Obyek Wisata Air Panas Ciater, bagi masyarakat Indonesia, apa lagi Jawa Barat dan Wilayah lain

di Nusantara ini, sudah mengenalnya. Karena obyek wisata ini, selain dijadikan sebagai sarana rekreasi keluarga, obyek wisata air panas Ciater ini juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Pasalnya berdasar hasil penelitian serta analisa Balneologi, sumber air hangat mineral yang ada mengandung Calsium, Magnesium, Chloride, sulfat, Thermo, Mineral, serta Hypertherma dengan kadar aluminium yang tinggi yaitu 38,5 equiv persen, dan keasamannya juga sangat tinggi yaitu PH : 2,45. Sementara suhu air panasnya yang berasal dari mata air sekitar 43 derajat Celsius – 46 Derajat Celsius. Sedangkan yang berada dalam kolam kadar temperaturnya mencapai 37 Derajat Celsius – 42 derajat celsius.Suhu air dinginnya bisa mencapai sekitar 8 – 10 Derajat Celsius. lokasi pemandian air panas ini berada di Desa Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat, letaknya di lembah Ciater, ditengah perkebunan teh di kaki Gunung Tangkuban Perahu. Suhunya juga tidak terlalu dingin, hanya sekitar 20 Derajat Celsius secara maksimal, minimalnya 16 Derajat Celsius. Dengan menempati areal seluas 30 Ha aktif, dan 40 Ha pasif. Bagi masyarakat tidak asing lagi terhadap pusat wisata Air Panas Ciater tersebut. Untuk menuju lokasi dapat dilakukan semua arah, dari Bandung-Ciater dengan jarak tempuh 32 Km, Lembang-Ciater 15 Km, Kawah-Ciater 7 Km, Subang – Ciater 30 Km, Jakarta-Ciater melalui arah puncak 212 Km, Jakarta-Ciater melalui Tol Cikampek-Bekasi 185 Km. Konon khabarnya mata air panas Ciater tersebut berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban Perahu, yang terletak tidak jauh dari obyek wisata Sari Ater.: Tarif Masuk : 1. Tiket masuk obyek wisata Rp 14.000./Orang. 2. Tarif Kolam Pemandian atau kamar mandi Rp. 80.000/Orang. 3. Tarif Kolam Pemandian sederhana Rp. 20.000 – Rp. 55.000 untuk sekali mandi. Fasilitas : 1. Bungalaw, 2. Hotel, 3. Villa, 4. Sarana permainan anak sampai dewasa, 5. Sarana olah raga, 6. Arum jeram, 7. Out bond, 8. Sarana berbelanja 9. Masjid. 10. Fasilitas resort Sari Ater Hot Spring Resort mempunyai 103 kamar dan bungalow dengan berbagai tipe, lengkap dengan fasilitas ruangannya. 11. Fasilitas olahraga dan adventure Tenis lapangan, basket, volley, put & put mini golf, wahana anak-anak, tea walk, paint ball games, gokart off road, dsb. 12. Fasilitas rekreasi Kolam rendam air panas, perahu dayung, lahan perkemahan, kolam pancing, picnic area kerajinan keramik, dsb. 13. Fasilitas restaurant dan bar

Fasilitas indoor dengan luas 7000 m2 dan outdoor untuk berlatih kuda juga istal beserta sarana penunjang lainnya yang dapat menampung lebih dari 800 ekor kuda adalah fasilitas yang . * Fasilitas olahraga dan adventure Tenis lapangan. kolam pancing. jogging track dan berenang bersama keluarga. gokart off road. Obyek Wisata di Ciater Sari Ater Hot Spring Resort Sari Ater Hot Spring Resort terletak pada kawasan pegunungan Subang. Obyek wisata ini merupakan salah satu obyek terpopuler di Indonesia. Gracia dapat menjadi alternatif pilihan wisatawan untuk sekedar menikmati keindahan panorama Subang sambil melakukan kegiatan tea walk.14. Merupakan salah satu pusat pacuan kuda yang mempunyai fasilitas yang cukup lengkap bagi para penggemar olahraga berkuda. tea walk. Dengan segala kemudahan dan kenyamanan yang tersaji. volley. Sari Ater Hot Spring Resort banyak memberikan fasilitas wisata bagi para wisatawan yang berekreasi bersama keluarga untuk menikmati keindahan alam. basket. * Fasilitas rekreasi Kolam rendam air panas. put & put mini golf. dsb. Fasilitas wisata yang diberikan kepada para wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata ini diantaranya adalah: * Fasilitas resort Sari Ater Hot Spring Resort mempunyai 103 kamar dan bungalow dengan berbagai tipe. lengkap dengan fasilitas ruangannya. picnic area kerajinan keramik. Sumber mata air panas tersebut disajikan dalam bentuk kolam dan kamar rendam dengan desain yang unik. Para wisatawan dapat menikmati sumber mata air panas yang berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban Perahu yang terletak tidak jauh dari obyek wisata Sari Ater. Kecamatan Jalancagak Kab. Pusat Pacuan Kuda Ciater Pusat Pacuan Kuda Ciater terletak dalam kawasan Ciater Highland Resort di tengah perkebunan teh yang menghampar luas. dsb. Fasilitas conference & banquet Semua fasilitas sudah lengkap di areal seluas 70 Ha tersebut. camping ground. lahan perkemahan. paint ball games. wahana anak-anak. yang tersebar dibeberapa lokasi obyek wisata Sari Ater. * Fasilitas restaurant dan bar * Fasilitas conference & banquet Ciater Spa Ciater Spa adalah suatu tempat medical dan health centre yang juga memberikan fasilitas wisata sehingga pengunjung dapat melakukan pengobatan secara modern dan canggih untuk merehabilitasi berbagai penyakit sambil berekreasi bersama keluarga. Fasilitas rekreasi yang disediakan antara lain kolam rendam air panas. Dengan luas areal 30 Ha dan pesona alam khas pegunungan. perahu dayung. berperahu pada danau buatan serta disediakan juga resort untuk beristirahat. di kaki gunung Tangkuban Perahu tepatnya di Desa Ciater. Subang.

Cibaduyut Sepatu. Kolam renang dengan desain yang unik. Harganya pun bervariasi. Buktinya dengan banyaknya turis domestik yang datang ke sini. Para pengunjung dapat menikmati keindahan pesona alam perkebunan teh baik di dalam kawasan resort ataupun di luar kawasan resort sambil berkuda. Ada pakaian termasuk jaket kulit. anda dan keluarga juga dapat melakukan kegiatan rekreasi lain dengan memanfaatkan fasilitas sport komplek yang telah dilengkapi dengan restaurant dan karaoke. jangan lupa membeli buah nanas. boneka. Sepanjang Jalan Cibaduyut Bandung banyak berdiri toko toko yang menjual dan menerima pesanan sepatu. Harganya pun bisa di tawar. bahan kulit untuk mebuat sepatu atau sendal dan lain-lain.tersedia disana. Selain berkuda. karena patung sepatu merupakan lambang atau ciri khas dari jalan cibaduyut dan patung sepatu satusatunya yang ada di kota Bandung. Atau sempatkan diri mencicipi sajian khas.jika hendak pulang. mulai dari beberapa puluh ribu saja sampai dengan ratusan ribu rupiah. Hasil produk sepatu cibayudut tidak kalah dengan merek luar negeri. Tepatnya berada di Cibaduyut Bandung. dan kwalitas yang cukup bagus. tempat bermain anak. Jawa Barat. Semua ukuran sepatu dapat dibuatkan di sini. Sari Ater bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum. Bandung merupakan salah satu sentral pembuatan asesoris tersebut. Daerah ini terkenal karena harga yang mereka tawarkan cukup murah. Di tandai dengan patung sepatu yang besar di depan perempatan sebelum memasuki jalan Cibaduyut Bandung. Cibaduyut pun dikenal sebagai deretan toko terpanjang di Asia. kita dapat menemukan lebih banyak lagi. yang diperdagangkan di banyak warung makan. sate dan sop kelinci. sandal. Dengan adanya patung yang Sepatu memudahkan untuk para pengunjung untuk bisa sampai ke cibaduyut bandung. Keistimewaan dari cibaduyut adalah bagi anda yang ingin membeli sepatu dengan model yang anda inginkan anda bisa melakukan pemesanan. Untuk menuju ke Cibaduyut tidak sulit. buah kebanggaan Kota Subang. tas dan dompet merupakan salah satu asesoris yang selalu digunakan dan dibawa baik bagi pria maupun wanita. tas kulit. tas gendong. Pantung sepatu cibaduyut merupakan akses pintu masuk menuju dari jalan Cibaduyut Bandung. Mangkanya deangan kualitas yang terjamin prodak dari cibaduyut sangat terkenal hingga ke Asia. Buah nanas di sini penuh air dan manis. ikat pinggang. camping ground serta tea walk juga dapat dilakukan disana. cross country ataupun buggy trail adalah aktivitas yang patut dicoba. Kawasan ini awalnya terkenal dengan sentral sepatu kulit. . Kita bisa melihat toko-toko yang berjejer memajang dagangan yang didominasi oleh tas dan sepatu. Dengan kualitas yang bagus juga. dompet. Cibaduyut Bandung berada di daerah selatan Bandung kira kira dari pusat kota sekitar 30 menit. Kalau kita masuk ke dalamnya.

dodol. bentuk dan kwalitas yang bagus. Tidak jauh dari jalan cibaduyut bandung terdapat terminal bus leuwih panjang. yang bisa memudahkan para pengunjung yang menggunakan alat tranportasi untuk mengunjungi cibaduyut bandung. Gunung Tangkuban Parahu Tangkuban Perahu Ketinggian 2. karena harga. dompet dan tas banyak juga di sini di jual makanan khas Bandung sebagai oleh oleh bandung. Untuk anda yang menggunakan kendaraan pribadi dari luar bandung anda bisa keluar dar Tol Kopo atau tol Moch. karna kedua Tol ini akses keluar dari tol yang sangat dekat. Jika Cibaduyut terkenal akan sentral sepatu dan tas ada wilayah lain yang juga terkenal dengan produk Jeans.Selain sepatu. Toha. seperti penyeum. Jika datang ke cibaduyut Bandung anda tak hanya belanja sepatu atau makanan saja. opak. Jangan lupa jika anda berlibur ke Bandung mintalah Cibaduyut Bandung dan Cihampelas Bandung masuk dalam Bandung tour package anda.77°LS 107.084 meter (6. namun dompet pun disini bisa dijadikan oleh oleh Bandung.837 kaki) Lokasi Lokasi Koordinat Jawa Barat. Indonesia 6. dan lain-lain.6°BT . Berbagai oleh-oleh ciri khas kota bandung bisa anda dapatkan disini. Maka anda akan menemukan sensasi lain dari Kota Bandung. yaitu Cihampelas Bandung.

Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu. Sangkuriang marah dan menendang perahu itu. hutan Dipterokarp Atas. yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya. dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya. mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang. Sehingga legenda Sangkuriang yang merupakan cerita masyarakat kawasan itu diyakini merupakan sebuah dokumentasi masyarakat kawasan Gunung sunda purba terhadap peristiwa pada saat itu. Ketika usahanya gagal. Diyakini oleh para ahli geologi bahwa kawasan dataran tinggi Bandung dengan ketinggian kurang lebih 709 m di atas permukaan laut merupakan sisa dari letusan gunung api purba yang dikenal sebagai Gunung Sunda dan Gunung Tangkuban Parahu merupakan sisa Gunung Sunda purba yang masih aktif.Keberadaan gunung ini serta bentuk topografi Bandung yang berupa cekungan dengan bukit dan gunung di setiap sisinya menguatkan teori keberadaan sebuah telaga (kawah) besar yang kini merupakan kawasan Bandung. Fenomena seperti ini dapat dilihat pada Gunung Krakatau di Selat Sunda dan kawasan Ngorongoro di Tanzania.Gunung Tangkuban Parahu mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit. Subang. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur. Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat perahu dalam semalam. sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung.Museum Geologi . Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya. Suhu rata-rata hariannya adalah 17oC pada siang hari dan 2 oC pada malam hari. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan.Legenda rakyat setempat Asal-usul Gunung Tangkuban Parahu dikaitkan dengan legenda Sangkuriang. hutan Montane.Gunung Tangkuban Parahu ini termasuk gunung api aktif yang statusnya diawasi terus oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Di antara tanda gunung berapi ini adalah munculnya gas belerang dan sumber-sumber air panas di kaki gunung nya di antaranya adalah di kasawan Ciater. gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2. dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Afrika.084 meter. Dayang Sumbi. mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang. Beberapa kawahnya masih menunjukkan tanda tanda keaktifan gunung ini.Geologi Jenis Letusan terakhir Stratovolcano 1983[1] Gunung Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di provinsi Jawa Barat.

Kelembagaan ini berganti nama jadi Dienst van den Mijnbouw pada tahun 1922. diharapkan perkembangan industri di Negeri Belanda dapat ditunjang. Eropa sangat membutuhkan bahan tambang sebagai bahan dasar industri. mineral. tersimpan dan dikelola materi-materi geologi yang berlimpah. Menalda van Schouwenburg.  Hasil penyelidikan yang berupa contoh-contoh batuan. pada tahun 1850. dibentuklah Dienst van het Mijnwezen. mineral. Setelah mengalami renovasi. Megawati Soekarnoputri pada tanggal 23 Agustus 2000. yang bertugas melakukan penyelidikan geologi serta sumberdaya mineral. Peresmian tersebut bertepatan dengan penyelenggaraan Kongres Ilmu Pengetahuan Pasifik ke-4 (Fourth Pacific Science Congress) yang diselenggarakan di Bandung pada tanggal 18-24 Mei 1929. laporan dan peta memerlukan tempat untuk penganalisaan dan penyimpanan.   . Setelah Eropa mengalami revolusi industri pada pertengahan abad ke-18. seperti fosil. Kesemuanya itu dikumpulkan selama kerja lapangan di Indonesia sejak 1850.didirikan pada tanggal 16 Mei 1928.sehingga pada tahun 1928 Dienst van den Mijnbouw membangun gedung di Rembrandt Straat Bandung. Pemerintah Belanda sadar akan pentingnya penguasaan bahan galian di wilayah Nusantara. fosil. batuan.Masa Penjajahan Belanda Keberadaan Museum Geologi berkaitan erat dengan sejarah penyelidikan geologi dan tambang di wilayah Nusantara yang dimulai sejak pertengahan abad ke-17 oleh para ahli Eropa. Dalam Museum ini. Maka. Museum Geologi dibuka kembali dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI. dan dibangun selama 11 bulan dengan 300 pekerja serta menghabiskan dana sebesar 400 Gulden. Sebagai salah satu monumen bersejarah. Pembangunannya dimulai pada pertengahan tahun 1928 dan diresmikan pada tanggal 16 Mei 1929. Gedung tersebut pada awalnya bernama Geologisch Laboratorium yang kemudian juga disebut Geologisch Museum. Melalui hal ini. Museum ini telah direnovasi dengan dana bantuan dari JICA (Japan International Cooperation Agency). museum berada di bawah perlindungan pemerintah dan merupakan peninggalan nasional. Gedung Geologisch Laboratorium dirancang dengan gaya Art Deco oleh arsitek Ir.