“PENCEMARAN TANAH dan UDARA”

OLEH:

Sandra Gosario 11320012 Yosua Yohan A.M 11320009

Dampak negatif yang menimpa lahan pertanian dan lingkungannya perlu mendapatkan perhatian yang serius. Namun seiring berjalannya waktu.LATAR BELAKANG  Pencemaran Tanah: Kita semua tahu Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya alamnya. kesuburan yang dimiliki oleh tanah Indonesia banyak yang digunakan sesuai aturan yang berlaku tanpa memperhatikan dampak jangka panjang yang dihasilkan dari pengolahan tanah tersebut. karena limbah industri yang mencemari lahan pertanian tersebut mengandung sejumlah unsur-unsur kimia berbahaya yang bisa mencemari badan air dan merusak tanah dan tanaman serta berakibat lebih jauh terhadap kesehatan makhluk hidup. .

Peningkatan pencemaran udara disebabkan peningkatan pertumbuhan penduduk dan laju urbanisasi yang mendorong pertumbuhan kendaraan bermotor. Dampak pencemaran udara terhadap kesehatan dan kesejahteraan manusia serta ekosistem telah menimbulkan kerugian ekonomi yang sangat besar. serta kurangnya kesadaran masyarakat mengenai pencemaran udara dan pengendaliannya. Pencemaran Udara: Pencemaran udara sudah menjadi masalah yang serius di kota-kota besar di Indonesia. penurunan ruang terbuka hijau. ketergantungan kepada minyak bumi sebagai sumber energi. . perubahan gaya hidup yang mendorong pertumbuhan konsumsi energi.

Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau dapat mencemari air tanah dan udara di atasnya. . Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah. tersapu air hujan dan atau masuk ke dalam tanah.PEMBAHASAN  Gambaran dari Pencemaran Tanah Ketika suatu zat berbahaya/beracun telah mencemari permukaan tanah. maka ia dapat menguap.

• Dampak Terhadap lingkungan: Pada kesehatan Pada Ekosistem • Penanganan yang Harus Dilakukan: Remidiasi Bioremediasi .

batu bara dan bahan bakar organik lainnya yang melampaui kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk mengabsorbsinya. Gambaran dari Pencemaran Udara Pencemaran udara menjadi masalah serius di seluruh dunia. Pemanasan global bersumber dari emisi gas rumah kaca (GRK) yang disebabkan kenaikan konsentrasi gas karbon dioksida (CO2) karena kenaikan pembakaran bahan bakar minyak (BBM). . Pencemaran udara merupakan salah satu penyebab timbulnya pemanasan global yang mengakibatkan terjadinya perubahan iklim.

.  Penentuan pengelola pengawasan dan penanggungjawab pengendalian pencemaran udara serta dampaknya  Regulasi ini mengacu kepada standar emisi kendaraan EURO-II yang mensyaratkan bahwa kandungan timbal dan sulfur dalam bahan bakar bensin adalah di bawah angka 500 ppm (parts permillion).•      Dampak Terhadap lingkungan: kesehatan Ekosistem Pembangunan Ekonomi Pemanasan Global • Upaya-upaya yang dilakukan oleh pemeritah pusat antara lain:  Penetapan peraturan perundang-undangan yang terkait dengan pencemaran udara seperti Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara.

Kualitas bahan bakar berpengaruh terhadap kualitas emisi. . industri. Mengurangi dampak dari pencemaran tanah. dan domestik. Sedangkan Bioremediasi dengan cara proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme (jamur. yang meliputi sektor transportasi. bakteri).KESIMPULAN • Pencemaran Tanah: Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. Sumber pencemaran udara adalah: Kualitas bahan bakar. Kendaraan bermotor dan kegiatan industri merupakan salah satu sumber pencemaran udara. dapat dilakukan Remediasi yaitu dengan cara membersihkan permukaan tanah yang tercemar. emisi kendaraan bermotor. dan emisi industri. • Pencemaran Udara: Sumber pencemaran udara dapat dikategorikan atas sumber bergerak dan sumber tidak bergerak.