Alat-alat Praktikum Beserta Penggunaannya

No Nama 1. Tabung reaksi Ciri-ciri Terbuat dari gelas, dan dapat dipanaskan Fungsi - Sebagai tempat untuk mereaksikan bahan kimia. - Untuk melakukan reaksi kimia dalam jumlah kecil Untuk mengaduk cairan didalam gelas kimia Untuk menjepit atau memegang tabung reaksi dan lainnya pada pemanasan Untuk memebantu ketika memasukkan cairan kedalam suatu tempat yang bermulut sempit seperti botol, labu ukur, buret dan menyaring Menimbang zat berbentuk cairan Gambar

2.

Pengaduk gelas

Terbuat dari kaca yang tahan panas Terbuat dari kayu atau kawat

3.

Penjepit

4.

Corong

Terbuat dari plastik atau kaca tahan panas dan memiliki bentuk seperti gelas bertangkai, terdiri dari corong dengan tangkai panjang dan pendek.

5.

Botol timbang

Terbuat dari gelas

6.

Pipa bengkok / pipa U

Terbuat dari gelas

Mengalirkan gas kedalam suatu larutan tertutup atau kedalam larutan Untuk menimbang zar berbentuk kristal ( padat ) Untuk mengukur volume zat kimia dalam bentuk cair

7. 8.

Gelas arloji Gelas ukur

Terbuat dari gelas Berskala, mempunyai bermacam-macam ukuran, dan tidak boleh digunakan untuk mengukur larutan yang panas

Ukuran alat ini ada yang 50 mL. Gelas piala ( gelas kimia ) - 10.untuk pengenceran dengan volume tertentu Untuk mengambil larutan dalam jumlah kecil Untuk mengambil larutan dengan volume tertentu dan tepat - . Ukurannya mulai dari 10 mL sampai 2 L.alat ini lebih tepat daripada gelas ukur . Terbuat dari gelas yang bermacam-macam ukuran Tidak boleh digunakan untuk mengukur larutan yang panas - Sebagai tempat larutan Memanaskan larutan atau zat-zat kimia Juga menguapkan pelarut untuk memekatkan larutan Menitrasi larutan.mempunyai ukuran yang bermacam-macam untuk membuat larutan standar atau larutan tertentu dengan volume yang tepat . 100 mL dan 2 L. Pipet tetes ( pipet pasteur ) Pipet gondok / valumetri 13. berdiameter besar dengan skala sepanjang dindingnya. memanaskan larutan 11. Berupa pipa kecil terbuat dari plastik atau kaca dengan ujung bawahnya meruncing serta ujung atasnya ditutupi karet . Labu ukur ( labu takar ) - 12. Terbuat dari kaca borosilikat yang tahan terhadap panas hingga suhu 200 oC.bentuk bagian tengahnya membesar dan ujungnya meruncing .9. Bukan alat pengukur Berupa gelas yang diameternya semakin ke atas semakin kecil dengan skala sepanjang dindingnya. Erlenmeyer - Bukan alat pengukur meskipun punya volume kira-kira berupa gelas tinggi.

Labu destilasi Terbuat dari besi / Sumber api untuk logam memanaskan .Mereaksikan bahan kimia .Terbuat dari gelas Untuk melakukan . Stopwatch Terbuat dari aluminium 17. Alat pendingin ( kondensor ) 22.Memanaskan dilengkapi tutup dan terbuat dari zat porselen tahan panas . Cawan porselin Terbuat dari porselin Untuk menguapkan zat cair . Krus porselin 20. Termometer Terbuat dari gelas Untuk mengatur temperatur larutan 18. Buret - Semua bagiannya sama kecuali bagian ujungnya meruncing Mempunyai ukuran yang berbeda Terbuat dari gelas Berskala Mempunyai kran Mengambil larutan dengan volume tertentu Dipakai untuk melakukan titrasi .Ukuran digunakan sesuai keperluan Terbuat dari gelas Bermacam-macam model Untuk destilasi Mendinginkan suhu - 21.14. Bunsen 19.Untuk mengeluarkan larutan dengan volume tertentu Alat pengukur waktu dengan tepat - 16. Pipet ukur - 15.Terdapat selang yang dihubungkan dengan sumbu api Berupa mangkok kecil yang .Bermacam-macam destilasi bentuk bentuk .

Segitiga porselin Bahan terbuat dari porselin 27. 30. Sebagai alas dalam penyebaran panas yang berasal dari suatu pembakar Untuk penyangga daLam pemanasan - 24. Statif Terbuat dari besi tau baja Untuk menegakkan buret. Botol semprot Berupa botol tinggi bertutup yang terbuat dari plastik Membantu memasukkan zat kedalam lubang yang kecil ( zat cair ) Mempercepat pemanasan Menumbuk atau menghaluskan padatan 29.Untuk menahan kawat kasa dalam pemanasan. corong. Batu didih Mortar dan pestle - Berukuran kecil Berwarna putih Terbuat dari porselen. Kasa asbes ( kawat kasa ) Kawat yang dilapisi dengan asbes 26. kaca atau batu granit . corong pisah dan peralatan gelas lainnya pada saat digunakan.23. Tempat atau dudukan gelas yang dipanaskan . Karet hisap ( pro pipet ) Terbuat dari karet Sebagai pompa untuk pipet 28. Kaki tiga - Terbuat dari besi Bagian atas terbentuk lingkaran 25.

Klem 39.31. Cawan petri 36. Plat tetes - Terbuat dari bahan porselin putih dengan 12 lekukan diameter lekukan sekitar 2 cm . terbuat dari stainless steel atau alumunium 32. Pembakar spirtus - Untuk memanaskan bahan kimia 35. Kalorimeter - Bagian kepala berbulu keras berdiameter 22-26 mm pada tangkai dari kawat yang dipuntir dengan panjang sekitar 25 cm Terdapat pengaduk yang terbuat dari besi Penutup dari kayu Kapasitas 100 ml bertutup untuk mencegah penguapan bahan kaca Untuk mengambil bahan kimia yang berbentuk padatan . Terbuat dari kaca borosilikat tahan panas . Pinset Berbentuk seperti gelas kimia yang berdinding sangat rendah. Kertas saring Terbuat dari besi atau baja untuk memegang buret Ukuran 58x58 cm 40.Berukuran kecil dan tipis Terbuat dari logam Sebagai wadah menimbang dan menyimpan bahan kimia. Sikat tabung reaksi - 33.Dipakai untuk mengaduk larutan Membersihkan tabung reaksi - Mengukur kalor 34. Spatula Berupa sendok panjang dengan ujung atasnya datar. mikrobiologi Digunakan untuk uji nyala Untuk mengambil zat padat Untuk menjepit buret yang digunakan untuk titrasi Untuk menyaring larutan Mereaksikan zat dalam jumlah sedikit 38. Kawat nikrom 37.Terbuat dari kawat .

Neraca atau timbangan Tempat menyimpan sampel yang harus bebas air . Sumbat karet Terbuat dari karet yang disertai dengan tanda untuk menyedot cairan (suction).Mengeringkan padatan Tempat untuk mengukur berat bahan atau zat Untuk menempatkan pipet - 45. Desikator 44.Terbuat dari karet dengan kualitas baik . mengambil udara (aspirate) dan mengosongkan (empty) .5 cm Pada bagian dasar terdapat lekukuan sehingga tabung stabil ditempatkan Memompa pemipetan larutan yang berbahaya.41. Sebagai penutup tabung reaksi 43. Ballfiller 42. Rak tabung reaksi - Untuk menemptakan tabung reaksi .Tidak akan makin keras/pecah Berupa panci bersusun dua yang bagian bawahnya diisi bahan pengering. dengan penutup yang sulit dilepas dalam keadaan dingin karena dilapisi vaseline kapasitas 311 gram pan tunggal bahan stainless steel keteliyian 10 mg bahan die casting terbuat dari kayu terdapat lubang-lubang untuk tempat pipet Dari kayu keras / plastik ABS 6 lubang 2 baris ( total 12 lubang ) Diameter 18 mm Panjang minimal 18 cm Lebar 6. Rak pipet 46.

OLEH : ANIS ZAQIYYATUN NAFSI ( 093654220 ) PRODI PENDIDIKAN SAINS FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2009 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful