Peta Pita

Tujuan pembuatan peta pita ini adalah untuk menggambarkan keadaan perjalanan yang telah dilakukan dari suatu tempat ke tempat lainnya. Peralatan yang dipersiapkan dalam pembuatan peta pita ini adalah : 1. Pensil Teknik 2B 2. Penggaris panjang 3. Kertas pita peta 4. Kompas bidik 5. Meja kerja Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan peta pita : 1. Penentuan Skala Hal ini erat kaitannya dengan jarak yang akan ditempuh selama melakukan perjalanan dengan kertas yang ada. 2. Pembuatan Keterangan Keterangan yang dimaksud adalah apa-apa yang dilihat selama melakukan perjalanan baik yang ada disebelah kiri maupun yang ada di sebelah kanan, yang perlu diperhatikan adalah tanda-tanda berupa bangunan-bangunan penting atau suatu daerah yang mencolok dan merupakan sesuatu yang mudah dilihat dan diperhatikan. Keterangan dituliskan dalam bentuk gambar peta dan tulisan. 3. Penulisan Arah Utara, Jarak, dan Waktu Arah utara digambarkan sesuai dengan arah utara kompas. Jarak dituliskan berdasarkan ukuran yang ada dengan skala yang sudah ditentukan. Untuk waktu bisa dilihat dengan jam sesuai saat berangkat dan tiba di setiap belokan. Untuk pembuatan peta pita, setiap pergantian arah perjalanan maka harus kita gambarkan, demikian seterusnya sampai daerah yang kita tuju. Gambar keterangan peta dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Untuk lebih jelasnya bisa diperhatikan contoh berikut

.

. Sudah Siap ya semua Peta pita adalah untuk menggambarkan keadaan perjalanan yang telah dilakukan dari suatu tempat ke tempat lainnya.. Sekarang Kita Mulai. Sebelum Melakukan Penjelajahan seorang Pramuka harus mempersiapkan beberapa peralatan penting seperti Kotak P3K.. Kompas dan Peta perjalanan beserta peta pitanya. fungsinya.. dan bagaimana cara menggunakannya. Penjelajahan adalah salah satu kegiatan pendidikan dalam Gerakan Pramuka dengan tujuan melatih kekuatan fisik yang bisa menghasilkan tubuh yang sehat.misalnya penjelajahan di suatu tempat maupun itu di sekitar perkampungan ataupun di dalam hutan. hehehehe “itu sih saya yang bilang” . memupuk rasa kebersamaan dan rela menolong dan melatih untuk bertahan hidup di alam bebas (survival).Penjelajahan adalah salah satu kegiatan yang sering kali dilakukan bahkan terkadang tidak bisa disebut pramuka seseorang jika belum pernah mengikuti penjelajahan. Pada Kesempatan Ini kita akan coba membahas apa yang dimaksud Peta Pita.

baris ke-3 dapat kita lihat jaraknya 520 m yang merupakan jarak dari titik saat sedang mengisi baris ke-2 sampai saat kita mengisi baris ke-3 … “Bingung ya… hehehehe “ 4.Yang Dibutuhkan saat membuat peta pita. Kanan >> sama halnya kolom Kiri. Arah >> Kolom arah berisikan arah berupa derajat yang ditentukan dengan kompas ketika terjadi perubahan arah. 7. penggaris. jam. 5. TS (Titik Sasaran) >> ini adalah titi sasaran saat kita membidik untuk menentukan arah. >> Untuk meletakkan nomor urut. 3. pada contoh di atas. dan papan (meja jalan) Jenis Peta Pita yang Biasa digunakan di Bengkulu Sekarang kita akan mencoba mempelajari bagian-bagian dari petapita seperti gambar di atas. maka Titik Balik dapat mengantarkan kita ke tempat semula. kompas. Pensil. 2. penghapus. 8. 9. “gimana…. TB (Titik Balik) >> berisikan lawan arah (dalam derajat) dari arah perjalanan kita. begitu sebaliknya jika kolom arah berisikan nilai yang lebih besar dari 180 maka kolom TB= arah – 180. Jika pada kolom Arah berisikan lebih kecil dari 180 makan pada kolom TB = arah + 180. Waktu >> kolom ini berisikan waktu saat kita melakukan bidik ketika ada perubahan arah perjalanan. Keterangan >> Bisa diisikan keadaan sekitar saat kita melakukan bidikan arah. 6. N0. Jika kita terlanjur memilih arah yang salah saat melakukan perjalanan maka. sampai di sini bisa dipahami kan???? “ . Jarak >> kolom jarak berisikan Jarak dari titik bidik sebelumnya ke titik saat kita berdiri. Kiri >> kolom Kiri berisikan Tanda Medan sesuai keadaan lingkungan sebelah kiri kita saat kita melakukan bidikan arah. 1. kolom kanan juga berisikan Tanda Medan sesuai keadaan lingkungan sebelah kiri kita saat kita melakukan bidikan arah.