Arti Lambang

Sebagai Daerah Otonom yang berbentuk Kota dalam lingkungan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kota Padang Panjang perlu mempunyai sebuah Lambang Daerah. Sesuai dengan yang diatur dalam Peraturan Daerah Kota Padang Panjang Nomor 6 Tahun 2002 tentang Lambang Daerah Kota Padang Panjang yakni berbentuk sebuah perisai bersegi lima yang memuat :
          

Warna Hitam, Kuning dan Merah mengelilingi perisai Tulisan PADANG PANJANG dengan warna hitam berlatar belakang warna kuning Lukisan bintang bersegi lima dengan warna kuning emas berlatang belakang langit dengan warna biru Lukisan 3 (buah) gunung dengan warna hijau Lukisan warna putih yang membatasi langit dan gunung Lukisan Rumah Gadang dengan warna hitam Lukisan mesjid dengan warna putih Lukisan Kitab terkembang dengan warna kuning Lukisan setangkai padi dengan warna kuning emas dan setangkai kapas dengan warna putih dan coklat Tulisan KOTA SERAMBI MEKKAH dengan warna hitam berlatar belakang warna kuning Dan Lukisan Pita dengan warna Merah dan Putih ARTI DAN MAKNA LAMBANG DAERAH KOTA PADANG PANJANG 1. Arti Bentuk / Lukisan: Tulisan PADANG PANJANG menunjukkan Padang Panjang sebagai Daerah otonomi. Lukisan Bintang bersegi lima melambangkan Ketuhanan yang Maha Esa.

 

melambangkan keagungan / kemuliaan terhadap kebenaran suatu nilai budaya. melambangkan kesejukan dalam tatanan kehidupan masyarakat. Tulisan KOTA SERAMBI MEKAH melambangkan julukan Padang Panjang dengan cirri khas Islami. Syara’ Basandi Kitabullah untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan. Putih. Lukisan Pita dengan warna Merah Putih melambangkan Padang Panjang Bagian dari Negara Kesatuan Republik Indoseia dan sebagai Kota Perjuangan. Lukisan Rumah Gadang melambangkan bahwa Padang Panjang adalah suatu Kota yang menjunjung tinggi kehidupan bermusyawarah dan mufakat dengan landasan Adat Basandi Syara’. Kuning Emas. Arti Warna:             Hitam. Hijau. melambangkan kedalaman budi pekerti dari masyarakat yang menjunjung tinggi falsafah Adat Basandi Syara’. Syara’ Basandi Kitabullah. melambangkan kepemimpinan dari Ninik Mamak / Penghulu yang tahan uji / tahan tempa serta ulet dan tabah. Lukisan Mesjid melambangkan kehidupan masyarakat Padang Panjang yang bernuansa Islami. 2. Melambangkankesuciaan dalam kehidupan beragama.   Lukisan tiga buah gunung melambangkan bahwa Kota Padang Panjang dilingkungi oleh tiga buah gunung. Coklat. . Biru Langit. melambangkan kesuburan tanah yang dimiliki Kota Padang Panjang. Lukisan Kitab terkembang melambangkan bahwa Kota Padang Panjang adalah Kota Pendidikan. Lukisan Setangkai Padi dan Kapas melambangkan Proklamasi Kemerdekaan Tujuh Belas Bulan Delapan dan kemakmuran. Merah. Lukisan garis putih melambangkan Padang Panjang sering diselimuti awan. melambangkan suatu keberanian dan kegigihan bagi pengemban amanah untuk menjalankan tugas dan tanggungjawab yang dipercayakan.