KISI-KISI PENELITIAN TANGGAPAN SISWA TENTANG PERILAKU KEAGAMAAN ORANG TUA DI LINGKUNGAN KELUARGA HUBUNGANNYA DENGAN MOTIVASI

ANAK MEREKA MELAKSANAKAN IBADAH SHALAT DI SEKOLAH

No. 1.

Variabel Tanggapan siswa tentang perilaku keagamaan orang tua di lingkungan keluarga (variabel X)

Indikator 1. Mendirikan Shalat 2. Melaksanakan puasa 3. Membayar zakat 4. Membaca AlQur'an 5. Mendidik anak 6. Mengikuti pengajian 7. Kesopanan 1. Durasi kegiatan 2. Frekuensi kegiatan 3. Persistensi kegiatan 4. Ketabahan 5. Pengabdian 6. Tingkat aspirasi 7. Tingkat kualifikasi 8. Arahan sikap

Responden Siswa

APD Angket

Keterangan 1.2.3 4.5.13 6.7 8 9.10 14.15 1.2 3.13 4.6 5.14.15 7 8.9 10 11.12

2.

Motivasi anak mereka melaksanakan ibadah shalat di sekolah

c. Jarang e. Sering c.... Kadang-kadang d... Kadang-kadang d. Bacalah dengan teliti semua pertanyaan / pernyataan di bawah ini 3. Tulis jenis kelamin dan umur anda pada tempat yang telah disediakan 2. Berilah tanda silang pertanyaan / pernyataan di bawah ini dengan yang anda alami Data pribadi Jenis kelamin L / P : . Kadang-kadang d... Umur : .ANGKET A. Selalu b. Pertanyaan / Pernyataan Tanggapan Siswa Tentang Perilaku Keagamaan Orang Tua di Lingkungan Keluarga 1.... Selalu b.. orang tua saya melaksanakan ibadah puasa dengan baik : a. Sering 2. Tidak pernah 4. Jarang e. Selalu b... Tidak pernah .. Sering c. Pada bulan Ramadhan. Petunjuk Pengisian 1.. Selalu b.... Jarang e. Kadang-kadang d. Jawablah pertanyaan / pernyataan dengan sejujurnya 4. Jarang e. Tidak pernah B. Orang tua saya melaksanakan ibadah shalat fardu sehari semalam : a.. Tidak pernah 3. C. Orang tua saya memerintahkan untuk membawa peralatan shalat ketika saya berangkat sekolah : a. Sering c.. Ketika datang waktu shalat orang tua saya mengingatkan / memerintahkan segera melaksanakan shalat : a.

Tidak pernah 8. Selalu b. Selalu b. Kadang-kadang d. Zakat fitrah diwajibkan atas setiap orang muslim. Sering c. Tidak pernah 10. Kadang-kadang d. Tidak pernah 6. Orang tua saya mengeluarkan zakat mal (harta benda) apabila telah sampai pada ketentuan (nisab) setiap tahunnya : a. Sering c. Selalu b. Selalu b. Selalu b. a.. Kadang-kadang d. Sering c. Jarang e. Jarang e. orang tua saya dalam hal tersebut : a. Jarang e. Sering c. Jarang e. Tidak pernah . Tidak pernah 9. Orang tua saya menganjurkan untuk belajar pendidikan agam Islam agar saya menjadi orang yang berilmu : a.5. Kegiatan keseharian orang tua saya dalam membaca Al-Qur'an adalah . Jarang e. Selalu b... Kadang-kadang d. Sering c. Jarang e. Kadang-kadang d. Orang tua saya melaksanakan puasa pada bulan Ramadhan : a. Orang tua saya menganjurkan untuk belajar mengerjakan ibadah shalat fardu dengan baik dan benar : a. Kadang-kadang d. Tidak pernah 7. Sering c.

Tidak pernah 14. Kadang-kadang d. Selalu b. Dalam setiap minggu orang tua saya mengikuti pengajian umum : a. Sering c. Mengucapkan salam merupakan kewajiban setiap muslim. Jarang e. orang tua saya mengikutinya : a. Sering c. Jarang e. Tidak pernah 15. Sering c. Kadang-kadang d. Selain melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan apakah orang tua saudara melaksanakan puasa sunnah. Kadang-kadang d. Tidak pernah 13. Selalu b.11. Kadang-kadang d. Jarang e. Selalu b. Selalu b. Jarang e. majelis Taklim yang ada di masyarakat mengadakan pengajian. Kadang-kadang d. seperti pada hari Senin dan Kamis? a. Sering c. Sering c. Selalu b. Tidak pernah 12. Orang tua saya menghormati tamu yang berkunjung ke rumah : a. terutama ketika masuk dan keluar rumah : a. Tidak pernah . Jarang e.

c. maka saya mendahulukan shalat : a. Tidak pernah 7. Sering c. Tidak pernah 6. Selalu b. Kadang-kadang d. di antaranya adalah shalat sunnat rawatib. Saya melaksanakan ibadah shalat fardu berjamaah di sekolah : a. Selalu b. Selalu b. maka saya melaksanakannya : a. Kadang-kadang d. Jarang e. Saya melaksanakan shalat fardu Dzuhur dan Ashar di sekolah : a. masih terdapat beberapa macam shalat sunnat. Sering 2. Kadang-kadang d. Kadang-kadang d. Tidak pernah 5. Kadang-kadang d. Jarang e.Motivasi Anak Mereka Melaksanakan Ibadah Shalat di Sekolah 1. Ketika datang waktu shalat Ashar lalu teman saya mengajak untuk jajan/ke kantin. Sering c. Selalu b. Jarang e. Ketika mendengar azan. Jarang e. Kadang-kadang d. Selain di rumah. saya diberikan bimbingan dan pengarahan tentang ibadah shalat : a. Jarang e. Tidak pernah . Sering c. Tidak pernah Selain shalat fardu. Ketika datang waktu shalat Dzuhur saya segera melaksanakannya : a. Kadang-kadang d. Tidak pernah 4. Sering c. Tidak pernah 3. Jarang e. Selalu b. Jarang e. Sering c. Selalu b. Selalu b. Sering c. maka saya segera melaksanakan shalat : a.

Jarang e. Selalu b. Jarang e. Kadang-kadang d. Selalu b. Sering c. Jarang e. Jarang e. Tidak pernah 12. Kadang-kadang d. Jarang e.8. Tidak pernah . maka saya segera berdoa kepada Allah : a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Jarang e. Tidak pernah 10. Sering c. Ketika suasana berwudu di sekolah antri. Dalam mengerjakan shalat saya merasa ada kekurangan. Kadang-kadang d. Saya melaksanakan shalat fardu dalam satu hari satu malam : a. Tidak pernah 14. Ketika mendengar azan saya bersemangat untuk melaksanakan shalat : a. Selalu b. maka saya mengusahakan dengan maksimal untuk memperbaikinya : a. Jarang e. Sering c. Selalu b. Selalu b. Setelah mengerjakan shalat. maka saya tetap sabar menunggu giliran: a. Sering c. Sering c. Sering c. Saya mengerjakan shalat dengan sempurna : a. Tidak pernah 15. Tidak pernah 9. Ketika saya tidak membawa peralatan shalat saya berusaha untuk meminjamnya : a. Tidak pernah 11. Kadang-kadang d. Saya merasa senang dan bersemangat bila waktu shalat tiba : a. Tidak pernah 13. Jarang e. Kadang-kadang d. Sering c. Kadang-kadang d. Selalu b. Selalu b. Kadang-kadang d.