KEWIRAUSAHAAN

Oleh: 1. A.G Ratih Astarida 2. Nuraini Ayu Octarina 3. Teddy Wijaya 4. Ida Bagus Marga Yuso 072010101003 072010101046 072010101055 072010101062

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS JEMBER 2010

1. Wirausaha dan Wiraswasta
Istilah wiraswasta sering tumpang tindih dengan istilah wirausaha. Dalam literatur dapat dilihat bahwa pengertian wiraswasta sama dengan wirausaha. Namum sebenarnya ada perbedaan yang mendasar diantara keduanya. a. Wiraswasta Wiraswasta terdiri atas 3 kata yaitu wira, swa, dan sta. Maisng masing memiliki arti beda : wira berarti manusia unggul ,teladan, berbudi luhur, berjiwa besar, beran dam memiliki keagungan watak ; swa berarti sendiri; dan sta berbarti berdiri. Bertolah dari ungkapan etimologi diatas maka wiraswasta adalah keberanian, kekuatan, dan keperkasaan dalam memenuhi kebutuhan serta memecahkan permasalahan hidup dengan kekuatan yang ada pada diri sendiri (Wasty Soemanto, 1984:43) Dapat dibedakan lima tipe pokok wiraswasta : i. Wiraswasta sebagai orang vak, “captain of industry” di suatu bidang tertentu dimana dia membaktikan prestasi teknik dan mengadakan penemuan atau peniruan ii. Wiraswasta sebagai orang bisnis, yang terus menerus secara tekun menganalisa kebutuhan dan selera masyarakat, menmbulkan kebutuhan baru melalui reklame. iii. Wiraswasta sebagai orang uang, yang mengumpulkan dan menyalurkan dana, mendirikan concern, yang padapokoknya bergerak di pasaran uang dan modal. iv. Wiraswasta sebagai engineer, pengusaha yang berusaha mengikat para pekerjanya melalui berbagai karya sosial. v. Wiraswasta sebagai manajer, yang memajukan usahanya dengan menggunakan pengetahuan pengetahuan bisnis modern dan memperhitungkan sepenuhnya azas efisiens. b. Wirausaha Wirausaha berasal dari bahasa Prancis yaitu dari kata enterpreneur yang apabila diterjemahkan dalam bahasa inggris berarti go between. Menurut Joseph Schumpeter wirausaha adalah orang yang mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, menciptakan bentuk organisasi

dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses.Mampu mengambil resiko berdasar pemikiran yang baik. Ciri a. Dari pengamatan perilaku wirausaha maka dapat dikemukakan tiga tipe yaitu : i.Kepribadian mantap .Ketidaktergantungan pada orang lain . Berani mengambil resiko . Wirausaha yang mengorganisir mekanis sosial dan ekonomi untuk menghasilkan sesuatu iii.Kepercayaan diri (keteguhan) . .Beorientasi laba/hasil .Tekun dan tabah . Berorientasikan tugas dan hasil c. kerja keras. motivasi .Suka pada tantangan .Optimisme . Jadi kewirausahaan dapat diartikan sebagai kemampuan yang kreatif dan inovatif yang dijadkan dasar. Wirausaha yang memiliki inisiatif ii.baru.Haus akan prestasi . Wirausaha yang menerima resiko atau kegagalan. 2.Tidak takut gagal b. atau mengolah barang dan jasa yang baru. kiat.Tekad yang kuat. Intinya adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda melalui pemikiran yang kreatif dan inovatif demi terciptanya peluang. Sifat Kewirausahaan Dari berbagai penelitian di Amerika dikatakan bahwa seorang wirausaha harus memiliki ciri ciri dan watak sebagai berikut.Penuh inisiatif . Percaya diri Watak . Dalam definisi ini ditekankan bahwa seseorang wirausaha adalah orang yang melihat adanya peluang kemudian kemudian menciptaka sebuah organisasi untuk memanfaatkan peluang tersebut.

gunakanlah itu sebagai masukan untuk dipertimbangkan lalu mereka sendiri yang harus memutuskannya.Perspektif e. memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Tapi saran dari orang lain pun tak boleh ditolak mentah mentah. energik. Keorisinilan f. Berani Mengambil Resiko Dalam dunia wkewirausahaan akan banyak ditemui resiko resiko dan tantangan seperti persaingan. Orang yang tinggi rasa percaya dirinya adalah orang yang sudah matang jasmani dan rohaninya.Mengetahui banyak hal (terutama dalam bidang usahanya) . dan sebagainya. Berorientasi pada Tugas dan Hasil Wirusaha akan lebih mengutamakan mencapai prestasi baru kemudian setelah itu akan tercapai prestise. Pribadi semacam ini adalah pribadi yang independen dan sudah mencapai tingkat maturity (kedewasaan) Karakteristik kematangan adalah : tidak bergantung pada orang lain. Jiwa kepemimpinan .Fleksibel .Dapat bergaul dengan orang lain . barang tidak laku. Dengan menyingkirkan prestise para wirausaha akan menemukan berbagai motivasi sehingga mampu bekerja keras.Mampu memimpin saha yang didirikan .Menanggapi saran dan kritik . harga naik turun. tanpa malu dilihat teman asal pekerjaan yang dilakukan halal. dan tidak begitu saja menyerap pendapat atau opini orang lain tapi mempertimbangkannya secara kritis. Berorientasi pada masa depan Percaya diri Seorang wirausaha tidak mudah terombang ambing terhadap pendapat orang lain. Seorang .d.Kreatif .Pandangan ke depan mencapai sukses .Inovatif (manciptakan sesuatu yang baru) .

Orisinil tidak harus berarti baru sama sekali. Sebab sebuah usaha bukan didirikan untuk sementara tapi untuk selamanya. dihormati dan dipercaya oleh bawahan mereka.Oleh sebab itu faktor kontinuitasnya harus senantiasa dijaga dan pandangan harus ditujukan jauh ke depan 3. ide yang orisinil. Selain itu pemimpin yang baik juga harus menanam kepercayaan pada bawahannya agar tidah penuh curiga serta mampu menerima kritik dan saran dari bawahannya. Jiwa Kepemimpinan Seorang wirausaha harus siap memimpin bawahannya dengan baik diantaranya menerapkan sikap yang baik agar disegani.wirausaha untuk menjad maju harus siap menghadai resiko tersebut degan penuh perhitungan dan pertimbangan dari banyak sisi. Beorientasi ke Masa Depan Seorang wirausaha haruslah perspektif. mempunyai visi ke depan mengenai apa yang hendah mereka capai dan mereka lakukan. Keorisinilan Yang dimaksud orisinil disini adalah tidak mengekor pada orang lain tapi memiliki pendapat sendiri. serta ada kemauan unru melakukan sesuatu. Kreativitas dan Inovasi Definisi . tetapi poduk tersebut mencerminkan hasil kombinasi baru atau reintegrasi dari komponen kmponen yang sdah ada. Bobot kretivitas orisinil suatu produk akan tampak sejauh mana mereka dapat berbeda dari apa yang sudah ada sebelumya. sehingga dapat melahirkan sesuatu yang baru.

Incubation Pada tahap ini produsen perlu waktu untuk melihat kembali berbagai informasi. c.Kreativitas adalah menghadirkan suatu gagasan baru.Atau dalam bentuk barang lama tapi dikembangkan dengan cara baru . Ini dapa dilakukan misalnya melalui pendidikan formal. Inovasi adalah kemampuan menerapkan kreativitas dalam rangka memecahkan masalah dan menemukan peluang. Investigation Harus dilakukan pembelajaran masalah dan identifikasi kompnen utama dari permasalahannya. Proses Kreativitas a. Karena kreativitas itu baru akan berarti apabila telah digunakan / diterapkan. e. Illumination Langkah ini terjadi saat inkubasi. Jadi jika disimpulkan kreativitas dan inovasi berarti : . Atau kemampuan mengembangkan ide dan cara baru dalam memecahkan masalah dan menemukan peluang untuk menuju sukses. d. Preparation Memberi kondisi pada seseorang agar mudah memunculkan kreativitasnya. . secara spontan muncul ide baru.Berpikir dan melakukan hal yang baru . b. dan pengalaman kerja.Menjadikan sesuatu yang belum berguna menjadi sesuatu yang berguna .Membuat sesuatu menjadi lebih simpel atau lebih baik. Transformation Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan yang ada dengan informasi dan data yang sudah dikumpulkan.Mengelaborasi sesuatu yang ada . Seakan produsen menjadi vakum dan berhenti berkarya. Seseorang wirausaha akan berhasil apabila ia selalu kreatif dan menggunakan hasil krativitasnya itu dalam setiap usahanya. pelatiham.

apakah berguna atau tidak. Modal Intelektual Modal intelektual ini dapat diwujudkan dalam bentuk ide ide sebagai modal awal yang disertai pengetahuan. Verivication Disini wirausaha memvalidasi ide yang tepat atau akurat. kemampuan.f. Modal Seorang Wirausaha Dalam kewirausahaan modal tidak selalu identik dengan modal yang berwujud (tangiable) seperti uang dan barang. Implemenetation Pada tahap terakhir ini produsen mulai mentransformasi ide menjadi kenyataan dan digunakan dalam produksi barangnya. tes market untuk produk. Skill x Knowlegde = Capabilityx A Authority x C Commitment = Competency = Intelectual Capital . modal mental. modal sosial. Secara garis besar modal dalam kewirausahaan dibagi menjadi 4 jenis yaitu modal intelektual. serta tanggung jawab sebagai modal tambahan. pilot proyek dan lainya. serta mdal material. modal sosial dan moral. Namun jugaada modal yang tidak berwujud (intangiable) seperti modal intelektual. maka dilakukan percobaan dengan melakukan simulasi. komitmen. modal moral dan modal mental yang dilandasi agama. keterampilan. 4. g.

apabila tidak disertai komitmen yang tinggi maka tidak akan bisa menggunakan modal intelektualnya. artinya kapabilitas seorang wirausaha sangat ditentukan oleh keterampilan dan pengetahuan yang dilengkapi dengan sikap motivasi yang tinggi. Competency = Capability x Authority. (4) Kesetiaan. (2) Memiliki integritas. (7) Menghormati orang lain. (9) Mengejar keunggulan. Artinya : meskipun seorang wirausaha memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi. artinya wirausaha yang kompeten adalah wirausaha yang memiliki kemampuan dan wewenang sendiri dalam mengelola usahanya serta tidak bergantung pada orang lain. sehingga dapat terbentuk citra. Modal Mental . (6) Sukka membantu orang lain. (3) Menepati janji.Pada gambar diatas dapat dilhat bahwa Intelectual Capital = Competency x Commitment. Capability = Skill x Knowledge. (5) Kewajaran. Seorang wirausaha yang baik biasanya memiliki etika wirausaha seperti : (1) Kejujuran. (10) Bertannggung jawab terhadap kelangsungan usahanya. (8) Warga negara yang baik. Selanjutnya. Modal Sosial dan Moral Modal sosial dan moral ini diwujudkan dalam bentuk kejujuran dan kepercayaan.

organisasi. keluarga. pelanggan. pesaing. Penyebab kegagalan kewirausahaan adalah . peluang. Proses duplikasi dan pengembangan c. komitmen. dan usia. keberanian mengambil resiko. 5. pemasok. yaitu a. Tanggung jawab terhadap keberhasilan dan kegagalan. pendidikan. Faktor pribadi yang mempengaruhi kewirausahaan adalah locus of control. Ketersediaan untuk mengambil risiko uang dan waktu. Langkah Sukses Seorang Wirausaha Kewirausahaan diawali dengan adanya inovasi yang dipicu oleh factor pribadi dan lingkungan. Adanya visi dan misi yang jelas. 4. Beberapa langkah untuk menjadi wirausaha sukses adalah 1. Kerja keras sesuai dengan tingkat kepentingan.Modal mental adalah kesiapan mental berdasar landasan agama yang diwujudkan dalam bentuk keberanian menghadapi resiko dan tantangan. pengalaman. investor. 2. dan lain-lain. Modal Material Modal material adalah modal dalam bentuk uang atau barang. Perencanaan yang terorganisir. Kewirausahaan berkembang melalui 3 proses. 6. Proses menciptakan penciptaan sesuatu yang baru dan berbeda. Pengembangan terhadap hubungan yang baik dengan karyawan. 3. 5. Proses imitasi dan duplikasi b. Sedangkan factor lingkungan adalah sosiologi.visi. dan kebijakan pemerintah.model peran.

Gagal terhadap perencanaan. Kurang pengawasan peralatan. Setiap individu yang lahir ke dunia memiliki ciri-ciri tersebut. Sikap setengah hati. WIRAUSAHA SUKSES IDE KEMAUAN & KEMAMPUAN SEMANGAT & KERJA KERAS LOYALITAS & TANGGUNG JAWAB 6. jiwa wirausaha berasal dari mental masing-masing individu. Bussines Plan . Kurang siap mengalami perubahan. Kurang memadainya lokasi. tetapi sistem yang selama ini telah terbentuk menghambat dan dapat menjadi faktor yang menyebabkan kegagalan kewirausahaan tumbuh ke permukaan.- Kurang komitmen. Kurang bisa mengendalikan keuangan. Keuntungan dari berwirausaha adalah adanya tantangan awal yang menyenangkan dan kontrol atas keuangan. Sedangkan kerugiannya adalah pengorbanan yang ditanggung sendiri. dan kecilnya margin keuntungan yang diperoleh. Kurang pengalaman terhadap usaha yang akan dimasuki. Pada umunya . beban tanggung jawab yang besar.

bagus. dari hasil pengamatan para pemilik perusahaan kecil yang menyisihkan waktunya untuk mengkaji semua strateginya. Jadi business plan adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausaha yang menggambarkan semua unsure-unsur relevan baik internal maupun eksternal mengenai perusahaan untuk memulai sewaktu usaha. Deskripsi tentang produk/ komoditi yang akan diusahakan Susunan pengurus dan kepemilikan Objective dan goals Gambaran keuangan Lampiran. Ungkapan ini benar. Jr (1995) bahwa. dan cukup pandai mengenali kekurangan- . Ringkasan eksekutif sejarah/ latar belakang bisnis. Pentingnya Perencanaan Dinyatakan oleh David H. menggunakan informasi untuk mengkaji kebenaran pendapatnya.Pengertian Business Plan Business plan adalah suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampian sebuah bisnis untuk menjual brang atau jasa dengan menghasilkan keuntunganyang memuaskan dan menarik bagi penyandang dana. apakah bisnisnya merupakan sebuah industri berskala besar atau hanya toko barang-barang kelontong. Mengenai kedalaman dan rincian dari sebuah business plan sangat tergantung pada luasnya bisnis yang akan dilakukan. seorang pengusaha yang tidak bias membuat perencanaan sebenarnya merencanakan kegagalan. sedang dan kurang baik. manufaktur dan sumber daya manusia. Isinya sering merupakan perencanaan terpadu menyangkut pemasaran. Isi dari sebuah business plan meliputi: Kulit depan/ cover judul. Bangs. Deskripsi tentang pasar. permodalan. Deskripsi tentang bisnis apa yang akan dilakukan. Sebuah business plan dapat dinilai oleh pembaca dengan memberikan bobot penilaian sangat bagus.

No disagreeable sound-tak ada nada sumbang .Easy to speel-mudah dieja .Easy to remember. yang akan diikuti dalam operasional bisnis. 2.Ada hubungannya dengan barang dagangan . Ini membuat seorang wirausaha sebagai manager.Peasing when read-enak dibaca . 5. Canon dan Wichert menyatakan cirri-ciri merek/nama perusahaan yang baik adalah: . Business plan merupakan suatu blueprint. sehingga berhasil dalam bisnis. menbuat promosi. Ini merupakan alat komunikasi untuk menarik orang lain. 3.kekurangan dirinya adalah pengusaha yang tidak mengalami kegagalan. Ini menolong seorang wirausaha untuk tetap kreatif konsentrasi pada tujuan yang telah ditetapkan. Dengan adanya business plan membuat mereka mengerti tujuan dan cara operasional bisnis. pemasok. konsumen.sebagin besar dari mereka akan mengalami kegagalan.Simple-sederhana .Bila di ekspor gampang dibaca oleh orang luar negeri . Membuat pengawasan lebih mudah dalam operasionalnya. 4. Kerangka Rencana Usaha Nama perusahaan Nama yang diciptakan untuk sebuah usaha harus dipikirkan baik-baik karena nama perusahaan ini akan berdampak jangka panjang.Does not go out of date-tak ketinggalan jaman . sehingga lebih efektif.mudah diingat .Short-pendek . yaitu: 1. penyandang dana. Sedangkan seseorang wirausaha yang memulai usahanya dengan melakukan kegiatan trial and error atau coba-coaba. Ada 5 alasan mengapa harus disiapkan business plan. Ini merupakan alat untuk mencari dana. apakah mengikuti atau sesuai dengan rancana atau tidak. karena dapat mengetahui langkah-langkah praktis menghadapi dunia persaingan.

. Lokasi perusahaan.(Drs. biasanya . Tempat kediaman berarti tempat perusahaan beroprasi. disebut tempat kedudukan b. Wasty Soemanto. o Adanya kemampuan yang meyakinkan untuk bersaing usaha dengan orang lain yang ada dalam bidang usaha yang sama. o Kurangnya saingan dalam bidang usaha yang kita kerjakan. Lokasi Ada dua hal penting menyangkut lokasi yang akan dipilih. Jika jenis usaha yang dijalankan berbentuk industri tentu jangkauan konsumen yang akan dituju lebih jauh dibandingkan bentuk pertokoan.Tidak menyinggung perasaan kelompok/orang lain atau tidak negative . 1992) Konsumen yang dituju Prospek konsumen ini didasarkan jenis usaha dan bentuk usahanya. penantang pasar (market .Membayangkan apa produk itu atau member sugesti penggunaan produk tersebut. Lokasi perkantoran. yaitu: a. Pasar yang akan dimasuki Sebuah perusahaan yang akan memasuki pasar akan menempatkan perusahaannya sebagai pemimpin pasar (market leader). o Teridentifikasinya kebutuhan tersembunyi masyarakat akan barang/ jasa tertentu. disebut tempat kediaman Tempat kedududkan berarti tempat (kantor) badan usaha. Komoditi yang akan diusahakan Kesempatan memilih komoditi yang akan diusahakan dapat mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut: o Membanjirnya permintaan masyarakat terhadap jenis barang atau jasa tertentu.mengelola perusahaan yang berada di tempat lain.

Umumnya perusahaan kecil menghindari persaingan melawan perusahaan besar dan mereka melarikan diri untuk memasuki relung pasar. membuat produk baru. Mereka mencoba untuk menonjolkan keunggulan produk dan memberikan servis yang istimewa kepada pelanggannya. General partnership b. Perusahaan ini dapat mengendalikan harga. termasuk tanggung jawab yang tidak terbatas terhadap utang-utang bisnis. dan dia selalu berusaha untuk mengejar bahkan melampaui pemimpin pasar. atau perelung pasar (market nicher). Limited partnership Bentuk general partnership semua anggota ikut secara aktif mengoperasikan bisnis sama-sama bertanggung jawab. Personil yang dipercaya untuk menjalankan perusahaan . Pemimpin pasar memiliki pangsa pasar terbesar dalam produk sejenis. Perelung pasar berasal dari pengikut pasar yang berusaha untuk menjadi pemimpin di pasar kecil atau memasuki relung pasar. Penantang pasar adalah perusahaan-perusahaan yang berada di bawah pemimpin pasar. menggunakan promosi secara gencar dan sebagainya. Ada dua macam partnership. Bentuk limited partnership memiliki anggota sekurang-kurangnya satu orang yang bertanggung jawab tidak terbatas dan anggota lainnya bertanggung jawab terbatas. pengikut pasar (market follower). Jumlah anggota yang memiliki tanggung jawab terbatas tidak dibatasi jumlahnya. Partner yang akan diajak kerjasama Definisi partnership ialah suatu asosiasi atau persekutuan dua orang atau lebih untuk menjalankan suatu usaha mencari keuntungan. yaitu: a.challenger).. Pengikut pasar sangat mengetahui cara-cara untukmempertahankan langganan yang sudah ada dan selalu mencari pelanggan baru.

Inipun tidak salah. Jangan biarkan orang kepercayaan bebas 100%. baik secara diam-diam maupun secara terbuka. atau pinjaman dari orang tua dan family lainnya. jangan dibeli. Modal utama seorang wirausaha adalah semangat dan kejujuran. baru boleh menonjolkan prestise. Untuk pertama kli membuka usaha. . Asal sifat prestisius ini sesuai dengan rencana usaha yang akan dikembangkan serta konsumen yang akan dilayani serta disesuaikan dengan kemampuan keuangan. yang masing-masing menyetorkan modalnya. melalui catatan-catatan tertulis. baru dia membeli barang yang mewah dan mahal. Ekonomis b. Pengawasan dilakukan terus menerus. Wirausaha yang prestisius akan selalu membeli peralatan terlengkap dan baru serta mahal. sebab ini menyangkut masalah karakter. Oleh karena itu. Dia hanya membeli peralatan yang sangat diperlukan saja. Prestise Wirausaha yang ekonomis sangat memperhatikan efisiensi dalam membeli peralatan. ataupun rumor-rumor yang berkembang diantara karyawan lain. menjual harta. Jika modal sangat kecil dapat dilakukan kerjasama dengan partner. Diluar itu.Memilih personil yag dipercaya memang agak sulit. pikirkan peralatan yang sangat diperlukan. informasi. dalam memilih personil yang dapat dipercaya memerlukan adanya pengamatan. Nanti jika usaha sudah maju. Ada dua hal yang dipertimbangkan dalam menyediakan peralatan: a. Modal juga bisa didapat dari relasi ataupun pinjaman dari bank. pantau tindak-tanduknya. kejujuran dan kemampuan seseorang. Jumlah modal yang diharapkan dan tersedia Pada umumnya modal yang tersedia untuk membuka usaha sangat minim atau malah nihil. Peralatan perusahaan yang perlu disediakan Peralatan yang perlu disediakan adalah sesuai dengan kepentingan usaha. sebab akan mengganggu uang kas. orang tersebut harus tetap diawasi. Akan tetapi banyak diantara wirausahawan mampu mengumpulkan modal dari tabungan.

Advertising. Elemen promosi: a. harus direncanakan bentuk promosi. Hal tersebut harus diperhatikan karena menjaga etika adalah suatu hal yang sangat penting untuk melindungi reputasi perusahaan. Semua claim dari relasi sampai tingkat tertentu harus dilayani dengan penuh toleransi. c. yaitu dalam bentuk korting. baik menyangkut produk. seorang wirusaha lebih baik merugi daripada melakukan perbuatan tidaka terpuji. Etika Kewirausahaan Pengertian Etika Etika diartikan sebagai suatu perbuatan standar yang memimpin individu dalam membuat keputusan. Para pengusaha harus semaksimal mungkin menghindari pertengkaran apalagi yang menyebabkan putus hubungan. dan ini merupakan elemen sangat penting untuk suksesnya suatu bsnis jangka panjang. 7. obral. Personal selling. . keunggulan apa yang akan ditunjukkan. yaitu berupa iklan di berbagai media b. yaitu tenaga penjual yang telah disiapkan baik di tokok maupun yang berkunjung kerumah-rumah(salesman). d.Penyebaran promosi Dalam mempromosikan suatu usaha. yaitu memberikan informasi kepada masyarakat tentang perusahaan. Sales promotion. hadiah-hadiah. manajemen dan sebagainya yang membuat masyarakat memiliki image baik terhadap perusahaan. kupon. tempat/media mempromosikan. Jadi prinsipnya. dan sebagainya. lokasi strategis dan sebagainya. Etika bisnis menyangkut usaha membangun kepercayaan antara anggotamasyarakat dengan perusahaan. Public relation. apakah akan menonjolkan haraga murah. kualitas prima.

Perilaku fundamental yang berhubungan dengan etika Perilaku fundamenta yang berhubungan denga etika yang berlaku sepanjang masa disemua etnis antara lain: a. PEnyogokan. lain daerah atau negara lain pula kebiasaanya. mereka membuat definisi. ada yang melarang. Fidelity. Demikian pula anda jika sudah mengetahui bahwa perbuaa melanggar etika.tidak menyembunyikan informasi yang tak perlu dirahasiakan. Sopan santun b.Faktor yang mempengaruhi etika Banyak factor yang mempengaruhi etika. Integrity. Knowledge Orang-orang yang mengetahui. maka jangan mau melakukannya karena anda bias berhadapan dengan hukum. hormat. benar dan loyal. titipan. 3. Cultural difference Tiap daerah memiliki kebiasaan sendiri-sendiri. 2. Jaga janji d. Fairness f. amplop. memiliki prinsip. upeti. komisi. dan berada dalam jalur pengambil keputusan mencoba berusaha tidak terlibat dalam masalah yang menyangkut masalah etika ini. namun pada dasarnya ada 3 faktor utama: 1. Sebagai wirausaha kita harus memahami perbedaan ini tetapi juga jangan sampai terpengaruh dengan kebiasaa/ budaya yang buruk. e. c. ada yang mengharuskan. dsb. Organizational behavior Perusahaan besar banyak yang menerapkan kode etik. ada yang memperbolehkan.tentu dipahami dalam bentuk yang berbeda tiap daerah. Caring for others . member contoh nilai-nilai etik yang harus diikuti dalam pelaksanaan pekerjaannya.

How do we get there? Disini perlu ditetapkan strategi pemasaran. Pursuit of excellence j. Accountability 8. Marketing Plan Ruang lingkup Marketing plan merupakan bagian dari business plan.Where have we been? Disini seorang wrausaha perlu tahu darimana mereka akan berangkat mengawali usahanya. Untuk menyusun marketing plan wirausaha perlu menjawab 3 pertanyaan ini . . Bila perlu juga dilakukan penelitian pemasaran serta penetapan anggaran belanja. keadaan persaingan.g. Wirausaha perlu menetapkan sasaran marketing untuk kedepannya . Responsible citizenship i. kekuatan dan kelemahan perusahaan. serta bagaimana kendala yang mungkin dihadapi. .Where do we want to go?. Untuk itu perlu diperhaikan latar belakang perusahaannya. Respect for others h.

tapi produsen memusatkan perhatiannya pada selera konsumen serta needs dan wants . Produsen belum memperhatikan selera konsumen melainkan menuruti selera dirinya sendiri. Yang mendasari para produsen menganut konsep ini adalah bahwa konsumen lebih menilai mutu barang yang akan mereka beli dan produsen harus selalu menjaga mutu hasil produksinya. Konsep Produk (product concept) Pada saat barang masih langka di pasaran maka produsen lebih menitik beratkan pada teknis pembuatan produk saja. Produsen yag menganut konsep ini akan memproduksi barang secara masal. c. sehingga harga pokok pabrik bisa ditekan dan harga jual jauh lebih rendah dari saingan. Konsep Produksi (production concept) Bertitik tolak dari anggapan bahwa konsumen ingin produk dengan harga murah dan mudah didapat di mana mana. Hal yang penting disini adalah kegiatan promosi secara maksimal sehingga nanti konsumen pasti mau membeli barang bila mereka sudah dirangsang untuk membeli.Menciptakan taktik atau tindakan pelaksanaan. d. menekankan biaya dengan efisien tinggi.Analisa situasi lingkungan dan peluang pasar .Inti kegiatan marketing plan: . 5 Konsep Pemasaran a. Konsep Penjualan (Selling concept) Disini produsen menghasilkan barang.Mengembangkan sasaran pemasaran . b.Menetapkan strategi pemasaran . Konsep Pasar (Marketing concept) Produsen tidak hanya membuat barang dan asal melancarkan promosi. kemudian harus menjualnya denga berbagai teknik promosi.

goals achievement. Konsep pemasaran berwawasan sosial (society concept) responsibility Arti konsep ini adalah sebuah konsep yang berusaha memenuhi kebutuhan keinginan dan minat konsumen sehingga dapaat memenuhi kepuasan konsumen secara efisin dan efektif dan membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. langsung atau tidak langsung harus selalu membuat konsumen mempunyai persepsi yang baik terhadap perusahaan. Disini intinya produsen ingin memuaskan konsumen dari barang yang dihasilkannya agar sesuai dengan keinginan konsumen. Semua orang dalam segala bidang harus memiliki pandangan yang sama. Konsumen akan mencari mutu dari barang yang ditawarkan sehingga akan timbul kepuasan. Disinilah tugas konsumen untuk mencari tau apa yang dinginka konsumen. e. Tiga komponen marketing Concept Sasaran utama marketing concept adalah kepuasan konsumen. Komponen kedua yaitu organisasi yang terintegrasi secara utuh. merupakan tujuan dari setiap perusahaan yaitu untuk meningkatkan penjualan namun jangan hanya menekankan peningkatan volume tapi juga harus membuat kegiatan marketing lebih efektif sehingga dapt menunjang penjualan. Jawabannya adalah kepuasan. Untuk mencapai sasaran tersebut ada 3 komponen penting yaitu konsumen’s needs and wants . Komponen ketiha. organizationallyintegrated marketing strategy . . Komponen pertama mengharuskan para produsen untuk memperhatikan apa yang dicari oleh konsumen.dari konsumennya. goals achievement.

Kewirausahaan. Bandung .DAFTAR PUSTAKA Alma Buhari. Alfabeta. 2007.