P. 1
Burung Kaki Perenang

Burung Kaki Perenang

|Views: 206|Likes:
Published by Acit Doank

More info:

Published by: Acit Doank on Jul 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/24/2015

pdf

text

original

Burung kaki perenang

Alaotra Grebe

Status konservasi

Punah (IUCN 3.1)[1] Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Kelas: Ordo: Famili: Genus: Spesies: Chordata Aves Podicipediformes Podicipedidae Tachybaptus T. rufolavatus

be Alaotra (Nama ilmiah : Tachybaptus rufolavatus; bahasa Inggris: Alaotra Grebe) adalah salah satu spesies yang endemik diDanau Alaotra dan danau sekitarnya di Madagaskar. Spesies ini terakhir terlihat [2][3] pada tahun 1985 dan dikonfirmasi punah pada tahun 2010, meskipun semua wilayah habitat yang tersisa belum dicari secara menyeluruh. Spesies ini adalah burung dengan panjang sekitar 10 inci (25 cm). [5] telah dipengaruhi oleh sayap kecilnya.
[4]

Kemampuan terbangnya diyakini

Gray. ras.R. Kiwi telah menjadi simbol bagi orang-orang selandia baru dalam hal usia. dan kepercayaan.Burung kaki pejalan h: Apteryx Australis Ciri-ciri : .Jumlah jari 4 . 1840 Apteryx Shaw. [1] . 1813 Burung kiwi dinobatkan sebagai ikon negara selandia baru karena beberapa hal berikut : 1. 2.Berwarna abu-abau atau Coklat .Bulu berstruktur mirip rambut .Tidak bersayap dan tidak berekor .Makanan berupa cacing dan serangga Kerajaan: Animalia Filum: Kelas: Ordo: Famili: Genus: Chordata Aves Struthioniformes Apterygidae G. Kiwi adalah burung yang khas berasal dari wilayah selandia baru. Burung kiwi dianggap memiliki semangat nasional negeri itu yaitu mampu bertahan dan berevolusi selama jutaan tahun. 3.Paruh panjang bulat diujungnya terdapat hidung . dan telah endemik selama jutaan tahun di sana. gender.

4. Sebelum mengenal semir itu mereka menyebut orang-orang selandia baru dengan Maorilanders. atau Fernlanders. Saat ini spesies kiwi termasuk sebagai hewan langka. Sebutan itu ia berikan sebagai bentuk penghargaan bagi negara calon istrinya yang berasal dari Oamaru selandia baru. maka dengan dijadikannya ia sebagai ikon Negara akan mendorong banyak upaya pelestarian dan perlindungan bagi kelangsungan hidup kiwi agar tidak punah. Hal ini diawali dari kisah seorang lelaki kelahiran Skotlandia yang pada permulaan tahun 1900 membuat produk semir sepatu yang mampu membuat sepatu bersinar. begitu semir kiwi menjadi populer sebutan tadi berubah menjadi kiwi dan terus melekat bagi penduduk selandia baru. . Kiwi telah menjadi sebutan bagi orang selandia baru sejak lama. tahan air. yang ia sebut dengan semir Kiwi. Pada masa perang itu pasukan Amerika dan Inggris menggunakan semir tersebut dan akhirnya menyebut orang-orang selandia baru dengan sebutan kiwi. En Zedders. 5. Kemudian semir sepatu tadi menjadi populer selama masa Perang Dunia Pertama. awet dan lembut.

tidak ada penguin lain yang memiliki ekor seperti itu. Bulu ekor panjang kaku menempel di belakang saat mereka berjalan. Populasi yang besar ditemukan di Georgia Selatan. dan Iles Kerguelen. Kepulauan Falkland.Burung perenang berjalan Kerajaan: Animalia Filum: Kelas: Ordo: Famili: Chordata Aves Sphenisciformes Sharpe. . Mereka berkembang biak di musim dingin di pulau-pulau sub-Antartika bagian utara dan menelurkan dua butir telur pada awal Juli. 1831 Modern genera Aptenodytes Burung Perenang Tercepat Gentoo Penguin yang ditemukan di Kepulauan Antartika bisa berenang 40 km per jam. sering digunakan untuk memiringkan ketika di air. Paruh berwarna oranye dan corak putih di belakang mata yang membedakan gentoos hitam putih dengan spesies chinstrap. 1891 Infrakelas: Neognathae Spheniscidae Bonaparte.

Bisa menyelam sedalam 300 “ meskipun mangsanya biasanya berada di tempat yang dangkal. Di daratan penguin menggunakan ekor dan sayapnya untuk menjaga keseimbangan ketika berjalan. namun penguin tidak hanya ditemukan di daerah dingin atau di Antartika saja. Salah satu spesies hidup di Kepulauan Galapagos(Penguin Galapagos) dan biasanya menyeberangi garis khatulistiwa untuk mencari makan. sementara penguin yang berukuran lebih kecil biasanya ditemukan di daerah yang lebih hangat bahkan daerah tropis. . Walaupun seluruh jenis penguin awalnya berasal dari belahan bumi selatan. Kebanyakan penyelaman hanya berlangsung setengah menit.1 meter dan berat 35 kilogram atau lebih. Penguin dapat meminum air laut karena kelenjar supraorbital pada tubuhnya menyaring kelebihan garam laut dari aliran darah. cumi-cumi dan hewan air lainnya yang tertangkap ketika berenang di lautdengan paruhnya. Namun satu bentuk pertengkaran besar antar penguin akan terjadi jika seekor ibu penguin kehilangan anaknya (karena tidak bisa bertahan dalam badai besar atau dimakan oleh hewan pemangsa). Tingkah laku ini menarik perhatian ilmuwan. [sunting]Makanan Umumnya penguin memakan krill (sejenis udang). ikan. Spesies penguin terkecil adalah Penguin Peri (Eudyptula Minor) dengan tinggi sekitar 40 cm dan berat satu kg. Mereka akan mendekat pada kelompok peneliti yang sedang mempelajari mereka. famili Spheniscidae) adalah hewan akuatik jenis burung yang tidak bisa terbangdan secara umum hidup di belahan Bumi selatan. [sunting]Ukuran Spesies penguin terbesar adalah Penguin Kaisar (Aptenodytes forsteri) dengan tinggi mencapai 1. penguin-penguin betina lain dalam kelompok penguin tersebut tidak menyukai "pencurian" ini dan akan menolong dan "membela" ibu penguin yang anaknya dicuri. [sunting]Bentuk tubuh [1] Tubuh penguin sangat sesuai untuk berenang dan hidup di air . Penguin atau pinguin (ordo Sphenisciformes. Menariknya. penguin yang berukuran besar lebih dapat mempertahankan suhu tubuhnya sehingga dapat bertahan di daerah dingin. Sayapnya merupakan pendayung dan tidak mampu untuk terbang. [sunting]Spesies dan habitat [1] Di seluruh dunia terdapat 16 spesies penguin tergantung pada apakah dua spesies Eudyptula dihitung juga sebagai spesies. Secara umum. maka ibu penguin akan "mencuri" seekor anak penguin dari ibu penguin yang lain. [sunting]Tingkah [1] laku penguin Penguin terlihat tidak takut dengan kehadiran manusia. Jika seekor anak hilang. Garam ini lalu dikeluarkan dalam bentuk cairan lewat saluran pernapasan penguin. Terdapat tiga spesies penguin yang hidup di daerah tropis.

Sedangkan permukaan gelap pada punggungnya juga menyamarkan penguin dari pandangan hewan pemangsa di atas air. Hal ini berguna untuk kamuflase. . [sunting]Jenis kelamin Untuk melihat jenis kelamin penguin sangat sulit. kadang-kadang penguin berjalan dengan kaki pendeknya atau meluncur di salju dengan perutnya. [sunting]Berjalan dan meluncur Untuk menghemat energi. Mata penguin beradaptasi untuk penglihatan bawah air dalam mencari makanan dan menghindar dari pemangsa. Akibatnya untuk membedakan jenis kelamin penguin. Hewan pemangsa seperti singa laut dari dalam air akan sulit untuk melihat penguin karena perutnya yang berwarna putih bercampur dengan pantulan permukaan air laut. [sunting]Kemampuan penginderaan Penguin memiliki pendengaran yang amat baik. manusia harus memakai teknik pemeriksaan kromosom/DNA. yaitu penguin emperor bisa menyelam lebih dalam hingga 565 meter selama 20 menit. [sunting]Kemampuan berenang dan menyelam Penguin mampu berenang dengan kecepatan 6 hingga 12 km/jam bahkan pernah tercatat hingga 27km/jam. karena penguin tidak memiliki kelamin eksternal. penguin amat mengandalkan pendengarannya.Setiap penguin memiliki warna putih di sebelah dalam tubuhnya dan warna gelap (biasanya hitam) di sebelah luar tubuh. Jika berada di daratan. Penguin yang berukuran lebih besar. Kemampuan daya penciuman penguin hingga saat ini masih belum banyak diketahui dan membutuhkan penelitian lebih lanjut. Penguin yang berukuran kecil biasanya menyelam selama satu hingga dua menit dari permukaan air untuk menangkap makanan.

Burung kaki pemanjat Pelatuk Paruh-gading Dari Wikipedia bahasa Indonesia. kemungkinan punah[1] Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia . ensiklopedia bebas (Dialihkan dari Pelatuk paruh gading) Belum Diperiksa ? Pelatuk paruh gading Status konservasi Kritis.

principalis Nama binomial Campephilus principalis (Linnaeus.[2] Pada akhir September 2006. Sebuah laporan menyatakan ditemukannya spesies jantan di Arkansas pada tahun 2004 dan 2005 dilaporkan oleh sebuah regu dariLaboratorium Ornitologi Cornell pada April 2005 (Fitzpatrick et al. Jika benar. 2006).. Picidae. namun pada akhir abad ke20 telah ditetapkan secara luas sebagai spesies yang telah punah.Filum: Kelas: Ordo: Famili: Genus: Spesies: Chordata Aves Piciformes Picidae Campephilus C. contoh spesies. 1758) Pelatuk paruh gading (Campephilus principalis) adalah salah satu spesies dari familia Burung pelatuk.000 ditawarkan untuk informasi yang bisa menunjukkan sarang. bukti lain yang dapat menjadi acuan dalam menetapkan keberadaan populasi Pelatuk Paruh Gading yang bedasarkan foto atau video. hal ini akan menjadikan Pelatuk paruh gading menjadi sebuah spesies lazarus. Penawaran sebesar $ 10.. Meskipun begitu. 2005). (Hill et al. binatang ini secara resmi didaftarkan sebagai spesies terancam. Daftar isi . tempat bertengger atau tempat makan Pelatuk paruh gading. Di samping laporan awal dari Arkansas dan Florida. sebuah regu Ornitologi dari Universitas Auburn dan Universitas Windsor menerbitkan makalah yang menyatakan pendapat yang mendetail mengenai bukti-bukti keberadaan Pelatuk Paruh Gading di sepanjang Sungai Choctawhatchee di Florida bagian barat laut. suatu spesies hidup yang ditemukan kembali setelah ditetapkan punah selama beberapa waktu. atau DNA dari bulu burung tersebut. usaha pembebasan tanah dan pemulihan sekarang sedang dilakukan untuk melindungi kelangsungan hidup pelatuk ini. sampai sekarang belum didapatkan.

Panjang Pelatuk Paruh Gading adalah 50 cm dan berat 600 gram.1 Perdebatan 4.[sembunyikan]     1 Deskripsi 2 Habitat dan pola makan 3 Kelangsungan hidup 4 Status o o o 4.2 Ekspedisi Sungai Pearl 2002 4.imperialis) dari Meksiko barat. Spesies yang terbesar dari semua pelatuk adalah Pelatuk Raja (C. 1990-an 4.1 Referensi 7.3.1 Peninjauan: 1940-an s. Binatang ini memiliki rentang sayap sepanjang 75 cm.3 Pranala luar [sunting]Deskripsi Pelatuk Paruh Gading merupakan jenis pelatuk berukuran besar dari Amerika Serikat.4 Laporan Florida 2005 dan 2006 5 Kepariwisataan 6 Fakta lain 7 Rujukan o o o 7. yang merupakan spesies langka lainnya. .3 Laporan Arkansas 2004 dan 2005  o    4.2 Catatan kaki 7.d.

gesit. Bagaimanapun. berbentuk segitiga putih pada bagian punggung terbawah ketika bertengger. Binatang ini juga memiliki belang putih pada leher tapi punggungnya yang umumnya berwarna hitam. Gendangan burung ini hanya sekali atau dua kali ketukan. Jambul berwarna hitam pada betina dan anak-anak. mengakibatkan garis hitam hanya terdapat di sepanjang permukaan dalam sayap bagian tengah lalu melebar pada bagian ujung sayap. Dagu dari Pelatuk Paruh Gading berwarna hitam. Paruh gading memiliki paruh yang kuat dan panjang. jambul berwarna hitam sepanjang sisinya. atau biru kehitaman pada warnanya. Kebanyakan Pelatuk jambul biasanya tidak memiliki warna putih pada tepi permukaan luar sayap mereka dan ketika bertengger secara normal akan tampak satu bidang kecil berwarna putih pada setiap sisi tubuhnya dekat pinggir sayap. keras. Pada jantan. setiap individunya tampak berbeda dari biasanya. Pelatuk Jambul muda dan dewasa memiliki jambul merah dan dagu putih. Seperti kebanyakan pelatuk. abu-abu kehitaman. Pelatuk Jambul. Karakteristik tersebut menjadi cirinya sejak kecil dan Pelatuk Jambul paruh hitam. berubah serampangan menjadi merah pada ujung atas hingga belakang. dan lidah pengait.Warna pada bulu burung jantan (atas) dan betina (bawah). Pada dalam sayap juga berwarna putih di sepanjang tepinya. paruh gading merupakan spesies unik dalam memiliki paruh yang berujung kasar. Burung ini berwarna hitam kebiruan dengan putih pada bagian leher hingga punggungnya dan putih yang lebih lebar pada tepi luar dan dalam sayapnya. Ketika bertengger dengan sayap terlipat. membentuk banyak seperti pahatan pada kayu. Antar Pelatuk Amerika Utara. telah dilaporkan bahwa permukaan putih pada sayapnya. baik pada jantan maupun betina akan tampak bidang kecil putih pada bagian punggung bagian bawah berbentuk segitiga kasar. Pelatuk Jambul umumnya berwarna hitam kecoklatan. Empat panggilan .

suaranya seperti trompet mainan yang sering diulang secara berurutan. dan mengupas kulit kayu pada pohon yang mati untuk menemukan serangga. hal itu sering diulangi. yang sejumlah besar pohonnya telah mati dan membusuk. dan serangga. Burung kaki petengger Burung apung Dari Wikipedia bahasa Indonesia. ? Apung . Burung ini menggunakan paruh putihnya yang besar untuk mematuk. ini deberikan antara individu di sangkarnya. Pada waktu itu. buah. adalah kent atau hant. Kebanyakan Pelatuk Jambul bersaing untuk makan dengan spesies ini. panggilan lain. sebagian besar Amerika Serikat bagian selatan tertutup hutan kayu keras yang luas yang diperkirakan merupakan habitat burung itu. Pelatuk Paruh Gading suka makan larva kumbang pada sarang-sarang di kayu. Binatang ini juga suka makan biji. Yang paling umum. memecah. [sunting]Habitat dan pola makan Pelatuk Paruh Gading menyukai kayu keras rawa dan Hutan Pinus. Pelatuk Paruh Gading tersebar dari Texas bagian timur sampai Carolina Utara. burung ini memerlukan jarak sekitar 25 km² (10 mil persegi) setiap hinggap sehingga mereka hanya dapat menemukan cukup makanan untuk memberi makan anak-anaknya dan dirinya. lihat Apung (disambiguasi). menyisakan sedikit habitat yang dapat dihuni. dan dari Illinois bagian selatan sampaiFlorida dan Kuba. Suatu. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Untuk pengertian lain dari Apung. industri kayu menebangi hutan berjuta-juta hektar di Selatan. Sebelum Perang Saudara Amerika.berbeda diungkapkan dalam suatu kebudayaan dan 2 direkam pada tahun 1930-an.[3] Setelah Perang Saudara. paling sering dua kali. Karenanya. juga direkam. dan telah diungkapkan seperti yent-yent-yent. Anehnya. sedikit sekali populasi yang sehat. Ketika burung ini diganggu. nada kent naik.

see text.40. Benggala Barat. Burung yang memiliki cara terbang khas. 1805 Species c. dan kerap hinggap di tanah ini memiliki persebaran kosmopolitan. suku Motacillidae. India Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Kelas: Ordo: Famili: Genus: Chordata Aves Passeriformes Motacillidae Anthus Bechstein. . Anthus rufulus dari Kolkata.Apung sawah. menggelombang. Apung adalah nama sejenis burung pemakan serangga dari marga Anthus. di hutan lebat. dan di Antartika. ditemukan di hampir semua bagian dunia kecuali di tengah padang pasir yang kering.

Paruhnya ramping. dan tepi jalan.[1] Apung memiliki penampilan yang cenderung konservatif. hanya sekitar 11. warna yang cocok untuk menyamar di atas tanah atau bebatuan. Daftar isi [sembunyikan]      1 Pengenalan 2 Catatan taksonomis 3 Spesies 4 Catatan kaki dan rujukan 5 Pranala luar [sunting]Pengenalan Burung-burung yang bertubuh ramping. Satu ciri apung yang tidak biasa di kalangan burung petengger ialah bulu tersiernya yang seluruhnya menutupi bulu primer manakala sayapnya terlipat. bantaran sungai. Panjang tubuhnya berkisar antara 16 hingga 21 cm. Baik dari ukuran tubuh maupun dari warna bulunya. Apung bersarang di antara rerumputan di atas tanah. Berat tubuhnya antara 15–38g. Bila terganggu. dengan bintik-bintik atau coret-moret hitam.5–12. dari kerusakan akibat sinar matahari yang terik di habitatnya.5 cm. Fenomena ini diyakini berlaku untuk melindungi bulu-bulu primer yang penting untuk terbang. bertelur hingga sekitar enam butir. tampak tidak ada atau hanya ada sedikit dimorfisme seksual (perbedaan di antara jantan dan betina). Warna bulunya umumnya tidak menarik. meski yang terkecil. dan berjalan dengan anggun di darat. [sunting]Catatan taksonomis .[2] Mencari makanannya yang berupa serangga dan invertebrata kecil lainnya. terbang rendah menggelombang dan hinggap kembali dalam jarak yang tidak terlalu jauh. Banyak spesiesnya yang bersifat migran. apung bersifat monogami dan mempertahankan teritori tempat tinggalnya. Sebagaimana kerabatnya yang lain. apung ekor-pendek. kakinya kecil dan panjang. namun tidak sama dengan burung pipit dalambahasa Indonesia. Ekornya yang panjang kadang-kadang digoyangkan ketika berjalan. apung biasa menjelajahi tempattempat terbuka sepertipersawahan.Dalam bahasa Inggris (dan juga Malaysia) burung-burung ini dikenal sebagai pipit. kecoklatan atau kekuningan. berukuran sedang.

apung tanah. sebagian ahli mendaftar hanya sekitar 34 spesies dalam marga ini.Apung tanah Anthus novaeseelandiaedari Selandia Baru Marga ini memiliki anggota lebih dari 40 spesies. Jumlah anggota tepatnya masih dalam perdebatan. serta apung afrika yang menyebar di Afrika. Tambahan lagi. atau bahkan perlu dipisahkan antara populasi di pulau-pulau kecil di selatan Selandia Baru dengan yang berada di daratan utama[3] Pada pihak yang lain. Australia dan Papua. Sebagai teladan. menjadikannya yang terbesar dalam suku Motacillidae. Burung kaki pencengkram Elang alap jambul (Crested Goshawk) . Anthus novaeseelandiae. kesulitan taksonomis juga muncul sebagian dikarenakan kemiripan yang sangat di antara anggota-anggota marga ini. populasi Australia dan Selandia Baru kini diusulkan untuk dipisah sebagai spesies baru [2]. sebelumnya juga mencakup apung sawah dan apung richard dari Benua Asia. yang sekarang ini memiliki 9 anak jenis (subspesies) yang tersebar di Selandia Baru.

Nama Latin : Accipiter trivirgatus Nama Inggris : Crested Goshawk Penyebaran Lokal : Tidak jarang ditemukan di hutan dataran rendah Sumatera (termasuk Nias) dan Kalimantan (termasuk Kep. Natuna) sampai ketinggian 1000 m. ensiklopedia bebas ? Elang alap jambul . tetapi sekarang langka Makanan: Kadal dan burung Elang-alap Jambul Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Di Jawa dan Bali dulu tersebar luas di hutan dataran rendah dan perbukitan.

1) Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Ordo: Famili: Genus: Chordata Falconiformes Accipitridae Accipiter Nama binomial Accipiter trivirgatus .seekor elang alap jambul yang sedang bertengger Status konservasi Risiko Rendah (IUCN 3.

tubuh bagan bawah merah karat. Ditemukan juga di hutan-hutan[1] sekunder mengunjungi perkebunan teh. tetapi coretan dan garis-garis melintang pada tubuh bagian bawah berwarna coklat serta tubuh bagian atas coklat lebih pucat. baik hutan hijau sepanjang tahun ataupun hutan gugur daun.(Temminck.  Jantan dewasa: tubuh bagian atas coklat abu-abu dengan garis-garis pada sayap dan ekor. Hutan lebat. pada pohon tinggi di hutan. .  Remaja dan betina : seperti jantan dewasa. 1824) Elang alap jambul (Accipiter trivirgatus) adalah sejenis elang yang termasuk ke dalam spesies dari genus accipiter. Tubuh gelap dengan jambul yang jelas.Sarangnya terbuat dari tumpukan besar ranting berlapis daun. berselang dengan luncuran pendek dalam lingkaran yang sempit. [sunting]Habitat Selalu tinggal di hutan lebat. berbintik coklat. Tersebar sampai ketinggian 1. ada garis tebal hitam melintang pada perut dan paha yang putih. Lehernya putih dengan setrip hitam menurun ke arah tenggorokan dan ada dua setrip kumis.Makanan burung ini adalah kadal dan burung. jumlah telur adalah 2 butir. perbukitan.000 m dpl. Rentang sayap 54-79 cm dan berat tubuh 224-450 gram baik individu Jantan maupun betina.Telurnya berwarna putih kebiruan. Pada waktu berbiak kadang memperlihatkan gaya terbang yang khas.Berkembang biak bulan Desember-Maret. Daftar isi [sembunyikan]       1 Deskripsi badan dan suara 2 Habitat 3 Penyebaran 4 Makanan 5 Kebiasaan 6 Referensi [sunting]Deskripsi badan dan suara Karateristik dalam burung elang alap jambul adalah : Berukuran sedang 30-46 cm. dada bercoretan hitam. getaran sayap (bulu putih sisi tubuh terlihat jelas). hutan dataran rendah.

Filipina. dan tikus [4]. [sunting]Makanan Makanan utamanya adalah Burung. Sunda Besar. Selalu tinggal di hutan lebat. kadal.[sunting]Penyebaran Asia Selatan. Jawa. penyebarannya terdapat di Sumatera. Natuna) sampai ketinggian 1000 m. Juga di Asia Tenggara memakan burung punai. [5] . Kalimantan. katak. Di Jawa dan Bali dulu tersebar luas di hutan dataran rendah dan perbukitan. mamalia kecil.Tidak jarang ditemukan di hutan dataran rendah Sumatera (termasuk Nias) dan Kalimantan (termasuk Kep. Pada waktu berbiak kadang-kadang memperlihatka cara terbang yang khas. Di Indonesia. serangga besar. Asia tenggara. . yaitu getaran sayap (bulu putih pada sisi tubuhnya terlihat jelas) berselang dengan luncuran pendek dalam lingkaran yang sempit. Individu berukuran lebih kecil umum memakan kadal. tupai. [sunting]Kebiasaan Berburu di tenggeran yang rendah di laut. tetapi sekarang langka[3]. Bali[2].

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->