

text

original

PERMAINAN SEPAK BOLA

 Standar Kompetensi Mempraktikan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olah raga serta nilai – nilai yang terkandung didalamnya.  Kompetensi Dasar Mempraktikan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan dan olah raga beregu bola besar sepak bola lanjutan dengan konsisten serta nilai kerja sama, toleransi percaya diri, keberanian, menghadapi lawan dan bersedia tempat dan peralatan.

A. Teknik Dasar Permainan Sepak Bola
1. Melakukan berbagai teknik menendang, menghentikan dan menyundul bola dengan konsisten. a. Menyepak atau menendang bola berguna untuk : 1) Memberi bola kepada teman atau passing 2) Menembak bola ke gawang atau shooting. Cara menyepak bola ada 4 arah, yaitu : 1) Menyepak dengan kaki bagian luar. 2) Menyepak dengan kaki bagian dalam 3) Menyepak dengan punggung kaki 4) Menyepak dengan ujung kaki. b. Menahan atau menghentikan bola Menghentikan bola dalam permainan sepak bola berarti bola loangsung dihentikan, tetapi terus dimainkan dibawa bergerak atau operan kepada teman. Menghentikan bola ada 3 cara : 1) Dengan kaki bagian luar 2) Dengan kaki bagian dalam 3) Dengan kaki bagian punggung Mengembangkan keterampilan menggumpan dan menggiring bola serta meningkatkan ketangkasan dan kelincahan.

c. Menyundul bola Bola yang datangnya dari arah depan atas atau melambung banyak dimainkan menggunakan kepala atau dahi, tubuh harus benar-benar searah dengan bola yang akan dimainkan. Kedua kaki agak renggang dan lutut sedikit ditekuk. Tengkuk ditarik kebelakang agar dapat mengurangi derasnya datanya bola yang akan diterima. 2. Menentukan posisi dalam tim sesuai dengan keterampilan Dalam suatu persepak bolaan modern sekarang ini sistem suatu kesebelasan memegang peranan yang cukup menentukan bahkan merupakan kunci kemenangan apabila lawan yang dihadapiimbang kekuatannya. a. Sistem W –M Pemain –pemain yang memegang aktif dalam formasi W-M pada diagaram dibawah ini : 1) 2 belakang kanan 2) 3 belakang kiri 3) 5 poros halang 4) 4 gelandang kiri 5) 6 gelandang kanan 6) 7 kanan luar 7) 8 kanan dalam 8) 9 penyerang tengah 9) 10 kiri dalam 10) 11 kiri luar 11) 1 penjaga gawang Pengertian W-M disini jika formasi pemain-pemain pada diagram ditarik garis imager dari barisan penyerang nomor 7,8,9,10,11 maka akan membentuk huruf W, sedangkan pada penarikan garis imager pada formasi pemain belakang nomor 2,6,5,4,3, merupakan huruf M. Ciri utama sistem W-M formasi adalah poros halang yang merupakan palang pintu didepan gawang juga sebagai koordinator pertahanan yang lebih banyak andilnya dalam menjebak off-side penyerang lawan.

b.

Sistem 4-2-4 Pemain-pemain yang aktif dalam formasi 4-2-4 pada diagram dibawah ini : 1) 2 belakang kanan 2) 3 poros halang 3) 4 poros halang 4) 5 belakang kiri 5) 6 gelandang kiri 6) 7 gelandang kiri 7) 8 kanan luar 8) 9 kanan dalam 9) 10 kiri dalam 10) 11 kiri luar 11) 1 penjaga gawang Ciri utama sistem 4-24 adanya dua poros halang didepan gawang merupakan palang pintu pertahanan yang dibantu dua back ditambah dua gelandang, maka enam pemain ini merupakan perpaduan yang sukar ditembus oleh penyerang lawan.

c.

Pola 5-3-2 Dua pemain depan terdiri dari penyerang kanan dan kiri. Tiga pemain tengah atau penghubung terdiri daru gelandang tengah. Dan gelandang kiri lima pemain belakang terdiri dari stopper, back kanan dalam, back kanan luar, back kiri dalam dan back kiri luar.

3. a.

Mengidentifikasi Saat Yang Tepat Untuk Melakukan Penyerangan Dan Pertahanan Pola dasar penyerangan Suatu kebelasan sepak bola terdiri dari barisan pertahanan dan penyerangan. Suatu penyerangan tidak sama dengan pertahanan, supaya dapat menembus pertahanan lawan memerlukan adanya taktik penyerangan sehingga pertahanan akan mudah terobos.

Didalam menentukan taktik penyerangan perlu memerhatikan beberapa faktor amtara lain : 1) Hendaknya dapat mengetahui dengan cepat kemampuan teknik lawan untuk dibandingkan dengan kemampuan teknik kebelasannya sendiri. 2) Dengan cepat dapat mengetahui keistimewaan dan kekuatan lawan. 3) Kondisi dan situasi setempat waktu ber-tanding misalnya : lapangan becek, rumput panjang, sedang hujan, angin bertiup dengan keras, menentang matahari. 4) Keadaan fisik dari kedua belah pihak kebelasan yang akan bertanding 5) Mengetahui kelemaha-kelemahan kesebelasan-nya sendiri. Tujuan penyeranga ialah memasukkan bola sebanya-banyaknya dengan merusak atau membuat binggung pertahanan lawab dengan jalan : 1) Selalu mengadakan pergantian tempat diantara penyerang, agar sulit dijaga lawan. 2) Menipu dan merusak perhitungan lawan. Misalnya : serangan-serangan dari sayap kiri, pertahanan kamam lawan diperkuat, dengan tiba-tiba serangan dipindah kesayap kanan di mana perthana kiri kurang kuat. b. Pola dasar pertahanan Tujuan pertahanan ialah merampas bola dan membersihkan bola dari daerah berbahaya , sehingga selamat bermungkinan kemasukan bola (go). Ada dua macam dalam pertahanan yaitu : 1) Zona defence (pertahanan daerah) Setiap pemain dalam permainan itu mempunyai daerah yang menjadi tanggung jawabnya. Setiap lawan yang masuk ke daerah pertahanannya maka saat itu pula lawan menjadi tanggung jawabya yang harus dijaga. Tetapi jika lawan keluar dari daerah pertahanannya, lawan itu bukan lawan menjadi tanggung jawabnya. 2) Man to man marking (satu lawan satu) Setiapa pemain pertahanan mempunyai tugas khusus untuk menjaga seorang lawan. Pemain yang bertahan akan selalu menjaga lawannya kemana saja perginya dengan tidak memerjatikan gerak lawan itu untuk membuka pertahanan. Dalam hal ini jika terjadi dimuka gawang dan yang jaga dapat melepaskan diri, akan berbahaya. Pada umumnya dua cara tersebut digunakan bersama-sama. Pemain yang bertahan akan

menjaga lawan dalam “Man to Man Marking” disekitar bola itu dimainkan, sedang pemain bertahan yang jauh dari bola akan melepaskan lawannya dan menup daerah yang lebih dekat dengan datanganya serangan. Sejak dinasti Han ada semacam sepak bola yang disebut dengan Tsu Chu untuk melatih fisik tentaranya. Bentuk latihanya adalah dengan menendang bola kulit dan dimasukan kedalam jaring kecil yang dikaitkan dibambu yang panjang. Dijepang juga dikenal Tsu Chu sejak 500 tahun yang lalu. Permainan sepak bola berkembang di negara inggris dengan pendahulunya bernama harpastun. Yang pasti inggrislah negara pertama memperkenalkan dan menyebarluaskan permainan sepak bola. Pada tanggal 26 oktober 1863 didirikan sebuah badan yang disebut “Engglis Football Assosialiation”. Kemudian pada tanggal 8 Desember 1863 lahirlah sepak bola modern yang disusun oleh badan tersebut yang dalam perkembangannya mengalami perubahan.

B. Bermain Dalam Bentuk Bertanding Mengikuti Peraturan Permainan Yang Benar
Setelah anank –anak dapat menguasai teknik-teknik terpadu dapat melakukan dasar-dasar penyerangan dan dasar-dasar pertahanan dengan baik, maka sekanjutnya bermain dalam bentuk bertanding. Dalam suatu pertandingan sepak nola setiap tegu jumla pemainya 11 orang . rwgu yang menang adalah regu yang banyak memasukkan bola ke gawang lawan dengan waktu yang ditentukan.

C. Perwasitan Dalam Pertandingan
Tugas utama seorang wasit yaitu memimpin suatu pertandingan agar pertandingan itu berlangsung dengan lancar tanpa atau sedikit mungkin adanya gangguan. Apbila dalam memimpin pertandingan sepak bola dimana kedua tim saling berhadapan langsung dari urain tersebut di atas dapatlah diketahui bahwa dari tugasnya itu seorang wasit pasti berhubungan denga permainan (pemain), akab berhadapan langsung pula suatu pengaruh penonton. Wasit, pemain, penonton inilah yang membentuk situasi dalam pertandingan, dari situasi-situsi ini akan terlihat

kelakuan dari masing-masing pribadi wasit, pemain maupun penonton. Hal ini akan menentukan bahwa permainan itu berjalan lancar atau tidak. Seorang yang dengan sengaja melakukan salah satu pelanggaran dibawah ini dikenakan hukuman dengan tendangan bebas atau langsung. 1. Memegang atau mencoba menendang seorang lawan 2. Menjatuhkan lawan dengan kaki atau dengan membungkuk di depan dan dibelakang lawan. 3. Menerjang lawan secara kasar atau berbahaya dari depan atau dari belakang. 4. Memegang, menyikutm mendorong dan menarik lawan 5. Memainkan bola dengan tangan, membawa, memukul, mendorong dengan tangan. Seorang yang dengan sengaja melakukan salah satu pelanggaran dibawah ini dikenakan hukuman dengan tendangan bebas tidak langsung. 1. Menerjang dengan bahu sewaktu bola berada diluar jangkaun 2. Menghalang-halangi lawan, misalnya : berlari diantara bola dan lawan 3. Berkali-kali melanggar peraturan permainan. 4. Menyatakan ketidaksetujuannya kepada keputusan wasit. 5. Bertindak tidak sopan terhadap wasit maupun pemain 6. Tetap berlaku tidak wajar setelah mendapatkan peringatan. Media Persoalan Di Indonesi pada tanggal 19 April 1930 dibentuk persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia oleh bapak Suratin Sosto Sugondo dengan Pialanya (Surat Cup) untuk tinggkat remaja. Dalam permainana sepak bola yang merupakan permainan rakyat agar dapat bermain dengan baik maka belajarlah dengan metode yang benar. Teknik sepak bola dengan bola antara lain : teknik menendang bola, menahab bola, menggiring bola, gerak tipu, menyundul bola, merebut bola lemparan kedalam, serta penjaga gawang. Coba kalian amati kejuaraan sepak bola indonesia, apakah mengalami kemajuan atau kemunduran? Apakah sebabnya ?

Uji Kompentensi Siswa

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, atau d! 1. PSSI (Persatuan Sepak Bola Indonesia) terbentuk sejak tahun . . . . a. 1926 b. 1927 c. 1929 d. 1930 2. Lebar lapangan sepak bola beukuran . . . . a. 64 meter – 74 meter b. 65 meter – 75 meter c. 66 meter – 75 meter d. 67 meter – 74 meter 3. Pemain sepak bola tidak boleh memainkan bola dengan tangan, kecuali . . . . a. Back b. Striker c. Center d. Keeper 4. Pemain poros halang yang paling berat tugasnya adalah pola . . . . a. Piramide b. W-M c. 4-2-4 d. 5-2-3 5. Pola permainan yang dapat melakukan penyerangan dengan 6 orang dan bertahan 4 orang adalah . . . . a. 4-24 b. 2-4-4 c. 4-3-3 d. 5-2-3

6.

Tinggi gawang permainan sepak bola berukuran . . . . a. 2, 22 meter b. 2,25 meter

c. 2,40 meter d. 2,44 meter 7. Jika bola keluar melewati garis samping lapangan pada permainan sepak bola disebut ... a. Out ball b. Head ball c. Hand ball d. Free kick 8. Batas minimal pemain sepak bola adalah . . . a. 6 orang b. 7 orang c. 8 orang d. 9 orang 9. Lingkaran tengah pada lapangan permainan sepak bola berukuran . . . a. 9,10 meter b. 9,12 meter c. 9,15 meter d. 11,15 meter 10. Jarak tendanga penalty dengan garis bawah gawang adalah . . . a. 7 meter b. 9 meter c. 11 meter d. 12 meter 11. Lama permainan sepak bola untuk kejuaraan Sea Games ialah . . . a. 2 x 40 menit b. 2 x 43 menit c. 2 x 35 menit d. 2 x 45 menit 12. Seorang yang memimpin pertandingan sepak bola berhak memberikan kartu yang berwarna . . . a. Kuning dan hijau b. Kuning dan biru

c. Biru dan hijau d. Kuning dan merah 13. Permainan sepak bola sangat digemari dimasa sekarang, pemainan ini berasal dari negara inggris . . . a. Inggris b. Amerika c. Brasil d. Italia 14. Jumlah pemain sepak bola dalam satu regu paling banyak adalah . . . a. 9 orang b. 8 orang c. 10 orang d. 11 orang 15. Pendiri permainan sepak bola di Indonesia adalah . . . a. Suratin Sosro Sugondo b. Sosro Negoro c. Cokra Negoro d. Hamengku Buwono 16. Sistem permainan dengan formasi 3-2-2-3 sebernya adalah sistem pola . . . a. W-M b. 4-2-4 c. 4-3-3 d. Man To Man Marking 17. Kebelasan yang mendapat julukan Catenaccia adalah . . . a. Argentina b. Inggris c. Jerman d. Itali 18. Menggiring bola dengan perkenaan pada tali sepatu sepak bola, berarti menggiring dengan menggunakan kaki bagian . . . a. Kaki bagian dalam b. Kaki bagian luar

c. Kali bagian punggung penuh d. Kaki bagian pinggung luar 19. Pola W-M sangat Kontra dengan penyerangan . . . a. 4-2-4 b. 4-4-2 c. 3-2-2-3 d. 4-3-3 20. Piala sepak bola yang diperebutkan antar negara sedunia dinamakan . . . a. Copa Cup b. Word Cup c. Carbilon Cup d. Chopion Cup B. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat! 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Mendrible bola dalam permainan sepak bola artinya . . . Permainan sepak bola berasal dari negara . . . Permainan sepak bola yang dilaksanakan di Cina pada saat Dinasti Han disebut . . . Piala sepak bola untuk remaja di indonesia dinamakan . . . Jumlah pemain sepak bola satu regu adalah . . . Lingkaran tengah lapangan sepak bola berukuran . . . Trow in dalam permainan sepak bola berukuran . . . Tinggi gawang sepak bola berukuran . . . Merebut bola dengan menjatuhkan badan dalam sepak bola disebut dengan . . .

10. Headding adalah memainkan bola dengan menggunakan . . .

C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan uraian yang jelas dan tepat! 1. 2. Apakah fungsi lingkaran tengah lapangan? Jawab:_____________________________________________________ Apakah yang dimaksud dengan Man to Man Marking?

Jawab:_____________________________________________________ 3. 4. 5. Apa yang kau ketahui tentang off side itu? Jawab:_____________________________________________________ Terangkan bagaimana cara menendang bola dengan kaki bagian luar? Jawab:_____________________________________________________ Jelaskan bagaimana cara menendang bola dengan kaki bagian dalam! Jawab:_____________________________________________________ STUDI KASUS Permainan sepak bola merupakan permainan yang sangat menarik dan bagus diterapkan disekolah karena dapat memberikan sedikit olah raga dan permainan pada siswa, sehingga siswa dapat terhibur dan tidak jenuh dalam menerima pelajaran. Terangkan bagaimana sepak bola dapat dikatakan sebagai permainan dan sekaligus sebagai olah raga yang menarik bagi siswa!

REMEDI
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas 1. 2. 3. 4. Apakah yang dimaksud dengan Zone Defence? Jawab:____________________________________________________________ Mengapa pola penyerangan 4-2-4 juga memiliki pertahanan yang kokoh? Jawab:____________________________________________________________ Sebutkan bagian kaki yang tepat untuk operan jarak pendek! Jawab:____________________________________________________________ Mengapa pola W-M banyak menemui kesulitan menghadapi pola-pola 4-2-4? Jawab:____________________________________________________________ Jelaskan bagaimana cara menendang bola dengan kaki bagian kura-kira penuh! Jawab:____________________________________________________________ PENGAYAAN Jawablah pertanyaa-pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas!

1. 2. 3. 4. 5.

Mengapa lemparan ke dalam permainan sepak bola dinyatakan salah? Jawab :____________________________________________________________ Sebutkan 3 hal sehingga bola untuk sepak bola memenuhi syarat? Jawab:____________________________________________________________ Apakah yang disebut dengan zone defence/defence area itu? Jawab:____________________________________________________________ Sebutkan 4 nama klib sepak bola seri A italia? Jawab:____________________________________________________________ Mengapa tendangan penalti harus diulang? Jawab:____________________________________________________________ PORTOFOLIO Buatlah laporan secara kelompok, tiap kelompok berjumlah 5 orang anak. Buatlah laporan tentang nama-nama pemain sepak bola nasional indonesia. SOAL APLIKASI

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas! Amatilah dengan sesama tentang permainan sepak bola dimana saja! 1. 2. Mengapa sepatu sepak bola ada poll bagian bawahnya? Jawab:____________________________________________________________ Bagaimana cara penjaga gawang menangkap bola yang menyusur tanah di sebelah kiri badannya? Jawab:____________________________________________________________ 3. 4. 5. Bagaimana caranya menggantikan pemain sepak bola? Jawab:____________________________________________________________ Mengapa kaos tim penjaga gawang warnanya lain dengan pemainnya? Jawab:____________________________________________________________ Ada berapa jumlah wasit dan tugasnya masing-masing? Jawab:____________________________________________________________

Nama Siswa Nilai

Catatan :

Guru

Paraf Orang Tua

PENCAK SILAT
 Standar Kompetensi Mempraktikan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olah raga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

 Kompentensi Dasar Mempraktikan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu oermainan dan bela diri lanjutan dengan konsisten serta nilai keneranian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri.

Teknik Dasar Pencak Silat
1. Teknik Dasar Serangan Pencak Silat Serangan dapat dibagi menurut jenisnya berdasarkan alat yang digunakan untuk melakukan serangan, antara lain serangan lenga/tangan yang lazim disebut pukulan dan serangan tungkai atau kaki yang lazim disebut tendangan. Terdapat pula teknik serangan dengan menggunakan bagian dari lengan atau tungkai, yaitu siku, lutut, sapuan, kaitan dan sebagainya. Setiap serangan memiliki unsur-unsur sebagai berikut: a. b. c. Sikap tangan atau kaki sebagai alat searangan Sikap kuda-kuda Sikap lutut a. Teknik Serangan Lengan Serangan lengan dibagi menjadi : 1) Serangan tangan (a) Serangan tangan arah depan (1) Tebak, pukulan telapak tangan (2) Tinju, tangan dikepalkan (3) Dorong, dua telapak tangan (4) Sodok, telapak tangan terlentang (5) Bandul, mengayun kepalan. (b) Serangan tangan arah bawah (1) Bandul / catok (upper cut dalam tinju) (2) Sanggah, pangkal telapak tangan (serangan ke dagu) (3) Catok / tusuk (c) Serangan tangan arah atas (1) Tumbuk

Teknik – teknik serangan tersebut sebagai berikut:

(2) Pedang (3) Tebak (d) Serangan tangan arah samping (1) Pedang, sisis telapak tangan (2) Tampar, telapak tangan (3) Bandul, dari samping (4) Kepret, punggung tangan 2) Serangan siku Jarak dengan lawan dalam serangan dengan siku harus dekat. Serangan dengan mengunakan siku dapat dilakukan dengan arah serangan, antara lain : (a) Arah serangan depan (b) Arah serangan samping (c) Arah serangan belakang (d) Arah serangan sering (e) Arah serangan atas (f) Arah serangan bawah b. Teknik serangan tungkai Dalam teknik serangan tungkai terdapat bermacam-macam penggunaan Variasi bagian Kaki, antara lain punggung kaki, telapak kaki, tumit kaki, sisi kaki, dan pergelangan kaki. Semua teknik serangan tungkai tersebur tergantung pada sikap pasang dan gerak-gerik lawan. Teknik serangan dengan mengunakan tungkai antara lain sebagai berikut : 1) Serangan kaki a) Posisi Tendangan Depan b) Posisi Tendangan samping c) Posisi Tendangan Belakang’ d) Posisi Tendangan Busur 2) Teknik Serangan Lutut Seperti halnya dalam serangan siku, lutu pun dapat dipakaiuntuk menyerang, yaitu dengan mendengkul perut dari bawa keatas. Pafa posisi pinggang lawan dapat

diserang dengan dengkul/ lutut dengan posisi menyamping, kira-kira seperti pelari gawang. Serangan lutut dapat dilakukan melalui bawah dan atas. 2. Teknik Dasar Pembelaan Pencak Silat Pembelaan merupakan prinsip utama dalam pencak silat, sehingga landasannya perlu diperkuat terlebih dahulu. Di antara landasan atau dasar-dasar tersebut adalah hindaran. Elakan, dan tangkisan harus ditanamkan atau dihayati untuk memperkuat pembelaan aktif dan serangan balasan serta teknik-teknik lainnya. Prinsip pembelaan ini harus dipupuk menjadi sikap pandangan pembelaan diri secara mental (kejiwaan) dan secara teknik. Dalam melakukan pembelaan, harus memerhatikan bentuk serangan lawan. Jurus yang dilancarkan lawan ke tubuh kita kemungkinan mendasar, mendalam atau menyudut . maksudnya, menggunakan teknik bahwa, serangan dari dalam. Atau dengan segitiga. Pembelaan diri terdiri dari pembelaan dasar pembelaan lanjutan, dan pembelaan dasar, pembelaan lanjutan, dan pembelaan tinggi. Pada pokok bahasan berikut ini hanya akan dijelaskan mengenai pembelaan dasar. Teknik pembelaan dasar terdiri dari hindaran, elakan, dan tangkisan. EKPLORASI DIRI No 1 2 3 Gambar/Soal Penjelasan

a. Hindaran Hindaran (elakan) adalah suatu pembelaan diri dengan cara memindahkan bagian-bagian badan yang menjadi sasaran serangan dengan cara melangkah atau memindahkan kaki. Sasaran yang dimaksud di sini adalah bagian badan yang menjadi tujuan serangan lawan. Hindaran mempunuai unsure kuda-kuda (sikap kaki), sikap tubuh dan sikap tangan. Bentuk-bentuk hindaran antara lain sebagai berikut :

1) Hadar hadap, yaity menghidar dengan cara memindahkan kaki serangan posisi tubuh menghadap lawan. 2) Hinder sisi, yaitu menghidar dengan memindahkan kaki sehingga posisi tubuh menyamping lawan 3) Hinder angkat kaki. Yaitu menghindar dengan cara mengangkat kaki 4) Hinder kaki silang, yaitu menghindar dengan cara memindahkan kaki secara menyilang, b. Elakan Elakan adalah upaya pembelaan yang dilakukan dengan sikap kaki yang tidak berpindah tempat atau kembali ke tempat semula. Elakan terdiri dari : 1) Elakan bawah 2) Elakan atas 3) Elakan samping 4) Elakan belakang lurus atau berputar dalam pisisi kuda-kuda depan c. Tangkisan Tangkisan adalah upaya pembelaam dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangn. Kontak langsungitu bertujuan untuk mengalihkan serangan dari lintasannya dan membendung atau menahan serangan jika terpaksa. Tangkisan dilakukan dengan sikap kuda-kuda dan sikap tubuh dengan mengunakan satu lengan, siku, dua lengan dan kaki. 1) Tangkisan satu lengan a) Tangkisan luar, yaitu dari dalam keluar. b) Tankisan dalam, yaitu dari luar ke dalam c) Tangkisan atas, yaitu dari bawah ke atas d) Tankisan bawah, yaitu dari atas ke bawah 2) Tangkisan siku a) Tangkisan siku dalam, yaitu siku dalam tinggi dan siku dalam rendah b) Tangkisan siku luar, yaitu siku luar tinggi dan siku luar rendah. 3) Tangkisan dua lengan a) Tangkisan dua sejajar dua tangan/ lengan atas b) Tangkisan belah tinggi/rendah c) Tangkisan silang tinggi/rendah

d) Tangkisan buang samping 4) Tangkisan kaki a) Tangkisan kaki tutup samping b) Tangkisan kaki tutup depan c) Tangkisan kaki tutup buang luar d) Tangkisan kaki busur luar/dalam 5) Tangkapan adalah suatu usaha pembelaan dengan cara menahan lengan/tungkai lawan untuk menjaga serangan berikutnya atau merupakan unsure dari teknik jatuhan atau kuncian. 6) Macam-macam jatuhan Jatuhan adalah usaha menjatuhkan lawan sebagai tindak lanjut dari tangkapan atau secara langsung. MEDIA PERSOALAN Garak dasar pencak silat adalah suatu gerak terencana, terorganisasi dan tekendali yang mempunyai tiga aspek bela diri, aspek, olahraga, aspek seni budaya. Dengan demikian, pencak silak merupakan cabang olahraga yang cukup lengkap untuk pelajari. Pada PON ke VII tahun 1975 dijakarta pencak silat resmi dipertandingkan. Untuk para pelajat pertandingan pencak silat selalu dimasukkan ke POPDA. Karena pencak silat merupakan silat warisan nenek moyang kita, dan sangat baik karena cabang beladiri yang mengunakan akal sepenuhnya. Coba sebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam olahraga pencak silat!

INFO PENTING Pada penode kepemimpinan Eddie M. nalapraya . Indonesia sebagai pendiri memiliki kemampuan untuk mengembangkan pencak silat ke mana Negara dengan mengambil prakarsa pembentukan dan pendirian persekutuan pencak silat antar bangsa (PERSILAT). PERSILAT didirikan pada tanggal 11 maret 1980 bersama dengan singapura, Malaysia dan Brunei Darusasalam. Keempat Negara ini akhirnya dinyatakan sebagai Negara-negara pendiri pencak silat internasional. Penambahan anggota

PERSILAT yang dilakukan Indonesia sampai saat ini terus berkembang hingga pencak silat diperbandingkan ke multi event di tingkat Asia Pasifik pada Bulan Oktober 1999. REFLENSI Setelah mempelajari bab ini adakah materi yang belum kalian pahami? Mintalah penjelasan lebih lanjut kepada guru penjasorkes kalian!bisakah kalian menyebutkan fungsi dari olah raga pencak silat bagi kalangan pelajar seperti kalian!jelaskan dalam selembar kertas dan kumpulan kepada Bapak/ibu guru maple kalian!

UJI KOMPETENSI SISWA
A. Pilihalah salah satu jawaban yang paling benar dengan cara member tanda silang (X) pada huruf a, b , c atau d 1. Salah satu syarat untuk menjadi murid dalam suatu perguruan pencak silat pada zaman dahulu adalah . . . a. Beragama Islam b. Taat pada agama c. Member seekor ayam d. Berbudi pekerti luhur 2. Tujuan mempelajari pencak silat adalah . . . a. Untuk berperang b. Untuk kesehatan tubuh c. Untuk mempertahankan tubuh d. Untuk berburu 3. Sasaran gerakan memukul lawan adalah . . . a. Dada b. Pinggang c. Punggung d. Perut 4. Perkataan pencak berasal dari kelompok daerah . . . a. Jawa

b. Sumatra c. Sulawesi d. Kalimantan 5. Pencak silat yang diajarkan di sekolah-sekolah mengandung unsure . . . a. Bela diri b. Olah raga c. Pendidikan d. Semuanya benar 6. Perubahan kaki untuk merubah posisi tubuh disebut . . . a. Pola gerak b. Langkah c. Pola langkah d. Cara melangkah 7. Banyaknya bentuk atau pola langkah adalah . . . a. Lima pola b. Enam pola c. Tujuh pola d. Delapan pola 8. Gerak dasar bela diri yang terikat pada perturan dinamakan. . . a. Pencak b. Silat c. Pencak silat d. Bela diri

9.

Tujuh gerakan menangkis adalah a. Menghindari pukulan lawan b. Menghindari tendangan lawan c. Menghindari tebasan lawan d. Menghindari serangan lawan

10. Aliran pencak silat Tjimande, Tjikalong dan Tjingkrik berasal dari daerah . . . a. Sumatra

b. Jawa timur c. Jawa barat d. Jawa tengah 11. Symbol pisau dalam pencak silat berarti . . . a. Tajam pemikiran b. Pukulan setajam pisau c. Gerakan dapat merobek dada d. Pikiran manusia seperti pisau 12. Nama induk organisasi pencak silat Indonesia adalah . . . a. PSSI b. PPSI c. IPSI d. PPPSI 13. Pelopor pencak silat Indonesia adalah . . . a. Mr. Wongsonegoro, SH b. Mr. Abdul Muis, SH c. Mr. Muhammad Yunus, SH d. Mr. Bambang Sumatri, SH 14. Gerakan yang dilakukan dengan cara meloncatkan satu kaki ke tempat yang dikehendaki disebut . . . a. Angkatan b. Geseran c. Ingutan d. Loncatan 15. Gerakan yang dilakukan dengan cara memutar tubuh dan dan kaki pada suatu posisi yang dikehendaki disebut . . . a. Putaran b. Geseran c. Ingutan d. Loncatan 16. Tempat latihan untuk atlit pencak silat adalah . . .

a. Sasana b. Stadion c. Pedepokan d. Dojo 17. Pertandingan pencak silat yang menentukan kemenangan adalah . . . a. Nilai b. Kekompakan c. Waktu d. Kekuatan tim 18. Gelanggang untuk pertandinga pencak silat dapat dilakukan di lantai atau di panggung dan harus dilapisi . . . a. Kasur b. Karet c. Matras d. Busa 19. Tujuan mempelajari pencak silat adalah untuk . . . a. Kesehatan tubuh b. Berperang c. Berburu d. Mempertahankan hidup 20. Gerakan dasar bela diri yang terikat pada peraturan dinamakan. . . a. Pencak b. Silat c. Beladiri d. Pencak silat B. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat! 1. 2. 3. 4. Gerakan yang dilakukan dengan cara mengangkat satu kaki, kemudian diletakkan ditempat yang dikehendaki disebut . . . Gerakan yang dilakukan dengan cara melompat satu kaki, setelah mendarat ditanah diikuti oleh kai yang satunya disebut . . . Sikap yang harus dimiliki oleh seorang pesilat adalah . . . Untuk menghindari pukulan lawan, maka geraka yang harus dilakukan adalah . . .

5.

Suatu usaha sebagai tindak lanjut dari tangapan atau secara langsung dapat dilaksanaka . . .

C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan uraian yang celas dan tepat! 1. 2. 3. 4. 5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sikap pasang pada pencak silat! Jawab:____________________________________________________________ Sebutkanlah tiga sikap berdiri dalam pencak silat! Jawab:____________________________________________________________ Sebutkan macam-macam pola langkah dalam pencak silat! Jawab:____________________________________________________________ Sebutkan persyaratan belajar pencak silat pada zaman dahulu! Jawab:____________________________________________________________ Sebutkanlah unsur-unsur yang terkandung dalam pencak silat! Jawab:____________________________________________________________

REMEDI Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat 1. Sebutkanlah macam-macam gerak dasar dalam pencak silat Jawab:_____________________________________________________________ 2. Sebutkanlah macam-macam teknik serangan pada pencak silat! Jawab:_____________________________________________________________ 3. Jelaskanlah perbedaan antara pencak dan silat! Jawab:_____________________________________________________________ 4. Sebutkanlah aliran-aliran pencak silat sesuai dengan daerahnya ! Jawab:_____________________________________________________________ 5. Sebutkanlah macam-macam teknik dasar pembelaan dalam pencak silat! Jawab:_____________________________________________________________ PENGAYAAN Jawablah pertanyaan di bawah ini denga singkat dan tepat! 1. 2. 3. 4. 5. Apakah yang dimaksud denga guntingan pada pencak silat itu ? Jawab:____________________________________________________________ Sebutkan 3 macam posisi kuda-kuda pada pencak silat? Jawab:____________________________________________________________ Berapakah berat badan golongan remaja kelas B dan H? Jawab:____________________________________________________________ Berapakah berat badan golongan remaja kelas A dan D? Jawab:____________________________________________________________ Apakah yang disebut dengan tangkapan pada pencak silat itu? Jawab:____________________________________________________________

PORTOFOLIO Buatlah laporan secara kelompok, tiap kelompok berjumlah 5 orang anak! Bagaimanakah teknik dasar serangan pencak silat. Tuliskan dalam table berikut! No Teknik 1 Teknik serangan lengan a. Serangan tangan b. Serangan siku 2 Teknik serangan tungkai a. Serangan kaki b. Serangan lutut Cara Melakukan ……………………… ………………. ……………………… ……………. ……………………… ………………. ……………………… ………………. ……………………… ………………. ……………………… ……………………… ……

SOAL APLIKASI Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas! 1. 2. 3. 4. 5. Bagaimanakah cara melatih diri untuk menjadi pesilat yang berprestasi? Jawab:____________________________________________________________ Mengapa banyak sekali perkumpulan pencak silat diluar sekolah? Jawab:____________________________________________________________ Sebutkan 3 nama pergurtuan pencak silat di Indonesia Jawab:____________________________________________________________ Sebutkan 2 golongan ketegori tanding dalam pencak silat? Jawab:____________________________________________________________ Sebutkan 4 aba-aba dalam pencak silat? Jawab:____________________________________________________________

Nama Siswa Nilai

Catatan :

Guru

Paraf Orang Tua

SENAM IRAMA
 STANDAR KOMPETENSI Mempraktikan rangkaian gerak teknik senam irama tanpa alat dan dengan alat serta nilai yang terkandung didalamnya.  KOMPETENSI DASAR 1. Mempraktikan rangkaian aktivitas ritmik tanpa alat denga koordinasi gerak yang baik serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan, estetika 2. Mempraktikan rangkaian aktivitas ritmik berirama menggunakan alat dengan koordinasi gerak serta nilao disiplin, toleransi, keliwesan, dan etika A. Senam Tanpa Alaqt Senam Kesegaran Jasmani Ayo Bangkit Gerak dan musik yang dikemas dalam senam ayo bangkit, merupakan bentuk nyata dari upaya mengangkat kekayaan budaya Nusantara dari berbagai wilayah tanah air, yang mencerminkanb indahnya keberagaman budaya daerah dalam keasatuan gerak olah raga senam kebugarab jasmani yang unik, menyenangkan, dan menyehatkan. Tahapan gerak senam Ayo Bangkit dibagi menjadi tiga yaitu: 1. Gerakan pemanasan terdiri dari 11 latihan 2. Gerakan inti terdiri dari 4 latihan 3. Gerakan pendinginan 4 latiha 1. Latiha pemanasan Latihan pemanasan berguna untuk mempersiapkan kondisi fisik maupun mental agar dapat melakukan senam dengan baik. Latihan pemanasan terdiri dari 11 latihan 2. Latihan Inti Latihan inti merupakan latihan yang utama yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani. Latihan ini terdiri dari IV latihan, pelaksanaanya dilakukan dengan urutan sebagai berikut ini : Gerakan pralihan dilakukan dengan jalan ditempat dan “single step”zig-zag. Tujuannya untuk memacu denyut nadi dan penyesuaian ke irama yang lebih cepat, persiapan melakukan gerakan inti dan pengaturan.

Pelaksanaanya 2 x 8 hitungan. a. Gerakan Inti IA 1) Gerakan ayun kepala tangan bergantian ke bahu. 2) Tujuan : a) Menguatkan otot-otot lengan dan kaki b) Koordinasi gerak tangan dan kaki 3) Sikap awal : hitungan 8 terakhir gerakan peralihan I-b 4) Pelaksanaanya : lakukan 6 x 8 hitungan b. Gerakan Inti I B 1) Gerakan : ayun kepala tangan bergantian ke atas kepala. 2) Tujuan : a) Menguatkan otot-otot lengan, dada dan kaki b) Koordinasi gerak tangan dan kaki 3) Sikap wal : hitungan 8 terakhit gerakan peralihan –f 4) Pelaksanaan : hitungan 6 x 8 hitungan! c. Gerakan inti II A 1) Gerakan : ayun lengan ke samping bersamaan dan bergantian, serta ke atas bergantian, serta ke atas bergantian. 2) Tujuan : a) Menguatkan otot-otot lengan dan kaki b) Koordinasi gerak tangan dan kaki 3) Sikap awal : hitungan 8 terakhir gerakan peralihan ii-b 4) Pelaksanaan : lakukan 6 x 8 hitungan ! d. Gerakan inti II B 1) Geraka : ayun jari-jari tangan ke atas dan dorong kedua telapak tangan ke depan atas. 2) Tujuan : a) Menguatkan otot-otot bahu, dada, lengan, b) Koordinasi gerak tangan dan kaki 3) Sekap awal : hitungan 8 terakhir gerakan peralihan II A-f 4) Pelaksanaan : lakukan 6 x 8 hitungan !

e. Gerakan inti III A 1) Gerakan : ayun kepala tangan ke bawah-keatas dan ayun lurus ke lengan atas bawah 2) Tujuan : a) Menguatkan otot-otot lengan, bawah b) Koordinasi gerak tangan dan kaki 3) Sekap awal : hitungan 8 terakhit gerakan peralihab III-b f. Gerakan inti III B 1) Gerakan : ayun kedua lengan ditekuk dengan kepalan ke arah dagu bergantian, tepuk dan bersamaan ke samping badan, serta ayun lengan bergantian di depan dada ke samping, tekuk tangan. 2) Tujuan : Menguatkan otot-otot lengan, dan kaki a) Koordinasi gerak tangan dan kaki 3) Sikap awal : hitungan 8 terakhir gerakan peralihan IIIA-f 4) Pelaksanaan : lakukan 6 x 8 hitungan g. Gerakan Inti IV A 1) Gerakan : Ayun lengan ditekuk di depan badan setinggi bahu sambil jentik jari tangan dan di depan belakang badan, rentangkan, tepuk paha. 2) Tujuan : a) Menguatkan otot-otot lengan atas-bawah, punggung, dada, bahu dan kaki b) Koordinasi gerak tangan kaki 3) Sikap awal : hitungan 8 teraktiran gerakan peralihan II-b 4) Pelaksanaan : lakukan 6 x 8 hitungan! h. Gerakan Inti IV B 1) Gerakan : kedua lengan ke bahu, dorong ke atas, tepuk paha dan tepuk “double” bahu, pinggang, paha. 2) Tujuan : menguatkan otot-otot lengan dan kaki 3) Sikap awal : hitungan 8 terakhit gerakan peralihan IV A-f 4) Pelaksanaan : lakukan 6 x 8 hitungan!

 EKSPLORASI DIRI No 1 Gambar/Soal Penjelasan …………………………………………….. …………………………………………….. …………………………………………….. …………………………………………….. …………………………………………….. …………………………………………….. …………………………………………….. …………………………………………….. …………………………………………….. ……………………………………………..

2

3.

Latihan pendinginan Latihan pendingin berfungsi untuk mengembalikan kondisi tubuh. Latihann

pendinginan terdiri dari 4 latihan. a. Latihan I pendinginan 1) Gerakan : peregangan statis dan dinamis 2) Tujuan : melenturkan tangan, sisi badan, dan kaki 3) Sikap awal : sikap sempurna 4) Pelaksanaan : lakukan 6 x 8 hitungan kearah kanan b. Latihan II pendinginan 1) Gerakan : peregangan statis dan dinamis 2) Tujuan : melenturkan otot-otot lengan, pergelangan tangan, sisi badan, dan kaki 3) Sikap awal : hitungan 8 terakhir latihan I-f 4) Pelaksanaan : lakukan 6 8 hitungan kearah kiri. c. Latihan III pendinginan 1) Gerakan : peregangan statis dan dinamis 2) Tujuan : melenturkan otot-otot lengan, kaki, dan kepala 3) Sikap awal : hitungan 8 terakhir latihan II-f 4) Pelaksanaan : lakukan 6 x 8 hitungan kea rah kanana

d. Latihan IV pendinginan 1) Gerakan : ambil napas 2) Tujuan : untuk mengembalikan kondisi fisik kepada keadaan semula dengan menghirup oksigen sebanyak-banyaknya. 3) Sikap awal : hitungan 8 terakhir latihan III-f 4) Pelaksanaan : lakukan 6 x 8 hitungan ! B. Latihan Senam Irama Dengan Menggunakan Alat Macam-macam alat yang dapat digunakan untuk senam irama antara lain : 1. Gada 2. Pita 3. Bola 4. Simpai 5. Selendang Pada pelajaran senam irama menggunakan alat dengan simpai. Sikap permulaan tegak anjur kaki kiri, sampai dipegang dengan kedua tangan di sisi kanan. 1. Hitungan 1 bawa simpai ke kiri. 2. Hitungan 2 bawa simpai ke kanan. 3. Hitungan 3 – 4 putar simpai dengan kedua lengan lurus kedepan badan 1 ½ kekiri, disertrai galoppas kesamping kiri. 4. Hitungan 5 – 8 gerakan sama hitungan 1 – 4 tetapi ganti arah 5. Ulangi 2 x 8 Sikap permulaan tegak anjur kaki kanan sampai dipegang dengan kedua tangan di sisi kanan 1. Hitungan 1 bawa simpai ke kiri sambil angkat kaki kanan. 2. Hitungan 2 kembali simpai dibawa ke kanan silangkan kaki kanan ke depan kaki kiri, teguk lutut rendahkan badan 3. Hitungan 3 – 4 putar simpai dengan kedua lengan lurus di depan badan ke kiri disertai gallop ke kiri simpai berada ke sisi kiri 4. Hitungan 5 – 8 gerakan sama hitungan 1 – 4 tetapi ganti arah 5. Ulangi 2 x 8

Sikap permulaan tangan kanan memegang simpai kaki kanan tegak anjur. 1. Hitungan 1 bawa simpai ke kiri putar badan ¼ ke kiri 2. Hitungan 2 angkat kaki kanan lurus kebelakang sentuhkan sisi simpai yang terbawah pada lantai 3. Hitungan 3 – 6 pertahankan sikap tersebut diatas 4. Hitungan ke 7 lemparkan simpai ke atas sedikit, terima dengan tangan kiri. 5. Hitungan 8 bawa simpai ke kiri tegak anjur kanan 6. Ulangi1 – 8 ganti arah. INFO PENTING SKJ ayo bangkit adalah senam kesegaran jasmani yang diciptakan oleh Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (FOMI), yang mencerminkan keinginan untuk merumuskan dan menyumbangkan senam kebugaran yang baru. Senam ayo bangkit ini adalah wujud nyata dari upaya FOMI untuk mengimplementasikan Visi dan Misi ke dalam gerak dan mendorong gairah masyarakat untuk melakukan olahraga bagi kesehatan dan kebangkitan bangsa Indonesia.

Uji Kompetensi Siswa
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan cara member tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d! 1. Berikut ini yang bukan merupakan alat yang sering digunakan dalam senam irama adalah . . . a. Sampan b. Bola c. Gada d. Balok hitam 2. Berjalan, meloncat, melangkah merupakan sebagian gerakan dari senam . . . a. Alat b. Irama c. Lantai d. Modeling

3.

Gerakan ayunan tangan dalam senam irama terdiri dari . . . macam a. 5 b. 6 c. 7 d. 8

4.

Berikut ini yang merupakan unsure gerakan dalam senam irama adalah, kecuali … a. Mengantung b. Melangkah c. Meloncat d. Sikap awal

5.

Bahan yang digunakan untuk membuat gada adalah, kecuali … a. Plastic b. Kayu c. Tanah Liat d. Melamin

6.

Mudah tidaknya seseorang dalam meliukkan tubuh dalam senam irama dinamakan … a. Kontinuitas b. Fleksiblitas c. Keseimbangan d. Agility

7.

Senam irama dengan menggunakan gada di lakukan di … a. Busa b. Karet c. Matras d. Karpet

8.

Padas senam irama dengan menggunakan gada anggota tubuh yang digunakan adalah … a. Kaki dan tangan b. Mata c. Tangan saja d. Kaki saja

9.

Berikut ini yang merupakan variasi langkah dalam senam irama adalah kecual i…

a. Wallspas b. Passover c. Balanspas d. Lopes 10. Tekanana yang kamu lakukan dalam melaksanakan senam irama adalah kecuali ... a. Keharmonisan b. Kelentukan c. Keindahan d. Kecepatan gerak 11. Berikut ini yang bukan kesenian pembentuk senam irama adalah ... a. Seni pahat b. Drama c. Seni tari d. Seni musik 12. Agar kesenimbungan antara gerak dan irama dapat harmonis maka gerakan senam harus... a. Fleksibel b. Cepat c. Luwes d. Berurutan 13. Gada dalam senam irama dapat diganti dengan alat lain adalah ... a. Tongkat b. Botol c. Busur d. Simpai 14. Senam irama adalah gerakan yang dilakukan dengan iringan ... a. Musik b. Piano c. Hitungan d. Gamelan 15. Langkah kaki kiri ke depan diikutu pemindahan berat badan kedepan, merupakan gerakan langkah ...

a. Rapat b. Biasa c. Ganti d. Silang 16. Senam irama yang menuangkan pesan dalam bentuk gerakan disebut ... a. Seni tari b. Seni sandiwara c. Seni musik d. Seni pertunjukan 17. Gerakan senam irama berkaitan erat dengan .... a. Kehalusan gerak dan irama b. Kebutuhan setiap manusia c. Lagu yang menggairahkan d. Jiwa dan perasaan pesenam 18. Dalam senam irama geraknya bersifat kontinuitas artinya ... a. Sesuai irama b. Terputus-putus c. Luwes d. Tidak terputus-putus 19. Teknik pegangan gada berlawanan pada senam irama disebut ... a. Over grip b. Reverse grip c. Regular grip d. Under grip 20. Gada merupakan salah satu alat dalam senam irama, standar gada yang digunakan beratnya ... a. 125 gram b. 100 gram c. 175 gram d. 120 gram B. Isilah titik-titik pada pernyataan dibawah ini dengan tepat! 1. Latihan SKJ, senam irama pada sore sebaiknya dilakukan setelah pukul ...

2. Untuk menjaga kesegaran jasmani senam dilakukan setiap minggungnya berapa kali ... 3. Latihan senam irama baru bermanfaat setelah melakukan latihan selama ... 4. Gerakan senam irama antara gerakan yang satu dengan gerakan uang lain harus selalu ... 5. Gerakan tubuh meliuk, membungkukkan badan, dan memilihkan disebut ... 6. Pada dasarnya senam irama lebih condong kepada pembentukan sikap yang merupakan keharmonisan antara ... 7. Gerakan yang lentur dan enak dilihat dalam senam irama artinya ... 8. Tongkat adalah alat senam irama yang juga disebut ... 9. Mengangkat satu kaki keatas dilanjutkan dengan melangkah disebut dengan ... 10. Straching adalah suatu usaha untuk ... C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar! 1. Apakah yang kamu ketahui tentang kesegaran jasmani itu? Jawab:__________________________________________________________ 2. Latihan dengan menarik kepala ke samping kanan dan kiri bertujuan untuk kelenturan otot. Jelaskan! Jawab:__________________________________________________________ 3. Apakah tujuan utama diberikan latihan pendinginan pada senam irama? Jawab:__________________________________________________________ 4. Latihan dengan memindahkan berat badan ke samping bertujuan untuk kelenturan otot. Jelaskan! Jawab:__________________________________________________________ 5. Apa artinya gerakan senam irama harus dilakukan sesuai rytme? Jawab:__________________________________________________________

SRUDI KASUS

Latihan inti merupakan latihan utama yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani. Gerakan perlijan dilakukan denganjalan ditempat dan “single step”zig-zag. Tujuannya adalah untuk memicu denyut nadi dan penyesuaian ke irama yang lebihcepat. Coba kalian lakukan gerakan senam irama dengan hitunga 2 x 8 hitungan, hitung denyut nadi anda dalam setiap menit! Adakah perbedaan denyut nadi kalian dengan teman kalian? Mengapa? Remedi Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Gerakan senam irama yang menggunakan ritme yang sangat pelan teradapat pada latihan apa dan apakah tujuannya? Jawab:____________________________________________________________ 2. 3. 4. 5. Sebutkan 3 prinsip yang perlu dilakukan pada senam irama! Jawab:____________________________________________________________ Bagaimanakah caranya gar gerakan senam irama dapat dilakukan secara kontinuitas? Jawab:____________________________________________________________ Sebutkan macam-macam irama yang sering digunakan untuk senam irama? Jawab:____________________________________________________________ Ada gerakan peralihan di dalam senam irama, apakah tujuannya? Jawab:____________________________________________________________ Pengayaan Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat! 1. 2. 3. Sebutkan 2 macam hitungan yang biasanya digunakan dalam senam irama! Jawab:____________________________________________________________ Apakah perbedaan antara loapass dengan loapsprong? Jawab:____________________________________________________________ Mengapa dalam senam iram tidak menggunakan balance sprong? Jawab:____________________________________________________________ 4. Mengapa senam irama juga disebut dengan senam massal? Jawab:____________________________________________________________

5.

Apakah artinya dalam melakukan gerakan harus sesuai dengan timing? Jawab:____________________________________________________________ Soal Aplikasi

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan tepat! 1. 2. 3. 4. 5. Apakah yang kamu ketahui tentang senam ritmik itu? Jawab:____________________________________________________________ Sebutkan 3 alat yang digunakan untuk hand aparatus! Jawab:____________________________________________________________ Apakah manfaat senam ritmik menggunakan gerakan tari? Jawab:____________________________________________________________ Sebutkan 3 macam gerakan pass! Jawab:____________________________________________________________ Sebutkan 2 macam bagian senam irama! Jawab:____________________________________________________________ Portofolio Buatlah laporan secara kelompok, tiap kelompok, tiap kelompok berjumlah 5 orang anak. Buatlah gerakan senam irama 3 macam rangkaian gerakan dengan hitunga 4 x 8 hitungan!

Nama Siswa Nilai

Catatan :

Guru

Paraf Orang Tua

RENANG  Standar Kompetensi Mempraktikan teknik dasar gerakan kaki renang gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung didalamya.  Kompetensi dasar

1. Mempraktikan teknik dasar gerakan kaki renang gaya punggung serta nilai disiplin, dan kebersihan 2. Mempraktikan teknik dasar gerakan lengan renang gaya punggung seta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan. 3. Mempraktikan teknik dasar pernapasan renang gaya punggung serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan. A. Renang Gaya Punggung 1. a. Pemanasan dan Adaptasi dengan Air Lakukan gerakan-gerakan ke air sebagai mana pemanasan dan adaptasi dengan air. Tahap pertama melompat gaya paku, dengan cara sebagai berikut: 1) Berdiri diatas pinggir kolam. Kedua kaki rapat dan kedua lengan rapat di samping badan. 2) Dengan sikap menghadap arah kolam, rendahkan kedua lutut dan tolakan ke depan dengan mempertahankan kedua kaki lurus dan kedua lengan rapat samping badan. 3) Lakukan berulang-ulang hingga menguasai. b. Tahap kedua melompat dari sikap jongkok, dengan cara sebagai berikut: 1) Duduk di pinggir kolam menghadap kolam, kedua kaki menempel pada parit kolam. 2) Bungkukkan badan kedepan bersamaan kedua lengan lurus disamping telinga, hingga kedua ujung ibu jarinya menempel. 3) Jatuhkan badan kedepan ke air kolam bersamaan kedua kaki menolak dan yang pertama kali masuk ke dalam air dalam air adalah ujung jari tangan. Lakukan berulang-ulang hingga menguasai

c.

Tahap ketiga melompat dari sikap jongkok, dengan cara sebagai berikut: 1) Jongkok di pinggir kolam menghadap kolam dan letakkan telapak kaki kanan tepat pada pinggir kolam, sedangkan kaki kiri berada dibelakang dengan lutut menyentuh lantai

2) Bungkukkan badan ke depan bersamaab kedua lengan lurus di samping telingga hingga kedua ujung ibu jari tangan bersamaan kedua lengan lurus samping telingga hingga kedua ujung ibu jari tangan menempel. 3) Tolakan telapak kaki kanan pada pinggir kolam, hingga badan terdorong ke depan dan masuk ke dalam air dengan ujung jari terlebih dahul. Lakukan berulangulang hingga menguasai. d. Tahap keempat melompat dari sikap berdiri di pinggir kolam, kedua lengan disamping telingga, dengan cara sebagai berikut. 1) Bersiri di pinggir kolam, kedua kaki dibuja selebar bahu. 2) Rendahkan kedua lutut bersamaan kedua klengan sirapatkan sisamping telingga, hingga kedua ibu jari menempel dan badan dibungkukkan ke depan. 3) Tolakan kedua kaki pada pinggir kolam, hingga badan berdorong lurus kedepan, dan badan masuk ke dalam air didahului ujung jari tangan. Lakukan berulangulang hingga menguasai e. Tahap kelima melompat dari sikap berdiri dipinggir kolam, kedua ujung tangan menyentuh ibu jari kaki, dengan cara sebagai berikut. a) Berdiri dipinggir kolam menghadap kolam, kedua kaki dibuka selebar bahu. b) Rendahkan kedua lutut bersamaan kedua ujung menyentuh ibu jari kaki. c) Ayunkan kedua lengan depan ke atas bersamaan kedua kaki menolak pada pinggir kolam hingga badan terdorong ke depan, sebelum badan masuk kedalam air pada saat melayang diatas. Lakukan berulang-ulang hingga menguasai. f. Tahap keenam melompat dari tempat star, yang pelaksanaannya sama dengan tahap kelima.

EKPLORASI DIRI No Gaya 1 Gaya punggung 2 3 4 Putra ...................................meter ...................................meter Gaya ganti estapet ...................................meter Gaya dada ...................................meter Gaya bebas yang ...................................meter Putri 100 meter 200 meter 4 X100 meter 100 meter ...................................100 meter

dipertandingkan

5 6

200 meter ...................................meter 200 meter ...................................meter Gaya kupu-kupu 100 meter 200 meter Gaya ganti ...................................meter perorangan 400 meter 1500 meter B. Teknik Dasar Renang Gaya Punggung

......................................... meter 400 meter ......................................... meter ......................................... meter ......................................... meter 200 meter ......................................... meter ......................................... meter

1.

Posisi Badan Posisi punggung terlentang mendatar di permukaan air, keculi bagian kepala atau muka yang tetap diatas permukaan air. Sedangkan kedua kaki dan panggul sedikiyt lebih rendah dibandingkan dengan kepala dan bahu. Kedua kaki, tangan, fan leher selalu rileks pandangan keatas depan.

2.

Gerakan kedua kaki Gerakan mirip pada gerakan kaki gaya bebas digerakan ke atas dan kebawah secara bergantian. Gerakan tersebut dimulai dari panggul atau pangkal paha yang diikuti dengan gerakan fleksi dan relaksasi pada lutut dan pergelangan kaki.

3.

Gerakan kedua tangan Tahapan-tapan gerakan tangan pada renang gaya punggung adalah sebagai berikut: a. Gerakan penarik : lengan lurus ke belakang kepala, jari-jari keliling dibawah. Ketika akan mengadakan gerakan menarik posisi telapak tangan berada dibawah permukaan air kurang lebih 25 cm. b. Gerakan mendorong : dengan cepat lengan bawah mendorong sampai telapak tangan mendekati paha. Umumnya gerakan menarik lebih besar kekuatannya dari pada gerakan mendorong. c. Gerakan kembali : (Recovery) ; setelah rangan menyentuh badan, terjadilah gerakan kembali. Dimulai dengan penarikan bahu lengan mengikuti.

4.

Pengambilan Napas Pengembangan nafas dapat dilakukan dengan mudah karena mulut dan hidung

selalu berada diatas permukaan air. Agar tidak terjadi percikan air pada hidung usahakan pengambilab nafas pada waktu gerakan tangan akan mendekati hidung.

INFO PENTING Kristin ooto lahir 1966 di jerman Timur, pada saattembok belin yang terkenal berdiri memisahkan antara jerman baratdan jerman timur , ia merupakan wanita pertama yang memenangkan medali emas untuk nomor yang dikutikan pada tahun itu dan berada pada peringkat lima besar putrid yang meraih emas terbanyak dalam olimpiede musim panas. Kristin otto lahir 1966 di Jerman Timur, pada saat Tembok Berlin yang terkenal berdiri memisahkan antara Jerman Barat dan Jerman Timur, ia merupakan wanita pertama yang mmenangkan enam medali emas Olimpiade. Empat medali diperoleh dari nomor tunggal dan dua dari nomor beregu. Kristin Otto memenangkan medali emas untuknomor yang diikutinya pada tahun itu dan berada pada peringkat lima besar putrid yang meraih medali emas terbanyak dalam Olimpiade musim panas. Kristin Otto memecahkan rekor bersama tim Jerman Timur pada Olimpiade 1988 di Seol Korea Selatan. Setelah itu, ia hamper masuk ke dalam peringkat pertama atlet pengumpul suara yang diselenggarakan Kantor Berita Soviet, Tass. Sayangnya lebih banyak suara yang memilih Florence Griffith Joyner.

UJI KOPENTENSI SISWA A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan cara member tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d! 1. Cabang olah raga air yang mengunakan papn tolak adalah … a. Loncat indah b. Pola air c. Dayung d. Ski air 2. Berikut ini yang bukan merupakan atlet renang adalah … a. Muhammad Akbar Nasution b. Richard Sambera c. Taufik Hidayat d. Catheryn Surya 3. Alat yang digunakan untuk membantu latihan gerakan tangan dalam berlatih renang adalah … a. Kaca mata b. Papan pelampung c. Tabung oksigen d. Ban bekas 4. Berikut ini olah raga air adalah a. Pola air b. Selanca air c. Loncat indah d. Loncat harimau 5. Istilah lain dari “Fly turn” pada renang gaya punggung adalah a. Salto samping b. Salto depan c. Salto belakang d. Salto dadak 6. Gerakan dia air yang menghambat laju gerakan renang ke depan adalah …

a. Menolak air kedepan b. Mendorong air kebelang c. Manarik air d. Memuta air 7. Sikap membungkuk dengan kedua tangan lurus kebelakang, pandangan mata diarahkan lurus kedepan merupakan start untuk renang gaya … a. Dada b. Punggung c. Bebas d. Kupu-kupu 8. Gerakan untuk melompat ke kolam dengan berdiri kedua kaki tangan rapat disamping badan disebut sikap … a. Baku b. Paku c. Lilin d. Sempurna 9. Pada cabang olahraga renang gaya yang paling di dalam mengambil napas adalah gaya … a. Kupu-kupu b. Batu c. Katak d. Punggung 10. Cabang olahraga renang ada unsure yang harus diperhatikan adalah, kecuali a. Posisi badan b. Kecepatan mengambil gaya c. Gerakan kaki d. Gerakan tangan 11. Pada saat melakukan renang, sikap badan telentang merupakan gaya … a. Bebas b. Katak c. Kupu-kupu d. Punggung

12. Pada renang gaya punggung, ketika tangan masuk kepermukaan air, kaki bergerak … a. Naik turun secara bergantian b. Naik dua kaki bersamaan c. Membuka ke samping bersamaan d. Menutup ke dalam bersamaan 13. Posisi renang yang baik adalah segaris dengan permukaan air yang disebut a. On line b. Dead line c. Strem line d. Over line 14. Gaya renang yang paling banyak menggunakan tenaga adalah … a. Gaya katak b. Gaya kupu-kupu c. Gaya bebas d. Gaya punggung 15. Dalam renang gaya punggung, sisitem pernapasan dilakukan dengan cara … a. Menghirup udara melalui hidung, menghembuskan melalui mulut b. Menghirup udara melalui mulut, menghembuskan melalui hidung c. Menghirup udara melalui hidung, menghembuskan melalui hidung d. Menghirup udara melalui hidung, menghembuskan melalui mulut dan hidung\ 16. Renang gaya punggung mulai dikenal sejak sekitar a. Tahun 1912 b. Tahun 1915 c. Tahun 1920 d. Tahun 1930 17. Lebar lintasan kolam renang adalah a. 1,80 m b. 2,00 m c. 2,25 m d. 2,50 m 18. Nomor renang gaya punggung yang diperlombakan untuk dia …

a. 100 m, 200 m b. 100 m, 400 m c. 200 m, 400 m, 800 m d. 100 m, 200 m, 1500 m 19. Perenang yang tubuhnya lebih ringan akan lebih cepat berenang dari pada tubuh yang lebih berat … a. Geseran kulit b. Pusaran arus c. Hambatan tubuh d. Konstitusi tubuh 20. Teknik yang tidak perlu latihan khusu renang gaya punggung adalah … a. Posisi badan b. Pusaran arus c. Ayunan lengan d. Pengambilan napas

B. Isilah titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat! 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Renang gaya punggung pada saar start dilakukan dengan cara … Renang gaya dada pada tahap obeservasi persiapan posisi badannya … Pada tahap observasi pada gaya dada pelaksanaan anggota badan yang urut adalah .. Renagna menggunakan gaya punggung juga sering disebut dengan gaya … Cirri dari renang gaya kupu-kupu saat tang keluar dari air gerakan gaya kupu-kupu saat tangan keluar daro air gerakan berikutnya adalah … Posisis badan gaya kupu-kupu dilakukan dengan sikap … Gerakan kaki gaya kupu-kupu dilakukan dengan … Gerakan tangan saat melakukan renang gaya kupu-kupu adalah … Posisi kepala gaya kupu-kupu pada saat pernapasan dilakukan dengan sikap …

10. Gerakan pernafasan saat melakukan rengan gaya punggung pada saat …

C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan uraian yang jelas dan tepat! 1. Mengapa melalui olahraga renang sangat baik dalam meningkatkan kesegaran tubuh kita? Jawab:____________________________________________________________ 2. 3. 4. 5. Ada berapa cara start dalam olahraga renang itu? Sebutkan! Jawab:____________________________________________________________ Apakah yang disebut dengan perlombaan renga gaya ganti perorangan? Jawab:____________________________________________________________ Bagaiman cara mengambil nafas gaya punggung itu? Jawab:____________________________________________________________ Sebutkan 3 macam-macam gaya renagnyang sering dilombakan baik tingkat Nasional maupun Internasional! Jawab:____________________________________________________________ REMEDI Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar! 1. 2. 3. 4. 5. Sebutkan 2 macam gaya dada! Jawab:____________________________________________________________ Mengapa gaya punggung saat startnya dilakuka dari bawah? Jawab:____________________________________________________________ Sebutkan 2 gaya ganti perorangan pada saat melakukan gaya yang ke-3 dan ke-4! Jawab: ____________________________________________________________ Sebutkan macam – macam renang yang bermasuk gaya dada! Jawab:____________________________________________________________ Bagaiman cara gerakan tangan dalam gaya punggung? Jawab:____________________________________________________________

PENGAYAAN Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah bawah ini denga benar! 1. 2. 3. 4. 5. Sebutkan hal-hal yang harus dilakukan sebelum berenang! Jawab:____________________________________________________________ Sebutkan hal-hal yang dilakukan setelah berenang! Jawab:____________________________________________________________ Sebutkan nomor-nomor renang gaya bebas putra maupun putrid! Jawab: ____________________________________________________________ Sebutkan dasar-dasar gerakan untuk melakukan renang gaya punggung! Jawab:____________________________________________________________ Terangkan bagaiman teknik gerakan gaya punggung! Jawab: ____________________________________________________________

Nama Siswa Nilai

Catatan :

Guru

Paraf Orang Tua

BAHAYA KEBAKARAN

Apersepsi Interprestasi Bahaya Kebakaran Bahaya kebakaran adalah indikasi umum dari semua factor yang mempengaruhi kemudahan terbakar, penyebaran api, dan dampak fisik kebakaran, dan tingkat kesulitan pengendalian kebakaran. Kelas-kelas Bahaya Kebakaran dikembangkan dari Indeks Cuaca Kebakaran. Interpretasi berikut ini diambil berdasarkan observasi kebakaran di Amerika Utara. Bahaya kebakaran Kelas RENDAH SEDANG Karakteristik kebakaran Api permukaan merambat Kesulitan pemadaman kebakaran Tak ada masalah pengendalian kecuali kebakaran dalam tanah Api permukaan bisa menyebar Api sedang TINGGI api sedang sampai tinggi air pompa air kuat dan/atau pembuatan sekat bakar menggunakan peralatan mekanis Sangat api tinggi sulit untuk tidak dikendalikan. dengan EKSTRIM Menyebar cepat atau intensitas Pemadaman langsung dapat dikendalikan dengan pesat atau dengan intensitas menggunakan peralatan sederhana dan Menyebar cepat atau intensitas Pengendalian api dengan menggunakan

menggunakan drip torches dari garis

pengendalian dapat digunakan *Intensitas api adalah tingkat energy panas yang dilepas pada bagian Penyebab kebakaran sangat beraneka ragam, tetapi unsure dari manusia merupakan penyebab utama. Kelalaian dari manuasia tersebut misalnya: 1. 2. 3. Kompor meledak, karena sumbu yang sedang menyala jatuh dan masuk ke dalam minyak kompor. Lampu minyak tanah atau lilin yang tumpah dan segera membakar bagian rumah yang mudah terbakar. Kebakaran yang diakibatkan oleh listrik yang terjadi karena konsleting hubungan arus listrik.

4.

Kebakaran hutan pada umumnya disebabkan karena kesalahan membuang punting rokok sembarang atau karena setelah masak dalam menggunakan kayu bakar tidak dimatikan dengan sempurna sehingga api membesar menyebabkan kebakaran.

5. 6.

Akibat kiimia. (asam/basa kuat) Radiasi Cara menghindari kebakaran seperti kejadian seperti kejadian diatas, maka dalam

menyalakan api harus diperhatikan baik-baik dan penempatan yang tepat Luka bakar dapat dibagi menjadi 3 macam tingkatkan yaitu: 1. Tingkat 1 warna kemerah-merahan pada kulit 2. Tingkat 2 warna kemerah-merahan pada kulit terjadi gelembung-gelembung pada kulit 3. Tingkat 3 terjadi penghancuran dari kulit seluruhnya dan alat-alat yang terdapat dibawahnya dan kemungkinan sampai dengan tulang Pada luka bakar tingkat 1 dan 2 jangan berusaha mencoba mengeluarkan cairan bening yang terdapat dalam gelembung-gelembung. Hal ini dapat menimbulkan infeksi. Taruhlah diatas luka bakar itu vaselin yang steril. Dapat juga diolesi dengan minyak olie atau minyak lain yang telah disterilkan. Kemudian luka bakar diperban dengan kain steril. Biarkan pembalut sampai beberapa hari. Luka bakar tingkat 3 adalah luka yang berat. Biasanya timbulkan infeksi lebih parah. Karena hal itu pada waktu memberikan pertolongan hendaknya harus diingat syarat-syarat suci hama. Jangan batuk atau bersin diatas luka tersebut. Kemudian cepatcepatlah sikorban dibawa ke dokter. Luka ditutup dengan kain kasa steril kemudian balut agak kuat. Berilah minuman yang cukup guna mengantikan cairan tubuh yang hilang. Rasa nyeri dapat dihentikan dengan pemberian suntikan morphin. Sebaiknya luka bakar yangagak luas dirawat oleh seorang yang ahli. Apabila 30 % dari permukaan tubuh terkena luka bakar, maka keadaan dapat berbahaya sekali. Bila tidak segera mendapatkan pertolongan yang baik, orang akan meninggal karena shock atau infeksi. Dirumah sakit, luka bakar diobati dengan LAS zelf. Penderita mendapatkan suntikan ATS dan penicillin. Selain itu ke dalam pembuluh darah korban diberikan cairan dan garam mineral untuk mengantikan cairan yang hilang. Cara menghindari luka yang parah segeralah luka bakar dibawa ke dokter

Perlu adanya pendidikan kesehatan dan keselamatan sebelum terjadi bahaya kebakaran pendidikan kesehatan dan keamanan: Beberapa factor yang memengaruhi pendidikan, kesehatan, dan keamanan diantaranya perkembangan kemajuan pengobatan dan teknologi. Karena pendidikan kesehatan dan keamanan seorang dapat lebih lama mempertahankan kesehatannya atau para dokter dapat lebih mudah mengobati pasienya yang sakit atau cedera. Namun penerapan gaya hidup seseorang sebenarnya lebih efektif memengaruhi tingkat kesehatan dirinya. Focus pendidikan kesehatan adalah membantu siswa belajar bagaiman memperoleh perilaku hidup sehar dengan cara – cara yang konsteruktif dan dapat dipertanggung jawabkan. Beberapa hal yang paling mendesak dalam pendidikan kesehatan dan keselatan adalah: 1. Perilaku sehari-hari yang dilakukan tanpa sadar 2. Keputusan – keputusan penting yang harfus dipilih dan di pelajari agar tidak terjerumus pada pilihan yang didasarkan pada coba-coba. Perlunya siswa untuk memelihara kesehatan dan keselamatan sehari-hari merupakan cermin gaya hidup sehat. Pendididkan keselamatan merupakan bagian dari pendidikan kesehatan. Gaya hidup sehat yang ditanam melalui pendidikan keselamatan agar seseorang selalu selamat dalam berbuat, terhindar dari bahaya termasuk cedera. UJI KOMPETENSI SISWA A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan cara member tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d! 1. Pada luka bakar terjadi penggelembungan cairan pada kulit terjadi pada tingkatan … a. Tingkat 1 b. Tingkat 2 c. Tingkat 3 d. Tingkat lanjut 2. Tanda – tanda dari luka terjadi penggelembungan cairan pada kulit terjadi pada tingkat … a. Kulit kemerah-merahan

b. Terjadi infeksi c. Terjadi penggembungan d. Pengelupasan kulit 3. Pada luka bakar sampai terjadi infeksi kulit, terjadi pada tingkat … a. Tingkat 1 b. Tingkat 2 c. Tingkat 3 d. Tingkat lanjut 4. Usaha untuk mengobati luka bakar pada dibawah ini dengan obat… a. Salp b. Talk c. Calk d. Zelf 5. Tanda-tanda dari luka bakar pada tingkatan pertama adalah… a. Kulit kemerah-merahan b. Terjadi infeksi c. Terjadi penggelembungan d. Pengelupasan kulit 6. Tanda-tanda dari luka bakar pada tingkatan pertama adalah … a. Kulit kemerah-merahan b. Terjadi infeksi c. Terjadi penggelembungan d. Pengelupasan kulit 7. Usahakan untuk pencegahan luka bakar pada tingkatan 2 dibawah ini yang aman adalah … a. Dibersihkan b. Dibiarkan dulu c. Diobati betadin d. Diolesi ATS 8. Tanda-tanda dari luka bakar pada tingkatan yang berbahaya jika mencapai … a. 10 % b. 20 %

c. 30 % d. 40 % 9. Usaha untuk penyuntikan pada luka bakar dibawah ini dengan… a. Abetadin b. Alcohol c. Biotic d. Pinicilin 10. Keselamatan pada masyarakat dalam kehidupan sehari-hari disebut dengan keselamatan .. a. Pribadi b. Lingkungan c. Bersama d. Umum 11. Pada luka bakar sampai terjadi infeksi kuli, terjadi pada tingkat … a. 1 b. 2 c. 3 d. Lanjut 12. Tanda dari luka bakar pada tingkatan kedua adalah … a. Pengelupasan kulit b. Terjadi pengembungan c. Terjadi infeksi d. Kulit kemerah-merahan 13. Terjadi kemerah-merahan pada luka bakar terjadi pada tingkatan … a. 1 b. 2 c. 3 d. Lanjut 14. Pengembungan kulit terjadi pada tingkat… a. 1 b. 2

c. 3 d. Lanjut 15. Usaha untuk mengobati luka bakar dibawah ini adalah … a. Salp b. Calk c. Zelf d. Talle 16. Untuk memusnakan sampah yang benar adalah, kecuali … a. Dibuang kesungai b. Dipisahkan dan dibuat kompos c. Untuk makanan ternak d. Dibuat pupuk 17. Jika ada kebakaran tingkat ringan, maka yang harus kita lakukan adalah … a. Memanggil pemadam kebakaran b. Membawa keluar barang yang berharga c. Menutup dengfan goni/karung basah d. Mencari pertolongan 18. Untuk menghindari kebakaran hutan pada musim kemarau, maka yang harus kita lakukan terhadap sampah dedauan adalah … a. Mengumpulkan b. Dibiarkan saja c. Membuang ke sungai d. Ditimbun tanah 19. Untuk mengatasi kebakaran tabung gas pada rumah tangga, maka yang harus kita lakukan adalah … a. Menyiapakan tabung pemadam kebakaran b. Membuat ventilasi yang banyak c. Sedia air di dapur d. Siap waspada 20. Tabung gas LPG mengalami kebocoran, maka yang harus kita lakukan adalah … a. Menyiram air b. Dibiarkan saja

c. Tidak dihidupkan kompornya d. Mencabut regulator B. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat! 1. 2. 3. 4. 5. Suatu usaha agar kita selalu menanamkan hidups ehat sehari-hari dinamakan… Luka bakar dapat diobati dengan obat … Luka bakar yang disebabkan karena tersiramnya bubuk kuastik soda dinamakan… Luka bakar akibat listrik bahaya yang dihadapi adalah… Pengobatan luka bakar dengan cara tradisional yaitu dengan diberi… tepat! 1. 2. 3. 4. 5. Sebutkan 2 hal yang paling mendesak pada pendidikan kesehatan itu? Jawab: ____________________________________________________________ Sebutkan 3 macam terjadinya kebakaran! Jawab:____________________________________________________________ Sebutkan tanda-tanda luka bakar tingkat 1? Jawab:____________________________________________________________ Apakah yang menjadi focus pendidikan kesehatan itu? Jawab:____________________________________________________________ Apakah yang kamu ketahui tantang pendidikan kesehatan itu? Jawab:____________________________________________________________

C. Jawaban pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan uraian yang jelas dan

Nama Siswa Nilai

Catatan :

Guru

Paraf Orang Tua

LATIHAN SEMESTAR A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan cara member tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d!

1.

Saat melakukan gaya berjalan di udara pada lompat jauh dilakukan pada… a. Awalan b. Melayang c. Tumpuan d. Mendarat

2.

Arah tolakan pada lompatan jauh sebaiknya membentukan sudut… a. 400 b. 450 c. 350 d. 500

3.

Peganggan raket yang paling cocok pemain pemula adalah… a. Pegangan eastern b. Pegangan western c. Pegangan continental d. Pegangan gabungan

4.

Sikap pada saat akan menerima bola baik sevis maupun dari pukulan lawan disebut… a. Siap b. Bermain c. Servis d. Semua benar

5.

Permainan sepak bola sangat digemari dimasa sekarang, permainan ini berasal dari Negara … a. Inggris b. Amirika c. Brasil d. Italia

6.

Pemain sepak bola tidak boleh memainkan bola dengan tangan kecuali … a. Back b. Briker c. Center d. Keeper

7.

Yang dinamakan dengan cara memegang raket tenis dibawah ini, kecuali … a. Back hand b. Fore hand c. Westernroll d. Semua benar

8.

Piala sepak bola yang diperebutkan antarnegara seduania dinamakan … a. Copa Cup b. Word Cup c. Carbilon Cup d. Chopion Cup

9.

Tinggi gawang permainan sepak bola berukuran… a. 2,22 meter b. 2,25 meter c. 2,40 meter d. 2,44 meter

10. Jumlah permainan sepak bola dalam satu regu paling banyak adalah… a. 9 orang b. 8 orang c. 10 orang d. 11 orang 11. Jarak tendangan penalty dengan garis gawang adalah a. 7 meter b. 9 meter c. 11 meter d. 12 meter 12. Fungsi latihan bergantungan angkat badan adalah … a. Mengukur kecepatan b. Mengukur kekuatan dan daya tahan otot lengan bahu c. Mengukur kelantukan d. Mengukur gerak eksplosif 13. Bangun dengan sikap duduk, lali telentang kembali, kemudian duduk lagi adalah latihan…

a. Latihan otot lengan b. Latihan back-up c. Latihan sendi leher d. Latihan sit up 14. Jika bola keluar melewati garis samping lapangan pada permainan sepak bola disebut … a. Out ball b. Head ball c. Hand ball d. Free kick 15. Angkat badan bagian atas sambil telengkup dan tahan beberapa detik, kemudian kembali bersikap semula adalah… a. Latihan back-up b. Latihan squat-jump c. Latihan sendi togok d. Latihan otot kaki 16. Permainan tenis mulai dimainkan di atas lapangan tenis pada tahun 1879 di a. Weles b. Santa Monica c. Hollywood d. Inggris 17. Pukulan yang dilakukan pendek bola jatuh pada lapangan tenis disebut… a. Drive b. Voli c. Overhead smash d. Chop 18. Yang termasuk gaya-gaya didalam lompat jauh dibawah ini, kecuali… a. Tuck style b. Western roll c. Walking in the air d. Schanepper

19. Giliran pelompat jauh dari pelompat yang satu dengan yang lain diatur dengan mengunakan.. a. Musyawarah b. Rangking c. Adil d. Undian 20. Gerakan yang dilakukan dengan cara memutar tubuh dan kaki pada suatu posisi yang dikehendaki disebut… a. Putaran b. Geseran c. Ingutan d. Loncatan 21. Tujuan gerakan menangkis adalah… a. Menghindari pukulan lawan b. Menghindari tendangan lawan c. Menghindari terbasan lawan d. Menghindari serangan lawan 22. Meloncat ke atas sambil mengangkat kaki, kemudian bersikap jongkok adalah… a. Latihan otot kaki b. Latyihan otot punggung c. Latihan otot perut d. Latihan daya tahan 23. Fungsi latihan hilir mudik adalah melatih sifat… a. Kelincahan dalam gerakan mengubah b. Kelentukan c. Daya tahan d. Gerak power 24. Letakkann tangan dilantai dekat tembok, lalu ditempelkan di punggung pada tembok, kemudian ayunkan satu kaki ke atas diikuti kaki yang lain tangan tetap lurus, gerakan tersebut adalah untuk latihan a. Meroda b. Hand stand

c. Guling depan d. Kayang 25. Keluwesan gerak tubuh, misalnya : meliuk, membunghkukkan badan biasanya disebut dengan… a. Kelentukan b. Kekuatan c. Penyuluran d. Pelemasan 26. Istilah chech mark dalam lompat jauh gaya berjalan diudara, artinya… a. Tumpuan yang tepat b. Melompat sejauh mungkin c. Tanpa mengubah langkah lari d. Pemberian tanpa pada awalan 27. Hasil lompatan pelompat jauh dihitung dengan a. Hasil 3 kali lompatan dibagi tiga b. Hasil lompatan yang terjauh c. Lompatan yang tidak diskualifikasi d. Hasil lompatan dengan gaya jongkok 28. Gerakan yang dilakukan dengan cara meloncatkan satu kaki ketempat yang dikehendaki disebut… a. Angkatan b. Geseran c. Ingkutan d. Loncatan 29. Gerakan senam lantai senam lantai pada saat tangan menyentuh lantai sengat cepat adalah… a. Hand spring b. Meroda c. Hand stand d. Berguling 30. Senam yang diringgi dengan irama music, ketukan atau hitungan adalah… a. Senam massal

b. Senama irama c. Senam dasar d. Senam penyembuhan 31. Yang bukan senam lantai adalah… a. Squart thrus b. Back roll c. Kop stand d. Flig flag 32. Tujuan mempelajari pencak silat adalah… a. Untuk berperang b. Untuk kesehatan c. Untuk mempertahankan hidup d. Untuk berburu 33. Nama induk organisasi pencak silat Indonesia adalah … a. PSSI b. PPSI c. IPSI d. PPPSI 34. Sasaran gerakan memukul lawan adalah … a. Dada b. Pinggang c. Punggung d. Perut 35. Nama lain dari meroda adalah... a. Overstag b. Flik flag c. Card whel/rodstag d. Hand spring 36. Nama lain dari Hand Spring adalah… a. Overstag b. Card whel/rodstag c. Flig flag

d. Hand spring 37. Fungsi latihan dan fleksibel adalah… a. Mengetahui kekuatan badan b. Mengetahui kekutan kaki c. Mengetahui daya d. Mengetahui kelentukan togok 38. Tanda-tanda dari luka bakar pada tingkatan kedua adalah … a. Kulit kemerah-merahan b. Terjadi infeksi c. Terjadi pengembungan d. Pengelupasan kulit 39. Pada luka bakar sampai terjadi infeksi kulit, terjadi pada tingkatan … a. Tingkat 1 b. Tingkat 2 c. Tingkat 3 d. Tingkat lanjut 40. Gerakan kaki gaya kupu-kupu dilakukan dengan … a. Bergantian kanan kiri b. Bergantian kiri kanan c. Bersama-sama d. Membuka menutup 41. Usaha untuk mengebati luka bakar pada di bawah ini dengan obat… a. Salp b. Talk c. Calk d. Zelf 42. Suatu rangkaian gerakan yang tidak terputus adalah… a. Interval b. Recoveri c. Routin d. Kontiunitas

43. Cirri renang gaya kupu-kupu saat tangan keluar dari air gerakan berikutnya adalah… a. Diayun kedepan b. Diayun kebelakang c. Diayun kesamping kanan d. Diayun kesamping kiri 44. Istilah lain dari langkah keseimbangan adalah… a. Lopppas b. Lepas c. Balanpas d. Strongpas 45. Gerakan langkah kaki dapat dibagi menjadi … a. 2 macam b. 3 macam c. 4 macam d. 5 macam 46. Posisi badan gaya kupu-kupu dilakukan dengan sikap… a. Miring kanan b. Miring kiri c. Terlentang d. Telungkup 47. Tanda-tanda dari luka bakar pada tingkatan kedua adalah … a. Kulit kemerah-merahan b. Terjadi infeksi c. Terjadi pengelembungan d. Pengelupasan kulit 48. Pada luka bakar terjadi penggelembungan cairan pada kulit terjadi pada tingkatan a. Tingkat 1 b. Tingkat 2 c. Tingkat 3 d. Tingkat lanjut 49. Nama istilah looppas adalah …

a. Langkah rapat b. Langkah biasa c. Langkah keseimbangan d. Langkah lompat 50. Renang mengunakan gaya kupu-kupu juga sering disebut dengan gaya … a. Crawl b. Dolphin c. Hopping d. Back craw! B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan tepat! 1. Apakah yang kamu ketahui tentang corner kick? Jawab:____________________________________________________________ ___________________________________________________________________ 2. Sebutkan macam-macam tangkisan dalam pencak silat! Jawab:____________________________________________________________ ___________________________________________________________________ 3. Sebutkan 3 macam teknik tolakan pada lompat jauh! Jawab: ____________________________________________________________ ___________________________________________________________________ 4. Sebutkan 3 macam gaya pada olahraga renang! Jawab:____________________________________________________________ ___________________________________________________________________ 5. Sebutkan 3 penyebab dari luka bakar! Jawab:____________________________________________________________ ___________________________________________________________________ Nama Siswa Nilai Paraf Orang Tua

Catatan :

Guru

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->