KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmatNya, makalah komputer dengan judul “SQL Dan Microsoft Access” ini dapat terselesaikan. Kami juga tidak lupa untuk mengucapkan banyak terimakasih kepada dosen yang telah membimbing kami, serta teman – teman yang sudah memberikan saran dan kritik juga orang – orang lain yang secara tidak langsung sudah turut membantu terlaksananya makalah ini. Kami menyadari makalah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Karena itu, Kami sebagai penulis menerima segala saran dan kritik yang membangun dalam memperbaiki makalah ini. Makalah ini diharapkan dapat membantu para pembaca untuk lebih mengetahui tentang SQL Dan Microsoft Office Access dan juga mengerti tujuan maupun fungsi dari SQL dan Microsoft Office Access. Kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan penulis pada khususnya. Terimakasih. Hormat Kami,

Penulis

Meskipun demikian. Meskipun demikian.PENDAHULUAN Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. query. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks. Microsoft Excel. Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasiaplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien/server. dan Microsoft PowerPoint. penggunaan Access kurang disarankan. di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin juga digunakan oleh perusahaan yang cukup besar. Versi terakhir adalah Microsoft Office Access 2007 yang termasuk ke dalam Microsoft Office System 2007. tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek. sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access. khususnya untuk pembuatan purwarupa untuk sebuah program yang lebih besar dan aplikasi yang berdiri sendiri untuk para salesman. Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi Web dasar yang disimpan di dalam server yang menjalankan Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan Microsoft Active Server Pages (ASP). Microsoft SQL Server. Microsoft Jet Database Engine. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek. Microsoft Access digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah. dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. mengingat telah ada Microsoft SQL Server yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi. atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office. Beberapa pengembang aplikasi profesional menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan aplikasi secara cepat (digunakan sebagai Rapid Application Development/RAD tool). report. dan juga para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. Oracle Database. dan kode Visual Basic) yang dimilikinya dapat digunakan untuk . tampilan muka Access (form. selain tentunya Microsoft Word.

Oracle Database. SQL dapat digunakan untuk investigasi interatif atau pembuatan lapiran ad hoc atau disisipkan dalam program aplikasi. SQL juga merupakan Bahasa pemrograman yang dirancang khusus untuk mengirimkan suatu perintah query (pengaksesan data berdasarkan pengalamatan tertentu) terhadap sebuah database. Setiap aplikasi yang spesifik dapat mengimplementasikan SQL secara sedikit berbeda. SQL merupakan suatu bahasa permintaan yang terstruktur. SQL lebih muedah untuk digunakan dibandungkan dengan bahasa pemrograman tetapi lebih rumit dibanding software lembar kerja dan pengolah kata. SQL memiliki beberapa aturan yang telah distandarkaan oleh asosiasi yang bernama ANSI. tapi seluruh database SQL mendukung subset standar yang ada. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. termasuk sistem yang beroperasi pada komputer pribadi. Microsoft SQL Server. sehingga membutuhkan waktu dan sumber daya komputasi yang banyak. Dengan kata lain. SQL adalah bahasa permintaan yang melekat pada satu database atau SMBD tertentu. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya. SQL (Structured Query Language) SQL merupakan kependekan dari kata “Structured Query Language”.menangani basis data yang sebenarnya diproses oleh sistem manajemen basis data lainnya. SQL memungkinkan seorang pengguna untuk mengakses informasi tanpa mengetahui dimana lokasinya atau bagaimana informasi tersebut disusun. SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang dipergunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. seperti halnya Microsoft Jet Database Engine (yang secara default digunakan oleh Microsoft Access). Sebuah pernyataan SQL yang sederhana dapat menghasilkan set permintaan untuk informasi yang tersimpan pada komputer yang berbeda di berbagai lokasi yang tersebar. SQL didukung oleh SMBD . SQL adalah perintah atau bahasa yang melekat di dalam SMBD. Dikatakan terstruktur karena pada penggunaannya. Kebanyakan software database yang ada saat ini dapat diakses melalui SQL. Sebagai suatu bahasa permintaan. dan beberapa produk lainnya yang mendukung ODBC. Jadi. SQL Juga dapat diartikan sebagai Antar muka standar untuk sistem manajemen basis data relasional.

Interbase.seperti : MySQL Server. Access maupun Paradox. PostgreSQL. MsQL. Selain itu SQL juga didukung oleh database bukan server seperyi Ms. dan Oracle. .

maupun memberikan atribut pada kolom. Dalam penggunaannya. IBM pun mengubahnya menjadi SQL. menghapus kolom. IBM mengadakan proyek pembuatan basis data relasional berbasis bahasa SEQUEL. Di akhir tahun 1970-an. termasuk diantaranya membuat database baru. karena permasalahan hukum mengenai penamaan SEQUEL. view baru. Setelah terbitnya artikel tersebut. Data Definition Language (DDL) Data Definition Language (DDL) merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk membangun kerangka database. Dengan naiknya kepopuleran Oracle. dan kolom.Sejarah SQL Sejarah SQL dimulai dari artikel seorang peneliti dari IBM bernama EF Codd yang membahas tentang ide pembuatan basis data relasional pada bulan Juni 1970. perintah SQL dikategorikan menjadi tiga sub perintah. Implementasi basis data relasional dikenal dengan System/R. muncul perusahaan bernama Oracle yang membuat server basis data populer yang bernama sama dengan nama perusahaannya. Pekerjaannya mencakup mengganti nama tabel. tabel baru. • ALTER : Perintah ini digunakan untuk mengubah struktur tabel yang telah dibuat. Artikel ini juga membahas kemungkinan pembuatan bahasa standar untuk mengakses data dalam basis data tersebut. mengubah kolom. yaitu : • CREATE : Perintah ini digunakan untuk membuat. yaitu DDL (Data Definition Language). Ada tiga perintah yang termasuk dalam DDL. • DROP : Perintah ini digunakan untuk menghapus database dan tabel. Perintahnya dapat kita sebut dengan query. Memahami Perintah SQL Telah dikatakan sebelumnya bahwa SQL merupakan sebuah bahasa permintaan yang melekat pada suatu SMBD termasuk MySQL. DML (Data Manipulation Language) dan DCL (Data Control Language). maka SQL juga ikut populer sehingga saat ini menjadi standar de facto bahasa dalam manajemen basis data. Bahasa tersebut kemudian diberi nama SEQUEL (Structured English Query Language). Akan tetapi. menambah kolom. Data Manipulation Language (DML) .

• REVOKE : perintah ini memiliki kegunaan terbalik dengan GRAND. Beberapa Kemudahan Yang Penulis Temuin Dari Mysql Ini Yaitu : 1. • DELETE : Perintah ini digunakan untuk menghapus data dari tabel. diantaranya : • INSERT : perintah ini digunakan untuk menyisipkan atau memasukkan data baru ke dalam tabel. Jika anda memiliki data yang salah atau kurang Up To Date dengan kondisi sekarang. Biasanya data yang dihapus adalah data yang tidak diperlukan lagi. Perintah DCL. perintah yang telah dijalankan tidak dapat digagalkan. • SELECT : Perintah ini digunakan untuk mengambil data atau menampilkan data dari satu tabel atau beberapa tabel dalam relasi. Perintah yang digunakan. Hak akses tersebut berupa hak membuat (CREATE). Data yang diambil dapat kita tampilkan dalam layar prompt MySQL secara langsung maupun ditampilkan pada tampilan aplikasi. Mudah digunakan . Bersifat RDBMS (Relational Database Management System). Penggunaannya setelah database dan tabel selesai dibuat. sama dong dengan yang lainnya 2. mengambil (SELECT). diantaranya : • GRAND : Perintah ini digunakan untuk memberikan hak / izin akses oleh administrator (pemilik utama) server kepada user (pengguna biasa). Data Control Language (DCL) Data Control Language (DCL) merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk melakukan pengontrolan data dan server databasenya. mengubah (UPDATE) dan hak khusus berkenaan dengan sistem databasenya. • UPDATE : Perintah ini digunakan untuk memperbaharui data lama menjadi data terkini. sehingga data yang telah hilang tidak dapat dikembalikan lagi. menghapsu (DELETE). Pada saat menghapus data. maka dapat diubah isi datanya dengan menggunakan perintah UPDATE.Data Manipulation Language (DML) merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk memanipulasi data dalam database yang telah terbuat. yaitu untuk menghilangkan atau mencabut hak akses yang telah diberikan kepada user oleh administrator.

DELETE. dengan menggunakan MySQL. Mudah untuk di koneksikan baik dengan VB maupun dengan PHP (mungkin karna saya sering menggunakannya Kalau kelemahan yang saya dapatkan yaitu.UPDATE.Ukuran file kecil dan rendah memori. Beberapa perintah dari SQL yang sering di temuin yaitu : . bertugas untuk menambahkan data ke dalam suatu tabel dalam database . bertugas untuk menghapus data dari suatu tabel dalam database .INSERT. database selalu tersimpan di drive C:\ tidak di drive yang D: atau pun E: ? Padahal kita sama sama tahu bahwa drive C:\ kan rentan tuh. bertugas untuk mengakses data dari suatu tabel dalam database . 4. sehingga saat di instalasi tidak rumit.SELECT.3. bertugas untuk mengupdate (merubah) data dalam suatu tabel pada database . Jika windows error maka lumayan juga menyelamatkan data data dari Drive C:\ tersebut.

dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Oracle Database. Microsoft Jet Database Engine. Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi Web dasar yang disimpan di dalam server yang menjalankan Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan Microsoft Active Server Pages (ASP) Microsoft Access adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek. Microsoft SQL Server. dan juga para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. • Lebih mudah di menggerti. sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. dan Microsoft PowerPoint. . Microsoft SQL Server. selain tentunya Microsoft Word. selain tentunya Microsoft Word. Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access. tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office. Microsoft Excel. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office. Microsoft Access digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah. Microsoft Jet Database Engine. SQL . di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin juga digunakan oleh perusahaan yang cukup besar. Oracle Database. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine.Microsoft Access Microsoft Access adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access. atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. dan Microsoft PowerPoint. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks. atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC Kelebihan • Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access.ORACLE. Microsoft Excel. • Microsoft Access digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah.

Nama kode (codename) yang digunakan oleh Access pertama kali adalah Cirrus yang dikembangkan sebelum Microsoft mengembangkan Microsoft Visual Basic.0 pada tahun 1993. Kedua proyek tersebut dikembangkan secara terpisah. Versi 2. memang hard disk yang beredar masih berada di bawah 700 megabyte). Hal tersebut berakhir saat Microsoft merilis Visual Basic for Applications (VBA). pada ukuran basis data melebihi 700 megabyte sering mengalami masalah seperti ini (pada saat itu. Microsoft menentukan spesifikasi minimum untuk menjalankan Microsoft Access 2. RAM berkapasitas 4 megabyte (6 megabyte lebih disarankan) dan ruangan kosong hard disk yang dibutuhkan 8 megabyte (14 megabyte lebih disarankan).0 dari Microsoft Access ini datang dengan tujuh buah disket floppy 3½ inci berukuran 1.0.0 adalah sebuah komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows 3. . sementara mesin pembuat form antarmuka yang digunakannya dinamakan dengan Ruby. dan mesin pembuat form yang digunakan oleh keduanya tidak saling cocok satu sama lainnya.0 pada bulan November 1992 dan dilanjutkan dengan merilis versi 2. Buku manual yang dibawanya memperingatkan bahwa beberapa kasus tersebut disebabkan oleh driver perangkat yang kuno atau konfigurasi yang tidak benar.44 megabyte.Kekurangan • Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan APA ITU MICROSOFT OFFICE ACCESS? Microsoft merilis Microsoft Access 1. Perangkat lunak tersebut bekerja dengan sangat baik pada sebuah basis data dengan banyak record tapi terdapat beberapa kasus di mana data mengalami kerusakan. Proyek ini dinamakan dengan Thunder. Sebagai contoh. Bill Gates melihat purwarupa (prototype) tersebut dan memutuskan bahwa komponen bahasa pemrograman BASIC harus dikembangkan secara bersama-sama sebagai sebuah aplikasi terpisah tapi dapat diperluas.

0/2000 Professional Microsoft Windows Microsoft Office XP 98/Me.0 Microsoft Office Microsoft Windows 2000 Premium dan 98/Me.3 Professional Microsoft Windows Microsoft Windows Microsoft Office 95 95 dan Windows NT Professional 3.51/NT 4. Windows NT Office 2000 4.51 Microsoft Windows Microsoft Office 97 95/98 dan Windows Professional NT 3.Perkembangan Nama Nomor versi versi Microsoft 1992 Access 1 1. Windows Professional NT/2000/XP Microsoft Windows 2000 (Service Pack 3 Microsoft Office ke atas)/XP (Service System 2003 Pack 1 ke atas)/Server 2003 Microsoft Windows XP (Service Pack Microsoft Office 2)/Server System 2007 2003/Vista/Server 2008 (Beta 2 ke atas) Microsoft Windows XP (Service Pack 3)/Windows Server 2003 R2(32Microsoft Office bit)/Windows Server Professional 2010 2008(32-bit atau 64bit)/Windows Vista (Service Pack 1)/Windows 7 Microsoft 1999 Access 9 2000 Microsoft 2001 Access 10 2002 Microsoft 2003 Access 11 2003 Microsoft 2007 Access 12 2007 Microsoft 2010 Access 14 2010 Fitur .0 Microsoft Access for 1995 7 Windows 95 1997 Microsoft 8 Access 97 Tahu n Sistem operasi yang didukung Microsoft Windows Versi Microsoft Office T/A Microsoft Office 4.1 Microsoft 1993 Access 2 2.

Microsoft SQL Server Desktop Engine (MSDE) 2000. query dapat dilihat dan disunting sebagai statemen-statemen SQL. yang merupakan sebuah versi mini dari Microsoft SQL Server 2000. seperti halnya trigger. dengan sebuah cara seperi halnya sebuah stored procedure. Para pengguna dapat mencampurkan dan menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form dan logika dan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek. adalah mungkin untuk membuat hampur semua objek .Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL).0. meskipun prosesur tersebut dibatasi hanya untuk sebuah pernyataan tiap prosedurnya. dan statemen SQL dapat digunakan secara langsung di dalam Macro dan VBA Module untuk secara langsung memanipulasi tabel data dalam Access. ada sebuah sintaksis yang mengizinkan pembuatan kueri dengan beberapa parameter. dimasukkan ke dalam Office XP Developer Edition dan dapat digunakan oleh Microsoft Access sebagai alternatif dari Microsoft Jet Database Engine. fitur-fitur yang berkaitan dengan basis data berbeda dari versi format/struktur data yang digunakan Access (*. Tidak seperti sebuah sistem manajemen basis data relasional yang komplit. Access juga mengizinkan form untuk mengandung kode yang dapat dieksekusi ketika terjadi sebuah perubahan terhadap tabel basis data. Sehingga. dan merupakan sesuatu hal yang umum untuk menggunakan kueri yang akan diteruskan (pass-through dan teknik lainnya di dalam Access untuk menjalankan stored procedure di dalam RDBMS yang mendukungnya. dengan menggunakan ADP. Dimulai dari Microsoft Access 2000 yang menggunakan Microsoft Jet Database Engine versi 4. karena jenis berkas ini dapat membuat koneksi ke sebuah basis data MSDE atau Microsoft SQL Server. ketimbang menggunakan Microsoft JET Database Engine. Microsoft JET Database Engine tidak memiliki fitur trigger dan stored procedure.MDB). selama modifikasi dilakukan hanya dengan menggunakan form tersebut. Dalam berkas Access Database Project (ADP) yang didukung oleh Microsoft Access 2000 dan yang selanjutnya.

Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien/server. penggunaan Access kurang disarankan. report. Oracle Database. Meskipun demikian. mengingat telah ada Microsoft SQL Server yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi. dan beberapa produk lainnya yang mendukung ODBC. view. di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin juga digunakan oleh perusahaan yang cukup besar. sementara untuk tabel dan objek lainnya disimpan di dalam server basis data yang membelakangi program tersebut. Meskipun demikian. dan UDF). dan juga para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. khususnya untuk pembuatan purwarupa untuk sebuah program yang lebih besar dan aplikasi yang berdiri sendiri untuk para salesman. tampilan muka Access (form. yang disimpan di dalam berkas ADP hanyalah form. Beberapa pengembang aplikasi profesional menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan aplikasi secara cepat (digunakan sebagai Rapid Application Development/RAD tool). seperti halnya Microsoft Jet Database Engine (yang secara default digunakan oleh Microsoft Access). stored procedure. Penggunaan Microsoft Access digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah. report. Meskipun demikian.di dalam server yang menjalankan mesin basis data tersebut (tabel basis data dengan constraints dan trigger. Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi Web dasar yang disimpan di dalam server yang menjalankan Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan Microsoft Active Server Pages (ASP). Microsoft SQL Server. macro. dan kode Visual Basic) yang dimilikinya dapat digunakan untuk menangani basis data yang sebenarnya diproses oleh sistem manajemen basis data lainnya. Persamaan dan Perbedaan Microsoft Access dengan MYSQL Persamaan database ini meliputi : . dan modul. query.

Mysql cukup flexible untuk hal ini. Misalnya dalam mengkoneksikan database tersebut dengan aplikasi visual basic 6. . 3.Mysql mempunyai tampilan layaknya DOS. Vista. ME/2000 . dan OS lainnya. Sifat database . mengingat harga lisensinya yang berbayar dan mahal. . Cara Pakai Kedua Software ini sama-sama mudah digunakan dan modul tutorial aplikasi ini sudah sangat banyak beredar di internet. Kecepatan Mysql lebih cepat daripada MS.Penggunaan database Mysql dapat bersifat multi user. yang mempunyai warna dan pilihan objek. bagi perusahaan komersial dikenakan biaya yang lebih murah dibandingkan database lain di pasaran. untuk ms.Access hanya sebatas single user saja. berupa latar belakang hitam dan tulisan putih. Penggunaan dalam internet . 2.0 lebih mudah dibandingkan menggunakan SQL Server 2000. mampu menyimpan data dan lainnya. Lisensi atau harga . 5.Microsoft Access bersifat program GUI(Graphic User Interface).Penggunaan database MS.Mysql memiliki lisensi gratis yang bebas digunakan siapa saja. Machintosh. 3. Kesalahan program Kedua software ini mempunyai masalah program yang sedikit bahkan tidak ada. Peredaran Untuk menemukan software ini sangat mudah mendapatkannya karena memang software ini bukan lagi barang langka.MS (Microsoft) Access memiliki lisensi berbayar yang harganya lumayan mahal baik untuk perorangan maupun perusahaan.Platform atau system operasi Pada bidang ini Mysql lebih baik karena dapat digunakan di OS (Operation system) Windows. Linux. 2. 6.1. 98 .Access dalam waktu koneksi dan pemrosesan data.access saat ini yang beredar luas adalah software ’bajakan’. 4. Tampilan . NT . Perbedaan database ini meliputi : 1. Sedangkan Microsoft access hanya dapat digunakan di OS buatan Microsoft seperti Windows XP. .

Mysql dapat digabungkan dengan web server oleh bahasa pemrograman sedangkan Ms. Penggunaan dalam jaringan LAN Mysql berjalan lebih baik dalam sebuah instalasi jaringan dan cocok untuk membantu setiap client. untuk Ms. . 7.Access sulit dilakukan.Access tidak bias.

2009.html http://id. Prodi Teknik Informatika.com/doc/6o2cQu--/preview. Sejarah Microsoft Access dan Penggunaanya. 2010. Pengantar Komputer dan Internet.wikipedia.DAFTAR PUSTAKA Anonymous. 2010.org (diakses tanggal 24 November 2010). Wikipedia. Ilmukomputer. Anonymous. Membuat Aplikasi Sederhana Microsoft Access.com (diakses tanggal 30 November 2010). Haryanto Agus.org/wiki/SQL http://id.4shared.wikipedia.org/wiki/Sistem_manajemen_basis_data_relasional . http://dc336. Univ Kristen Duta Wacana.