TUGAS MAKALAH DASAR TELEKOMUNIKASI

Disusun oleh : Nama NPM Kelas : K Muhammad Nurhadi : 1023110240 : Reguler B Malam

FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS TRIDINANTI PALEMBANG 2012

0

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah tentang dasar telekomunikasi. Makalah ini merupakan salah satu penilaian tugas dasar telekomunikasi yang di dalamnya terdapat pembahasan tentang dasar telekomunikasi Terima kasih penulis sampaikan kepada M Helmi ST selaku dosen pengajar yang telah memberikan bimbingan ,tema – teman dan pihak – pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini. Saran dan kritik yang sifatnya membangun sangat kami harapkan guna menjadi lebih baik . semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kami khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.

Palembang, 18 Maret 2012

Penulis

1

DAFTAR ISI Cover ……………………………………………………………………………………………………………………..1 Pengertian telekomunikasi ………………………………………………………………………. Kata pengantar ……………………………………………………………………………………………………….. 19 2 ...4 Tujuan …………………………………………………………………………………………………… 1.5 Sistematika Pembahasan ………………………………………………………………………....2 Dasar Sistem telekomunikasi …………………………………………………………………… 5 5 11 BAB III Kesimpulan …………………………………………………………………………………………. 1. 1 1 2 3 3 3 3 3 4 4 BAB II Pembahasan ………………………………………………………………………………………………… 2...3 Batasan masalah …………………………………………………………………………………… 1. 1. Daftar isi ………………………………………………………………………………………………………………… BAB I Pendahuluan ………………………………………………………………………………………………….1 Latar Belakang ………………………………………………………………………………………. 2.2 Identifikasi masalah ………………………………………………………………………………… 1.. 1....6 Tinjauan pustaka …………………………………………………………………………………….

1. Tanpa adanya komunikasi . seperti ditemukannya HP.4 Tujuan Setelah membaca makalah ini.1 Latar Belakang Pada dasarnya telekomunikasi di dunia semakin hari semakin berkembang. saya mengharapkan pembaca mampu untuk : 1. sebagai gambaran apa telekomunikasi itu serta bagaimana telekomunikasi itu sendiri bisa sampai dan kita gunakan sekarang ini . Telepon. Karena dilihat dari begitu pentingnya telekomunikasi saat ini. antar provinsi bahkan antar negara . Sehingga banyak orang yang berlomba – lomba untuk memajukan dunia telekomunikasi . Telegraf dan masih banyak lagi lainnya yang semakin berkembang. 1. Internet. Mengerti apa itu telekomunikasi 2.2 Identifikasi Masalah Dalam makalah ini saya membahas tentang dasar telekomunikasi serta dasar sistem telekomunikasi . Oleh sebab itu telekomunikasi sangat penting. Telegram . antar daerah . Selain itu telekomunikasi juga sebagai wadah untuk berinteraksi antar kota.3 Batasan Masalah Dalam makalah ini saya hanya membahas tentang dasar telekomunikasi serta dasar sistem dari telekomunikasi itu sendiri. saya akan membahas tentang dasar dan dasar sistem telekomunikasi itu sendiri. Mengerti dasar sistem telekomunikasi 3 .BAB I PENDAHULUAN 1. antar pulau. dunia akan gelap dengan informasi yang telah ada. Karena itu dalam makalah saya ini. 1. Fax.

1. BAB II Pembahasan Bab ini tentang teori – teori pembahasan tentang telekomunikasi dan dasar sistem telekomunikasi .secara singkat dapat diuraikan sistematika penulisan sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Bab ini menguraikan tentang latar belakang. 4 .batasan masalah.tujuan. identifikasi masalah.tinjauan pustaka. BAB III Kesimpulan Bab ini berisi kesimpulan dari penulis.6 Tinjauan Pustaka Dalam makalah ini saya mencari data yang didapatkan dengan media elektronik seperti internet dan referensi yang lain . 1.5 Sistematika Pembahasan Untuk memberikan gambaran mengenai tugas makalah ini .sistematika pembahasan .

Bahasa . Informasi dapat berupa suara. dsb. Kendala komunikasi: .BAB II PEMBAHASAN 2. harus pula dapat dibedakan antara telekomunikasi dengan komunikasi walaupun keduanya saling berhubungan.1 Pengertian telekomunikasi A . Kendala ini dapat 5 . Komunikasi : Proses pertukaran informasi. dll. Juga apakah jika ada komunikasi jarak jauh seperti orang yang berteriak disebut telekomunikasi? Sehingga definisi sesungguhnya dari telekomunikasi adalah : Telekomunikasi : Penyampaian informasi atau hubungan antara satu tempat dengan tempat yang lainnya dengan mempergunakan bantuan peralatan khusus dengan kata lain peralatan elektronik. Telekomunikasi : Penyampaian informasi atau hubungan antara satu tempat dengan tempat yang lainnya yang berjarak jauh. bendera. Contoh: Telepon. gambar. genderang. Contoh: asap. Tidak harus berupa peralatan khusus (listrik) lainnya pun bisa. Selain itu. Pengertian Pengertian dari kata Telekomunikasi dapat dilihat sebagai berikut berasal dari bahasa yunani : Tele Komunikasi : Jauh : Penyampaian informasi atau hubungan antara satu tempat dengan tempat yang lainnya. Proses komunikasi tidak akan berjalan dengan baik jika pemberi dan penerima informasi tidak menggunakan bahasa yang sama. Berdasarkan pengertian tersebut bagaimanakah jika ada hubungan komunikasi namun berjarak dekat. apakah dapat disebut dengan telekomunikasi. data. TV dsb Disini terlihat bahwa hubungan itu tidak harus jauh (meskipun ada perkataan TELE) dekatpun bisa.

gambar. Umum: penyampaian atau pertukaran informasi atau hubungan antara satu titik dengan titik yang lainnya yang berjarak jauh menggunakan suatu media atau perangkat elektrik. tulisan. dll. dan atau penerimaan dari setiap informasi dalam bentuk tanda. Wikipedia : teknik pengiriman atau penyampaian infomasi.Jarak Dekat : bicara langsung dipahami kedua belah pihak. radio atau sistem elektromagnetik lainnya. misalnya: asap. Ilmu Pengetahuan tentang Telekomunikasi ilmu yang mempelajari tentang penyampaian informasi dengan bantuan peralatan listrik. Webster : communications at a distance 2. atau melalui media elektronik Perbedaannya juga dapat dilihat dari ilmu pengetahuan yang mempelajarinya. 5.diatasi dengan mempelajari bahasa yang menggunakan penerjemah. Ilmu Pengetahuan tentang Komunikasi ilmu yang mempelajari seluruh aspek penyampaian informasi. dari suatu tempat ke tempat lain dalam bentuk komunikasi jarak jauh 4. Jauh : dengan berkirim surat.36/1999: setiap pemancaran. terompet. optik. pengiriman. suara dan bunyi melalui sistem kawat. UU No. atau Agak Jauh : mengirimkan sinyal yang dapat terlihat/terdengar secara langsung. cahaya. . 6 . isyarat. Beberapa definisi Telekomunikasi menurut: 1. IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) : the transmission of signals over long distance 3.

Permulaan telekomunikasi Pada awalnya. Gambar 2. Perkembangan telekomunikasi Perkembangan telekomunikasi sudah ada pada zaman sebelum masehi mulai dari yang sederhana berikut perkembangan telekomunikasi dari mula tercipta samapai dengan sekarang ini . New Guinea dan Amerika Selatan. Bagan Telekomunikasi B. telekomunikasi dilakukan menggunakan media yang sangat sederhana. Telekomunikasi pada masa awal 7 .Bagan Telekomunikasi Gambar 1 . Di Cina. 1. Drum digunakan oleh masyarakat asli Afrika. suatu lempengan logam besar berbentuk bundar yang digantungkan secara bebas sehingga bila dipukul akan menimbulkan bunyi keras yang dapat terdengar sampai jarak yang jauh. masyarakat menggunakan "Tamtam".

Telekomunikasi pada abad ke 2 Pada abad ke-4 sesudah Masehi. Sistem telekomunikasi ini digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan militer dalam menjalankan pemerintahan atas daerah jajahan yang semakin luas. Mereka membangun jaringan telekomunikasi yang terdiri dari ratusan menara hingga mencapai 4500 kilometer. Telekomunikasi ini digunakan saat perang dan hanya efektif pada malam hari. 8 . kode-kode Sistem dalam berkomunikasi. Telekomunikasi pada abad ke 5 SM Pada abad ke-2 sesudah Masehi bangsa Romawi menggunakan asap sebagai media telekomunikasi. Gambar 4. Aeneas the Tactician mengusulkan sistem telekomunikasi menggunakan air yang disebut telekomunikasi ini memanfaatkan ketinggian hydro-optical air sebagai telegraph.Pada abad ke-5 sebelum Masehi. Sistem ini bisa mengirimkan pesan dengan sangat cepat dari satu tempat ke tempat lain. Gambar 3. Telekomunikasi dilakukan oleh prajurit khusus dengan saling memahami kode berupa jumlah nyala api. kerajaan Yunani kuno dan Romawi menggunakan api untuk berkomunikasi dari gunung ke gunung atau menara ke menara. Setiap menara bisa mengeluarkan asap yang dapat dilihat oleh menara lain yang berada di dekatnya.

Jaringan telegraph menggunakan alat tersebut dioperasikan pada tahun 1794 ketika tentara sukarela mempertahankan Perancis dan serangan Austria dan penjajah lainnya. Telekomunikasi pada abad ke 4 Pada masa Revolusi Perancis. Alat tersebut berupa suatu batang yang dapat digerakkan menggunakan tali sehingga bisa membentuk berbagai simbol/huruf yang jumlahnya mencapai 196 (huruf besar. Masa Telekomunikasi elektrik Tahun 1844 : Morse mematenkan telegraf Tahun 1876 : Bell menemukan dan mematenkan telepon Tahun 1895 : wireless telegraph not the inventor of Radio Tahun 1895 : Inventor of Radio Tahun 1907 : triode vacuum tube 9 . tanda baca dan angka). kecil. Alat tersebut dipasang di atas atap gedung sehingga bisa terlihat dari jarak jauh. Gambar 6. Jaringan tersebut terdiri dari 22 stasiun dengan jangkauan 240 kilometer. Claude Chappe menemukan ala telekomunikasi yang disebut mechanical-optical telegraph atau sering disebut semaphore. Telekomunikasi pada revolusi prancis 2. Pengiriman pesan sejauh itu hanya membutuhkan waktu 2 sampai 6 menit.Gambar 5.

Sebagian negara sudah menggunakan teknologi Voice over Internet Protocol (VoIP) yang memungkinkan komunikasi suara melalui jaringan internet. data-data multimedia (teks. sudah memiliki kecepatan sangat tinggi hingga Megabyte per detik. pengaksesan data dari benua lain memiliki kecepatan yang hampir sama dengan pengaksesan data dari harddisk.Tahun 1920 : Commercial AM radio broadcast Tahun 1939 : First FM radio broadcast ‘Alphine New Jersey by Edwin Armstron Tahun 1954 : Siaran televisi berwarna dimulai Tahun 1962 : Komunikasi satelit pertama 3. Di negara-negara maju. Hal ini membuat biaya telekomunikasi menjadi semakin murah. Teknologi Bluetooth memungkinkan sebuah handphone bisa berkomunikasi tanpa kabel dalam jarak dekat dengan beberapa perangkat lainnya seperti komputer. Kurzweil memprediksi bahwa pada tahun 2009 sebuah PC seharga US$ 1000 akan dapat melakukan sekitar satu triliun kalkulasi per detik. dan video. baik yang berbasis kabel maupun wireless. printer. video conference. suara. Telekomunikasi saat ini Software : Internet dengan berbagai aplikasi sudah banyak digunakan. Dengan demikian. google dan sebagainya. gambar. Dalam bukunya yang berjudul “The age of Spiritual Machines: When Computers Exceed Human Intelligence”. 10 . e-learning. scanner. Terjadi konvergensi antara telekomunikasi berbasis suara dengan data-data lainnya: teks. Jaringan telekomunikasi. dan sebagainya. Komputer yang berukuran sangat kecil dan terintegrasi dengan handphone sudah umum digunakan. Handphone berbasis jaringan 3G (generasi ke-3) sudah bisa digunakan untuk pengiriman data multimedia. 4. hardware telekomunikasi. e-government. Telekomunikasi masa depan Ray Kurzweil adalah salah satu ahli yang mencoba memberikan gambaran telekomunikasi masa depan. gambar dan video) sudah bisa dikirimkan melalui internet. seperti ecommerce.

visual. seperti teman dan guru. sehingga komunikasi jarak jauh dapat dilakukan. Berikut ini adalah pengertian dari beberapa istilah dalam bidang telekomunikasi sesuai dengan Undang-undang RI no. dan fisik) membuat manusia mampu melakukan sesuatu secara virtual dengan manusia lain. Manusia mulai memiliki hubungan dengan personalitas otomatis. Lingkungan realistis yang mencakup segala hal (audio. sarana dan prasarana telekomunikasi. maupun peyelenggara telekomunikasi.Sarana dan prasarana telekomunikasi adalah segala sesuatu yang memungkinkan dan mendukung berfungsinya telekomunikasi. . meskipun ada batasan secara fisik.36 tahun 1999 tentang Telekomunikasi : . sekelompok alat telekomunikasi yang 11 . Telekomunikasi di masa yang akan datang 2. Pengertian Sistem Telekomunikasi Sistem telekomunikasi.Sebagian besar interaksi dengan komputer sudah melalui isyarat tubuh (gesture) dan komunikasi ucapan bahasa alami dua arah. telekomunikasi adalah seluruh unsur/elemen baik infrastruktur perangkat telekomunikasi.2 Dasar Sistem Telekomunikasi A. Gambar di bawah ini sebagai ilustrasi Gambar 7.Perangkat Telekomunikasi adalah memungkinkan bertelekomunikasi.

Komponen pembangun Sistem Telekomunikasi Agar dapat melakukan hubungan telekomunikasi. instansi pemerintah. tulisan. .Pelanggan adalah perseorangan.Jasa telekomunikasi adalah layanan telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan bertelekomunikasi dengan menggunakan jaringan telekomunikasi. . Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). gambar.Penyelenggara telekomunikasi adalah perseorangan. instansi pemerintah yang menggunakan jaringan telekomunikasi dan atau jasa telekomunikasi yang tidak berdasarkan kontrak. . badan hukum.. 12 . instansi pemerintah yang menggunakan jaringan telekomunikasi dan atau jasa telekomunikasi berdasarkan kontrak. badan usaha swasta. badan hukum. Badan Usaha Milik Negara (BUMN).Interkoneksi adalah keterhubungan antarjaringan telekomunikasi dari penyelenggara jaringan telekomunikasi yang berbeda. B. file.Pemakai adalah perseorangan. Pengirim : merubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap dikirim. . Komponen dasar pembangun Sistem Telekomunikasi Gambar 8. dan instansi pertahanan keamanan Negara. terdapat beberapa komponen pembangun sistem telekomunikasi yaitu : Informasi : merupakan data yang dikirim/diterima seperti suara. koperasi.

dan penerimaan informasi. C. Prinsip Kerja Sistem Telekomunikasi Pada prinsipnya sebuah komunikasi melalui tahapan sebagai berikut : 13 . Media Transmisi Penerima : menerima sinyal listrik dan merubah kedalam informasi yang bisa dipahami oleh manusia sesuai yang dikirimkan. Gambar 9. Aturan/standar : merupakan yang harus disepakati dalam pengiriman. maka sinyal pengirim diubah lagi / dimodulasi agar dapat terkirim jarak jauh. Karena dalam jarak jauh.- Media transmisi : alat yang berfungsi mengirimkan dari pengirim kepada penerima. pentransmisian.

komputer. Transmitter (Tx): 14 . atau transduser. Proses komunikasi diawali dengan sebuah pesan atau informasi yang harus dikirimkan dari individu/perangkat satu ke perangkat lain.music → radio .Informasi adalah suatu pesan atau keterangan berupa suara.picture & video → videophone 2.Gambar 10. Encoder (pembuat kode). atau cahaya yang dengan cara tertentu dapat diterima oleh sasaran.picture → television .text → telegraph .voice → telephone . Pesan/informasi tersebut selanjutnya dikonfersi kedalam bentuk biner atau bit yang selanjutnya bit tersebut di encode menjadi sinyal. Prinsip kerja Dasar sistem telekomunikasi Uraian Prinsip kerja sistem telekomunikasi : 1. yakni pihak yang menerima yang dapat berupa mahluk hidup atau mesin. . Proses ini terjadi pada perangkat encoder. untuk mengubah informasi menjadi bentuk-bentuk sinyal yang sesuai untuk ditransmisikan Contoh : telepon. Bentuk informasi . isyarat. modem 3. Sinyal tersebut kemudian oleh transmitter dikirimkan/dipancarkan melalui media yang telah dipilih atau Sistem transmisi (channel).data → teletext .

Pemancar radio : sinyal listrik . 6. Contoh : . optik.distortion. tetapi selalu muncul dalam setiap proses transmisi Terjadi di semua titik Diterima bersama-sama sinyal informasi Mengganggu sinyal yang dikirimkan. misal Petir Kebocoran saluran tegangan tinggi 15 .Decoder (kebalikan dari coder). Channel (Kanal): Media pengiriman sinyal dari satu tempat ke tempat lain Contoh: Kabel : kawat.Rangkaian yang mengubah informasi yang akan dikirimkan ke dalam bentuk sinyal yang sesuai dengan media yang akan dilaluinya. (receiver. untuk menghasilkan kembali sinyal dalam bentuk yang sesuai agar dapat diterima. serat optik Udara : gelombang elektromagnetik 5. tembaga) yang baik agar gangguan selama disaluran dapat dikurangi. Sinyal tersebut didecode . coaxial. hanya dapat dikendalikan Contoh: Gangguan pada atmosfir. Dibutuhkan media transmisi (radio. listener) 7. kedalam format biner atau bit yang selanjutnya diubah kedalam pesan/informasi asli agar dapat dibaca/didengar oleh perangkat penerima. sehingga menimbulkan kesalahan pada penerimaan Tidak dapat dihilangkan.Microphone : getaran suara . gelombang elektromagnetik 4.gangguan sinyal): Energi random yang tidak diinginkan. sinyal listrik . Noise (derau. Selanjutnya sinyal tersebut diterima oleh stasiun penerima.

Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : Telepon dan VOIP c. televisi. Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex) pengirim dan penerima informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. .Sinyal analog: Perubahan nilai (amplituda) sinyal berlangsung secara kontinyu. Komunikasi satu arah dan dua arah 2. Arah informasi : satu arah – dua arah Arah Informasi Proses komunikasi dapat dilakukan satu arah maupun dua arah tergantung dari perangkat dan teknologi yang digunakan. Komunikasi Satu Arah (Simplex). seperti berikut ini a. Tipe sinyal yang ditransmisikan : sinyal analog – sinyal digital . Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex. b.Sinyal Baseband: Sinyal informasi yang masih menampakkan spektrum frekuensi asalnya. Pola Komunikasi Komunikasi elektronik dapat diklasifikasikan menurut: 1. Contoh :Handy Talkie. Contoh: .D. Komunikasi Dua Arah (FullDuplex . dan Chat Room. 3. Contoh :Pager.Sinyal digital: Perubahan nilai sinyal (amplituda) berlangsung secara diskrit. Gambar 11. FAX. Keaslian sinyal : Sinyal baseband – sinyal yang dimodulasi . Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. dan radio.Sinyal suara pada pembicaraan telepon kabel 16 . HDx).FDx).

Contoh: . Perbedaan platform. media. jalur yang disediakan bukan hanya media fisik saja. Prosesnya disebut modulasi. Permasalahan Telekomunikasi Dalam sistem telekomunikasi terdapat beberapa permasalahan.Sinyal AM (Amplitude Modulation) E.Sinyal Hasil Modulasi: Sinyal asal (baseband) ditumpangkan kepada suatu sinyal pembawa yang mempunyai frekuensi yang jauh lebih tinggi. tetapi juga jalur logic (kanal frekuensi).Agar dapat berkomunikasi dengan baik.Kualitas media transmisi sangat menentukan kualitas dari informasi yang diterima.. dan aturan yang digunakan pada masing-masing pengirim. Karena selama di dalam media tersebut. 4. Keterbatasan jalur yang disediakan . menurunkan kualitas informasi yang diterima. 3. Kualitas media transmisi yang digunakan . Sehingga memungkinkan terjadinya delay yang tinggi dan packet loss yang besar. mengingat kanal frekuensi ini mahal dan terbatas. dan aturan dalam system telekomunikasi menyebabkan seringkali informasi tidak dikenali oleh penerima. yaitu : 1. Untuk itu perlu dibuat sebuah standarisasi telekomunikasi. dapat dipastikan informasi akan mengalami redaman yang akan mengurangi kualitas informasi. media. Jauhnya jarak antara pengirim dan penerima . penerima dan jaringan. 2. Untuk itu perlu disediakan media transmisi yang memiliki redaman sekecil-kecilnya.Sinyal digital pada transmisi data antar komputer .Perbedaan platform. yang kesemuanya akan 17 . digunakan untuk mengatasi ketidaksesuaian karakter sinyal dengan media( kanal) yang digunakan. .Selama dalam perjalanan informasi tersebut akan melewati berbagai media dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Total informasi yang dikirimkan dari pembangkitan sejumlah komunikasi bisa saja sangat banyak dan melebihi dari kapasitas jalur yang ditetapkan. Ilustrasi Keterbatasan jalur 5. Banyaknya komunikasi yang dibangkitkan secara bersamaan .Gambar 12. Untuk itu diperlukan manajemen trafik dan pemilihan route yang tepat sehingga aliran informasi dapat di kendalikan. 18 .

Perkembangan telekomunikasi begitu pesat dan hingga saat ini sudah sangat canggih yang sudah bisa kita pakai dan nikmati sekarang ini .informasi yang kita dapat terasa cepat dengan bantuan peralatan telekomunikasi. 19 . Telekomunikasi membuat jarak komunikasi akan terasa lebih dekat .serta disana juga terdapat hambatan dalam pengiriman informasi tersebut ke penerima . media pengiriman . Dalam penyampaian informasi tersebut memiliki sistem . penyapaian telekomunikasi yang mana pada dasarnya .pengirim . penerima dan aturan standar dalam penerimaan informasi .penyampaian tersebut haruslah mempunyai komponen pokok penunjang di dalamnya seperti informasi.BAB III KESIMPULAN Telekomunikasi adalah sebuah media penghubung antara seseorang dengan orang lain secara langsung tanpa harus bertatap muka secara langsung .