P. 1
Tugas Besar

Tugas Besar

|Views: 263|Likes:
Published by Chairil Fadli

More info:

Published by: Chairil Fadli on Jul 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/08/2015

pdf

text

original

TUGAS BESAR

METODE NUMERIK
(PENYELESAIAN METODE NUMERIK DENGAN SOFTWARE SCILAB)

CHAIRIL FADLI 130 2011 0355
KELAS 4.7

TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA MAKASSAR 2012

Pada awalnya Scilab dikembangkan oleh INRIA dan ENPC. Setelah kita jalankan perintah tersebut maka akan muncul suatu jendela Scilab.Z adalah versi dari Scilab. Alamat website Scilab adalah http://www. seperti yang ditunjukkan pada Gambar. Cara lain untuk menjalankan Scilab adalah dengan melakukan klik ganda terhadap ikon Scilab yang terdapat pada jendela Dekstop.Y. Kelebihan utama dari Scilab yaitu gratis (freeware) dan tersedia untuk berbagai system operasi seperti Windows. Sekilas tentang Scilab Scilab adalah suatu perangkat lunak yang dikembangkan untuk komputasi numerik dan visualisasi data. dan sekarang pengembangan dan pemeliharaan Scilab dilakukan oleh konsorsium Scilab. Perancis. Mac OS/X. Unix dan Linux.scilab. dimana X.Y.Z. .org. Dasar – dasar penggunaan Scilab Scilab dapat dijalankan dari menu Start _ Scilab-X.PENDAHULUAN 1. 2.Y.Z _ Scilab-X.

untuk melihat sistem bantuan (help).56 maka kita harus menuliskan ekspresi matematika tersebut setelah simbol --> kemudian tekan tombol ENTER untuk melakukan eksekusi terhadap ekpresi matematika yang telah kita ketikkan.23 + 4. Misalkan kita akan melakukan suatu perhitungan yaitu 1. Setelah selesai melakukan suatu perhitungan atau mengerjakan suatu perintah yang kita berikan maka Scilab akan menampilkan kembali simbol -->. Gambar berikut merupakan ilustrasi mengenai contoh perhitungan yang telah kita lakukan. gunakan menu ? _ Scilab Help. Scilab akan menampilkan hasil dari perintah yang telah kita berikan pada baris berikutnya.Simbol --> yang terdapat pada jendela Scilab merupakan tanda bahwa Scilab siap untuk untuk menerima suatu perintah yang akan kita berikan. Scilab juga dilengkapi dengan sistem bantuan (help) yang cukup baik. . Hal ini sebagai tanda bahwa Scilab telah siap untuk mengerjakan perintah yang lain. kita dapat memperoleh penjelasan yang detail mengenai suatu fungsi atau operator tertentu. Pada jendela bantuan.

Scilab juga memberikan demonstrasi sebagai pengenalan mengenai Scilab serta beberapa contoh aplikasi penggunaannya. Untuk melihat demonstrasi Scilab. klik menu ? _ Scilab demos. . Apabila perintah tersebut kita jalankan maka akan muncul sebuah form seperti yang terdapat pada Gambar.

CONTOH PENYELESAIAN METODE NUMERIK MENGGUNAKAN SOFTWARE SCILAB .

2) Hasil Running : .4. Gunakan Scilab untuk mengimplementasikan Algoritma pada untuk menampilkan hampiran akar positif fungsi f(x) = (x+1)2 e(x2-2) – 1 dengan interval (0. 1. Metode Biseksi/Bagi Dua Contoh Soal : 1.PENYELESAIAN PERSAMAAN NON LINEAR a.

b. Gunakan Scilab untuk menghitung hampiran akar – akar ex – x – 2 = 0 Hasil Running . Metode Newton-Rapshon Contoh Soal : 1.

Metode Regula Falsi Contoh Soal : 1. Gunakan Scilab untuk menghitung hampiran akar – akar f(x) = x3 + 2x2 + 10x – 20 = 0 dengan selang (1.5) Hasil Running .c.1.

Gunakan Scilab untuk menghitung hampiran akar – akar f(x) = x3 + 2x2 + 10x – 20 = 0 dengan selang (1.1. Metode Secant Contoh Soal : 1.d.5) Hasil Running .

Metode Simpson Hasil Running .INTEGRASI NUMERIK a.

Metode Trapesium Hasil Running .b.

Metode Titik Tengah Hasil Running .c.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->