A. Nama Tumbuhan a. Nama ilmiah : Caesalpinia pulcherrima L. swartz b. Sinonim : - c. Nama lokal : Kembang merakan d. Familia : Caesalpiniaceae e.

Ordo : Leguminosae B. Ciri Umum a. Habitus : perdu tegak,tahunan b. Batang : bulat, berkayu, tinggi 84m, warna: coklat-keputihan c. Percabangan : monopodial C. Daun a. Jenis daun : majemuk b. Filotaksis : 2/5 c. Bentuk & ukuran : bulat telur terbalik, p= 1-3 cm, l= 5-12 mm d. Margo folii : integer e. Basis folii : acutus f. Apex folii : obtusus g. Permukaan daun: i. Warna : atas: hijau tua bawah: hijau muda ii. Tekstur : atas: halus bawah: halus h. Nervatio : menyirip/penninervis i. Stipule :D. Bunga a. Bentuk bunga : aktinomorf, majemuk seperti terompet b. Jumlah & warna sepal : 5 & merah c. Jumlah & warna petal : 5 & merah d. Jumlah stamen : 10, lepas (tangkai sari panjang) e. Kedudukan ovarium : superior f. Infloresensi : tandan/rasemosa g. Braktea : - h. Rumus bunga : *-↑Ca5,Co5,A10,G(1) E. Buah a. Tipe buah : polong b. Bentuk & ukuran : pipih, p: 6-12 cm c. Warna : hitam F. Lain-lain a. Getah & warna getah : - b. Bau : - c. Sulur :d. Duri : duri temple diranting e. Umbi : - f. Rhizome :Pembahasan Tanaman ini dikenal dengan kembang merakan, Caesalpania pulcherima L. swartz. Termasuk dalam familia caesalpiniaceae, ordo leguminosae. Tanaman ini merupakan perdu tegak 2-4 m. memiliki percabangan monopodial dan didapati beberapa duri tempel. Tanaman ini memiliki biji yang kecil, berbentuk jarum, serta berwarna coklat kehitaman. Berakar tunggang, dengan bentuk akar bulat dan berwarna coklat. Bunganya berkelamin 2,sebagian jantan. Tabung kelopak pendek. Nama Tumbuhan Caesalpania pulcherima L. swartz 1. Frekuensi pemakaian: jarang 2. Formula dalam ramuan: untuk obat kejang, dipakai 20gram kulit batang kering, diberi garam dapur sendok the, ditumbuk sampai halus, kemudian dibalurkan pada bagian yang sakit. 3. Kultivasi dan pemanenan: penanaman dengan biji. Dipanen saat di butuhkan. 4. Kandungan senyawa kimia: saponin, flavanoid, polifenol 5. Efek farmakologi : kulit batang untuk obat kejang,dan bunga digunakan sebagai obat demam, radang selaput lendir, untuk melancarkan urus-urus.
Dalam genus Caesalpinia, spesies ini adalah yang paling populer karena mudah ditemukan sebagai tumbuhan liar ataupun sebagai tanaman hias. Bunga yang telah mekar berbentuk mangkuk dengan warna kuning, orange atau kelopak merah, bunga sarinya mencuat keatas sementara yang belum mekar menyerupai biji di ujung batangnya. Tidak heran karena tanaman ini termasuk dalam keluarga Fabaceae atau polong-polongan. Batang dan cabangnya berduri. Pada malam hari daunnya akan menguncup.

Dapus : Wijayakusuma, Hembing. 2000. Ensikilopedia Milenium Tumbuhan Berkhasiat Obat Indonesia. Jakarta: Prestasi Insan Indonesia

[2] penyambungan dan stek). melinjo [1] tidak memerlukan tanah yang bernutrisi tinggi atauiklim khusus. okulasi. [1] [1] ada individu jantan dan betina). tangkil (bahasa Sunda) atau bago (bahasa Melayu dan bahasa Tagalog). Batangnya [1] kokoh dan bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Daftar isi [sembunyikan] [1]  1 Deskripsi botani o  1.) atau dalam bahasa Sunda disebut Tangkil adalah suatu spesies tanaman berbiji terbuka (Gymnospermae) berbentukpohon yang berasal [1] dari Asia tropik. Daunnya tunggal berbentuk ovaldengan ujung [1] tumpul. Untuk tumbuh dan berkembang. Tanaman melinjo dapat diperbanyak dengan cara generatif (biji) atau vegetatif (cangkokan. Melinjo tidak menghasilkan bunga dan buah sejati karena bukan termasuk tumbuhan [1] berbunga. Bijinya tidak terbungkus daging tetapi terbungkus kulit luar. melanesia. tetapi tidak tahan terhadap tanah yang tergenang air atau yang berkadar asam tinggi dan dapat tumbuh dari ketinggian 0 [2] 1. Yang dianggap sebagai buah sebenarnya adalah biji yang terbungkus oleh selapis aril yang [1] berdaging. dan Pasifik Barat. Hal inilah yang menyebabkan melinjo sangat mudah untuk ditemukan di [1] . Melinjo banyak ditanam di pekarangan sebagai peneduh atau pembatas pekarangan dan [1] terutama dimanfaatkan buah dan daunnya. mlinjo (bahasa Jawa). Berbeda dengan anggota Gnetum lainnya yang biasanya merupakan liana. Tanaman melinjo dapat tumbuh mencapai 100 tahun lebih dan setiap panen raya mampu menghasilkan melinjo sebanyak 80 .1 Tempat Hidup 2 Pemanfaatan o o   2. lubang [2] tanam berukuran 60 X 60 X 75 cm.2 Asam urat 3 Komoditi Ekspor Indonesia 4 Referensi [sunting]Deskripsi botani Melinjo merupakan tumbuhan tahunan berbiji terbuka. Khalet (Bahasa [1] Kamboja).200 m dpl. Melinjo dapat ditemukan di daerah yang kering sampai tropis. dengan jarak tanam 6 . berbentuk pohon yang berumah dua (dioecious. Lahan yang akan ditanami melinjo harus terbuka atau terkena sinar matahari. Melinjo dapat beradaptasi dengan [1] rentang suhu yang luas. Melinjo dikenal pula dengan nama belinjo. Bila tidak dipangkas bisa mencapai ketinggian 25 m dari permukaan [2] tanah .1 Kandungan Nutrisi 2. berpasir dan berkapur. melinjo berbentuk pohon.Melinjo (Gnetum gnemon Linn.8 m.100 Kg. [sunting]Tempat Hidup Tanaman melinjo dapat tumbuh pada tanah-tanah liat/lempung.

[sunting]Pemanfaatan Melinjo jarang dibudidayakan secara intensif. Di Indonesia tumbuhan melinjo tidak hanya dapat dijumpai di hutan dan perkebunan saja. Di beberapa daerah tumbuhan melinjo ditumbuhkan di pekarangan rumah atau kebun rumah dan dimanfaatkan [2] oleh penduduk secara langsung. . Bunga (jantan maupun betina) dan bijinya yang masih [1] kecil-kecil (pentil) maupun yang sudah masak dijadikan juga sebagai sayuran. Kayunya dapat dipakai sebagai bahan papan dan alat [1] rumah tangga sederhana. [1] [2] Hibiscus rosa-sinensis . Daun mudanya (disebut sebagai so dalam bahasa Jawa) digunakan sebagai [1] bahan sayuran (misalnya pada sayur asem). Biji melinjo juga menjadi [1] [1] bahan baku emping.Kulitnya bisa dijadikan abon kulit melinjo.berbagai daerah kecuali daerah pantai karena tumbuhan ini tidak dapat tumbuh di daerah yang memiliki [1] kadar garam yang tinggi.

5 cm. merah tua. lebar 2. Daun Daun Hibiscus rosa-sinensis merupakan daun tunggal berwarna hijau kecokelatan dan tersusun spiral. Pada umumnya. .0 . keras. helaian daun berbentuk bundar telur. diameter ± 9cm.7 cm. bulat. kuning. tepi daun bergerigi kasar. Putik (pistillum) menjulur ke luar dari dasar bunga. Bunga Berbentuk lonceng dengan tangkai sari panjang. Di daerah tropis atau di rumah kaca tanaman berbunga sepanjang tahun. merah jambu. Mahkota bunganya dapat berwarna putih. Bunga bisa mekar menghadap ke atas. Bunga berbentuk terompet dengan diameter bunga sekitar 5 cm. tangkai daun panjang 1.0 .5 . Batang Batang tingginya ± 3m. masih muda berwarna ungu setelah tua putih kotor. tulang daun menjari. hingga 20 cm. Bunganya berukuran besar dan tidak berbau. atau campuran. ke bawah. sedangkan di daerah subtropis berbunga mulai dari musim panas hingga musim gugur. atau menghadap ke samping.Klasifikasi ilmiah : Kerajaan : Plantae Divisio : Magnoliophyta Kelas : Magnoliopsida Ordo : Malvales Suku : Malvaceae Marga : Hibiscus Spesies : Hibiscus rosa-sinensis MORFOLOGI Akar Akar tunggang dan berwarna cokelat muda.3. tanaman bersifat steril dan tidak menghasilkan buah. ungu. Bunga dari berbagai jenis kultivar danhibrida biasanya berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis). berkayu.0 cm. panjang helaian daun 3. ujung daun meruncing.9.6.

stomata. Dalam tumbuhan C4. mesofil dengan hablur kalsium oksalat bentuk roset. lebih besar dari sel epidermis lainnya.kadang diselingi lendir.Epidermis atas terdiri dari satu lapis sel berbentuk empat persegi panjang kadang . stomata tipe anisositik. Mesofil meliputi jaringan palisade terdiri dari satu lapis sel. Setelah CO2 difiksasi. berongga. berwarna putih. yakni ketika hari panas dan kering dan stomata tertutup sebagian. palisade dengan hablur kalsium oksalat. FISIOLOGI Hibiscus rosa-sinensis merupakan tumbuhan C4. Oleh sebab itu. jaringan bunga karang berbentuk tidak teratur terdiri dari beberapa lapis sel. Akan tetapi. yaitu : sel seludang-berkas pembuluh sel mesofil Sel seludang berkas pembuluh disusun menjadi kemasan yang sangat padat di sekitar berkas pembuluh. menyebakan konsentrasi CO2 dalam daun berkurang dan konsentrasi O2 meningkat. terdapat 2 jenis sel fotosintetik yang jelas berbeda. lonjong. Pada sayatan paradermal tampak epidermis atas berbentuk poligonal. Anatomi Daun terdiri dari epidermis atas. mempertahankan konsentrasi CO2 dalam sel seludang berkas pembuluh cukup tinggi agar rubisko dapat menerima karbon dioksida. Dibandingkan dengan rubisko. . Epidermis bawah dinding antiklinalnya berombak. kolenkim. masih muda putih setelah tua cokelat. dinding tebal. berbentuk bintang dan mempunyai sel tunggal. Dengan cara ini.Buah Kecil. yaitu oksaloasetat. siklus ini didahului oleh masuknya CO2 ke dalam senyawa organik dalam mesofil. PEP karboksilase memiliki afinitas yang jauh lebih tinggi terhadap CO2. fotosintesis akan meminimumkan fotorespirasi dan meningkatkan produksi gula . pipih. sel mesofil mengirim keluar produk berkarbon empatnya ke sel seludang berkas pembuluh melalui plasmodesmata. Akibatnya. Enzim PEP karboksilase menambahkan CO2 pada PEP. dan epidermis bawah. senyawa berkarbon empat melepaskan CO2 yang diasimilasi ulang ke dalam materi organik oleh rubisko dan siklus Calvin. sel mesofil akan memompa CO2 ke dalam seludang berkas pembuluh. jaringan bunga karang. Siklus Calvin terbatas pada kloroplas seludang berkas pembuluh. berkas pembuluh tipe kolateral. rambut penutup. Dalam sel seludang berkas pembuluh. bukan oksigen. Epidermis bawah terdiri dari satu lapis sel yang serupa dengan sel epidermis atas. Di antara seludang berkas pembuluh dan permukaan daun terdapat sel mesofil yang disusun lebih longgar. Dinamakan demikian karena tumbuhan itu mendahului siklus Calvin dengan fiksasi karbon cara lain yang membentuk senyawa berkarbon empat sebagai produk pertamanya. dinding antiklinal rata. berkas pembuluh. stomata hanya terdapat pada epidermis bawah. rambut penutup jarang. Biji Biji terdapat di dalam buah berbentuk kapsul berbilik lima. Langkah pertama ialah penambahan CO2 pada fosfoenolpiruvat (PEP) untuk membentuk produk berkarbon empat. PEP karboksilase dapat memfiksasi CO2 secara efisien ketika rubisko tidak dapat melakukannya. diameter ± 4mm.

Faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis : Suhu intensitas cahaya konsentrasi CO2 Semakin besar faktor-faktor tersebut membawa akibat semakin besarnya laju fotosintesis. Kegunaan . Perkembangbiakan Stek.

gerasa. mandhaleka.diminum mempercepat kelahiran o Daun dan bunga yang dilumatkan dipakai sebagai obat bisul dan borok o Daun atau bunga ditambah sedikit air dan gula batu diembunkan selama satu malam dan rendamannya diminum sebagai obat pereda pada penyakit kencing bernanah ( gonorrhoe ) o Bunga jika dilumatkan dan diminum.wari.soma. Nusa tenggara :Pucuk. Maluku : Hua hualo. tanin dan saponin . kando. Sumatera : Bungong raja. obat batuk. ubo .anak. bunga sepatu. saponin dan polifenol Bunga : flavonoida. dan obat sariawan o Daun digunakan untuk membantu persalinan. ulango.ubo. bunga bisu. Sulawesi : Amburanga. bunga rebhang. bunga raja.nusuk pada lambung o Daun berlendir. Jawa : Uribang. Jerman: Chinesische Rose . soma . Kembang sepatu. kembang sepatu. Kandungan kimia Daun : flavonoida. berfungsi untuk memperlancar haid o Bunga dapat dipakai sebagai bahan pewarna makanan. kuyanga. bunga .sinensis jika dicampur dengan akar Hibiscus tiliaceus dan akar bahar putih bila digosokkan dan dimakan akan menyembuhkan rasa menusuk . Indonesia:Bunga raya. Inggris: Chinarose .o Akarnya berkhasiat menyejukkan dan menurunkan panas demam yang keras o Akar Hibiscus rosa . Irian : Dioh. embuhanga. misal mewarnai cuka nira enau ( aren ) menjadi merah. wora . kembang wera.menyejukkan dan dapat mematangkan bisul o Daun kembang sepatu ini dapat digunakan sebagai obat demam pada anak . polifenol Akar : flavonoida.bunga. Waribang. Nama daerah Perancis: Rose de Chine .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful