BAB I PENDAHULUAN

A.

Latar Belakang Masalah Sadar atau tidak sebenarnya kita sudah mengenal istilah statistika semenjak kita lahir. Tanpa kita sadari, kita sudah dikenalkan dengan statistika. Hal yang paling sederhana misalnya : berat dan panjang badan kita saat lahir. Namun karena saat itu kita masih sangat kecil dan belum bisa berpikir, dan merasakan apa-apa jadi kita tidak mengetahuinya. Sebelum bicara lebih lanjut tentang statistika, kita perlu mencari tau apa sebenarnya statistika itu. Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Atau statistika adalah ilmu yang berusaha untuk mencoba mengolah data untuk mendapatkan manfaat berupa keputusan dalam kehidupan. Istilah ‘statistika’ (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan ‘statistik’ (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data. Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif. Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas. Beberapa istilah statistika antara lain: populasi, sampel, unit sampel, dan probabilitas.

1

Metode Penulisan Metode Penulisan makalah ini adalah bersifat deskriftif dengan metode kajian kepustakaan atau library research. populasi dan sampel pada statistika 3. Bagaimanakah realisasi manfaat statistika di kehidupan sehari-hari? 2. Rumusan Masalah 1. 2 . Apa syarat data yang baik dan bagaimana menyajikanya? D.B. Manfaat Statistika C. Pengertian dan Pengolahan data. Tujuan Penulisan Untuk mengetahui : 1. Pengertian Statistik dan Statistika 2.

Populasi dan Sampel P S Data adalah sejumlah informasi yang dapat memberikan gambaran tentang suatu keadaan atau masalah. Populasi adalah keseluruhan dari karakteristik atau unit hasil pengukuran yang menjadi objek penelitian. waktu penelitian lebih cepat. Syarat data yang baik Objektif. pengolahan data. Statistika adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengancaracara pengumpulan data.BAB II STATISTIKA A. 3 . 1. penyajian data. yaitu data yang diperoleh dari hasil penelitian harus menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Pengertian Statistik Dan Statistika Statistik adalah kumpulan fakta berbentuk angka yang disusun dalam daftar atau tabel. yang menggambarkan suatu persoalan. penganalisisan data. efektif dan efisien. Keuntungan penelitian dengan menggunakan sampel antara lain : biaya penelitian lebih murah. B. Data. Sampel adalah bagian dari populasi yang akan dijadikan objek penelitian yang bersifaty representative (mewakili populasi). penarikan kesimpulan serta membuat keputusan yang cukup beralasan berdasarkan fakta yang ada.

7. Dapat dipercaya. - Up to date. 4 . yaitu data harus sesuai zaman. 6. 7. 8. 10. Contoh: Data nilai Matematika 40 siswa SMK sebagai berikut : Nilai 51 – 60 61 – 70 71 – 80 81 -90 Banyak siswa 12 15 8 5 2. Data kelompok adalah data yang sudah diklasifikasikan berdasarkan golongan atau rentang nilai tertentu. 9. Macam-Macam Data 1. 8. Data Tunggal dan Data Kelompok Data tunggal adalah data yang belum tersusun atau data yang belum diklasifikasikan menurut tingkatan. Data Kualitatif dan Data Kuantitatif Data kualitatif adalah data yang tidak berbentuk angka. 2. 6. Contoh: Data nilai ulangan 10 siswa SMK sebagai berikut : 5. yaitu data yang diperoleh dari hasil penelitian sampel harus memiliki atau menggambarkan keadaan populasinya.- Relevan. yaitu sumber data harus diperolehdari sumber yang tepat. yaitu data yang diperoleh harus ada kaitannya dengan permasalahan yang akan diteliti. Representatif. 6.

Metode riset / penelitian 5. Metode observasi / pengamatan 3. yaitu data yang diperoleh dari hasil menggukur. Data Dalam Bentuk Diagram Dan Grafik Maksud dan tujuan menyajikan data statistik dalam bentuk diagram maupun grafik adalah agar mudah memberikan informasi secara visual. Data eksternal adalah data yang menggambarkan keadaan di luar organisasi. 3. Data Primer dan Data Sekunder Data primer adalah data yang dikumpulkan atau diolah sendiri oleh suatu organisasi atau perorangan.- Data kuantitatif adalah yang berbentuk angka (bilangan) . Data sekunder adalah data yang diperoleh suatu organisasi atau perusahaandalam bentuk yang sudah jadi dari pihak lain. 4. Data kontinu (bersambung). Metode questioner / angket 4. yaitu data yang diperoleh dari hasil menghitung . Data Kuantitatif terbagi atas : Data diskrit (terpisah). 4. majalah. Metode dokumentasi. 5 . serta diagram atau grafik sangat efektif untuk menyebarkan informasi baik melalui media surat kabar. Metode Pengumpulan Data 1. 3. Data Internal dan Data Eksternal Data internal adalah data yang menggambarkan keadaan dalam suatu organisasi. Metode interview / wawancara 2. maupun laporan-laporan statistik.

Diagram Lambang / Piktogram Contoh: Hasil panenan apel dari Kabupaten Malang selama 3 tahun tampak pada tabel berikut : Tahun 2005 2006 2007 Hasil 300 ton 400 ton 325 ton Hasil di atas dapat digambarkan dalam pictogram sebagai berikut : Hasil Apel Kabupaten Malang Selama 3 Tahun Tahun 2005 2006 2007 Hasil     = 50 ton # = 25 ton b.a. Diagram Batang Contoh: Banyaknya lulusan SMK X selama 5 tahun berturut-turut : 2002 : 80 siswa 2003 : 80 siswa 2004 : 100 siswa 2005 : 90 siswa 2006 : 120 siswa Keterangan di atas dapat disajikan dalam diagram batang sebagai berikut : 6 .

Contoh: Pada penelitian mengukur pertumbuhan batang kecambah.140 120 100 80 60 40 20 0 2002 2003 2004 2005 2006 c. Diagram Lingkaran Contoh: Kegiatan seorang anak selama 24 jam sebagai berikut : Kegiatan Membantu orang tua Bermain Belajar Tidur Dan lain-lain Lamanya (jam) 2 4 8 8 2 Diagram lingkaran dari data di atas sebagai berikut : Aktivitas selama 24 Jam Membantu orang Tua Bermain Belajar Tidur Dan lain-lain 7 .5 3 6 4 8 5 11.5 6 14 d. seorang siswa mencatat hasilnya sebagai berikut : Umur (hari) Panjang (cm) 0 0 1 2 2 4. Diagram Garis Diagram garis untuk menggambarkan dat kontinu / berkesinambungan.

Masingmasing pilihan memiliki nilai/ manfaat dan konsekuensi yang harus diambil atau dengan kata lain kita harus menentukan keputusan. Dari pilihan-pilihan tersebut akan muncul berbagai kriteria keputusan. Manfaat Statistika Manfaat statistika dalam kehidupan sehari-hari sangat beragam sebagai contoh sederhana: Bagi ibu-ibu rumah tangga mungkin tanpa disadari mereka telah menerapkan statiska.C. berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk uang belanja. listrik. Esensi Statistika Ada tiga hal yang sangat penting dari statistika yaitu: Data yang tersedia / data historis. Seperti peluang untuk menanamkan saham. Sedangkan dalam bidang industri. Sama halnya dengan pilihan. para pemain saham atau pengusaha sering menerapkan statistika untuk memperoleh keuntungan. statistika sering digunakan untuk menentukan keputusan. Dalam membelanjakan uang untuk kebutuhan keluarganya sering melakukan perhitungan untung rugi. Contohnya berapa jumlah produk yang harus 8 . Merupakan suatu nilai numerik yang diperoleh dari keterangan masa lampau. masing-masing kriteria keputusan memiliki manfaat dan akibat bagi kita Ada Keputusan D. dll. Dalam dunia bisnis. Diolah menjadi informasi yang nantinya berguna dalam menentukan keputusan Kriteria Keputusan Dalam Statistika kita sering dihadapkan pada beberapa pilihan. Sebagai mahasiswa. selain statistika dipelajari secara formal sebenarnya kita sudah menggunakannya dalam perhitungan Indeks prestasi.

diproduksi dalam sehari berdasarkan data historis perusahaan. perlu tidaknya memperluas cabang produksi. apakah perlu melakukan pengembangan produk atau menambah varian produk. Jadi statistika sebenarnya sangat penting bagi kita. dll. dapat berguna dalam menentukan keputusan meskipun kadangkala penggunaannya tidak kita sadari. 9 .

Sedangkan Statistika adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengancara-cara pengumpulan data. Maka diharapkan kepada pembaca untuk : 1. seperti penyajian data populasi suatu daerah. yang menggambarkan suatu persoalan. penyajian data. Manfaat statistika sangat banyak kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. komoditas dan hasil produksi. peningkatan SDA dan SDM suatu daerah. Mencari sumber bacaan statistika 3. Memahami dengan benar konsep statistika 2. pengolahan data. kemampuan dalam mengolah data amat berpengaruh terhadap kualitas data. dan menampilkan informasi perkembangan Status pada bencana Alam Gempa Bumi yang akurat. penarikan kesimpulan serta membuat keputusan yang cukup beralasan berdasarkan fakta yang ada. penganalisisan data. Saran Dikarenakan manfaat statistika yang besar.BAB III PENUTUP A. Kesimpulan Statistik adalah kumpulan fakta berbentuk angka yang disusun dalam daftar atau tabel. B. Mempelajari Ilmu statistika secara mendalam baik dengan media cetak maupun elektronik 10 .