PENGETAHUAN TENTANG MISTIK

KATA PENGANTAR Bismillahirrahmanirrahim Puji rasa syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Yang mana telah memberikan kenikmatan kepada kita semua, sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah ini. Sholawat serta Salam senantiasa tercurahkan kepada baginda kita Nabi Besar Muhamad SAW. Yang telah membawa umatnya dari zaman jahiliah menuju zaman Islamiah. Bergema seiring nada mengalunkan kata hati yang senantiasa mengungkapkan getaran jiwa, Penyusun dengan penuh kesadaran diri bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, hal ini dengan keterbatasan kemampuan dan kedangkalan ilmu yang kami miliki. Dalam kesempatan ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada teman-teman dan pihak yang turut membantu terselesainya makalah ini. Akhirnya kepada Illahi kita berharap dan berdo’a, semoga makalah ini bermanfaat khususnya bagi penyusun dan umumnya bagi pembaca. Amin….! Tangerang, …….2008

Struktur Pengetahuan Mistik . Latar Belakang Masalah Mistik disebagian masyarakat tertentu masih menjadi pelengkap kehi upan. Oleh sebab itu penulis membuat makalah ini dengan judul “ PENGETAHUAN MISTIK” BAB II PENGETAHUAN MISTIK A.BAB I PENDAHULUAN 1. Ontologi Pengetahuan Mistik 1. Hakikat Pengetahuan Mistik Mistik adalah pengetahuan yang tidak rasional. Ketimbang ilmu pengetahuan yang bersifat teoritis. pengetahuan ini kadang-kadang memiliki bukti empiris tapi kebanyakan tidak dapat dibuktikan secara empiris. Tapi tetap dipelihara. bebas dari ketergantungan pada indera dan rasio (A. bernasib kurang mujur dan dicap kurang baik mistik selalu dicibirkan. Adapun pengertian mistik bila dikaitkan dengan agama ialah pengetahuan ( ajaran atau keyakinan) tentang tuhan yang diperoleh dengan cara meditasi atau latihan spiritual. 2. Hornby. pemahaman ini acapkali mendarah daging di masyarakat dan sangat nyata. Namun. ada juga yg beranggapan mistik hanya menjadi sasaran empuk segala kemelut persoalan masyarakat Alih-alih.S. Padahal. 1957:828) Pengetahuan Mistik adalah pengetahuan yang tidak dapat dipahami rasio. hingga eksistentinya terancam pudar. A Leaner's Dictonery Of Current English. ini pengertian yang umum. sampai saat ini pengetahuan mistik kurang mendapat perhatian para ahli di perguruan tinggi.

Cara Memperoleh Pengetahuan Mistik . Nasrani dan Islam). B. Perbedaan mendasar ada pada segi filsafatnya. Objek Pengetahuan Mistik Yang menjadi objek pengetahuan mistik ialah objek yang abstrak supra rasional. ilmu hikmah. Surga. Mistik Magis adalah mistik yang mengandung kekuatan tertentu dan biasanya untuk mencapai tujuan tertentu. karamah. Istilah Mistik Magis Putih dan Mistik Magis Hitam digunakan untuk sekedar membedakan kriterianya. jampi yang keduanya pada segi prakteknya sama. nyaris hanya nilai filsafatnya saja berbeda.Dilihat dari segi sifatnya kita membagi mistik menjadi dua. do'a sedangkan mistik magis hitam menggunakan mantra. Santet Dan Lain-Lain 2. Mistik magis putih selalu berhubungan dan bersandar pada Tuhan. sedangkan Mistik Magis Hitam contohnya santet dan sejenisnya yang menginduk ke sihir. Pelet. yaitu objek-objek supra natural (supra rasional). Dalam praketeknya keduanya memiliki kegiatan yang relatif sama. Debus. Malaikat. Mistik magis hitam selalu dekat. Dalam Islam mistik yang ini adalah tasawuf. sehingga dukungan Illahi sangat menentukan. bersandar dan bergantung pada kekutan setan dan roh jahat. Orang menganggap Mistik Magis Putih adalah mistik magis yang berasal dari agama langit (Yahudi. Termasuk objek yang hanya dapat diketahui melalui pengetahuan mistik ialah objek-objek yang tidak dapat dipahami oleh rasio. Mistik Magis ini dapat dibagi menjadi dua yaitu Mistik Magis Putih dan Mistik Magis Hitam Mistik Magis Putih dalam islam adalah contohnya ialah Mukjizat. Kesamaan itu terlihat dari mistik magis putih menggunakan wirid. Jin dan lain-lain. seperti alam gaib termasuk Tuhan. Neraka. Mistik biasa adalah mistik tanpa kekutan tertentu. sedangkan mistik magis hitam berasal dari luar agama itu. Epistemologi Pengetahuan Mistik 1. Penggunaan Jin. seperti Kebal. yaitu mistik biasa dan mistik magis.

Jadi. Pengetahuan mereka seiring dapat menyelesaikan persoalan yang tidak dapat diselesaikan oleh sain dan filsafat. Sementara mistik magis hitam. debus dan lain-lain dierlukan atau berguna baig seseorang sesuai dengan kondisi tertentu. Kita percaya bahwa jin dapat disuruh oleh kita untuk melakukan pekerjaan. Jenis ini dapat meningkatkan harga diri. Aksiologi Pengetahuan Mistik 1. Ukuran Kebenaran Pengetahuan Mistik Kebenaran mistik dapat diukur dengan berbagai macam ukuran. maka ukurannya adalah teks Tuhan yang menyebutkan demikian. pelet.Bagaimana pengetahuan mistik? Diatas sudah di dikatakan bahwa pengetahuan mistik itu tidak diperoleh melalui indera dan tindakan juga dengan menggunakan akal rasional. Kebal misalnya dapat digunakan dalam pertahanan diri. Jenis mistik lain seperti kekebalan. Ada kalanya kebenaran suatu teori dalam pengetahuan mistik diukur dengan bukti empiris. terlepas dari benar atau tidak penggunaannya. debus dapat digunakan sebagai pertahanan diri dan juga untuk pertunjukan hiburan. yang paling tahu penggunaannya ialah pemiliknya. Ada kalanya ukuran kebenaran pengetahuan mistik itu kepercayaan. Bila pada hal ontologinya terdapat hal-hal yang . Bila pengetahuan itu berasal dari tuhan. Pengetahuan mistik itu amat subjektif. ada yang mengatakan melalui intuisi. dikatakan hitam. antara penggunaanya untuk kejahatan. Dalam hal ini bukti empiris itulah ukuran kebenarannya C. Tetkala tuhan mengatakan dalam Al-Qur'an bahwa Surga dan Neraka itu ada. ya kepercayaan itulah yang menjadi kepercayaannya. Al-Ghozali mengatakan melalui dhamir atau qalbu. Untuk menilai apakah mistik magis itu hitam atau putih kita melihatnya pada segi ontologinya. 3. Kegunaan Pengetahuan Mistik Mustahil pengetahuan mistik mendapat pengikut yang begitu banyak dan berkembang sedemikian pesat bila tidak ada gunanya. suatu dianggap benar karena kita mempercayainya. epistemologinya dan aksiologinya. Dikalangan sufi (pengetahuan mistik biasa) dapat menentramkan jiwa mereka. Pengetahuan mistik diperoleh melalui rasa. maka teks itulah yang menjadi bukti bahwa pernyataan itu benar.

Selama mengulak kata-kata buruk itu. Menurut Abdul Salam Bali (1995:21) mengutip beberapa pengertian sihir sebagai berikut : 1. Bila cara memperolehnya (epistemologi) ada yang berlawanan dengan nilai kebaikan maka kita akan mengatakan mistik magis itu hitam. Jika seseorang dapat atau sanggup mempraktekan wirid atau do’a sesuai dengan rumusan maka kekuatan ilahiyah (khadam atau malaikat) akan dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan yang kehendaki terlebih jika diikuti oleh jiwa yang bersih. Cara kedua ialah dengan cara memindahkan jiwa-jiwa ilahiyah atau khadam yang adad dalam huruf-huruf al Qur’an atau didalam asmaasma Allah. sihir adalah perbuatan yang dilakukan dengan mendekatkan diri kepada setan. Lalu ia ikatkan buhul pada simbol menurut sasaran yang telah disiapkan tadi. Ayat-ayat Al Qur’an atau kitab langit lainnya sering digunakan sebagai perantara untuk menghubungkan manusia dengan tuhannya. Ia menganggap ikatan buhul itu memiliki kekuatan dan efektif dalam praktik sihir. maka dari segi ontologi mistik magis itu kita disebut hitam. ia memunculkan lebih banyak roh jahat sehingga segala sesuatu yang dituju benar-benar terjadi. . Sihir merupakan upaya yang dilakukan manusia sebagai suatu tipu daya yang dalam mewujudkannya meminta bantuan sesuatu yang halus (setan) untuk membelokan sesuatu yang sebenarnya ke sesuatu yang bukan sebenarnya. CONTOH-CONTOH MISTIK : Cara kerja Mistik-Magis-Putih Para ahli hikmah menyadari bahwa kekuatan Tuhan baik yang ada dalam diriNya atau yang ada dalam firmanNya dapat digunakan oleh manusia. Ia meminta jin-jin kafir untuk berpartisipasi. ia mengumpulkan ludahnya untuk disemburkan pada gambar itu. Cara kerja Mistik-Magis-Hitam Mereka membuat simbol-simbol atau nama atau atribut-atribut. Bila dalam penggunaan (aksiologi) untuk kejahatan maka kita menyebutnya hitam. Pada dasarnya mereka menggunakan supra natural yang ada pada khadam dalam wirid atau doa. 2. lalu ia bacakan mantra. bahkan asma-asma Tuhan sering digunakan untuk meminta sesuatu. cara ini disebut wafaq atau isim dimana ditulis dengan menggunakan tinta tertentu dan pada kondisi tertentu.berlawanan dengan kebaikan. Cara Pengetahuan Mistik Menyelesaikan Masalah Pengetahuan mistik menyelesaikan masalah tidak melalui proses indrawi dan tidak pula melalui proses rasio. wafaq atau isim untuk tujuan tertentu. SIHIR Sihir secara bahasa berarti al-sharfu maksudnya membelokan sesuatu dari kenyataan yang sebenarnya kesesuatu yang bukan sebenarnya. Itu berlaku mistik putih dan mistik hitam.

sihir mengubah sehat menjadi sakit. Menurut Umar Hasyim pelet tidak diperbolehkan dalam Islam. kurang bergairah. Kegunaan santet ada dua yaitu menyakiti dan membunuh. sihir ialah mengeluarkan kebatilan dalam bentuk kebenaran. sihir mengubah sehat menjadi sakit. misalnya ba’da ashar. sihir ialah sesuatu yang lembut pengembaliannya. Pada tujuan menyakiti dukun santet menyiapkan alat berupa simbol persamaan. tahajud atau shalat subuh. Bila diarahkan ia membantah. PELET Pelet mengandung arti memikat. 3. 4. Bisa juga menggunakan foto kedua belah pihak. Pelet dibagi dua bagian. terutama darah haid. merupakan kekuatan supranatural yang dapat dipaksa berpartisipasi dengan cara tertentu. Dari Abdullah bin Mas’ud dari Nabi SAW bersabda : Sesungguhnya mantra. . 5. Menurut Cliford Geertz menyatakan bahwa santet adalah sejenis praktek memasukan benda-benda asing ke perut korban melalui upacara ritual agar korban merasa sakit tak terhingga atau mati. SANTET Santet adalah bagian dari sihir. bujukan. kondisi tubuhnya merosot. pesona. pelet yang menggunakan huruf arab dan pelet yang diambil dari ajaran setan. sihir ialah sesuatu yang lembut pengembaliannya. Pada tujuan membunuh biasanya penyantet memakai pakaian serba hitam. Ilmu pelet jenis pertama dilaksanakan pada saat tertentu. sihir adalah perbuatan yang dilakukan dengan mendekatkan diri kepada setan. Secara terminologi pelet ialah usaha sadar membujuk. 8. mengambil. Dengan membaca surat al-Jinn ayat 1-5 maka datanglah jin urusan cinta. 7. menarik rasa cinta seseorang dengan cara tertentu. 6. Orang yang terkena pelet dapat diketahui sikapnya yangmula-mula diam menyendiri dan yang ia ingat hanyalah orang yang memelet.2. Sihir yang paling dahsyat adalah yang dibuat dari benda najis. dengan jalan baik ataupun dengan jalan buruk berdasarkan kekuatan gaib. azimat dan tiwalah (pelet) termasuk perbuatan syirik. sihir ialah mengeluarkan kebatilan dalam bentuk kebenaran. Ilmu pelet kedua biasanya dukun meminta sesuatu yan pernah dipakai korban yang masih berau keringat.

maka penulis mengharapkan dengan rendah hati agar lebih membaca buku-buku ilmiah dan buku-buku filsafat ilmu lainnya yang berkaitan dengan judul “PENGETAHUAN MISTIK”  Kritik dan saran yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi perbaikan dan kesempurnaan Makalah kami  Jadikanlah makalah ini sebagai sarana yang dapat mendorong para mahasiswa/i berfikir aktif dan kreatif . Kesimpulan Jadi dalam makalah ini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa pengetahuan mistik itu tidak diperoleh melalui indera dan tindakan juga dengan menggunakan akal rasional. dan Pengetahuan mistik menyelesaikan masalah juga tidak melalui proses indrawi dan tidak pula melalui proses rasio. Pengetahuan mistik diperoleh melalui rasa. Saran-saran  Bagi para pembaca dan rekan-rekan yang lainnya. Itu berlaku mistik putih dan mistik hitam. jika ingin menambah wawasan dan ingin mengetahui lebih jauh.BAB. III PENUTUP A. B.