P. 1
Uraian Tugas Petugas Bimbingan Di Sekolah

Uraian Tugas Petugas Bimbingan Di Sekolah

|Views: 82|Likes:
Published by Desi_Nita_Sety_9200

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Desi_Nita_Sety_9200 on Jul 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/14/2012

pdf

text

original

URAIAN TUGAS PETUGAS BIMBINGAN DI SEKOLAH

1. Kepala Sekolah Sebagai penanggung jawab kegiatan pendidikan secara menyeluruh, khususnya bimbingan konseling. Tugas kepala sekolah adalah sebagai berikut: a. Mengkoordinasikan kegiatan yang diprogramkan dan berlangsung di sekolah. b. Menyediakan prasana, tenaga, dan berbagai kemudahan bagi terlaksananya kegiatan pelayanan bimbingan di sekolah. c. Melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap perencanaan dan pelaksanaan program, penilaian dan upaya tindak lanjut pelayanan bimbingan sekolah. d. Mempertanggungjawabkan pelksanaan pelayanan bimbingan sekolah kepada dinas pendidikan sekolah bidang BK. e. Menyediakan fasilitas, kesempatan, dan dukungan dalam kegiatan kepengawasan yang dilakukan oleh pengawas sekolah. 2. Wakil kepala sekolah Sebagai pembantu kepala sekolah, wakil kepala sekolah membantu kepala sekolah dalam melaksanakan tugas kepala sekolah. 3. Koordinator bimbingan dan konseling. Tugas koordinator bimbingan dan konseling yaitu: a. Memasyarakatkan pelayanan bimbingan dan konseling kepada segenap warga sekolah. b. Menyusun program kegiatan bimbingan dan konseling. c. Melaksanakan program pendididkan bimbingan dan konseling. d. Mengadministrasikan program kegiatan bimbingan dan konseling. e. Menilai hasil pelaksanaan program kegiatan bimbingan dan konseling. f. Menganalisis data hasil penilaian pelaksanaan bimbingan dan konseling. g. Memberikan tindak lanjut terhadap analisis hasil penilaian bimbingan dan konseling. 4. Guru pembimbing Sebagai pelaksana utama, tenaga inti dan guru pembimbing bertugas sebagai berikut: a. Memasyarakatkan pelayanan bimbingan dan konseling. b. Merencanakan program bimbingan dan konseling untuk satuan waktu tertentu. c. Melaksanakan segenap program satuan layanan bimbingan dan konseling.

d. Melaksanakan segenap program satuan kegiatan pendukung bimbingan dan konseling. e. Menganalisa hasil penelitian layanan dan kegiatan pendukung bimbingan dan konseling. f. Menganalisis hasil penilaian layanan kegiatan pendukung bimbingan dan konseling. g. Melaksanakan tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian layanan dan kegiatan pendukung bimbingan dan konseling. h. Mengadministrasikan kegiatan satuan layanan dan kegiatan satuan layanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan. i. Mempertanggung jawabkan tugas dan kegiatan dalam pelayanan bimbingan dan konseling secara menyeluruh kepada koordinator BK serta kepala sekolah. j. Mempersiapkan diri, menerima dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan kepegawaian sekolah bidang BK. k. Berpartisipasi aktif dalam kegiatan MGP. 5. Guru mata pelajaran Sebagai tenaga ahli pengajaran dan atau teknik praktik dalam bidang studi atau program studi tertentu dan sebagai personil sehari-hari langsung berhubungan dengan siswa, peranan guru mata pelajaran dalam pelayanan bimbingan dan konseling adalah sebagai berikut: a. Membantu memasyarakatkan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa. b. Membantu guru pembimbing mengidentifikasikan siswa-siswa yang memerlukan layanan bimbingan dan konseling. c. Mengalihtangankan siswa-siswa yang memerlukan layanan bimbingan dan konseling. d. Menerima siswa alih tangan dari guru pembimbing. e. Membantu mengembangkan suasana kelas, hubungan guru dan siswa yang menunjang pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling. f. Memberikan kesempatan dan kemudahan kepada siswa yang memerlukan layanan bimbingan dan konseling untuk mengikuti layanan yang dimaksud. g. Berpartisipasi dalam kegiatan khusus penanganan masalah siswa seperti konferensi kasus. h. Membantu mengumpulkan informasi yang diperlukan dalam rangka penilaian pelayanan bimbingan dan konseling serta upaya tindak lanjut. 6. Wali kelas Sebagai pengelola kelas, wali kelas berperan:

a. Membantu guru pembimbing melaksanakan tugas-tugasnya, khususnya di kelas yang menjadi tanggung jawabnya. b. Membantu guru mata pelajaran melaksanakan peranannya dalam pelayanan khususnya di kelas yang menjadi tanggung jawabnya. c. Membantu memberikan kesempatan dan kemudahan bagi siswa, khususnya di kelas yang menjadi tanggung jawabnya. d. Berpartisipasi aktif dalam kegiatan khusus bimbingan dan konseling seperti konferensi kasus. e. Mengalihtangankan siswa yang memerlukan layanan bimbingan dan konseling kepada guru pembimbing.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->