P. 1
Teori media, Desain Pembelajaran (Instructional design)

Teori media, Desain Pembelajaran (Instructional design)

|Views: 131|Likes:

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Hutomo Atman Maulana on Jul 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/09/2012

pdf

text

original

TEORI MEDIA

Dosen Pengampu: Dr. Kamid, M.Si

Disusun oleh:
1. Hutomo Atman Maulana 2. Wella Pusvita Sari

MAGISTER PENDIDIKAN IPA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS JAMBI

Definisi Media dalam Desain Pembelajaran
Media diisyaratkan sebagai suatu perangkat yang menyediakan pengalaman pembelajaran yang melibatkan suara, visualisasi (baik statis atau dinamis) atau berupa benda nyata.

Media dan pembelajaran
1. Media sebagai penyampaian pesan: Menyajikan realitas
Pembelajaran secara umum telah dikategorikan sebagai sebuah proses yang menyediakan pengalaman-pengalaman spesifik sehingga memungkinkan dapat memahami suatu konsep

Media dan pembelajaran
Kerucut pengalaman (Cone of Experience)

Menurut Dale’s cone suatu konsep abstrak akan lebih dipahami jika disampaikan dengan menggunakan contoh dan pengalaman yang nyata. Jika melibatkan audio dan visual maka akan menciptakan suatu pengalaman yang lebih nyata.

Media dan pembelajaran

Media dan pembelajaran
Bagian dari sesuatu yang nyata Salah satu karakteristik dasar dari suatu media adalah media dapat menjelaskan suatu konsep hampir sesuai dengan kenyataannya

Media dan pembelajaran
2. Media sebagai bahasa Peranan visualisasi Penelitian menunjukkan bahwa 40 persen suatu pelajaran dapat dipahami melaui pengalaman visualisasi.

Pada zaman dulu yang termasuk kedalam visual adalah foto, gambar, diagram, peta, dan film. Namun saat ini termasuk juga video, animasi komputer dan ikon

Media dan pembelajaran
Jumlah isyarat dan teori dual coding Pembelajaran akan bertambah jika jumlah isyarat atau stimulus bertambah. Isyarat dalam presentasi meliputi warna, suara, dan gambar dan cenderung membuat presentasi lebih nyata.

Media dan pembelajaran
Keunggulan pembelajaran visual di atas semata-mata tidak terlepas dari presentasi secara verbal. Hal ini telah dijelaskan oleh Paivio (1991). Teori dual coding Paivio menunjukkan adal dua hal yang terpisah tetapi terhubung pada sistem memori, satu untuk informasi verbal dan yang satunya lagi untuk informasi visual.

Media dan pembelajaran
3. Media sebagai lingkungan pembelajaran: Berinteraksi dengan teknologi Berdasarkan teori sistem umum (GST) bahwa “ ketika sebuah faktor baru ditambahkan ke suatu lingkungan yang lama, kita tidak mendapatkan lingkungan lama plus factor baru tersebut, tetapi kita mendapatkan sebuah lingkungan baru”. Karena itu dalam lingkungan belajar mengajar memungkinkan kita untuk memeriksa interaksi dengan media, khususnya interaksi diantara siswa dan interaksi dengan media itu sendiri.

Teori Media dan Desain pembelajaran
Media adalah suatu bagian yang penting dalam proses desain pembelajaran. Di sini akan dibahas dua hal mengapa media sangat penting dalam proses desain pembelajaran, yaitu dari segi pemilihan media dan kegunaan media.

Teori Media dan Desain pembelajaran
1. Pemilihan media Ada banyak model bervariasi dalam memilih media. Banyak model berfokus pada e-learning yang menggabungkan komunikasi dan menggunakan teknologi canggih. Setiap model dibuat berdasarkan prinsip bagaimana mengantarkan suatu topik, misal dengan efektifitas pembelajaran visual atau verbal, keperluan dalam menciptakan suatu realita, atau interaksi.

Teori Media dan Desain pembelajaran
Faktor dalam memilih media:  Isi  Karakteristik siswa  Strategi pembelajaran  Lingkungan  Manajemen

Teori Media dan Desain pembelajaran
2. Kegunaan media  Belajar mandiri Dengan adanya media yang dirancang secara khusus dapat membuat siswa belajar mandiri diluar jam sekolah tanpa ada bimbingan dari guru.

Teori Media dan Desain pembelajaran
 Mensimulasikan suatu yang nyata, lingkungan belajar yang

interaktif Media dapat mensimulasikan sesuatu yang sangat sulit jika diamati secara langsung. Selain itu juga dapat menciptakan lingkungan belajar yang interaktif

Rekomendasi untuk Penelitian lanjut
1.

2.

3.
4.

5.
6.

Penelitian pada pembelajaran via internet dalam konteks formal dan informal, termasuk menemukan bagaimana praktiknya dan pertimbangan kode etik Studi pada lingkungan virtual, game serius, dan pembelajaran Proyek demontrasi yang dapat menganalisis peranan pembaptisan dalam pembelajaran Belajar berbasis praktik pada mobile teknologi dan pembelajaran Penelitian dan proyek pengembangan yang menunjukkan komputer sebagai alat kognitif Meta analisis dari penelitian yang ada pada pemilihan media seperti efek simulasi interaktif

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->